Teman-teman sekalian,
Kebetulan di rumah ada yamaha mio nih. Karena satu dan lain hal, sejak tahun lalu mio saya jarang sekali disenggol. Paling di cuci itu jg beberapa bulan sekali, dinyalain wah jarang banget. Odometer juga masih 1500 KM.
Nah sekarang rencananya pengen ngehidupin motor itu lagi, biar bisa dipake gitu. Masalahnya susah distarter. Aki soak, jelas. Tadi pagi sempat saya jumper aki mio dgn aki mobil saya, tapi tetep mesinnya ga mau nyala. Motor starternya muter. Di selah2 sampe pegel juga gak nyala.
Mohon petunjuk dong saya harus ngapain aja biar mio saya fit lagi.. Kalo bisa petunjuk atau tips yang bisa saya kerjain sendiri di rumah. Kalo mesin yang EFI sih lumayan lah dikit2 tahu, tapi kalo yang karburator masih blank.
Minimal gimana caranya biar mio bisa nyala lagi sampe bisa dibawa ke beRes.
Oh iya, sebelum mio diem nongkrong di garasi, sering kalo mesin belum cukup panas, tarikan kadang loyo dan mesinnya mbrebet. Kenapa ya tuh?
Terima kasih
Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Jul 08, 2008 9:25
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
coba diganti olinya dulu, dah setahun mengendap tuh, trus cek businya dan sapa tahu bensinnya habis
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
1. Akinya kalau selnya udah mati, walau disetrum nggak akan nyala. Ilmiahnya : cek voltase akinya.
2. Cek bensinnya sampai nggak
3. Cek listriknya sampai di busi nggak
4. Cek ada kompresi nggak
2. Cek bensinnya sampai nggak
3. Cek listriknya sampai di busi nggak
4. Cek ada kompresi nggak
Ready to Race
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Jul 08, 2008 9:25
Re: Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
Makasih responnya..
Aki kayaknya emang selnya udah mati, dicek tegangannya cuman 2 Volt. Tapi dinamo starter masih bagus, saya coba dijumper ke aki mobil.
Bensin ada, full tank malah.
Cek busi maksudnya apakah businya masih mantik atau enggak gitu ya?
Cek kompresi gimana tuh caranya? Yang perlu copot busi trus lubangnya ditutup pakai jempol? Apa mungkin motor jarang dipakai kompresinya bisa bocor?
Sama cek bensinnya sampai, gimana caranya ya?
Terima kasih.
Aki kayaknya emang selnya udah mati, dicek tegangannya cuman 2 Volt. Tapi dinamo starter masih bagus, saya coba dijumper ke aki mobil.
Bensin ada, full tank malah.
Cek busi maksudnya apakah businya masih mantik atau enggak gitu ya?
Cek kompresi gimana tuh caranya? Yang perlu copot busi trus lubangnya ditutup pakai jempol? Apa mungkin motor jarang dipakai kompresinya bisa bocor?
Sama cek bensinnya sampai, gimana caranya ya?
Terima kasih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
1. Ganti akinya dulu bro. Yang ini kayaknya udah wajib deh.
2. Copotin selang yang paling deket ke injektor / karburator. Keluar nggak bensinnya di situ. Bisa saja bensin ada di tangki tapi nggak sampai ke ruang bakar (ada yg mampet).
3. Coba distarter, businya keluar apinya nggak. Ganti busi juga lebih baik.
4. Ya gitulah emang gunanya jempol. Yah, kalau udah diurutin dari satu sampai tiga semua udah oke nggak ada salahnya cek ini sekalian khan.
2. Copotin selang yang paling deket ke injektor / karburator. Keluar nggak bensinnya di situ. Bisa saja bensin ada di tangki tapi nggak sampai ke ruang bakar (ada yg mampet).
3. Coba distarter, businya keluar apinya nggak. Ganti busi juga lebih baik.
4. Ya gitulah emang gunanya jempol. Yah, kalau udah diurutin dari satu sampai tiga semua udah oke nggak ada salahnya cek ini sekalian khan.
Ready to Race
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Jul 08, 2008 9:25
Re: Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
Oke bos dicobain dulu yah..
Kalo ada saran lain boleh dong dipost..
Oh iya soal oli, ada berapa macem oli dan lubang pengisian dan pembuangannya dimana yah? rekomen merk oli sekalian deh kan sekarang udah banyak tuh oli non genuine.
makasih
Kalo ada saran lain boleh dong dipost..
Oh iya soal oli, ada berapa macem oli dan lubang pengisian dan pembuangannya dimana yah? rekomen merk oli sekalian deh kan sekarang udah banyak tuh oli non genuine.
makasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14
Re: Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
coba cek bannya juga masi muter ga...
xixixi...
smoga sukses brur,,td jg mo ngmng gt,,,eh udh d post d1...
xixixi...
smoga sukses brur,,td jg mo ngmng gt,,,eh udh d post d1...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
oli mesin pake yamalube matic saja, lubang pembuangann dibawah mesin, sejajar ama kipas, lubang pengisian dkt ama kipas,ariandy wrote:Oke bos dicobain dulu yah..
Kalo ada saran lain boleh dong dipost..
Oh iya soal oli, ada berapa macem oli dan lubang pengisian dan pembuangannya dimana yah? rekomen merk oli sekalian deh kan sekarang udah banyak tuh oli non genuine.
makasih
oli gir reduksi juga ganti pake yamalube gear oil 100ml, lubang pembuangan dibawah cvt dkt ama paha rem, lubang pengisian dkt ama sokbreker
cmiiw
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Jul 08, 2008 9:25
Re: Mio setahun ga distart pengen dihidupin lagi
Sip makasih bos spin infonya..
Update nih, pas cek kompresi, ruang bakarnya kok gak kebanjiran bensin ya? bukannya kalau di-selah bensinnya ngocor? Jadi gak ada bau bensin sama sekali.
Update nih, pas cek kompresi, ruang bakarnya kok gak kebanjiran bensin ya? bukannya kalau di-selah bensinnya ngocor? Jadi gak ada bau bensin sama sekali.