Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
wah jangan Om.. kalo ga salah coolant yg dari nissan bukan tipe yg boleh dicampur air. beli aja di nissan 1 liter kalo ga salah. taro di bagasi kalo2 ada kebutuhan emergency
m4rio wrote:kalo cuman kurang dikit gpp om, ane juga suka bgtu kok kurang dikit ya tambahin aja pake air biasa kalo ane. GL 2013.
rautech wrote:
wah jangan Om.. kalo ga salah coolant yg dari nissan bukan tipe yg boleh dicampur air. beli aja di nissan 1 liter kalo ga salah. taro di bagasi kalo2 ada kebutuhan emergency
m4rio wrote:kalo cuman kurang dikit gpp om, ane juga suka bgtu kok kurang dikit ya tambahin aja pake air biasa kalo ane. GL 2013.
asalkan bukan aer ledeng atau air akua mahh boleh2 aj koq...
wong ane perna liat sendiri montir di beres nissan nya aj nambahin pake aer biasa...
rautech wrote:
wah jangan Om.. kalo ga salah coolant yg dari nissan bukan tipe yg boleh dicampur air. beli aja di nissan 1 liter kalo ga salah. taro di bagasi kalo2 ada kebutuhan emergency
m4rio wrote:kalo cuman kurang dikit gpp om, ane juga suka bgtu kok kurang dikit ya tambahin aja pake air biasa kalo ane. GL 2013.
asalkan bukan aer ledeng atau air akua mahh boleh2 aj koq...
wong ane perna liat sendiri montir di beres nissan nya aj nambahin pake aer biasa...
punya ane OGL 1.5 XV om, ketinggian coolant di reservoir selalu susut meski di dalam batas min-max. waktu ane beli coolant di beres (warna ijo 1 liter), mereka bilang sebelum dimasukin harus dimix sama air dulu dgn perbandingan coolant 30 : air 70. dipake sekitar 6 bulan udah susut lagi di bawah setengah reservoir
coba cek ad kebocoran ga om... di selang2 radiator, dan coba liat di tutup radiator, skitar nya ada bekas coolant mengering ga... kl ga ad, saran ane coba diganti aj coolant nya... jgn pake coolant bawaan... dl ane waktu make coolant bawaan jg sering susut koq, ampe bosen nambahin aer mulu, kirain ada bocor pdahal kaga ad....
coba ganti merek laen yg branded... ane sendiri dl akhirnya pake merk prestone yg warna merah (dex cool) yg biang (concentrate) nya 2 botol, trus ane campur dgn 3 botol air suling... lmayan susut nya dikit banget...
DOHC wrote:coba cek ad kebocoran ga om... di selang2 radiator, dan coba liat di tutup radiator, skitar nya ada bekas coolant mengering ga... kl ga ad, saran ane coba diganti aj coolant nya... jgn pake coolant bawaan... dl ane waktu make coolant bawaan jg sering susut koq, ampe bosen nambahin aer mulu, kirain ada bocor pdahal kaga ad....
coba ganti merek laen yg branded... ane sendiri dl akhirnya pake merk prestone yg warna merah (dex cool) yg biang (concentrate) nya 2 botol, trus ane campur dgn 3 botol air suling... lmayan susut nya dikit banget...
kalo selang-selang belum pernah ngecek sih om, tapi sepertinya baik-baik aja, kalo di radiator cap juga gak ada bekas apa-apa, besok coba ane cek2 lagi selang-selangnya.
kalo ganti coolant bawaan harus flushing dulu ya om? yang tanpa campur2 air ada merk yang recomended gak? habisnya males banget nih harus nyampur2 gituan, mending nyampurin susu ama jahe...
Kalau air radiator saya pernah tambah dengan air suling, selang beberapa waktu turun lagi.
Kalau tidak pernah ditambah memang segitu segitu saja (antara low dan high) .. yang penting tidak dibawah minimum.
dan tutup radiator dibuka juga tetap penuh.
Biasanya di tangki reservoir sehabis mobil dipakai sampai tengah antara high dan low. Kadang sampai 3/4
Harusnya selama tidak dibawah 1/4 (antara high dan low tangki reservoir) cukup aman yah artinya masih ada cadangan.
Betul gak yah
DOHC wrote:coba cek ad kebocoran ga om... di selang2 radiator, dan coba liat di tutup radiator, skitar nya ada bekas coolant mengering ga... kl ga ad, saran ane coba diganti aj coolant nya... jgn pake coolant bawaan... dl ane waktu make coolant bawaan jg sering susut koq, ampe bosen nambahin aer mulu, kirain ada bocor pdahal kaga ad....
coba ganti merek laen yg branded... ane sendiri dl akhirnya pake merk prestone yg warna merah (dex cool) yg biang (concentrate) nya 2 botol, trus ane campur dgn 3 botol air suling... lmayan susut nya dikit banget...
kalo selang-selang belum pernah ngecek sih om, tapi sepertinya baik-baik aja, kalo di radiator cap juga gak ada bekas apa-apa, besok coba ane cek2 lagi selang-selangnya.
kalo ganti coolant bawaan harus flushing dulu ya om? yang tanpa campur2 air ada merk yang recomended gak? habisnya males banget nih harus nyampur2 gituan, mending nyampurin susu ama jahe...
Kl ganti coolant emg ad bagus nya d kuras... kl d GL buka drain plug d bawah radiator pake obeng plus ukuran gede... ad lg baut d enjin blok.. posisi nya deket sisi header knalpot, buka nya super keras banget... atau kl mau gampang.. copotin selang radiator bawah trus copotin termostat.. nanti coolant di mesin kluar smua... atau kl mau lebi gampang lg yah isi kuras isi kuras beberapa kl dl pake aer biasa...
Kl males nyampur2 saran ane pake yg branded ternama aj.... jgn yg abal2... toh sekelas prestone aj segalon 4 liter cuman 70an rebu... mau lebi murah lg, ad seiken.. ini jg not bad koq... atau pake yg toyota punya jg lumayan bagus... tp agak mahal
DOHC wrote:coba cek ad kebocoran ga om... di selang2 radiator, dan coba liat di tutup radiator, skitar nya ada bekas coolant mengering ga... kl ga ad, saran ane coba diganti aj coolant nya... jgn pake coolant bawaan... dl ane waktu make coolant bawaan jg sering susut koq, ampe bosen nambahin aer mulu, kirain ada bocor pdahal kaga ad....
coba ganti merek laen yg branded... ane sendiri dl akhirnya pake merk prestone yg warna merah (dex cool) yg biang (concentrate) nya 2 botol, trus ane campur dgn 3 botol air suling... lmayan susut nya dikit banget...
kalo selang-selang belum pernah ngecek sih om, tapi sepertinya baik-baik aja, kalo di radiator cap juga gak ada bekas apa-apa, besok coba ane cek2 lagi selang-selangnya.
kalo ganti coolant bawaan harus flushing dulu ya om? yang tanpa campur2 air ada merk yang recomended gak? habisnya males banget nih harus nyampur2 gituan, mending nyampurin susu ama jahe...
Kl ganti coolant emg ad bagus nya d kuras... kl d GL buka drain plug d bawah radiator pake obeng plus ukuran gede... ad lg baut d enjin blok.. posisi nya deket sisi header knalpot, buka nya super keras banget... atau kl mau gampang.. copotin selang radiator bawah trus copotin termostat.. nanti coolant di mesin kluar smua... atau kl mau lebi gampang lg yah isi kuras isi kuras beberapa kl dl pake aer biasa...
Kl males nyampur2 saran ane pake yg branded ternama aj.... jgn yg abal2... toh sekelas prestone aj segalon 4 liter cuman 70an rebu... mau lebi murah lg, ad seiken.. ini jg not bad koq... atau pake yg toyota punya jg lumayan bagus... tp agak mahal
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
om DOHC ini saya pantau selama ini memang masternya GL, kalo orang jawa bilang udah "ngelothok" kalo urusan GL. nice info om...
tips-tipsnya bisa saya praktekkan, meskipun mungkin dengan bantuan bengkel langganan, karena sy tidak punya kemampuan dan keberanian untuk DIY
rautech wrote:Oms.. saya mau tanya. kalo kita mau start mesin harus nunggu lampu airbag mati dulu ngga ya? (nunggu sekitar 8 detik)
trus mau nanya lagi, kapasitas aki terbesar yg bisa diterima Livina berapa ya? soalnya dari dealer aki cuma segede ucrit begini
thanks Om..
Kalau aki setahu saya bisa masuk GS type NS60 --> 45 ampere.
Ada yang bilang kalau gedein aku hanya boleh naik 1 ukuran, entah kenapa. Mungkin kalau 2 ukuran malah gak bisa ngecharge?
sip Om Profith, thanks. kalo aki ntar uzur ane naik ke NS60. hehehe. yg penting kapasitas penyimpanan cukup besar. miris liat aki livina sama ertiga pada mungil..
rautech wrote:Oms.. saya mau tanya. kalo kita mau start mesin harus nunggu lampu airbag mati dulu ngga ya? (nunggu sekitar 8 detik)
trus mau nanya lagi, kapasitas aki terbesar yg bisa diterima Livina berapa ya? soalnya dari dealer aki cuma segede ucrit begini
thanks Om..
Kalau aki setahu saya bisa masuk GS type NS60 --> 45 ampere.
Ada yang bilang kalau gedein aku hanya boleh naik 1 ukuran, entah kenapa. Mungkin kalau 2 ukuran malah gak bisa ngecharge?
Aki bawaan lipina emg ns60 om... sebenernya mau d gedein jg gapapa.. scara output alternator nya aj 80 amper... cuman yg masalah di ukuran ruangan si aki tsb.. sempit bener...
rautech wrote:Oms.. saya mau tanya. kalo kita mau start mesin harus nunggu lampu airbag mati dulu ngga ya? (nunggu sekitar 8 detik)
trus mau nanya lagi, kapasitas aki terbesar yg bisa diterima Livina berapa ya? soalnya dari dealer aki cuma segede ucrit begini
thanks Om..
Kalau aki setahu saya bisa masuk GS type NS60 --> 45 ampere.
Ada yang bilang kalau gedein aku hanya boleh naik 1 ukuran, entah kenapa. Mungkin kalau 2 ukuran malah gak bisa ngecharge?
Aki bawaan lipina emg ns60 om... sebenernya mau d gedein jg gapapa.. scara output alternator nya aj 80 amper... cuman yg masalah di ukuran ruangan si aki tsb.. sempit bener...
m4rio wrote:Aki GL ane pake uda naek 1 tingkat pas kmrn ganti di SnD, tempat masih muat tapiii cover plastiknya gk dipake lagi.
Sama M4rio, cover plastic saya juga tidak dipakai lagi, nah type aki yang tidak muat cover tersebut adalah NS60L yang premium bukan hybrid--> 45 ampere.
Jadi yang saya posting diatas sudah benar.
Tatakan aki masih muat, covernya saja yang tidak muat.
rautech wrote:siipp thanks Om Profith - Om DOHC.
si cover plastik tu keknya biar aki ngga terlalu kepanasan yak (terpapar panas dari mesin)
Cover plastik nya yang tidak muat cuma panjangnya, lebarya masih muat.
Saya potong/hilangkan 1 bagian saja, dari 2 lebar dan 2 panjang. Hilangkan yang 1 bagian saja yaitu 1 bagian lebar.
yang tertinggal panjang+lebar+panjang, ini masih bisa dipakai, jadi 1 bagian yang kosong yang dekat dengan bodi luar.
3 bagian cover plastik yang tersisa 2 panjang dan 1 lebar dekat mesin.
Cover plastiknya ada wing dibagian paling bawah, jadi wing nya ditindih aki nya sehingga tidak bisa kemana mana.
Sedangkan bagian panjang tertahan dengan tonggak besi untuk di mur agar aki tidak jalan kemana mana.
Jadi masih lumayan biar tidak terpapar panas langsung
loh seinget ane dulu aki di GL dan XR ane jg NS60L sehh... cuman waktu jaman ane ga dikasi pelindung plastik putih... cuman dikasi tatakan plastik item doank... itu aj dari bahan super tipis yg gampang pecah, makanya ane ganti yg agak tebelan... tp itu pun masi muat koq... apa jangan2 GL kluaran baru uda beda yah aki nya...
btw mengenai cover plastik ( baik yg putih atau item) mendingan dipakein tuh.... biar aki nya jgn terlalu terpapar ama panas mesin... scara panas kan musuh besar nya aki jg selain over atau under charge...
Profith83 wrote:
m4rio wrote:Aki GL ane pake uda naek 1 tingkat pas kmrn ganti di SnD, tempat masih muat tapiii cover plastiknya gk dipake lagi.
Sama M4rio, cover plastic saya juga tidak dipakai lagi, nah type aki yang tidak muat cover tersebut adalah NS60L yang premium bukan hybrid--> 45 ampere.
Jadi yang saya posting diatas sudah benar.
Tatakan aki masih muat, covernya saja yang tidak muat.
Pelinding/Cover wajib dipasang karena saya pernah check begini.
Kondisi : cover dipasang di 3 bagian. Bagian yang tidak ada cover posisinya di dekat body mobil
yang dekat mesin ada cover, dengan tujuan mengurangi panas dari mesin.
Setelah pemakaian sehari hari antar anak sekolah dan les, saya check panas aki.
Ternyata yang dekat mesin tetap jauh lebih panas daripada yang dekat bodi mobil
Padahal dekat mesin ada cover, dekat bodi mobil tidak ada cover, artinya biarpun ada cover masih lebih panas, bagaimana kalau cover tidak ada, pasti lebih panas lagi
Lagi berpikir bagaimana supaya lebih dingin lagi?
DOHC wrote:loh seinget ane dulu aki di GL dan XR ane jg NS60L sehh... cuman waktu jaman ane ga dikasi pelindung plastik putih... cuman dikasi tatakan plastik item doank... itu aj dari bahan super tipis yg gampang pecah, makanya ane ganti yg agak tebelan... tp itu pun masi muat koq... apa jangan2 GL kluaran baru uda beda yah aki nya...
btw mengenai cover plastik ( baik yg putih atau item) mendingan dipakein tuh.... biar aki nya jgn terlalu terpapar ama panas mesin... scara panas kan musuh besar nya aki jg selain over atau under charge...
Profith83 wrote:
m4rio wrote:Aki GL ane pake uda naek 1 tingkat pas kmrn ganti di SnD, tempat masih muat tapiii cover plastiknya gk dipake lagi.
Sama M4rio, cover plastic saya juga tidak dipakai lagi, nah type aki yang tidak muat cover tersebut adalah NS60L yang premium bukan hybrid--> 45 ampere.
Jadi yang saya posting diatas sudah benar.
Tatakan aki masih muat, covernya saja yang tidak muat.
agan agan, nanya donk, GL ane baru jalan hampir 45rb km, kalau lagi jalan trus kemudian lepas gas rpm turun ke 1000, tapi kemudian naik lagi hampir ke 1500, bertahan di 1500 sampai dengan seiring mobil berhenti baru rpm balik lagi ke 1000, napa ya?????
m4rio wrote:agan agan, nanya donk, GL ane baru jalan hampir 45rb km, kalau lagi jalan trus kemudian lepas gas rpm turun ke 1000, tapi kemudian naik lagi hampir ke 1500, bertahan di 1500 sampai dengan seiring mobil berhenti baru rpm balik lagi ke 1000, napa ya?????
bukan karena AC aja Om?
atau engine brake?
dalam keadaan gigi masuk atau netral?