PERAWATAN RUTIN MOBIL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
PERAWATAN RUTIN MOBIL
Mesin bru di idupin 1000rpm
udh idle trun jd 800rpm
Normalkah 800rpm? klo diservice bagian mana aja yg mesti dikerjain..?
Krn pd saat mo jalan dposisi 800rpm mesin langsung mati..
Jd mesti sering mainin kopling (injek lbh lama/ gas ditinggiin)
tks ats sarannya..
udh idle trun jd 800rpm
Normalkah 800rpm? klo diservice bagian mana aja yg mesti dikerjain..?
Krn pd saat mo jalan dposisi 800rpm mesin langsung mati..
Jd mesti sering mainin kopling (injek lbh lama/ gas ditinggiin)
tks ats sarannya..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: Tue Jan 31, 2017 10:21
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Mobil apa dan tahun berapa?
Mungkin udah waktunya ganti oli mesin, ganti filter bbm, ganti filter udara, ganti filter oli. Kalau dari gejalanya kemungkinan filter bbm dan filter udara yang udah mampet.
Mungkin udah waktunya ganti oli mesin, ganti filter bbm, ganti filter udara, ganti filter oli. Kalau dari gejalanya kemungkinan filter bbm dan filter udara yang udah mampet.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Mobilnya apa om?
Sangat normal sekali idle di segitu
Hampir semua mobil yg saya tahu idle di 800an
Kalau soal kopling saya kurang tahu, mungkin karakter mesin atau kaki drivernya
Sangat normal sekali idle di segitu
Hampir semua mobil yg saya tahu idle di 800an
Kalau soal kopling saya kurang tahu, mungkin karakter mesin atau kaki drivernya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 587
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
iyes, mobil apa dulu om?
mobil kan rata rata 800 rpm om pas idle
mobil kan rata rata 800 rpm om pas idle
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Mobil nubie dah jalan 6 tahun lbh idle rpm tanpa AC 700, AC on 800, ini TS mobilnya apa?
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Yap mobil ane juga idlenya malah 700 rpm
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Nanya kok ga jelas...
Mobilnya apa? Tahun berapa? Servis atau tune up rutin ga?
Trus masalahnya sepertinya bukan di rpm terlalu rendah, tapi sering mati atas kondisi di atas...
Tolong dijelasin lebih detail
E300 W212
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
800 rpm nggak normal kalo buat inline 6. kalo sehat bisa sampe 450 rpm.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
sorry baru dpt sinyal lg perbatasan...
mobil suzuki aerio tercinta haa..2003
om marmut itu mobil kategori inline 6?
mobil suzuki aerio tercinta haa..2003
om marmut itu mobil kategori inline 6?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
800an normal om ,biasanya di boil saya 850an idle udah sama ac kalo engga ac 700-800 idlenya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
aerio 4 silinder injeksi?
4 silinder idle di 850-900 RPM
sepengalaman saya selama ini, lepas kopling saat idle tanpa menaikkan RPM (injek pedal gas) ya PASTI mati mesinnya. kecuali di turunan curam.
4 silinder idle di 850-900 RPM
sepengalaman saya selama ini, lepas kopling saat idle tanpa menaikkan RPM (injek pedal gas) ya PASTI mati mesinnya. kecuali di turunan curam.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Setuju dgn jawaban ini... apalagi jalan menanjak bukan hanya mati mesin tapi nggelondor... wkwkwk
E300 W212
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Carbon Cleanuzm wrote:Mesin bru di idupin 1000rpm
udh idle trun jd 800rpm
Normalkah 800rpm? klo diservice bagian mana aja yg mesti dikerjain..?
Krn pd saat mo jalan dposisi 800rpm mesin langsung mati..
Jd mesti sering mainin kopling (injek lbh lama/ gas ditinggiin)
tks ats sarannya..
Purging injector
ganti busi
Bersihkan TB
Periksa kondisi TB
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
tks all respon n masukannya..
sesuai sran om turbo ntar ta bawa ke bengkel aja sambil dpantengin jd suatu saat bisa dgarap sendiri..
sesuai sran om turbo ntar ta bawa ke bengkel aja sambil dpantengin jd suatu saat bisa dgarap sendiri..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Kbr baik smuanya kawan2 SM...
Critanya.. abis pulang kerja, udh malam, cape, sdut pandang bkurang, mnempuh jrak skitar 350an km..
Nah ini dia dspanjang perjalanan aspal..trasa 3x ban mobil aerio bagian kiri (depan blakang) masuk lubang yg dalam ampe tdengar suara sperti besi kbentur besi.
alhmdllah sampe juga slamat krmh..
Esok harinya dpakai lg itu mobil cuma dsertai bunyi2an, hasil pengecekan sendiri (ama kluarga kecil):
1.Suara krek2 apalgi ktemu jalan kriting tambah keras tdengar
2.Mirip suara besi
3.Sumber suara dr belakang bagian kiri mobil
Pertanyaannya (sblm dbawa kebengkel)..:
1.Kira2 apa/bagian mana yg rusak?
2.Estimasi biaya partnya?
3.Kira2 bisa kita ganti sendiri?
tambahan juga utk oli mesin shell hx7 bisa dpakai ampe7500km utk pakaian normal..gak macet2 djalan
Tks all respon..
Critanya.. abis pulang kerja, udh malam, cape, sdut pandang bkurang, mnempuh jrak skitar 350an km..
Nah ini dia dspanjang perjalanan aspal..trasa 3x ban mobil aerio bagian kiri (depan blakang) masuk lubang yg dalam ampe tdengar suara sperti besi kbentur besi.
alhmdllah sampe juga slamat krmh..
Esok harinya dpakai lg itu mobil cuma dsertai bunyi2an, hasil pengecekan sendiri (ama kluarga kecil):
1.Suara krek2 apalgi ktemu jalan kriting tambah keras tdengar
2.Mirip suara besi
3.Sumber suara dr belakang bagian kiri mobil
Pertanyaannya (sblm dbawa kebengkel)..:
1.Kira2 apa/bagian mana yg rusak?
2.Estimasi biaya partnya?
3.Kira2 bisa kita ganti sendiri?
tambahan juga utk oli mesin shell hx7 bisa dpakai ampe7500km utk pakaian normal..gak macet2 djalan
Tks all respon..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Gan.. klo udh terlihat walaupun dikit dan msh ragu2 (uap+air netes/asap dr knalpot) pd mobil..
Secara oli tdk berkurang, cm air radiator di reservoir sering nambah wlaupun gak ada kbocoran.
Anggap tbruk knalpot mobil ngeluarin asap. Hal apa yg mesti dganti/service mengingat udh 14taon..
Klo bisa skalian estimasi biaya service.
tks sarannya..
Secara oli tdk berkurang, cm air radiator di reservoir sering nambah wlaupun gak ada kbocoran.
Anggap tbruk knalpot mobil ngeluarin asap. Hal apa yg mesti dganti/service mengingat udh 14taon..
Klo bisa skalian estimasi biaya service.
tks sarannya..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
menurut nubie, ciri2 mesin bermasalah itu bisa di deteksi dari tenaga mesin yang hilang, ato ada suara kasar terus menerus dr mesin.uzm wrote: ↑Thu Jun 15, 2017 16:14 Gan.. klo udh terlihat walaupun dikit dan msh ragu2 (uap+air netes/asap dr knalpot) pd mobil..
Secara oli tdk berkurang, cm air radiator di reservoir sering nambah wlaupun gak ada kbocoran.
Anggap tbruk knalpot mobil ngeluarin asap. Hal apa yg mesti dganti/service mengingat udh 14taon..
Klo bisa skalian estimasi biaya service.
tks sarannya..
air radiator kalo bercampur dengan oli, oli akan berubah jadi coklat susu. ini bisa cek ke dipstik ato pas ganti oli.
kalo ragu dengan kemampuan mesin, salah satu deteksi bisa minta bantuan bengkel untuk cek kompresi dari tiap silinder. apakah masih dalam batas wajar.
ya begitu aja saran dari ane om,
mungkin master2 mesin yg lain jelaskan yg lebih siip.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
tks..
bner mesti cek kompresi aja dlu yg mudah.
bner mesti cek kompresi aja dlu yg mudah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1389
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
aerio digital setrip tacometer 4 strip ya 800rpm normal om
regards,
singachu
regards,
singachu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1389
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
tebel ga dari knalpot ?uzm wrote: ↑Thu Jun 15, 2017 16:14 Gan.. klo udh terlihat walaupun dikit dan msh ragu2 (uap+air netes/asap dr knalpot) pd mobil..
Secara oli tdk berkurang, cm air radiator di reservoir sering nambah wlaupun gak ada kbocoran.
Anggap tbruk knalpot mobil ngeluarin asap. Hal apa yg mesti dganti/service mengingat udh 14taon..
Klo bisa skalian estimasi biaya service.
tks sarannya..
air radiator sering nambah ya udah pasti ada kebocoran, tinggal belom tau bocornya di mana.
regards,
singachu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1389
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1389
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
kalau mau suatu saat garap sendiri, ini buat baca2 : http://otodiy.blogspot.co.id/p/tune-up- ... ext-g.html
regards,
singachu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1389
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
1. kalau dari depan bisa cek balljointnya. atau buka kap mesin liat karet support shocknya, kalau retak ganti karet support shocknya.uzm wrote: ↑Mon May 01, 2017 17:07 Kbr baik smuanya kawan2 SM...
Critanya.. abis pulang kerja, udh malam, cape, sdut pandang bkurang, mnempuh jrak skitar 350an km..
Nah ini dia dspanjang perjalanan aspal..trasa 3x ban mobil aerio bagian kiri (depan blakang) masuk lubang yg dalam ampe tdengar suara sperti besi kbentur besi.
alhmdllah sampe juga slamat krmh..
Esok harinya dpakai lg itu mobil cuma dsertai bunyi2an, hasil pengecekan sendiri (ama kluarga kecil):
1.Suara krek2 apalgi ktemu jalan kriting tambah keras tdengar
2.Mirip suara besi
3.Sumber suara dr belakang bagian kiri mobil
Pertanyaannya (sblm dbawa kebengkel)..:
1.Kira2 apa/bagian mana yg rusak?
2.Estimasi biaya partnya?
3.Kira2 bisa kita ganti sendiri?
tambahan juga utk oli mesin shell hx7 bisa dpakai ampe7500km utk pakaian normal..gak macet2 djalan
Tks all respon..
cek balljoint bisa dongkrak sampai roda terangkat, pegang roda arah jam 12 dan 6, shake it, liat balljoint nya kalau goyang2 ya minta ganti. balljoint ganti itu nyatu ama arm.
pegang roda arah jam 9 dan 3, shake it, liat ke tie rod end, kalau goyang ya kudu ganti.
sekalian cek link stabilizer yang nempel ke arm depan, ini kalau mau cek mau ga mau kudu lepasin dari arm sih, trus coba digoyang2in kliatan oblak apa ga.
Sumber bunyi juga bisa aja berasal dari batang stabil depan yang dibaut ke body, itu ada karet bushingnya. kalau dah lama karetnya penyet jadi pas gerak2 itu batang stabilizer gesekan ama body, bunyi..... coba aja semprot pakai pelumas silikon / yang aman buat rubber. Tes jalan kalau hilang ya udah itu berarti.... tp itu solusi sementara, pelumas kering ya bunyi lagi. ganti karetnya.
2. suara susah ya, ga bisa langsung tau kalau ga liat sendiri, liat sendiri aja kadang masih cari2 dan trial..... dinikmati aja om
3 eh ga jadi dari depan ya ? ya kurleb aja kalau belakang, ada link stabilizer nya juga, bedanya ga ada balljoint. Support sock agak susah liat ada besi penutupnya, tapi coba aja di cek, buka bagasi, di kiri belakangnya sandaran jok depan ada tonjolan dengan penutup plastik, geser aja pentupnya ke kanan, ntar kliatan ada support shock dengan 3 baut kecil....cek kondisi karetnya om.
karet arm juga bisa,
1. selain di atas, sudah sempet ngolong kan ? Semua komponen yang bisa gerak / ada engsel / ada karet nya, itu bisa jadi sumber bunyi....
kalau om masih bingung, bisa aja semprotin semua itu dengan pelumas semprot......tes jalan ada perbedaan ga ? kalau iya ya salah satu dari yang disemprot itu tp yang bisa disemprot yang karet sifatnya gerak gesek2 yah, kalau karet support shock disemprot ya percuma.
2. belum tau, liat partnya dulu
3. bisa kalau mau
regards,
singachu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Ok om agus sungguh membantu bacaannya..singachu wrote: ↑Thu Jun 22, 2017 6:18kalau mau suatu saat garap sendiri, ini buat baca2 : http://otodiy.blogspot.co.id/p/tune-up- ... ext-g.html
regards,
singachu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
teman SM..
bagi2 info dong bg yg udh garab lepasin upper spoiller aerio mt.
Sblmnya prnh lepasin klip 2bh, trus 2bh baut 10 (yg tertutup klip plastik)
Cm blm berhasil lepasin upper spoiller
tks infonya..
bagi2 info dong bg yg udh garab lepasin upper spoiller aerio mt.
Sblmnya prnh lepasin klip 2bh, trus 2bh baut 10 (yg tertutup klip plastik)
Cm blm berhasil lepasin upper spoiller
tks infonya..