Bingung mo masang karburator PE 28 ke sonic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
Bingung mo masang karburator PE 28 ke sonic
Mo nanya nihhh......
Koq setelah pasang karbu PE 28 ke sonic, mesinnya susah banget langsam?
Trus kalo di tarik, kerasa mbrebet?
Apa harus ganti spuyer yah?
Kalo musti ganti spuyer, ukurannya yang cocok buat sonic berapa?
Sebelum ganti karburator PE 28, top speed bisa tembus 130..... tapi setelah pake karburator PE 28 top speed cuma nyampe 105...... kenapa gitu?
Koq setelah pasang karbu PE 28 ke sonic, mesinnya susah banget langsam?
Trus kalo di tarik, kerasa mbrebet?
Apa harus ganti spuyer yah?
Kalo musti ganti spuyer, ukurannya yang cocok buat sonic berapa?
Sebelum ganti karburator PE 28, top speed bisa tembus 130..... tapi setelah pake karburator PE 28 top speed cuma nyampe 105...... kenapa gitu?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
- Location: JABOTABEK
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
brebet brarti angin gak pas atau kelebihan bahan bakar, akhirnya susah langsam. sudah semestinya ukuran spuyer dipergede daripada standar, baik pilot jet maupun mainjet. bila pasokan bahan bakar sudah dipergede, volume buang pun semestinya dipergede dengan mempergede ukuran knalpot. intinya masuk dan buang perlu diseimbangkan.
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
@jojo
Bro thx bgt atas sarannya....
tapi kalo main ama pilot jet standar PE 28 aja udah boros banget, gimana kalo digedein? Apalagi ditambah volume buangnya digedein........
Tapi setelah dipikir2 kayaknya mo gw ganti aja karbu PE 28 ke standar lagi, gak kuat bayar pertamax plus..... hehehehheheehhehehe........
Bro thx bgt atas sarannya....
tapi kalo main ama pilot jet standar PE 28 aja udah boros banget, gimana kalo digedein? Apalagi ditambah volume buangnya digedein........
Tapi setelah dipikir2 kayaknya mo gw ganti aja karbu PE 28 ke standar lagi, gak kuat bayar pertamax plus..... hehehehheheehhehehe........
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
ukuran spuyer (MJ/PJ) ubah dong sesuai dengan spek sonic... kl pake bawaan PE28 jelasss boros pisan euy...
gw pake FU MJ 115 PJ 38 ... coba elo samain or karena cc/ spek sonic lebih kecil coba pake MJ 115 PJ 35 aja... or kl ga mau pusying ke CHIPS motor aja minta setting dsana...
kl settingan pas, irit kok...
PY gw langsam tuh (pk filter or non filter) .. irit pula bisa 1:37
tenaga lebih yahud daripada pk standar... gigi 5 gw tembus 140kpj di RPM 12.800 (ampir 12rb) mentok RPM 13.500 itu juga masih ngedet maju
jangan putus asa bro... pk PE kl ga tau settingannya emang bikin pusying, ujung2nya di jual... heheheheh
gw pake FU MJ 115 PJ 38 ... coba elo samain or karena cc/ spek sonic lebih kecil coba pake MJ 115 PJ 35 aja... or kl ga mau pusying ke CHIPS motor aja minta setting dsana...
kl settingan pas, irit kok...
PY gw langsam tuh (pk filter or non filter) .. irit pula bisa 1:37
tenaga lebih yahud daripada pk standar... gigi 5 gw tembus 140kpj di RPM 12.800 (ampir 12rb) mentok RPM 13.500 itu juga masih ngedet maju
jangan putus asa bro... pk PE kl ga tau settingannya emang bikin pusying, ujung2nya di jual... heheheheh
A/T vehicle.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
coba anda ganti pilot jetnya 40 main jetnya 105 aja itu dah cukup.. setel anginnya : -> ditutup (arah jarum) lalu buka 1 putaran (180 derajat dari arah nutup tadi).. klo mo agak melesat coba main jet 110...
...oh yach sonic CDI-kan.. apa sonic pake limiter CDI-nya..
klo butuh spare part coba dilihat koran M-plus cari bagian iklan kecilnya disitu banyak koq yg nawarin spare part sonic...
...oh yach sonic CDI-kan.. apa sonic pake limiter CDI-nya..
klo butuh spare part coba dilihat koran M-plus cari bagian iklan kecilnya disitu banyak koq yg nawarin spare part sonic...
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
sori gw pikir di jakarta....
mending cari aja bengkel yg jual spearpart. beli sekalian setting.... maksudnya biar beli tapi ga mubazir gitu lho... kl ga enak bisa di tuker yg gede or kecil
kan bisa di tuker tuh kl emang MJ sm PJ nya ga cocok. motor sama tp belom tentu sama settingannya...
waktu gw setting sm temen gw pk FU juga...
pas di samain PJ & MJ (115/38) .. di motor temen ga dapet settingannya tapi di gw dapet. akhirnya temen pake 118/35 ...
selamat mencoba deh....
tp kl settingannya ketemu di jamin wenakkkkk....
akselerasi ok + irit pula ... langsam juga lho dengan or tanpa filter
mending cari aja bengkel yg jual spearpart. beli sekalian setting.... maksudnya biar beli tapi ga mubazir gitu lho... kl ga enak bisa di tuker yg gede or kecil
kan bisa di tuker tuh kl emang MJ sm PJ nya ga cocok. motor sama tp belom tentu sama settingannya...
waktu gw setting sm temen gw pk FU juga...
pas di samain PJ & MJ (115/38) .. di motor temen ga dapet settingannya tapi di gw dapet. akhirnya temen pake 118/35 ...
selamat mencoba deh....
tp kl settingannya ketemu di jamin wenakkkkk....
akselerasi ok + irit pula ... langsam juga lho dengan or tanpa filter
A/T vehicle.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
pilotnya asli kegedean palagi buat sonic yg cuman 125 cc
turunin deh (aslinya kalo nggak salah 40 atau 45) coba mulai dari 30
kalo main jet sih kagak ngaruh, cuman sebaiknya juga dikecilin
palagi kalo mesin masih standar, kan ruang bakar mintanya masih standar, dikasih bensin banyakan malah percuma ...
turunin deh (aslinya kalo nggak salah 40 atau 45) coba mulai dari 30
kalo main jet sih kagak ngaruh, cuman sebaiknya juga dikecilin
palagi kalo mesin masih standar, kan ruang bakar mintanya masih standar, dikasih bensin banyakan malah percuma ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
PJ ama MJ-nya nanti saya coba dehh bro.....Archapada wrote:coba anda ganti pilot jetnya 40 main jetnya 105 aja itu dah cukup.. setel anginnya : -> ditutup (arah jarum) lalu buka 1 putaran (180 derajat dari arah nutup tadi).. klo mo agak melesat coba main jet 110...
...oh yach sonic CDI-kan.. apa sonic pake limiter CDI-nya..
klo butuh spare part coba dilihat koran M-plus cari bagian iklan kecilnya disitu banyak koq yg nawarin spare part sonic...
sonic CDI-nya masih limiter, rencana mo ganti. Tadi ditawarin pake CDI Honda Kirana, katanya unlimiter (saran salah satu kepala mekanik ahass surabaya)
Spare part sonic? iya nih bro, noken as saya udah baret bunyinya kayak helikopter. Beberapa hari yang lalu dibongkar, ternyata banyak kerusakannya....... Mana spare part sonic harganya gila2an.......
cari bengkel yang bisa setting karbu yah bro? Masalahnya di surabaya susah banget cari yang cocok, apalagi motor saya sonic. Pasti keluar kata-kata "Waduh mas, gak sayang motornya di rubah2? kan spare partnya mahal?"........... Jadi bete......andryans wrote:sori gw pikir di jakarta.... Smile
mending cari aja bengkel yg jual spearpart. beli sekalian setting.... maksudnya biar beli tapi ga mubazir gitu lho... Smile kl ga enak bisa di tuker yg gede or kecil
kan bisa di tuker tuh kl emang MJ sm PJ nya ga cocok. motor sama tp belom tentu sama settingannya...
waktu gw setting sm temen gw pk FU juga...
pas di samain PJ & MJ (115/3Cool .. di motor temen ga dapet settingannya tapi di gw dapet. akhirnya temen pake 118/35 ...
selamat mencoba deh.... Smile
tp kl settingannya ketemu di jamin wenakkkkk....
akselerasi ok + irit pula ... langsam juga lho dengan or tanpa filter Smile
Mendingan saya bongkar sendiri aja deh, rencananya mo beli MJ ama PJ satu set buat keihin, biar gampang gak bolak balik ke bengkel..... hehehehehehehe
emang sih ruang bakar masih standar, tapi juga banyak yang rusak gara2 banyak tangan yang ikutan servis nih motor........(gak pernah ada yg pas)hery_jul wrote:pilotnya asli kegedean palagi buat sonic yg cuman 125 cc
turunin deh (aslinya kalo nggak salah 40 atau 45) coba mulai dari 30
kalo main jet sih kagak ngaruh, cuman sebaiknya juga dikecilin
palagi kalo mesin masih standar, kan ruang bakar mintanya masih standar, dikasih bensin banyakan malah percuma ...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
yah namanya juga pemula masalah modif motor bro. Lagipula gak nemu2 bengkel yang pas.........su_minson wrote:dilihat kasus motor anda memang lumayan parah. akibat banyak montir yang pegang tuh motor. saran terbaik gw ganti motor bro...
dari sisi ekonomisnya ngak ada artinya pertahankan motor cbu, begitu pula dengan harga sparepartnya.
Kalo mo dijual, rasanya sayang bgt sihhh...... soalnya banyak kenangannya. Terutama nova sonic ini merupakan motor pertama nihhh. Maklum tadinya ortu gak ngijinin bawa motor........
Jadi berapapun biayanya buat benerin nih motor, bakalan saya turutin.......
Mungkin kalo ganti rencananya cari cc yang lebih gedean, biar gak disalip ama motor lokal.......(mimpi kali yee.......... )
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3457
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3457
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
Thx masukannya bro,TUFF Stough wrote:Namun kayanya saran Bro-bro di atas ada baiknya dituruti, mulai ubah dari MJ ama PJ aja dulu, daripada langsung main di CDI. Problem paling utama khan memang dari pengaplikasian karbu PE28?
Cari dulu settingan yang pas, setelah terasa tarikannya enak, baru mulai utak-atik pengapian (CDI).
tapi beberapa teman saya bilang mendingan ganti CDI dulu baru ke karbu.
Waduh.....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
kl gw pribadi lebih berasa ke karbu.... lebih responsif, ya kl mo OK tinggal ganti CDI, karena RPM atas pasti nahan kl masih pake limiter.novasonic wrote: Thx masukannya bro,
tapi beberapa teman saya bilang mendingan ganti CDI dulu baru ke karbu.
Waduh.....
pilih BRT aja.. murah tp lumayan juga... hehehehe
A/T vehicle.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
Beres bro, tapi omong2 kira2 harga CDI BRT untuk sonic harganya berapa yahh?andryans wrote:kl gw pribadi lebih berasa ke karbu.... lebih responsif, ya kl mo OK tinggal ganti CDI, karena RPM atas pasti nahan kl masih pake limiter.novasonic wrote: Thx masukannya bro,
tapi beberapa teman saya bilang mendingan ganti CDI dulu baru ke karbu.
Waduh.....
pilih BRT aja.. murah tp lumayan juga... hehehehe
Trus belinya dimana?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sun Dec 18, 2005 11:48
- Location: Tangerang Selatan
Re: Bingung mo masang karburator PE 28 ke sonic
coba dulu jarum skepnya diturunin. kalo gak salah pengaturnya kan ada 5. coba turunin 1. kalo msh mbrebet, turunin 1 lagi. kalau sampai mentok masih mbrebet, baru kecilin PJ dan jika perlu MJ juga.novasonic wrote:Mo nanya nihhh......
Koq setelah pasang karbu PE 28 ke sonic, mesinnya susah banget langsam?
Trus kalo di tarik, kerasa mbrebet?
Apa harus ganti spuyer yah?
Kalo musti ganti spuyer, ukurannya yang cocok buat sonic berapa?
Sebelum ganti karburator PE 28, top speed bisa tembus 130..... tapi setelah pake karburator PE 28 top speed cuma nyampe 105...... kenapa gitu?
cmiiw