umm.. klw yg namanya LSD di gardan sebenarnya bersidat pasif sehingga selalu bekerja kapan pun dan dimanapun,hanya saja "fungsinya" baru kelihat saat diff ngerasa ada pembagian daya yg berlebih antara roda kanan dan kiri atau tepatnya saat terjadi slip. sejauh mana LSD bisa menekan selisih putaran roda kanan dan kiri, itu bergantung system dan umur+kesehatan unit LSDny itu sendiri.sting wrote:om kopat, om gmx dan om cokino, ikutan nimbrung ya, dari manual Pajero yg ane baca LSD hanya ada di roda belakang dan tdk berhubungan dengan differential lock. juga disebut LSD hanya berfungsi kalau salah satu roda slip saja, kalau kedua roda slip misalnya kedua roda kejebak dilumpur dan ngak ada traksi maka LSD tdk berfungsi. Sebaiknya kalau masuk lumpur atau medan jelek aktifkan saja differential lock jadi ngak pusing satu atau 2 orang karena semua roda depan belakang sudah di kunci abis dengan diff lock. benar ngak om Billy ?maskopat wrote:sudah coba tuas transfer case dipasang di 4HLc atau 4LLc? karena kalo gak salah, LSD aktif di mode tersebut. cmiiw.cokino wrote:
Hmmm....sepertinya Gen 2 ga dilengkapi LSD baik di roda depan maupun belakang.
Pas cuci mobil iseng2 gw puter roda belakangnya ternyata roda belakang kiri dan kanan berputar berlawanan arah.
Atau mungkin Gen 2 tahun yg lebih muda sudah dilengkapi LSD (Punya gw thn 1995) ?
LSD juga bisa aja bekerja saat di aspal, coba aja klw tenaga mencukupi d 2H hentak gas di belokan pasti gampang ngegeserin pantat berasa "ngeDrif" gtu deh.. hehehe
dan LSD di gardan tidak ada hubungannya dgn posisi Tuas Transfercase hehe... makanya Ford Ranger HiRider atw truk hino ygkecil(engkel gtu sebutannya) yang 4x2 namun ada LSD di gardan blkng, keduanya sudah lumayan d pke di jalan jelek/perkebunan. "lumayan" dari pada polos hehehe....
stw ane pajero gen2 ada LSD di blkng, tpi nda tw dgn versi yg di indo yah... klw nda salah cirinya klw ban didongkrak kanan dan kiri ban di puter sebelah maka keduanya berputar searah, dan oli pun harus di kasih oli khusus LSD.. tpi gtw juga klw beda merk beda system LSDnya...
klw difflok sih beda lagi... umumnya Difflock yg bawaan pabrik bersifat aktif atw bisa di aktifkan secara manual, sedangkan yg aftermarket ada yg aktif ada juga yg pasif mirip LSD namun lebih "galak".
pajero yg umum di indo kebanyakan tidak ada yang berDifflok di gardan. kec opsi atw aftermarket.
cmiiw
thx