Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Gold Pocket wrote:ahahahaha.... iya nih dapat barang cacat. gak tau juga ya. ini kijang memang merupakan kijang gelombang pertama setelah ganti mesin ke EFI. waktu itu beli ini kijang masih dalam bentuk gambar sederhana di sebuah brosur. cuman karena yakin aja sama kijang plus gak ada pilihan lain yang lebih fresh, maka inden juga kurang lebih 7 bulan.
- CUT -
OOT. Soal barang bagus di gelombang pertama, percaya, om....
'Coz bokap dapet Kijang Super pikap generasi pertama banget awal '87. Masih blom nyampe 5 unit beredar di Manado saat itu. Mesinnya bener2 bandel, kenceng pula, yang konon kata SA dilernya masih enjin 5K material dari Jepun.
Walau akirnya si Kijang rontok juga menyerah kemakan usia dan minimnya perawatan hehehehe.............
Kejadian sama di Espass '95 angkatan terawal. bandel, kenceng. Beberapa kali diadu ama Espass 1.6 (mesin Feroza), kalahnya tipis banget untuk 402 meter.
Soal kenapa mesin generasi awal kenceng, kata seorang tuner ex awak ATPM sih, karena pabrikan saat produksi awal blom terburu2 ngerjainnya, clearance piston dan liner cylinder lebih presisi, juga lebih balance nilai clearance antar silindernya. Entah bener entah kagak.
Back to AC.
IMO bro bukannya untuk pengerjaan piston dll itu dilakukan oleh mesin?
tapi ini kijang sampai ke pintu2 dan kaki2 pun belum ada yang bunyi2.
ilhami wrote:Kenapa ya, AC saya ini terlalu sebentar matinya. Untuk setelan terendah, tidak sampai 1 menit udah nyala lagi. Untuk setelan tertinggi nyalanya lama, dan matinya juga sebentar sekali. Apa ada yang salah dengan thermoswitch nya ?
mobilnya kijang kapsul.
wajar, kijang kapsul ruangan nya besar... kemungkinan ada udara yg bocor kedalam juga bisa, jadi temperatur suhu ruangan naik turun, tentu AC kan menjaga suhu ruangan agar selalu dalam derajat tertentu sesuai setelan.
coba dicek kalo2 ada udara luat yg bocor masuk ke ruang kabin, misal biasanya pada karet pintu, doortrim, firewall.
jika dirasa sudah terisolasi dengan baik, termostat ada baiknya di cek.. mungkin sudah lemah atau tidak terpasang dengan baik.
Sebenarnya masuk akal Om Poetic. Kijang ini mungkin sudah bocor peredamnya, karena suara mesin juga terdengar cukup keras.
Tapi berhubung saya gampang masuk angin, bisa nggak AC kijang ini disetel 25-28 Celcius ...
btw, dimana posisi thermostat AC kijang kapsul ya?
mao nanya nih. apakah perawatan ac mobil = ac rumah?
karena selama ini ac mobil kalo udah kaga dingin baru di servis, dan itu baru terjadi setelah lebih dari 3 tahun.
kalo ac rumah engga di servis lebih dari 4 bulan aja sudah kaga dingin?
mohon pencerahaannya dengan sikon jakarta yg berdebu berapa lama sekali perlu servis ac. walaupun masih dingin.
coba bantu jawab setau saya ya oom
perawatan AC yg disarankan biasa nya berjarak 1-2 tahun, tergantung habit pemilik kendaraan dan medan yg sering dilalui. sebagai contoh, klo pemilik kurang menjaga kebersihan kabin, sering merokok didalam, sering buka kaca saat berkendara serta sering berkeliling didaerah yg banyak debu maka perawatan AC sebaik nya dijadwalkan 1 taun sekali, atau minimal 1,5 taun.
dan kalau sebalik nya, dimana habit pemilik sangat resik maka interval service bisa dilakukan lebih lama.
cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
mod dog... kalo misalnya ac nya skrg gpp.. tp ane servis2 gt... ntar malah jadi penyakitan ga yahh.. takut nya ntar malah jadi bocor alus dmana gt... atau ntar malah ngerembet ga karuan...
mobil ane yg livina, umur uda 3 taon... blom perna kotak katik ac nehh.. masi dingin2 aja soalnya.. ga ada bau2 aneh jg..
DOHC wrote:mod dog... kalo misalnya ac nya skrg gpp.. tp ane servis2 gt... ntar malah jadi penyakitan ga yahh.. takut nya ntar malah jadi bocor alus dmana gt... atau ntar malah ngerembet ga karuan...
mobil ane yg livina, umur uda 3 taon... blom perna kotak katik ac nehh.. masi dingin2 aja soalnya.. ga ada bau2 aneh jg..
kalau masih baik2 saja buat apa diservice om?
AC saya aja 11 tahun baru service.
tapi memang benar kalau sering buka AC dan buka kaca saat berkendara, itu AC akan cuepet kotor.
emang bisa dimengerti sih, pemikiran seperti oom DOCH "klo masih dingin ga ada apa2 ngapain di service?" serta kekhawatiran malah nanti nya akan terjadi kebocoran setelah koneksi2 dibuka....
well menurut saya sih itu termasuk resiko dalam service apapun, dimana bisa terjadi misal nya ada koneksi yg kurang rapet saat dilakukan perakitan ulang atau malah salah satu komponen ada yg jadi ga beres...........ga cuma di AC aja kok pemikiran seperti ini, ibarat nya klo kita bicara katakanlah power steering (ngambil contoh kasus oom nightster gay) yg sering luput juga dari perawatan2 walaupun hanya sekedar kuras oli saja, akhir nya toh kerugian yg kita alami malah lebih besar khan saat muncul kerusakan yg lebih parah? pemikiran saya sih gitu oom lebih baik mencegah (baca:merawat) dari pada mengobati (baca:beli baru)
tinggal gimana kita pinter2nya cari info mengenai bengkel2 yg terbukti bisa dipercaya melalui teman dan kolega, maka saya rasa kekhawatiran "bakal terjadi apa2" bisa kita eliminir
just imho yah
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
*tambahan
klo dalam kasus oom gold pocket saya rasa itu merupakan kejadian satu diantara seribu, entah karena emang si oom hoki nya gede atau emang sekedar pure dapet unit kendaraan yg super badag..........bayangin aja selama 11 tahun kerjaan nya cuma isi bensin sama ganti oli mesin aja dan tidak mengalami kerusakan apapun
ga tiap hari bisa nemu kejadian begini
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
tp yahh mod dog.. musti siapin 5 lembar merah... rada mahal jg yahh... itu jg makanya yg bikin ane mikir2 dulu... mana ini si livina uda mulai jajan sana sini lg...
doq wrote:*tambahan
klo dalam kasus oom gold pocket saya rasa itu merupakan kejadian satu diantara seribu, entah karena emang si oom hoki nya gede atau emang sekedar pure dapet unit kendaraan yg super badag..........bayangin aja selama 11 tahun kerjaan nya cuma isi bensin sama ganti oli mesin aja dan tidak mengalami kerusakan apapun
ga tiap hari bisa nemu kejadian begini
yah liat km jg kayanya om... 114 rebu dalam 11 taon... pukul rata paling setaon cuman jalan 11an rebu... paling setaon cuman 2 kali ganti oli... masih agak mungkin sehh mnurut ane kalo masi banyak komponen (yg terlihat) blom rusak...
DOHC wrote:tp yahh mod dog.. musti siapin 5 lembar merah... rada mahal jg yahh... itu jg makanya yg bikin ane mikir2 dulu... mana ini si livina uda mulai jajan sana sini lg...
kayanya selain 5 lembar uang merah, harus siap juga selembar uang biru om
wah. soal bongkar2, jadi takut juga mau ganti oli power steering. apa oli power steering ini ada jalur keluar khusus bisa dibuka tutup gitu kaya oli mesin?
ilhami wrote:Kenapa ya, AC saya ini terlalu sebentar matinya. Untuk setelan terendah, tidak sampai 1 menit udah nyala lagi. Untuk setelan tertinggi nyalanya lama, dan matinya juga sebentar sekali. Apa ada yang salah dengan thermoswitch nya ?
mobilnya kijang kapsul.
wajar, kijang kapsul ruangan nya besar... kemungkinan ada udara yg bocor kedalam juga bisa, jadi temperatur suhu ruangan naik turun, tentu AC kan menjaga suhu ruangan agar selalu dalam derajat tertentu sesuai setelan.
coba dicek kalo2 ada udara luat yg bocor masuk ke ruang kabin, misal biasanya pada karet pintu, doortrim, firewall.
jika dirasa sudah terisolasi dengan baik, termostat ada baiknya di cek.. mungkin sudah lemah atau tidak terpasang dengan baik.
Sebenarnya masuk akal Om Poetic. Kijang ini mungkin sudah bocor peredamnya, karena suara mesin juga terdengar cukup keras.
Tapi berhubung saya gampang masuk angin, bisa nggak AC kijang ini disetel 25-28 Celcius ...
btw, dimana posisi thermostat AC kijang kapsul ya?
mudah kok... ganti saja karet2 pintu nya.. hehe
posisi termostat ada di cabin, dalam dash. level 123 dst itu yg mengatur termostat.
richngenerous wrote:mao nanya nih. apakah perawatan ac mobil = ac rumah?
karena selama ini ac mobil kalo udah kaga dingin baru di servis, dan itu baru terjadi setelah lebih dari 3 tahun.
kalo ac rumah engga di servis lebih dari 4 bulan aja sudah kaga dingin?
mohon pencerahaannya dengan sikon jakarta yg berdebu berapa lama sekali perlu servis ac. walaupun masih dingin.
AC mobil tidak butuh perawatan... karena meski sama dgn AC rumah, AC di mobil di design tidak ada perawatan sama sekali. yg menjadi masalah adalah menjaga bagaimana pemakaian nya, misal memasang AC dengan membuka jendela contohnya...ini kebiasaan buruk karena kompresor akan bekerja lebih berat...
AC mobil akan butuh perawatan jika dirasa sudah kurang dingin atau angin nya tidak segar (bau). kondisi ini tidak ada masa nya, bisa saja mobil brand new pabrikan baru 6bulan sudah tidak dingin, atau yg sudah 6tahun malah tidak ada masalah.
kalo tukang AC ngomong 1tahun sekali perawatan, ya wajar... namanya dagang.
coba cek manual book pabrikan, disana ada pengecekan AC kira2 kapan..setiap jenis mobil berbeda masa perawatan/pengecekan.
DOHC wrote:hoo ternyata gt tohh om pcm... slama masi ok gpp lah yahh ane kaga kutak katik tuh ac...
kalo untuk lipina ente cukup cuci evap & blower aja chiong, lalu setelah itu ente install cabin filter soalnya setau ane standardnya nggak dikasih filter.
kalo nggak ada filter maka semua "sampah2" di udara kesedot semua ke dalam blower & evap, di km segitu udah bisa dipastikan sangat kotor chiong
Hansen wrote:kalo untuk lipina ente cukup cuci evap & blower aja chiong, lalu setelah itu ente install cabin filter soalnya setau ane standardnya nggak dikasih filter.
- CUT -
Yup, Sijuki juga gak dikasi filter. Ama tukang AC langganan lalu diinstall aftermarketnya, harga 160an K, rada lupa. Oya, Cudo merk AC OEM nya ternyata rada langka dan merk lama, Seiko Seiki. Baru ketauan saat mo nyerpis AC di diler Denso, ditolak ama mereka dan dikasi tau bahwa merknya SS ini.
DOHC wrote:hoo ternyata gt tohh om pcm... slama masi ok gpp lah yahh ane kaga kutak katik tuh ac...
kalo untuk lipina ente cukup cuci evap & blower aja chiong, lalu setelah itu ente install cabin filter soalnya setau ane standardnya nggak dikasih filter.
kalo nggak ada filter maka semua "sampah2" di udara kesedot semua ke dalam blower & evap, di km segitu udah bisa dipastikan sangat kotor chiong
ntuh dryer, freon, oli kompressor kaga perlu ane kutak katik siong ??....
hembusan angin sehh masi blom bau... dan masi lumayan adem lahh... makanya ane masi blom mau kutak katik dulu... scara ini lipina masi banyak penyakit2 laen nya yg musti ane urusin...