halloow bro,
mobil ane amenity th 90 nie
spek mobil :
Suzuki amenity 1990
mesin G13b, karburator bisa di bilang masih dalam keadaan standar dan ane cuma upgrade di sisi pangipian saja dan stelan-stelan lainnya.
alur kejadian:
sebelumnya mobil ane biasa gw geber-geber dan sering buat RPM tinggi ya biar pun mobil tua tapi enak aja tuh larinya apa lagi kalo di supratman,
sekitar udah 1 bulaan mobil jarang banget ane geber dan jalan satai karena di jok sebelah udah bawa satpam. pas mau iseng ngeber tuh mobil, tiba tiba di RPM 6000 mobil kayak kehabisan bensin, trus matti kan RPM turun 4000 nah itu mobil ada lagi alias mesin jalan lagi, trus 6000 mati lagi. pokoknya begitu seterusnya.
check n ricek :
CDI ganti baru
karbu ganti
stelan klep oke
ganti koil ke standar malah tambah berat
check Fuel pump
busi ganti platinum-irridium sama aja
kabel busi ganti lagi masih aja
itu semua udah ane lakuin bro tapi tetep aja mobil masih begitu. apa yang musti ane lkuin lagi bro selain ganti SNTK dan ganti mesin??
udah stak banget pusing broo.. mohon adviss nya donk..
amenity ku Kerasukan apa ya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sun Aug 05, 2012 5:03
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: amenity ku Kerasukan apa ya?
Pengapian pakai apa? Banyak ignition module, ada rev limiternya. Diset 7000 rpm aja atau lebih
Bisa juga api kegedean, mbalik ke delco atau busi.
Bisa juga api kegedean, mbalik ke delco atau busi.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sun Aug 05, 2012 5:03
Re: amenity ku Kerasukan apa ya?
Coil pake crane cams ps91 tanpa moduleasudarsono wrote:Pengapian pakai apa? Banyak ignition module, ada rev limiternya. Diset 7000 rpm aja atau lebih
Bisa juga api kegedean, mbalik ke delco atau busi.
tadinya pake ntu koil bisa ane geber sampe 7800RPM , ntu sampe ada rekamanya terahir.mungkin bisa lebih..
nah tapi ane balikin pake coil standar tetep aja bro masih gitu mesinya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: amenity ku Kerasukan apa ya?
lanjutkan.....dng asumsi sistem pengapian gak ada masalah :bernard_brum wrote:check n ricek :
CDI ganti baru
karbu ganti
stelan klep oke
ganti koil ke standar malah tambah berat
check Fuel pump
busi ganti platinum-irridium sama aja
kabel busi ganti lagi masih aja
1. kuras tangki bensin, mungkin udah byk kotoran atau air
2. cek filter bensin, kalo dah dekil ganti aja...kalo perlu pasang dbl fuel filter (sebelum fuel pump dan sesudah fuel pump)
3. cek pompa bensin, pastikan alirannya msh bagus, daya hisapnya msh kuat (gak ngempos)
4. cek saluran bbm dr tangki sampe ke mesin, pastikan bersih dan gak ada yang bocor
Note : saya pribadi pernah menemui kejadian spt mbl anda, yaitu di rpm tinggi tiba2 mati...baru kalo rpm turun atau mesin stop bs distart lagi. Waktu itu penyebabnya krn ada retak rambut (bocor halus) di pipa saluran bensin dr tangki ke fuel pump, jadi saat mesin rpm tinggi tentu pompa bensin bekerja cepat untuk menyuplai bbm ke mesin, tp waktu hisapan dr pompa bensin makin cepat, yang ikut kehisap malah udara yg nyusup dr celah retak rambut/bocor halus itu, akhirnya bensinnya malah gak ikut kehisap.
monggo dicek2 lagi...siapa tau gak kesurupan.....eh, gak kerasukan lagi.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: amenity ku Kerasukan apa ya?
apa kabar Kakak .. ?jalu wrote:lanjutkan.....dng asumsi sistem pengapian gak ada masalah :bernard_brum wrote:check n ricek :
CDI ganti baru
karbu ganti
stelan klep oke
ganti koil ke standar malah tambah berat
check Fuel pump
busi ganti platinum-irridium sama aja
kabel busi ganti lagi masih aja
1. kuras tangki bensin, mungkin udah byk kotoran atau air
2. cek filter bensin, kalo dah dekil ganti aja...kalo perlu pasang dbl fuel filter (sebelum fuel pump dan sesudah fuel pump)
3. cek pompa bensin, pastikan alirannya msh bagus, daya hisapnya msh kuat (gak ngempos)
4. cek saluran bbm dr tangki sampe ke mesin, pastikan bersih dan gak ada yang bocor
Note : saya pribadi pernah menemui kejadian spt mbl anda, yaitu di rpm tinggi tiba2 mati...baru kalo rpm turun atau mesin stop bs distart lagi. Waktu itu penyebabnya krn ada retak rambut (bocor halus) di pipa saluran bensin dr tangki ke fuel pump, jadi saat mesin rpm tinggi tentu pompa bensin bekerja cepat untuk menyuplai bbm ke mesin, tp waktu hisapan dr pompa bensin makin cepat, yang ikut kehisap malah udara yg nyusup dr celah retak rambut/bocor halus itu, akhirnya bensinnya malah gak ikut kehisap.
monggo dicek2 lagi...siapa tau gak kesurupan.....eh, gak kerasukan lagi.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: amenity ku Kerasukan apa ya?
ehh..halo pak kapsul.....gmn mau ikut kerasukan juga gak..?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: amenity ku Kerasukan apa ya?
Bisa jadi pasokan BBM gak lancar, om Jalu. Tapi biasanya berlaku di mobil injeksi, krn tekanan bbm mobil karbu gak besar. Apalagi, penurunan rpmnya fantastis sekali dari 6000 ke 4000.
Apa dicoba dulu, pedal gasnya jangan injak disentak dalam2, diurut pelan2. Kalu gak brebet, berarti emang besar kemungkinan bbmnya.
Apa dicoba dulu, pedal gasnya jangan injak disentak dalam2, diurut pelan2. Kalu gak brebet, berarti emang besar kemungkinan bbmnya.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sun Aug 05, 2012 5:03
Re: amenity ku Kerasukan apa ya?
asik ada suhu nie mulai bantu.jalu wrote:lanjutkan.....dng asumsi sistem pengapian gak ada masalah :bernard_brum wrote:check n ricek :
CDI ganti baru
karbu ganti
stelan klep oke
ganti koil ke standar malah tambah berat
check Fuel pump
busi ganti platinum-irridium sama aja
kabel busi ganti lagi masih aja
1. kuras tangki bensin, mungkin udah byk kotoran atau air
2. cek filter bensin, kalo dah dekil ganti aja...kalo perlu pasang dbl fuel filter (sebelum fuel pump dan sesudah fuel pump)
3. cek pompa bensin, pastikan alirannya msh bagus, daya hisapnya msh kuat (gak ngempos)
4. cek saluran bbm dr tangki sampe ke mesin, pastikan bersih dan gak ada yang bocor
Note : saya pribadi pernah menemui kejadian spt mbl anda, yaitu di rpm tinggi tiba2 mati...baru kalo rpm turun atau mesin stop bs distart lagi. Waktu itu penyebabnya krn ada retak rambut (bocor halus) di pipa saluran bensin dr tangki ke fuel pump, jadi saat mesin rpm tinggi tentu pompa bensin bekerja cepat untuk menyuplai bbm ke mesin, tp waktu hisapan dr pompa bensin makin cepat, yang ikut kehisap malah udara yg nyusup dr celah retak rambut/bocor halus itu, akhirnya bensinnya malah gak ikut kehisap.
monggo dicek2 lagi...siapa tau gak kesurupan.....eh, gak kerasukan lagi.....
oya untuk saluran bensin berikut yang udah di lakukan sebelumnya.
1. Ganti FP
2. ganti filter
3. selang udah di cek dan ada yg udah beberapa di ganti.
Fuel pump pake in tank. jadi kenceng juga semburanya. tapi gejala itu masih tetep terjadi. tapi ini mobilnya gak sampai mati pak.. setiap di rpm 6000 lost dan aktif lagi di 4000. selalu begitu entah jalan atau stasioner.
ada usul lain pak??apa bocor kompresi bakal seperti ini??
sedangkan kondisi mobil stationer stabil dan tidak brebet ...asep pun gak kluar..
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sun Aug 05, 2012 5:03
Re: amenity ku Kerasukan apa ya?
metode cara itu udah saya lakukan pak... dan hasilnya pun sama. sampai sekarng mobil pun tak kunjung jalan jua..asudarsono wrote:Bisa jadi pasokan BBM gak lancar, om Jalu. Tapi biasanya berlaku di mobil injeksi, krn tekanan bbm mobil karbu gak besar. Apalagi, penurunan rpmnya fantastis sekali dari 6000 ke 4000.
Apa dicoba dulu, pedal gasnya jangan injak disentak dalam2, diurut pelan2. Kalu gak brebet, berarti emang besar kemungkinan bbmnya.
kalo ada yang di bandung boleh deh chek mobilnya biar binggung juga kek saya.
kata salah satu suhu momod di mari anatara bocor kompresi dan coil. tapi coil udah, bocor kompresi tapi gak mrebet dan gak ada asep.
berhubung pas 6000rpm mati. apa mungkin berasal dari altenatornya?? saya belum ganti altenator. karena sebelumnya sempat servis altenator ganti Spulnya aja.tapi pas setelah servise altenator mobil masih bsa saya geber.