ML 320 problem
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
ML 320 problem
Salam sejahtera buat semua rekan2 pencinta Mercedes Benz..
Maaf apakah boleh saya share disini tentang kendala pada ML320 tahun 2001 saya?
Apabila salah kamar atau tidak pada tempatnya, mohon di pindahkan saja yah oom Momod
Saya baru saja meminang Ml320 v6 tahun 2001 bbrp waktu yang lalu..
Cerita nya dimulai dengan hari pertama waktu penjual dan pembeli sepakat unt bawa ke bengkel khusus mercy unt star diagnosis unt menetukan apakah ada masalah yang perlu di selesaikan.. (perlu diketahui bahwa keadaan pada saat itu pompa power steering berderit dan sensor BAS ESP dan ETS menyala, akhirnya diambil kesimpulan bahwa coba apakah sembuh dengan hanya di riset saja? ternyata masalah selesai dgn di riset saja, dan diketahui bahwa filter pompa steering kotor, sehingga perlu di ganti dan masalah selesai dengan sempurna.. Singkat cerita kepala mekanik nya juga test drive unt memastikan apakah sensor2 tsb bekerja maximal? dan tidak ada masalah sehingga transaksi pun terjadi pada hari itu juga.
Pada beberapa hari kemudian kebetulan saya mau ke bengkel untuk mengganti oli mesin dan kuras oli matik sesuai anjuran teman bahwa umur oli yang longlife itu sudah berumur 11 tahun, jadi yah ganti aja lah biar aman..
Berangkatlah saya ke bengkel rekanan teman saya pada pagi hari itu..
Setelah berjalan kurang lebih 5 km, indikator BAS ESP dan ETS muncul kembali, dan tidak ada masalah yang berati selama perjalanan walaupun di tol.
Sesampainya saya di bengkel, di periksalah oleh mekanik dan di test jalan, dengan speed yang tinggi dan rpm yang tinggi pula, dan di nyatakan bahwa mesin dan keadaan secara keselurihan sehat walafiat, mungkin hanya perlu di riset atau ganti switch brake saja katanya.. Bersyukur karena mendapat mobil yang sempurna..
Akhirnya sampailah kembali kami di bengkel, dan mulai di periksa dgn komputer mereka (star diagnosist yah namanya? ), dan terlihat bahwa benar ada switch yang ga bagus kondisi nya, dan di ganti, setelah itu di cek ternyata modul abs nya juga bermasalah dgn pompanya katanya, sehingga indikator BAS ESP dan ETS tidak bisa mati, dan di sepakati untuk menunda dulu karena harga yang mahal.. pilihannya ada 2, ganti atau mau di bongkar.
Selesailah saya membayar scan nya dan part yang diganti, lalu kembali saya pamit unt beraktifitas kembali, kurang lebih berjalan 2 km, sensor baru yang tidak pernah nongol keluar yaitu LOW RANGE..
dan sontak tenaga mobil menjadi hilang dan raungan mesin saja yang keras, mengingat ini 4x4, jadi pasti ga bisa lari cepat.. plus perindahan dari N ke D selalu "jedug"
Kembali saya menuju bengkel untuk menanyakan hal ini, dan kemabli di reset dan dlm bbrp x reset, motirnya pun sampai bingung, karena di komputer nya, yang fault bisa berubah dari 1 jenis ke jenis lain, yaitu seputaran abs, ets dan esp, kadang mati kadang timbul..
Mungkin ada dari para senior2 yang dapat atau pernah mengalami hal yang sama dengan saya, mengingat sebelum nya tidak pernah keluar sensor LOW RANGE dan kira2 saya harus bagaimana yah?
terima kasih para senior dan sesepuh..
Maaf apakah boleh saya share disini tentang kendala pada ML320 tahun 2001 saya?
Apabila salah kamar atau tidak pada tempatnya, mohon di pindahkan saja yah oom Momod
Saya baru saja meminang Ml320 v6 tahun 2001 bbrp waktu yang lalu..
Cerita nya dimulai dengan hari pertama waktu penjual dan pembeli sepakat unt bawa ke bengkel khusus mercy unt star diagnosis unt menetukan apakah ada masalah yang perlu di selesaikan.. (perlu diketahui bahwa keadaan pada saat itu pompa power steering berderit dan sensor BAS ESP dan ETS menyala, akhirnya diambil kesimpulan bahwa coba apakah sembuh dengan hanya di riset saja? ternyata masalah selesai dgn di riset saja, dan diketahui bahwa filter pompa steering kotor, sehingga perlu di ganti dan masalah selesai dengan sempurna.. Singkat cerita kepala mekanik nya juga test drive unt memastikan apakah sensor2 tsb bekerja maximal? dan tidak ada masalah sehingga transaksi pun terjadi pada hari itu juga.
Pada beberapa hari kemudian kebetulan saya mau ke bengkel untuk mengganti oli mesin dan kuras oli matik sesuai anjuran teman bahwa umur oli yang longlife itu sudah berumur 11 tahun, jadi yah ganti aja lah biar aman..
Berangkatlah saya ke bengkel rekanan teman saya pada pagi hari itu..
Setelah berjalan kurang lebih 5 km, indikator BAS ESP dan ETS muncul kembali, dan tidak ada masalah yang berati selama perjalanan walaupun di tol.
Sesampainya saya di bengkel, di periksalah oleh mekanik dan di test jalan, dengan speed yang tinggi dan rpm yang tinggi pula, dan di nyatakan bahwa mesin dan keadaan secara keselurihan sehat walafiat, mungkin hanya perlu di riset atau ganti switch brake saja katanya.. Bersyukur karena mendapat mobil yang sempurna..
Akhirnya sampailah kembali kami di bengkel, dan mulai di periksa dgn komputer mereka (star diagnosist yah namanya? ), dan terlihat bahwa benar ada switch yang ga bagus kondisi nya, dan di ganti, setelah itu di cek ternyata modul abs nya juga bermasalah dgn pompanya katanya, sehingga indikator BAS ESP dan ETS tidak bisa mati, dan di sepakati untuk menunda dulu karena harga yang mahal.. pilihannya ada 2, ganti atau mau di bongkar.
Selesailah saya membayar scan nya dan part yang diganti, lalu kembali saya pamit unt beraktifitas kembali, kurang lebih berjalan 2 km, sensor baru yang tidak pernah nongol keluar yaitu LOW RANGE..
dan sontak tenaga mobil menjadi hilang dan raungan mesin saja yang keras, mengingat ini 4x4, jadi pasti ga bisa lari cepat.. plus perindahan dari N ke D selalu "jedug"
Kembali saya menuju bengkel untuk menanyakan hal ini, dan kemabli di reset dan dlm bbrp x reset, motirnya pun sampai bingung, karena di komputer nya, yang fault bisa berubah dari 1 jenis ke jenis lain, yaitu seputaran abs, ets dan esp, kadang mati kadang timbul..
Mungkin ada dari para senior2 yang dapat atau pernah mengalami hal yang sama dengan saya, mengingat sebelum nya tidak pernah keluar sensor LOW RANGE dan kira2 saya harus bagaimana yah?
terima kasih para senior dan sesepuh..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: ML 320 problem
bro... yg ane tau.. low range diaktifkan paek tombol kan?? mungkin kotor atw koslet kali... itu kan deket kisi AC... bisa kena embun dr ac..... jadi aja koslet..... ane juga pernah coba tp yg taun 2002... hehehhee...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: ML 320 problem
ngetes mobil gak bisa sejam dua jam om minimal 2 hari itupun jangkauan 60 km dengan range speed 20 km/jam -120 km/ jam untuk mobil sehat
umur segitu pasti banyak bermasalah yg pasti WIRING harus ganti apalagi bensin sangat boros pemakaian listrik dibanding diesel mau gak mau ganti kabel body utuh dan baru jangan terima rekondisi apalagi seken
umur segitu pasti banyak bermasalah yg pasti WIRING harus ganti apalagi bensin sangat boros pemakaian listrik dibanding diesel mau gak mau ganti kabel body utuh dan baru jangan terima rekondisi apalagi seken
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
@pak Akang: kejadiannya setelah berjam2 mobil di nyalahkan sih, dan karena saya masi dibengkel yah udah saya minta di cek lagi..
@pak Asudarsono: kalo oli rasanya belum sempat diganti sih pak, baru aja mau ganti..
@pak Solar: inii lagi di cek pak kabel nya pak, kalo gak slah namanya di stardiagn, CAN nya yah pak..
@ All: terima kasih banyak inputannya pak, mudahan cepet selesai yah pak masalahnya..
@pak Asudarsono: kalo oli rasanya belum sempat diganti sih pak, baru aja mau ganti..
@pak Solar: inii lagi di cek pak kabel nya pak, kalo gak slah namanya di stardiagn, CAN nya yah pak..
@ All: terima kasih banyak inputannya pak, mudahan cepet selesai yah pak masalahnya..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
Kalo problem bapak gmana pak, apakah kedip2 atau tiba 2 aktif sendiri pak?ak4ng wrote:bro... yg ane tau.. low range diaktifkan paek tombol kan?? mungkin kotor atw koslet kali... itu kan deket kisi AC... bisa kena embun dr ac..... jadi aja koslet..... ane juga pernah coba tp yg taun 2002... hehehhee...
Yang saya punya problem nya tiba2 nyala sendiri tanpa kedip2 pak, memang saya perhatikan, kejadiannya setelah berjam2 mobil nyala dan ac menyala juga.. Tapi sebentar bisa mati pak, dan tiba 2 hidup..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ML 320 problem
Maaf ya, paling gampang coba dicek level oli2 transmisinya dan diffnya. Paling gampang sih, dikuras, ganti / bersihkan filter. Jangan ditambahin aditif, karena akan merusak sensor. Moga2 masalahnya cuma itu, pak!
Kalau yang mengenai transmisi bermasalah setelah berjam2, itu bisa karena temperatur sistem pendingin (radiator dan oli) terlalu tinggi. Citroen saya dulu begitu, di kondisi macet kalau sering2 injak rem, pasti lampu temperatur berkedip2. Kebetulan pendingin transmisi ambil dari radiator. Padahal di gauge, temperatur air masih normal. Rupanya ada selang yg mampet, maklum mobil udah 25 tahun. Habis itu diganti gak pernah denger jedak jeduk lagi, padahal sering digeber oper gigi sampai redline.
Kalau di Mercy mungkin bisa ditambah oil cooler disambung ke saluran oli transmisi.
Kalau yang mengenai transmisi bermasalah setelah berjam2, itu bisa karena temperatur sistem pendingin (radiator dan oli) terlalu tinggi. Citroen saya dulu begitu, di kondisi macet kalau sering2 injak rem, pasti lampu temperatur berkedip2. Kebetulan pendingin transmisi ambil dari radiator. Padahal di gauge, temperatur air masih normal. Rupanya ada selang yg mampet, maklum mobil udah 25 tahun. Habis itu diganti gak pernah denger jedak jeduk lagi, padahal sering digeber oper gigi sampai redline.
Kalau di Mercy mungkin bisa ditambah oil cooler disambung ke saluran oli transmisi.
Ready to Race
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
Terima kasih inputannya pak, nanti memang mau sekalian dikuras baik dari oli matic, oli gardan dan oli2 rem dan lainnya sih..asudarsono wrote:Maaf ya, paling gampang coba dicek level oli2 transmisinya dan diffnya. Paling gampang sih, dikuras, ganti / bersihkan filter. Jangan ditambahin aditif, karena akan merusak sensor. Moga2 masalahnya cuma itu, pak!
Kalau yang mengenai transmisi bermasalah setelah berjam2, itu bisa karena temperatur sistem pendingin (radiator dan oli) terlalu tinggi. Citroen saya dulu begitu, di kondisi macet kalau sering2 injak rem, pasti lampu temperatur berkedip2. Kebetulan pendingin transmisi ambil dari radiator. Padahal di gauge, temperatur air masih normal. Rupanya ada selang yg mampet, maklum mobil udah 25 tahun. Habis itu diganti gak pernah denger jedak jeduk lagi, padahal sering digeber oper gigi sampai redline.
Kalau di Mercy mungkin bisa ditambah oil cooler disambung ke saluran oli transmisi.
Yah mudahan bukan masalah berat deh pak, saya maklum aja, namanya juga beli mobil bekas kan.. Hehee...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: ML 320 problem
yg wkt sy cb si g ada masalah dgn lowgear..... itu kan pake tombol.... ane kurang tau kalo ada sensornya...Efrayim wrote:Kalo problem bapak gmana pak, apakah kedip2 atau tiba 2 aktif sendiri pak?ak4ng wrote:bro... yg ane tau.. low range diaktifkan paek tombol kan?? mungkin kotor atw koslet kali... itu kan deket kisi AC... bisa kena embun dr ac..... jadi aja koslet..... ane juga pernah coba tp yg taun 2002... hehehhee...
Yang saya punya problem nya tiba2 nyala sendiri tanpa kedip2 pak, memang saya perhatikan, kejadiannya setelah berjam2 mobil nyala dan ac menyala juga.. Tapi sebentar bisa mati pak, dan tiba 2 hidup..
yg ga enak cuma pindah gigi AT nya kerasa bgt.... rada ngejeduk......
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ML 320 problem
Di pemilik yg sebelumnya kapan terakhir ganti :Efrayim wrote: Terima kasih inputannya pak, nanti memang mau sekalian dikuras baik dari oli matic, oli gardan dan oli2 rem dan lainnya sih..
Yah mudahan bukan masalah berat deh pak, saya maklum aja, namanya juga beli mobil bekas kan.. Hehee...
- Oli ATF Matic ?
- Oli Transfer case
http://www.benzworld.org/forums/w163-m- ... hange.html
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
- Location: Jakarta - Bandung - Bogor
Re: ML 320 problem
Pak, antara ETS, ABS, dan ESP itu berhubungan dengan LOW GEAR.
Coba lakukan hal yg mudah dulu.
Cek vakum nya pak, mungkin kotor atau macet. Mudah2an tidak rusak.
Sangat berbahaya sekali jika tiba2 low gear aktif pada saat kecepatan tinggi, dijamin bakal rontok tuh axle
Coba lakukan hal yg mudah dulu.
Cek vakum nya pak, mungkin kotor atau macet. Mudah2an tidak rusak.
Sangat berbahaya sekali jika tiba2 low gear aktif pada saat kecepatan tinggi, dijamin bakal rontok tuh axle
Stronger than Time
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
Terma kasih pak inputan nya yang berharga ini pak..bellagio wrote:Pak, antara ETS, ABS, dan ESP itu berhubungan dengan LOW GEAR.
Coba lakukan hal yg mudah dulu.
Cek vakum nya pak, mungkin kotor atau macet. Mudah2an tidak rusak.
Sangat berbahaya sekali jika tiba2 low gear aktif pada saat kecepatan tinggi, dijamin bakal rontok tuh axle
Kalo boleh tau, vakum yang dimaksud adalah yang ada di transfer case nya atau solenoid nya atau dimana yah pak, trims pak..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
Nah saya ga tau nih pak kapan persisnya ganti oli matik dan oli transf case, jadi memang saya rencana akan ganti semua nih pak..Turboman wrote:Di pemilik yg sebelumnya kapan terakhir ganti :Efrayim wrote: Terima kasih inputannya pak, nanti memang mau sekalian dikuras baik dari oli matic, oli gardan dan oli2 rem dan lainnya sih..
Yah mudahan bukan masalah berat deh pak, saya maklum aja, namanya juga beli mobil bekas kan.. Hehee...
- Oli ATF Matic ?
- Oli Transfer case
http://www.benzworld.org/forums/w163-m- ... hange.html
Terima kasih atensinya pak, dan terima kasih jg untuk link nya..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
- Location: Jakarta - Bandung - Bogor
Re: ML 320 problem
Coba cek bagian electrical motor nya transfer case pak.Efrayim wrote:Terma kasih pak inputan nya yang berharga ini pak..bellagio wrote:Pak, antara ETS, ABS, dan ESP itu berhubungan dengan LOW GEAR.
Coba lakukan hal yg mudah dulu.
Cek vakum nya pak, mungkin kotor atau macet. Mudah2an tidak rusak.
Sangat berbahaya sekali jika tiba2 low gear aktif pada saat kecepatan tinggi, dijamin bakal rontok tuh axle
Kalo boleh tau, vakum yang dimaksud adalah yang ada di transfer case nya atau solenoid nya atau dimana yah pak, trims pak..
Stronger than Time
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
Ok pak, nanti biar di cek deh pak motor transfer case nya.. Problem nya adalah muncul indikator low gear nya pada saat mesin sudah panas atau jalan sekitar 15 km ke atas..bellagio wrote:Coba cek bagian electrical motor nya transfer case pak.Efrayim wrote:Terma kasih pak inputan nya yang berharga ini pak..bellagio wrote:Pak, antara ETS, ABS, dan ESP itu berhubungan dengan LOW GEAR.
Coba lakukan hal yg mudah dulu.
Cek vakum nya pak, mungkin kotor atau macet. Mudah2an tidak rusak.
Sangat berbahaya sekali jika tiba2 low gear aktif pada saat kecepatan tinggi, dijamin bakal rontok tuh axle
Kalo boleh tau, vakum yang dimaksud adalah yang ada di transfer case nya atau solenoid nya atau dimana yah pak, trims pak..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
Terima kasih pak inputan nya yang berharga ini pak..
Kalo boleh tau, vakum yang dimaksud adalah yang ada di transfer case nya atau solenoid nya atau dimana yah pak, trims pak..[/quote]
Coba cek bagian electrical motor nya transfer case pak.[/quote]
Ok pak, nanti biar di cek deh pak motor transfer case nya..
Saya juga mau periksa modul elektronik transfer case nya ( yang bentuknya seperti walkman jaman dulu) jangan2 masalah nya muncul dari sini karena penyakitnya muncul tiba2 nyala indikator low range nya tanpa kedip 2 terlebih dahulu pada saat mesin sudah panas.
Kalo boleh tau, vakum yang dimaksud adalah yang ada di transfer case nya atau solenoid nya atau dimana yah pak, trims pak..[/quote]
Coba cek bagian electrical motor nya transfer case pak.[/quote]
Ok pak, nanti biar di cek deh pak motor transfer case nya..
Saya juga mau periksa modul elektronik transfer case nya ( yang bentuknya seperti walkman jaman dulu) jangan2 masalah nya muncul dari sini karena penyakitnya muncul tiba2 nyala indikator low range nya tanpa kedip 2 terlebih dahulu pada saat mesin sudah panas.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
UPDATE
Setelah bbrp hari di cari penyakit low gear tiba2 nyala sendiri, maka hari ini saya putuskan untuk "nongkrong" di bengkel untuk melihat sendiri kendala yang terjadi, walaupun saya juga tidak mengerti tentang karakter ML ini.
Setelah di amati dan di bersihkan socket2 yang berhubungan dengan LOW RANGE (transfer case modul, motor transfer case), maka saya di minta untuk test drive, dan kira2 kurang lebih 40 km jauhnya, ternyata benar bahwa indikator LOW RANGE muncul pada saat mesin sudah sangat panas dan kebetulan hari ini terik matahari meyinari dengan hangat nya..
Kemaren sewaktu di tes oleh mekaniknya, memang benar pada saat mesin sudah panas (jalan kurang lebih 15 km jauhnya, dan dipesan agar selalu memainkan gas dan rem secara bergantian) indikator nyala, dan mekanik pun kembali ke bengkel serta memberitahukan kepada saya via telpon bahwa indikator masi nyala pada saat mesin panas dan akan di analisa untuk kejar ke LOW RANGE system.
Karena tadi saya sendiri yang test drive dan di dampingi mekanik dengan membawa laptop dan SD terhubung dengan mobil, benar bahwa penyakit timbul setelah mesin bekerja lama (40 km bukan jarak yang pendek kan), indikasinya mesin seperti ada getaran halus, lampu LR menyala dan kadang mati, tenaga juga decrease dan waktu kami kembali ke bengkel, saya buka kaca untuk mengambil karcis, tercium bau gosong di sekitar roda depan kanan, maka sampailah kami di bengkel dan ternyata rem kanan saya macet sampai waktu saya masukan D atau R roda tidak kuat berputar sendiri kecuali di gas..
Kepala mekaniknya menyimpulkan sementara ( saya juga setuju ) bahwa bisa saja karena rem macet dan tidak terdeteksi oleh mekanik kemaren ( maklum yah, mungkin banyak kerjaan, jadi ga sensitif seperti saya rasakan) jadi si sensor abs membaca nya ada gejala putaran roda yang bekerja berat maka secara system LR aktif dengan sendiri nya..
Besok akan di lakukan pembenahan rem kiri dan kanan depan, dan mudahan KALI INI benar analisa dan penanganannya..
Setelah bbrp hari di cari penyakit low gear tiba2 nyala sendiri, maka hari ini saya putuskan untuk "nongkrong" di bengkel untuk melihat sendiri kendala yang terjadi, walaupun saya juga tidak mengerti tentang karakter ML ini.
Setelah di amati dan di bersihkan socket2 yang berhubungan dengan LOW RANGE (transfer case modul, motor transfer case), maka saya di minta untuk test drive, dan kira2 kurang lebih 40 km jauhnya, ternyata benar bahwa indikator LOW RANGE muncul pada saat mesin sudah sangat panas dan kebetulan hari ini terik matahari meyinari dengan hangat nya..
Kemaren sewaktu di tes oleh mekaniknya, memang benar pada saat mesin sudah panas (jalan kurang lebih 15 km jauhnya, dan dipesan agar selalu memainkan gas dan rem secara bergantian) indikator nyala, dan mekanik pun kembali ke bengkel serta memberitahukan kepada saya via telpon bahwa indikator masi nyala pada saat mesin panas dan akan di analisa untuk kejar ke LOW RANGE system.
Karena tadi saya sendiri yang test drive dan di dampingi mekanik dengan membawa laptop dan SD terhubung dengan mobil, benar bahwa penyakit timbul setelah mesin bekerja lama (40 km bukan jarak yang pendek kan), indikasinya mesin seperti ada getaran halus, lampu LR menyala dan kadang mati, tenaga juga decrease dan waktu kami kembali ke bengkel, saya buka kaca untuk mengambil karcis, tercium bau gosong di sekitar roda depan kanan, maka sampailah kami di bengkel dan ternyata rem kanan saya macet sampai waktu saya masukan D atau R roda tidak kuat berputar sendiri kecuali di gas..
Kepala mekaniknya menyimpulkan sementara ( saya juga setuju ) bahwa bisa saja karena rem macet dan tidak terdeteksi oleh mekanik kemaren ( maklum yah, mungkin banyak kerjaan, jadi ga sensitif seperti saya rasakan) jadi si sensor abs membaca nya ada gejala putaran roda yang bekerja berat maka secara system LR aktif dengan sendiri nya..
Besok akan di lakukan pembenahan rem kiri dan kanan depan, dan mudahan KALI INI benar analisa dan penanganannya..
Re: ML 320 problem
Good luck om, mesti sabar emang kalo masalahnya gak obvious seperti ini.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
@mas Asudarsono: iya mas, saya gak ngerti kalo LOW RANGE bisa tiba2 aktif kalo ada trouble di kaki2 roda, karena saya berpikir bahwa fungsi itu hanya bisa di gerakkan pada saat kita meng aktifkan tombol LR nya..
Kalo memang seperti itu, berati suspect macet rem yg mengakibatkan LR aktif menjadi jawaban.. Mudahan bener deh mas.. Sudah 1 minggu mondar mandir bengkel..
Thx mas..
Kalo memang seperti itu, berati suspect macet rem yg mengakibatkan LR aktif menjadi jawaban.. Mudahan bener deh mas.. Sudah 1 minggu mondar mandir bengkel..
Thx mas..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: ML 320 problem
saran dari saya kalau mau aman 3 tahun ,
ganti semua kabel body mobil anda
ganti semua sensor di mesin dan di rem
relay ganti semua
kalau tidak diganti yah tiap bulan ada saja yg penyakitan , karena umur mobil anda sudah diatas 10 tahun sekalian cek system pendingin
- ganti kipas dan motor fan radiator mesin dan kondesor ac
- ganti thermostat dan Water temperature sensor
- ganti water pump
Note :
jangan pernah mau beli mobil seken diatas 8 tahun apabila harga bekasnya lebih dari setengah harga baru karena waktu dan biaya buat perbaikan akan sangat menguras
ganti semua kabel body mobil anda
ganti semua sensor di mesin dan di rem
relay ganti semua
kalau tidak diganti yah tiap bulan ada saja yg penyakitan , karena umur mobil anda sudah diatas 10 tahun sekalian cek system pendingin
- ganti kipas dan motor fan radiator mesin dan kondesor ac
- ganti thermostat dan Water temperature sensor
- ganti water pump
Note :
jangan pernah mau beli mobil seken diatas 8 tahun apabila harga bekasnya lebih dari setengah harga baru karena waktu dan biaya buat perbaikan akan sangat menguras
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: ML 320 problem
Kalau hobi mobil mah, spt ini mengasyikkan..
Tret bagus Pak, ikut dag-dig-dug..
Smoga hanya Remnya ya, ditunggu updatenya.
Pelajaran ;ternyata kalau sudah ABS EBD dsj, servis or Cek Rem jg sangat penting.
Apalagi kalau sering nerjang air kotor/limbah..
Nice share...
Tret bagus Pak, ikut dag-dig-dug..
Smoga hanya Remnya ya, ditunggu updatenya.
Pelajaran ;ternyata kalau sudah ABS EBD dsj, servis or Cek Rem jg sangat penting.
Apalagi kalau sering nerjang air kotor/limbah..
Nice share...
Lagi nginjek rem..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
UPDATE
Hari ini penggantian kaliper rem L Dan R sudah dilakukan dan berikut di ganti kanvas rem asli biar nyaman..
Setelah di ganti, maka dengan harapan sembuh indikator Low Range nya, tidak terjadi kesembuhan...
Baru di tes jalan sejauh 5 km, sudah menyala kembali indikator LR nya.
Maka di simpulkan bahwa tidak ada komponen lain yang sudah diperiksa selain dari pada modul transfer case dan motor transfer case..
Maka dengan sabar dibuka lah modul transfer case dan diperiksa kabel2 apakah ada yang trouble, karena di periksa kabel2 masih sangat bagus, dan tindakan pertama adalah mengecek supply listrik dari si modul tersebut dengan diurut kembali solder2 joint nya..
Setelah selesai di periksa modul nya, dan dirakit kembali, dites jalan kembali..
Apa yang terjadi?
Selama jalan mengitari jalan sejauh 45 km dengan kemudi dengan berbagai variasi (slow, kadang bejek gas, kadang santai, kadang seolah ada macet) tidak ada gejala nyala indikator dan mekanisme yang gak nornal, semua normal dan mobil saat ini sudah dinyatakan sehat oleh kepala mekanik..
Namun untuk antisipasi apabila terjadi kerusakan yang sama, dapat di simpulkan dari transfer case modul tinggal ganti saja dengan yang baru.. Hanya masalah nya barangnya harus inden dari singapura, tidak ready.
Untuk info saja, di ebay banyak yang jual modul seperti ini (2nd hand kayanya) mulai dari 65 usd sampai 120 usd, saya no idea berapa harga baru nya apabila inden dai singapura..
Mudahan masalah ini selesai dan tidak kambuh lagi, dan thread ini hari ini mudahan menjadi keluhan saya yang terakhir,
Terima kasih rekan2 untuk komen nya yang sangat membantu saya memecahkan masalah saya, semoga selalu terjalin informasi yang saling menguntungkan untuk semuanya.
Salam...
Hari ini penggantian kaliper rem L Dan R sudah dilakukan dan berikut di ganti kanvas rem asli biar nyaman..
Setelah di ganti, maka dengan harapan sembuh indikator Low Range nya, tidak terjadi kesembuhan...
Baru di tes jalan sejauh 5 km, sudah menyala kembali indikator LR nya.
Maka di simpulkan bahwa tidak ada komponen lain yang sudah diperiksa selain dari pada modul transfer case dan motor transfer case..
Maka dengan sabar dibuka lah modul transfer case dan diperiksa kabel2 apakah ada yang trouble, karena di periksa kabel2 masih sangat bagus, dan tindakan pertama adalah mengecek supply listrik dari si modul tersebut dengan diurut kembali solder2 joint nya..
Setelah selesai di periksa modul nya, dan dirakit kembali, dites jalan kembali..
Apa yang terjadi?
Selama jalan mengitari jalan sejauh 45 km dengan kemudi dengan berbagai variasi (slow, kadang bejek gas, kadang santai, kadang seolah ada macet) tidak ada gejala nyala indikator dan mekanisme yang gak nornal, semua normal dan mobil saat ini sudah dinyatakan sehat oleh kepala mekanik..
Namun untuk antisipasi apabila terjadi kerusakan yang sama, dapat di simpulkan dari transfer case modul tinggal ganti saja dengan yang baru.. Hanya masalah nya barangnya harus inden dari singapura, tidak ready.
Untuk info saja, di ebay banyak yang jual modul seperti ini (2nd hand kayanya) mulai dari 65 usd sampai 120 usd, saya no idea berapa harga baru nya apabila inden dai singapura..
Mudahan masalah ini selesai dan tidak kambuh lagi, dan thread ini hari ini mudahan menjadi keluhan saya yang terakhir,
Terima kasih rekan2 untuk komen nya yang sangat membantu saya memecahkan masalah saya, semoga selalu terjalin informasi yang saling menguntungkan untuk semuanya.
Salam...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19
Re: ML 320 problem
Terima kasih yah pak sudah mengikuti thread ini dari awal.MitshuToyo wrote:Kalau hobi mobil mah, spt ini mengasyikkan..
Tret bagus Pak, ikut dag-dig-dug..
Smoga hanya Remnya ya, ditunggu updatenya.
Pelajaran ;ternyata kalau sudah ABS EBD dsj, servis or Cek Rem jg sangat penting.
Apalagi kalau sering nerjang air kotor/limbah..
Nice share...
Memang bener pak mengasikkan, tantangan nya emang bikin dag dig dug, cuma mesti siap peluru agak banyak aja pak, ini yang bikin dag dig dug..
Pelajaran buat saya adalah harus lebih teliti lagi dalam mengambil keputusan meminang mobil yang sudah agak lawas..
Mudahan sudah tuntas masalah ini, supaya besok bisa di poles lagi pak semaksimal mungkin biar kinclonggg.