Mobil ini kesannya proyek setengah hati Daihatsu di indonesia, fitur minim, harga tinggi, dengan banyak fitur di "cap-cay" dari mobil yang dah duluan dijual daihatsu indonesia. Model city car yang desainnya jelas bukan selera semua orang, hanya iming2 mesin sejuta umat (dan beneran sejuta umat ) dan nama besar daihatsu yang menurut saya mobil ini bisa tetep terjual.
Exterior.
Unit warna putih mulai kuning2 dan sampai dalam kondisi ada penyok2 di lis plank kiri bawah dan bumper kiri depan puter2 cek unit untuk kali2 ada cacat sekalian intip2. Well dari jauh si lumayan dari deket impresinya menarik juga karena kualitas rakitan termasuk lumayan rapih, walau ada beberapa titik tampak bekas masuk bengkel body, ada over spray, jadi ya ga bisa komen banyak. Di spakbor semua dikasih full clading ga heran pas test jalan tyre n road noise sangat minim. penempatan lampu belakang vertical dengan led kasih looks yang beda banget dari Daihatsu kebanyakan, lampu depan projector dengan lampu jauh terpisah, dihiasi lampu kecil dan lampu sign di sisi bawah housing lampu depan bikin tampilan makin modern, hanya kurang DRL biar gantengan dikit. Bagian paling menarik untuk saya justru ada di Rear spoiler yang modelnya "floating" kesannya JDM banget atau bukan ASEAN market banget Spion agak mirip dengan model yang ada di Yaris 2014, dengan strip lampu sign
pujian lah untuk exterior design, walau model pantat "gepak" agak bikin mikir sedikit
Interior
liat daleman dan kebetulan rentalan saya agak nyentrik: semua rentalan dipakein sarung kulit custom jadi nuansa kabin agak berubah. Kesan lega di dapet dari warna beige terang di bagian bawah dan atas dashboard warna hitam. Posisi shifter di atas dashboad ngasi kelegaan luar biasa untuk leg room depan, boleh dibilang ini city car dengan leg room terlega di kelasnya. Saya tinggi 175 cm, santai2 aja leyeh2. Dashboard dikasih pattern seperti "kain" dan buatannya top notch, lalu di beberapa titik ada aksen carbon fiber, lumayan menarik tapi alay menurut saya Pintu depan kiri kanan ada tempat botol yang gede banget, di console tray yep its a tray no box, karena bentuknya beneran mirip tray, datar gitu aja, plastik item jelek, dikasih lubang2 buat naro gelas dll. Laci depan cuma satu, dan pas diatasnya ada logo Daihatsu yang kayanya nutupin tulisan airbag yang mana emang ga ada airbag disini
terus terang desain keseluruhan itu menarik, hanya ada banyak "cacat produksi" yang mengesankan ini mobil yang desain pinter, tapi pas sampe final, tiba2 desainernya diganti oleh orang dari Produksi yang cuma asal comot spare part yang lagi over stock Tombol puter AC nyomot dari yaris yang parahnya warnanya ga nyambung sama sekali dengan interior Gear stick bentuknya lebih pas untuk horizontal placement daripada vertical placement, bentuk handle rem tangan yang kecil banget, steering wheel yang asal nyomot di gudang stok xenia sampe Polda ngakak kenceng, itu steer copotan dari xenia atau bisa dicopot2 kali2 rusak
coba naik duduk di driver seat, eh kok tinggi ya posisi duduknya, setel turun sampe mentok tetep tinggi.. hmm.. pertanda buruk, antara jadi enak dipake atau ga enak karena ketinggian, tapi ya sudahlah. pegang2 steer langsung turn off liat itu steer pake xenia jadul punya
colok kunci ke starter, puter ke ON, wih speedometer keren nyalannya sequencing dari background berurutan ke MID, puter ke OFF matinya juga kebalikan. Katanya si optitron tapi menurut saya ini indiglow karena kalau malem silaunya luar biasa secara ga ada setelan brigthnessnya
setelah kepo sana sini, pencet ini itu, nyalain mesin, bunyinya heboh juga ga ada mirip2nya dengan sodaranya yang lebih gede si Avanza, tapi ya namanya aja rentalan kan mobil "cape". setel spion dalem, eh ada night view switch lumayan walau ukurannya pas2an, spion kiri kanan super lebar tapi kelewat tipis jadi agak susah ngeliat bumper belakang bawah, no wonder rentalannya kasih blind spot mirror kecil. Puter tombol AC, cepet juga dinginnya, dan setelan komplit ga cuma refresh n recirculate tapi juga dikasih front heater, rear defogger. not bad
Seating Impression.
kaca serba besar, atap tinggi, warna interior cerah dicombo bahan jok tipis yang bikin sakit pinggang lama2 jadi resep jitu memberi kesan luas dan lega, and it works. susah buat ga bilang ini mobil lega tapi lebih susah bilang ini mobil nyaman didudukin ukuran jok agak kecil ditambah bahan jok tipis masih dikurangi lagi kurang ergonomis bikin cepet cape tapi ini subyektif tentunya.
posisi duduk di bangku driver berasa agak aneh, kiri kanan normal, tapi pandangan depan terasa kaya naik MPV besar daripada city car apalagi posisi tombol2 berasa jauh banget dari posisi duduk, makin dirusak dengan model steering wheel yang jelek.
duduk di belakang lega, ga berasa claustrophobia atau berasa tenggelem. bagasi belakang termasuk legalah, ban serep half size. dikasi tonneau cover.
Driving impressions.
injek rem, masuk gigi ke D, pas keluar parkir, sempet kaget, karena remnya ga pakem sampe panik, jangan2 rusak atau blong, jalanin lagi, ternyata masih ada darah sodara dengan avanza yang sama2 lemot dan ga pake remnya dan ini agak serem, karena dorongan torsi besar dari mesin pas ngerayap itu ngerepotin rem banget. Remnya itu "bagel", lemot, dan ga pakem. bener2 merusak citra city car yang biasanya separah2nya paling remnya agak berat karena faktor ban kecil dan rotor kecil.
Ya pelan2 adjusting sana sini, mulai dapet feelnya jadi mulai agak kenceng, respon steer lumayan berat bahkan sampe detik terakhir balikin kendaraan baru tau kalau ini EPS bukan hydraulic saking beratnya itu steer.
Respon throttle agak aneh, setelah bertahun2 terbiasa mobil dengan Throttle by wire, ini balik lagi dengan throttle by cable apalagi matik, biasanya lepas gas itu otomatis gigi akan berubah sesuai kondisi ini tetep aja segitu2 aja didukung torsi gede dari rpm bawah dan gear ratio untuk avanza, jadilah kalau adu sodok2an ini mobil biangnya masukin D, ga usah digas terasa gelinding banget, ditoel gas berasa liar. tapi ya dirusak dengan Transmisi matik yang jadul, jadi kalau dibejek malah lemot, mesti diurut sampe nemu ritmenya.
respon gas yang ajaib kaya gini ditambah steering wheel yang beratnya mengesankan susah belok, entah kenapa responnya telat dan "berat" kesannya kaya bawa kapal bukan mobil city car iseng di daerah uluwatu yang berbukit2, belok2 turun naik, nemu turunan tajem, lepas gas, rem, engine brake downshift, belok patah, yang ada hampir nyosor udah remnya susah, transmisi telat turun ditambah stir yang susah diajak "main". Pas nanjak lebih bingung lagi, terutama kalau curam karena bejek gas harus rata lantai biar bisa masuk gigi 1, di gear shift ga ada gigi 1 hanya ada 2 paling serem? pas turunan
tapi ada untungnya dengan respon seperti ini: cruising rada santai karena steer yang berat dan gas yang cukup ditoel jadi bisa eco drive
NVH.
Noise dari luar lumayan keredam. tyre noise minim, super d.
bantingan suspensi agak aneh, mirip banget dengan avanza tapi bukan limbung melainkan floating. kalau jalan ban ga berasa napak, tapi ketemu lubang tetep keras. aneh banget mungkin faktor posisi duduk tinggi dan bisa jadi mobil rentalan yang cuma asal gelinding
Fitur dan tiny bity.
- Audio ada 4 speker. Speaker depan nemplok di atas dashboard kiri kanan pojok, speaker belakang di pintu belakang kiri kanan as usual. Head unit built in dengan motif carbon alay Layar kecil sebaris yang susah dibaca, tapi ada USB port dan Bluetooth call dan A2DP. Lumayanlah. walau iseng pencet2 coba connect ke hape ga bisa2 tu bluetooth
- MID hanya dikasih separoh: cuma Average, Fuel range. Ga ada instaneous. Padahal model center information panel itu keren kesannya canggih banget, tapi ga ada isinya cuma ada Posisi Gigi,"MID", dan tripmeter.
- Cup holder ada banyak. terhitung ada 6, bahkan buat bangku belakang dikasih extra large yang muat botol 1.5 Liter walau di console tray.
- Tonneau cover bahannya bukan kaya fiber ditutup kain tapi ada rangka besi dan ditutup pake bahan plastik dan dikasih tutup kain, keren d sayang ga ada cantelan tali untuk dipasang di tail gate, biar sekali buka ikutan naik.
- headlamp projector sorotannya kurang lebar, entah setelan salah atau apa. Switch foglamp integrated dengan control stalk. dan nyomot dari avanza
- head unit makenya agak ajaib, tombol volume terpisah dengan tombol power yang entah gimana bisa nyelip kecil banget, tombol next dan lain2 malah tersebar kiri kanan.
- dashboard sangat2 colorful pas malem. speedometer gaul warna keunguan biru, head unit warna senada speedo tapi ada beberapa tombol warna orange, lampu tombol ac kuning kehijuan, lampu indikator gear shifter putih, lampu tombol hazard putih
- Tombol hazard susah dijangkau, agak kehalang gear shifter dan ukuran kelewat kecil.
- ga ada airbag, ga ada abs? no problem, 5 penumpang dapet 3 point seatbelt, what? penumpang tengah belakang dapet 3 point seatbelt? yep dan modelnya ngingetin eropa banget, karena ditarik dari pilar kiri atas/plafon.
FUEL.
270 km dengan trayek:
1. legian - denpasar - Ubud - sunset road - legian
2. Legian - denpasar - sanur - toll paling ganteng se indo - pendawa - uluwatu - legian
habisnya? 22 literan, MID total: 10.8 kpl. kondisi trayek bervariasi tapi ya ga macet2 banget ya bali, hanya banyak stop n go aja dan nanjak2
OVERALL
Saya pribadi berpikir: kalau saja daihatsu bisa lebih serius lagi bisa jadi ini mobil bisa laku keras tapi well daihtsu sendiri ya emang segitu2 aja maunya kayanya banyak bagian yang di-cap cay asal2an malah bikin tambah rusak sesuatu yang bagus. Driving impression termaafkan ditambahkan fitur minim dan cap cay sana sini bikin susah buat direkomendasikan selain faktor merek dan mesinnya.
cuma untuk pengusaha rentalan di bali ga aneh banyak yang pake sirion untuk city car karena torque dan karakter matiknya bikin enak buat nanjak dan jadi irit, tentu konsumen juga senang