Halo SMers,
Disini bukan yaa tanya2 soal masalah mobil, gw punya Ford Tx5 Hatchback, masalah di starternya kadang gampang di nyalain kadang susah, ga ada bunyi sama sekali, yg pasti bukan masalah aki karena ak udah ganti, relay starter jg bukan, dinamo? teknisi dinamo jg blom nemu masalahnya. Jadi bisa dibilang blom tau ada dimana masalahnya, ga ada kondisi mesin panas ataupun dingin, kadang susah nyalain, dan sama sekali ga ada bunyi kayak aki soak.
Ada yg tau permasalahnya apa? kalo mau ganti kunci semuanya berapa mahal yaa. soale kunci starter nya emang bukan kunci aslinya. Kunci pintu n kunci starter beda
Semoga ada yg bisa nolong, terima kasih sebelumnya
[FORD TX5] Masalah starter kadang langsung nyala kadang susah
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Sep 17, 2015 2:13
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [FORD TX5] Masalah starter kadang langsung nyala kadang susah
wah itu mesti cek urut semua lagi dah kabel2-nya om.....mengingat usia mobilnya dan udah diapain aja ama pemilik2 sebelumnya
coba konsul dgn ahli kelistrikan mobil si A Chien di 0819 056 86669
coba konsul dgn ahli kelistrikan mobil si A Chien di 0819 056 86669
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Sep 17, 2015 2:13
Re: [FORD TX5] Masalah starter kadang langsung nyala kadang susah
Kelistrikan di bengkel dinamo sempet di cek, awal2 emang ada yg bocor, soalnya indikator aki selalu putih, susah banget dibikin biru walaupun udah jalan muter2, setelah di perbaiki listrik bocor sekarang indikator aki dibiru terus, kecuali mobil diem seminggu. kesimpulan sementara bukan masalah kelistrikan.
dari hasil gugling masalahnya ini:
1. Carbon brush starter udah pendek [belom pernah sentuh bagian ini]
2. Gulungan starter hangus/terbakar [udah diganti pake punya colt injeksi]
3. Relay starter/kunci kontak bermasalah [bareng dengan poin 2]
gw sendiri ga ngerti sih apa itu carbon brush, semoga itu masalahnya :D
makasih info A Chien nya, sore gw telp
dari hasil gugling masalahnya ini:
1. Carbon brush starter udah pendek [belom pernah sentuh bagian ini]
2. Gulungan starter hangus/terbakar [udah diganti pake punya colt injeksi]
3. Relay starter/kunci kontak bermasalah [bareng dengan poin 2]
gw sendiri ga ngerti sih apa itu carbon brush, semoga itu masalahnya :D
makasih info A Chien nya, sore gw telp
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11071
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: [FORD TX5] Masalah starter kadang langsung nyala kadang susah
yang umum terjadi, switch dinamo starter udah rusak atau carbon brush (mekanik sini biasa nyebut "kul stater") habis.
kalau "kul stater" yang kena, harganya nggak terlalu mahal.
kalau "kul stater" yang kena, harganya nggak terlalu mahal.
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [FORD TX5] Masalah starter kadang langsung nyala kadang susah
OOT
kalo utk cek dan service motor starter / alternator bisa ke Juara Teknik Dinamo di Daan Mogot
*bukan seles bengkel*
kalo utk cek dan service motor starter / alternator bisa ke Juara Teknik Dinamo di Daan Mogot
*bukan seles bengkel*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: [FORD TX5] Masalah starter kadang langsung nyala kadang susah
kumparan dinamo biasanya relatif lebih kuat dan jarang rusak....kalaupun rusak, cirinya dinamonya sama sekali gak bisa berputar....
Untuk dinamo starter yg biasa rusak adalah :
carbon brush , bentuknya 2 batangan karbon warna abu2 tua , gunanya adalah untuk menyalurkan arus listrik ke poros dinamo... yang berputar...
poros dinamo itu dilapisi tembaga yg berbentuk seperti ubin....dinamakan komutator.....
Poros komutator itu berputar....sementara carbon brush diam , makanya juga disebut stator....
carbon brush itu berjumlah 2 , sesuai dengan polarisasi listrik minus dan plus....
Biasanya , carbon itu aus terlebih dulu....baru kemudian komutator yg aus.....
Kalau carbon diganti baru , tapi komutator sudah aus (permukaan tidak rata) ,biasanya dalam waktu dekat , carbon akan aus juga...karena kemakan oleh permukaan komutator....
biasanya tukang dinamo bisa mengganti permukaan komutator dg tembaga yg baru...
Harga carbon gak mahal kok , antara 25 sd 40 ribu sepasang....saran saya beli lah yg bermerk BOSCH , karena relatif lbh kuat dibandingkan merk fuji mountain ( pengalaman pribadi )...
reparasi komutator juga gak mahal2 amat...kisaran 75 sd 100 ribuan...
kalau tetap starter susah , bisa jadi relay starternya rusak..akibatnya kontak listrik kurang baik sehingga dinamo susah berputar.........ganti dg yg baru...
untuk jelasnya silakan lihat gambar....cmiiw
Untuk dinamo starter yg biasa rusak adalah :
carbon brush , bentuknya 2 batangan karbon warna abu2 tua , gunanya adalah untuk menyalurkan arus listrik ke poros dinamo... yang berputar...
poros dinamo itu dilapisi tembaga yg berbentuk seperti ubin....dinamakan komutator.....
Poros komutator itu berputar....sementara carbon brush diam , makanya juga disebut stator....
carbon brush itu berjumlah 2 , sesuai dengan polarisasi listrik minus dan plus....
Biasanya , carbon itu aus terlebih dulu....baru kemudian komutator yg aus.....
Kalau carbon diganti baru , tapi komutator sudah aus (permukaan tidak rata) ,biasanya dalam waktu dekat , carbon akan aus juga...karena kemakan oleh permukaan komutator....
biasanya tukang dinamo bisa mengganti permukaan komutator dg tembaga yg baru...
Harga carbon gak mahal kok , antara 25 sd 40 ribu sepasang....saran saya beli lah yg bermerk BOSCH , karena relatif lbh kuat dibandingkan merk fuji mountain ( pengalaman pribadi )...
reparasi komutator juga gak mahal2 amat...kisaran 75 sd 100 ribuan...
kalau tetap starter susah , bisa jadi relay starternya rusak..akibatnya kontak listrik kurang baik sehingga dinamo susah berputar.........ganti dg yg baru...
untuk jelasnya silakan lihat gambar....cmiiw
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: [FORD TX5] Masalah starter kadang langsung nyala kadang susah
Kemungkinan besar starter motor solenoid-nya sudah minta ganti.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: [FORD TX5] Masalah starter kadang langsung nyala kadang susah
POS VETT wrote:Kemungkinan besar starter motor solenoid-nya sudah minta ganti.
yup, bener ...bisa jadi solenoidnya atau istilah lainnya relay starter....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black