stir innova V berat, plis help
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
report : ternyata kuras minyak PS di ipah itu bener2 serba cepet... gmana kaga cepet coba, ntuh selang balik ane copot trus ane masukin mulut selangnya ke botol aqua... ehh gt ane start mesin aja ga ampe 3 detik uda ampir penuh tuh botol, bahkan tuh reservoir lgs kering... boro2 ane sempet muter setir...
akhirnya cara nya ane ganti, pertama nyalain mesin, gt ntuh minyak kluar smua, ane matiin mesin, trus sambungin tuh selang ke reservoir nya lagi... lalu isi minyak atf baru di reservoir ampe penuh... lalu nyalain mesin, puter2 setir beberapa kali... lalu cabut selang nya, dan buang atf tsb.... ulangi 2 kali... lalu, pasang kembali selang dan klem nya... trus tuang minyak ATF baru ampe penuh... oh iya, begitu ane nyalain mesin, biasanya ntuh pompa PS nya lgs berbunyi agak kenceng gt waktu ane puterin setir... musti didiemin dulu baru ilang... mungkin minyak nya blom turun kali....
hasil nya ?? setir tetep keras muter nya.. walaupun uda agak mendingan dikit, terutama waktu muterin setir sambil jalan pelan, skrg uda enteng.. tapi kalo lagi muter2 setir pas mo parkir seh tetep aja beratt... oh iya, bunyi berdesis waktu ane muterin setir skrg uda ilang...
ritual kuras ini sehh menurut ane bole sehh tiap 3 atau 4 taon skali... scara tadi kliatan banget beda nya... ATF lama begitu itam legam dan kentel banget...
akhirnya cara nya ane ganti, pertama nyalain mesin, gt ntuh minyak kluar smua, ane matiin mesin, trus sambungin tuh selang ke reservoir nya lagi... lalu isi minyak atf baru di reservoir ampe penuh... lalu nyalain mesin, puter2 setir beberapa kali... lalu cabut selang nya, dan buang atf tsb.... ulangi 2 kali... lalu, pasang kembali selang dan klem nya... trus tuang minyak ATF baru ampe penuh... oh iya, begitu ane nyalain mesin, biasanya ntuh pompa PS nya lgs berbunyi agak kenceng gt waktu ane puterin setir... musti didiemin dulu baru ilang... mungkin minyak nya blom turun kali....
hasil nya ?? setir tetep keras muter nya.. walaupun uda agak mendingan dikit, terutama waktu muterin setir sambil jalan pelan, skrg uda enteng.. tapi kalo lagi muter2 setir pas mo parkir seh tetep aja beratt... oh iya, bunyi berdesis waktu ane muterin setir skrg uda ilang...
ritual kuras ini sehh menurut ane bole sehh tiap 3 atau 4 taon skali... scara tadi kliatan banget beda nya... ATF lama begitu itam legam dan kentel banget...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
btw deltaspeed emang buka om ??
oh iya, persoalan setir berat kayanya emang blom terjawab tuh... masi harus dicari lagi...
oh iya, persoalan setir berat kayanya emang blom terjawab tuh... masi harus dicari lagi...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: stir innova V berat, plis help
emank cepet broo... mangkanya di sarankan kurasnya itu 2 orang.....
kalo yg bunyi itu emang wajar karena minyaknya belom turun....
kalo yg bunyi itu emang wajar karena minyaknya belom turun....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: stir innova V berat, plis help
@ DOHC : broo lupa nih, mobilnya udah di spooring belom???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
itu uda dikerjain 2 orang mar... tadi ane minta tolong bokap bantuin... tapi blom sempet di muter stir aja ntuh reservoir uda kburu kosong, ane isi jg lgs kosong kaya kesedot gt.... kayanya emang ga perlu di puter2 sgala kali yahh setir nya...
mobil uda di spooring mar waktu ganti ban kmaren ini... ban jg uda di balans... btw ane pake ban nya bridgestone b250... apa ini ban bobot atau pattern kembang nya yg bikin keras yahh..
mobil uda di spooring mar waktu ganti ban kmaren ini... ban jg uda di balans... btw ane pake ban nya bridgestone b250... apa ini ban bobot atau pattern kembang nya yg bikin keras yahh..
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: stir innova V berat, plis help
bukannya innova pake ban standard emang B250 atau yang dunlop itu...
jadi ban yang B250 itu mank stdnya dia deh kyknya....
jadi ban yang B250 itu mank stdnya dia deh kyknya....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
Re: stir innova V berat, plis help
Ban isi nitrogen udah? Lumayan juga bikin ringan...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: stir innova V berat, plis help
tekanan ban kurang gk broo?? kalo kgk lebihin aja dikit tekanannya..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: stir innova V berat, plis help
memantau dl ah....menarik jg nih trouble shooting nya......
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: stir innova V berat, plis help
sebelum dikuras ada suara desis yah chiong? trus sebelum dikuras level minyak atf nya di posisi max/full gak tuh?DOHC wrote:report : ternyata kuras minyak PS di ipah itu bener2 serba cepet... gmana kaga cepet coba, ntuh selang balik ane copot trus ane masukin mulut selangnya ke botol aqua... ehh gt ane start mesin aja ga ampe 3 detik uda ampir penuh tuh botol, bahkan tuh reservoir lgs kering... boro2 ane sempet muter setir...
akhirnya cara nya ane ganti, pertama nyalain mesin, gt ntuh minyak kluar smua, ane matiin mesin, trus sambungin tuh selang ke reservoir nya lagi... lalu isi minyak atf baru di reservoir ampe penuh... lalu nyalain mesin, puter2 setir beberapa kali... lalu cabut selang nya, dan buang atf tsb.... ulangi 2 kali... lalu, pasang kembali selang dan klem nya... trus tuang minyak ATF baru ampe penuh... oh iya, begitu ane nyalain mesin, biasanya ntuh pompa PS nya lgs berbunyi agak kenceng gt waktu ane puterin setir... musti didiemin dulu baru ilang... mungkin minyak nya blom turun kali....
hasil nya ?? setir tetep keras muter nya.. walaupun uda agak mendingan dikit, terutama waktu muterin setir sambil jalan pelan, skrg uda enteng.. tapi kalo lagi muter2 setir pas mo parkir seh tetep aja beratt... oh iya, bunyi berdesis waktu ane muterin setir skrg uda ilang...
ritual kuras ini sehh menurut ane bole sehh tiap 3 atau 4 taon skali... scara tadi kliatan banget beda nya... ATF lama begitu itam legam dan kentel banget...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
uda pake nitrogen om... tapi masi tetep aja...FortunerMan wrote:Ban isi nitrogen udah? Lumayan juga bikin ringan...
skrg tekanan ban pas masi dingin aja uda 35 psi... kalo lebihin takutnya jadi kurang nyaman...m4rio wrote:tekanan ban kurang gk broo?? kalo kgk lebihin aja dikit tekanannya..
std nya ipah itu dunlop seri d80 atau apa gt ane lupa... kalo yg Bridgestone mereka dulu pake nya yg b390, ban mahal tuh, lebi mahal dari turanza ar10 malah... soalnya awet bener tuh ban, ga jarang tuh orang2 pake bisa ampe 80rebu km.... cuman karena mahal yah toyota akhirnya beralih ke dunlop deh skrg....m4rio wrote:bukannya innova pake ban standard emang B250 atau yang dunlop itu...
jadi ban yang B250 itu mank stdnya dia deh kyknya....
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
bener siong... sblom dikuras tuh, kalo ane belokin setir aja ada suara berdesis gt...kalo level nya sehh gmana bisa ane liat, wong reservoir nya aja kaya tabung besi ketutup smua gt, tapi kalo diliat dari atas sehh kaya nya ampir penuh tuh...Hansen wrote:sebelum dikuras ada suara desis yah chiong? trus sebelum dikuras level minyak atf nya di posisi max/full gak tuh?DOHC wrote:report : ternyata kuras minyak PS di ipah itu bener2 serba cepet... gmana kaga cepet coba, ntuh selang balik ane copot trus ane masukin mulut selangnya ke botol aqua... ehh gt ane start mesin aja ga ampe 3 detik uda ampir penuh tuh botol, bahkan tuh reservoir lgs kering... boro2 ane sempet muter setir...
akhirnya cara nya ane ganti, pertama nyalain mesin, gt ntuh minyak kluar smua, ane matiin mesin, trus sambungin tuh selang ke reservoir nya lagi... lalu isi minyak atf baru di reservoir ampe penuh... lalu nyalain mesin, puter2 setir beberapa kali... lalu cabut selang nya, dan buang atf tsb.... ulangi 2 kali... lalu, pasang kembali selang dan klem nya... trus tuang minyak ATF baru ampe penuh... oh iya, begitu ane nyalain mesin, biasanya ntuh pompa PS nya lgs berbunyi agak kenceng gt waktu ane puterin setir... musti didiemin dulu baru ilang... mungkin minyak nya blom turun kali....
hasil nya ?? setir tetep keras muter nya.. walaupun uda agak mendingan dikit, terutama waktu muterin setir sambil jalan pelan, skrg uda enteng.. tapi kalo lagi muter2 setir pas mo parkir seh tetep aja beratt... oh iya, bunyi berdesis waktu ane muterin setir skrg uda ilang...
ritual kuras ini sehh menurut ane bole sehh tiap 3 atau 4 taon skali... scara tadi kliatan banget beda nya... ATF lama begitu itam legam dan kentel banget...
lagian kalo kata orang toyota nya sehh, ntuh minyak PS sebenernya ga perlu dikutak kutik slama ga terjadi kebocoran.. makanya di buku servis kaga dicantumin kapan suru diganti atau dikuras...
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: stir innova V berat, plis help
ngecek level reservoir PS itu dr tutupnya....disitu ada strip levelnya......
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
tapi waktu ane buka, ntuh strip nya basah smua kak... binggung makanya liatnya...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: stir innova V berat, plis help
kalau saya, ada di bagian body bak penampung power steering fluid, ada indikatorny.. tapi ga bitu kliatan.. karena sudah mulai buram bak penampungnyajalu wrote:ngecek level reservoir PS itu dr tutupnya....disitu ada strip levelnya......
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: stir innova V berat, plis help
kalo basah semua ya berarti kelebihan tuh.. liat basahnya di posisi yang cool atau hotDOHC wrote:tapi waktu ane buka, ntuh strip nya basah smua kak... binggung makanya liatnya...
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
jadi kapan nehh om nes kuras tuh PS si accord... kasian tuh om kelamaan...
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: stir innova V berat, plis help
ya kalo dicek dlm kondisi mesin mati dan basah stripnya, kemungkinan levelnya masih oke......
btw, kalo semua aspek udah dicek2, minyak udah diganti tapi stir masih berat, jangan2 pompanya yang bermasalah chiong....??
btw, kalo semua aspek udah dicek2, minyak udah diganti tapi stir masih berat, jangan2 pompanya yang bermasalah chiong....??
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: stir innova V berat, plis help
ntar ahh sekalian pas servis di 48 rb... cm kapan ya mobil gw nampe ke 48 rb...DOHC wrote:jadi kapan nehh om nes kuras tuh PS si accord... kasian tuh om kelamaan...
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: stir innova V berat, plis help
hmm.. ini kyanya mesti ktemu langsung deh, yadi paling tidak.. bisa terdefinisikan, berat setirnya seperti apa..jalu wrote:ya kalo dicek dlm kondisi mesin mati dan basah stripnya, kemungkinan levelnya masih oke......
btw, kalo semua aspek udah dicek2, minyak udah diganti tapi stir masih berat, jangan2 pompanya yang bermasalah chiong....??
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: stir innova V berat, plis help
secara volume sih emang oli PS ga bakal berkurang chiong... tapi yg namanya oli kan bisa terdegradasi kualitasnya selama pemakaian.....DOHC wrote:bener siong... sblom dikuras tuh, kalo ane belokin setir aja ada suara berdesis gt...kalo level nya sehh gmana bisa ane liat, wong reservoir nya aja kaya tabung besi ketutup smua gt, tapi kalo diliat dari atas sehh kaya nya ampir penuh tuh...Hansen wrote:sebelum dikuras ada suara desis yah chiong? trus sebelum dikuras level minyak atf nya di posisi max/full gak tuh?DOHC wrote:report : ternyata kuras minyak PS di ipah itu bener2 serba cepet... gmana kaga cepet coba, ntuh selang balik ane copot trus ane masukin mulut selangnya ke botol aqua... ehh gt ane start mesin aja ga ampe 3 detik uda ampir penuh tuh botol, bahkan tuh reservoir lgs kering... boro2 ane sempet muter setir...
akhirnya cara nya ane ganti, pertama nyalain mesin, gt ntuh minyak kluar smua, ane matiin mesin, trus sambungin tuh selang ke reservoir nya lagi... lalu isi minyak atf baru di reservoir ampe penuh... lalu nyalain mesin, puter2 setir beberapa kali... lalu cabut selang nya, dan buang atf tsb.... ulangi 2 kali... lalu, pasang kembali selang dan klem nya... trus tuang minyak ATF baru ampe penuh... oh iya, begitu ane nyalain mesin, biasanya ntuh pompa PS nya lgs berbunyi agak kenceng gt waktu ane puterin setir... musti didiemin dulu baru ilang... mungkin minyak nya blom turun kali....
hasil nya ?? setir tetep keras muter nya.. walaupun uda agak mendingan dikit, terutama waktu muterin setir sambil jalan pelan, skrg uda enteng.. tapi kalo lagi muter2 setir pas mo parkir seh tetep aja beratt... oh iya, bunyi berdesis waktu ane muterin setir skrg uda ilang...
ritual kuras ini sehh menurut ane bole sehh tiap 3 atau 4 taon skali... scara tadi kliatan banget beda nya... ATF lama begitu itam legam dan kentel banget...
lagian kalo kata orang toyota nya sehh, ntuh minyak PS sebenernya ga perlu dikutak kutik slama ga terjadi kebocoran.. makanya di buku servis kaga dicantumin kapan suru diganti atau dikuras...
kasian amet tuh kalo ga pernah dikuras...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: stir innova V berat, plis help
betul itu...
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: stir innova V berat, plis help
kalo komparasinya dng panther...IMO ya entengan stir panther.....nescafe wrote:hmm.. ini kyanya mesti ktemu langsung deh, yadi paling tidak.. bisa terdefinisikan, berat setirnya seperti apa..jalu wrote:ya kalo dicek dlm kondisi mesin mati dan basah stripnya, kemungkinan levelnya masih oke......
btw, kalo semua aspek udah dicek2, minyak udah diganti tapi stir masih berat, jangan2 pompanya yang bermasalah chiong....??
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
kalo yg ane ngobrol2 ama salah satu bengkel sehh... mereka saranin utk cek tie rod dkk nya... scara ntuh mobil km uda tinggi, dan coba di spooring ulang aja, kan ga smua tempat spooring bagus... lagian kan sperti yg ane blg dulu, ntuh mobil kalo jalan jelek kadang ada suara gluduk2 kecil gt kaya suara ban kempes... kalo mereka blg sehh kayanya itu ada masalah di tie rod...jalu wrote:ya kalo dicek dlm kondisi mesin mati dan basah stripnya, kemungkinan levelnya masih oke......
btw, kalo semua aspek udah dicek2, minyak udah diganti tapi stir masih berat, jangan2 pompanya yang bermasalah chiong....??
bsok ane mo coba betulin tuh kaki2... akan ane update terus d tret ini...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: stir innova V berat, plis help
ngomong2 stir panther, ane punya bermasalah lagi... skrg kalo dipake buat muter, terkadang bisa enteng, kadang malah jadi berat kaya pompa ps nya ga nyala...
numpang lewat aja....