Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
octafiantos wrote:
E38 lagi naik daun.
Mulai jarang iklannya di media. Cuman dari mulut ke mulut aja. Tapi ga kebayang piara e38 deh, apalagi v8. Kalo bantet 728i kayanya masih pengen suatu saat nanti, ga tau kapan hahahaha.
E36 aja pr nya ngga kelar kelar hahaha.
Sent from my R821 using Tapatalk
Ya sama mas e36 saya jg begitu..saya sih udah cukup punya bmw 1 ini saja..
Oh ya mas di forum sebelah(bmw mania)apa udah ada yg melakukan sesuatu tuk mesin m50 vanos standar n gmn hasilnya..
Mesin saya sih sedikit getar berat tarikan n rencana saya bawa kebengkel bsk cek teliti semuanya..
Mesin m50 standar agak lumayan populasinya. Dan beberapa udah turun 1/2 atau full. Yang jelas sih emang ini mesib ga boleh ada air leak. Kalo sampe leak biasanya idle goyang atau geter. Yang paling gampang mungkin dari selang vanos, selang hawa, boot intake, maf, icv pastiin ngga ada bocor.
Btw kemarin om kompres dah turun 1/2 kan ya. Kalo dah sekalian skir klep dan kompresi normal sih harusnya tenaga masih enak. Tinggal di daerah mana om btw, kalo ada wasap sih ada grupnya.
Oh ya udah normal mobilnya mas okta..td sore saya bawa bengkel minta cek pelan2 sampe ketemu..
Ternyata dr kompresi busi nomor 5 n 6 yg paling parah tekanan cm 8(kepala busi warna item)..dipancing tuang oli kelubang busi n starter berulang2..akhirnya nendang lg tekanannya..tdk ada lg getaran pincang..pulang tes ditol tarikan enteng..
Sudah senang lg bisa dibawa kerja..
Saya tinggal kdg di jkt n bsd..n gak punya wasap..jd cm baca2 di internet aja..
Sama mas saya awal masuk kemayoran jg ampun cekak bgt..biasa astra sunter..itu jg klo bisa kerjain yg ringan ya coba sendiri..jd saya perhatiin kerjaan klo pas kebengkel..
puter2 kmayoran ktemu ini bengkel yg murah(waktu itu belum lama buka)..ya jd udah dekat sama bosnya n mekaniknya..
Saya skrg udah gak kuat pinggang mas klo kerjain sendiri..n gak sempat waktu jg..
PR yang masih ada
1. Press pelek. Beli pelek standar 323/mpar bantet dari sembalap, 3 pelek ga bisa dibalans. Godek semua.
2. Setel CO. Fuel cons ajaib, 15 liter abis buat 45km. Nunggu bini setirin ke bengkel. Kebetulan dah setaun dilarang nyetir sama dokter. Kalo deket suka bandel, ke bengkel ga berani.
3. Beresin wiring sektor kabin. Motor spion ga konek, jendela supir kadang ga konek, lampu utama suka ga konek, lampu jam kadang idup kadang mati.
octafiantos wrote:PR yang masih ada
1. Press pelek. Beli pelek standar 323/mpar bantet dari sembalap, 3 pelek ga bisa dibalans. Godek semua.
2. Setel CO. Fuel cons ajaib, 15 liter abis buat 45km. Nunggu bini setirin ke bengkel. Kebetulan dah setaun dilarang nyetir sama dokter. Kalo deket suka bandel, ke bengkel ga berani.
3. Beresin wiring sektor kabin. Motor spion ga konek, jendela supir kadang ga konek, lampu utama suka ga konek, lampu jam kadang idup kadang mati.
Sent from my R821 using Tapatalk
masih pake air mass apa enggak? kalo masi pake, coba dibersihin aja air mass-nya, sedikit aja kotor bisa bikin bensin ngocor.
octafiantos wrote:PR yang masih ada
1. Press pelek. Beli pelek standar 323/mpar bantet dari sembalap, 3 pelek ga bisa dibalans. Godek semua.
2. Setel CO. Fuel cons ajaib, 15 liter abis buat 45km. Nunggu bini setirin ke bengkel. Kebetulan dah setaun dilarang nyetir sama dokter. Kalo deket suka bandel, ke bengkel ga berani.
3. Beresin wiring sektor kabin. Motor spion ga konek, jendela supir kadang ga konek, lampu utama suka ga konek, lampu jam kadang idup kadang mati.
Sent from my R821 using Tapatalk
masih pake air mass apa enggak? kalo masi pake, coba dibersihin aja air mass-nya, sedikit aja kotor bisa bikin bensin ngocor.
Udah semua.
Kebetulan semua dikerjain sendiri dari pertama beli. Listnya yang masih inget
- Carbon clean DCS
- Ganti busi
- Ganti seal busi+paking cyl head
- Bersihin MAF, bongkar ICV
- Bersihin intake dan throttle body
- Flush oli, ganti all filter
- Bongkar injektor
- Carbon clean via selang vakum
Kalo jalan jauh konsumsi normal. Kalo jalan pendek yang jadi problem. Masalahnya mobil harian rutenya pendek dan jalan rame. Power normal.
ini mobil pake ecu kan? udah coba lepas kabel aki biar ke-reset? yaaa, sapa tau aja bisa mendingan.
gas buang dari ujung knalpot pas idle perih di mata nggak?
octafiantos wrote:
Kalo jalan jauh konsumsi normal. Kalo jalan pendek yang jadi problem. Masalahnya mobil harian rutenya pendek dan jalan rame. Power normal.
Sent from my R821 using Tapatalk
Sama dulu juga pernah kasus seperti itu tapi ggara2 masalah ga kelar2 jadi nyerah juga di lego..
harusnya ane tawarin ke om DOHC
marmut wrote:ini mobil pake ecu kan? udah coba lepas kabel aki biar ke-reset? yaaa, sapa tau aja bisa mendingan.
gas buang dari ujung knalpot pas idle perih di mata nggak?
Pake om.
Udah pernah lepas, kalibrasi injeksi kn lepas aki. Pedes asepnya. Yang blm pernah colok gt1. Scanner punya temen rusak hihihi. Nyari chip std di ebay ga ada yang jual.
octafiantos wrote:PR yang masih ada
1. Press pelek. Beli pelek standar 323/mpar bantet dari sembalap, 3 pelek ga bisa dibalans. Godek semua.
2. Setel CO. Fuel cons ajaib, 15 liter abis buat 45km. Nunggu bini setirin ke bengkel. Kebetulan dah setaun dilarang nyetir sama dokter. Kalo deket suka bandel, ke bengkel ga berani.
3. Beresin wiring sektor kabin. Motor spion ga konek, jendela supir kadang ga konek, lampu utama suka ga konek, lampu jam kadang idup kadang mati.
Sent from my R821 using Tapatalk
sama dgn saya waktu pake termostat 71(krn saya gak tau speknya diganti bengkel) bensin 1:3an..akhirnya sekian lama saya ganti 88..seboros2nya kena macet parah dalam kota skrg 5,9km..tp setelah itu bersihkan airmas..malah klo lancar tol pernah tarik2an sampe redline msh dpt 1:10an..
ya punya saya penyakitnya skrg yg parah instrumen cluster..naik turun jarumnya semua klo idupin lampu sen ikut berdetak..mau ganti baru malas jg krn ribet ke astra krn bnyk tambahan biaya periksa semua terlebih dahulu kabelnya n jarang dipake ya biar saja..
sama ecu sih yg sudah ful memori gak bisa simpan setel co..tp menganggu di asap knalpot aja..
thermostat kalo ada jual macem-macem temperatur enak juga, bisa pilih yang agak rendah. tapi kalo kerendahan juga jadi boros, yang enak sama kaya mobil jepang sekitar 92 derajat C.
marmut wrote:thermostat kalo ada jual macem-macem temperatur enak juga, bisa pilih yang agak rendah. tapi kalo kerendahan juga jadi boros, yang enak sama kaya mobil jepang sekitar 92 derajat C.
agak banyak pilihan termostat e36 kayaknya
71, 88, 91. kalo di ebay ada lagi 65 kalo ga salah, buat kompetisi tulisannya. sekarang pake 71, lebih lama kalo manasin sampe tengah, tapi stabil di situ aja. memang mau balikin ke 88 lagi sih.
sebetulnya 91 lebih enak, karena lebih deket ke suhu ideal mesin. tinggal sistem pendinginan lainnya aja yang diperhatiin. radiator mampet apa enggak, water pump, kipas pendingin (viscous/electric).
emang rada repot masalah thermostat ini, kalo kedinginan bensin boros. kepanasan jadi njeblug radiatornya.
di mobil saya udah ganti pake thermostat forsa (92 derajat), aslinya 98 derajat bikin ketar ketir kalo kena macet.
Pengalaman saya pake termostat lebih tinggi naik 1 tingkat gak akan panas selama emang sistem pendinginan bagus(selalu gunakan air colan asli) walo kena macet..mesin tdk seboros menggunakan termostat dibwh standar jauh..
Tp skrg saya pake standar mobil saja..tdk usah ditakutkan akan overheat menggunakan termostat tinggi klo emang sudah bawaan mobil..
Mobil saya menuju 150 ribu km gak pernah overheat n ganti radiator..krn saya gak pernah isi air pam,akua,ac,sumur..pake preston kuning 1 galon..