Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkendara.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkendara.
Selamat sore para smers sedoyo,
mumpung nggak mood kerja bikin thread saja di sm. :-D
karena ini first thread, mohon bimbingannya kalau ada yg nggak sesuai dengan adat istiadat di ini.
Kalau aku ada banyak kesalahan sih: jalan kencang meski jalur sempit sampai spion beradu, lupa nurunin gigi sewaktu mau masuk gang, menyalakan lampu sein kanan kiri sewaktu mau lurus di perempatan (sdh nggak lagi), baru ngerem setelah mobil di depan sudah dekat. (yang terakhir ini sering dimarahi istri)
Tapi ini yang paling parah:
Sekitar sebulan yg lalu main ke pemandian Cangar, berangkatnya lewat malang, no problemo.
Pulangnya lewat Pacet, jalannya turun curam banget.
Dan aku lewati dengan gigi 2
Nginjek rem deh seperti nginjek tikus yg gak mati-mati.
Perasaan heran banget, ini rem kok nggak pakem ya, sudah diinjek sampai habis mobil tetap nggelinding saja.
Dan sewaktu buka jendela, bau rem menyengat banget.
Karena di depan ada kijang, jadi aja berburuk sangka bau itu dari mobil di depan.
Sampai Pacet mampir ke pemancingan untuk makan, kebetulan adik bawa mobil sendiri dan sudah sampai duluan.
"Loh, kok mambu ngene ban-e?"
"Iyo, mau tak rem entek-entekan tetep nlunyur ae"
"Mbok lebokno gigi piro?"
"gigi 2"
"Wahahaha pantes, kudune yo gigi sitok ae! gak atik ngerem wes, untung gak nabrak mau"
Waktu itu bawa avanza, istri dan anak-anak di situ plus mertua dan adik ipar.
Untungnya gak kenafa-kenafa.
mumpung nggak mood kerja bikin thread saja di sm. :-D
karena ini first thread, mohon bimbingannya kalau ada yg nggak sesuai dengan adat istiadat di ini.
Kalau aku ada banyak kesalahan sih: jalan kencang meski jalur sempit sampai spion beradu, lupa nurunin gigi sewaktu mau masuk gang, menyalakan lampu sein kanan kiri sewaktu mau lurus di perempatan (sdh nggak lagi), baru ngerem setelah mobil di depan sudah dekat. (yang terakhir ini sering dimarahi istri)
Tapi ini yang paling parah:
Sekitar sebulan yg lalu main ke pemandian Cangar, berangkatnya lewat malang, no problemo.
Pulangnya lewat Pacet, jalannya turun curam banget.
Dan aku lewati dengan gigi 2
Nginjek rem deh seperti nginjek tikus yg gak mati-mati.
Perasaan heran banget, ini rem kok nggak pakem ya, sudah diinjek sampai habis mobil tetap nggelinding saja.
Dan sewaktu buka jendela, bau rem menyengat banget.
Karena di depan ada kijang, jadi aja berburuk sangka bau itu dari mobil di depan.
Sampai Pacet mampir ke pemancingan untuk makan, kebetulan adik bawa mobil sendiri dan sudah sampai duluan.
"Loh, kok mambu ngene ban-e?"
"Iyo, mau tak rem entek-entekan tetep nlunyur ae"
"Mbok lebokno gigi piro?"
"gigi 2"
"Wahahaha pantes, kudune yo gigi sitok ae! gak atik ngerem wes, untung gak nabrak mau"
Waktu itu bawa avanza, istri dan anak-anak di situ plus mertua dan adik ipar.
Untungnya gak kenafa-kenafa.
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Nabrak, nabrak dan nabrak...
Adu spion ama mbl laen lah, nabrak mbl org lah, amoe yg plg parah : burnout...
Adu spion ama mbl laen lah, nabrak mbl org lah, amoe yg plg parah : burnout...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
WoW,ricz wrote:Nabrak, nabrak dan nabrak...
Adu spion ama mbl laen lah, nabrak mbl org lah, amoe yg plg parah : burnout...
kalau nabrak untungnya belum pernah, yang sering itu nyenggol, terutama kalau pas macet.
Yang sering kesenggol ya motor.
Pernah sekali nyenggol becak, ampun deh ngamuk-ngamuk-nya.
padahal yang kesenggol itu cuman ban belakang-nya.
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Curhat ah, brusan ane lakuin, td sore ane jalan dri cibadak, lampu ijo depan kosong ane tgl 200m ke lampu stopan sekitar 60 km/jam. Setelah 50m, tiba" motor dr arah Jendsur lsng nyelonong, dan seketika tiba" lampu lsng merah, ane dr 50 km/jam lsng berenti, tdnya ane mw belokin kiri cmn kehalangan roda dagangan, jdi ane ke tengah tp ga sukes. Akhirnya jarak dr pinggir trotoar ke mbl ane cmn 1 m, dan bkin terhambat bnyk mobil yg mw belok kiri. Untung ga timbul korban jiwa, klw kgak (abis ane).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Ane baru sekali, pas wkt itu sampe tempat les & mo parkir...
Pas lg markirin, taunya ada bunyi srekk dr belakang kanan...
Taunya, velg RAV4 ane ngegores bemper depan samping freed... Ane markirnya kemepetan
Akhirnya hrs ganti rugi buat klaim asuransi 200rb ke empunya freed yg ada di dalem mobil...
Pas lg markirin, taunya ada bunyi srekk dr belakang kanan...
Taunya, velg RAV4 ane ngegores bemper depan samping freed... Ane markirnya kemepetan
Akhirnya hrs ganti rugi buat klaim asuransi 200rb ke empunya freed yg ada di dalem mobil...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
ane pernah waktu parkir salah injek antara rem malah gas....jd nabrak pot plastik yg gede....akibatnya sia2lah moles serena pagi2nya
Pursuit of Perfection
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Paling parah lupa matiin stability control/traction control.
Keluar dari jalan tol dan masih di ruas penghubungnya yang berakhir di perempatan dan lampu hijau; tujuannya belok kiri.
Kecepatan masih lumayan, sekitar 60-an kpj. Pertama tujuannya di trail-braking. Direm telat sengaja supaya beban pindah ke depan, roda belakang jadi enteng, kasih Scandinavian Flick sedikit, dan bokong M3 mulai nyeret. Pikran gw, sip dah, posisi mobil sudah sempurna.
Bersamaan dengan counter steer, gas dibejek abis supaya ban belakang tetap menggelincir. Kira2 posisinya sekarang di awal tikungan. Ini dia, stability/traction control masih nyala, lupa dimatiin. Waktu digaspol, sistemnya ketawa doang, wong lagi selip koq minta gaspol. Kagak ada gas2an sampai traksi tersedia lagi!
Ini dia yang bikin tegang. Ban belakang yang tadinya sudah menggelincir dengan suksesnya, tiba2 malah gigit. Ban depan yang counter-steer arahnya ke dinding jembatan, ya masih mengarah ke situ. Tanpa babibu, mobil berubah haluan. Sibuk jadinya muter setir. Yang pasti muka langsung pucat pias.
Kesimpulannya, stability/traction control malah hampir mencelakakan gw. Jadi sekarang2 ini, setelah mesin hidup, langkah pertama bukan pasang seat belt, tapi matiin stability/traction control sampai mati bener, bukan cuma dikurangi setting-nya di tengah2.
Keluar dari jalan tol dan masih di ruas penghubungnya yang berakhir di perempatan dan lampu hijau; tujuannya belok kiri.
Kecepatan masih lumayan, sekitar 60-an kpj. Pertama tujuannya di trail-braking. Direm telat sengaja supaya beban pindah ke depan, roda belakang jadi enteng, kasih Scandinavian Flick sedikit, dan bokong M3 mulai nyeret. Pikran gw, sip dah, posisi mobil sudah sempurna.
Bersamaan dengan counter steer, gas dibejek abis supaya ban belakang tetap menggelincir. Kira2 posisinya sekarang di awal tikungan. Ini dia, stability/traction control masih nyala, lupa dimatiin. Waktu digaspol, sistemnya ketawa doang, wong lagi selip koq minta gaspol. Kagak ada gas2an sampai traksi tersedia lagi!
Ini dia yang bikin tegang. Ban belakang yang tadinya sudah menggelincir dengan suksesnya, tiba2 malah gigit. Ban depan yang counter-steer arahnya ke dinding jembatan, ya masih mengarah ke situ. Tanpa babibu, mobil berubah haluan. Sibuk jadinya muter setir. Yang pasti muka langsung pucat pias.
Kesimpulannya, stability/traction control malah hampir mencelakakan gw. Jadi sekarang2 ini, setelah mesin hidup, langkah pertama bukan pasang seat belt, tapi matiin stability/traction control sampai mati bener, bukan cuma dikurangi setting-nya di tengah2.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Untung tuh freed asuransi, klw kgakamfibi wrote:Ane baru sekali, pas wkt itu sampe tempat les & mo parkir...
Pas lg markirin, taunya ada bunyi srekk dr belakang kanan...
Taunya, velg RAV4 ane ngegores bemper depan samping freed... Ane markirnya kemepetan
Akhirnya hrs ganti rugi buat klaim asuransi 200rb ke empunya freed yg ada di dalem mobil...
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Barusan ane lakuin kemaren.
Pas ke PTC, Sby Barat. Abis ngambil Sertifikat di Spazio, ane ke sono. tugas negara dari nyokap.
Pas parkir, seperti biasa.
Toleh kanan kiri, hazard, cek spion kanan kiri tengah, cek rear cam...
Mundur sangat pelan, stopper tenggelam ke bawah bumper... daaaaannn...
"GRRRRRAAAAK!"
*oh sh*t!*
Getaran hebat dari kanan belakang. Alamak. Mana ane lupa perpanjang polis asuransi pulak...
Akhirnya reposisi ulang. Dan dengan senter darurat ngecek keseluruhan bokong dan bumper.
Ga ada apa2...
Masih kinclong klimis mulus...
Perjalanan pulang, ane sempatkan ke Kerang.
Sembari menunggu curahan 50liter RON92, ane ngolong, dan joint multilink belakang yg biasanya kotor... jadi bersih...
Ah... itu rupanya. Numbuk stopper parkiran.
Pas ke PTC, Sby Barat. Abis ngambil Sertifikat di Spazio, ane ke sono. tugas negara dari nyokap.
Pas parkir, seperti biasa.
Toleh kanan kiri, hazard, cek spion kanan kiri tengah, cek rear cam...
Mundur sangat pelan, stopper tenggelam ke bawah bumper... daaaaannn...
"GRRRRRAAAAK!"
*oh sh*t!*
Getaran hebat dari kanan belakang. Alamak. Mana ane lupa perpanjang polis asuransi pulak...
Akhirnya reposisi ulang. Dan dengan senter darurat ngecek keseluruhan bokong dan bumper.
Ga ada apa2...
Masih kinclong klimis mulus...
Perjalanan pulang, ane sempatkan ke Kerang.
Sembari menunggu curahan 50liter RON92, ane ngolong, dan joint multilink belakang yg biasanya kotor... jadi bersih...
Ah... itu rupanya. Numbuk stopper parkiran.
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Auk ah gelap...WongZo wrote:Untung tuh freed asuransi, klw kgakamfibi wrote:Ane baru sekali, pas wkt itu sampe tempat les & mo parkir...
Pas lg markirin, taunya ada bunyi srekk dr belakang kanan...
Taunya, velg RAV4 ane ngegores bemper depan samping freed... Ane markirnya kemepetan
Akhirnya hrs ganti rugi buat klaim asuransi 200rb ke empunya freed yg ada di dalem mobil...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Ane malah hanya ketilang d depan ciputra world sby... ane ambil jalur plg kanan (harus putar balik) malah lurus aja,,,,, polis disitu langsung pra prit gak karuan...
Barusan tadi, mau belok ke dukuh kupang,, ambil paling kanan sendiri yang lagi2 harusnya utk u turn,, tp ane niat belok,,, yaudah 20rebu buat uang damai ,,,wkwkwkw
2x nerabas lampj merah dan kena
Puluhan kali lolos nerabas lampu dan fine2 aja
Hahahahah
Barusan tadi, mau belok ke dukuh kupang,, ambil paling kanan sendiri yang lagi2 harusnya utk u turn,, tp ane niat belok,,, yaudah 20rebu buat uang damai ,,,wkwkwkw
2x nerabas lampj merah dan kena
Puluhan kali lolos nerabas lampu dan fine2 aja
Hahahahah
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
surabaya memang banyak police trap dari dulu. bbrp bulan lalu saya coba routing pake gps dikasih route police trapwalid_007 wrote:Ane malah hanya ketilang d depan ciputra world sby... ane ambil jalur plg kanan (harus putar balik) malah lurus aja,,,,, polis disitu langsung pra prit gak karuan...
Barusan tadi, mau belok ke dukuh kupang,, ambil paling kanan sendiri yang lagi2 harusnya utk u turn,, tp ane niat belok,,, yaudah 20rebu buat uang damai ,,,wkwkwkw
2x nerabas lampj merah dan kena
Puluhan kali lolos nerabas lampu dan fine2 aja
Hahahahah
untung saya ngerti krn bertahun2 lalu sudah pernah kena trap di situ
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Tepaknya di mana itu Om police trap-nya?djia wrote:surabaya memang banyak police trap dari dulu. bbrp bulan lalu saya coba routing pake gps dikasih route police trap
untung saya ngerti krn bertahun2 lalu sudah pernah kena trap di situ
Kalau aku pernah kena di perembatan bubutan-tembakan.
Dari arah bubutan/blauran ke arah tugu pahlawan, sebelum lampu merah jalur kiri kosong ambil saja.
Ternyata harus belok kiri, karena kesusu ya lurus saja.
Di halte bus depan sebelah kiri langsung polisinya ngawe-awe.
Dem...
Untungnya pas itu bawa titipan teman dari ditlantas map-map yg ada logo polda jatim.
Tunjukin itu map, sambil ngomong "Maaf Pak, sedang ditunggu untuk presentasi ini di Polres"
Polisinya mengambil salah satu dari tumpukan map itu, gak dibuka cuman ditimang-timang saja.
"Saya telponkan teman aku di Polres ya Pak?" ujarku membantu dia mengambil keputusan. :-)
"Oke deh, jalan saja. Jangan diulangi ya"
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Dari sekitaran Kertajaya saya mau ke A2K Basuki Rahmat, sama GPS diarahkan lewat depan Siloam lurus sampe Jend Sudirman, terus potong jalan menuju putaran patung sapi dekat BRI tower. Padahal itu tempat keramat krn polisi di tenda selalu siaga memangsa pemotong jalan.sirahngelu wrote:Tepaknya di mana itu Om police trap-nya?djia wrote:surabaya memang banyak police trap dari dulu. bbrp bulan lalu saya coba routing pake gps dikasih route police trap
untung saya ngerti krn bertahun2 lalu sudah pernah kena trap di situ
Orang awam yg belum pernah lewat sana mungkin akan mengira motong jalan gpp, karena jalannya besar, jarak diagonal titik potong juga cukup jauh dan teknikally aman sebenarnya. Tau2 pas putar balik dah disetop sama silup.
Marka pembatas antara roda 2 dan roda 4 di lampu merah juga jadi lahan basah. Kadang pengendara luar kota yang tidak hafal, atau bisa juga saking macetnya maka kendaraan roda 4 terdesak ga bisa masuk jalur antrian mobil & terpaksa masuk jalur roda 2. Setelah lewat lampu ijo tau2 dah disetop sama silup di ujung sana.
Saya bilang lahan basah krn selalu ada silup siaga & selalu saja ada yg kena
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Kalo kesalahan-kesalahan ane dalam berkendara
Sering melewati jalan rusak plus polisi tidur pada kecepatan sedang
Kadang melamun di jalan
Kadang gak fokus di jalan
Sering melewati jalan rusak plus polisi tidur pada kecepatan sedang
Kadang melamun di jalan
Kadang gak fokus di jalan
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2494
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
kesalahan ane, gara2 jebakan batman, lewatin jalan ada genangan air, gak tau nya dalem + jalanan nya amburadul
jadi deh rally cideng LOL
jadi deh rally cideng LOL
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2941
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
hm...
mungkin kesalahan saya yang paling fatal
ga punya feeling jarak di kiri
jadi bagian kiri selalu disisain jarak aman 1/2 meter
tapi sisi kanan mobil, jadi nekat, sisain 5-10 cm gapapa (ban jadi sering kena pembatas jalan)
nah... berhubung sisi kanan suka mepet jadinya spion kanan suka kena motor
terus beberapa kali nonik2 yg bonceng motor jadi banyak yg teriak gara2 lengannya suka kesenggol spion
mungkin tar saya harus marahin nih spion kanan,
genit banget suka colek2 nonik
mungkin kesalahan saya yang paling fatal
ga punya feeling jarak di kiri
jadi bagian kiri selalu disisain jarak aman 1/2 meter
tapi sisi kanan mobil, jadi nekat, sisain 5-10 cm gapapa (ban jadi sering kena pembatas jalan)
nah... berhubung sisi kanan suka mepet jadinya spion kanan suka kena motor
terus beberapa kali nonik2 yg bonceng motor jadi banyak yg teriak gara2 lengannya suka kesenggol spion
mungkin tar saya harus marahin nih spion kanan,
genit banget suka colek2 nonik
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu May 22, 2014 2:58
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Mmmm, ini kejadian pas masih sma dulu di semarang, jaman mobil blon wajib ada safety belt.
Waktu itu mobil hardtop bokap baru abis ganti kaca film, dari sebelumnya skkb entah 40% atau 60% diganti jadi 80%.
Malem itu ane nekat jalan-jalan menikmati hujan lebat plus banjirnya kota semarang pake hardtop bokap, sok belagak offroad, padahal skill nyetir ya baru so-so gitu deh...
Pas sedang menikmati banjir di daerah dargo, ane sampai di penghujung pertigaan menuju jalan mataram.
Siap-siap belok kanan dengan kecepatan sedang sembari terabas banjir..
Saat mulai menikung tiba-tiba terdengar suara maha dahsyat memecah keheningan malam (BRAGKK!).
Suasana kacau di dalam mobil, dan saat ane tersadar, ane sudah berpindah duduk ke kursi penumpang depan!!
Dari hasil analisa sih itu sepertinya itu bisa terjadi karena ban depan-belakang sebelah kanan ane melindas pulau jalan yang tingginya hampir setengah ban mobil yg ane tunggangin.
Akibatnya ane yg gak pake safety belt (lha wong jaman itu jarang banget ada safety belt di mobil..) terlempar ke kursi sebelah saat posisi mobil sedang menikung. Untung saat sadar reflek tangan masih jalan dan masih bisa kendaliin setir.. gak jadi nabrak kendaraan lain.
Kok bisa pulau jalan gak keliatan? ketutup banjir gan..
Masak bayangan pulau jalannya aja gak keliatan? Mungkin blon terbiasa ama kf 80%.. lagi hepi2nya terabas banjir pula...
Kesimpulan:
- jangan banjir-banjiran
- gunakan seatbelt/safety belt mobil anda kalo pas banjir-banjiran. kalo gada ya pasang
- jangan sok-sok yakin kalo baru pertama kali pk kaca samping 80%
- apa lagi ya... ya pokoke jangan banjir-banjiran dah..
Waktu itu mobil hardtop bokap baru abis ganti kaca film, dari sebelumnya skkb entah 40% atau 60% diganti jadi 80%.
Malem itu ane nekat jalan-jalan menikmati hujan lebat plus banjirnya kota semarang pake hardtop bokap, sok belagak offroad, padahal skill nyetir ya baru so-so gitu deh...
Pas sedang menikmati banjir di daerah dargo, ane sampai di penghujung pertigaan menuju jalan mataram.
Siap-siap belok kanan dengan kecepatan sedang sembari terabas banjir..
Saat mulai menikung tiba-tiba terdengar suara maha dahsyat memecah keheningan malam (BRAGKK!).
Suasana kacau di dalam mobil, dan saat ane tersadar, ane sudah berpindah duduk ke kursi penumpang depan!!
Dari hasil analisa sih itu sepertinya itu bisa terjadi karena ban depan-belakang sebelah kanan ane melindas pulau jalan yang tingginya hampir setengah ban mobil yg ane tunggangin.
Akibatnya ane yg gak pake safety belt (lha wong jaman itu jarang banget ada safety belt di mobil..) terlempar ke kursi sebelah saat posisi mobil sedang menikung. Untung saat sadar reflek tangan masih jalan dan masih bisa kendaliin setir.. gak jadi nabrak kendaraan lain.
Kok bisa pulau jalan gak keliatan? ketutup banjir gan..
Masak bayangan pulau jalannya aja gak keliatan? Mungkin blon terbiasa ama kf 80%.. lagi hepi2nya terabas banjir pula...
Kesimpulan:
- jangan banjir-banjiran
- gunakan seatbelt/safety belt mobil anda kalo pas banjir-banjiran. kalo gada ya pasang
- jangan sok-sok yakin kalo baru pertama kali pk kaca samping 80%
- apa lagi ya... ya pokoke jangan banjir-banjiran dah..
mangan ora mangan sing penting mangan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
- Location: Far Southwest from Jakarta
- Daily Vehicle: LR Stage One
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Share pengalaman:
Dulu waktu kerja di Muara Teweh Kalteng, sering pulang pergi Tabalong, Kalsel pake Jeep XJ.
Karena sibuk di hutan, si media playernya XJ yang rusak belum diperbaiki, sementara pake HP ama earphone dulu dengerin mp3, buat nemenin perjalanan.
Suatu ketika di tengah perjalanan, kira-kira 30an km sebelum kota kecil Ampah, jam 9an malam, kok terdengar ada sayup2 suara serem, hi ...hi....hi .......
Mendadak, kaget campur takut mulai menyerbu pikiran, buat tenanging diri, langsung cek spion tengah, kanan dan kiri, sapa tau ada yang "nyangkut", ternyata gak ada siapa2.
Karena masih ada suara hi ...hi....hi...., langsung bejek gas, belokan serasa jalan lurus, jalan Trans Borneo yang berlubang itu serasa tol JORR.
Suara tadi sudah tidak terdengar lagi, tapi si XJ tetap dipacu kencang, pengen cepat sampai di tempat istirahat di Ampah.
Kira-kira 20an km sebelum Ampah, kemudian kerasa rpm mesin naik tinggi tiap mau pindah transmisi.
Bingung juga kenapa, soale si XJ ini transmisnya AT, tiap mau pindah gigi selalu naik tinggi rpmnya.
Dalam hati, kenapa ni transmisi? Coba switch ke 1-2, pas mau ke 3, rpm naik lagi.
Semakin bingung, bejek gas lagi pake D, kepikiran biar sampe warung tempat istirahat.
Sepanjang jalan makin panik dan bingung, sambil berdoa semoga aman sampe di tujuan.
Setelah tiba di Ampah, si XJ langsung dicarikan parkiran yang aman, matikan mesin, langsung pesan dan tenggak minum dingin.
Sambil duduk di warung, perhatikan bagian depan si XJ, kok keliatan ada yang netes ke tanah.
Cepat-cepat ambil senter, buka engine hood, kaget, ruangan mesin penuh oli.
Coba pegang olinya, warna merah bening, oli transmisi rupanya, wah tewas ni transmisi.
Tengah malam telpon bengkel di Tanjung, Pak Tua yang kebetulan pake XJ juga, untung masih diangkat, kata Pak Tua, coba idupin dulu, biar tau bocornya dimana.
Setelah dihidupkan, trans ke N, keliatan di ruang mesin oli muncrat dari pipa aluminium yang kejepit, rupanya pipa ini adalah pipa oli pulang dari intercooler transmisi.
Pipa ini terjepit antara gerakan naik turun lower arm XJ yang bertabrakan dengan pinggiran mesin, jadi teringat tadi lubang dalam serasa jalan tol, sehingga travel naik turun arm itu melewati batas, ditambah posisi pipa aluminium itu gak terikat di tempatnya.
Kepaksa si XJ ditinggal di warung, kembali ke Tanjung pake mobil travel yang singgah.
Besoknya kembali bawa gergaji besi, hose high press dan temp, klem 4 buat ama oli merk Jumbo 8lt (cuma oli ATF ini yang tersedia di toko, udah DEXRON III).
Potong pipa yang kejepit sambung pake hose, klem, isi oli 7lt, idupin mesin, yo ho, gak ada bocor.
Amati setengah jam, gak ada tetesan, siap-siap kembali ke rumah, gas pol lagi, gak ada beda rasanya ama yang sebelumnya, normal sampe sekarang.
Malam sebelumnya, pas sampe rumah, tengah malam, cerita ama istri.
Ketauan kalo yang hi ....hi..... itu suara Kaka di lagunya Slank, album pertama, "Memang".
Kesimpulan:
- Kenali mobil dan gejala kerusakan mobil,
- Kalo ada trouble, jangan dipaksakan, berhenti, liat situasi, konsultasi kemudian putuskan mau lanjut ato stop. Kebayang di pengalaman saya di atas, kalo terlalu lama jalan, bisa kebakar ruang mesin, apalagi oli transmisi terkenal panas,
- Kenali lagu-lagu yang kesimpan di drive, jangan seperti saya, Slankers, tapi gak ingat kalo ada suara Kaka yang seram di awal lagu album pertama Slank
- Perbaiki kerusakan mobil as soon as possible, jangan ditunda,
- Ternyata emang bener kata-kata om anginlumpur kalo trans matic XJ bandel, asal oli gak kurang.
Dulu waktu kerja di Muara Teweh Kalteng, sering pulang pergi Tabalong, Kalsel pake Jeep XJ.
Karena sibuk di hutan, si media playernya XJ yang rusak belum diperbaiki, sementara pake HP ama earphone dulu dengerin mp3, buat nemenin perjalanan.
Suatu ketika di tengah perjalanan, kira-kira 30an km sebelum kota kecil Ampah, jam 9an malam, kok terdengar ada sayup2 suara serem, hi ...hi....hi .......
Mendadak, kaget campur takut mulai menyerbu pikiran, buat tenanging diri, langsung cek spion tengah, kanan dan kiri, sapa tau ada yang "nyangkut", ternyata gak ada siapa2.
Karena masih ada suara hi ...hi....hi...., langsung bejek gas, belokan serasa jalan lurus, jalan Trans Borneo yang berlubang itu serasa tol JORR.
Suara tadi sudah tidak terdengar lagi, tapi si XJ tetap dipacu kencang, pengen cepat sampai di tempat istirahat di Ampah.
Kira-kira 20an km sebelum Ampah, kemudian kerasa rpm mesin naik tinggi tiap mau pindah transmisi.
Bingung juga kenapa, soale si XJ ini transmisnya AT, tiap mau pindah gigi selalu naik tinggi rpmnya.
Dalam hati, kenapa ni transmisi? Coba switch ke 1-2, pas mau ke 3, rpm naik lagi.
Semakin bingung, bejek gas lagi pake D, kepikiran biar sampe warung tempat istirahat.
Sepanjang jalan makin panik dan bingung, sambil berdoa semoga aman sampe di tujuan.
Setelah tiba di Ampah, si XJ langsung dicarikan parkiran yang aman, matikan mesin, langsung pesan dan tenggak minum dingin.
Sambil duduk di warung, perhatikan bagian depan si XJ, kok keliatan ada yang netes ke tanah.
Cepat-cepat ambil senter, buka engine hood, kaget, ruangan mesin penuh oli.
Coba pegang olinya, warna merah bening, oli transmisi rupanya, wah tewas ni transmisi.
Tengah malam telpon bengkel di Tanjung, Pak Tua yang kebetulan pake XJ juga, untung masih diangkat, kata Pak Tua, coba idupin dulu, biar tau bocornya dimana.
Setelah dihidupkan, trans ke N, keliatan di ruang mesin oli muncrat dari pipa aluminium yang kejepit, rupanya pipa ini adalah pipa oli pulang dari intercooler transmisi.
Pipa ini terjepit antara gerakan naik turun lower arm XJ yang bertabrakan dengan pinggiran mesin, jadi teringat tadi lubang dalam serasa jalan tol, sehingga travel naik turun arm itu melewati batas, ditambah posisi pipa aluminium itu gak terikat di tempatnya.
Kepaksa si XJ ditinggal di warung, kembali ke Tanjung pake mobil travel yang singgah.
Besoknya kembali bawa gergaji besi, hose high press dan temp, klem 4 buat ama oli merk Jumbo 8lt (cuma oli ATF ini yang tersedia di toko, udah DEXRON III).
Potong pipa yang kejepit sambung pake hose, klem, isi oli 7lt, idupin mesin, yo ho, gak ada bocor.
Amati setengah jam, gak ada tetesan, siap-siap kembali ke rumah, gas pol lagi, gak ada beda rasanya ama yang sebelumnya, normal sampe sekarang.
Malam sebelumnya, pas sampe rumah, tengah malam, cerita ama istri.
Ketauan kalo yang hi ....hi..... itu suara Kaka di lagunya Slank, album pertama, "Memang".
Kesimpulan:
- Kenali mobil dan gejala kerusakan mobil,
- Kalo ada trouble, jangan dipaksakan, berhenti, liat situasi, konsultasi kemudian putuskan mau lanjut ato stop. Kebayang di pengalaman saya di atas, kalo terlalu lama jalan, bisa kebakar ruang mesin, apalagi oli transmisi terkenal panas,
- Kenali lagu-lagu yang kesimpan di drive, jangan seperti saya, Slankers, tapi gak ingat kalo ada suara Kaka yang seram di awal lagu album pertama Slank
- Perbaiki kerusakan mobil as soon as possible, jangan ditunda,
- Ternyata emang bener kata-kata om anginlumpur kalo trans matic XJ bandel, asal oli gak kurang.
ovation wrote:Mmmm, ini kejadian pas masih sma dulu di semarang, jaman mobil blon wajib ada safety belt.
Waktu itu mobil hardtop bokap baru abis ganti kaca film, dari sebelumnya skkb entah 40% atau 60% diganti jadi 80%.
Malem itu ane nekat jalan-jalan menikmati hujan lebat plus banjirnya kota semarang pake hardtop bokap, sok belagak offroad, padahal skill nyetir ya baru so-so gitu deh...
Kesimpulan:
- jangan banjir-banjiran
- gunakan seatbelt/safety belt mobil anda kalo pas banjir-banjiran. kalo gada ya pasang
- jangan sok-sok yakin kalo baru pertama kali pk kaca samping 80%
- apa lagi ya... ya pokoke jangan banjir-banjiran dah..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Kesalahan ane paling bego itu pernah telat ngerem ampe nyenggol motor wakakakak..
Yg bawa motor ibu2 buset galak bener ibu2nya. Padahal yg rusak spionnya doang. Ane udh minta maaf msh aja ngomel2 wkwkwk..
Ane ganti gocap abis itu cabut deh
Pernah jg mau belok kiri nyenggol motor gara2 si motor itu di blind spot spion ane
Pas ane turun dari mobil ternyata yg nyetir motor gemeteran. Kasian bene dah msh bocah. Kira2 SMP gitu
Motornya sih ga masalah. Cuma spion doang rusak. Ane ganti 20 rebu
Yg bawa motor ibu2 buset galak bener ibu2nya. Padahal yg rusak spionnya doang. Ane udh minta maaf msh aja ngomel2 wkwkwk..
Ane ganti gocap abis itu cabut deh
Pernah jg mau belok kiri nyenggol motor gara2 si motor itu di blind spot spion ane
Pas ane turun dari mobil ternyata yg nyetir motor gemeteran. Kasian bene dah msh bocah. Kira2 SMP gitu
Motornya sih ga masalah. Cuma spion doang rusak. Ane ganti 20 rebu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu May 22, 2014 2:58
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
MAB wrote:Share pengalaman:
...
Suatu ketika di tengah perjalanan, kira-kira 30an km sebelum kota kecil Ampah, jam 9an malam, kok terdengar ada sayup2 suara serem, hi ...hi....hi .......
Mendadak, kaget campur takut mulai menyerbu pikiran, buat tenanging diri, langsung cek spion tengah, kanan dan kiri, sapa tau ada yang "nyangkut", ternyata gak ada siapa2.
Karena masih ada suara hi ...hi....hi...., langsung bejek gas, belokan serasa jalan lurus, jalan Trans Borneo yang berlubang itu serasa tol JORR.
Suara tadi sudah tidak terdengar lagi, tapi si XJ tetap dipacu kencang, pengen cepat sampai di tempat istirahat di Ampah.
.....
Ketauan kalo yang hi ....hi..... itu suara Kaka di lagunya Slank, album pertama, "Memang".
.....
- Kenali lagu-lagu yang kesimpan di drive, jangan seperti saya, Slankers, tapi gak ingat kalo ada suara Kaka yang seram di awal lagu album pertama Slank
.....
wadooh, itu mah seremnya dan jadi sebel pas tau kalo ternyata si kaka yang nakut-nakutin..
Mana ditambahin kelakuan transmisinya.. pas abis kejadian serem pula.. disambungin tambah serem dah..
bwakakakaka
mangan ora mangan sing penting mangan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
- Location: Far Southwest from Jakarta
- Daily Vehicle: LR Stage One
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Hehehe
Masih beruntung, yang paling serem gak terjadi, karena panik akibatnya :
- mesti ganti transmisi segelutung, kirim dari Jakarta
- mobil kebakar
Bener kata orang, pengalaman adalah guru yang paling berharga.
Masih beruntung, yang paling serem gak terjadi, karena panik akibatnya :
- mesti ganti transmisi segelutung, kirim dari Jakarta
- mobil kebakar
Bener kata orang, pengalaman adalah guru yang paling berharga.
ovation wrote:wadooh, itu mah seremnya dan jadi sebel pas tau kalo ternyata si kaka yang nakut-nakutin..MAB wrote:Share pengalaman:
...
.....
.....
- Kenali lagu-lagu yang kesimpan di drive, jangan seperti saya, Slankers, tapi gak ingat kalo ada suara Kaka yang seram di awal lagu album pertama Slank
.....
Mana ditambahin kelakuan transmisinya.. pas abis kejadian serem pula.. disambungin tambah serem dah..
bwakakakaka
-
- SM Specialist
- Posts: 15573
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
2 kesalahan terbesar yang pernah ane buat waktu nyetir....
Pintu kiri belakang CR-V ditubruk Mio.
Kejadian sekitar th 2012, waktu pulang habis ada acara di gereja. Cuaca waktu itu hujan, TKP di Jalan A.Yani Semarang, di sebelah bank Standard Chartered. Waktu itu ane dari arah berlawanan mau nyebrang masuk ke gang Jl. Erlangga Tengah yang hanya beberapa meter sudah sampe rumah. Dan saya cek di arah berlawanan sudah tidak ada kendaraan lain kecuali 1 sepeda motor berjalan pelan, akhirnya ane memberanikan diri untuk nyebrang.
Beberapa detik kemudian, ane merasa aneh karena motor tsb tidak ngerem. nyelonong aja gitu. dan ane punya feeling buruk, bener saja, dalam hanya hitungan beberapa milidetik si motor Mio yang pengendaranya seorang ibu-ibu dan anaknya yang masih SMA menghajar pintu belakang kiri CR-V ane hingga ringsek. Damn!
Singkat cerita si ibu ane larikan ke RS terdekat untuk diberikan treatment, berikut ane nelpon bokap. Masalah berakhir damai tanpa ada tuding-tudingan, kami sama-sama minta maaf karena sama-sama lalai. Si ibu itu nggak sadar dan (mungkin) tidak memperhitungkan aspal licin. Ane juga tidak memperhitungkan dan memberi "error space" untuk si motor ngerem.
And my worst mistake in Driving......
3 bulan lalu, akhir bulan Mei 2014. TKP di jalan masuk tol arah Surabaya, ane dari arah Porong. Setelah ane jalan-jalan dengan 2 orang teman.... kebetulan waktu itu jalanan lurus kosong panjang sehingga ane beranikan diri full-throttle. 80kph dengan SX4.
Sebelumnya teman ane sudah nge-warning "awas habis ini belokan".
nah, sialnya ane cukup percaya diri kalo ane mampu mengendalikan mobil ini di belokan itu dengan speed segini. Dan yang diluar dugaan, belokan cukup tajam, jalanan berpasir. Bokong mobil kehilangan grip. ane panik, langsung counter-steer. And........ it all goes ruined.
Mobil langsung menghajar beton pembatas tol. airbag mengembang. keluar dari mobil, dan kondisi front-end mobil ane sangat parah. kap mesin bengkok, bemper hancur, roda kanan-kiri sudah tidak selaras, radiator hancur. my car gone ruined.
dan karena kondisi mobil yang tidak memungkinkan untuk disetir sendiri hingga sampe Surabaya, teman ane menelpon derek tol yang surprisingly took a verrrryyyyy long time.... sekitar 3 jam waktu kita habiskan untuk nunggu derek. Lalu derek datang, ane naik ke truk derek, sementara 2 teman ane di dalam mobil ane. Mobil pun langsung digeletakkan ke UMC A.Yani dan esok harinya baru ane urus karena waktu itu sudah malam.
Dan hingga sekarang, proses perbaikan masih belum selesai....
Jujur, kejadian ini membuat ane cukup menyesal dengan kepercayaan diri dan arogansi yang memuncak saat itu.... dan sebuah pelajaran berharga : overconfidence misleads. Dan voucher nyawa ane masih di-approve sama Tuhan....
Pintu kiri belakang CR-V ditubruk Mio.
Kejadian sekitar th 2012, waktu pulang habis ada acara di gereja. Cuaca waktu itu hujan, TKP di Jalan A.Yani Semarang, di sebelah bank Standard Chartered. Waktu itu ane dari arah berlawanan mau nyebrang masuk ke gang Jl. Erlangga Tengah yang hanya beberapa meter sudah sampe rumah. Dan saya cek di arah berlawanan sudah tidak ada kendaraan lain kecuali 1 sepeda motor berjalan pelan, akhirnya ane memberanikan diri untuk nyebrang.
Beberapa detik kemudian, ane merasa aneh karena motor tsb tidak ngerem. nyelonong aja gitu. dan ane punya feeling buruk, bener saja, dalam hanya hitungan beberapa milidetik si motor Mio yang pengendaranya seorang ibu-ibu dan anaknya yang masih SMA menghajar pintu belakang kiri CR-V ane hingga ringsek. Damn!
Singkat cerita si ibu ane larikan ke RS terdekat untuk diberikan treatment, berikut ane nelpon bokap. Masalah berakhir damai tanpa ada tuding-tudingan, kami sama-sama minta maaf karena sama-sama lalai. Si ibu itu nggak sadar dan (mungkin) tidak memperhitungkan aspal licin. Ane juga tidak memperhitungkan dan memberi "error space" untuk si motor ngerem.
And my worst mistake in Driving......
3 bulan lalu, akhir bulan Mei 2014. TKP di jalan masuk tol arah Surabaya, ane dari arah Porong. Setelah ane jalan-jalan dengan 2 orang teman.... kebetulan waktu itu jalanan lurus kosong panjang sehingga ane beranikan diri full-throttle. 80kph dengan SX4.
Sebelumnya teman ane sudah nge-warning "awas habis ini belokan".
nah, sialnya ane cukup percaya diri kalo ane mampu mengendalikan mobil ini di belokan itu dengan speed segini. Dan yang diluar dugaan, belokan cukup tajam, jalanan berpasir. Bokong mobil kehilangan grip. ane panik, langsung counter-steer. And........ it all goes ruined.
Mobil langsung menghajar beton pembatas tol. airbag mengembang. keluar dari mobil, dan kondisi front-end mobil ane sangat parah. kap mesin bengkok, bemper hancur, roda kanan-kiri sudah tidak selaras, radiator hancur. my car gone ruined.
dan karena kondisi mobil yang tidak memungkinkan untuk disetir sendiri hingga sampe Surabaya, teman ane menelpon derek tol yang surprisingly took a verrrryyyyy long time.... sekitar 3 jam waktu kita habiskan untuk nunggu derek. Lalu derek datang, ane naik ke truk derek, sementara 2 teman ane di dalam mobil ane. Mobil pun langsung digeletakkan ke UMC A.Yani dan esok harinya baru ane urus karena waktu itu sudah malam.
Dan hingga sekarang, proses perbaikan masih belum selesai....
Jujur, kejadian ini membuat ane cukup menyesal dengan kepercayaan diri dan arogansi yang memuncak saat itu.... dan sebuah pelajaran berharga : overconfidence misleads. Dan voucher nyawa ane masih di-approve sama Tuhan....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
kesalahan yg paling parah.. dan semoga ga bertambah..
ngelecetin bodikit ya, ada jalan blm jadi, trabas lah,, alhasil bodikit dpn kanan sama kiri belakang lecet gara2 jalannya alamakk
telat ngerem,malem malem gara2 ngantuk, nanggung pulang dr mojokerto deket rumah, nyetir macet poll, ampir nyerempet,.. dimalam dan hari yg sama bejek rem+lupa kopling
pesan: klo ngantuk, lebih baik ga nyetir dulu, istirahat, ato gantian..
ngelecetin bodikit ya, ada jalan blm jadi, trabas lah,, alhasil bodikit dpn kanan sama kiri belakang lecet gara2 jalannya alamakk
telat ngerem,malem malem gara2 ngantuk, nanggung pulang dr mojokerto deket rumah, nyetir macet poll, ampir nyerempet,.. dimalam dan hari yg sama bejek rem+lupa kopling
pesan: klo ngantuk, lebih baik ga nyetir dulu, istirahat, ato gantian..
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dalam berkenda
Ahhh biasa lah bro...
Gw di pekanbaru aja kerjanya ngelecetin bemper depan Mazda2 yg ceper itu...
Gw di pekanbaru aja kerjanya ngelecetin bemper depan Mazda2 yg ceper itu...
2021 Fortuner VRZ