ginting wrote: Bicara mengenai pabrik mobil, justru yang sangat menggairahkan ekonomi itu adalah para supplier/vendorsnya...Saya banyak sekali mendapat klien baru (berdiri), yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Rupanya vendor otomotif. Dan para vendor itu tidak akan ada kalau negara kita hanya jadi tempat jualan.
Tahun 2013 saya ada conference asuransi se Asia di Bangkok. Dari paparan soal catastrophe disana, emang kondisi tanah disana umumnya flat. Jadi kalau banjir kiriman datang, no where to run. Kalau tanah di Cikarang, Karawang, Cikampek itu bagus..banyak kontur. Jadi kalaupun banjir, paling airnya ngumpul ke tempat yg rendah..
Soal Mitsubishi di GIIC, Kesimpulan saya mereka sangat-sangat serius ingin bangkit. Jadi let see dalam 2 thn ke depan bagaimana peta persaingan.
Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 21998
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21998
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
Perusahaan Jepang Ini Resmikan Pabrik Komponen Otomotif Ketiga di Cikarang
Zulfi Suhendra - detikfinance
Jumat, 10/04/2015 10:35 WIB
Cikarang -PT Denso Indonesia meresmikan pabrik komponen ketiganya di Cikarang, Jawa Barat. Menteri Perindustrian Saleh Husin hadir membuka pabrik seluas 21 hektar ini.
Saleh mengatakan, penjualan kendaraan bermotor dari tahun ke tahun terus meningkat. Ia menambahkan, meningkatnya industri kendaraan bermotor bakal mengerek pertumbuhan industri komponen kendaraan bermotor ke depannya.
"Secara khusus, pemerintah terus mendukung Denso Indonesia terus menambah jenis komponen utama dan menerapkan teknologi terkini dalam sistem produksi," kata Saleh di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang, Jawa Barat, Jumat (9/4/2015).
Saleh mengatakan, pembangunan pabrik ketiga Denso yang juga bertepatan dengan ulang tahun Denso ke-40 ini pun bakal menyerap cukup banyak tenaga kerja. Yang tentu menurutnya akan berkontribusi pada perekonomian dalam negeri.
"Ini sangat positif bagi perekonomian nasional. Pabrik ini akan mempekerjakan lebih dari 647 orang tenaga kerja," tuturnya.
Pabrik ketiga yang berjarak 5 km dari pabrik pertama ini bakal memproduksi komponen seperti electronic control unit (ECU) untuk mobil dan motor, sonar ECU, VCT (variable cam timing), alternator, starter, dan lainnya.
http://finance.detik.com/read/2015/04/1 ... g?f9911013
IMHO :
Kayaknya ini sgt berkaitan dgn pabrik mesin Toyota yg lokasinya di sebrang San Diego Hills
Jadi ECU / VCT & electronic devices lain utk kebutuhan pabrik mesin yg di sebrang san Diego Hills itu
CMIIW
Zulfi Suhendra - detikfinance
Jumat, 10/04/2015 10:35 WIB
Cikarang -PT Denso Indonesia meresmikan pabrik komponen ketiganya di Cikarang, Jawa Barat. Menteri Perindustrian Saleh Husin hadir membuka pabrik seluas 21 hektar ini.
Saleh mengatakan, penjualan kendaraan bermotor dari tahun ke tahun terus meningkat. Ia menambahkan, meningkatnya industri kendaraan bermotor bakal mengerek pertumbuhan industri komponen kendaraan bermotor ke depannya.
"Secara khusus, pemerintah terus mendukung Denso Indonesia terus menambah jenis komponen utama dan menerapkan teknologi terkini dalam sistem produksi," kata Saleh di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang, Jawa Barat, Jumat (9/4/2015).
Saleh mengatakan, pembangunan pabrik ketiga Denso yang juga bertepatan dengan ulang tahun Denso ke-40 ini pun bakal menyerap cukup banyak tenaga kerja. Yang tentu menurutnya akan berkontribusi pada perekonomian dalam negeri.
"Ini sangat positif bagi perekonomian nasional. Pabrik ini akan mempekerjakan lebih dari 647 orang tenaga kerja," tuturnya.
Pabrik ketiga yang berjarak 5 km dari pabrik pertama ini bakal memproduksi komponen seperti electronic control unit (ECU) untuk mobil dan motor, sonar ECU, VCT (variable cam timing), alternator, starter, dan lainnya.
http://finance.detik.com/read/2015/04/1 ... g?f9911013
IMHO :
Kayaknya ini sgt berkaitan dgn pabrik mesin Toyota yg lokasinya di sebrang San Diego Hills
Jadi ECU / VCT & electronic devices lain utk kebutuhan pabrik mesin yg di sebrang san Diego Hills itu
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
hino kepala ijo pabriknya juga di karawang, sudah beroperasi lama
-
- SM Specialist
- Posts: 21998
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21998
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
Intermezzo-nya
Tower Ketiga Orange County Terjual Habis dalam 6 Jam!
Mar 9, 2015
RumahCom – Setelah diperkenalkan kepada publik beberapa waktu lalu, PT Lippo Cikarang, Tbk (LPCK) melakukan grand preview tower ketiga Orange County: Pasadena Suites, Sabtu (7/3) lalu. Hasilnya, dalam waktu enam jam seluruh unit apartemen yang tersedia habis terjual.
http://www.rumah.com/berita-properti/20 ... -dalam-6-j
Tower Ketiga Orange County Terjual Habis dalam 6 Jam!
Mar 9, 2015
RumahCom – Setelah diperkenalkan kepada publik beberapa waktu lalu, PT Lippo Cikarang, Tbk (LPCK) melakukan grand preview tower ketiga Orange County: Pasadena Suites, Sabtu (7/3) lalu. Hasilnya, dalam waktu enam jam seluruh unit apartemen yang tersedia habis terjual.
http://www.rumah.com/berita-properti/20 ... -dalam-6-j
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7390
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
ini pendapat minority n mgkn cuma sy sj
sayang skali karawang yg agriculturally fertile groun kadi manufacturing zone
ini krn nationwide inadequate transportation integration ground to sea v.v
sayang skali karawang yg agriculturally fertile groun kadi manufacturing zone
ini krn nationwide inadequate transportation integration ground to sea v.v
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7390
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
rayong (sy tdk bilang tailand) punya nasip sama krawang dlm automotive manufacturing perspective
jadi besar ...thanks to inefficiency n inconsistency of indo administration im running its bureaucracy n setting up n executing policies
tadinya sy fikir indo govt akan wajipkan automakers disana dlm cSR transfer modern jap integrated agro system ...indoor clean stack-up spt dulu tailand's peasants blajar dr ahli ahli indo (1979-95)
sehingga jadi / buka agro industry (home / local scale) lbh menarik drpd buka room for rent maupun ojek n jadi factory worker
mmg skrf csr disana jadi foster parents / patron u local schools. tapi apa artinya skolah kalo lulus jadi fac worker n tdk bisa financially independent individuals
fabriek tutup / pindah negara lain yg lbh healthy investment climate...bisa habis smua spt thn 98-2000 dulu krn working class itu lbh byk karyawan
sorry out of topic
jadi besar ...thanks to inefficiency n inconsistency of indo administration im running its bureaucracy n setting up n executing policies
tadinya sy fikir indo govt akan wajipkan automakers disana dlm cSR transfer modern jap integrated agro system ...indoor clean stack-up spt dulu tailand's peasants blajar dr ahli ahli indo (1979-95)
sehingga jadi / buka agro industry (home / local scale) lbh menarik drpd buka room for rent maupun ojek n jadi factory worker
mmg skrf csr disana jadi foster parents / patron u local schools. tapi apa artinya skolah kalo lulus jadi fac worker n tdk bisa financially independent individuals
fabriek tutup / pindah negara lain yg lbh healthy investment climate...bisa habis smua spt thn 98-2000 dulu krn working class itu lbh byk karyawan
sorry out of topic
-
- SM Specialist
- Posts: 21998
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
@ om NR :
Tolong dong dijelaskan dengan bahasa yg lebih sederhana maksud dari tulisan om NR yg panjang banget di atas
Thanks
Tolong dong dijelaskan dengan bahasa yg lebih sederhana maksud dari tulisan om NR yg panjang banget di atas
Lalu maksud tulisan om NR yg di atas ini apa yah......itu terjadi di negara mana & kapannewrubble wrote:
fabriek tutup / pindah negara lain yg lbh healthy investment climate...bisa habis smua spt thn 98-2000 dulu krn working class itu lbh byk karyawan
sorry out of topic
Thanks
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21998
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
Btw utk agriculture saya setuju bahwa lahan pertanian di Karawang perlu dipertahankan juga dan jangan semuanya di konversi menjadi industri / other commercial zone.
Juga areal persawahan sebagai daerah resapan juga, utk mengurangi resiko banjir.
Dengan dibukanya tol Cikapali, daerah industri bisa dikembangkan ke arah Cikampek & beyond.
Tapi dalam sektor agribisnis kita harus ingat juga, mengapa Indonesia bisa menjadi produsen CPO yang sangat besar sekali sementara bahan pangan malah harus import ?
Bagaimana program pengembangan agri-bisnis di berbagai pulau antara jumlah pengembangan lahan utk kebun CPO VS lahan utk pertanian pangan ?
Saya rasa selama ini / di era Pemerintahan yg sebelumnya ini yang patut dipertanyakan.
Kebun CPO di Indonesia sangat massif, bahkan CPO sampai "dipaksakan" ditanam di lahan2 yg sebetulnya nggak feasible utk CPO, lahan gambut yg dikonversi utk ditanam CPO, bahkan sampai menggusur hutan lindung & cagar alam.......jujur aja ini udah kelewatan, padahal yield kebun CPO Indonesia masih di bawah Malaysia, harusnya yield per Ha ini yang ditingkatkan, sehingga gak perlu merusak sana sini.
Juga di daerah2 yg selama ini menghasilkan komoditas tambang, konon penduduknya lebih senang kerja tambang daripada bertani karena faktor income yg didapat.......bahkan konon dulu di Kal-Tim yg jelas2 wilayah sangat besar, mereka "import" pangan dari Jawa krn orang2 sana lebih senang kerja tambang batubara.
Nah ini yang konyol ! ........ditambah dulu pemerintah tutup mata.......lengkap sudah kekonyolan ini.
Saya rasa dengan teknologi pertanian modern, extensifikasi pencetakan sawah bisa dilakukan juga pada lahan2 yg kurang subur.......Israel aja bisa bikin kebun tomat di gurun kok.
Jadi pembangunan industri & pertanian di Indonesia bisa sama2 dikembangkan dengan hebat, asal ditata & dilaksanakan dengan tepat, juga menggunakan teknologi yg tepat agar yield per Ha bisa tinggi.
Indonesia butuh pengembangan industri manufaktur ? YES (spt sy tulis di trit sebelah)
Indonesia juga perlu pengembangan industri pertanian yg kuat ? ABSOLUTELY........selain soal ketahanan pangan, kaum petani yang "makmur" akan menggerakkan perekonomian nasional
IMO & CMIIW
Juga areal persawahan sebagai daerah resapan juga, utk mengurangi resiko banjir.
Dengan dibukanya tol Cikapali, daerah industri bisa dikembangkan ke arah Cikampek & beyond.
Tapi dalam sektor agribisnis kita harus ingat juga, mengapa Indonesia bisa menjadi produsen CPO yang sangat besar sekali sementara bahan pangan malah harus import ?
Bagaimana program pengembangan agri-bisnis di berbagai pulau antara jumlah pengembangan lahan utk kebun CPO VS lahan utk pertanian pangan ?
Saya rasa selama ini / di era Pemerintahan yg sebelumnya ini yang patut dipertanyakan.
Kebun CPO di Indonesia sangat massif, bahkan CPO sampai "dipaksakan" ditanam di lahan2 yg sebetulnya nggak feasible utk CPO, lahan gambut yg dikonversi utk ditanam CPO, bahkan sampai menggusur hutan lindung & cagar alam.......jujur aja ini udah kelewatan, padahal yield kebun CPO Indonesia masih di bawah Malaysia, harusnya yield per Ha ini yang ditingkatkan, sehingga gak perlu merusak sana sini.
Juga di daerah2 yg selama ini menghasilkan komoditas tambang, konon penduduknya lebih senang kerja tambang daripada bertani karena faktor income yg didapat.......bahkan konon dulu di Kal-Tim yg jelas2 wilayah sangat besar, mereka "import" pangan dari Jawa krn orang2 sana lebih senang kerja tambang batubara.
Nah ini yang konyol ! ........ditambah dulu pemerintah tutup mata.......lengkap sudah kekonyolan ini.
Saya rasa dengan teknologi pertanian modern, extensifikasi pencetakan sawah bisa dilakukan juga pada lahan2 yg kurang subur.......Israel aja bisa bikin kebun tomat di gurun kok.
Jadi pembangunan industri & pertanian di Indonesia bisa sama2 dikembangkan dengan hebat, asal ditata & dilaksanakan dengan tepat, juga menggunakan teknologi yg tepat agar yield per Ha bisa tinggi.
Indonesia butuh pengembangan industri manufaktur ? YES (spt sy tulis di trit sebelah)
Indonesia juga perlu pengembangan industri pertanian yg kuat ? ABSOLUTELY........selain soal ketahanan pangan, kaum petani yang "makmur" akan menggerakkan perekonomian nasional
IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7390
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Cikarang - Karawang = The new DETROIT of South East Asia ?
di thread ini juga sy sdh cukup ty