About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by firawan6275 »

cokino wrote:
gmx wrote::frm_salut: buat om cokina atas infonya, nambah pengetahuan juga buat gw :e-clap:

:frm_salut: juga buat om nathan yang teliti sekali milih mobil.. gw kalo beli mobil second jangankan ngecek air wiper belakang, ngecek nomor mesin dan no chasis juga ngga hehehe.. jangan ditiru.. Alhamdulillah so far mobil2 yg gw beli kondisinya bagus semua..

1. dulu waktu hunting pajero, nemu pajero yang dijual dalam kondisi kaca depan retak. pemiliknya bilang kalo jadi beli, nanti kaca depannya dia yang ganti, sekitar 800rb katanya (harga tahun awal2 2008), tapi itu ga tau ori apa ngga

3. tempat air wiper ada di pintu belakang om, di door trim pintu belakang bisa dibuka, bareng sama tempat tools, udah di cek ada airnya ngga?

4. radius putar pajero 5.9m

7. gw juga ada eterna, kisi ac depan tengah patah, harganya 450rb, tapi belum gw ganti.. ga tau kalo pajero berapa harganya

btw, kalo banyak kekurangan minor seperti itu, sepertinya pemiliknya kurang merawat mobil ya.. udah di cek belum ada ngga kekurangan major, terutama di mesin, drivetrain, kaki2..
@GMX : Jadi malu ah, masih pemula juga koq om...

Agak riskan make kaca depan seharga 800rb. Jangan-jangan bahannya dari glass biasa bukan yg tempered glass. Berbahaya memakai Glass biasa untuk kaca depan karena sifat Glass biasa yg membentuk sudut-sudut tajam apabila pecah. Berbeda dengan Tempered Glass yang "pecah seribu" dan membentuk sudut-sudut yg lebih tumpul apabila pecah.

Radius 5.9 m cukup baik koq om untuk SUV seukuran Pajero (dibandingkan Ford Ranger gw :big_peace: ).

Oh ya, tadi mampir ke Beres...sayang bengkelnya lagi rame. Jadi terpaksa diundur besok pagi untuk Tune Up nya.
Konfirmasi dari Frontman-nya : Oli Gearbox dan Transfercase menggunakan Pertamina Rored single grade SAE90.
Sementara hasil browsing dari Forum-forum Pajero Luar : Gearbox dan Transfercase menggunakan Multigrade 75w-90. Dimana ya nyari oli multigrade 75w-90 ?

Udah ada yg pernah coba Pertamina Fastron Full Synthetic di Pajeronya ??? Share plz... :thanks:


(Mohon maaf kalo ada yang salah)
Boleh join ya Om..Oli kayaknya bisa pake Mobil1 Mobilube HD 80W90. Sy pake buat Cherokee XJ, cuma belakang saja tambah Mopar friction modifier utk LSDnya. Yg lain banyak kok, Shell juga ada cuma lupa tipenya. Thanks.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by firawan6275 »

sorry double post
Last edited by firawan6275 on Tue Nov 03, 2009 15:39, edited 1 time in total.
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by cokino »

Ho o, nikmat banget denger deruman mesin V 6 silinder... :frm_tumbleft:

Kemaren iseng2 ngobrol ama temen yg buka bengkel...menurut dia, Gearboxnya kudu di overhaul biar bunyi dengungnya ilang. Analisa sementara sih Bearing di As gearbox dan bearing di TC yg harus diganti dan menurut beliau jg Bearing2 mobil jepang mudah cari persamaannya.

1 minggu yang lalu gw tanya ke Beres harga 1 set Kopling Pajero nyaris 4 juta diluar Jasa. Itemnya terdiri dari Kampas kopling, dekrup, bearing dekrup dan Bearing 1 lg (lupa namanya). "Bearing 1 lg itu" harganya 1 jt lebih. Emang itu bearing apa sih, sole setau gw klo ganti kopling paling 3 item itu doang yg diganti (Kampas, Dekrup dan bearing dekrup). Kalo di Jakarta kena berapaan ya harga 1 set kopling Pajero ??
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by maskopat »

cokino wrote:Ho o, nikmat banget denger deruman mesin V 6 silinder... :frm_tumbleft:

Kemaren iseng2 ngobrol ama temen yg buka bengkel...menurut dia, Gearboxnya kudu di overhaul biar bunyi dengungnya ilang. Analisa sementara sih Bearing di As gearbox dan bearing di TC yg harus diganti dan menurut beliau jg Bearing2 mobil jepang mudah cari persamaannya.

1 minggu yang lalu gw tanya ke Beres harga 1 set Kopling Pajero nyaris 4 juta diluar Jasa. Itemnya terdiri dari Kampas kopling, dekrup, bearing dekrup dan Bearing 1 lg (lupa namanya). "Bearing 1 lg itu" harganya 1 jt lebih. Emang itu bearing apa sih, sole setau gw klo ganti kopling paling 3 item itu doang yg diganti (Kampas, Dekrup dan bearing dekrup). Kalo di Jakarta kena berapaan ya harga 1 set kopling Pajero ??
nah, kalo masalah harga spare part, ada jagoannya om... juragan spare part.. nanti ane panggil ya om...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by cokino »

firawan6275 wrote:Boleh join ya Om..Oli kayaknya bisa pake Mobil1 Mobilube HD 80W90. Sy pake buat Cherokee XJ, cuma belakang saja tambah Mopar friction modifier utk LSDnya. Yg lain banyak kok, Shell juga ada cuma lupa tipenya. Thanks.
Wah, boleh dicoba nih...thanks infonya.
Tapi cari olinya dimana ya :e-think: ??
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by cokino »

maskopat wrote:
cokino wrote:Ho o, nikmat banget denger deruman mesin V 6 silinder... :frm_tumbleft:

Kemaren iseng2 ngobrol ama temen yg buka bengkel...menurut dia, Gearboxnya kudu di overhaul biar bunyi dengungnya ilang. Analisa sementara sih Bearing di As gearbox dan bearing di TC yg harus diganti dan menurut beliau jg Bearing2 mobil jepang mudah cari persamaannya.

1 minggu yang lalu gw tanya ke Beres harga 1 set Kopling Pajero nyaris 4 juta diluar Jasa. Itemnya terdiri dari Kampas kopling, dekrup, bearing dekrup dan Bearing 1 lg (lupa namanya). "Bearing 1 lg itu" harganya 1 jt lebih. Emang itu bearing apa sih, sole setau gw klo ganti kopling paling 3 item itu doang yg diganti (Kampas, Dekrup dan bearing dekrup). Kalo di Jakarta kena berapaan ya harga 1 set kopling Pajero ??
nah, kalo masalah harga spare part, ada jagoannya om... juragan spare part.. nanti ane panggil ya om...
Boleh om...sapa tau dikasi diskon 75%... :big_peace:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

cokino wrote:Ho o, nikmat banget denger deruman mesin V 6 silinder... :frm_tumbleft:
emang asik om, suaranya berasa muscle car
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by cokino »

Tadi pagi Pajero di pake bwat ke kebun karena Ranger lagi servis (lagi2 ganti Bearing Roda :frm_bang_head: )

Jam 1 siang sampe jam 6 sore Hujan jadi jalan yg dilewati super lengket dan Licin. Lubang-lubang kecil sampe medium.

Surprise banget !!

Biasanya Ranger/FJ40 kalo ga pake 4H/4L jalannya udah ga bisa lurus tapi ni Pajero lurus2 aja (Slidingnya minim sekali) jalannya make 2H. FJ make ban Jeep Service, Ranger make Ban Maxxis BuckShoot MT, Pajeronya malah make Dueller AT. Apa karena bobot Pajero yg lebih berat ?



Oh iya...
untuk menghilangkan baret-baret medium pake apa ya ???
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

kalo baret2 sih seperti mobil lainnya kie tukang poles om..
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

gmx wrote:kalo baret2 sih seperti mobil lainnya kie tukang poles om..
gak ikutan ke puncak, bro ?

Pajero gw mau didandan kayak gini nih rencananya
kalo ada inputan lain
monggo

Image
Erwintel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Oct 21, 2009 7:00

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by Erwintel »

Oom boss semua,, nubi mau nanya apa sistem suspensi depan pajeroh seport sama dgn 3ton? Masalahnya 3ton sy depannya limbung bgt susnya,, gimana cara bikin lbh nyaman dan kalo hrs ada penggantian sus kit (per dan shockbreaker) bagusan pake apa? Thx.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

hendra pajero wrote:
gmx wrote:kalo baret2 sih seperti mobil lainnya kie tukang poles om..
gak ikutan ke puncak, bro ?

Pajero gw mau didandan kayak gini nih rencananya
kalo ada inputan lain
monggo

Image
wesss sangar.. tapi itu bullbar siti sliker banget, gw lebih suka yang model ARB, bisa masuk winch juga.. btw dito bilang pajero bisa pasang winch tanpa pake bullbar, pengen juga

gw kemarin gw ga ikut, landy lagi ga bisa jalan jauh, pajero ban masih AT..
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

Erwintel wrote:Oom boss semua,, nubi mau nanya apa sistem suspensi depan pajeroh seport sama dgn 3ton? Masalahnya 3ton sy depannya limbung bgt susnya,, gimana cara bikin lbh nyaman dan kalo hrs ada penggantian sus kit (per dan shockbreaker) bagusan pake apa? Thx.
billy ke mana nih.. kali aja billy bisa bantuin
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by cokino »

Kaki2 depan Pajero ga ada Per nya om. Di L200 yg lama jg gitu, ga make Per tapi ngadelin Batang Torsi...kurang tau kalo 3Ton.

Limbungnya kayak apa om ? Seperti terlalu mengayun kalo lg hajar lobang/gundukan atau limbung di tikungan atau kayak perahu oleng ?
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by cokino »

gmx wrote:kalo baret2 sih seperti mobil lainnya kie tukang poles om..
Udah, tapi ga ilang jg gores2nya. Kali aja Om ada jurus sakti buat ngilangin baret2 :).
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

Erwintel wrote:Oom boss semua,, nubi mau nanya apa sistem suspensi depan pajeroh seport sama dgn 3ton? Masalahnya 3ton sy depannya limbung bgt susnya,, gimana cara bikin lbh nyaman dan kalo hrs ada penggantian sus kit (per dan shockbreaker) bagusan pake apa? Thx.
bukannya udh join dcab id, bro ?
solusinya pasti dapet
ato main aja ke TAS4X4 Medan, punya om peter tuh
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by Abu2 »

omm hendra, TAS 4x4 medan itu tepatnya dimana ya? dijalan kenanga sari kah?
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by firawan6275 »

cokino wrote:Ho o, nikmat banget denger deruman mesin V 6 silinder... :frm_tumbleft:

Kemaren iseng2 ngobrol ama temen yg buka bengkel...menurut dia, Gearboxnya kudu di overhaul biar bunyi dengungnya ilang. Analisa sementara sih Bearing di As gearbox dan bearing di TC yg harus diganti dan menurut beliau jg Bearing2 mobil jepang mudah cari persamaannya.

1 minggu yang lalu gw tanya ke Beres harga 1 set Kopling Pajero nyaris 4 juta diluar Jasa. Itemnya terdiri dari Kampas kopling, dekrup, bearing dekrup dan Bearing 1 lg (lupa namanya). "Bearing 1 lg itu" harganya 1 jt lebih. Emang itu bearing apa sih, sole setau gw klo ganti kopling paling 3 item itu doang yg diganti (Kampas, Dekrup dan bearing dekrup). Kalo di Jakarta kena berapaan ya harga 1 set kopling Pajero ??
Yang satu lagi itu mungkin Pilot bearing Om, tugasnya nyangga transmission input shaft (as blender). Pasangnya di flywheel (roda gila), mobil dinas tiap pagi ada bunyi ngorok pas baru hidup. Kemaring baru ganti kopling, dekrup, clutch release bearing dan pilot beraing itu. Sekarang udah sembuh, ga ada bunyi ngorok lagi. Tapi memang klo 1 jutaan relatif mahal, klo pilot bearing itu ukurannya agak kecil.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by zweifellos »

om2 yang punya pajero di sini, pajero nya ada yang pake matic dan sering di bawa ke jalan bukan aspal mulus (ntah jalan tanah berbatu atau malah jalanan lumpur yang terkadang mesti pake 4WD untuk melewatinya) ga ya om? kalo ada, gimana efek dibawa ke jalanan offroad terhadap umur transmisi maticnya om? apakah jadi lebih cepat rusak? atau gimana. mohon penjelasannya om.

thanks sebelumnya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
flame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by flame »

@om sting,
teringatnya bln sept/okt kemaren jadi ga om turing lintas sumatera?
om, mohon sharing pengalamannya ama pajero did ?
sekalian up tret ini biar rame lagi, soalnya ane juga penggemar berat M P did.
siinoi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Oct 15, 2008 9:26

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by siinoi »

@ all - permisi om dan tante, kemarin ada teman nawarin Mitsubishi Pajero 3.0 1995 (2 pintu + kanvas) CBU. komplit surat dan berwarna hitam...mau nanya apakah worth to buy? kemarin kepikiran beli BJ40 tapi kan tahun 80an trus kalo wrangler kan mahal yah. foto kalau mau share disini gimana ya?

mohon saran ya.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

worth to buy tergantung om.. dibanding BJ40, pajero 3.0 1995 tentu lebih nyaman, mesinnya pasti bensin V6 3000cc sama dengan ATPM, jadi spare part mesin juga harusnya aman. kaki2 harusnya juga sama dengan ATPM, tapi berhubung CBU, mungkin fitur2nya beda, bodypart ATPM aja agak susah stocknya, makanya paling penting dilihat bodypart dan fitur2 masih normal semua apa ngga, apalagi CBU kalo kelasnya lebih tinggi. yang ATPM kelasnya GLS. BJ40 cenderung kolektor item, jadi harganya juga mahal, kenyamanan tentu dibawah pajero. banyak yang bilang BJ40 kalo masih mesin asli 3B katanya underpower, ngga tau bener apa ngga.. makanya rata2 diswap ke 13B(T), 14B(T), dan paling sangar ke 15B(T)

paling asik kalo dapet pajero short 2500cc Turbodiesel intercooler, masinnya 4D56T

emang lebih enak kalo ada foto, bisa click di postreply, nanti ada pilihan attachnya, kalo quick reply ngga bisa attach
siinoi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Oct 15, 2008 9:26

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by siinoi »

nah, sudah di upload. bagaimana pendapatnya??
kalo ga salah bensin + m/t. besok rencana mo liat barangnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

om, coba liat lagi, 3000cc atau 3500cc, saya liatnya kok 3500cc..

Image

mantep banget nih mobil.. 3500cc lebih bertenaga, short lagi, engine code 6G74, ngga ada persamaannya dengan produk keluaran ATPM, tapi tanya2 dulu ke pemiliknya, nyari spare part di mana.. saya baru sekali liat yang 3500cc waktu itu lagi dimodif di kemayoran. bengkel-bengkel resmi mitsu tetap terima mitsu CBU dengan catatan keterbatasan knowledge, keterbatasan alat, dan keterbatasan ketersediaan spare part, walaupun saya pernah tanya2, mereka mau bantu usahakan spare part..

sebenernya ngga perlu terlalu khawatir mengenai spare part, pajero cukup kuat ngga gampang rusak, tapi jaga2 aja kali2 terjadi yang ngga diinginkan..

btw, velg ngga orisinil kecuali velg ban serep
siinoi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Oct 15, 2008 9:26

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by siinoi »

@ om gmx - kalo soal cc karna g mengacu pada plat polisi (cek via sms 1717) tertulis 3000cc + hardtop, jangan-jangan surat kawinan?? tapi besok g cek lagi dengan nomor mesin/bodi pada bpkb + stnk aja biar aman dan yakin :) berarti pertanyaan selanjutnya saya adalah :

(1) untuk spare parts apakah segitu langkanya untuk tipe ini karena jadi aga khawatir juga sih takutnya ga bisa kanibal dengan parts mitsu lain
(2) velg mungkin bisa kali ya pelan-pelan cari tapi ga prinsip sih buat g. cuma besok mo cek interior apakah asli apa sudah diganti, karena sempet browsing katanya tipe ini adalah tipe "pajero mini", apa betul?
(3) kan doi bilang ini m/t apakah bisa diganti menjadi a/t yah? hehe biar ga repot pas dipake di macetnya jalanan ibukota.
(4) karena kanvas, aga deg-degan dengan aksi vandalism sampai kasus pencurian mobil...ada referensi ga sih yang bisa bikin jadi hardtop? emang jadinya ga klasik sih, tapi apa daya daripada ilang :P

jadi bagaimana menurut om gmx? di pinang aja?