Kalo anda punya mobil dengan transmisi CVT, apapun merk mobilnya, baik dari honda, nissan, toyota dan yang laen2, harap extra hati2 dengan transmisinya. Apalagi untuk transmisi CVT generasi I (2001-2009) yang masih pakai rubber belt. Jangan sekali2 pakai oli transmisi auto biasa, ato service di luar beres, oli transmisi CVT itu khusus dan mahal karena dimaksudkan untuk melindungi komponen CVT memang sangat sensitif. Saya dengar2 di LN kalo transmisinya problem, gak bisa diganti per-sparepart, harus seluruh transmisi blok diturunin trus ganti baru plek..... ongkos + parts bisa deket2 ke Rp.100jt.....
Untuk CVT generasi kedua (2009- ) http://www.youtube.com/watch?v=_mzjBKOssJY udah pakai chain belt yang lebih durable dari gen I. Tapi ini juga tidak berarti maintainnya lebih murah, tetap ajah harus pakai oli transmisi khusus CVT dan schedul service jangan terlewat, kalo gak mau transmisinya berumur pendek.....
Kalo agan-agan google pakai keyword "CVT problems" banyak tuh cerita2 serem yang keluar..... pendek kata, Transmisi CVT umurnya masih seumur jagung, belum ketau-an reliabilitynya untuk jangka panjang 100000km ++
Apa lagi kalo sering dipake untuk sprint, angkut2 extra beban ama naik turun bukit masih belum direkomen.....
BT-nya, sekarang ATPM banyak ngeluarin versi CVT only, gak ada pilihan AUTO biasa ato manual kecuali untuk model basicnya..... mungkin maksudnya untuk uji pasar, tapi kita konsumen yang kena getahnya setelah masa garansi lewat.
Di Amerika dan Kanada, Nissan perpanjang masa garansi khusus transmisi CVT dari 3 tahun jadi 10 tahun untuk menghindari komplain2 menjadi total recall... gimana di Indo niy???
http://www.nissanassist.com/ProgramDetails.php
Apalagi kalo beli yg secondhand, --- Susah cari tau historinya apa dirawat bener ato asal aja karena gak keliatan kasat mata, lah wong mobil canggih2 aja masih sering dikasih minum premium..... --- jadi extra dan extra hati2 aja bro sekalian.
Transmisi CVT di Honda Jazz aja di-diskontinu sejak tahun ini, cuma keluar AUTO biasa dan manual
http://www.autobildindonesia.com/read/2 ... Honda-Jazz
Kata2 halus Honda buat mengakui transmisi CVT kurang reliable........Transmisi manual dan otomatis tetap dihadirkan, namun Honda tak lagi memakai transmisi CVT untuk varian otomatis. Hasilnya, akselerasi lebih cekatan dan transmisi makin reliable.