Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Modming, ente udah bosen hidup ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ane pake manual buat harian,... And I hate sling/cable clutch. Klo bisa minta tuker ane dah minta tuker ni pikancrut,... Apa daya, bos berkuasa penuh atas mobdin kuli,...
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41
Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Manual diesel mantep banget, lepas kopling tanpa towel gas juga udah ngangkat. Yang gak keganti di otomatis ya kalo injek setengah kopling, buat di tanjakan berhenti sebentar lumayan berguna walaupun ada efeknya juga. [emoji12]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ane harian jg pake manual
Tapi kyknya di jakarta bentar lagi manual punah nih [emoji22]
Tapi kyknya di jakarta bentar lagi manual punah nih [emoji22]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Waahhh cewip mekdiJambangan wrote:Ane harian jg pake manual
Tapi kyknya di jakarta bentar lagi manual punah nih [emoji22]
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Itu karpet kenapa bisa kembar ama pny aneJambangan wrote:Ane harian jg pake manual
Tapi kyknya di jakarta bentar lagi manual punah nih [emoji22]
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- SM Moderator
- Posts: 811
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ane belajar mobil thn 2006 pake manual
Sampe punya mobil xenia xi, yaris, terios sampe thn 2014 semuanya manual.
Sensasinya emg gk bisa dilupain.
Tp skrg ane cuman punya duo matic di rmh.
Jd kangen sh, soalnya pas pake manual tuh paling kerasa pas road trip pertama ane ke Bali pake xenia, beughh rasanya maknyos...
Ada sh keinginan buat beli manual lg nanti, tp minimal impreza wrx sti lah, biar kerasa manualnya (msh mimpi)
Tp satu hal menurut ane, cw yg nyetir manual itu [cencored] bgt menurut ane.
Sampe punya mobil xenia xi, yaris, terios sampe thn 2014 semuanya manual.
Sensasinya emg gk bisa dilupain.
Tp skrg ane cuman punya duo matic di rmh.
Jd kangen sh, soalnya pas pake manual tuh paling kerasa pas road trip pertama ane ke Bali pake xenia, beughh rasanya maknyos...
Ada sh keinginan buat beli manual lg nanti, tp minimal impreza wrx sti lah, biar kerasa manualnya (msh mimpi)
Tp satu hal menurut ane, cw yg nyetir manual itu [cencored] bgt menurut ane.
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Trit yang sangat bermakna buat ogud yang "Sopir Kampung" penggemar MT ini...
Dari pertama sekali "megang setir" sampe hari ini selalu MT.
Mulai dari zaman nyetir masih hobi "Mati Tegak" sampe "ngocok" kopling di jalan tol masih belum nemuin sistem transmisi yang lebih menyenangkan selain MT.
Nyetir MT paling menyenangkan, berkesan sekaligus membingungkan dan menguji kesabaran ya... terakhir ini di "Gerobak Kaleng" ogud Si Betty (GL L11 2013 MT) ...
Special Thanks dan Salut buat Mod imingwahyudi yang sudah membuat trit tentang MT ini dan meneguhkan ogud betapa "tak tergantikannya" MT itu meski menjelang "Akhir Hayatnya"
Salam Ngopling,
Dari pertama sekali "megang setir" sampe hari ini selalu MT.
Mulai dari zaman nyetir masih hobi "Mati Tegak" sampe "ngocok" kopling di jalan tol masih belum nemuin sistem transmisi yang lebih menyenangkan selain MT.
Nyetir MT paling menyenangkan, berkesan sekaligus membingungkan dan menguji kesabaran ya... terakhir ini di "Gerobak Kaleng" ogud Si Betty (GL L11 2013 MT) ...
Special Thanks dan Salut buat Mod imingwahyudi yang sudah membuat trit tentang MT ini dan meneguhkan ogud betapa "tak tergantikannya" MT itu meski menjelang "Akhir Hayatnya"
Salam Ngopling,
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
nubie ikutan absen disini, sebagai user manual everyday
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
kenapa dengan sling based clutch oom?b8099ok wrote:Ane pake manual buat harian,... And I hate sling/cable clutch. Klo bisa minta tuker ane dah minta tuker ni pikancrut,... Apa daya, bos berkuasa penuh atas mobdin kuli,...
temen saya pake suwip koplingnya ga berasa tiba tiba kena master koplingnya ...ga bisa dikopling sama sekali jadinya
Betul oom Eka, manual diesel lebih liveable kalo untuk macet macetan. Beberapa kali saya disuruh setir Innova/Spin diesel, rasanya enak cuma governing the clutch pedal only begitu creeping for the traffic jamEKA666 wrote:Manual diesel mantep banget, lepas kopling tanpa towel gas juga udah ngangkat. Yang gak keganti di otomatis ya kalo injek setengah kopling, buat di tanjakan berhenti sebentar lumayan berguna walaupun ada efeknya juga. [emoji12]
Jambangan wrote:Ane harian jg pake manual
Tapi kyknya di jakarta bentar lagi manual punah nih [emoji22]
tiap kali saya sudah masuk gerbang cikarang aja udah males lihat antreannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
ada X factor yang ga bisa digantikan sama DSG juga yak oom , terkadang malah sesuatu yang lebih lambat bisa jadi lebih enjoyable ke kita nya..r12qiSonH4ji wrote:Ane belajar mobil thn 2006 pake manual
Sampe punya mobil xenia xi, yaris, terios sampe thn 2014 semuanya manual.
Sensasinya emg gk bisa dilupain.
Tp skrg ane cuman punya duo matic di rmh.
Jd kangen sh, soalnya pas pake manual tuh paling kerasa pas road trip pertama ane ke Bali pake xenia, beughh rasanya maknyos...
Ada sh keinginan buat beli manual lg nanti, tp minimal impreza wrx sti lah, biar kerasa manualnya (msh mimpi)
Tp satu hal menurut ane, cw yg nyetir manual itu [cencored] bgt menurut ane.
berarti cewek di kampus saya [cencored] semuanya dong?
sepuh manualnya SM niBetty wrote:Trit yang sangat bermakna buat ogud yang "Sopir Kampung" penggemar MT ini...
Dari pertama sekali "megang setir" sampe hari ini selalu MT.
Mulai dari zaman nyetir masih hobi "Mati Tegak" sampe "ngocok" kopling di jalan tol masih belum nemuin sistem transmisi yang lebih menyenangkan selain MT.
Nyetir MT paling menyenangkan, berkesan sekaligus membingungkan dan menguji kesabaran ya... terakhir ini di "Gerobak Kaleng" ogud Si Betty (GL L11 2013 MT) ...
Special Thanks dan Salut buat Mod imingwahyudi yang sudah membuat trit tentang MT ini dan meneguhkan ogud betapa "tak tergantikannya" MT itu meski menjelang "Akhir Hayatnya"
Salam Ngopling,
salute to oom Betty, harian pake Livie manual yang *konon* perilaku koplingnya agak aneh (saya sendiri belom pernah coba Livina MT, banyakan AT di kenalan saya )
ah bukan thread apa apa kok oom, cuma berbagi sudut pandang saja
Salam juga
nescafe wrote:nubie ikutan absen disini, sebagai user manual everyday
Accord CM5 FL paling bersih se Indonesia itu ternyata 5MT?????
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Seaneh2nya kopling livina MT, masi lebih aneh ecosport MT
DSG menurut ane tetep aja matic
Manual menurut ane bukan cuma masalah cepet atau lambat dibanding matic (DSG)
Tapi penguasaan kendaraan sepenuhnya oleh sang pengemudi
*makanya ane paling benci manual yg diatur2 komputer
DSG menurut ane tetep aja matic
Manual menurut ane bukan cuma masalah cepet atau lambat dibanding matic (DSG)
Tapi penguasaan kendaraan sepenuhnya oleh sang pengemudi
*makanya ane paling benci manual yg diatur2 komputer
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- SM Moderator
- Posts: 811
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Iya mod Iming, DSG itu gak bisa ngasih pengalaman yg seluar biasa manual murni. Meskipun udh pake paddleshift. Gak ada sensasi ngoplingnya. Dan ane setuju sm pendapat om kodok pushup, klo manual itu kita yg megang kendali.imingwahyudi wrote: ada X factor yang ga bisa digantikan sama DSG juga yak oom , terkadang malah sesuatu yang lebih lambat bisa jadi lebih enjoyable ke kita nya..
berarti cewek di kampus saya [cencored] semuanya dong?
Oia satu lg mod Iming, lebih keren pake batang perseneling di tengah dibanding pake paddleshift. Lebih macho
Wah, klo kampus mod Iming di Jkt, udh ane datengin dh skrg
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Jadi penasaran sama Ecosport MT *Ngintip2 garasi majikan ada Ecosport MT gak yak* Manual tapi diatur - atur komputer yak? Ini maksudnya bagaimana yak? *mohon pencerahan lebih lanjut*KodokPushUp wrote:Seaneh2nya kopling livina MT, masi lebih aneh ecosport MT
DSG menurut ane tetep aja matic
Manual menurut ane bukan cuma masalah cepet atau lambat dibanding matic (DSG)
Tapi penguasaan kendaraan sepenuhnya oleh sang pengemudi
*makanya ane paling benci manual yg diatur2 komputer
Ogud sama sekali tidak alergi dengan teknologi komputer, elektronik dan digital pada kendaraan dengan tujuan meningkatkan kenyamanan mengemudi dengan catatan... "Kendali harus sepenuhnya berada di tangan manusia"
Kalau baca uraian Om KodokPushUp kok terkesan manusia "dikemudikan" bukan "mengemudikan" yak...
Ampun mods... ogud cuma "sopir kampung" masih jauh dari "sepuh" *menjura hormat*.imingwahyudi wrote:sepuh manualnya SM niBetty wrote:Trit yang sangat bermakna buat ogud yang "Sopir Kampung" penggemar MT ini...
Dari pertama sekali "megang setir" sampe hari ini selalu MT.
Mulai dari zaman nyetir masih hobi "Mati Tegak" sampe "ngocok" kopling di jalan tol masih belum nemuin sistem transmisi yang lebih menyenangkan selain MT.
Nyetir MT paling menyenangkan, berkesan sekaligus membingungkan dan menguji kesabaran ya... terakhir ini di "Gerobak Kaleng" ogud Si Betty (GL L11 2013 MT) ...
Special Thanks dan Salut buat Mod imingwahyudi yang sudah membuat trit tentang MT ini dan meneguhkan ogud betapa "tak tergantikannya" MT itu meski menjelang "Akhir Hayatnya"
Salam Ngopling,
salute to oom Betty, harian pake Livie manual yang *konon* perilaku koplingnya agak aneh (saya sendiri belom pernah coba Livina MT, banyakan AT di kenalan saya )
ah bukan thread apa apa kok oom, cuma berbagi sudut pandang saja
Salam juga
Sebenarnya dari semua kopling yang pernah ogud bejek, kopling Grand Livina adalah yang paling nyaman, enteng dan smooth... Tapiiiiiiiiiiii... jarak bebas nya yang rada - rada jauh (dan ga bisa disetel) dipadu dengan TBW yang rada - rada lemot (ada lag yang rada - rada lama antara injakan pedal gas dan peningkatan putaran mesin) .... "menyempurnakan" sistem transmisi manual pada "mobil rakyat" ini menjadi rada - rada hancur
Perlu 1 tahun untuk menguasai sistem transmisi MT GL agar tidak membangunkan Ibunda, "Kapolda" dan sekarang Si Junior agar tidak terbangun sambil mabok darat saat "adu sodok" di kemacetan dengan motor dan angkot apalagi kalau adu sodoknya terjadi di kondisi lalu lintas merayap di kontur jalan yang kebanyakan tanjakan seperti di Bogor atau Kawah Putih pas musim liburan... rasanya "Sesuatu Bangetzzz"
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
kalau buat saya sih liat2 mobil dulu yah, buat mobil2 underpower kayak crv, cx5, avanza, yaris, jazz dan sekelasnya sih enak matic lah, kalau mau manual harus mobilnya minimal 0-100kmh dibawah 5 detik, kalau gak mana ada fun ya, bejek, quick shift, bejek lagi, mesin malah ngekkkkkkkk underpower, beteeeee
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
CRV sama CX-5 dibilang underpower trus harrier 2.4 dibilang apa?
Yaa kalo dibandingin sama ipah ente jelas underpower banget oom
Peace
Yaa kalo dibandingin sama ipah ente jelas underpower banget oom
Peace
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
ikutan sharing ahh..
Nubie belajar mobil pake Matik, pertama kali dibelakang setir lancer CK4 yg konon katanya rare items..
Ngelancarin pake mobil baru batu makam, semuanya matik (biasa ngambilin unit dr pabrik yg didrop ke cabang lain, karena tmpt nubie jadi kuli ga bisa masuk truk gendong)
selalu konvoi sama temen kuli lain dengan kecepatan rendah dan sangat hati2 (mobil orang cuy)
sering juga diminta jadi sopir dadakan sama temen (mobilnya Hyundai Getz A/T)
Sampe bisa punya mobil sendiri juga pilihnya Matik (Nissan GL XV 1.5 A/T)
Beberapa waktu lalu ditodong sama tante, untuk mindahin mobilnya Rush M/T, lsg keringet dingin Mau nolak, tp bingung mau taro muka dimana.. Secara yg minta tolong itu org tua, besides, Lelaki masa ga bisa manual apa kata dunia
Akhirnya berbekal pengalaman naik motor kopling, modal nekat pindahin tuh mobil manual..
ternyata secara prinsip ga beda sama motor.. dan berhasil dengan lancar pindahin itu mobil tanpa mati mesin sekalipun walaupun gas meraung2 ga jelas
Sejak saat itu udah ga takut klo disuruh bawa mobil manual, dan jadi banyak nyobain mobil manual lain macem All New Xenia, Ertiga, GL..
Dan makin kesini makin ngerasa lebih nyaman nyetir manual.. dan nubie termasuk supir yang rajin ganti gigi, beda sama supir kantor yg kyknya alergi banget sama gigi 1 (All New Xenia) start awal selalu gigi 2.
Jadi perasaan dongkol gegara matik GL yg suka bingung sendiri, ga berasa pas bawa manual..
Sekarang GL udah dilego krn bbrp waktu lalu udah pindah dari kantor lama (mobil COP & cicilannya lumayan menipiskan kantong)
bbrp waktu kedepan niat ngambil mobil2 murmer dan pastinya manual..
Nubie belajar mobil pake Matik, pertama kali dibelakang setir lancer CK4 yg konon katanya rare items..
Ngelancarin pake mobil baru batu makam, semuanya matik (biasa ngambilin unit dr pabrik yg didrop ke cabang lain, karena tmpt nubie jadi kuli ga bisa masuk truk gendong)
selalu konvoi sama temen kuli lain dengan kecepatan rendah dan sangat hati2 (mobil orang cuy)
sering juga diminta jadi sopir dadakan sama temen (mobilnya Hyundai Getz A/T)
Sampe bisa punya mobil sendiri juga pilihnya Matik (Nissan GL XV 1.5 A/T)
Beberapa waktu lalu ditodong sama tante, untuk mindahin mobilnya Rush M/T, lsg keringet dingin Mau nolak, tp bingung mau taro muka dimana.. Secara yg minta tolong itu org tua, besides, Lelaki masa ga bisa manual apa kata dunia
Akhirnya berbekal pengalaman naik motor kopling, modal nekat pindahin tuh mobil manual..
ternyata secara prinsip ga beda sama motor.. dan berhasil dengan lancar pindahin itu mobil tanpa mati mesin sekalipun walaupun gas meraung2 ga jelas
Sejak saat itu udah ga takut klo disuruh bawa mobil manual, dan jadi banyak nyobain mobil manual lain macem All New Xenia, Ertiga, GL..
Dan makin kesini makin ngerasa lebih nyaman nyetir manual.. dan nubie termasuk supir yang rajin ganti gigi, beda sama supir kantor yg kyknya alergi banget sama gigi 1 (All New Xenia) start awal selalu gigi 2.
Jadi perasaan dongkol gegara matik GL yg suka bingung sendiri, ga berasa pas bawa manual..
Sekarang GL udah dilego krn bbrp waktu lalu udah pindah dari kantor lama (mobil COP & cicilannya lumayan menipiskan kantong)
bbrp waktu kedepan niat ngambil mobil2 murmer dan pastinya manual..
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
@om/tante Betty
err maksud nubie, throttle by wire yg jeda seabad, kopling yg ga berasa feel nya dan ga bisa di setel (belum nyebut sensor terkutuk itu), respon mesin yg dibikin smooth hingga ga terasa apa torsi cukup atau hampir stall pas nanjak
Secara garis besar, mechanical feedback yg diberikan mobil, di cut dan dibikin smooth oleh ecu, sehingga tidak dirasakan oleh pengemudi, mungkin didesain untuk kenyamanan penumpang
Ane ga terlalu setuju sama pendapat om htannis
Buat pengemudi amatir seperti ane, mobil2 underpower juga bisa fun, bisa sepuasnya cornering dengan full power tanpa takut pantat menjadi terlalu liar dan kehilangan kendali
Walaupun kalo track lurus ya bikin frustasi
Pada mobil2 0-100 dibawah 5s, tanpa pro driver seperti om htannis, cornering bisa jadi hal yg berbahaya
err maksud nubie, throttle by wire yg jeda seabad, kopling yg ga berasa feel nya dan ga bisa di setel (belum nyebut sensor terkutuk itu), respon mesin yg dibikin smooth hingga ga terasa apa torsi cukup atau hampir stall pas nanjak
Secara garis besar, mechanical feedback yg diberikan mobil, di cut dan dibikin smooth oleh ecu, sehingga tidak dirasakan oleh pengemudi, mungkin didesain untuk kenyamanan penumpang
Ane ga terlalu setuju sama pendapat om htannis
Buat pengemudi amatir seperti ane, mobil2 underpower juga bisa fun, bisa sepuasnya cornering dengan full power tanpa takut pantat menjadi terlalu liar dan kehilangan kendali
Walaupun kalo track lurus ya bikin frustasi
Pada mobil2 0-100 dibawah 5s, tanpa pro driver seperti om htannis, cornering bisa jadi hal yg berbahaya
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
yah kan kt ngomongin mobil harian dan untuk yg tinggal di jakarta yg jalanannya macet banget, pegel bok pake manual kalau lagi iseng sih enak mainin manual, ane juga kadang bawa avanza 1.3 manual sih, lucu juga sih gesit mainin gear busat salip2KodokPushUp wrote:@om/tante Betty
err maksud nubie, throttle by wire yg jeda seabad, kopling yg ga berasa feel nya dan ga bisa di setel (belum nyebut sensor terkutuk itu), respon mesin yg dibikin smooth hingga ga terasa apa torsi cukup atau hampir stall pas nanjak
Secara garis besar, mechanical feedback yg diberikan mobil, di cut dan dibikin smooth oleh ecu, sehingga tidak dirasakan oleh pengemudi, mungkin didesain untuk kenyamanan penumpang
Ane ga terlalu setuju sama pendapat om htannis
Buat pengemudi amatir seperti ane, mobil2 underpower juga bisa fun, bisa sepuasnya cornering dengan full power tanpa takut pantat menjadi terlalu liar dan kehilangan kendali
Walaupun kalo track lurus ya bikin frustasi
Pada mobil2 0-100 dibawah 5s, tanpa pro driver seperti om htannis, cornering bisa jadi hal yg berbahaya
anyway matic juga bisa dimainin kayak manual kok buat cornering, meskipun gak bs tahan 1/2 kopling, ane yg cupu ini (belum pro driver) dulu di circuit philips island pake mobil bermesin 1jz twinturbo matic rwd (maticnya sama dengan ipah d4d spec nya belum titronik) diajarin cara mainin matic sama driver time attack pro, meskipun gak bisa nyamain extreme nya dia pas cornering sih
minggu lalu kebetulan ada test drive oleh salah satu merk ban pake civic 1.8 tiptronik, mobil itu "hanya pendapat saya" parah bener underpower mya, mainin tiptronic tahan rpm tinggi di corner, pas keluar corner dah rpm tinggi di bejek eh malah ngeden, damn engine, malah ane lebih demen pas sesi slalom pake 3 avanza 1.3 manual standard
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Beda kelas broFRD wrote:CRV sama CX-5 dibilang underpower trus harrier 2.4 dibilang apa?
Itu kan mobil dewa, ga boleh dipaksa2
Disuruh ngebut, kalo dewa nya ogah2an, ya mau gimana lagi
@om htannis
Oh ngomongin mobil harian jakarta toh, soalnya sebut2 manual 0-100 under 5s, kirain bahasnya free
Ga bisa bayangin aja nyetir manual high power di kemacetan
Ane kalo cornering pake matic justru ga pernah maenin tiptronic, tapi manfaatin slip tc dan downshift buat bikin spin ban
Masuk tikungan lepas gas, trus pas udah deket apex dan pantat mulai goyang, injek gas dalem2, downshift+slip tc, baru bisa bikin ban spin
Blom nemu cara lain si buat ngakalin ketiadaan pedal kopling di mobil matic underpower
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Wah ane lupa kalo itu mobil dewa gpp ga isa ngebut, yg penting aristokrat dan mewahKodokPushUp wrote:Beda kelas broFRD wrote:CRV sama CX-5 dibilang underpower trus harrier 2.4 dibilang apa?
Itu kan mobil dewa, ga boleh dipaksa2
Disuruh ngebut, kalo dewa nya ogah2an, ya mau gimana lagi
"Aristokrat ******" - Nyotnyet, 2015
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ane sejak 2011 dah ga pernah bawa manual nehhh
Pas bulan lalu, waktu mobil matic yang biasa ane bawa not available, akhirnya bawa pansah manual sodara ane yang ga kepake (awalnya mau naek sepeda aja, cuman.... ada yang menawarkan mobil wakakakak). Pas dari rumah ke jalan raya, frustating banget. Maklum daerah rumah ane jalannya ga gitu gede, terus banyak motor dan mobil box mondar mandir n parkir pinggir jalan. Beneran dehhh, complain sana sini, bentar bentar turun naek gigi, injek kopling, bla bla bla. (berasa lahh nyaris 4 taun ga bawa manual).
Tapi begitu udah nyampe jalan raya (kebetulan waktu itu daerah roxy), beuwhhh. Jalannya macet. Capek benerr dehhh mau ngampus injek injek kopling. Sampe kampus ane masih males bawanya. Apalagi pas markir, gedungnya sempit, nanjaknya ngantri. Hell. Untung mesinnya ga mati :') (ane jagain koplingnya terus soalnya wakakakakka)
Cuman yahh itu. pas pulang kampus, ane masih penasaran aja. Ane bawa jalan jalan dulu deh tuh mobil sebelom ane pulangin. Waktu jalannya kosong ane libas dannnn... Ganti giginya itu lohh... Enak bangets. padahal cuman pansah manual seri lama. Tapi tetep mantep banget. Bawa captiva yang setelan 200hp aja masih enakan pansah manual (sensasi nya itu ga kegantiin. mau triptonic bejimana juga tetep aja ga ada feeling injek kopling, lempar pegangan gigi, angkat kopling, lanjut ngegas). Berasa bawa STi yang dipaksain di yutub yutub itu ane (ngimpi)
Cuman yah itu. begitu kena macet lagi. OHHH TUHANNNN KENAPA HARUS ADA KOPLING DISINI. Apalagi kalo macetnya di flyover roxy. Wahhhhh.....
Ane lagi kepikiran mau beli Golep manual sih kalo diskonnya gede tapii ehehehe. tapi kalo ngga gede yah nambah hatch yang matic lagi heheh.
Pas bulan lalu, waktu mobil matic yang biasa ane bawa not available, akhirnya bawa pansah manual sodara ane yang ga kepake (awalnya mau naek sepeda aja, cuman.... ada yang menawarkan mobil wakakakak). Pas dari rumah ke jalan raya, frustating banget. Maklum daerah rumah ane jalannya ga gitu gede, terus banyak motor dan mobil box mondar mandir n parkir pinggir jalan. Beneran dehhh, complain sana sini, bentar bentar turun naek gigi, injek kopling, bla bla bla. (berasa lahh nyaris 4 taun ga bawa manual).
Tapi begitu udah nyampe jalan raya (kebetulan waktu itu daerah roxy), beuwhhh. Jalannya macet. Capek benerr dehhh mau ngampus injek injek kopling. Sampe kampus ane masih males bawanya. Apalagi pas markir, gedungnya sempit, nanjaknya ngantri. Hell. Untung mesinnya ga mati :') (ane jagain koplingnya terus soalnya wakakakakka)
Cuman yahh itu. pas pulang kampus, ane masih penasaran aja. Ane bawa jalan jalan dulu deh tuh mobil sebelom ane pulangin. Waktu jalannya kosong ane libas dannnn... Ganti giginya itu lohh... Enak bangets. padahal cuman pansah manual seri lama. Tapi tetep mantep banget. Bawa captiva yang setelan 200hp aja masih enakan pansah manual (sensasi nya itu ga kegantiin. mau triptonic bejimana juga tetep aja ga ada feeling injek kopling, lempar pegangan gigi, angkat kopling, lanjut ngegas). Berasa bawa STi yang dipaksain di yutub yutub itu ane (ngimpi)
Cuman yah itu. begitu kena macet lagi. OHHH TUHANNNN KENAPA HARUS ADA KOPLING DISINI. Apalagi kalo macetnya di flyover roxy. Wahhhhh.....
Ane lagi kepikiran mau beli Golep manual sih kalo diskonnya gede tapii ehehehe. tapi kalo ngga gede yah nambah hatch yang matic lagi heheh.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
(⌣_____⌣ =-?) Hmmm ... Sepertinya karakter sistem transmisi Ecosport mirip2 sama GL yak... Kalau masalah sensor gantung kopling itu gimana? Kalau di GL sih asal agak2 "sabar" dan rajin gantung kopling sih masalah selesai... Kalau di tanjakan yang agak terjal, ogud biasanya sih tarik Hand Brake atau kalau kondisi stop and go biasanya mainin rem dan gas pake kaki kanan... (Rem di tapak kaki, gas pake tumit) so far... Aman...KodokPushUp wrote:@om/tante Betty
err maksud nubie, throttle by wire yg jeda seabad, kopling yg ga berasa feel nya dan ga bisa di setel (belum nyebut sensor terkutuk itu), respon mesin yg dibikin smooth hingga ga terasa apa torsi cukup atau hampir stall pas nanjak
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
@oom turbo:
itu maksudnyaa bahwa waktu mobil pindah dari 2 ke 3, 3 ke 4, RPM tidak ngdrop ya ?
Atau RPM tetap manteng di 4K, tapi gigi tak pindah-pindah ke gear lebih tinggi (utk jaga torsi tetap kenyal) ?
itu maksudnyaa bahwa waktu mobil pindah dari 2 ke 3, 3 ke 4, RPM tidak ngdrop ya ?
Atau RPM tetap manteng di 4K, tapi gigi tak pindah-pindah ke gear lebih tinggi (utk jaga torsi tetap kenyal) ?