Gimana bro Turbo? Bisa ndak?smgandi wrote:Bro Turbo, tanya nih. Kalau X-Trail T30 2.5L bisa ndak pake FK Super K 5W30 api SM/GF-5?
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1400
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Bisa ya bisa aja, tapi enak / enggaknya ane gak tahu.smgandi wrote:Gimana bro Turbo? Bisa ndak?smgandi wrote:Bro Turbo, tanya nih. Kalau X-Trail T30 2.5L bisa ndak pake FK Super K 5W30 api SM/GF-5?
ILSAC GF-5 itu harusnya API SN, kok ada standard banci gitu yah ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Oct 25, 2012 8:33
- Location: Rayseans City of Eden
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Thanks Mas Turbo, nanti saya coba considering buat cari yang 5W-30, sama yang sebelumnya dipake. Btw, carinya di mana ya di sekitaran Jakarta? Di Toda Cideng ada gak kira-kira?Turboman wrote:Waktu harga Ams Sign Series 0W-30 masih under 200 rb / L sih masih boleh lah, kalo skg sih rasanya gak worthed yahadmapower64 wrote: Iya juga sih Mas Turbo, soalnya perliter-nya harganya amazing, tapi kata orang sih kualitasnya bagus. Soalnya, saya biasa pake pelumas mobil buat Honda Vario Techno 2011 saya. Jadi mumpung ada sisa, biasanya saya beli 2 galon, dan si Audi butuh sekitar 7 liter, jadi sisanya buat Vario Techno. Kira-kira buat Vartech cocok gak ya, pake AZO?
Thanks sebelumnya.
Kalo saya sih : kenapa harus pakai itu jika ada oli lain sama bagus dgn harga lebih terjangkau ??
kalau utk Motor / Skutik sistem kopling kering butuh oli VI tinggi dan antiwear tinggi krn mesin High RPM dan air cooled, Amsoil sih rata2 VI dan antiwear-nya tinggi, tapi drpd beli 0W-30 Sign Series buat skutik, lebih baik pertimbangkan Redline 5W30 yg harganya hanya Rp. 150 rb / L.
So far pake TQ9K Future sih bagus, ganti-nya tiap 10k, jadi udah 2 periode ganti. Btw, Ams 0W-30 n 5W-30 itu udah API SN/GF-5 juga kan?
Jadi kalo beli pelumas sekalian buat VarTech, biar ngerasain pelumas bagus juga.
Thanks sebelumnya.
1998 E39 M52B28
1998 E38 M62TUB35
1998 E38 M62TUB35
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Kalo Redline cari di Graha - DTMF, sebelah BCAadmapower64 wrote: Thanks Mas Turbo, nanti saya coba considering buat cari yang 5W-30, sama yang sebelumnya dipake. Btw, carinya di mana ya di sekitaran Jakarta? Di Toda Cideng ada gak kira-kira?
So far pake TQ9K Future sih bagus, ganti-nya tiap 10k, jadi udah 2 periode ganti. Btw, Ams 0W-30 n 5W-30 itu udah API SN/GF-5 juga kan?
Jadi kalo beli pelumas sekalian buat VarTech, biar ngerasain pelumas bagus juga.
Thanks sebelumnya.
Kalo Yacco VX 2000 pesannya di Siaga Motor - Cikini, yah moga2 aja mrk masih mau masukkin by order utk VX 2000. FYI : Yacco buatan Prancis.
Dulu saya juga pakai bbrp seri Amsoil spt ATM / SVG / HDD, since harganya terbang gila2-an ane gak pakai lagi, krn dah gak worthed.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
sebelumnya mohon maaf kalo pertanyaan saya sudah pernah dibahas.
@ Oom Turbo : kalo mau ganti dari 10w40 ke 5w30 apakah wajib diflushing dengan 5w30 atau bisa lsg ganti aja yah ? mau coba castrol 5w30 soalnya
thanks
@ Oom Turbo : kalo mau ganti dari 10w40 ke 5w30 apakah wajib diflushing dengan 5w30 atau bisa lsg ganti aja yah ? mau coba castrol 5w30 soalnya
thanks
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
jangan lupa, T30 itu masi blom roller rocker cam lohhh......
Turboman wrote:Bisa ya bisa aja, tapi enak / enggaknya ane gak tahu.smgandi wrote:Gimana bro Turbo? Bisa ndak?smgandi wrote:Bro Turbo, tanya nih. Kalau X-Trail T30 2.5L bisa ndak pake FK Super K 5W30 api SM/GF-5?
ILSAC GF-5 itu harusnya API SN, kok ada standard banci gitu yah ?
numpang lewat aja....
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Oct 25, 2012 8:33
- Location: Rayseans City of Eden
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Sep, nanti mau hunting deh, btw kalo order berarti ada MoQ-nya yah? Mereka sistemnya authorized Distributor atau forward langsung?Turboman wrote:Kalo Redline cari di Graha - DTMF, sebelah BCAadmapower64 wrote: Thanks Mas Turbo, nanti saya coba considering buat cari yang 5W-30, sama yang sebelumnya dipake. Btw, carinya di mana ya di sekitaran Jakarta? Di Toda Cideng ada gak kira-kira?
So far pake TQ9K Future sih bagus, ganti-nya tiap 10k, jadi udah 2 periode ganti. Btw, Ams 0W-30 n 5W-30 itu udah API SN/GF-5 juga kan?
Jadi kalo beli pelumas sekalian buat VarTech, biar ngerasain pelumas bagus juga.
Thanks sebelumnya.
Kalo Yacco VX 2000 pesannya di Siaga Motor - Cikini, yah moga2 aja mrk masih mau masukkin by order utk VX 2000. FYI : Yacco buatan Prancis.
Dulu saya juga pakai bbrp seri Amsoil spt ATM / SVG / HDD, since harganya terbang gila2-an ane gak pakai lagi, krn dah gak worthed.
Iya juga sih, soalnya Vartech selalu ikutin A6 kalo pelumas, biar gratisan juga
1998 E39 M52B28
1998 E38 M62TUB35
1998 E38 M62TUB35
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
mau tanya:
skrg biasa pk 10-40(mobil1 s2000) nah pengen nyoba beralih ke 10-30(fk eco touring),kira2 apa + dan - nya antara 10-40 dgn 10-30?
apa mending tetap pk 10-40 saja?
oya kl di buku manual dikatakan penggunaan oli dgn API SM,nah kl kita pk yg API SN apakah kinerja mesinnya menjadi lbh baik atau malah sebaliknya?
mohon sarannya....
skrg biasa pk 10-40(mobil1 s2000) nah pengen nyoba beralih ke 10-30(fk eco touring),kira2 apa + dan - nya antara 10-40 dgn 10-30?
apa mending tetap pk 10-40 saja?
oya kl di buku manual dikatakan penggunaan oli dgn API SM,nah kl kita pk yg API SN apakah kinerja mesinnya menjadi lbh baik atau malah sebaliknya?
mohon sarannya....
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
1. mending lgs ke 5W30 Full Synth aja, oli 5W30 lebih mudah ditemui & rata2 VI nya lebih tinggi drpd oli 10W30copper rod wrote:mau tanya:
1. skrg biasa pk 10-40(mobil1 s2000) nah pengen nyoba beralih ke 10-30(fk eco touring),kira2 apa + dan - nya antara 10-40 dgn 10-30?
apa mending tetap pk 10-40 saja?
2.oya kl di buku manual dikatakan penggunaan oli dgn API SM,nah kl kita pk yg API SN apakah kinerja mesinnya menjadi lbh baik atau malah sebaliknya?
mohon sarannya....
2. API SN scr teoritis lebih baik drpd API SM utk soal perlindungan valve train, dgn catatan : oli yg sekelas, baik dr jenis feedstock maupun harga.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Wadu om kalo ke Siaga Motor jgn pake istilah aneh2, nanti mrk bingung, mrk cuman toko kecil (walo omzetnya gede), ph : 3913582 (ko Eddy), yah moga2 aja mrk masih mau nerima order VX 2000admapower64 wrote:
Sep, nanti mau hunting deh, btw kalo order berarti ada MoQ-nya yah? Mereka sistemnya authorized Distributor atau forward langsung?
Iya juga sih, soalnya Vartech selalu ikutin A6 kalo pelumas, biar gratisan juga
Btw oli std VW Audi sama Motor kopling kering itu banyak bedanya om, jangan dipaksakan, kalo oli std VW / Audi mau dipake di mobil Honda / Ford / Mazda bensin silakan, krn Honda / Ford sama2 minta oli HTHS rendah (buntut 30 encer or buntut 20)
Kalo oli antara VW / Audi std vs skutik :
Persamaan :
- Buntut 30
Perbedaan :
Oli mobil :
- ZDDP dibatasin or malah mintanya low SAPS
Oli skutik :
- ZDDP mintanya tinggi krn mesin RPM tinggi dimana per klep lebih keras dan air cooled / tanpa radiator.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
baca2 manual book mobil... koq malah aneh yahh...
ipah yg uda roller rocker cam, malah di buku nya cuman minta API SJ atau SL...
sedangkan...
lipina yg ga jlas uda roller rocker atau belum (kemungkinan besar belom), malah di buku nya minta API SL atau SM...
ipah yg uda roller rocker cam, malah di buku nya cuman minta API SJ atau SL...
sedangkan...
lipina yg ga jlas uda roller rocker atau belum (kemungkinan besar belom), malah di buku nya minta API SL atau SM...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Ngeliat Shell HX7 10W40 API SN yg baru, udah comply ke ACEA B4 / MB 229.3
Berarti spec-nya ngelewatin HX7 Diesel yg cuman MB 229.1
means ini oli bisa dipake di Diesel juga & scr teoritis bisa sampe 10.000 Km / 9 bulan
Berarti spec-nya ngelewatin HX7 Diesel yg cuman MB 229.1
means ini oli bisa dipake di Diesel juga & scr teoritis bisa sampe 10.000 Km / 9 bulan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
bknya sama yg diesel tbn nya beda jg yah om turbo? jd bner bsa pk yg hx7 ini buat mesin diesel yah?Turboman wrote:Ngeliat Shell HX7 10W40 API SN yg baru, udah comply ke ACEA B4 / MB 229.3
Berarti spec-nya ngelewatin HX7 Diesel yg cuman MB 229.1
means ini oli bisa dipake di Diesel juga & scr teoritis bisa sampe 10.000 Km / 9 bulan
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
fur10usx wrote:bknya sama yg diesel tbn nya beda jg yah om turbo? jd bner bsa pk yg hx7 ini buat mesin diesel yah?Turboman wrote:Ngeliat Shell HX7 10W40 API SN yg baru, udah comply ke ACEA B4 / MB 229.3
Berarti spec-nya ngelewatin HX7 Diesel yg cuman MB 229.1
means ini oli bisa dipake di Diesel juga & scr teoritis bisa sampe 10.000 Km / 9 bulan
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 25, 2012 2:01
- Location: Borneo
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
hi master2 ane mau nanya nih,oli mesin buat diesel commonrail yang bagus apa ya?skrg ini ane cuman make castrol std ford,mobil ane everest...hehe,katanya yg magnatec bagus...trus temen ada bilang motul juga bagus...tolong bagi2 ilmunya master2...hehe
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
klo shell helix hx7 plus sama yg biasa apa beda nya sih om turbo?Turboman wrote:fur10usx wrote:bknya sama yg diesel tbn nya beda jg yah om turbo? jd bner bsa pk yg hx7 ini buat mesin diesel yah?Turboman wrote:Ngeliat Shell HX7 10W40 API SN yg baru, udah comply ke ACEA B4 / MB 229.3
Berarti spec-nya ngelewatin HX7 Diesel yg cuman MB 229.1
means ini oli bisa dipake di Diesel juga & scr teoritis bisa sampe 10.000 Km / 9 bulan
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Mau cari yg harga brp per L nya ?SonDiesel wrote:hi master2 ane mau nanya nih,oli mesin buat diesel commonrail yang bagus apa ya?skrg ini ane cuman make castrol std ford,mobil ane everest...hehe,katanya yg magnatec bagus...trus temen ada bilang motul juga bagus...tolong bagi2 ilmunya master2...hehe
*bukan toko oli*
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Helix Plus itu nama sebelum jadi HX7fur10usx wrote: klo shell helix hx7 plus sama yg biasa apa beda nya sih om turbo?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
owh bgtu bru tw ane.. thx om info nya...Turboman wrote:Helix Plus itu nama sebelum jadi HX7fur10usx wrote: klo shell helix hx7 plus sama yg biasa apa beda nya sih om turbo?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 25, 2012 2:01
- Location: Borneo
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Mau cari yg harga brp per L nya ?Turboman wrote:SonDiesel wrote:hi master2 ane mau nanya nih,oli mesin buat diesel commonrail yang bagus apa ya?skrg ini ane cuman make castrol std ford,mobil ane everest...hehe,katanya yg magnatec bagus...trus temen ada bilang motul juga bagus...tolong bagi2 ilmunya master2...hehe
*bukan toko oli*[/quo
yang ga terlalu mahal tp bagus om turbo...,motul sama castrol magnatec itu bagus ga om?ane ga tau sih harga 2 oli itu...
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Kalo mau enak minimal pakai 10W-40 semi synth khusus Diesel or yg Long Life compliant.SonDiesel wrote:
yang ga terlalu mahal tp bagus om turbo...,motul sama castrol magnatec itu bagus ga om?ane ga tau sih harga 2 oli itu...
Bisa pakai either HX7 Diesel / HX7 API SN / Elf TurboDiesel 10W40 / Q8 T800 / Q8 Advance Diesel 10W40
Magnatec API SM itu buat bensin
Motul kalo mau enak yg Tekma CRDi 5W40
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 25, 2012 2:01
- Location: Borneo
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Turboman wrote:Kalo mau enak minimal pakai 10W-40 semi synth khusus Diesel or yg Long Life compliant.SonDiesel wrote:
yang ga terlalu mahal tp bagus om turbo...,motul sama castrol magnatec itu bagus ga om?ane ga tau sih harga 2 oli itu...
Bisa pakai either HX7 Diesel / HX7 API SN / Elf TurboDiesel 10W40 / Q8 T800 / Q8 Advance Diesel 10W40
Magnatec API SM itu buat bensin
Motul kalo mau enak yg Tekma CRDi 5W40
hx7 diesel sama hx api sn itu apa bedanya om turbo?brpan itu om?
motul tekma crdi kayanya mahal ya om....hehe
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
HX7 API SN itu pengganti HX7 Gasoline, tapi si HX7 API SN krn comply ke MB 229.3 maka skg bisa dipake juga utk Diesel.SonDiesel wrote:
hx7 diesel sama hx api sn itu apa bedanya om turbo?brpan itu om?
motul tekma crdi kayanya mahal ya om....hehe
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
up lagi buat oom turbomantian79 wrote:sebelumnya mohon maaf kalo pertanyaan saya sudah pernah dibahas.
@ Oom Turbo : kalo mau ganti dari 10w40 ke 5w30 apakah wajib diflushing dengan 5w30 atau bisa lsg ganti aja yah ? mau coba castrol 5w30 soalnya
thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Kalo internal mesin masih bersih gak usah flushing, paling saat buang oli tuang 1 L oli mesran buat dorong sisa oli lama keluar semua.tian79 wrote:up lagi buat oom turbomantian79 wrote:sebelumnya mohon maaf kalo pertanyaan saya sudah pernah dibahas.
@ Oom Turbo : kalo mau ganti dari 10w40 ke 5w30 apakah wajib diflushing dengan 5w30 atau bisa lsg ganti aja yah ? mau coba castrol 5w30 soalnya
thanks
* Bukan ajakan Beli *