Perbandingan curb weight
Jazz gk : 1050 kg/120 ps/145 nm
Yaris : 1045 kg/109 ps/141 nm
Fiesta Ecoboost : 1154 kg/125 ps/170 nm
Mazda 2 : 1038 kg/115 ps/141 nm
Mazda 2 cuma lebih ringan 7 kg dari yaris (data diambil dari tiap atpm, kecuali jazz)
Dan ketika saya ngetik maupun cari data, ga lagi mimpi
Masalah skyactiv, ane pengguna 2 buah mazda skyactiv, jadi rasanya cukup paham karakteristik mazda
Jadi menurut anda, akselerasi beda tipis antara fiesta eb, jazz, dan m2?
Berdasarkan pengalaman sendiri: (bukan kata orang atau kata majalah)
Tes dalam mode D, karena itu mode yg paling sering saya pakai
Simulasinya kondisi nyetir konstan, lalu kemudian butuh nyalip (tanpa pindah ke mode manual)
-
Yaris : karakter yaris lama yg meledak2 di rpm bawah diperhalus, dan hasilnya malah lemot banget, ditambah transmisi dodol
-
Jazz gk : dalam mode sport (tanpa aktifin paddleshift) akselerasi lebih baik dari yaris, tapi namanya cvt yg didesain halus, ya gitulah...
-
Mazda 2 : mode sport, dari kecepatan konstan, perlu nunggu rpm naik dan downshift, baru tenaga muncul, lebih baik dari jazz, tapi tenaga masih terasa kurang (terasa tenaga ga keluar secepat seharusnya, seperti terhalang transmisi skyactiv, yg juga terjadi di skyactiv lain)
-
Fiesta eb : rev sedikit naik, downshift 1 tingkat (dengan transmisi yg katanya dsg, tapi kalah cepet dari a/t konvensional mazda) dibarengi turbo menghela napas, lalu tenaga seperti meledak dan mendorong tubuh ke belakang
Apa nyetir mobil cuma tentang seberapa cepat mencapai kecepatan tertentu? Menurut ane, nyetir mobil adalah tentang seberapa banyak kita bisa tersenyum.
-
Yaris : jujur ane lupa gimana tepatnya pengalaman ketika nyetir yaris, yg ane inget cuma 1 : handling kacau
-
Jazz gk : handling sebenarnya lumayan, posisi nyetir enak, tapi transmisi cvt dan setir tanpa feel bikin kening ane berkerut
-
Fiesta eb : mobil ini membuat saya tersenyum. Transmisi dsg yg lemot dikombinasikan mesin turbo yg sedikit lag, malah terasa sebagai kombinasi yang cocok. Gejala mirip selip kopling dibarengi turbo menghisap udara, lalu mesin dan transmisi berbarengan memuntahkan dan menyalurkan tenaga, menjadikan sensasi fun tersendiri buat ane. Handling yg baik, dengan pantat yg nurut, melengkapi kesenangan berkendara. Yg ane ga suka : setir terlalu ringan, interior bosen ngeliatnya
-
Mazda 2 : pertama kali test drive, tenaga mesin biasa2 aja, setir terlalu ringan. Tapi masalah handling, disinilah letak keunggulan mazda. Berat memang beda tipis dengan pesaing2nya, tapi sasis terasa sangat kaku, dan body terasa ringan. Body roll terasa, tapi bukan body roll nyeremin yg serasa mau terguling, tapi body roll yg menambah unsur fun (ga tau gimana jelasinnya). Setelah nyoba mazda 2, ane ngerasa fiesta eb ada sesuatu yg kurang. Test drive kedua, ane masih penasaran sama m2, dan tes kedodolan mazda memasang ban dunlop enasave. Kali ini keadaan lalu lintas sedikit memungkinkan, jadi ane melakukan beberapa hard cornering dan hand brake drift, terasa pantat mudah dibuat bergeser, tapi sangat mudah dikendalikan. Yg menodai hanyalah ban enasave, yg sidewall nya nekuk cukup horror, dan grip minim. Terbukti ketika ane ganti ban ke yokohama c-drive 2, body roll berkurang, stabilitas bertambah, dan bobot setir sedikit bertambah.
Lah ane malah keterusan nulis jadi short comparison 4 hatchback
Saya tidak peduli majalah bilang apa, karena pengalaman subyektif ane seperti itu.
Masalah bonnet, sebenernya ga begitu panjang.
Mazda skyactiv bonnet nya terlihat panjang karena bagian grill keatas lurus secara vertikal, lalu pilar a ditarik kebelakang dikit, jadi dashboard ga terlalu lebar, dan blindspot pun minim.
Masalah m2 sempit menurut ane malah di desain pantat nya..
Cx-5, ruang baris kedua lebih sempit dari crv, karena desain suspensi belakang yg makan tempat.