Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
weim wrote:berarti semakin encer olinya, itu semakin bagus ya gan?
jadi bukan masalah makin encer makin bagus sich Oom, jadi tergantung mobil nya ...
untuk mobil-mobil tua justru lebih baik pake yang lebih kental, hal ini karena kerapatan/kerenggangan piston ke blok mesin aga renggang (tidak serapat mobil-mobil zaman sekarang), jadi oli yang kental itu masih mungkin untuk masuk ke celah-celah yang ada di mesin ..
naah mesin sekarang itu kan tingkat kompresi dan kerapatan nya semakin kecil, jadi kalau pake oli yang kental pelumas tersebut ga akan mampu masuk ke sela-sela mesin, jadi fungsi melindungi dari si oli jadi ga optimal, jadi harus pake yang lebih encer biar bisa masuk ke sela-sela mesin ..
*ngerti ga ya dengan bahasa dan penjelasan ane, bahasa nya aneh ya?*
weim wrote:berarti semakin encer olinya, itu semakin bagus ya gan?
jadi bukan masalah makin encer makin bagus sich Oom, jadi tergantung mobil nya ...
untuk mobil-mobil tua justru lebih baik pake yang lebih kental, hal ini karena kerapatan/kerenggangan piston ke blok mesin aga renggang (tidak serapat mobil-mobil zaman sekarang), jadi oli yang kental itu masih mungkin untuk masuk ke celah-celah yang ada di mesin ..
naah mesin sekarang itu kan tingkat kompresi dan kerapatan nya semakin kecil, jadi kalau pake oli yang kental pelumas tersebut ga akan mampu masuk ke sela-sela mesin, jadi fungsi melindungi dari si oli jadi ga optimal, jadi harus pake yang lebih encer biar bisa masuk ke sela-sela mesin ..
*ngerti ga ya dengan bahasa dan penjelasan ane, bahasa nya aneh ya?*
yang ane bold, mungkin maksudnya tingkat kompresi mesin sekarang semakin tinggi dan keraptannya semakin kecil... gitu kali ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
kapsul ane sekarnag juga pake Shell 15W-50, kalu pagi hari berisik banget suara klep nya, ane tanya montir ane, katanya suruh coba pake yang 10W-40, jadi sabtu besok waktunya ganti oli pengen baru coba 10W-40 juga ...
gan, tadi pagi ane ke bengkel deket rumah, ane curhat sama ownernya soal rembesan di mesin. trus dibongkar silinderkop nya, cuma dikasih lem yang warnanya merah agak oren, sama ganti seal distributor karena dah getas.
lumayan lah, cuma habis 20rb, mudah2an sembuh melernya................
katanya sir rembesannya berasal dari situ, bukan dari sil krek as (bener ga ya nulisnya )
weim wrote:gan, tadi pagi ane ke bengkel deket rumah, ane curhat sama ownernya soal rembesan di mesin. trus dibongkar silinderkop nya, cuma dikasih lem yang warnanya merah agak oren, sama ganti seal distributor karena dah getas.
lumayan lah, cuma habis 20rb, mudah2an sembuh melernya................
katanya sir rembesannya berasal dari situ, bukan dari sil krek as (bener ga ya nulisnya )
ooohh, berarti yang getas itu cuma seal gel aja ya ... bagus lah Oom kalu gitu, hemat jadi nya ..
weim wrote:ohya gan, ngomong2 soal oktan BBM nih, setau ane premium kan oktannya 88, pertamax 92.
nah di manual book taruna kudu pake BBM beroktan minimal 90, kalo misal ane akalin pake premium 20lt dioplos sama pertamax 20lt gimana gan? kan ketemu oktan 90 tuh.....
atau kalau pakai zat aditif penaik oktan gimana efek sampingnya?
waktu kasus fuel pump pada jebol ane sempet ngobrol dg supir taxi tarif atas. dia bilang sih bbmnya di oplos antara premium dg pertamax(kadang dg pertamax+) buat ngejar oktan. selama ini sih dia bilang gak ada masalah.
kalau dicampur pake "racun", selama yg ane baca dr temen2 SM yg pake, selama sesuai dg takaran gak apa2.
tapi, kalo mw amannya sih kasih minum pertamax aja om.
ayo yg dah pernah nglakuin pengoplosan dan penggunaan "racun" harap memberikan pencerahannya.
weim wrote:gan, tadi pagi ane ke bengkel deket rumah, ane curhat sama ownernya soal rembesan di mesin. trus dibongkar silinderkop nya, cuma dikasih lem yang warnanya merah agak oren, sama ganti seal distributor karena dah getas.
lumayan lah, cuma habis 20rb, mudah2an sembuh melernya................
katanya sir rembesannya berasal dari situ, bukan dari sil krek as (bener ga ya nulisnya )
ooohh, berarti yang getas itu cuma seal gel aja ya ... bagus lah Oom kalu gitu, hemat jadi nya ..
hmm.. kyknya bukan seal gel deh bro, yang diolesin itu kan sealant, nah biasanya emang bengkel suka pakein itu buat mencegah kebocoran, atau kalo misalkan seal udah agak getas tapi belom mau di ganti, bengkel biasanya pakein gituan.
soalnya kalo tiap ganti paking cover valve, sebenernya gk usah dipakein sealant lagi juga gpp menurut ane, cuman ada beberapa bengkel yang suka tambahin sealant di tempat2 tertentu yang rawan bocor.
@bro kapsul97: betul gan, katanya yang minta diganti seal distributor aja, yang bentuknya kayak karet gelang. itu namanya seal gel ya gan?
@bro andrian : kalo pake pertamax terus, Rp nya ga kuat nih .
habisnya dah di angka 7000an/lt sih
pengen juga si nyobain "racun" tsb, kayaknya namanya oktan booster ya?
cuma ane ga tau efek sampingnya, ditunggu pencerahannya
@bro mario : kalo tadi ane liatt sih yang diganti cuma seal distributor, yang ukurannya kayak karet gelang. kalo paking yang di tutup silinderkop, cuma dikasih sealant aja, yang warna merah agak oranye kan?
@bro kapsul97: betul gan, katanya yang minta diganti seal distributor aja, yang bentuknya kayak karet gelang. itu namanya seal gel ya gan?
@bro andrian : kalo pake pertamax terus, Rp nya ga kuat nih .
habisnya dah di angka 7000an/lt sih
pengen juga si nyobain "racun" tsb, kayaknya namanya oktan booster ya?
cuma ane ga tau efek sampingnya, ditunggu pencerahannya
@bro mario : kalo tadi ane liatt sih yang diganti cuma seal distributor, yang ukurannya kayak karet gelang. kalo paking yang di tutup silinderkop, cuma dikasih sealant aja, yang warna merah agak oranye kan?
permisi semua, numpang nimbrung..
saya baru beli daihatsu taruna FGX th 2002, mau numpang tanya n sedikit pencerahan maklum masih minim pengetahuan ttg mobil
1. Apakah suara mesin agak kasar (seperti pake knalpot racing) pas di gasitu wajar, karena menurut yg jual taruna memang seperti itu.
2. Saat stir belok abis ada suara bunyi (cit..cit), kira2 permasalahan nya apa?
whatsupdude wrote:permisi semua, numpang nimbrung..
saya baru beli daihatsu taruna FGX th 2002, mau numpang tanya n sedikit pencerahan maklum masih minim pengetahuan ttg mobil
1. Apakah suara mesin agak kasar (seperti pake knalpot racing) pas di gasitu wajar, karena menurut yg jual taruna memang seperti itu.
2. Saat stir belok abis ada suara bunyi (cit..cit), kira2 permasalahan nya apa?
mohon pencerahan nya
thanks
saya coba bantu jawab ya pak..
1. untuk suara kasar seperti knalpot racing, apakah sistem knalpotnya sudah dicek ?
bisa saja pemilik sebelumnya melakukan modifikasi di bagian knalpotnya. Tapi kalo memang knalpot masih standa, suara bising bs muncul karena ada kebocoran di paking knalpotnya, selain itu saringan knalpot yg bagian dalamnya sudah kropos juga bs menimbulkan kebisingan.
Akan lbh enak perbandingan bisingnya kalo ada Taruna lain yang kondisinya standar, jadi bisa dicek apakah bisingnya itu wajar atau nggak
2. Suara mendecit waktu stir belok patah, kemungkinan besar dari V-belt yang selip di puli pompa PS. Ini umumnya terjadi di mbl yg berusia diatas 5 thn krn relief valve di pompa PS nya sudah mulai mampet, kalo aliran minyak PS mampet, maka putaran pompa PS jadi terhambat sehingga putaran puli ikut terhambat jadinya vbeltnya selip dan bunyi mendecit. Solusinya, sistem PS dikuras minyaknya dan pompanya dioverhaul untuk dibersihkan sehingga relief valve lancar kembali.
CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
whatsupdude wrote:permisi semua, numpang nimbrung..
saya baru beli daihatsu taruna FGX th 2002, mau numpang tanya n sedikit pencerahan maklum masih minim pengetahuan ttg mobil
1. Apakah suara mesin agak kasar (seperti pake knalpot racing) pas di gasitu wajar, karena menurut yg jual taruna memang seperti itu.
2. Saat stir belok abis ada suara bunyi (cit..cit), kira2 permasalahan nya apa?
mohon pencerahan nya
thanks
saya coba bantu jawab ya pak..
1. untuk suara kasar seperti knalpot racing, apakah sistem knalpotnya sudah dicek ?
bisa saja pemilik sebelumnya melakukan modifikasi di bagian knalpotnya. Tapi kalo memang knalpot masih standa, suara bising bs muncul karena ada kebocoran di paking knalpotnya, selain itu saringan knalpot yg bagian dalamnya sudah kropos juga bs menimbulkan kebisingan.
Akan lbh enak perbandingan bisingnya kalo ada Taruna lain yang kondisinya standar, jadi bisa dicek apakah bisingnya itu wajar atau nggak
2. Suara mendecit waktu stir belok patah, kemungkinan besar dari V-belt yang selip di puli pompa PS. Ini umumnya terjadi di mbl yg berusia diatas 5 thn krn relief valve di pompa PS nya sudah mulai mampet, kalo aliran minyak PS mampet, maka putaran pompa PS jadi terhambat sehingga putaran puli ikut terhambat jadinya vbeltnya selip dan bunyi mendecit. Solusinya, sistem PS dikuras minyaknya dan pompanya dioverhaul untuk dibersihkan sehingga relief valve lancar kembali.
kapsul 97 wrote:kapsul ane sekarnag juga pake Shell 15W-50, kalu pagi hari berisik banget suara klep nya, ane tanya montir ane, katanya suruh coba pake yang 10W-40, jadi sabtu besok waktunya ganti oli pengen baru coba 10W-40 juga ...
om setau sy oli 15w-50 lbh kental dr 10w-40.
klo pgn senyap diganti oli lbh encer pst ga kan tercapai om.
15w-50 lbh meredam suara krn lbh kental.
cmiiw.
kapsul 97 wrote:kapsul ane sekarnag juga pake Shell 15W-50, kalu pagi hari berisik banget suara klep nya, ane tanya montir ane, katanya suruh coba pake yang 10W-40, jadi sabtu besok waktunya ganti oli pengen baru coba 10W-40 juga ...
om setau sy oli 15w-50 lbh kental dr 10w-40.
klo pgn senyap diganti oli lbh encer pst ga kan tercapai om.
15w-50 lbh meredam suara krn lbh kental.
cmiiw.
jadi mungkin begini Oom pemikiran nya kenapa disarankan ganti oli yang lebih encer, jadi biar oli lebih mudah masuk ke sela-sela klep ... ane dah ganti sich ke 10W-40, emang suaranya jadi ga begitu berisik, tapi bukan berarti hilang, tapi masih ada suaranya walopun ga sekeras dulu ... dan yang lain nya adalah : kok nih toki kalu dah jalanbrang 15 menit-an, trus ane berhenti suara mesin ada aga 'meriah' dari sebelum pake 15W-50, apa "meriah" itu dari rante keteng atau apa ane lom selidikin lagi ... kalu gini kayaknya pindah ke 15W-50 aja dah walaupun cuman di pagi aja "meriah' nya, tapi kalu mesin dah panas ga ada lagi, lagian di mesin 7K itu normal bukan suara klep pagi hari itu ...
maskopat wrote:ooommmm kaaapppsssuuuuulllllll......
mending ente lakuin saran ane deh....!!!!!
pagi ini sempet ngelihat mikugra grandia MPI 2.0, itu bensin apa diesel ya? kalu mikugra emang better bensin apa diesel ya ? soal kenyamanan gmana compare to kapsul LGX level? bensin boroskah? harga spare part? tarikan berasa kayak bawa sedan kah ?
mikugra yang ane lihat ini emang ampe bangku belakang dah ngadep depan semua plus double blower ..
*si kompor Oom kopat kudi wajib harus jawab semua pertanyaan diatas !!!*
maskopat wrote:ooommmm kaaapppsssuuuuulllllll......
mending ente lakuin saran ane deh....!!!!!
pagi ini sempet ngelihat mikugra grandia MPI 2.0, itu bensin apa diesel ya? kalu mikugra emang better bensin apa diesel ya ? soal kenyamanan gmana compare to kapsul LGX level? bensin boroskah? harga spare part? tarikan berasa kayak bawa sedan kah ?
mikugra yang ane lihat ini emang ampe bangku belakang dah ngadep depan semua plus double blower ..
*si kompor Oom kopat kudi wajib harus jawab semua pertanyaan diatas !!!*