Berux_bogor wrote:ow....iya stelan angin juga memang kurang pas tapi sudah saya stel 1,5 masih nahan tarikannya.....tapi memang pengaruh ya.....setelah saya setel anginnya tarikannya nambah
tentu saja berpengaruh...bagai membuat adonan kue. Untuk menghasilkan kue yg enak, gak bisa maen campur aja, bisa2 tuh kue gak enak ato malah gak jadi. Sma aja dgn mesin, butuh campuran udara dan bensin yg seimbang. Kalo campuran bensin lebih banyak dr udara, tarikan motor akan terasa berat, mesin berisik, busi hitam, banyak kerak di piston n pokoknya kotor gitu deh enginnya, n bikin boros juga.
kalo udara lebih banyak/lebih kaya dr bansin, motor akan terasa kayak nembak gitu larinya, kayak motor mo keabisan bensin gimana sih? kayak kejang2 gitu larinya, knocking. Kalo kayak gini, ati2 aja, kalo dipaksa lari, bisa rusak piston cs. Biasanya busi akan pucat pasi, malah bisa cepet rusak tuh busi krn kepanasan.
nah, untuk mengetahui apakah campuran terlalu kaya ato miskin, liat aja dr busi. Busi bersihin dulu, terus coba ajak ngeceng 3-4 kilo, bawa pulang, buka tuh busi diliat. Cek deh di
http://www.denso.co.id pilih product, terus pilih spark plug. Liat gambar businya, cocokin sama busi bro, ketauan koq kira2 motornya kurang/kelebihan bensin..?
gak semua motor punya setelan angin yg sama. kayak sidik jari aja, tiap orang kan beda2, tapi punya model yg mirip..demikian juga setelan angin. Gak ada yg sama antara motor yg satu dgn lainnya. Cuma punya model yg sama, yaitu antara 1,2 sampai 1,8 putaran dr kanan. Ya dikira2in 1,5. Coba bro puter mentok ke kanan, kalo setelan angin dah mentok tapi gas / mesin masih belom mati, berarti gas motor kegedean. Nah, di karbu kan biasanya ada semacam baut yg gede yg bisa diputer pake tangan, itu dia namanya setelan gas. puter ke kiri (lawan jarum jam) sedikit sedikit sampe mesin mati. Kalo dah itu, baru deh maenin setelan anginnya. Nyalain mesin, tahan gas di 1500 Rpm (beli dulu deh kabel rpm nya kalo rusak, hehe). Tahan jangan sampe goyang sedikit pun! sedikit demi sedikit puter setelan angin pake tangan yg satunya lagi (jgn dipake buat ngobel cewe dulu, tuh tangan dua2 nya fokus ke motor dulu, hehe)...sambil puter anginnya, pelototin tuh tachometer sampe jereng, liat kan rpm nya naek terus seiring dgn puteran angin? cari yg rpm nya tertinggi, stop disitu! berarti kemungkinan besar dah ketemu setelan yg tepat. Kalo memang bro jitu, tuh setelan gak jauh2 dr 1,5 puteran pentok kanan deh...kalo masih gak enak bawanya, berarti perlu puter dikit lagi. Kalo mesin berebet, berarti campuran bensin kebanyakan dikit, puter ke kiri dikit. kalo knock, bensin kedikitan dikit, puter ke kanan. begitu sebaliknya.
kalo bro udah puter 1,5 puteran tarikan masih nahan, berarti kurang puter ke kiri dikit.
oh, ya, kalo cara diatas gak berhasil/ngaco, harap maklum, krn cara diatas gw terapin di 2 tak, hehe..kalo masih aja gak enak, berarti mungkin setelan klep dah berubah.. hehe..kacian deh.....hehe...