Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
biasanya pabrikan emg jarang (atau mungkin ga ad) yg nyaranin flush pake mesin om... (cmiiw)
kl honda, malah setau ane mreka di buku pedoman montir nya, suru nya di tap -- isi -- jalanin bentar -- tap -- isi lagi.. jalanin bentar lg--- tap -- isi lagi... pokok nya sklus tap-- isi ampe 3 kali dselingi jalanin bentar mobil nya...
dl ane perna coba cara kya gt utk ge8, abis oli nya ckup banyak.. 12-15 liter... tp bersih sehh warna oli nya, ga beda ama pake mesin.. malah lebi murah krn ngerjain sendiri, ga ad ongkos montir atau sewa mesin...
kl cara gerlong, plg abis 7-8 liter plg banyak... itu jg masi nyisa...
Jambangan wrote:
imsus2c wrote:
Kalau buat matic honda, imo mendingan tetep pakai oli oem saja pak, lagipula murah...
Sejauh yg saya tau dan baca2, untuk gearbox (matic) Honda bikin sendiri. Jadi rada2 sensitif...
Saya pernah browsing web-nya exxon/Mobil1, pilih menu oil selector.
Untuk oli mesin, mereka kasih beberapa pilihan dari yg premium sampai standard.
Tapi waktu cari opsi untuk gearbox matic (dan differential), bahkan exxon/mobil sendiri tulis mendingan pakai oli oem Honda
#saya juga lagi galau cari oli Honda DPSF II
Om, baca2 di forum luar katanya matic honda ga boleh diflush pake mesin ya?
Apa benar?
Ane sekarang kalo ganti atf pake cara drain fill aja. Trus besi magnet drain plugnya dibersihin dulu sebelum diisi atf baru
Rencana mau ganti tiap setahun sekali kebetulan mobil jarang pake
^^^
#masih galau nunggu info dimana bisa beli oli Honda DPSF II atau equivalent -nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Royal purple 5w-20, udah di tuangkan ke harrier ane, kmrn service berkala ke salah salu bengkel cbu f*sion m*t*r di batam dgn tag line satisfaction guarantee. Ane bawa 5 btl yg totalnya 4.73 ltr. Sblm service ane udah ingatkan ke service advisor bahwa oli saya bawa sendiri dan harusnya ada sisa karna asumsi saya sesuai buku manual kalo ganti filter yg dibutuhkan hanya 4.2 ltr brarti sisa 0.5 ltr. Setelah menunggu hampir 2 jam akhirnya selesai dan menuju ke kasir bayar dan di antar ke mobil. Dan saya tanya kan mana sisa olinya ternyata habis semua di tuang ama mechanicnya. Trus saya check dipsticknya melebihinya batas maksimum malah sampe ke lekukan dipsticknya. Malah kata mechanicnya sisanya 1/4 ltr tanggung makanya saya tuang habis, dan mobil2 yg lain jg begitu. Sungguh saya kecewa, bayar mahal ternyata mechanic embel2 yg di pekerjakan, padahal situ jual pors*he, a*di dan lain2.
Om turbo, jd apa yg harus saya lakukan skrng ? Saya coba sedot melalui lobang dipstick tp tidak berhasil, atau saya biarin aja karna bisa sampe 10rb km dimana oli akan berkurang sendiri karna penguapan. Minta pencerahannya. Thanks
makanya ane ud mengharamkan urusan ganti cairan pelincir di yg namanya beres, atau tempat apapun itu yg bkin ane ga bsa berdiri dsamping mobil pas proses penuangan.... entah kayanya montir2 sini punya daya tangkap otak yg kurang tinggi, atau memang terlalu kepala batu utk ngikutin printah owner....
Royal purple 5w-20, udah di tuangkan ke harrier ane, kmrn service berkala ke salah salu bengkel cbu f*sion m*t*r di batam dgn tag line satisfaction guarantee. Ane bawa 5 btl yg totalnya 4.73 ltr. Sblm service ane udah ingatkan ke service advisor bahwa oli saya bawa sendiri dan harusnya ada sisa karna asumsi saya sesuai buku manual kalo ganti filter yg dibutuhkan hanya 4.2 ltr brarti sisa 0.5 ltr. Setelah menunggu hampir 2 jam akhirnya selesai dan menuju ke kasir bayar dan di antar ke mobil. Dan saya tanya kan mana sisa olinya ternyata habis semua di tuang ama mechanicnya. Trus saya check dipsticknya melebihinya batas maksimum malah sampe ke lekukan dipsticknya. Malah kata mechanicnya sisanya 1/4 ltr tanggung makanya saya tuang habis, dan mobil2 yg lain jg begitu. Sungguh saya kecewa, bayar mahal ternyata mechanic embel2 yg di pekerjakan, padahal situ jual pors*he, a*di dan lain2.
Om turbo, jd apa yg harus saya lakukan skrng ? Saya coba sedot melalui lobang dipstick tp tidak berhasil, atau saya biarin aja karna bisa sampe 10rb km dimana oli akan berkurang sendiri karna penguapan. Minta pencerahannya. Thanks
Ya wes biarin aja kalo sekali ya gpp
Ya namanya mekanik, mrk kerja utk cari makan, jangankan mekanik kroco, supervisornya aja belum tentu menjiwai dunia servis menservis mobil, apa mereka rajin baca forum2 mobil / perawatan mobil ? belum tentu
Tapi coba kalo tanya perawatan motor, mungkin mrk lebih paham...kenapa ? karena mereka punya barangnya.
Kalo urusan ganti oli ane lebih suka ke bengkel yg ane bisa tongkrongin di sebelahnya
DOHC wrote:makanya ane ud mengharamkan urusan ganti cairan pelincir di yg namanya beres, atau tempat apapun itu yg bkin ane ga bsa berdiri dsamping mobil pas proses penuangan.... entah kayanya montir2 sini punya daya tangkap otak yg kurang tinggi, atau memang terlalu kepala batu utk ngikutin printah owner....
benar2 pengalaman berharga. pertama x di beres tayata dimana di hajar juga 5 ltr ga ada sisa, ini kirain pake satisfaction guarantee malah embel2 juga. Periodic service 350rb, katanya pake scan, tp setelah saya tanya hasil scan nya mana ? Katanya boleh bpk masih baru jadi ga di scan, jd saya bayar 350rb cuman bersihkan kampar rem, dan ganti oli
Tau nya di luar aja dimana ongkos ganti oli cuman 20rb.
Sakitnya tuch disini.
Royal purple 5w-20, udah di tuangkan ke harrier ane, kmrn service berkala ke salah salu bengkel cbu f*sion m*t*r di batam dgn tag line satisfaction guarantee. Ane bawa 5 btl yg totalnya 4.73 ltr. Sblm service ane udah ingatkan ke service advisor bahwa oli saya bawa sendiri dan harusnya ada sisa karna asumsi saya sesuai buku manual kalo ganti filter yg dibutuhkan hanya 4.2 ltr brarti sisa 0.5 ltr. Setelah menunggu hampir 2 jam akhirnya selesai dan menuju ke kasir bayar dan di antar ke mobil. Dan saya tanya kan mana sisa olinya ternyata habis semua di tuang ama mechanicnya. Trus saya check dipsticknya melebihinya batas maksimum malah sampe ke lekukan dipsticknya. Malah kata mechanicnya sisanya 1/4 ltr tanggung makanya saya tuang habis, dan mobil2 yg lain jg begitu. Sungguh saya kecewa, bayar mahal ternyata mechanic embel2 yg di pekerjakan, padahal situ jual pors*he, a*di dan lain2.
Om turbo, jd apa yg harus saya lakukan skrng ? Saya coba sedot melalui lobang dipstick tp tidak berhasil, atau saya biarin aja karna bisa sampe 10rb km dimana oli akan berkurang sendiri karna penguapan. Minta pencerahannya. Thanks
Ya wes biarin aja kalo sekali ya gpp
Ya namanya mekanik, mrk kerja utk cari makan, jangankan mekanik kroco, supervisornya aja belum tentu menjiwai dunia servis menservis mobil, apa mereka rajin baca forum2 mobil / perawatan mobil ? belum tentu
Tapi coba kalo tanya perawatan motor, mungkin mrk lebih paham...kenapa ? karena mereka punya barangnya.
Kalo urusan ganti oli ane lebih suka ke bengkel yg ane bisa tongkrongin di sebelahnya
Kalo di bengkel tsb punya alat vacum oli yg lewat dipstik coba disedot aja dikit
atau nggak cari bengkel yg punya alat vakum oli, kasih aja 10 rb utk sedot oli
Yah namanya iklan di sini mah banyak yg nulis ya nulis aja asal jeplak.........jangankan dunia servis mobil, wong developer property yg berhenti tengah jalan atau rubah planning di tengah jalan aja nggak sedikit, padahal waktu jual gambar janji2-nya manis banget.....Indonesia getu lohhh
imsus2c wrote:^^^
#masih galau nunggu info dimana bisa beli oli Honda DPSF II atau equivalent -nya
Di BeRes nya atau di toko parts Honda
PSF nya Honda mmg khusus, nggak pake ATF
Udah ngubek2 toko parts di sby pak, ngga ada.
Di BeRes pun juga ngga ada, mereka ngga masukkin oli ini
DPSF II ini mau buat differential ("gardan") pak
Akhirnya saat ini pakai Honda CVTF (lagi...)
Sesuai di manual-nya, kalau tdk ada DPSF II. temporary bisa pakai CVTF.
Tapi ya jadinya ini bukan temporary lagi...
Mudah2an sih gpp yah
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Kalau spek teoretis sih memang dekat Dex III, tapi saya ngga berani resiko.
Yaahhh, jaga2 kalau ada apa2 bisa ribet buat cari spare parts dan perbaikannya.
Jadi saat ini kembali pakai solusi temporary yg ada di manual book, pakai cvtf
Dari dulu sampai skrg ngga pernah nemu DPSF
Sejauh dan selama ini sih, di kuping ngga ada gejala mendengung.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
keretalaut wrote:Utk kurangin oli mesin, dikendorin saja om drain plugnya jgn sampai lepas bautny..
ga disaranin ama om2 dsini om robocop...
pd nyuru nya disedot lg, lebi aman...
walaupun, cara kendorin baut ini dl sering ane lakuin waktu masi nyerahin urusan ganti oli ke bengkel, yg pasti kelebihan jauhh ngisi nya..
Akhirnya pake cara kendorin drain plug juga
Ternyata yg kelebihan ampir 600ml . Skrng tarikan jd lebih responsif dibanding kelebihan oli, dan makin ngacir pake RP ini.
sinting... ampe stengah liter lebih... sayang2 in aj dibuang, mending kl oli nya skelas mesran...
itulah makanya ane ud beberapa taon ini lebi demen DIY sendiri, atau at least ganti oli sendiri...
montir ngisi suka pake ilmu sotoy nya mreka ktimbang nanya... buang2 in oli yg sebenernya bsa kita simpen, dan yg plg penting, ntuh isi kebanyakan bsa rusakin seal kruk as... heran, montir koq hal begituan pd ga ngerti...
waduh, kalo kapasitas d4d innova berapa ya olinya ? tempo hari ganti oli di toda , 7 liter dituangin semua sampe habis. Ganti filter oli juga. Kelebihan gak ya olinya ?
vipere wrote:waduh, kalo kapasitas d4d innova berapa ya olinya ? tempo hari ganti oli di toda , 7 liter dituangin semua sampe habis. Ganti filter oli juga. Kelebihan gak ya olinya ?
vipere wrote:waduh, kalo kapasitas d4d innova berapa ya olinya ? tempo hari ganti oli di toda , 7 liter dituangin semua sampe habis. Ganti filter oli juga. Kelebihan gak ya olinya ?
Biasa ane ganti oli + filter kena 6,9 liter om.
Sent from my Z30 using Tapatalk
jadi punya saya kelebihan 100 ml ya ? musti disedot juga gak ya ? tuh montir toda maen tuang2 aja semua..bukan tuang 6 dulu terus diukur.
Soalnya sebelumnya ganti di sawah besar, gak maen tuang langsung semua aja.
Kirain nih montir udah tau prosedurnya.Tiba2 udah habis aja semua dituang.
vipere wrote:waduh, kalo kapasitas d4d innova berapa ya olinya ? tempo hari ganti oli di toda , 7 liter dituangin semua sampe habis. Ganti filter oli juga. Kelebihan gak ya olinya ?
Biasa ane ganti oli + filter kena 6,9 liter om.
Sent from my Z30 using Tapatalk
jadi punya saya kelebihan 100 ml ya ? musti disedot juga gak ya ? tuh montir toda maen tuang2 aja semua..bukan tuang 6 dulu terus diukur.
Soalnya sebelumnya ganti di sawah besar, gak maen tuang langsung semua aja.
Kirain nih montir udah tau prosedurnya.Tiba2 udah habis aja semua dituang.
ini di toda mana om?
soal nya sepengalaman saya ganti oli di sana mekanik nya lumayan oke2 sih, selalu bener takeran nya..
bahkan pertama kali ane ganti oli di sana, tes dl ane tanya oli nya brapa liter sama ganti filter, eh bener lho jawab nya persis kek di buku manual..
dan pas lagi di tuang emg bener2 kek apa yg dia ngmg.. bukan belain toda lho ya.. cm pelanggan puas aja..
skrg penasaran aja itu toda mana, jadi ane bisa wanti2 mekanik nya sblm tuang oli klo ke mobil ane
kl kelebihan 100 cc mahh masi gapapa om... apalagi kl enjin dgn oil pan gede macam ipah... tp tetep jgn ampe kelebihan jauh... ntuh seal kruk as jaminan jebol tuh... mending kl yg jebol yg depan... kl yg blakang... alamat ribet dehh..
vipere wrote:
radinalakbar7 wrote:
vipere wrote:waduh, kalo kapasitas d4d innova berapa ya olinya ? tempo hari ganti oli di toda , 7 liter dituangin semua sampe habis. Ganti filter oli juga. Kelebihan gak ya olinya ?
Biasa ane ganti oli + filter kena 6,9 liter om.
Sent from my Z30 using Tapatalk
jadi punya saya kelebihan 100 ml ya ? musti disedot juga gak ya ? tuh montir toda maen tuang2 aja semua..bukan tuang 6 dulu terus diukur.
Soalnya sebelumnya ganti di sawah besar, gak maen tuang langsung semua aja.
Kirain nih montir udah tau prosedurnya.Tiba2 udah habis aja semua dituang.
DOHC wrote:kl kelebihan 100 cc mahh masi gapapa om... apalagi kl enjin dgn oil pan gede macam ipah... tp tetep jgn ampe kelebihan jauh... ntuh seal kruk as jaminan jebol tuh... mending kl yg jebol yg depan... kl yg blakang... alamat ribet dehh.. ]
Baru ganti oli crv
Kelebihan 0.3 Liter nih mod
Kapasitas di buku manual 3.7 L termasuk penggantian filter. Eh 4 L oli dimasukin semua ama mekaniknya
Gimane ye?