Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Ada yg rusak, ada yg awet...
Kalo gitu, kayaknya gak cuma puteran setir yg bikin rusak steering system...
Kalo gitu, kayaknya gak cuma puteran setir yg bikin rusak steering system...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
ada lg teori lain..
teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..
punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..
punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Kalo gak rusak nanti gak ada rejeki baru datang..kompresorz wrote:ada lg teori lain..
teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..
punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
pintarrr...Hansen wrote:Kalo gak rusak nanti gak ada rejeki baru datang..kompresorz wrote:ada lg teori lain..
teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..
punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
kompresorz wrote:pintarrr...Hansen wrote:Kalo gak rusak nanti gak ada rejeki baru datang..kompresorz wrote:ada lg teori lain..
teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..
punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Lha tukang ingsinyurnya kan dah bikin perhitungan ama tuh barang. Kalo perlu arus gede paa nyala barengan, ya tinggal gedein aja arus master sekringnya.
Dan PS dan steering systemnya juga mustinya dah dihitung utk belok2 patah dan lain2. Kalo rusak, bisa jadi bukan karena desainnya atau pemakaiannya, tapi pada kualitas produksi komponennya. Walaupun ada juga yg emang desain fak bener. Makanya suka ada revisi desain.
Dan PS dan steering systemnya juga mustinya dah dihitung utk belok2 patah dan lain2. Kalo rusak, bisa jadi bukan karena desainnya atau pemakaiannya, tapi pada kualitas produksi komponennya. Walaupun ada juga yg emang desain fak bener. Makanya suka ada revisi desain.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Waktu jaman2 belajar nyetir, sy pernah diajari supaya kalo memutar setir itu dalam keadaan mobil menggelinding. Maksudnya supaya beban kerja tie-rod & long tie rod lebih ringan, jadi ga cepat rusak. Mitos?
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11098
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
mungkin lebih tepatnya "beban kerja otot tangan dan pundak lebih ringan". karena belum power steering.sepatupuma wrote:Waktu jaman2 belajar nyetir, sy pernah diajari supaya kalo memutar setir itu dalam keadaan mobil menggelinding. Maksudnya supaya beban kerja tie-rod & long tie rod lebih ringan, jadi ga cepat rusak. Mitos?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
saya sering mutar setir saat mesin nyala tapi mobil masih diem..pernah punya avz, xenia yg masih PS fluida, jes lawas yg udah EPS, skrg pake GE8 yg juga EPS. toh tidak pernah rusak (tapi ga ngarep rusak, jangan sampe dech..mahal). buat kia, dari jaman sephia (timor), carnival, carens yg masih pake PS fluida, emang haram kalo sering mentokin setir waktu manuver parkir (lhah, gimana ga mentok kalo parkir sempit??) karna selang minyak PS (piton-bhs bengkel jalanan) mutu bahan asal pabriknya kurang baik. jadi sering bocor/pecah ga kuat nahan tekanan minyak PS..driver harus mengenali karakter mobilnya, dg cari info sebanyak2nya saat maen ke bengkel. lebih baik mengetahui secara langsung/mengalami sendiri, bukan karena katanya...katanya...dan katanya...cmiiw.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7458
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Tdk apa apa...kalo sampai rusak pasti sy complaint ...kalo end up hassle ...sy perkarakan ...tdk perlu ribut fg mechanic atau foreman ...kasian mrk ...surati sy brand principal nya baik baik
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sun May 11, 2014 12:16
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
soory klo udh ada yg nanya sebelumnya...
klo EPS sering diputar sampe patah abis/mentok gmana ?
klo EPS sering diputar sampe patah abis/mentok gmana ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
tidak apa2 om..EPS cuma bermasalah kalo aki sering soak dan grease (gemuk) kering.aryaguna wrote:soory klo udh ada yg nanya sebelumnya...
klo EPS sering diputar sampe patah abis/mentok gmana ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Kalau aku, pas buka pintu jendela musti dalam keadaan tertutup semua.kompresorz wrote:ada lg teori lain..
teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..
Dan hanya ada 1 pintu yg boleh terbuka dalam 1 waktu. Sebelum buka pintu lain, pintu tadi ditutup dulu.
Jadi sewaktu pintu ditutup, udara di dalamnya akan menahan laju pintu supaya gak terbanting terlalu keras.
Maklum mobil bodi tipis, suaranya menyayat hati kalau pintu ditutup keras.
Prakteknya sih susah, apalagi kalau sedang muatan penuh.
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3161
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Klo d setir keluar bunyi nguk nguk tu artinya knapa?
Apa memang eps gitu?
Apa memang eps gitu?
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
......................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
klaharnya harusnya ada masalah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7458
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Jatah parkir mobil sy uphill ...pastinya steer tdk bole arah lurus ...ada tuh di manual saat mau ambil sim ...
jaman dulu sekali di jkt ...thn 70-80ahir ...citroen DS brougham maupun CX pallas prestige ...tiap parkir, supir, ibu sy maupun alm ayah tdk pernah luruskan steer ...krn steer akan perlahan lurus sendiri ...meski ignition off ...hal yg tdk terjafi pd citroen CX avant punya professor musik harpa sini di tempat sy ajar...mungkin krn USDM ....steer nya bisa tetap belok saat engine off
jaman dulu sekali di jkt ...thn 70-80ahir ...citroen DS brougham maupun CX pallas prestige ...tiap parkir, supir, ibu sy maupun alm ayah tdk pernah luruskan steer ...krn steer akan perlahan lurus sendiri ...meski ignition off ...hal yg tdk terjafi pd citroen CX avant punya professor musik harpa sini di tempat sy ajar...mungkin krn USDM ....steer nya bisa tetap belok saat engine off
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
kalo mobil dulu yg power stereg sih kayanyanya gpp muter duluan sebelum mesin hidup. nah kalo mobil sekarang yg pake ps atau eps atau lainnya mungkin sebaiknya pas mesin nyala baru muter. walopun canggih, mobil sekarang kan ringkih...lihat aja noh bmw atau merci. kalo ga drawat bener risko bakal kebakar....hehehehhe