[ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
naksir berat sama e39,
smoga next year bisa punya,
dan jgn sampe harus ganti part yg harga puluhan juta,
btw itu beneran yah power steering 25jt ?
smoga next year bisa punya,
dan jgn sampe harus ganti part yg harga puluhan juta,
btw itu beneran yah power steering 25jt ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
istriku yg gak gitu suka topik ttg mobil, suka banget meliat tampang E39 yg katanya elegan, ganteng....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Jun 22, 2012 21:48
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Momo74 wrote:automatico wrote:halo semua...
sesuai request ini mau kasih sedikit penampakan lagi e39 nya.... kemarin baru dapet velg replica M-Tech.. dapet good deal beserta ban dpn 225/45/18 dan blkg 245/40/18... not too bad.
karpet dalam dapat yg abal2 dari penjual kemarin gue ganti juga dgn karpet custom versi abal2 juga tapi at least fit in dan ber-tema
Karpetnya custom gitu cari dimana n berapaan ya om? cakep banget tuh kayanya di e39 ane...
karpet custom nya ada orang yang spesialis bikin karpet mobil apa saja... namanya iwan: 0817702177. harga 400-450rb
bulan depan rencana pindah ke pulau dewata nih sepertinya... mungkin mau gendong 528 saya, ada yang tau info gendong mobil dan berapa harga nya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Sayang, yang punya tret udh......
Padahal kmrn Sabtu waktu bareng om Jes, liat begiiiituu buanyaaaakk penggemar bimm, pemikiran saya langsung berbalik 180 derajat, mempertanyakan lagi, kok bisa bisanya ada yg bilang reliability bmw rendah, dan segudang isu miring yang ngga bisa dipertanggungjawabkeun....?
Padahal kmrn Sabtu waktu bareng om Jes, liat begiiiituu buanyaaaakk penggemar bimm, pemikiran saya langsung berbalik 180 derajat, mempertanyakan lagi, kok bisa bisanya ada yg bilang reliability bmw rendah, dan segudang isu miring yang ngga bisa dipertanggungjawabkeun....?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
mungkin krn bnyk yang beli mobil bekas bmw diatas 5 tahun yang mana maunya gak ada pr/ky mobil baru..n nanti disandingkan sama mobil jepang bisa2 ma kijang..jadi ujung2nya bnyk yang ngeluh...padahal mnrt saya rata2 mobil eropa jg sama reliabilitinya..pdhl nyetir bmw tuh mobilnya enak bgt... kencang n gak limbung..VanzMatic wrote:Sayang, yang punya tret udh......
Padahal kmrn Sabtu waktu bareng om Jes, liat begiiiituu buanyaaaakk penggemar bimm, pemikiran saya langsung berbalik 180 derajat, mempertanyakan lagi, kok bisa bisanya ada yg bilang reliability bmw rendah, dan segudang isu miring yang ngga bisa dipertanggungjawabkeun....?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
sbnrnya byk penggemar gk bs lsg dikaitkan dgn realiblity sebuah mbl, penggemar/enthusiast khusus nya mbl eropa terutama kyk bmw, merc gt lbh krn itu adlh mbl impian kebykan org, bergengsi, keren, canggih & full fitur, tp beli dr baru bg kebykan org gk sanggup jd br bs beli bekaskompresorz wrote:mungkin krn bnyk yang beli mobil bekas bmw diatas 5 tahun yang mana maunya gak ada pr/ky mobil baru..n nanti disandingkan sama mobil jepang bisa2 ma kijang..jadi ujung2nya bnyk yang ngeluh...padahal mnrt saya rata2 mobil eropa jg sama reliabilitinya..pdhl nyetir bmw tuh mobilnya enak bgt... kencang n gak limbung..VanzMatic wrote:Sayang, yang punya tret udh......
Padahal kmrn Sabtu waktu bareng om Jes, liat begiiiituu buanyaaaakk penggemar bimm, pemikiran saya langsung berbalik 180 derajat, mempertanyakan lagi, kok bisa bisanya ada yg bilang reliability bmw rendah, dan segudang isu miring yang ngga bisa dipertanggungjawabkeun....?
dlm kondisi ini realibility bkn pertimbangan utama, apalg 2nd user mbl2 ini bkn org yg awam banget soal otomotif, kebykan udh cari tahu ttg mbl ini sblm beli, dr yg cm tanya2 tmn, user mbl tsb, smpe ngubek2 info di internet, situs2 otomotif ato komunitas
jd pd saat beli bekas pun kebykan mrk udh tau kl soal realibility gk bs di compare sm mbl2 kebykan, dan namanya punya mbl canggih dan mahal pastilah perlu extra treatment & extra budget dibanding beli mobkas JP misalnya, even dln kondisi baru pun perawatan mbl2 tsb, meskipun cm service rutin, lbh mhl ketimbang mbl lain pd umunya
tp namanya beli mbl ya untung2an apalg mbl canggih gt ya ada aja printilan nya, yg gk bs lsg terasa/ terdeteksi pas pengecekan pertama, untung kl problem nya cm dikit dan bs solve tnp bolak2 ke bengkel dan keluat jut-jutan, tp kl gk solve2 ato ngerembet ke mslh lain ? wajar kl ujung2nya pd kesel, even mrk pd dsr nya udh siap dgn konsekuensi keluar uang & waktu lbh byk, tp mgkn gk ngebayangin smpe segitu nya,
mknya kdg2 keluar uneg2 "aneh" mis. ngebandingin dgn produk2 "umum" kyk kijang ato avxen gt, tp ini pun case by case jg tergantung orgnya, ada yg cm ngelus dada, ngebatin dlm hati, nrimo, smpe yg ngomel2 ato koar2 di milist ngejelekin & sumpah serapah thdp mbl tsb, dsb
ya penerimaan org dan reaksi mrk dlm menyikapi mslh ini jg beda2 sih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
betul pak biasanya klo orang yg pernah melihara mobil eropa apalg dr baru biasanya mereka sudah tau perawatannya seperti apa jd ketika itu mobil berumur 5 taun dengan harga yg sudah murah tetap mereka siap n tidak kaget lg dgn biaya perawatan krn terbayar dgn segala fasilitas kenyamanan mobil eropa...Jerome wrote:sbnrnya byk penggemar gk bs lsg dikaitkan dgn realiblity sebuah mbl, penggemar/enthusiast khusus nya mbl eropa terutama kyk bmw, merc gt lbh krn itu adlh mbl impian kebykan org, bergengsi, keren, canggih & full fitur, tp beli dr baru bg kebykan org gk sanggup jd br bs beli bekaskompresorz wrote:mungkin krn bnyk yang beli mobil bekas bmw diatas 5 tahun yang mana maunya gak ada pr/ky mobil baru..n nanti disandingkan sama mobil jepang bisa2 ma kijang..jadi ujung2nya bnyk yang ngeluh...padahal mnrt saya rata2 mobil eropa jg sama reliabilitinya..pdhl nyetir bmw tuh mobilnya enak bgt... kencang n gak limbung..VanzMatic wrote:Sayang, yang punya tret udh......
Padahal kmrn Sabtu waktu bareng om Jes, liat begiiiituu buanyaaaakk penggemar bimm, pemikiran saya langsung berbalik 180 derajat, mempertanyakan lagi, kok bisa bisanya ada yg bilang reliability bmw rendah, dan segudang isu miring yang ngga bisa dipertanggungjawabkeun....?
dlm kondisi ini realibility bkn pertimbangan utama, apalg 2nd user mbl2 ini bkn org yg awam banget soal otomotif, kebykan udh cari tahu ttg mbl ini sblm beli, dr yg cm tanya2 tmn, user mbl tsb, smpe ngubek2 info di internet, situs2 otomotif ato komunitas
jd pd saat beli bekas pun kebykan mrk udh tau kl soal realibility gk bs di compare sm mbl2 kebykan, dan namanya punya mbl canggih dan mahal pastilah perlu extra treatment & extra budget dibanding beli mobkas JP misalnya, even dln kondisi baru pun perawatan mbl2 tsb, meskipun cm service rutin, lbh mhl ketimbang mbl lain pd umunya
tp namanya beli mbl ya untung2an apalg mbl canggih gt ya ada aja printilan nya, yg gk bs lsg terasa/ terdeteksi pas pengecekan pertama, untung kl problem nya cm dikit dan bs solve tnp bolak2 ke bengkel dan keluat jut-jutan, tp kl gk solve2 ato ngerembet ke mslh lain ? wajar kl ujung2nya pd kesel, even mrk pd dsr nya udh siap dgn konsekuensi keluar uang & waktu lbh byk, tp mgkn gk ngebayangin smpe segitu nya,
mknya kdg2 keluar uneg2 "aneh" mis. ngebandingin dgn produk2 "umum" kyk kijang ato avxen gt, tp ini pun case by case jg tergantung orgnya, ada yg cm ngelus dada, ngebatin dlm hati, nrimo, smpe yg ngomel2 ato koar2 di milist ngejelekin & sumpah serapah thdp mbl tsb, dsb
ya penerimaan org dan reaksi mrk dlm menyikapi mslh ini jg beda2 sih
nah terkadang yg bikin image jelek yg td biasa pake mobil jepang yg kualitas biasa trs coba2 naek kelas pake mobil eropa selain tergiur harga yg murah n sekali rusak dgn biaya yg tdk sedikit maka akan bnyk keluhan n cerita kemana2...
seperti teman saya brp taun lalu biasa pake mobil jepang ketika taun 2003 beli e36 323i 96 dlm 1 tahun dijual lg krn gak tahan biaya perawatan n rewel ktnya...saya sih ketawa aja..
lah saya rawat e36 320i 94 dr baru pe skrg mlh biasa aja..mobil nyaman bgt di setir ngebut..lewat merci
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Ibaratnya,
1. Biasa megang motor bebek harga 10-12 jutaan, trus coba2 miara - ga usah muluk2 ke Ninja 250 deh - CBR150 SEKEN th 2006.. Kan harganya dah di level 16 jutaan tuh...
2. Biasa megang motor sport (laki), coba2 miara mobil seken di harga 75juta (E39)...apa nda kaing kaing tuh...?
3. Biasa makai hape dengan pulsa cara voucher biasanya maksimal beli voucher 100rb/bulan, trus coba2 miara nomer hape pascabayar....entar kalo tagihan bablas ke 400rb/bulan, yang disalahin operatornya?
1. Biasa megang motor bebek harga 10-12 jutaan, trus coba2 miara - ga usah muluk2 ke Ninja 250 deh - CBR150 SEKEN th 2006.. Kan harganya dah di level 16 jutaan tuh...
2. Biasa megang motor sport (laki), coba2 miara mobil seken di harga 75juta (E39)...apa nda kaing kaing tuh...?
3. Biasa makai hape dengan pulsa cara voucher biasanya maksimal beli voucher 100rb/bulan, trus coba2 miara nomer hape pascabayar....entar kalo tagihan bablas ke 400rb/bulan, yang disalahin operatornya?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Wah merah pipi saya,kok bisa pas banget sih jian aku bnget tuhhhhVanzMatic wrote:Ibaratnya,
1. Biasa megang motor bebek harga 10-12 jutaan, trus coba2 miara - ga usah muluk2 ke Ninja 250 deh - CBR150 SEKEN th 2006.. Kan harganya dah di level 16 jutaan tuh...
2. Biasa megang motor sport (laki), coba2 miara mobil seken di harga 75juta (E39)...apa nda kaing kaing tuh...?
3. Biasa makai hape dengan pulsa cara voucher biasanya maksimal beli voucher 100rb/bulan, trus coba2 miara nomer hape pascabayar....entar kalo tagihan bablas ke 400rb/bulan, yang disalahin operatornya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Yang nulis, biasanya juga adalah pengalaman pribadi, om..nugroho bagor wrote:Wah merah pipi saya,kok bisa pas banget sih jian aku bnget tuhhhhVanzMatic wrote:Ibaratnya,
1. Biasa megang motor bebek harga 10-12 jutaan, trus coba2 miara - ga usah muluk2 ke Ninja 250 deh - CBR150 SEKEN th 2006.. Kan harganya dah di level 16 jutaan tuh...
2. Biasa megang motor sport (laki), coba2 miara mobil seken di harga 75juta (E39)...apa nda kaing kaing tuh...?
3. Biasa makai hape dengan pulsa cara voucher biasanya maksimal beli voucher 100rb/bulan, trus coba2 miara nomer hape pascabayar....entar kalo tagihan bablas ke 400rb/bulan, yang disalahin operatornya?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Jul 10, 2012 11:48
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
automatico wrote:Momo74 wrote:automatico wrote:halo semua...
sesuai request ini mau kasih sedikit penampakan lagi e39 nya.... kemarin baru dapet velg replica M-Tech.. dapet good deal beserta ban dpn 225/45/18 dan blkg 245/40/18... not too bad.
karpet dalam dapat yg abal2 dari penjual kemarin gue ganti juga dgn karpet custom versi abal2 juga tapi at least fit in dan ber-tema
Karpetnya custom gitu cari dimana n berapaan ya om? cakep banget tuh kayanya di e39 ane...
karpet custom nya ada orang yang spesialis bikin karpet mobil apa saja... namanya iwan: 0817702177. harga 400-450rb
bulan depan rencana pindah ke pulau dewata nih sepertinya... mungkin mau gendong 528 saya, ada yang tau info gendong mobil dan berapa harga nya?
Makasih infonya Om,
klo soal gendong mobil setau saya
PT. Surya Andriatama
(021) 966-79-115
0812-802-802-08
08131-802-802-9
Pin BB : 2A492F90
Asuransi, Tracking Service..
Rekomen dr temen dulu tp saya belum pernah pake ya om, dulu ga jadi ambil dr jkt soalnya.. hehe
tanya - tanya aja dulu om..
klo sudah di bali kabar - kabar ya biar bisa sharing ilmu reliability issues #e39nya Om. heheh
1997 BMW e39 528i Astral Silver
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Haduuu... kemarin pas nonton Disco Turbo, ada Wheeler Dealer (Cmiiw), bahas rehab E39 M5 broooo... sedeeeeeppp benerrrrr liatnyaa...
Belinya GBP 4,000 trus rehab rehab, habisnya totalan ama harga mobil jadi GBP 5 rebu seratus-an.....
Tapiii... emang ciamik banget kok jadinya. REhab dudukan shock depan bagian atas 2 biji, bearing alternator, ganti headlamp dgn model Angel eyes, dua fog lamp ganti, ganti spion dalam (GBP 200-an bro.. ) Ganti kaca spion luar, ganti tail lamp sepasang, cat ulang kap mesin (cat nya retak2). pasang peredam di engine hood, bikin kinclong pelek bawaan..
Belinya GBP 4,000 trus rehab rehab, habisnya totalan ama harga mobil jadi GBP 5 rebu seratus-an.....
Tapiii... emang ciamik banget kok jadinya. REhab dudukan shock depan bagian atas 2 biji, bearing alternator, ganti headlamp dgn model Angel eyes, dua fog lamp ganti, ganti spion dalam (GBP 200-an bro.. ) Ganti kaca spion luar, ganti tail lamp sepasang, cat ulang kap mesin (cat nya retak2). pasang peredam di engine hood, bikin kinclong pelek bawaan..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Jul 10, 2012 11:48
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Contoh Reliability issuesnya e39 kalo di handle dengan Cakep .........
yang punya boil mudah mudahan ga keberatan pic boilnya ane upload buat jadi stimulus e39ers laen ..
yang punya boil mudah mudahan ga keberatan pic boilnya ane upload buat jadi stimulus e39ers laen ..
1997 BMW e39 528i Astral Silver
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Jan 11, 2013 2:33
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... ht=ariaw23
salam kenal ya man teman
kaget juga tiba2 photo mobil gua ada di sini hehehehe.. gak keberatan kok karena kita kan "Sharing The Driving Pleassure". Kalo mau lihat detailnya ada di link di atas
Kalo mau liat E39 gua yang lain (udah dijual) ada di link di sini:
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... ht=ariaw23
intinya:
1. Ganti mind set bahwa BMW itu harga mobilnya murah, jadi bisa beli spare part murah2an juga misalnya:
- Ganti parts dudukan shockbreaker, di bengkel resmi 1.3 juta 1 buah jd sepasang 2,6 juta ++. Di bengkel specialist BMW A kena 350rb per buah, di bengkel specialist BMW B kena 165 rb per buah, ehhh jual copotan 100 rb per buah.. Kalo beli di Beres garansi 2 tahun, dipake sampe 5 tahun juga gak bakalan rusak, tapi kalo beli KW 3 paling2 3-6 bulan juga pecah lagi.. apalagi copotan :-)
2. Cari BMW yang jelas services recordnya:
- e39 km 120rb tapi track record jelas (apalagi kalo bengkel resmi) lebih worth to buy daripada e39 km 50rb tapi gak tau track recordnya
3. Kalo mau menikmati E39 jangan cari harga terendah tapi cari harga paling reasonable
- e39 busuk harga 65 juta
- e39 seger dengan track record harga 100 juta
selisih 35 jt itu sebentar aja habis kalo dpt barang busuk DAN kita gak akan bisa menikmati rasa e39 tapi cuman menikmati JENGKEL sama BOKEK nya pake e39
cheerss
ariaw23
salam kenal ya man teman
kaget juga tiba2 photo mobil gua ada di sini hehehehe.. gak keberatan kok karena kita kan "Sharing The Driving Pleassure". Kalo mau lihat detailnya ada di link di atas
Kalo mau liat E39 gua yang lain (udah dijual) ada di link di sini:
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... ht=ariaw23
intinya:
1. Ganti mind set bahwa BMW itu harga mobilnya murah, jadi bisa beli spare part murah2an juga misalnya:
- Ganti parts dudukan shockbreaker, di bengkel resmi 1.3 juta 1 buah jd sepasang 2,6 juta ++. Di bengkel specialist BMW A kena 350rb per buah, di bengkel specialist BMW B kena 165 rb per buah, ehhh jual copotan 100 rb per buah.. Kalo beli di Beres garansi 2 tahun, dipake sampe 5 tahun juga gak bakalan rusak, tapi kalo beli KW 3 paling2 3-6 bulan juga pecah lagi.. apalagi copotan :-)
2. Cari BMW yang jelas services recordnya:
- e39 km 120rb tapi track record jelas (apalagi kalo bengkel resmi) lebih worth to buy daripada e39 km 50rb tapi gak tau track recordnya
3. Kalo mau menikmati E39 jangan cari harga terendah tapi cari harga paling reasonable
- e39 busuk harga 65 juta
- e39 seger dengan track record harga 100 juta
selisih 35 jt itu sebentar aja habis kalo dpt barang busuk DAN kita gak akan bisa menikmati rasa e39 tapi cuman menikmati JENGKEL sama BOKEK nya pake e39
cheerss
ariaw23
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Akhirnya kesampe'an juga punya mobil ini :
520i tahun 2002 bulan 10, harga nggak sampe 3 digit, KM 88xxx
power mesin lumayan deh, nggak boyo2 amat,
Mesin dan transmisi sehat,
Waktu beli udah ngajak dedengkot BMWCCI_jkt, udah scan GT1 dan cek kaki-kaki (di-dongkrak+montir cek dari kolong)
PR-nya :
- Sensor Parkir (belum di-cek rusak apanya)
- Sensor airbag harus diganti (Belt Tensioner, bukan seat occupancy)
- arm belakang disarankan ganti + ring/link stabilizer depan
- oli matic disarankan ganti
520i tahun 2002 bulan 10, harga nggak sampe 3 digit, KM 88xxx
power mesin lumayan deh, nggak boyo2 amat,
Mesin dan transmisi sehat,
Waktu beli udah ngajak dedengkot BMWCCI_jkt, udah scan GT1 dan cek kaki-kaki (di-dongkrak+montir cek dari kolong)
PR-nya :
- Sensor Parkir (belum di-cek rusak apanya)
- Sensor airbag harus diganti (Belt Tensioner, bukan seat occupancy)
- arm belakang disarankan ganti + ring/link stabilizer depan
- oli matic disarankan ganti
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
sy masih menyimpan passion terhadap E39 yg menurut istriku : sosoknya elegan banget sekaligus gagah .. tapi enggak tau kapan bisa memilikinya ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Nah, ini baru namanya pencerahan yang bener...!ariaw23 wrote:http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... ht=ariaw23
salam kenal ya man teman
kaget juga tiba2 photo mobil gua ada di sini hehehehe.. gak keberatan kok karena kita kan "Sharing The Driving Pleassure". Kalo mau lihat detailnya ada di link di atas
Kalo mau liat E39 gua yang lain (udah dijual) ada di link di sini:
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... ht=ariaw23
intinya:
1. Ganti mind set bahwa BMW itu harga mobilnya murah, jadi bisa beli spare part murah2an juga misalnya:
- Ganti parts dudukan shockbreaker, di bengkel resmi 1.3 juta 1 buah jd sepasang 2,6 juta ++. Di bengkel specialist BMW A kena 350rb per buah, di bengkel specialist BMW B kena 165 rb per buah, ehhh jual copotan 100 rb per buah.. Kalo beli di Beres garansi 2 tahun, dipake sampe 5 tahun juga gak bakalan rusak, tapi kalo beli KW 3 paling2 3-6 bulan juga pecah lagi.. apalagi copotan :-)
2. Cari BMW yang jelas services recordnya:
- e39 km 120rb tapi track record jelas (apalagi kalo bengkel resmi) lebih worth to buy daripada e39 km 50rb tapi gak tau track recordnya
3. Kalo mau menikmati E39 jangan cari harga terendah tapi cari harga paling reasonable
- e39 busuk harga 65 juta
- e39 seger dengan track record harga 100 juta
selisih 35 jt itu sebentar aja habis kalo dpt barang busuk DAN kita gak akan bisa menikmati rasa e39 tapi cuman menikmati JENGKEL sama BOKEK nya pake e39
cheerss
ariaw23
Buat bekal itungan nabungnya om Jes nih, kan udah ada gambaran di atas...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
haha... sudah lama termimpi2 E39, tapi utk membeli dan merawatnya, misih blom terpikir om...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 19, 2013 1:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Halo, salam kenal semua..
Baru aja nutup E39 523i 96/97 manual... tiap malam aku tengok di garasi.. ada passion di situ, gak sepeti Jazz yg aku anggep just tools..
Anyway sedikit cerita, perkenalan pertama saya dengan eropa adalah E30 M10, setelah selama bertahun2 selalu pake wonder 2 pintu dari SMA tahun 88... setelah itu E30 saya pake E36 320... menurutku E30 lebih enak mobilnya... setelah itu pake 206... mayan lah drpd jazz, trus 406 D8 (ini mobil enak gila)... trus dapat mobil dinas, jadi aku jual.. setahun terakhir aku studi lagi, jd resign dan cari kerja seadanya di kampung, mobil dinas ilang, dan jadilah beli jazz matic 6 bulan terakhir, gak sreg jual... cari2 406 yang masuk kriteria susah, akhirnya lihat E39 523, aku beranikan pinang...
Untuk "Orang Kere Belagu" kayak saya ini, kagak pernah berani beli Mercy, karena apa? untuk tahun dan kelas yg sama harganya sekitar 2x lipat... pelihara pug dan BMW tidak merongrong kok.. part relatif murah... mobil enak, prestis dapat... so rasional aja... Mercy yg sekelas E39 masih 150 kan dengan tahun sama CMIIW... saya malah bersyukur BMW dan PUG bekasnya jatuh... jd kere2 kayak saya ini bisa ngrasain mobil mewah..
Btw untuk para master, ini mau ganti oli transmisi... untuk manual pake apa ya? denger2 nggak bisa pake oli gear.. diff nya juga pake apa? trus itu CD changer nya keluar "no disk"... repairnya dimana ya? saya posisi di Jogja...
Nuwun.....
Baru aja nutup E39 523i 96/97 manual... tiap malam aku tengok di garasi.. ada passion di situ, gak sepeti Jazz yg aku anggep just tools..
Anyway sedikit cerita, perkenalan pertama saya dengan eropa adalah E30 M10, setelah selama bertahun2 selalu pake wonder 2 pintu dari SMA tahun 88... setelah itu E30 saya pake E36 320... menurutku E30 lebih enak mobilnya... setelah itu pake 206... mayan lah drpd jazz, trus 406 D8 (ini mobil enak gila)... trus dapat mobil dinas, jadi aku jual.. setahun terakhir aku studi lagi, jd resign dan cari kerja seadanya di kampung, mobil dinas ilang, dan jadilah beli jazz matic 6 bulan terakhir, gak sreg jual... cari2 406 yang masuk kriteria susah, akhirnya lihat E39 523, aku beranikan pinang...
Untuk "Orang Kere Belagu" kayak saya ini, kagak pernah berani beli Mercy, karena apa? untuk tahun dan kelas yg sama harganya sekitar 2x lipat... pelihara pug dan BMW tidak merongrong kok.. part relatif murah... mobil enak, prestis dapat... so rasional aja... Mercy yg sekelas E39 masih 150 kan dengan tahun sama CMIIW... saya malah bersyukur BMW dan PUG bekasnya jatuh... jd kere2 kayak saya ini bisa ngrasain mobil mewah..
Btw untuk para master, ini mau ganti oli transmisi... untuk manual pake apa ya? denger2 nggak bisa pake oli gear.. diff nya juga pake apa? trus itu CD changer nya keluar "no disk"... repairnya dimana ya? saya posisi di Jogja...
Nuwun.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
ya ya padahal mnrt saya naik bmw lebih nikmat dr merci..cuma pasar bekas disini parah..lucunya e39 bisa kalah harga sama w124(klo gak salah merci lampu kotak depan terakhir) pdhl itu kelas dibawah e39..yg kelas sama dgn e39 saja msh kalah mobilnya..pdhl mnrt saya model msh bagus e39 antara ke 2 jenis merci tsb..apalg mata kacang kulit..merci anehARH wrote:Halo, salam kenal semua..
Baru aja nutup E39 523i 96/97 manual... tiap malam aku tengok di garasi.. ada passion di situ, gak sepeti Jazz yg aku anggep just tools..
Anyway sedikit cerita, perkenalan pertama saya dengan eropa adalah E30 M10, setelah selama bertahun2 selalu pake wonder 2 pintu dari SMA tahun 88... setelah itu E30 saya pake E36 320... menurutku E30 lebih enak mobilnya... setelah itu pake 206... mayan lah drpd jazz, trus 406 D8 (ini mobil enak gila)... trus dapat mobil dinas, jadi aku jual.. setahun terakhir aku studi lagi, jd resign dan cari kerja seadanya di kampung, mobil dinas ilang, dan jadilah beli jazz matic 6 bulan terakhir, gak sreg jual... cari2 406 yang masuk kriteria susah, akhirnya lihat E39 523, aku beranikan pinang...
Untuk "Orang Kere Belagu" kayak saya ini, kagak pernah berani beli Mercy, karena apa? untuk tahun dan kelas yg sama harganya sekitar 2x lipat... pelihara pug dan BMW tidak merongrong kok.. part relatif murah... mobil enak, prestis dapat... so rasional aja... Mercy yg sekelas E39 masih 150 kan dengan tahun sama CMIIW... saya malah bersyukur BMW dan PUG bekasnya jatuh... jd kere2 kayak saya ini bisa ngrasain mobil mewah..
Btw untuk para master, ini mau ganti oli transmisi... untuk manual pake apa ya? denger2 nggak bisa pake oli gear.. diff nya juga pake apa? trus itu CD changer nya keluar "no disk"... repairnya dimana ya? saya posisi di Jogja...
Nuwun.....
klo soal oli tanya ma pak turboman..di forum satunya lg...
kmrn m50 manual saya disarankan pake atf mobil 1 multivehicle..bagus tuh dibanding sebelumnya yg berasa hangat samping bodi transmisi..n masuk giginya jg bagus...seingat 175rb/liter di toda..klo gardan disarankan yg GL 5..
tp nanti saya mau tanya lg bisa gak ya atf dipake ke gardan..
soal repair di jogja cb aja baca di bmwcci.org../bmwlover.com(klo gak salah/msk google cari forum bmw).biasanya ada member jogja n daerah lain share bengkel...
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 19, 2013 1:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Betul banget.. mobil ini seharga masterpiece, gak tau merc nyebutnya apa... padahal kelasnya yg neweyes.. sy dulu juga pake 320 m50 pak, cuma dulu oli manualnya pake gl4.. di 523 ini katanya pake oli atf..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
sebenarnya di buku manual m50 tulisan oli transmisi atf..setelah konsul sama pak turboman(ahli oli)yg katanya atf n saya periksa buku ternyata emang atf...tadi sebelumnya saya pake gl 5...skrg pindah gigi halus..
atf disarankan pak turboman merk redline n diatasnya mobil 1 multivehicle...
ato coba aja tanya dgn pak turboman di tread common topik...
e39 sampe skrg modelnya terlihat bagus..dibandingkan new eyes sekalipun..tahun 98 e39 528 salah 1 idaman saya tp gak kebeli krn krismon..
atf disarankan pak turboman merk redline n diatasnya mobil 1 multivehicle...
ato coba aja tanya dgn pak turboman di tread common topik...
e39 sampe skrg modelnya terlihat bagus..dibandingkan new eyes sekalipun..tahun 98 e39 528 salah 1 idaman saya tp gak kebeli krn krismon..
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 19, 2013 1:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Wah tq infonya pak... di jogja oli redline susah cari nya pak.. mungkin mau pake atf full sintetic yg lebih umum, kayak castrol atau mobil 11.. kmrn oli mesin pake q8 advance, bunyi tek tek nya lgs hilang, kayaknya hla nya..
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 19, 2013 1:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Skrg udah kebeli pak hehehehe,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Selama ini bengkelnya dmn om?ARH wrote:Skrg udah kebeli pak hehehehe,