Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

montirangin wrote: ane demen pake yg value for money...ada temen pake avanza olinya shell ultra..oh my..
S Helix U asal "ngerti" nayari-nya bisa dapet harga 130 rb / L kok

Bbrp waktu lalu teman saya jual malah cuman Rp 120 rb / L

Shop N Drive kadang suka ada promo buy 2 get 2
:big_grin:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

montirangin wrote:ngomong2 sludge, kalo si moly gunanya untuk flush itu sludge ga om? ngeri banget liat mesin spt itu.
Sludge sgt jarang terjadi kecuali :
- Oli mesin gak diganti2 sampai bertahun2 / jalan kelewat jauh sampe 20 - 30 rb Km
- Penambahan macam2 additive oli tanpa dibekali pengetahuan dasar

Selama pemakaian wajar & nggak nambah yg aneh2 maka gak pernah terjadi

@amfibi :
Hopeng ane di bdg 1MZ-FE nya selalu dikasih 0w30

Pakai buntut 30 gak masalah, jika selama ini penguapan sgt minim maka boleh cobain
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

montirangin wrote:
DOHC wrote:
kompresorz wrote:Klo saya pake oli 0 20 merk honda ato yg lain..

Top dah..sampe 10-11ribuan jg ok..

Kalo ada spek 0-10 merk atas asal murah pasti saya beli pake..

Bagi saya gak manfaat pake oli mahal2 tuk mobil biasa..

sangat setuju ama yg ane bold dan underline... :big_exellent: :big_exellent:

ane pake jg yg kelas value for my money
dan pas ane buka head enjin ane, masi bersih dan minim aus di camlobe...
ane demen pake yg value for money...ada temen pake avanza olinya shell ultra..oh my..
Berarti saya juga termasuk parah, alias "oh my kuadrat" :mrgreen:

Mobil tuwa dgn km banyak, masih nekat kasih M1 :big_biglaugh:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

imsus2c wrote: Berarti saya juga termasuk parah, alias "oh my kuadrat" :mrgreen:

Mobil tuwa dgn km banyak, masih nekat kasih M1 :big_biglaugh:
Bbrp type M1 kalau di Jkt murah kok

yg paling sering dapet : M1 - 0w40

Bbrp tahun lalu ane bisa dapat seharga Rp. 120 rb / L dari trusted seller

Kalo skg ini pasarannya sekitar 140 - 145 rb / L

gak mahal lah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ALX7 »

Klo ga salah di SnD lagi/msh promo beli oli shell astra 10w-30 buy1 for 2 kah...?
beli 1L harga 100rb dpt 2L setiap hari rabu, lumayan kan... :big_think:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

Turboman wrote:sebetulnya utk oli2 import Full Synth di negara asalnya sih harganya gak mahal

Contoh :
http://www2.costco.com/Browse/Product.a ... lang=en-US

Mobil1 - 5W30 di Costco harganya cuman USD 6,7 / quart (L) asal belinya harus 6 quart

Di kita dijual berapa..........Rp 180 rebuan / L !!!!

Amsoil Signature series per 1 quart (0,946 L) di sana cuman USD 11,5

So.....sebetulnya M1 bukanlah oli mahal

Amsoil Sign series dan Redline - mahal menengah / mahalnya gak mahal2 amat

Yg masuk kategori oli yg bener2 mahal di sana salah 1 nya macam Royal Purple.......atau kalau utk Motor = Belray

Di kita yg bikin mahal adalah :
- Freight Cost
- Biaya forwarding
- Biaya registrasi NPT
- Margin importir

dan akhirnya menggelembung-lah harga2 oli tsb

Celakanya juga, oli produk Pertamina pun harganya membenchmark thd oli2 import yg sekelas berdasarkan range-nya (tanya kenapa ?)

Mudah2-an nanti kalo pabrik oli Shell di Indonesia sudah beroperasi, harga2 oli di Indonesia bisa lebih bersahabat

IMO
Betul pak Turboman,
Jangan lupa sama pajak/bea masuk, apalagi kalau di import utuh (bentuk cair).

Dulu pernah kita bahas di trid ini juga
viewtopic.php?f=4&t=16087&start=1000#p608674
imsus2c wrote:
ZombiEE wrote:
imsus2c wrote: Dulu sekali pernah ngobrol sama yg punya gerai olimart
Tapi karena sekedar omongan basa-basi bengkel, tentunya jangan dipertanyakan validitas-nya ya...

Banyak produsen oli yg beberapa active ingredients -nya itu sama supplier/merk-nya
Apesnya, rata2 produsen additif itu dari luar negeri
Nah produsen lokal yg kilang/blending-nya disini, tentunya barang tersebut mesti diimport, yg akhirnya timbul biaya2 (transport, tax, dll..)
Termasuk oli merk import tapi produksi lokal, mereka juga harus import material2 ini
Yah, saya sih ngga tau peraturan diluar sana, tapi mestinya, jika lokasi produksi sama dgn asal produsen additif, tentunya ini bisa pangkas biaya...cmiiw looh
aa ya tetap masukan berharga juga ini meneer..ehehe

jadi maksud ane perbandingan yang sama ,... misalkan saja mobil 1 dgn viskositas yang sama kala diimpor kesini harga nya jadi mahal gak ketulungan...mungkin ada faktor pajak atau mungkin sang pengusaha cuan nya mau besar? cuma asumsi dan tebak2an ya...validitas jgn dipertanyakan :upss:
Begini Meneer,
Kita tentunya ngga tau komponen biaya internal suatu barang, karena itu rahasia perusahaan dan kita hanya sebatas menduga2
Tapi kalau untuk biaya import, supaya dugaan2 tsb bisa lebih akurat, ada kok trik-nya

Yang pertama, kita cari tahu dulu nomor HS code komoditas tersebut
HS code, singkatan dari Harmonized Commodity Description and Coding System, link kebetulan sdh tersedia di Bahasa Indonesia

Setalah tahu nomor kode HS-nya, kita bisa lacak lewat web Departemen Keuangan kita.

Dugaan saya, jenis oli yg kita bicarakan disini, HS Code-nya 2710.19.620
Nah, sesuai tarif resmi pemerintah jika import Pelumas Cair sudah jadi adalah:
BM (bea Masuk) 30%
PPN 10%

Seingat saya, rumus perhitungannya:
(Invoice+BM)+PPN

Jadi, misalnya harga pelumas (sesuai invoice) 100, kena BM 30%, jadinya 130
Dan dasar pengenaan pajak (PPN) tadi adalah harga invoice yg sudah ditambah BM
Jadinya 130+(130x0.1)
= 143

Artinya, jika barang tersebut aslinya berharga 100, jika diimport kesini, komponen pajaknya sudah 43

Jadi, supaya balik modal saja, barang yg aslinya seharga 100, mesti dijual 143, belum termasuk biaya lain yg dihitung sebagai HPP (misalnya ongkos, freight, handling, THC, dll...) dan tentunya "cuan-nya"

Jadi, bisa saja komoditas yg sama, diluar dihargai 100, disini bisa selisih 50-70%nya, malah malah bisa berkali lipat dari harga invoice asal

Oya, besaran BM, PPN, PPN-BM, berbeda-beda antar komoditas, sekali lagi berdasarkan HS-Code nya

Ini dugaan saya, HS Code utk pelumas cair yg sudah jadi:
http://www.tarif.depkeu.go.id/tarif/HS9 ... &hs2dig=27
2710.19.620 ----Pelumas cair 30 10 -
Untuk HS code komoditas lainnya, bisa dilacak dari web itu juga

CMIIW lhaarrr....
Sepengetahuan saya (untuk dipasarkan/dijual lokal)
PPN memang masih bisa di kompensasikan (masukan vs keluaran)
Tapi BM (bea masuk) jadi hak negara :e-whistle:
Cmiiw yah..
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Kalo importir oli kelas kecil masukkinnya ya tentu pakai forwarder

Sistemnya bayar borongan per meter kubik.....udah gak dipusingkan dgn PPN / PPh / tetek bengek lainnya

tapi sejak aturan NPT tambah ketat, banyak Forwarder juga gak berani masukkin oli......kalaupun ada yg bisa ya pasang taripnya tinggi
* Bukan ajakan Beli *
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by montirangin »

Turboman wrote:Kalo importir oli kelas kecil masukkinnya ya tentu pakai forwarder

Sistemnya bayar borongan per meter kubik.....udah gak dipusingkan dgn PPN / PPh / tetek bengek lainnya

tapi sejak aturan NPT tambah ketat, banyak Forwarder juga gak berani masukkin oli......kalaupun ada yg bisa ya pasang taripnya tinggi
jadi oli kulakan terus packaging nya di sini dong. mungkin itu sebabnya banyak oli2 palsu beredar juga.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

montirangin wrote:
Turboman wrote:Kalo importir oli kelas kecil masukkinnya ya tentu pakai forwarder

Sistemnya bayar borongan per meter kubik.....udah gak dipusingkan dgn PPN / PPh / tetek bengek lainnya

tapi sejak aturan NPT tambah ketat, banyak Forwarder juga gak berani masukkin oli......kalaupun ada yg bisa ya pasang taripnya tinggi
jadi oli kulakan terus packaging nya di sini dong. mungkin itu sebabnya banyak oli2 palsu beredar juga.
Nope

kalo importir kecil masukkin UTUH botol literan / gallonan

Kalo yg re-packaging itu biasanya persh2 besar......merek2-nya tentu anda sudah tahu

Ada juga distro yg melakukan re-packaging, kalo ga salah spt FK Mass.....yg versi botol palstik, aslinya kan kaleng kotak. CMIIW

Oli genuine Toyota kayaknya juga re-packaging

Oli re-packaging masuk dlm kemasan besar / bulky, trus di sini baru ke botol2 literan / gallonan

Bisa dilihat aja di bawah botolnya, kalao ada lambang :
Image

Nah itu botolnya buatan PT Dynaplast

Kalo oli buatan / blending / filling Singapore botolnya ada lambang :
Image

King Plastic

CMIIW


Kalo oli palsu itu ya totally different case.....
* Bukan ajakan Beli *
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by montirangin »

Turboman wrote:
Nope

kalo importir kecil masukkin UTUH botol literan / gallonan

Kalo yg re-packaging itu biasanya persh2 besar......merek2-nya tentu anda sudah tahu

Ada juga distro yg melakukan re-packaging, kalo ga salah spt FK Mass.....yg versi botol palstik, aslinya kan kaleng kotak. CMIIW

Oli genuine Toyota kayaknya juga re-packaging

Oli re-packaging masuk dlm kemasan besar / bulky, trus di sini baru ke botol2 literan / gallonan

Bisa dilihat aja di bawah botolnya, kalao ada lambang :
Image

Nah itu botolnya buatan PT Dynaplast

Kalo oli buatan / blending / filling Singapore botolnya ada lambang :
Image

King Plastic

CMIIW


Kalo oli palsu itu ya totally different case.....
thx infonya om turbo :frm_salut:
ToniGun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 01, 2014 15:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ToniGun »

Sudah hampir 2 bulan sejak pertama nemu thread ini, saya baru selesai baca sampai page 47 di part02.

Ada info menarik ttg oli buatan dalam negeri yang nemenin Fastron Gold 5W30 lolos standar MB 229.51.

Oli tersebut BM1 Gold Series buatan Pt. Bumimegah Abadi, Jakarta Barat, Indonesia.
Viscositas sama: 5W30.

Suhu2 SM sudah pernah ada yg cobain oli ini, atau mgkn sdh ada testimoninya?

Dengan membandingkan kualitas tanpa melihat harga, mana yg terbaik dari oli-oli ini:
- Fastron Gold 5W30
- TMGO Full Synth 5W30
- BM1 Gold Series
- Q8 Dexos1 Long Life
- Sainz Genius 5W30
Mana yg betul2 full synthetis (base oil group IV/V), mineral hydrocrack (semisynth, group III), mineral synth. blend (group II), atau hanya pure mineral base oil?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

DOHC wrote:
kompresorz wrote:Klo saya pake oli 0 20 merk honda ato yg lain..

Top dah..sampe 10-11ribuan jg ok..

Kalo ada spek 0-10 merk atas asal murah pasti saya beli pake..

Bagi saya gak manfaat pake oli mahal2 tuk mobil biasa..

sangat setuju ama yg ane bold dan underline... :big_exellent: :big_exellent:

ane pake jg yg kelas value for my money dan pas ane buka head enjin ane, masi bersih dan minim aus di camlobe...
skrg pertamina terasa mahal ya mod..apalg banding 0-20 teknologi baru(mungkin disini)..ya cari yg bermerk terkenal dgn teknologi terbaru dgn harga yg terjangkau..0-20 cm 110ribu bisa pake sampe 10ribuan..
di w204 sih enak aja pake 0-20..apalg sejak isi pertamak plus..tambah enteng tarikan ky fly tuh mobil..

di e36 dgn km 212 ribuan aja yg belum saya tuang 0-20..malas dijalanin..

di w205 kalo gak terikat aturan saya minta olinya honda 0-20(idemitsu)..


cobain mod.. :big_smile]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27206
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

kompresorz wrote:
DOHC wrote:
kompresorz wrote:Klo saya pake oli 0 20 merk honda ato yg lain..

Top dah..sampe 10-11ribuan jg ok..

Kalo ada spek 0-10 merk atas asal murah pasti saya beli pake..

Bagi saya gak manfaat pake oli mahal2 tuk mobil biasa..

sangat setuju ama yg ane bold dan underline... :big_exellent: :big_exellent:

ane pake jg yg kelas value for my money dan pas ane buka head enjin ane, masi bersih dan minim aus di camlobe...
skrg pertamina terasa mahal ya mod..apalg banding 0-20 teknologi baru(mungkin disini)..ya cari yg bermerk terkenal dgn teknologi terbaru dgn harga yg terjangkau..0-20 cm 110ribu bisa pake sampe 10ribuan..
di w204 sih enak aja pake 0-20..apalg sejak isi pertamak plus..tambah enteng tarikan ky fly tuh mobil..

di e36 dgn km 212 ribuan aja yg belum saya tuang 0-20..malas dijalanin..

di w205 kalo gak terikat aturan saya minta olinya honda 0-20(idemitsu)..


cobain mod.. :big_smile]
oli 0W-20 uda perna ane coba om... oli nya honda botol hijau... beli d atrium kisaran 90an rebu per liter...

ane coba di ipah jadul ane waktu odo masi 130an rebu dl... iseng aj sehh waktu itu, sekedar pengen tau masi seberapa rapet sehh jeroan tuh mesin yg uda tuwir... ehh ternyata waktu cold start ga ada asap tipis, mesin kerasa lebi rev happy walaupun ga kerasa efek apa2 waktu lg macet2.. suara mesin jg mirip waktu make oli 5-30.... satu2 nya perubahan signifikan yahh penguapan nya aj... 6000-7000 km kalo ga salah uda top up stengah botol oli... sdikit berlebih ktimbang waktu make 5-30...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Budgetnya brp pak ?

Kalo budget sampai 170 - 180 rb / L mending lgs ke kelas high end aja spt Redline / Amsoil.....

Redline 5W30 ada.......

Tapi sesama buntut 30 kalau mau lebih enak sekalian kepala 0W spt Amsoil AZO

ToniGun wrote:Sudah hampir 2 bulan sejak pertama nemu thread ini, saya baru selesai baca sampai page 47 di part02.

Ada info menarik ttg oli buatan dalam negeri yang nemenin Fastron Gold 5W30 lolos standar MB 229.51.

Oli tersebut BM1 Gold Series buatan Pt. Bumimegah Abadi, Jakarta Barat, Indonesia.
Viscositas sama: 5W30.

Suhu2 SM sudah pernah ada yg cobain oli ini, atau mgkn sdh ada testimoninya?

Dengan membandingkan kualitas tanpa melihat harga, mana yg terbaik dari oli-oli ini:
- Fastron Gold 5W30
- TMGO Full Synth 5W30
- BM1 Gold Series
- Q8 Dexos1 Long Life
- Sainz Genius 5W30
Mana yg betul2 full synthetis (base oil group IV/V), mineral hydrocrack (semisynth, group III), mineral synth. blend (group II), atau hanya pure mineral base oil?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

0W20 sebetulnya bukan teknologi baru..........oli sih muternya di situ2 aja

Kalau teknologi pada oli ya soal dewaxing process (oli masa kini kadar wax jauh lebih kecil drpd oli zaman dulu), serta pengembangan additive2 yg lebih advance, spt aplikasi Titanium cair / Boron Nitride as antiwear dll, dan ini diterapkan pada berbagai range viskositas mulai dari 10w60 hingga 0w20

Secara umum oli 0W20 OEM merek mobil (utk Japs brand mostly supplied by Idemitsu) :
- VI tinggi
- Kadar antiwear tinggi (Molybdenum rich)

Common Antiwear pada oli modern biasanya tetap di sekitar ZDDP / Moly & Boron (sudah berlangsung sejak lama), ZDDP lately dikurangi demi melindungi Cat Conv, dan sebagai kompensasi kadar Moly ditambah......dan ini berlaku pada berbagai viskositas mulai dr 5W40 sampai 0w20.....tapi khusus utk 0w20 kadar Moly-nya oleh Idemitsu digeber tinggi utk mengkompensasi tipisnya lapisan film oli SAe 20 based.

Penggunaan Molybdenum pada oli itu juga sudah ada sejak lama.........Liqui Moly menggunakan Molybdenum sejak lama sekali.......& kalau kita ingat era 85 an dulu ada additive DCs Sf 21 dan Spanjaard yg cairannya warna hijau tentara.....nah itu Moly.

Oli 0W20 basisnya adalah oli SAE 20 yg di extend range-nya, basis oilnya sama spt ATF yg juga SAE 20 - yg jenis group III (hanya saja komposisi additive engine oil dan ATF sangat berbeda), VI nya ATF juga rata2 tinggi di range 160 - 200

Hanya saja utk oli mesin 0W20 ini base oil yg dipake minimal group III (Hydrocracked), ada juga yg mix group III dan IV (PAO), or bahkan ada juga yg nge-mix dgn group V (Ester)

Kalau sy pribadi melihat dr sisi development-nya, maka pengembangannya justru ada di mesin mobil itu sendiri, dimana penggunaan oli 0W20 sbg standard itu menyangkut disain pompa oli / kerapatan jeroan mesin dgn celah yg makin kecil............walau memang kalo kita baca2 di luar juga banyak orang yg coba pake 0W20 pada mobil2 buatan tahun sebelum 2000 dan banyak yg report enak.

IMO & CMIIW

*Pengguna 0w20 juga*
* Bukan ajakan Beli *
ToniGun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 01, 2014 15:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ToniGun »

Turboman wrote:Budgetnya brp pak ?

Kalo budget sampai 170 - 180 rb / L mending lgs ke kelas high end aja spt Redline / Amsoil.....

Redline 5W30 ada.......

Tapi sesama buntut 30 kalau mau lebih enak sekalian kepala 0W spt Amsoil AZO
Harga gak jd pertimbangan Om.
Gak minat redline, amsoil, maupun royal purple krn sulit dapatnya d daerah.
TMGO, Fastron Gold, BM1 relatif mudah.
Q8 kebetulan ada yg jual online.
Sainz Genius krn penasaran saja...

Ngomong2 blum ada yg pernah coba BM1 Gold Series ya?
Surprise saja, merk non plat merah dalam negeri bisa dapat lisence MB 229.51
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by limsandy »

Hari ini isi Honda CR-V bokap pake Honda 0W-20 beli di Sentral Mas Ko Ayung. Murah meriah, skrg saya yakin kok ko Ayung ngak jual oli palsu.

Sabtu lalu ke sana pagi2 biar ngak kena macet. Beli Toyota 5W-30 juga yg botol hijau, murah meriahhh! :D

Oh iya, harga Toyota sama Fastron Gold 5W-30 lumayan beda banyak yah, jadi kayaknya ngak mungkin re-branding lagi deh.

Jadi pengen nyetokin Mazda Golden Eco 0W-20 sebelum harganya naik.... :D
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by montirangin »

limsandy wrote:Hari ini isi Honda CR-V bokap pake Honda 0W-20 beli di Sentral Mas Ko Ayung. Murah meriah, skrg saya yakin kok ko Ayung ngak jual oli palsu.

Sabtu lalu ke sana pagi2 biar ngak kena macet. Beli Toyota 5W-30 juga yg botol hijau, murah meriahhh! :D

Oh iya, harga Toyota sama Fastron Gold 5W-30 lumayan beda banyak yah, jadi kayaknya ngak mungkin re-branding lagi deh.

Jadi pengen nyetokin Mazda Golden Eco 0W-20 sebelum harganya naik.... :D
knp skrg yakin om? ada keterangan atau penjelasan baru?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

ToniGun wrote: Harga gak jd pertimbangan Om.
Gak minat redline, amsoil, maupun royal purple krn sulit dapatnya d daerah.
TMGO, Fastron Gold, BM1 relatif mudah.
Q8 kebetulan ada yg jual online.
Sainz Genius krn penasaran saja...

Ngomong2 blum ada yg pernah coba BM1 Gold Series ya?
Surprise saja, merk non plat merah dalam negeri bisa dapat lisence MB 229.51
Kalo mobil um buatan Jepun / US brand keluaran 2007 ke atas bermesin Gasoline NA, sebetulnya boleh coba oli 0W20

A[alagi kalau misalnya driving style normal / nyantai, banyak pergi2 jarak pendek saja, jarang RPM tinggi, 0w20 cocok banget dah

di kota anda bisa didapat di BeRes Honda atau BeRes Mazda

Dibanding oli 5W30, oli 0W20 lebih enteng tarikannya.........

Kalau misalnya mobilnya jenis spt yg sy sebut di atas, sering nyetir long range / jarak jauh, utk 5W30 bisa consider "Castrol Magnatec Professional", krn dia 5W30 encer udah kayak 0W30

cast Magn Prof mestinya di BeRes Ford jual
* Bukan ajakan Beli *
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by eresiie »

@para master oli di SM, oli mazda yg sae 0w-20 ini masih API SM ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27206
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

limsandy wrote:Hari ini isi Honda CR-V bokap pake Honda 0W-20 beli di Sentral Mas Ko Ayung. Murah meriah, skrg saya yakin kok ko Ayung ngak jual oli palsu.

Sabtu lalu ke sana pagi2 biar ngak kena macet. Beli Toyota 5W-30 juga yg botol hijau, murah meriahhh! :D

Oh iya, harga Toyota sama Fastron Gold 5W-30 lumayan beda banyak yah, jadi kayaknya ngak mungkin re-branding lagi deh.

Jadi pengen nyetokin Mazda Golden Eco 0W-20 sebelum harganya naik.... :D
mau ngecek asli apa palsu, tinggal beli seliter dari beres trus tuang ke gelas bening... bandingin ama yg kta beli dari luar.... warna, bau, keenceran harus identik... kalo oli honda sehh di segel nya ada embos tulisan honda... itu jg harus sama... kl beda atau bahkan ga ada yahh berarti palsu...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by montirangin »

itu walau yg satu mungkin stok baru dan satu lagi stok udah berbulan2 om dohc? maksudnya warnanya. Banyak kan yg alesan karena perbedaan waktu simpan.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ecco »

Mau lapor pemakaian oli redline 10w-30 di Yaris metik:
Alasan pindah karena sebelum musim ujan datang, panas luar biasa dan sering macet. Nah kondisi seperti itu membuat nyali ciut untuk tetap mempertahankan Honda 0w-20 di Yaris saya. Setelah pakai 5000KM dibuanglah itu oli dan masukin redline.
Berdasarkan butt-o-meter perbedaan terasa sekali saat berangkat kerja pagi - mesin blom panas. 10w-30 Redline terasa lebih berat (pastinya) dalam kira2 15 menit pertama, setelah mesin panas perbedaan itu menghilang. Kalo lagi di jalan tol, naikin RPM bisa dibilang gak beda asal mesin panas.
Suara mesin: sedikit lebih halus dengan 10w-30 redline ini.
Sekian laporan singkat. Percobaan berikutnya SHU AB 5w-30 masuk Yaris :)
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1651
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by lemonadelovers »

sebenernya apa sih efek samping pake oli lebih encer dari seharusnya, diwanti2 banget sama yg jual klo pake oli lebih encer bahaya buat mesin.

mau coba 0-20w di ipah GNKI bensin n stream D17a aman gak ya

makasih..
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
Eco Mode
DDiS 1.3 by Fiat Multijet
1NR-VE
K10C
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by limsandy »

DOHC wrote:mau ngecek asli apa palsu, tinggal beli seliter dari beres trus tuang ke gelas bening... bandingin ama yg kta beli dari luar.... warna, bau, keenceran harus identik... kalo oli honda sehh di segel nya ada embos tulisan honda... itu jg harus sama... kl beda atau bahkan ga ada yahh berarti palsu...
Betul, pas saya buka ada embos tulisan Honda kok. :D

Yg bikin saya mikir Sentral Mas itu pemain lama, mungkin sudah puluhan tahun jadi distributor oli. Pas saya ke sana Ko Ayung kasih liat struk penjualan dia ke luar kota yg jumlahnya di atas puluhan juta. Kalo dia jual oli palsu, dari dulu pasti sudah di complain ato mungkin di tuntut ke pengadilan.

Dan tentu nya kalo dia jual oli palsu pasti sudah banyak yg ngomongin dia di forum2 otomotif. Sejauh ini saya belom nemu bukti yg konkret sih. Justru saya happy sih bisa beli oli murah dari dia. :D

*bukan sales ato saudara ko ayung*