NEW VEGA R 110 cc atau Satria 150 cc ??!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
gak sia sia lah yang pasti.... kalo dilihat dari tujuan dibuatnya bebek memang pada mulanya diciptakan untuk lalulintas perkotaan yang sibuk, padat, jarak pendek, namun jika dalam perkembangannya type motor under bone ini mengaplikasikan teknologi bawaan khas motor gede sih sah sah aja.... coba bayangin jika motor underbone speknya masih seperti honda astrea / karisma terus.... segitu gitu aja, teknologi tahun 70-an masih aja dipake.... untung karisma ngeluarin injeksi... itupun masih dalam basis mesin yang teknologi lawas... baik itu sistem pelumasan ataupun sistem pendinginan.... sistem menajemen bahan bakarpun gak terlalu significan dalam menghemat konsumsi bensin koq cuma beda 2 km/ltr.... sedangkan kalo dibandingkan antara jupi mx yang nota bene cc nya terdekat ke satria, tenaga satria, jauh lebih terasa dibandingkan jupi mx135, cc cuma beda 15cc doank... tanaga nya ngisi terus setelah 3000rpm..... akselerasi 0-100kpj pun terpaut jauh.... kalo m'nurut saya sih begitu.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
where have u been bro? jawabannya kmrn ada di reply gw,di halaman 1.w1ndut wrote:Buat apa pakai DOHC, kalau hal tsb bisa dilakukan oleh SOHC ??
DOHC harusnya dibuat agar bisa menghasilkan sesuatu yang 'lebih' daripada SOHC.
SOHC can be "DOHC-like" with a hard way.
Ngga bro, gw masih nanya yg kemaren.Mengenai kesia-siaan.. Sebenarnya tujuan awal pembuatan motor bebek itu apa? Motor yang irit, gampang dipakai dan ramah lingkungan kan? (maksudnya gak berisik, hehehe)
Dimana sia-sianya DOHC&radiator di satria?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Satria sebagai Bebek, tidak perlu DOHC (apalagi sebenarnya DOHCnya banci hehe), dia tidak perlu banget dengan radiator. Toh kodratnya adalah bebek. Bukan motor sport. Untuk motor bebek, yang diperlukan adalah, praktis,dengan kopling otomatis ; kalau perlu CVT seperti nouvo dan mio, hemat bahan bakar, gampang perawatan, murah biaya pemeliharaan, awet, irit dan ramah lingkungan dll.yoyoyo wrote: Dimana sia-sianya DOHC&radiator di satria?
Nah, apakah kriteria di atas dipenuhi oleh Satria? motor sport yang berbaju bebek?
Mau ngebut? beli motor sport seperti RX king, Scorpio, thunder 125 dan 250, dan tiger... mau yang lebih keren, go for CBR...
mau santai sambil cuci mata? beli bebek atau skutik ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3464
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Kok kayanya ada yang antipati banget ama DOHC di bebek/ayam jago? Kenapa selalu mengidentikkan bebek dgn motor irit, santai & ramah lingkungan?w1ndut wrote:Satria sebagai Bebek, tidak perlu DOHC (apalagi sebenarnya DOHCnya banci hehe), dia tidak perlu banget dengan radiator. Toh kodratnya adalah bebek. Bukan motor sport. Untuk motor bebek, yang diperlukan adalah, praktis,dengan kopling otomatis ; kalau perlu CVT seperti nouvo dan mio, hemat bahan bakar, gampang perawatan, murah biaya pemeliharaan, awet, irit dan ramah lingkungan dll.
Nah, apakah kriteria di atas dipenuhi oleh Satria? motor sport yang berbaju bebek?
Mau ngebut? beli motor sport seperti RX king, Scorpio, thunder 125 dan 250, dan tiger... mau yang lebih keren, go for CBR...
mau santai sambil cuci mata? beli bebek atau skutik ...
Lalu kenapa diadakan kompetisi balap kelas bebek kalo memang bebek nggak boleh ngebut? Apa yang boleh ngebut hanya motor laki aja?
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Sep 27, 2005 9:25
- Location: Tangerang
Memang sepertinya ada salah persepsi mengenai DOHC banci buat bebek, so..its technology!..ini technology mas..selama masih ada orang berfikir..technology selalu tercipta dan itu selalu untuk memperbaiki yang kurang dari yang terdahulu, jadi jika orang semua suruh pake motor besar dan jalanan di kota tambah sempit gimana jadinya? maksudnya pake motor dikota khan biar bisa selip sana sini, nah sekarang motor paling ideal dikota adalah bebek, cuman skarang belum banyak bebek yang bisa andal dan kenceng untuk daerah perkotaan. DOHC di bebek salah satu jawabannya. nah kalo yang mikir insinyur satu pabrik dianggap bodoh..trus yang pinter sampean apa?bikin mur aja belum tentu bisa..!nichol wrote:ada lagi..mo kenceng tapi irit, beli supra x super kips.
trus kalo suruh pake teger,scorpio semua..badan yang kecil kaya gw, cewek2 yang keberatan bawa motor kayak diatas gemana?ya kesitu lagi..salah satu solusinya motor bebek yang ringan, lincah dan kenceng tentunya...
sampean kelamaan pake supra fit sehhh jagi..antipati sama technologi!!!
>yoshie<
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
- Location: Depok City
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
1. Hmm, gw kurang jelas gimana ya udah jelasin sampai pakai gambar bahwa DOHC satria bukan 'banci' ala twincamw1ndut wrote:Satria sebagai Bebek, tidak perlu DOHC (apalagi sebenarnya DOHCnya banci hehe), dia tidak perlu banget dengan radiator. Toh kodratnya adalah bebek. Bukan motor sport. Untuk motor bebek, yang diperlukan adalah, praktis,dengan kopling otomatis ; kalau perlu CVT seperti nouvo dan mio, hemat bahan bakar, gampang perawatan, murah biaya pemeliharaan, awet, irit dan ramah lingkungan dll.yoyoyo wrote: Dimana sia-sianya DOHC&radiator di satria?
Nah, apakah kriteria di atas dipenuhi oleh Satria? motor sport yang berbaju bebek?
Mau ngebut? beli motor sport seperti RX king, Scorpio, thunder 125 dan 250, dan tiger... mau yang lebih keren, go for CBR...
mau santai sambil cuci mata? beli bebek atau skutik ...
2. Radiator(OLI) ngga perlu banget alasannya apa nih? Kalau bicara motor lain yg baru kemudian dipasang pendingin oli sih ok memang ga perlu2 banget. Tapi ini udah dari sononya (mean: it was engineered and required to be there). inget lho mesin satria walau 150cc output powernya besar, jadi panasnya juga lebih banyak dibanding 150cc biasa.
3. Kodrat dia sebagai underbone, tidak ada batasan apakah itu harus gimana gimana. Yang ideal adalah yang memenuhi kebutuhan/kapasitas penunggangnya. Honda juga bikin Nova Dash / Sonic / Nice , semua tipe "ayam jago" seperti Satria150 ini .
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
tolong dijelaskan, apa yg dimaksud dgn kata 'sampeyan'?yoshie wrote:Memang sepertinya ada salah persepsi mengenai DOHC banci buat bebek, so..its technology!..ini technology mas..selama masih ada orang berfikir..technology selalu tercipta dan itu selalu untuk memperbaiki yang kurang dari yang terdahulu, jadi jika orang semua suruh pake motor besar dan jalanan di kota tambah sempit gimana jadinya? maksudnya pake motor dikota khan biar bisa selip sana sini, nah sekarang motor paling ideal dikota adalah bebek, cuman skarang belum banyak bebek yang bisa andal dan kenceng untuk daerah perkotaan. DOHC di bebek salah satu jawabannya. nah kalo yang mikir insinyur satu pabrik dianggap bodoh..trus yang pinter sampean apa?bikin mur aja belum tentu bisa..!nichol wrote:ada lagi..mo kenceng tapi irit, beli supra x super kips.
trus kalo suruh pake teger,scorpio semua..badan yang kecil kaya gw, cewek2 yang keberatan bawa motor kayak diatas gemana?ya kesitu lagi..salah satu solusinya motor bebek yang ringan, lincah dan kenceng tentunya...
sampean kelamaan pake supra fit sehhh jagi..antipati sama technologi!!!
kalo lu gak tau apa2, pls deh, jgn sembarangan ngomong...emangnya gw pake bebek? gw pake motor sport tau...lu newbie sih, gak tau pantesan...emangnya gw antipati sama teknologi? nggak tuh, selama teknologinya bisa bikin puas hasrat gw pribadi, gw cendrung ikuti..tapi kalo memang gak memuaskan hasrat, apa perlu ikut2an teknologi? cukuplah apa yg kita pakai...Situ ngomongnya gak pake mikir ye? mending kita selesaikan dgn nyentul aja gimana? sampeyan berani?
Just Call Me Nichol !!!
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Sep 27, 2005 9:25
- Location: Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
@windur
ini ibarat kata aja ya
"cewe pake baju cowo, masih terlihat cantik"
sama kayak gni DOHC ditaro di bebek ujung2nya kenceng2 juga, so kayanya DOHC banci yg dimaksud tuh masih ga jelas
coba aja taro motor bebek SOHC yg sekelas DOHC di kelas 150cc, liat aja coba sekarang performanya siapa yg menang. kalo honda tiger yg SOHC diadu sama satria F150 yg DOHC menang mana?? secara realita "so pasti menang F150" tp secara matematis pasti tiger yg menang karena dia punya CC lbh gede, but di spesifik skalipun kalo mo menagdu antara FXR150(DOHC) vs honda tiger(SOHC)?? anda masih liat realita apa masih liat secara matematis? kalo masi mikir matematis pasti karena cuma baca BROSUR n buku2 mesin yg belum pernah dipraktekan sebelumnya
antara 2 realita kencengan F150 ato PGMFI pasta anda milih yg injection karena cuma bisa liat dari matematis ato spesifikasi sajakan? kalo teori anda ini dipatahkan oleh sebuah praktek realita bisa bilang apa?
kasian yg nanya uda takut duluan hihihih
ini ibarat kata aja ya
"cewe pake baju cowo, masih terlihat cantik"
sama kayak gni DOHC ditaro di bebek ujung2nya kenceng2 juga, so kayanya DOHC banci yg dimaksud tuh masih ga jelas
coba aja taro motor bebek SOHC yg sekelas DOHC di kelas 150cc, liat aja coba sekarang performanya siapa yg menang. kalo honda tiger yg SOHC diadu sama satria F150 yg DOHC menang mana?? secara realita "so pasti menang F150" tp secara matematis pasti tiger yg menang karena dia punya CC lbh gede, but di spesifik skalipun kalo mo menagdu antara FXR150(DOHC) vs honda tiger(SOHC)?? anda masih liat realita apa masih liat secara matematis? kalo masi mikir matematis pasti karena cuma baca BROSUR n buku2 mesin yg belum pernah dipraktekan sebelumnya
antara 2 realita kencengan F150 ato PGMFI pasta anda milih yg injection karena cuma bisa liat dari matematis ato spesifikasi sajakan? kalo teori anda ini dipatahkan oleh sebuah praktek realita bisa bilang apa?
kasian yg nanya uda takut duluan hihihih
KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
ok, maaf juga bro, misunderstanding saja...no heart feeling ya...yoshie wrote:Wduhhh ..maaf bro nicol..maksud ente itu bukan ke sampeyan..tapi ke Bro windut yang anggep sepertinya DOHC banci..alah sorry saking napsunye dohc kok dianggep sia2 jadi salah ambil kutipan...
dgn ini bola akan gw gulirkan ke bro windut yg dimaksud
ok bros, silahkan kita lanjutkan thread ini
Just Call Me Nichol !!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
hehehe seru juga nih diskusinya...bisa nambah pengetahuan...
kalo miong pake tehnologi spt yang ada di satria, bisa gak yah ngejar satria
eh gimana tuh kabarnya bro getride yang nanyain vega ato satria? koq blm ada kabarnya seh...jadinya beli apa bro???
dua2nya bagus koq utk kelasnya. ane juga mau kalo di beliin ama ente, apa aja deh ane pasti mau
kalo miong pake tehnologi spt yang ada di satria, bisa gak yah ngejar satria
eh gimana tuh kabarnya bro getride yang nanyain vega ato satria? koq blm ada kabarnya seh...jadinya beli apa bro???
dua2nya bagus koq utk kelasnya. ane juga mau kalo di beliin ama ente, apa aja deh ane pasti mau
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
mungkin artinya emang beda bos, tapi punya makna yang sama, tau tuh mana istilah yang bener. no hurt feeling = jangan sakit ati; no heart feeling=jangan masukin ati, gitu kali bos...kalo emang ternyata yang bener no hard feeling, nti2 ane kalo nulis, pake yang itu aja...yoyoyo wrote:hwadduh, baru aja gw kemaren lihat orang nulis "no hurt feeling" , sekarang "no heart feeling". Gw koreksi yaa, mestinya "no hard feeling".
tuh buat bro2 yang akan pake istilah tsb, bisa pake istilah yang bener...
ga mutu banget reply gw, ya....
maapin ya, no hard feeling....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
lha, istilah indonesia dicari persamaannya dng istilah barat dong, bukan ditranslate as-is (letterlek?)azizdth wrote:mungkin artinya emang beda bos, tapi punya makna yang sama, tau tuh mana istilah yang bener. no hurt feeling = jangan sakit ati; no heart feeling=jangan masukin ati, gitu kali bos...kalo emang ternyata yang bener no hard feeling, nti2 ane kalo nulis, pake yang itu aja...yoyoyo wrote:hwadduh, baru aja gw kemaren lihat orang nulis "no hurt feeling" , sekarang "no heart feeling". Gw koreksi yaa, mestinya "no hard feeling".
tuh buat bro2 yang akan pake istilah tsb, bisa pake istilah yang bener...
ga mutu banget reply gw, ya....
maapin ya, no hard feeling....
gw juga nih mesti koreksi, tepatnya "feelings".
Coba aja google frase2 berikut
- no hurt feelings , hasil: 9,450,000
- no heart feeling, hasil: 18,600,000
- no hard feelings, hasil: 23,400,000
dan dicari artinya yg berhubungan dgn istilah indo, pasti cocoknya ke "no hard feelings"
coba klik link ini
http://www.phrases.org.uk/bulletin_boar ... /1084.html
: : I just want to know which one is right. whether it is hard feelings or heart feelings.
: I've only heard 'hard,' meaning the opposite to 'tender.' 'No hard feelings?' = 'I hope you weren't offended.'
"Hard" in "hard feelings" means "resentful." (Merriam-Webster online)
I have no hard feelings about my last post vanishing into thin air. I think something is wrong with my computer today. Or with me.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta