[ask]altis limbung
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
[ask]altis limbung
siang om,
om mau tanya kenapa ya altis limbung dan cara ngatasin limbung yg paling efektif gimana ya ada beberapa saran seperti :
1.Ganti Shock
2.Ganti Per
3.Ukuran velg diperbesar
atau ada tambahan lain dari SM'ers yg sudah mencoba atau menganti hingga stabil dan apa sebab kalo altis muatan dibelakang terlalu berat mobil seperti nungging bagian depan soalnya pernah pake H gak nungging dengan beban berat dibagian belakang
makasih om atas jawabannya
om mau tanya kenapa ya altis limbung dan cara ngatasin limbung yg paling efektif gimana ya ada beberapa saran seperti :
1.Ganti Shock
2.Ganti Per
3.Ukuran velg diperbesar
atau ada tambahan lain dari SM'ers yg sudah mencoba atau menganti hingga stabil dan apa sebab kalo altis muatan dibelakang terlalu berat mobil seperti nungging bagian depan soalnya pernah pake H gak nungging dengan beban berat dibagian belakang
makasih om atas jawabannya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [ask]altis limbung
Limbung?
Thanks to super-soft suspension & torsion beam...
Solusinya, bs dgn ganti shocknya jd yg karaktenya lebih keras, yg bawaan altis lembut bgt...
Orientasi altis mmg buat kenyamanan sih, jd pada dasarnya mmg krg stabil buat manuver...
Thanks to super-soft suspension & torsion beam...
Solusinya, bs dgn ganti shocknya jd yg karaktenya lebih keras, yg bawaan altis lembut bgt...
Orientasi altis mmg buat kenyamanan sih, jd pada dasarnya mmg krg stabil buat manuver...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: [ask]altis limbung
Altis limbung banget mmg, cm bantingan empuk dan nyaman .
Kl mau gak limbung ambil kompetitornya , civic .
Kl mau gak limbung ambil kompetitornya , civic .
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: [ask]altis limbung
kira2 ganti pake shock merk apaan ya om??tidak mengilangkan setidaknya mengurangi ajaamfibi wrote:Limbung?
Thanks to super-soft suspension & torsion beam...
Solusinya, bs dgn ganti shocknya jd yg karaktenya lebih keras, yg bawaan altis lembut bgt...
Orientasi altis mmg buat kenyamanan sih, jd pada dasarnya mmg krg stabil buat manuver...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: [ask]altis limbung
gak deh om kalo ganti soalnya enak buat luar kota nyaman paling gak hanya meminimalkan saja efek limbungnyacampoeran wrote:Altis limbung banget mmg, cm bantingan empuk dan nyaman .
Kl mau gak limbung ambil kompetitornya , civic .
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [ask]altis limbung
pasang swaybar om.. atau ganti yg diameternya lebih besar...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: [ask]altis limbung
diameter per atau apa om???billyd1773dz wrote:pasang swaybar om.. atau ganti yg diameternya lebih besar...
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [ask]altis limbung
swaybar/stabillizer bar.....Prast84 wrote:diameter per atau apa om???billyd1773dz wrote:pasang swaybar om.. atau ganti yg diameternya lebih besar...
gtw std nya altis depan blkng, atau baru depan saja?
klw ngeganti per/shock breaker pasti ada pengaruh kenyamanan, ntah jd lebih baik atau lebih buruk tergantung setup.
klw sway bar di rintangan yang kedua ban kanan kiri lewat bersama seperti poldur/ rel kereta/speed grid guncangan tidak berubah,namun di cross obstacle/ dimana ban kanan dan kiri lewatnya ga bareng *jalan ancur dgn lobang2 random* jadi lebih berguncang.... karna fungsinya memang ngejaga suspensi dan chassis tetap level untuk ngurangin bodyroll saat cornering highspeed.
klw tujuanya ngurangin bodyroll ya swaybar is the way to go...... resikonya di jalan ancur lebih berguncang. tp di rintangan umum kya speed barrier/railway crossing tetep sama.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: [ask]altis limbung
Sedikit OOT. Sampai sekarang gw gak begitu mengerti dengan istilah limbung. Maksudnya apa waktu belok bodinya miring2 (body roll) begitu? Atau waktu jalan lurus dan jalan tidak rata kanan-kiri jadinya mobil seperti oleng? Atau scenario lain lagi?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- SM Specialist
- Posts: 15577
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [ask]altis limbung
ahh baru mau jawab... udah dijawab duluan sama bro billybillyd1773dz wrote:
gtw std nya altis depan blkng, atau baru depan saja?
klw ngeganti per/shock breaker pasti ada pengaruh kenyamanan, ntah jd lebih baik atau lebih buruk tergantung setup.
klw sway bar di rintangan yang kedua ban kanan kiri lewat bersama seperti poldur/ rel kereta/speed grid guncangan tidak berubah,namun di cross obstacle/ dimana ban kanan dan kiri lewatnya ga bareng *jalan ancur dgn lobang2 random* jadi lebih berguncang.... karna fungsinya memang ngejaga suspensi dan chassis tetap level untuk ngurangin bodyroll saat cornering highspeed.
klw tujuanya ngurangin bodyroll ya swaybar is the way to go...... resikonya di jalan ancur lebih berguncang. tp di rintangan umum kya speed barrier/railway crossing tetep sama.
yup, chassis reinforcement adalah pilihan plg tepat buat ngurangin limbung tanpa harus mengorbankan kenyamanan terlalu banyak....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [ask]altis limbung
bener om chrisChZ wrote:ahh baru mau jawab... udah dijawab duluan sama bro billybillyd1773dz wrote:
gtw std nya altis depan blkng, atau baru depan saja?
klw ngeganti per/shock breaker pasti ada pengaruh kenyamanan, ntah jd lebih baik atau lebih buruk tergantung setup.
klw sway bar di rintangan yang kedua ban kanan kiri lewat bersama seperti poldur/ rel kereta/speed grid guncangan tidak berubah,namun di cross obstacle/ dimana ban kanan dan kiri lewatnya ga bareng *jalan ancur dgn lobang2 random* jadi lebih berguncang.... karna fungsinya memang ngejaga suspensi dan chassis tetap level untuk ngurangin bodyroll saat cornering highspeed.
klw tujuanya ngurangin bodyroll ya swaybar is the way to go...... resikonya di jalan ancur lebih berguncang. tp di rintangan umum kya speed barrier/railway crossing tetep sama.
yup, chassis reinforcement adalah pilihan plg tepat buat ngurangin limbung tanpa harus mengorbankan kenyamanan terlalu banyak....
namun chassis reinforcement dan swaybar itu sebenernya hal yang berbeda fungsinya.
chassis reinforcement tujuannya ningkatin kekakuan chasis dengan bracket suspensi.....
tidak ada hubungan sama sekali dengan lengan ayun atau gerak main si suspensi. bisa jadi urusan bantingan minim sekali pengaruhny,jika ada akibat sasisnya itu sendiri. dia berperan agar saat cornering extrim bracket suspensi tidak bergeser/flexing dan tetap align dengan sasis. sasis pun di reinforce agar tidak flex, terutama pada ladder frame yg rawan flexing. in theory stir akan terasa lebih responsif dan body lebih nurut saat cornering atau berubah arah mendadak.... body roll seharusnya tetap ada,karna suspensi tidak di sentuh.
sedangkan swaybar kerja di lengan ayun suspensi.... tujuan untuk ngebatasi perbedaan gerak ban kanan dan kiri.. saat terjadi body roll,suspensi ban bagian dalam kehilangan beban otomatis jd di posisi extent(down), bagian luar menerima beban mobil jadi di posisi compress(up).... yang satu up satu lagi down...... body jadi miring/roll..
nah ini yang dicoba di kurangin dgn swaybar, dgn nambah resistansi batang torsi yg melintang di kedua sisi suspensi. sehingga butuh energi yg lebih tinggi untuk membuat bodyroll atau saat terjadi perbedaan arah gerakan di kedua sisi ban
sway bar bekerja hanya jika terjadi perbedaan arah gerakan di kedua sisi ban. jadi jika lewat poldur keduanya sama2 bergerak searah,resistansi swaybar tidak menggangu.
namun saat lewat jalan ancur, sering ban kiri masuk lobang yg berarti bergerak turun, kanan bergerak naik, kedua nya bergerak berbeda arah disini resistansi sway bar bisa menggangu gerak independen suspensi dan berpengaruh ke kenyamanan suspensi jadi kerasa lebih kaku dan suspensi kurang bisa main ngikutin kontur jalan,kontur jalan jadi di transfer dgn jujur ke sasis/kabin *berguncang* tp road feel jd lebih kerasa juga karna suspensi bergerak bareng dgn sasis. hal yg sama jika lewat poldur dengan miring.
klw saya pribadi lebih suka ngelepas semua swaybar. di jalan ancur kaki bisa main dan terasa minim guncangan semua kaki bisa bergerak bebas tampa ada yg batasin.
downside nya bodyroll dan road feel tidak sebaik dgn swaybar. jln keluarnya ya spring rate suspensi di naikin,shock ganti yg lebih baik untuk ngurangin bodyroll. memang poldur jd lebih keras.. kedepannya mungkin chassis reinforcemen saat mbl ini sudah berumur dan sasisnya mulai lelah dan butuh reinforce...
memang saya jarang masuk tol sih, dan jalan ancur is every where.. so this is the setup that i choose for daily.
klw suatu saat jalan membaik atau tiba2 ada yg ngajakin ke sentul g menutup kemungkinan ta pasang swaybar hehe
pingin nya swaybar dibikin quick release atau bisa di disconect via tombol di dashboard seperti pada jeep rubicon hehe...
swaybar aftermarket ada yang adjustable stiffness nya. good for compromising road condition or needed.
swaybar berpengaruh ke karakter mobil, lebih kaku di belakang will increase over steer tendency,stiffer di depan ningkatin under steer tendency so choose it wisely.
tinggal masing2 aja lebih prioritas kemana.
know what you need & know what it is for.
err panjang lebar lg semoga g salah.. cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [ask]altis limbung
Menyimak...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: [ask]altis limbung
Kira2 mobil apa yang kevpcepetan 80 aja tp ga limbung saat berbelok exit toll
engine roaring!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47
Re: [ask]altis limbung
Ini bisa kali yah...walid_007 wrote:Kira2 mobil apa yang kevpcepetan 80 aja tp ga limbung saat berbelok exit toll
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.