Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2347
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by ilhami »

coba dibaca disini ya..
http://en.wikipedia.org/wiki/Catalytic_converter

Particulate (soot)/ngebul ditangani oleh catalytic converter
"catalyst uses O2 (oxygen) in the exhaust gas stream to convert CO (carbon monoxide) to CO2 (carbon dioxide) and HC (hydrocarbons) to H2O (water) and CO2. These converters often operate at 90 percent efficiency, virtually eliminating diesel odor and helping to reduce visible particulates (soot). "

Sulfur nggak diapa-apain selain hanya memakai bbm rendah sulfur (Pertadex).

Emisi NOx ditangani oleh EGR. Particulate naik seharusnya ditangani oleh CC dan Diesel Particulate Filter (jika ada).

Jadi jelas tanggung jawabnya dimana.
Catalytic converter tidak ada --> salah pabrikan
Sulfur tinggi --> salah pemakai
NOx tinggi --> om turboman (EGR ditutup).
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by VanzMatic »

arnan11 wrote:imo rakyat indonesia sudah terbiasa dimanja dengan bbm subsidi. padahal kebanyakan atau semua spek2 mobil baru gak ada yg sesuai dengan spek bbm subsidi. atpm juga serba salah mau masukkin mobil baru tp mesti mikir2 dan akal2in supaya tahan minum bbm subsidi..bbm non subsidi pun penyebarannya belum merata..mending premium & solar dihapus deh, ganti bbm subsidi jenis laen yg lbh baik dengan harga lebih mahal...oh my country oh my country :e-pray:
Kalo ane baca, statement di atas seharusnya memiliki 2 fokus pembicaraan yg berbeda..

untuk solar subsidi, menurut amanat undang undang dasar, solar termasuk sumber daya alam yang harus dikelola negara untuk sebesar2 kemakmuran rakyat.
Artinya, rakyat punya HAK untuk dijamin akan sejahtera karena sumber daya alam bahan bakar termasuk sumber daya energi vital bagi negara dan WN.
So, ini bukan kategori manja. Tau Venezuela? Kenapa Venezuela bisa melindungi warganya dan subsidi habis habisan bahan bakarnya sehingga bisa melindungi kepentingan rakyat? Karena seluruh kekayaan alam bahan bakarnya, dikuasai negara. Engga kayak disini yang dikeroyok macam2 perusahaan asing, dan akhirnya sumber tambang bahan bakar kita habis digarong ke luar negeri.

So, negara punya misi melindungi habis habisan kepentingan rakyat dengan cara subsidi dan penguasaan sumber kekayaan alam oleh negara.

point lain, kalo disini, bensin yang disubsidi adalah bensin yang berkualitas sangat buruk.

Jadi, antara bahan bakar subsidi dan kualitas jelek bahan bakar subsidi adalah 2 wilayah pembicaraan yang sebenernya berbeda.

BTT.

IMHO, ATPM2 harusnya juga tau diri, tidak serta merta latah memasukkan mobil2 diesel spek tinggi ke Indonesia.
kalau sy sebagai masy awam menilai, yaa salah ATPM nya lah yang napsu masukin mobil2 diesel canggih. Ngapain juga?! Apa ngga berkaca dari kenyataan kualitas solar disini?

IMO, lupakan sajalah mobil2 diesel canggih, toh kalau mau dipakai jalan2 pergi2 sekeluarga, balik2nya ya ke Fortie atau PS lagi yang keluar kandang, yang relatif lebih tahan solar subsidi.

Buat saya, lebih baik masih miara diesel jadul, daripada coba2 mesin diesel canggih, hanya supaya tidak dianggap ketinggalan.
Nda, saya nda takut ketinggalan jaman kok. Cukup untuk tau saja, ada diesel canggih.
Perkara disuru makek, ngga, makasih. Buat saya, beli mobil bukan buat gagah gagahan di depan teman2 atau di jalan.
Tapi nomer satu adalah mutifungsi dan adaptif dengan lingkungan alam indonesia dan khususnya kondisi bahan bakar di indonesia.

Saya yg pakai mobil gasoline kasta rendahan aja, sempet kuatir kalo pakai premium. Karena mesin2 sekarang, IMHO, terlalu canggih canggih, even itu sebuah gerobak kaleng loh ya..

Kalo dari pihak regulator aja engga ada kebijakan ke arah lebih bagus/maju, IMHO, tetep mubazir aja beli mobil diesel yang canggih canggih...


Just share aja kok..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by mintblue »

ada uang, mau beli solar bagus, eh ternyata kualitasnya tidak seperti janjinya.
ujung2nya memang konsumen lagi yg dirugikan.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2347
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by ilhami »

mudah-mudahan salah ya
mobil CRV, camry dan mercy banyak yang rajin minum pertamax.
tapi kenapa diesel mewah jarang yang beli pertadex ya?

Apa masih ada pemahaman jadul ya?
padahal jelas lebih irit diesel kan?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by ak4ng »

@ilhami: lha emg ada UU ttg emisi?? kl bole link nya donk...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
barzul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Jul 26, 2011 4:49

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by barzul »

ilhami wrote:mudah-mudahan salah ya
mobil CRV, camry dan mercy banyak yang rajin minum pertamax.
tapi kenapa diesel mewah jarang yang beli pertadex ya?

Apa masih ada pemahaman jadul ya?
padahal jelas lebih irit diesel kan?

ikutan nimbrung ya.. :mky_01:

diesel mewah disini maksudnya sekelas fortuner n Pajero sport ya?

imho, bukan jarang beli pertadex kok tapi pertadex nya yang jarang tersedia di SPBU :ungg:

apalagi klo udah keluar kota, nemu nya paling yg pake jeriken gitu, ngisi fulltank perlu berapa jeriken? bisa2 penuh itu bagasi mobil sama jeriken :frm_bang_head:

just my2cent :ngacir:
Dream, Believe, Make It Happen
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by Turboman »

ilhami wrote: Kalau mesin diesel moderen yang bersih wajib minum Pertades sebagai solar terbersih.
Kalau Om turbo disini kasih saran tutup egr dsb, maka secara ETIKA harus ada catatan bahwa hal tersebut melanggar emisi yang ditetapkan undang-undang.
Tolong donk bagi bagi pocher DEX buat teman teman di sini :wkkk:

kalo situ paksa2 orang beli yg mahal, ya situ bayarin donk........or at least kasih kangtau apa kek gitu spy orang2 beli DEX serasa beli permen :mky_01:

Pemaksaan thd orang lain = melanggar HAM :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by VanzMatic »

Udeeeh...pake minyak urut sakti aja sana.. bisa isi solar biasa juga.

*kabuurrr..kabuurr..keburu bakulnya dateng,,,* :ngacir: :ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
barzul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Jul 26, 2011 4:49

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by barzul »

Turboman wrote:
ilhami wrote: Kalau mesin diesel moderen yang bersih wajib minum Pertades sebagai solar terbersih.
Kalau Om turbo disini kasih saran tutup egr dsb, maka secara ETIKA harus ada catatan bahwa hal tersebut melanggar emisi yang ditetapkan undang-undang.
Tolong donk bagi bagi pocher DEX buat teman teman di sini :wkkk:

kalo situ paksa2 orang beli yg mahal, ya situ bayarin donk........or at least kasih kangtau apa kek gitu spy orang2 beli DEX kayak beli kacang :mky_01:
mantap om turbo :frm_salut:

btw, agak oot dikit om turbo udah pernah bikin review combo the cube "ecu shop" + junior max belum om? :ungg:
Dream, Believe, Make It Happen
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by mintblue »

bayar pajak (penghasilan) nya,


nikmati (BBM) SUBSIDI-nya :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by Turboman »

ak4ng wrote:@ilhami: lha emg ada UU ttg emisi?? kl bole link nya donk...
Setahu ane uji emisi Diesel di sini hanya berdasarkan opasitas

Mobil Diesel baru max 40%, mobil Diesel lama max 50%

Ane dah uji emisi 2 mobil Diesel ane, 1 si jadul yg tanpa EGR, 1 yg EGR dah ditutup.......lolos tuh 2-2 nya, ada tuh data-nya di GBT :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by MitshuToyo »

Btt : Pak Turbo, berapa sih kondisi standar tekanan CRD untuk 4D56 Di-D or TDCi 2.5 ?
Bisa gak kalau modifikasi 4D56 Di-D or TDCi 2.5 yang dipegang/dijaga harga max pressure CRD-nya ? (1500 Bar)
jadi maksudnya biar tetep aman plus awet gitu... :mrgreen:
Kira2 berapa naiknya HP jika dibatasi hanya sampai 1500 doang ?

:thanks:
Lagi nginjek rem..
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2347
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by ilhami »

The truth about diesel http://www.drive.com.au/Editorial/Artic ... 56&IsPgd=0

Diesel menghasilkan hidrokarbon yang sama dengan bensin, tapi NOx nya jauh lebih signifikan dibanding mesin bensin. NOx merupakan penyebab smog dan Particulate Matter.

Diesel menghasilkan partikulat 20x dibanding bensin yang sangat berbahaya. PM menyebabkan: penyakit kanker dan kardiovascular. NOx menyebabkan asma, penyakit pernafasan, infeksi dan mengurangi kemampuan bernafas anak-anak.



http://www.myturbodiesel.com/1000q/egr- ... .htm#stock
Why I do not recommend removing the EGR system
First, it is an emission device. It cost the manufacturer money to design and put it on your car. They did it for a reason and that reason was to meet emissions standards. This article is just the facts with the exception of this single sentence of editorial: I believe in personal rights more than the strict letter of the law and think a knowledgeable and consenting adult should be allowed to do anything they want to the things they own. However, emissions laws are in place because modifying things like car emissions infringes upon the rights of other people which you don't have the right to do - that's why there's a law against it. Your rights end where your neighbor's begin.
Kenapa pabrikan membuat EGR, karena untuk menjaga emisi. Memodifikasi mesin sehingga merusak emisi melanggar hak orang lain untuk mendapat udara segar. Profesor di pabrik mobil udah capek2 bikin, terus kita "orang kecil" begini dengan mudah membuang fungsi EGR?

EGR bisa dibersihkan
http://www.myturbodiesel.com/1000q/a4/c ... carbon.htm


Regulasi NOx adalah standar internasional. Anda gak bisa seenaknya sendiri begitu mengabaikannya. ETIKA nya harus dijelaskan konsekuensi dari NOx, baru ente modifikasi. Yang jelas disumpahin orang aja..diesel mahal tapi asap kopaja dan bikin kabut asap di kota.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by ak4ng »

ilhami wrote:mudah-mudahan salah ya
mobil CRV, camry dan mercy banyak yang rajin minum pertamax.
tapi kenapa diesel mewah jarang yang beli pertadex ya?

Apa masih ada pemahaman jadul ya?
padahal jelas lebih irit diesel kan?
ane belon ngerti ... definisi mobil diesel mewah tu yg gimana?? dasar klasifikasinya gmn??

red bold... banyak = gak semua
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2347
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by ilhami »

Pada umumnya 2000 cc keatas mewah.
Kalau sekarang trend cc lebih rendah juga banyak yang termasuk mewah.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by JESKONENG »

soal smog (smoke & fog) kan sudah ada crita dari beberapa pemilik mobil diesel (a.l. om esh dan om deasegara), setelah pake minyak urut, asap pekat dan bau masam menjadi jauh berkurang ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by Turboman »

ilhami wrote:
Regulasi NOx adalah standar internasional. Anda gak bisa seenaknya sendiri begitu mengabaikannya. ETIKA nya harus dijelaskan konsekuensi dari NOx, baru ente modifikasi. Yang jelas disumpahin orang aja..diesel mahal tapi asap kopaja dan bikin kabut asap di kota.
sini yok jalan2 ama ane sore2 ke JetSki Cafe Pantai Mutiara

Ada pemandangan indah di sana......kuning2 di langit

Jalan ke sumber kuning2 itu juga gak jauh dari situ, nti saya antar anda utk labrak tu kantor di situ

Mau ke kantor ESDM juga ? yuk saya antar :mrgreen:

Jadilah Pahlawan lingkungan yang sesungguhnya, dan jangan jadi pahlawan kesiangan.

Jika anda hanya fokus di satu segment dan secara halus anda melakukan pembiaran hal2 lain yg justru lebih berat, namanya anda melakukan praktek tebang pilih.......dan itu adalah sikap Coward om :e-naughty: :e-naughty: :e-naughty:
Last edited by Turboman on Thu Jul 05, 2012 12:36, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by MitshuToyo »

ilhami wrote:
Kenapa pabrikan membuat EGR, karena untuk menjaga emisi. Memodifikasi mesin sehingga merusak emisi melanggar hak orang lain untuk mendapat udara segar. Profesor di pabrik mobil udah capek2 bikin, terus kita "orang kecil" begini dengan mudah membuang fungsi EGR?

Regulasi NOx adalah standar internasional. Anda gak bisa seenaknya sendiri begitu mengabaikannya. ETIKA nya harus dijelaskan konsekuensi dari NOx, baru ente modifikasi. Yang jelas disumpahin orang aja..diesel mahal tapi asap kopaja dan bikin kabut asap di kota.
Lah.. signature anda sendiri bilang Powered by BBM Subsidi ?
Buat Innova anda ya ?
ETIKAnya gimana tuh ?? Huehuhehe..
peace ahh.. :big_peace:
Lagi nginjek rem..
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by wllaw2 »

ak4ng wrote:
ilhami wrote:mudah-mudahan salah ya
mobil CRV, camry dan mercy banyak yang rajin minum pertamax.
tapi kenapa diesel mewah jarang yang beli pertadex ya?

Apa masih ada pemahaman jadul ya?
padahal jelas lebih irit diesel kan?
ane belon ngerti ... definisi mobil diesel mewah tu yg gimana?? dasar klasifikasinya gmn??

red bold... banyak = gak semua
Bukannya biasanya definisi "mewah" itu berarti barang mahal ya? :big_peace:
Mungkin di sini maksudnya mesin diesel yang sudah memakai teknologi terbaru common-rail. Yang notabane harusnya meminum solar berkualitas.

Dan masalahnya ini sih sebenarnya di Pertamina dan pemerintahnya juga sih. Bayangin aja di kota Medan aja, SPBU yang jual PertaDex lewat selang aja gak ada, makanya banyak orang yang masih tetap isi Biosolar, dan yang ada solar berkualitas malahan SPBU asing.
PertaDex nya dijual di SPBU Pertamina dalam bentuk jerigen. Kan bukan waktu dan kerjaan yang memakan waktu sebentar kalau misalnya mau isi pakai jerigen ke mobil.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by DOHC »

kayanya kalo mau ngomong soal lingkungan dsb, rada useless yahh kalo utk di jakarta... macet sana sini, kopaja mikrolet bajaj jg kluyuran dmana2... dan lagi, seribu mobil yg dipakein EGR,CC, dan berbagai alat penjernih emisi lain nya jg kayanya bakal useless...

mendingan dibenahi dulu tuh lalin... cabut bbm subsidi... naikin pajak mobil.. DP mobil, apalagi motor jgn tanggung2 naikin nya dijamin dahh, udara jg bakal "bersih" dengan sendiri nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by Turboman »

Jika kadar sulphur Diesel dikurangi dari 1100 ppm (0,11%) menjadi 100 ppm (0,01%) saja + additive yg memadai maka dapat dipastikan 100% = Cumi cumi akan berkurang drastis.

Sulphur removal juga otomatis merubah zat Aromatic pada Diesel fuel menjadi senyawa lain yg memiliki angka Cetane lebih tinggi.

Kandungan sulphur pada bahan bakar adalah penyebab utama emisi yg jelek + rusaknya emission devices spt EGR dan Cat Conv.

Banyak negara bahkan sudah mulai meninggalkan batasan sulphur 350 ppm (0,035%) menuju 50 ppm / 0,005%, bahkan negara2 maju sudah banyak yg menuju angka 10 ppm / 0,0001%

See:
http://www.unep.org/transport/pcfv/PDF/ ... ch2012.pdf

Kaitan dgn data angka sulphur oleh penelitian AutoBild ? yah sudah bisa disimpulkan sendiri dah..........
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by DOHC »

om turbo... bearti kalo gt di mobil bensin, ntuh EGR dan CC nya jg bakal pada rusak donk, scara premium kita kan jg ada sulphur nya... mending ditutup tuh EGR dan cabut CC jg kah utk mobil bensin ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by Turboman »

Mengurangi polusi paling efektif utk kota yg sgt padat :

1. MRT & LRT
2. MRT & LRT
3. MRT & LRT

Kereta listrik dengan listrik bersumber dari energy bersih spt Geothermal / PLTA (idealnyaa....hehe), or at least enegry fossilnya Gas Alam spt di Singapore.

Ditambah dgn trotoar yg nyaman utk pejalan kaki + koridor2 antar gedung / underground tunnel yg nyaman buat pejalan kaki

Sy pribadi sgt mendambakan Jkt bisa menuju konsep "Car Free" city secara pelan pelan, jalan kaki lebih sehat dab hemat :mrgreen:

Utk Jkt : keamanan hrs mendukung penuh........ini yg masih kendala besar

Utk lihat2 pemikiran mengenai CarFree city :
http://www.carfree.com/
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by Turboman »

DOHC wrote:om turbo... bearti kalo gt di mobil bensin, ntuh EGR dan CC nya jg bakal pada rusak donk, scara premium kita kan jg ada sulphur nya... mending ditutup tuh EGR dan cabut CC jg kah utk mobil bensin ??
Di mesin bensin masih lebih safe krn kadar sulphur lebih rendah daripada Solar (kondisi Indonesia)

Ane pernah baca di web autospeed, bahwa kalo di mesin bensin dgn sistem throttle, EGR justru membantu mengurangi pumping loss @part throttle condition.

Maka itu di R20A ane sih EGR & Katalik tetap jalan, yah baru bbrp minggu lalu katup EGR dibersihkan :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
Arutemisha
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 345
Joined: Tue Sep 16, 2008 11:54

Re: Survey solar-solar di Indonesia oleh AutoBild

Post by Arutemisha »

Hmmm kalo boleh nimbrung. Maaf kalo samplenya agak meleset, Namun masih SAMA INTINYA. Sebetulnya hasil tes uji tersebut, harus melewati satu tahap mendasar.
Berbagai macam SPBU memiliki kualitas tempat penyimpanan yang berbeda2. Mari kita lihat contoh gambar dibawah ini antara bbm premium dan bbm pertamax.

BBM PREMIUM :
Image

BBM PERTAMAX
Image

Nah, seperti kita ketahui, BBM pada dasarnya kualitasnya sudah baik. Apa yang mempengaruhi mutunya sehingga SPBU yang berbeda, memiliki mutu bbm yang berbeda pula.

Bisa dilihat diantara jenis BBM dari banyak SPBU masih terdapat yang bening sampai yang kotor.

Yang jadi pertanyaan dibenak saya sederhana. Contoh yang diujikan, kebetulan dari SPBU yang memiliki BBM bermutu baik atau tidak ? Harus di lakukan riset beberapa SPBU untuk mencari mutu terbaiknya mungkin.

Dengan demikian, sekaligus membongkar intrik2 kualitas penyimpanan bbm SPBU kita.

BBM diatas tentu sama sumbernya, namun mengapa bisa berbeda warna dan kualitas. Yang paling bening dan cerah, adalah mutu terbaik.
NORIVAL ENERGY FUEL ENHANCER, cukup 2 tetes per liter BBM anda mendapat IRIT, PERFORMA MANTAP SPONTAN, PERAWATAN RUANG BAKAR. www.mynorival.com.