Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-nya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
honda accord cm5 (2004 - sekarang) so far untuk parts mesin dan kaki2 masih mudah mendapatkannya, biasanya gw main ke pasar mobil kemayoran atau ke honda megatama (kalimalang-pangkalan jati). kebetulan sudah pernah ganti kopling berikut master kopling atas dan bawah, dalam waktu 2 hari mobil sudah sehat kembali (2 hari termasuk pemesanan part dan pemasangan).
yang agak sulit mencari body partnya. seperti lis chrome untuk bagian bawah pintu harus inden 3 bulan, karet penutup baut yang ada di door trim indent seminggu. dan yang terakhir ada recall dari honda perihal airbag inflator, tapi gw belum sempat datang ke hondanya lagi sih.. hehehe
yang agak sulit mencari body partnya. seperti lis chrome untuk bagian bawah pintu harus inden 3 bulan, karet penutup baut yang ada di door trim indent seminggu. dan yang terakhir ada recall dari honda perihal airbag inflator, tapi gw belum sempat datang ke hondanya lagi sih.. hehehe
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
sekalian kalo ada langganan dan toko yg rekomended boleh disharing om ..kemayoran bener2 ga tau mesti kemana sakin banyaknyanescafe wrote:honda accord cm5 (2004 - sekarang) so far untuk parts mesin dan kaki2 masih mudah mendapatkannya, biasanya gw main ke pasar mobil kemayoran atau ke honda megatama (kalimalang-pangkalan jati). kebetulan sudah pernah ganti kopling berikut master kopling atas dan bawah, dalam waktu 2 hari mobil sudah sehat kembali (2 hari termasuk pemesanan part dan pemasangan).
yang agak sulit mencari body partnya. seperti lis chrome untuk bagian bawah pintu harus inden 3 bulan, karet penutup baut yang ada di door trim indent seminggu. dan yang terakhir ada recall dari honda perihal airbag inflator, tapi gw belum sempat datang ke hondanya lagi sih.. hehehe
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
pernah cari sparepart relay glowplug enjin 1KZ yang g pernah di jual di indonesia dan msk viar IU jg g terlalu banyak... uda di cari persaamaan di sentra onderdil g ada yg sama dgn yg lokal... iseng ke A2K.. eh ada g sampai 2hari barang uda ready.. mantep juga wkwk
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7436
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
parts resouces planning auto2000 memungkinkan user dapat lihat part yg di cari ada dimana (indo maupun di luar) dan brp byk dan kapan sampai. satu frontline part officer bilang dia bisa dapat rearlamp (LH) 2008 tyt century (punya RG) dalam wkt 3 minggu estd n ternyata part itu benar benar datang di auto2000 dia kerja, dua minggu setelah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
Ikutan Share ya :
Honda Freed E 2012 :
Part sangat mudah, terutama kalau cari dliuaran beres nya, dan harganya lbh murah juga diluaran, contoh :
1. Kampas Rem dpn ori di beres 775rb, di luaran 370rb (di tristar motor dutamas fatmawati)
2. Filter udara di beres 140rb, di luaran ori 80rb saja (tristar)
3. Filter AC di beres 180rb, diluaran ori 130rb, atau bisa juga pakai sakura (100rb)
Salama ini baru itu yang diganti, tapi dari pengalaman miara Honda2 sblmnya lbh sering mengandalkan bengkel non resmi drpd beres, toh ud banyak link di komunitasnya bengkel2 rekomen non beres, tinggal belanja spare part nya di dutamas fatmawati.
Ke beres lebih ke formalitas supaya buku servis nya isinya komplit 3th slama waranty
Honda Freed E 2012 :
Part sangat mudah, terutama kalau cari dliuaran beres nya, dan harganya lbh murah juga diluaran, contoh :
1. Kampas Rem dpn ori di beres 775rb, di luaran 370rb (di tristar motor dutamas fatmawati)
2. Filter udara di beres 140rb, di luaran ori 80rb saja (tristar)
3. Filter AC di beres 180rb, diluaran ori 130rb, atau bisa juga pakai sakura (100rb)
Salama ini baru itu yang diganti, tapi dari pengalaman miara Honda2 sblmnya lbh sering mengandalkan bengkel non resmi drpd beres, toh ud banyak link di komunitasnya bengkel2 rekomen non beres, tinggal belanja spare part nya di dutamas fatmawati.
Ke beres lebih ke formalitas supaya buku servis nya isinya komplit 3th slama waranty
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
denger2 sih, biasa sih mirip namun tetap dibilang aspal. Karena harusnya tidak ada yg benar2 sama apalagi kalau harganya 1/2 dibawah resmi. Resmi biasa lebih dihindarin karena ongkos jasanya yg tinggi.marama wrote:Ikutan Share ya :
Honda Freed E 2012 :
Part sangat mudah, terutama kalau cari dliuaran beres nya, dan harganya lbh murah juga diluaran, contoh :
1. Kampas Rem dpn ori di beres 775rb, di luaran 370rb (di tristar motor dutamas fatmawati)
2. Filter udara di beres 140rb, di luaran ori 80rb saja (tristar)
3. Filter AC di beres 180rb, diluaran ori 130rb, atau bisa juga pakai sakura (100rb)
Salama ini baru itu yang diganti, tapi dari pengalaman miara Honda2 sblmnya lbh sering mengandalkan bengkel non resmi drpd beres, toh ud banyak link di komunitasnya bengkel2 rekomen non beres, tinggal belanja spare part nya di dutamas fatmawati.
Ke beres lebih ke formalitas supaya buku servis nya isinya komplit 3th slama waranty
tapi ga tau yg bener yg mana, moga2 yg kenal ttg ini bisa komen, bukan sekadar yg sering ganti diluar denger dari komunitas ataupun pemilik toko.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
Belum ada yg report Mazda? Modcing gmn M8 nya? Chz CX5?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11071
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
ikutan share spare parts Volvo 740 GL '89. memang belum lama saya pakai mobil ini, baru pertengahan 2008 silam. dan semenjak pakai mobil ini saya jadi nggak kenal lagi istilah "fast/slow moving" karena yang fast moving jadi slow moving, yang slow moving jadi seeelloooooow moving.
berikut beberapa part yang sangat banyak dan mudah didapat di Prima Motor (baik DTMF maupun cipete kolong) dan Harapan Motor sawah besar :
-brake pad depan 165.0 (bendix)
saya ganti awal 2009 sampai sekarang baru setengah jalan. padahal waktu pakai Peugeot 505 GR, 2 tahun sudah habis. pun Xenia (2012) istri saya yang jarak tempuh tiap harinya sama dengan GL '89 sudah minta ganti brake pad.
-brake pad belakang sekitar 200.0 (ada bendix, bda, dll)
-ball joint sekitar 250.0 (TRW)
baru ganti sebelah kanan tahun 2008. yang kiri belum pernah ganti dan ngga ada oblak sampe sekarang.
-cross joint setir 1 set seinget saya hampir 1.000.0
tapi saya beli cross joint merk GMB di toko pinggir jalanan serpong seharga 35.0 per buah (pakai 2 cross joint) pun bisa terpasang.
-shock absorber depan 1.275.0 (bilstein/boge saya lupa)
masih belum ngayun juga semenjak ganti 2008 silam. kalau dirasa terlalu mahal, boleh pake kayaba atau tokico yang harganya hanya separuh.
-shock absorber belakang 1.100.0 (bilstein/boge saya ngga inget)
saya pakai tokico yang harganya 400.0 dan hasilnya keras tidak bergerak seperti yang saya inginkan.
-filter bensin 125.0 (aseli cap volvo)
-filter udara 125.0 (aseli cap volvo)
-seal master kopling 1 set (atas bawah) sekitar 250.0
kalau mau murah beli ketengan (seal-nya saja) di toko sebelah yang jual produk kota Stutgart dan Bavaria (sama-sama pakai merk FAG/ATE) sekitar 15.0-20.0 per piece (dikali 4)
-kopling set 1.500.0 (sachs)
-cross joint kopel (GMB) 120.0
-timing belt beserta tensioner 250.0 (aseli cap volvo)
-tie rod, gatau karena semenjak beli mobil belum pernah ganti dan belum saatnya ganti.
-long tie rod, gatau karena semenjak beli mobil belum pernah ganti dan belum saatnya ganti.
-intank fuel pump 600.0 (bosch)
saya pake punya baleno cukup 225.0 saja (merk ND, dimensi sedikit lebih besar)
-main fuel pump 1.200.0 (bosch)
saya pasang kepunyaan W124 seharga 650.0 (merk sama, dimensi sama)
-O-ring injektor 10.0
-link stabilizer 175.0
setelah 25 tahun, karet link stabilizer baru mulai peot minta diganti.
-karet stabilizer depan 50.0 per piece
inipun baru mulai peot minta diganti setelah 25 tahun wara-wiri di jalan.
ada juga part yang agak/memang sulit didapat di toko seperti karet pipa penghubung antara tengki bensin yang di bagasi dan tengki bensin yang di kolong seharga 500.0 (modelnya seperti huruf Y), tapi bisa pesan paling lama semingguan. kalau nggak sabar nunggu seminggu boleh cari di kampakan seputaran pasar minggu, tb simatupang ataupun lenteng agung dengan kondisi masih layak pakai, harganya juga masih masuk akal kok.
genuine parts (yang ada tulisan "Volvo" di kemasannya) memang mayoritas harganya bikin mulut mangap, tapi nggak perlu kuatir buat yang berkantong cekak seperti saya bisa beli part KW-nya kok. seperti selang radiator buatan itali, ball joint buatan jerman, bearing roda ada yang buatan perancis ada yang buatan amerika, brake pad juga aneka merk dan harga. mayoritas part KW-nya ya buatan jerman sama itali.
*edited :
-shock belakang nivomat (kalo mau lebih nyaman) sekitar 4.000.0 (kalo harganya belum naik)
berikut beberapa part yang sangat banyak dan mudah didapat di Prima Motor (baik DTMF maupun cipete kolong) dan Harapan Motor sawah besar :
-brake pad depan 165.0 (bendix)
saya ganti awal 2009 sampai sekarang baru setengah jalan. padahal waktu pakai Peugeot 505 GR, 2 tahun sudah habis. pun Xenia (2012) istri saya yang jarak tempuh tiap harinya sama dengan GL '89 sudah minta ganti brake pad.
-brake pad belakang sekitar 200.0 (ada bendix, bda, dll)
-ball joint sekitar 250.0 (TRW)
baru ganti sebelah kanan tahun 2008. yang kiri belum pernah ganti dan ngga ada oblak sampe sekarang.
-cross joint setir 1 set seinget saya hampir 1.000.0
tapi saya beli cross joint merk GMB di toko pinggir jalanan serpong seharga 35.0 per buah (pakai 2 cross joint) pun bisa terpasang.
-shock absorber depan 1.275.0 (bilstein/boge saya lupa)
masih belum ngayun juga semenjak ganti 2008 silam. kalau dirasa terlalu mahal, boleh pake kayaba atau tokico yang harganya hanya separuh.
-shock absorber belakang 1.100.0 (bilstein/boge saya ngga inget)
saya pakai tokico yang harganya 400.0 dan hasilnya keras tidak bergerak seperti yang saya inginkan.
-filter bensin 125.0 (aseli cap volvo)
-filter udara 125.0 (aseli cap volvo)
-seal master kopling 1 set (atas bawah) sekitar 250.0
kalau mau murah beli ketengan (seal-nya saja) di toko sebelah yang jual produk kota Stutgart dan Bavaria (sama-sama pakai merk FAG/ATE) sekitar 15.0-20.0 per piece (dikali 4)
-kopling set 1.500.0 (sachs)
-cross joint kopel (GMB) 120.0
-timing belt beserta tensioner 250.0 (aseli cap volvo)
-tie rod, gatau karena semenjak beli mobil belum pernah ganti dan belum saatnya ganti.
-long tie rod, gatau karena semenjak beli mobil belum pernah ganti dan belum saatnya ganti.
-intank fuel pump 600.0 (bosch)
saya pake punya baleno cukup 225.0 saja (merk ND, dimensi sedikit lebih besar)
-main fuel pump 1.200.0 (bosch)
saya pasang kepunyaan W124 seharga 650.0 (merk sama, dimensi sama)
-O-ring injektor 10.0
-link stabilizer 175.0
setelah 25 tahun, karet link stabilizer baru mulai peot minta diganti.
-karet stabilizer depan 50.0 per piece
inipun baru mulai peot minta diganti setelah 25 tahun wara-wiri di jalan.
ada juga part yang agak/memang sulit didapat di toko seperti karet pipa penghubung antara tengki bensin yang di bagasi dan tengki bensin yang di kolong seharga 500.0 (modelnya seperti huruf Y), tapi bisa pesan paling lama semingguan. kalau nggak sabar nunggu seminggu boleh cari di kampakan seputaran pasar minggu, tb simatupang ataupun lenteng agung dengan kondisi masih layak pakai, harganya juga masih masuk akal kok.
genuine parts (yang ada tulisan "Volvo" di kemasannya) memang mayoritas harganya bikin mulut mangap, tapi nggak perlu kuatir buat yang berkantong cekak seperti saya bisa beli part KW-nya kok. seperti selang radiator buatan itali, ball joint buatan jerman, bearing roda ada yang buatan perancis ada yang buatan amerika, brake pad juga aneka merk dan harga. mayoritas part KW-nya ya buatan jerman sama itali.
*edited :
-shock belakang nivomat (kalo mau lebih nyaman) sekitar 4.000.0 (kalo harganya belum naik)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
Nivomat bisa dipasang di 740 om??
Serasa S90 dong...
Serasa S90 dong...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11071
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
bisa (kalo ada duitnya).
940 '92 juga udah pake nivomat kok. nah, buat yang pake S90 tapi duit cekak (kayanya ga mungkin ada ya?) bisa pake shock biasa dengan harga murmer (boge/bilstein/sachs)
940 '92 juga udah pake nivomat kok. nah, buat yang pake S90 tapi duit cekak (kayanya ga mungkin ada ya?) bisa pake shock biasa dengan harga murmer (boge/bilstein/sachs)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
Oooh gitu tohmarmut wrote:bisa (kalo ada duitnya).
940 '92 juga udah pake nivomat kok. nah, buat yang pake S90 tapi duit cekak (kayanya ga mungkin ada ya?) bisa pake shock biasa dengan harga murmer (boge/bilstein/sachs)
Dulu soalny S90 ayah pake nivomat, waduh nyamannya pas ada lobang ga berasa apa2 cuma bleb aja
Ane sendiri suka banget sama 740... Asik jg kalo bisa pake nivomat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7436
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
Kalo parts mobil eropa, us, ostrali yg non oem n parts itu dibuat di EU! us n ostrali itu bukan kw tapi aftermarket. Spt di us kita beli shockabsorber kmart-auto atau seats
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
ane ga pernah pake volvo sampai saat ini..aduhamfibi wrote:Oooh gitu tohmarmut wrote:bisa (kalo ada duitnya).
940 '92 juga udah pake nivomat kok. nah, buat yang pake S90 tapi duit cekak (kayanya ga mungkin ada ya?) bisa pake shock biasa dengan harga murmer (boge/bilstein/sachs)
Dulu soalny S90 ayah pake nivomat, waduh nyamannya pas ada lobang ga berasa apa2 cuma bleb aja
Ane sendiri suka banget sama 740... Asik jg kalo bisa pake nivomat
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11071
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
dank je wel oom rubble. tapi sudah menjadi kebiasaan mayoritas disini menyebut parts selain original dengan sebutan 'kw'. saya pun jadi ikut-ikutan.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Oct 30, 2014 2:55
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
Subaru gimana di Indonesia?
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
ya begitu2 aja..cuman xv yg rada sering liat dijalananAlte wrote:Subaru gimana di Indonesia?
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 476
- Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48
Re: Review mobil berdasarkan kemudahan mencari spare parts-n
menurut saya
Toyota Avanza,Tokisul,Ipah, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga hehehehe
Toyota Avanza,Tokisul,Ipah, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga hehehehe