Tanya BMW E46
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41
Tanya BMW E46
Misi mastah2 sy ingin info2 mengenai BMW E46 yg notabene BMW seri 3 paling bandel ini, terutama soal biaya2 biar ngga kaget ditengah jalan ntar hehe
1) Untuk seri 325i dan 330i, berapa ya kisaran pajak tahunan nya masing-masing saat ini?
2) Apakah mobil ini masih bisa diasuransikan? Bila bisa, asuransi mana yang menerima? Dan berapa kisaran premi tahunannya untuk all risk?
3) Saya baca2 untuk bmw e46 ini di km 80-100rb transmisi matic nya akan jebol. Bila terjadi jebol, berapa biaya gantinya?
4) Cari-cari iklan yang transmisi manual barangnya dikit bgt ya, yg manual populasinya lebih sedikit?
5) Cukup ngga kalo dianggarkan 50jt untuk 5th service dan maintanance?
6) Untuk 325i dan 330i, keluaran th berapa dengan mesin yg apakah yg paling recommended?
Terima kasih sebelumnya
1) Untuk seri 325i dan 330i, berapa ya kisaran pajak tahunan nya masing-masing saat ini?
2) Apakah mobil ini masih bisa diasuransikan? Bila bisa, asuransi mana yang menerima? Dan berapa kisaran premi tahunannya untuk all risk?
3) Saya baca2 untuk bmw e46 ini di km 80-100rb transmisi matic nya akan jebol. Bila terjadi jebol, berapa biaya gantinya?
4) Cari-cari iklan yang transmisi manual barangnya dikit bgt ya, yg manual populasinya lebih sedikit?
5) Cukup ngga kalo dianggarkan 50jt untuk 5th service dan maintanance?
6) Untuk 325i dan 330i, keluaran th berapa dengan mesin yg apakah yg paling recommended?
Terima kasih sebelumnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: Tanya BMW E46
Izin jawab om,sy pengguna e46 325i 2001Volare wrote:Misi mastah2 sy ingin info2 mengenai BMW E46 yg notabene BMW seri 3 paling bandel ini, terutama soal biaya2 biar ngga kaget ditengah jalan ntar hehe
1) Untuk seri 325i dan 330i, berapa ya kisaran pajak tahunan nya masing-masing saat ini?
2) Apakah mobil ini masih bisa diasuransikan? Bila bisa, asuransi mana yang menerima? Dan berapa kisaran premi tahunannya untuk all risk?
3) Saya baca2 untuk bmw e46 ini di km 80-100rb transmisi matic nya akan jebol. Bila terjadi jebol, berapa biaya gantinya?
4) Cari-cari iklan yang transmisi manual barangnya dikit bgt ya, yg manual populasinya lebih sedikit?
5) Cukup ngga kalo dianggarkan 50jt untuk 5th service dan maintanance?
6) Untuk 325i dan 330i, keluaran th berapa dengan mesin yg apakah yg paling recommended?
Terima kasih sebelumnya
1.Kemaren baru perpanjang pajak kena biaya 2,1 juta wilayah tangerang
2.Asuransi all risk ga bisa om karena umur mobil sudah diatas 10 thn,rata2 asuransi maksimal umur 5-10 thn.Yg bisa cuma tlo aja
3.Kurang tau om
4.E46 indo cuma masuk matic aja om kalo ada manual pasti udah swap transmisi
5.Kalo untuk perawatan rutin sih cukup tapi karena mobil sudah diatas 10 thn bisa aja ada part tak terduga yg diganti yg bisa nguras kantong
6.Yg pre facelift dan facelift mesinnya sama kok tipe M54B25 utk 325i dan M54B30 utk 330i sama2 recommended
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41
Re: Tanya BMW E46
Wah mantap pajak nya lumayan terjangkau ya cuma 2.1 juta
yg 330i baca2 di thread lain seraya motor th 2015 kena 9 juta
Oh mesinnya sama, kalo pre FL dan post FL bedanya apa aja ya? FL 325i itu di th 2002?
yg 330i baca2 di thread lain seraya motor th 2015 kena 9 juta
Oh mesinnya sama, kalo pre FL dan post FL bedanya apa aja ya? FL 325i itu di th 2002?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Tanya BMW E46
FL bodinya yang paling kentara:
Ujung sen ngadep ke atas, grill lebih lebar lebih lancip sudutnya, lampu berubah, bemper beda foglamp jadi bulet, lampu sen samping naik.
ZF5HP mestinya bandel, ini transmisi yang sama dengan E36 6 silinder bedanya tiptronik.
Di E36 transmisi ini banyak yang bertahan sampe 300k mil/500k km hanya ganti cairan. Partnya juga ada semua kalo sampe rusak dan harus diperbaiki.
Ujung sen ngadep ke atas, grill lebih lebar lebih lancip sudutnya, lampu berubah, bemper beda foglamp jadi bulet, lampu sen samping naik.
ZF5HP mestinya bandel, ini transmisi yang sama dengan E36 6 silinder bedanya tiptronik.
Di E36 transmisi ini banyak yang bertahan sampe 300k mil/500k km hanya ganti cairan. Partnya juga ada semua kalo sampe rusak dan harus diperbaiki.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5852
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya BMW E46
Beberapa tahun lalu emang sempet liat om, PKB tahunan 330i e46 di harga 9 jutaan, tapi lupa progresif sama plat L atau B (Ane liat unitnya di Surabaya).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Tanya BMW E46
Bantu jawab ya oom
1. Pajak 325i 2001 plat B 2.643 juta om. Ini platnya cantik entah ngaruh apa ngga saya kurang paham
2. Naah ini asuransi saya masih nyari. Tapi kalau pun ada pasti mahal bgt. Temen saya pake corolla taun 2000 asuransi 7 juta setaun.
3. Transmisi matic E46 setau saya kuat. Kalaupun ada gangguan ga usah ganti segelondong
4. E46 cuma AT aja yg masuk sini om. Kalau mau MT di olx ada yg jual 330i udah swap MT
5. Saya untuk taun ini menganggarkan 10 juta buat damage cost diluar maintenance. 10 juta ini sebenernya kecil banget, cuma karena mobil saya ga ada gangguan apa2 sejauh ini nampaknya 10 juta cukup. Tapi inget ini blm termasuk ganti oli dll ya
6. Keluaran taun berapa pun recommended om wkwkwk
Bedanya FL dan Pre FL :
ini mobil saya pre FL
ini kemarin ada yg nawarin FL
Untuk interior bedanya ada di
-tombol AC arrangementnya agak beda (ga penting)
-tombol DSC di FL vs ASC di pre FL (DSC better)
-2003 ke atas audio business CD
-2004 ada cruise control
-FL steptronicnya + - dibalik. (FL better)
Under the hood perbedaannya cuma lokasi modul ABS di FL deket booster rem. Yang pre FL deket intake (agak aneh)
1. Pajak 325i 2001 plat B 2.643 juta om. Ini platnya cantik entah ngaruh apa ngga saya kurang paham
2. Naah ini asuransi saya masih nyari. Tapi kalau pun ada pasti mahal bgt. Temen saya pake corolla taun 2000 asuransi 7 juta setaun.
3. Transmisi matic E46 setau saya kuat. Kalaupun ada gangguan ga usah ganti segelondong
4. E46 cuma AT aja yg masuk sini om. Kalau mau MT di olx ada yg jual 330i udah swap MT
5. Saya untuk taun ini menganggarkan 10 juta buat damage cost diluar maintenance. 10 juta ini sebenernya kecil banget, cuma karena mobil saya ga ada gangguan apa2 sejauh ini nampaknya 10 juta cukup. Tapi inget ini blm termasuk ganti oli dll ya
6. Keluaran taun berapa pun recommended om wkwkwk
Bedanya FL dan Pre FL :
ini mobil saya pre FL
ini kemarin ada yg nawarin FL
Untuk interior bedanya ada di
-tombol AC arrangementnya agak beda (ga penting)
-tombol DSC di FL vs ASC di pre FL (DSC better)
-2003 ke atas audio business CD
-2004 ada cruise control
-FL steptronicnya + - dibalik. (FL better)
Under the hood perbedaannya cuma lokasi modul ABS di FL deket booster rem. Yang pre FL deket intake (agak aneh)
Volare wrote:Misi mastah2 sy ingin info2 mengenai BMW E46 yg notabene BMW seri 3 paling bandel ini, terutama soal biaya2 biar ngga kaget ditengah jalan ntar hehe
1) Untuk seri 325i dan 330i, berapa ya kisaran pajak tahunan nya masing-masing saat ini?
2) Apakah mobil ini masih bisa diasuransikan? Bila bisa, asuransi mana yang menerima? Dan berapa kisaran premi tahunannya untuk all risk?
3) Saya baca2 untuk bmw e46 ini di km 80-100rb transmisi matic nya akan jebol. Bila terjadi jebol, berapa biaya gantinya?
4) Cari-cari iklan yang transmisi manual barangnya dikit bgt ya, yg manual populasinya lebih sedikit?
5) Cukup ngga kalo dianggarkan 50jt untuk 5th service dan maintanance?
6) Untuk 325i dan 330i, keluaran th berapa dengan mesin yg apakah yg paling recommended?
Terima kasih sebelumnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41
Re: Tanya BMW E46
^ mantap gan mobilnya bikin ngeces hehehe
Wah 10jt belum oli dsb, jd anggaran total berapa ya per 5th tmsk ganti oli, ban, aki, dsb, 60jt/5th cukup? Asumsi dapat 325i th 2003 yg pas dicek ga ada PR
Wah 10jt belum oli dsb, jd anggaran total berapa ya per 5th tmsk ganti oli, ban, aki, dsb, 60jt/5th cukup? Asumsi dapat 325i th 2003 yg pas dicek ga ada PR
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Tanya BMW E46
itu aslinya lumayan banyak baret halus kok om harus disalonVolare wrote:^ mantap gan mobilnya bikin ngeces hehehe
Wah 10jt belum oli dsb, jd anggaran total berapa ya per 5th tmsk ganti oli, ban, aki, dsb, 60jt/5th cukup? Asumsi dapat 325i th 2003 yg pas dicek ga ada PR
Saya rasa cukup om kalau ga dipakenya jauh2 bgt. Ganti oli setau saya bisa 1.1 juta sekali (ini di tunas BMW)
Saran saya kalau lg lihat e46 mau tau ini matic sehat atau ngga coba pas lagi diem masukin ke mode manual trs pindah2 sampe gear 5. Kalo halus ga ada sedikit pun hentakan itu sehat. Ini saya dikasih tau org bmw avenue tips ini. Awalnya ga percaya, eh taunya bener kmrn pas liat e60 ada yg dites cara begitu rasanya ngehentak dikit kayak baru masuk dari N ke D. Tapi kalau pun ga ada hentakan, test drive agak jauh itu wajib.
Cara lainnya buat tau cooling system aman coba masuk ke hidden menu OBC nya. Pencet tombol reset trip agak lama sampe keluar tulisan test. Terus pencet berulang2 sampe keluar angka 19. Abis itu ntar keluar off-on-off-on pencet lagi tombol reset trip di tulisan off. Nah abis itu pencet2 lg tombol reset sampe keluar angka 7. Keluar deh tuh temperatur coolant. Temperatur yang sehat setau saya 88-96 CMIIW.
Kalau mau ngetest aki bisa dengan cara sama tapi pilihnya angka 9 jangan 7. Nanti keluar voltasenya. Kalau deket2 14 itu masih sehat akinya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41
Re: Tanya BMW E46
^ ooh oke mantap gan tipsnya, ntar coba praktekin. thanks
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48
Re: Tanya BMW E46
Wah om egi tau bener hidden OBC.. sy belon pernah coba. Hahahaa..egibaio wrote: itu aslinya lumayan banyak baret halus kok om harus disalon
Saya rasa cukup om kalau ga dipakenya jauh2 bgt. Ganti oli setau saya bisa 1.1 juta sekali (ini di tunas BMW)
Saran saya kalau lg lihat e46 mau tau ini matic sehat atau ngga coba pas lagi diem masukin ke mode manual trs pindah2 sampe gear 5. Kalo halus ga ada sedikit pun hentakan itu sehat. Ini saya dikasih tau org bmw avenue tips ini. Awalnya ga percaya, eh taunya bener kmrn pas liat e60 ada yg dites cara begitu rasanya ngehentak dikit kayak baru masuk dari N ke D. Tapi kalau pun ga ada hentakan, test drive agak jauh itu wajib.
Cara lainnya buat tau cooling system aman coba masuk ke hidden menu OBC nya. Pencet tombol reset trip agak lama sampe keluar tulisan test. Terus pencet berulang2 sampe keluar angka 19. Abis itu ntar keluar off-on-off-on pencet lagi tombol reset trip di tulisan off. Nah abis itu pencet2 lg tombol reset sampe keluar angka 7. Keluar deh tuh temperatur coolant. Temperatur yang sehat setau saya 88-96 CMIIW.
Kalau mau ngetest aki bisa dengan cara sama tapi pilihnya angka 9 jangan 7. Nanti keluar voltasenya. Kalau deket2 14 itu masih sehat akinya
Sy pakai e46 325i 2002 facelift. plat jakarta
Pajak 4.3jt an ga progresif.. beda jauh yah.. hahah
Kalo mesin sih yg saya baca m54 cukup tangguh..
Kalo 80-100rb jebol sih tergantung pemakaian user sebelumnya om .. hahahaa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Tanya BMW E46
Cobain om saya juga kaget layar sekecil dan berpenampilan sejadul itu ternyata fungsinya banyak bgt wkwkwkchikiciuw wrote:Wah om egi tau bener hidden OBC.. sy belon pernah coba. Hahahaa..egibaio wrote: itu aslinya lumayan banyak baret halus kok om harus disalon
Saya rasa cukup om kalau ga dipakenya jauh2 bgt. Ganti oli setau saya bisa 1.1 juta sekali (ini di tunas BMW)
Saran saya kalau lg lihat e46 mau tau ini matic sehat atau ngga coba pas lagi diem masukin ke mode manual trs pindah2 sampe gear 5. Kalo halus ga ada sedikit pun hentakan itu sehat. Ini saya dikasih tau org bmw avenue tips ini. Awalnya ga percaya, eh taunya bener kmrn pas liat e60 ada yg dites cara begitu rasanya ngehentak dikit kayak baru masuk dari N ke D. Tapi kalau pun ga ada hentakan, test drive agak jauh itu wajib.
Cara lainnya buat tau cooling system aman coba masuk ke hidden menu OBC nya. Pencet tombol reset trip agak lama sampe keluar tulisan test. Terus pencet berulang2 sampe keluar angka 19. Abis itu ntar keluar off-on-off-on pencet lagi tombol reset trip di tulisan off. Nah abis itu pencet2 lg tombol reset sampe keluar angka 7. Keluar deh tuh temperatur coolant. Temperatur yang sehat setau saya 88-96 CMIIW.
Kalau mau ngetest aki bisa dengan cara sama tapi pilihnya angka 9 jangan 7. Nanti keluar voltasenya. Kalau deket2 14 itu masih sehat akinya
Sy pakai e46 325i 2002 facelift. plat jakarta
Pajak 4.3jt an ga progresif.. beda jauh yah.. hahah
Kalo mesin sih yg saya baca m54 cukup tangguh..
Kalo 80-100rb jebol sih tergantung pemakaian user sebelumnya om .. hahahaa
Waduh kok jauh banget ya om? Apa ada kenaikan harga jauh ya e46 pas FL?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya BMW E46
Utk Obd hidden menu/info, di All VAG car jadul juga sdh ada di display AC nya yg kecil, lengkap hampir semua parameter bs ditampilakan disini.
Ngga tau klo di merc gmn...nda pengalaman.
Ngga tau klo di merc gmn...nda pengalaman.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Tanya BMW E46
Feeling saya kayaknya ada juga deh om. Tapi ga tau juga ngeluarinnya gimana wkwkwk. Those germans.jivos wrote:Utk Obd hidden menu/info, di All VAG car jadul juga sdh ada di display AC nya yg kecil, lengkap hampir semua parameter bs ditampilakan disini.
Ngga tau klo di merc gmn...nda pengalaman.
Btw om jivos pernah kena masalah CCV valve ga? Saya agak curiga unit saya menuju fail. Tapi idle masih stabil sih jadi sepertinya belum parah. Saya curiga karena narik dipstick dan buka oil cap keras banget. Kelupaan banget kemarin ngecek ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya BMW E46
CCV valve apaan ya om? Wkwkwk buta istilah tekhnis ni, Catalyst converter valve?egibaio wrote:
Btw om jivos pernah kena masalah CCV valve ga? Saya agak curiga unit saya menuju fail. Tapi idle masih stabil sih jadi sepertinya belum parah. Saya curiga karena narik dipstick dan buka oil cap keras banget. Kelupaan banget kemarin ngecek ini
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48
Re: Tanya BMW E46
Taun ini kan naik 30% om klo gasalah.. gatau jg sih sebelumnya udah 3.4jt an.. hahaha..egibaio wrote: Cobain om saya juga kaget layar sekecil dan berpenampilan sejadul itu ternyata fungsinya banyak bgt wkwkwk
Waduh kok jauh banget ya om? Apa ada kenaikan harga jauh ya e46 pas FL?
Btw OOT dikit, klo ga salah ada recall ttg apanya airbag passenger gtu .. ada dpt info? Ato udah ganti? Hahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Tanya BMW E46
CCV valve tuh crankcase ventilation valve atau apa ya saya jg lupa wkwkwkwk. Mungkin kalau di mobil jepang yg biasa disebut PCV valve ya?jivos wrote:CCV valve apaan ya om? Wkwkwk buta istilah tekhnis ni, Catalyst converter valve?egibaio wrote:
Btw om jivos pernah kena masalah CCV valve ga? Saya agak curiga unit saya menuju fail. Tapi idle masih stabil sih jadi sepertinya belum parah. Saya curiga karena narik dipstick dan buka oil cap keras banget. Kelupaan banget kemarin ngecek ini
CCV valve juga kadang disebut oil separator di BMW, saya jg bingung kok istilahnya banyak bgt wkwk
Oalah bau baunya punya saya jg bakalan naik dongchikiciuw wrote:Taun ini kan naik 30% om klo gasalah.. gatau jg sih sebelumnya udah 3.4jt an.. hahaha..egibaio wrote: Cobain om saya juga kaget layar sekecil dan berpenampilan sejadul itu ternyata fungsinya banyak bgt wkwkwk
Waduh kok jauh banget ya om? Apa ada kenaikan harga jauh ya e46 pas FL?
Btw OOT dikit, klo ga salah ada recall ttg apanya airbag passenger gtu .. ada dpt info? Ato udah ganti? Hahaha
Kemarin saya ke tunas sih katanya ga ada campaign apa apa om. Entah mobil saya ga termasuk apa gmn wkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Tanya BMW E46
Nubi bantu jawab berdasarkan pengetahuan nubi ya Om.
1) Saya 325 tahun 2004 pajak tahun 2015 3,040K, sama SWDKLLJ 143K, total 3.2 jt lah. Om Chikicuw kok mahal banget ya. hehe
2) Ngga tau, ane punya mobil ngga pernah diasuransiin.
3) Km mobil saya belum sampe 80-100 K, jadi belum tau, so far so good sih, tapi beberapa temen yg odo nya diatas itu banyak yg masih aman. Beberapa pas km 100K pada kuras matic biarpun masih enak, buat jaga2 aja.
4) Sama kaya kata suhu2 diatas, afaik E46 ngga ada yg keluar manual lewat ATPM, ada beberapa yg swap sendiri.
5) Kalo maintenis biasa2 aja mungkin cukup, mungkin loh ya. wkwk.. Kalo ane biasa nyiapin cadangan 5-10jt untuk jaga kalo butuh perbaikan besar, ya namanya mobil ABG om, usia udah belasan tahun.
Edit tambahan: ini kalo perawatan non beres, kalo perawatan di beres kayanya ngga akan cukup 5 tahun 50 jt.
6) Kalo ngga salah 325 mulai keluar tahun 2001 - 2004 dengan mesin M54B25, 330 tahun 2003-2004 dengan mesin M54B30. Kalo ada dana 330 aja Om, lebih mantep.
1) Saya 325 tahun 2004 pajak tahun 2015 3,040K, sama SWDKLLJ 143K, total 3.2 jt lah. Om Chikicuw kok mahal banget ya. hehe
2) Ngga tau, ane punya mobil ngga pernah diasuransiin.
3) Km mobil saya belum sampe 80-100 K, jadi belum tau, so far so good sih, tapi beberapa temen yg odo nya diatas itu banyak yg masih aman. Beberapa pas km 100K pada kuras matic biarpun masih enak, buat jaga2 aja.
4) Sama kaya kata suhu2 diatas, afaik E46 ngga ada yg keluar manual lewat ATPM, ada beberapa yg swap sendiri.
5) Kalo maintenis biasa2 aja mungkin cukup, mungkin loh ya. wkwk.. Kalo ane biasa nyiapin cadangan 5-10jt untuk jaga kalo butuh perbaikan besar, ya namanya mobil ABG om, usia udah belasan tahun.
Edit tambahan: ini kalo perawatan non beres, kalo perawatan di beres kayanya ngga akan cukup 5 tahun 50 jt.
6) Kalo ngga salah 325 mulai keluar tahun 2001 - 2004 dengan mesin M54B25, 330 tahun 2003-2004 dengan mesin M54B30. Kalo ada dana 330 aja Om, lebih mantep.
Last edited by Dat510 on Mon Aug 15, 2016 22:44, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Tanya BMW E46
Yang recall airbag takata itu ya Om. Ane udah ganti, waktu itu pas ke beres dikasih tau kalo ada recall airbag dari pricipal dan mobil ane belum pernah diganti airbag nya based on databse mereka, terus diganti gratis deh.chikiciuw wrote:Taun ini kan naik 30% om klo gasalah.. gatau jg sih sebelumnya udah 3.4jt an.. hahaha..egibaio wrote: Cobain om saya juga kaget layar sekecil dan berpenampilan sejadul itu ternyata fungsinya banyak bgt wkwkwk
Waduh kok jauh banget ya om? Apa ada kenaikan harga jauh ya e46 pas FL?
Btw OOT dikit, klo ga salah ada recall ttg apanya airbag passenger gtu .. ada dpt info? Ato udah ganti? Hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya BMW E46
Oh ...oil separator dl sy pernah ganti om, agak jamak sy liat Oil seperator ni pd tewas di bengkel. Ngga tau krn ringkih ato memang sdh waktunya.egibaio wrote:
CCV valve juga kadang disebut oil separator di BMW, saya jg bingung kok istilahnya banyak bgt wkwk
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Tanya BMW E46
Nah kalau waktu itu om jivos tanda2nya apa om? Nampaknya memang ringkih ya bahannya plastik begitu.... Selang selangnya ituloh. Kayaknya kena panas dan usia gampang kalahjivos wrote:Oh ...oil separator dl sy pernah ganti om, agak jamak sy liat Oil seperator ni pd tewas di bengkel. Ngga tau krn ringkih ato memang sdh waktunya.egibaio wrote:
CCV valve juga kadang disebut oil separator di BMW, saya jg bingung kok istilahnya banyak bgt wkwk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat May 07, 2005 18:15
- Location: Sby
Re: Tanya BMW E46
Emang curiga nya kenapa om dengan CCV nya?egibaio wrote:
Feeling saya kayaknya ada juga deh om. Tapi ga tau juga ngeluarinnya gimana wkwkwk. Those germans.
Btw om jivos pernah kena masalah CCV valve ga? Saya agak curiga unit saya menuju fail. Tapi idle masih stabil sih jadi sepertinya belum parah. Saya curiga karena narik dipstick dan buka oil cap keras banget. Kelupaan banget kemarin ngecek ini
Kalo masalah idle ga lancar / rpm ngaco (naik turun sendiri), coba dibersihin dulu aja MAF sensornya, sekalian jalur2 intake disekitarnya.
Kalau masalah recall airbag, kalo ga salah unitnya mulai dari facelift yg taun produksi 2002 pertengahan ke atas.
Tapi lebih baik di cek lgsg ke beres.
Masalah2 umum di e46, biasanya vapor barrier di dalam pintu, sealingnya udah ga rapat semua jadi kalao hujan, carpetnya basah. Interior yg gampang beret, expansion tank yg gampang retak, bushing depan ceprt oblak, rear parking sensor error, lampu blkg muncul indicator error di dash, dan per belakang patah. Aneh sih yg per bisa patah, tapi sepertinya common problems di e46 (patah nya kiri kanan). Airbag indicator lamp juga gampang error. Untuk oli transmisi, harus dicek. Kalau olinya kurang, waktu awal start, mobilnya ga mau jalan. Setelah panas, 2-3 menit, baru mau jalan (olinya memuai). Sepele semua sih problemnya. Dan tidak sedikit problem2nya yg bisa di DIY sendiri. Overall, worth it banged piara e46.
Asal kaki sehat + ban dikasi michelin pilot = freude am fahren
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya BMW E46
L
* ngebul putih klo di gas
* running idle rd kasar
* sedotan/sucks oil cap nya keceng k dlm.
Gejala yg om egibe bilang sdh k arah sana itu.
Design memang rd ringkih, uap oli panas itu gampang numpuk bikin sludge disini.
Hrg separator ori di angka 1jt dikit. Utk slang2 ada yg dr plastik atopun karet2 range hrg di 350r-375rb/set (4pcs). Selang ngga mesti diganti, liat sikon, cm biasanya pas dibongkar krn getas dia jd patah. Jd di budgetin saja.
Gejalanya dl:egibaio wrote:
Nah kalau waktu itu om jivos tanda2nya apa om? Nampaknya memang ringkih ya bahannya plastik begitu.... Selang selangnya ituloh. Kayaknya kena panas dan usia gampang kalah
* ngebul putih klo di gas
* running idle rd kasar
* sedotan/sucks oil cap nya keceng k dlm.
Gejala yg om egibe bilang sdh k arah sana itu.
Design memang rd ringkih, uap oli panas itu gampang numpuk bikin sludge disini.
Hrg separator ori di angka 1jt dikit. Utk slang2 ada yg dr plastik atopun karet2 range hrg di 350r-375rb/set (4pcs). Selang ngga mesti diganti, liat sikon, cm biasanya pas dibongkar krn getas dia jd patah. Jd di budgetin saja.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Tanya BMW E46
Om2, sekalian tanya disini.
Ada yang tau mengenai kasus recall coil bremi di E46?
Jadi cerita nya beberapa waktu lalu mobil ane misfire di cyl 2, tes pindah2 coil, tes pindah2 busi, tetep yg mati cyl 2. Ganti coil & busi baru juga ngga ngaruh. Terus coba bersihin & tuker2 injector, tetep cyl 2 mati. Cek arus di kabel cyl 2 arus nya ada. Akhir nya bawa mbengkel di vonis DME, pas di coba bongkar ternyata IC (kalo ngga salah namanya itu, hehe) untuk silinder 2 gosong.
Menurut owner bengkel nya, salah satu penyebab DME kena bisa dari coil yg fail/rusak dan dalam waktu lama, doi ngasi tau kalo coil ane pake bremi yg di recall jaman dahulu kala. Terus ane keinget, pas pertama kali misfire dan ane cabut coil nya, emang di coil cyl 2 ada retakan besar 4 biji, kaya megar gitu coilnya.
Setelah itu searching2 didapatlah kalo coil bremi tsb mmg pernah di recall karena bisa menimbulkan crack tsb dan diganti bosch sama BMW, karena ngeri ane bulan ini rencananya mau ganti coil2 yg masih bremi ke bosch.
Ada yang tau mengenai kasus recall coil bremi di E46?
Jadi cerita nya beberapa waktu lalu mobil ane misfire di cyl 2, tes pindah2 coil, tes pindah2 busi, tetep yg mati cyl 2. Ganti coil & busi baru juga ngga ngaruh. Terus coba bersihin & tuker2 injector, tetep cyl 2 mati. Cek arus di kabel cyl 2 arus nya ada. Akhir nya bawa mbengkel di vonis DME, pas di coba bongkar ternyata IC (kalo ngga salah namanya itu, hehe) untuk silinder 2 gosong.
Menurut owner bengkel nya, salah satu penyebab DME kena bisa dari coil yg fail/rusak dan dalam waktu lama, doi ngasi tau kalo coil ane pake bremi yg di recall jaman dahulu kala. Terus ane keinget, pas pertama kali misfire dan ane cabut coil nya, emang di coil cyl 2 ada retakan besar 4 biji, kaya megar gitu coilnya.
Setelah itu searching2 didapatlah kalo coil bremi tsb mmg pernah di recall karena bisa menimbulkan crack tsb dan diganti bosch sama BMW, karena ngeri ane bulan ini rencananya mau ganti coil2 yg masih bremi ke bosch.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya BMW E46
@dat510
denger recall blm ya om (memang ngga tau)
waktu pk ni coil, memang ngalamin problem spt yg disebut, dg pengetesan yg sm spt om lakukan. Malah penyakit sempet pindah k cyl 5 xi xixi..
cm DME ane ngga sampe kena. Akhirnya dganti pk bosch.
Mesin jd agak pincang/vibrate gt ya om, di tarik pun trasa berat.
denger recall blm ya om (memang ngga tau)
waktu pk ni coil, memang ngalamin problem spt yg disebut, dg pengetesan yg sm spt om lakukan. Malah penyakit sempet pindah k cyl 5 xi xixi..
cm DME ane ngga sampe kena. Akhirnya dganti pk bosch.
Mesin jd agak pincang/vibrate gt ya om, di tarik pun trasa berat.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Tanya BMW E46
Wew om Jivos pernah ngalamin retak juga ya.jivos wrote:@dat510
denger recall blm ya om (memang ngga tau)
waktu pk ni coil, memang ngalamin problem spt yg disebut, dg pengetesan yg sm spt om lakukan. Malah penyakit sempet pindah k cyl 5 xi xixi..
cm DME ane ngga sampe kena. Akhirnya dganti pk bosch.
Mesin jd agak pincang/vibrate gt ya om, di tarik pun trasa berat.
Iya om jadi pincang mesinnya, tarikan si ngga ngaruh, tetep enak, cuma suara & getaran pas RPM rendah ngga enak.