Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hadihidayat wrote:gue boleh tanya yah bro..
beda air radiator coolant warna hijau dengan air radiator coolant warna merah apa yah?
apa beda peruntukannya?
boleh dong..... masa tanya2 aje ga boleh.......
sama aja bro..... warna itu cuma untuk menunjukkan klo ada kebocoran, bisa segera diketahui sumbernya....ama masing2 pabrik, punya warna tertentu buat membedakan dg pabrik lainnya............. wlp ada beberapa pabrik menggunakan warna yg sama.........
daku khan boilnya carniv 2000 bensin. nah posisi dapet sih radiator nya pake air biasa aje. abis ntu dipake dipake.. masalah kepanasan mulai muncul. awalnya gara2 si kipas sudah bosen memutarkan dirinya... jadi alhasil ya overhet trus ganti deh tu si kipas. nah abis diganti (ganti nya telp service KIA, jadi mobil service nya dateng buat memperbaiki, dimane khan aku kejadiannya pas dijalan..) boil normal kira2 3 hari... trus... temp nya naek maning... setelah di cek cek cek... sekring nya sudah wafat.. abis tu diganti dunk... abis diganti.. uehhh... beberapa waktu kemudian.. keluar asep dari tempat oli... ya dah deh.. sekalian nurunin mesin ma selep selep kanan kiri atas bawah githo... nah sesudah beres diperbaiki... khan harus diisi tha radiatornya... aku seh kepengen pake coolant... tapi terus koq si bengkel menyaranken jangan pake kulen ya... soale mobile dah terbiasa make aer biasa.. dimana blok mesine khan udah ga rapet sangat... takute klo pake kulen nti kerak2 yang seharusnya bisa mencegah kebocoran ato gimana gitu.. nti jadi bersih... terus malah nti bisa kejadian bocor dimana2 karena si kerak2 yang niscaya (mungkin) bisa mempertebel ato at least melapisi (==> jujur seh pas disini, aku nya agak bingung... koq kerak koq melapisi.. tapi point nya aku ngerti seh... juragan2 ya paham to.. hehehe).. semua bisa jadi bersih gara2 si kulen... trus malah bocor.. jadi mending pake aer ber tds rendah.. trus 1/2 th sekali ato pas ganti oli.. si aer diganti juga... jadi ga usah pake coolant.... begono......
mohon pencerahannye yew...
makacih.....
hal ini tergantung nt ndiri bro, mau pake mblnya dlm jangka waktu lama ato ga lama lagi mo dijual nih.......... klo itu mbl mau dipake dlm jangka waktu yg cukup lama, saran ane mendingan dipakein radiator coolant, yg berguna buat mencegah timbulnya karat baru....... klo ada kebocoran, sebaiknya diperbaiki ampe tuntas....... jadi ga bikin masalah lagi di kemudian hari..............
hadihidayat wrote:gue boleh tanya yah bro..
beda air radiator coolant warna hijau dengan air radiator coolant warna merah apa yah?
apa beda peruntukannya?
boleh dong..... masa tanya2 aje ga boleh.......
sama aja bro..... warna itu cuma untuk menunjukkan klo ada kebocoran, bisa segera diketahui sumbernya....ama masing2 pabrik, punya warna tertentu buat membedakan dg pabrik lainnya............. wlp ada beberapa pabrik menggunakan warna yg sama.........
nanti coba ah.. air biasa tak kasih pewarna.. khan jd sama tuh kya radiator coolant.. ........
nescafe wrote:
nanti coba ah.. air biasa tak kasih pewarna.. khan jd sama tuh kya radiator coolant.. ........
mana bisa sama nes.......... khan nt ga kasih pewarna.... klo ' tak kasih ' khan artinya ga dikasih... jadi klo ga dikasih pewarna, mana bisa sama.....
mungkin maksudnya dik nescafe dg ' tak kasih ' adalah memberikan pewarna, shg warnanya menyerupai radiator coolant................
nescafe wrote:
nanti coba ah.. air biasa tak kasih pewarna.. khan jd sama tuh kya radiator coolant.. ........
mana bisa sama nes.......... khan nt ga kasih pewarna.... klo ' tak kasih ' khan artinya ga dikasih... jadi klo ga dikasih pewarna, mana bisa sama.....
mungkin maksudnya dik nescafe dg ' tak kasih ' adalah memberikan pewarna, shg warnanya menyerupai radiator coolant................
wkt adikku service inovanya di bengkel dipondok gede, montir disana bilang jangan menggunakan coolant warna hijau.. dia menganjurkan coolant warna merah.
katanya warna hijau jelek kualitasnya.. padahal udah bertahun2 matrix ku selalu pake coolant warna hijau.
apa kadang2 kata2 montir bengkel sering asbun aja yah?
uuhh jaman sekarang susah nyari montir berkwalitas dan baik hati
sjamsul wrote:
sama aja bro..... warna itu cuma untuk menunjukkan klo ada kebocoran, bisa segera diketahui sumbernya....ama masing2 pabrik, punya warna tertentu buat membedakan dg pabrik lainnya............. wlp ada beberapa pabrik menggunakan warna yg sama.........
hadihidayat wrote:
apa kadang2 kata2 montir bengkel sering asbun aja yah?
uuhh jaman sekarang susah nyari montir berkwalitas dan baik hati
bukan asbun, tp tergantung pengalaman & kepentingan si montirnya........... ada yg trauma dg warna2 tertentu ato ada juga mendewa2kan suatu merk, krn dapet diskon yg gede............
makanya nt bisa membuat patokan sendiri.... klo dah cocok dg satu merk.... teruskan..... yg penting diingat adalah jangka waktu penggantian air radiatornya....... harus teratur..........
daku khan boilnya carniv 2000 bensin. nah posisi dapet sih radiator nya pake air biasa aje. abis ntu dipake dipake.. masalah kepanasan mulai muncul. awalnya gara2 si kipas sudah bosen memutarkan dirinya... jadi alhasil ya overhet trus ganti deh tu si kipas. nah abis diganti (ganti nya telp service KIA, jadi mobil service nya dateng buat memperbaiki, dimane khan aku kejadiannya pas dijalan..) boil normal kira2 3 hari... trus... temp nya naek maning... setelah di cek cek cek... sekring nya sudah wafat.. abis tu diganti dunk... abis diganti.. uehhh... beberapa waktu kemudian.. keluar asep dari tempat oli... ya dah deh.. sekalian nurunin mesin ma selep selep kanan kiri atas bawah githo... nah sesudah beres diperbaiki... khan harus diisi tha radiatornya... aku seh kepengen pake coolant... tapi terus koq si bengkel menyaranken jangan pake kulen ya... soale mobile dah terbiasa make aer biasa.. dimana blok mesine khan udah ga rapet sangat... takute klo pake kulen nti kerak2 yang seharusnya bisa mencegah kebocoran ato gimana gitu.. nti jadi bersih... terus malah nti bisa kejadian bocor dimana2 karena si kerak2 yang niscaya (mungkin) bisa mempertebel ato at least melapisi (==> jujur seh pas disini, aku nya agak bingung... koq kerak koq melapisi.. tapi point nya aku ngerti seh... juragan2 ya paham to.. hehehe).. semua bisa jadi bersih gara2 si kulen... trus malah bocor.. jadi mending pake aer ber tds rendah.. trus 1/2 th sekali ato pas ganti oli.. si aer diganti juga... jadi ga usah pake coolant.... begono......
mohon pencerahannye yew...
makacih.....
hal ini tergantung nt ndiri bro, mau pake mblnya dlm jangka waktu lama ato ga lama lagi mo dijual nih.......... klo itu mbl mau dipake dlm jangka waktu yg cukup lama, saran ane mendingan dipakein radiator coolant, yg berguna buat mencegah timbulnya karat baru....... klo ada kebocoran, sebaiknya diperbaiki ampe tuntas....... jadi ga bikin masalah lagi di kemudian hari..............
dipake dalam jangka waktu yang panjang bos... dimane uda tak perbaiki semua.. mpe ganti ke [cencored] nya segale... hehehehe...
lha terus klo pake radiator coolant nya enaknya yang apa en gimana ya.. dimane klo mbleding carniv khan agak ribet... klo salah nge beleding ja bisa dipastiken pasti nti jadi overhet alias puanes nes nes.. juga takut klo aer coolant nya kesaktian nti takute klo kejadian yang dihindari malah kejadian gimana.. (dalam arti mpe mampet ato bocor ato gimana2 gitu..)
hadihidayat wrote:gue boleh tanya yah bro..
beda air radiator coolant warna hijau dengan air radiator coolant warna merah apa yah?
apa beda peruntukannya?
kadang itu bisa jg cuman pengaruh pewarnaan doank tapi kadang bisa jg jenis coolantnya lain bro... kalo di prestone, warna merah itu jenis yg long life, bukan buat tiap taon diganti tapi per 5 taon skali diganti, nama dagang nya dexcool kalo ga salah...
daku khan boilnya carniv 2000 bensin. nah posisi dapet sih radiator nya pake air biasa aje. abis ntu dipake dipake.. masalah kepanasan mulai muncul. awalnya gara2 si kipas sudah bosen memutarkan dirinya... jadi alhasil ya overhet trus ganti deh tu si kipas. nah abis diganti (ganti nya telp service KIA, jadi mobil service nya dateng buat memperbaiki, dimane khan aku kejadiannya pas dijalan..) boil normal kira2 3 hari... trus... temp nya naek maning... setelah di cek cek cek... sekring nya sudah wafat.. abis tu diganti dunk... abis diganti.. uehhh... beberapa waktu kemudian.. keluar asep dari tempat oli... ya dah deh.. sekalian nurunin mesin ma selep selep kanan kiri atas bawah githo... nah sesudah beres diperbaiki... khan harus diisi tha radiatornya... aku seh kepengen pake coolant... tapi terus koq si bengkel menyaranken jangan pake kulen ya... soale mobile dah terbiasa make aer biasa.. dimana blok mesine khan udah ga rapet sangat... takute klo pake kulen nti kerak2 yang seharusnya bisa mencegah kebocoran ato gimana gitu.. nti jadi bersih... terus malah nti bisa kejadian bocor dimana2 karena si kerak2 yang niscaya (mungkin) bisa mempertebel ato at least melapisi (==> jujur seh pas disini, aku nya agak bingung... koq kerak koq melapisi.. tapi point nya aku ngerti seh... juragan2 ya paham to.. hehehe).. semua bisa jadi bersih gara2 si kulen... trus malah bocor.. jadi mending pake aer ber tds rendah.. trus 1/2 th sekali ato pas ganti oli.. si aer diganti juga... jadi ga usah pake coolant.... begono......
mohon pencerahannye yew...
makacih.....
carnival itu kalo yg ane baca di majalah otomotif, kayanya kalo uda agak tua, seal2 packing mesin bole diganti bro, karena denger2 agak kurang bisa beradaptasi ama iklim sini... nahh biasanya penyakit air coolant masuk ke ruang mesin tuh gara2 ntuh seal, jadi air bisa rembes masuk ke ruang mesin.... mungkin itu kali yg dimaksud oleh montir dgn mesin uda kaga rapet sangat...
pake air biasa pun kalo emang blok mesin nya uda berkarat parah, pasti jebol jg bro, karena emang di ruang mesin itu kan terjadi tekanan swaktu bensin dibakar, nah kalo emang dinding mesin nya uda tipis gara2 karat yah jebol lah, toh karat itu kan kaga menjadi bagian dari besi itu kan... jadi yah ane anggap sigh saran jangan pake coolant itu rada2 ga make sense...
daku khan boilnya carniv 2000 bensin. nah posisi dapet sih radiator nya pake air biasa aje. abis ntu dipake dipake.. masalah kepanasan mulai muncul. awalnya gara2 si kipas sudah bosen memutarkan dirinya... jadi alhasil ya overhet trus ganti deh tu si kipas. nah abis diganti (ganti nya telp service KIA, jadi mobil service nya dateng buat memperbaiki, dimane khan aku kejadiannya pas dijalan..) boil normal kira2 3 hari... trus... temp nya naek maning... setelah di cek cek cek... sekring nya sudah wafat.. abis tu diganti dunk... abis diganti.. uehhh... beberapa waktu kemudian.. keluar asep dari tempat oli... ya dah deh.. sekalian nurunin mesin ma selep selep kanan kiri atas bawah githo... nah sesudah beres diperbaiki... khan harus diisi tha radiatornya... aku seh kepengen pake coolant... tapi terus koq si bengkel menyaranken jangan pake kulen ya... soale mobile dah terbiasa make aer biasa.. dimana blok mesine khan udah ga rapet sangat... takute klo pake kulen nti kerak2 yang seharusnya bisa mencegah kebocoran ato gimana gitu.. nti jadi bersih... terus malah nti bisa kejadian bocor dimana2 karena si kerak2 yang niscaya (mungkin) bisa mempertebel ato at least melapisi (==> jujur seh pas disini, aku nya agak bingung... koq kerak koq melapisi.. tapi point nya aku ngerti seh... juragan2 ya paham to.. hehehe).. semua bisa jadi bersih gara2 si kulen... trus malah bocor.. jadi mending pake aer ber tds rendah.. trus 1/2 th sekali ato pas ganti oli.. si aer diganti juga... jadi ga usah pake coolant.... begono......
mohon pencerahannye yew...
makacih.....
carnival itu kalo yg ane baca di majalah otomotif, kayanya kalo uda agak tua, seal2 packing mesin bole diganti bro, karena denger2 agak kurang bisa beradaptasi ama iklim sini... nahh biasanya penyakit air coolant masuk ke ruang mesin tuh gara2 ntuh seal, jadi air bisa rembes masuk ke ruang mesin.... mungkin itu kali yg dimaksud oleh montir dgn mesin uda kaga rapet sangat...
pake air biasa pun kalo emang blok mesin nya uda berkarat parah, pasti jebol jg bro, karena emang di ruang mesin itu kan terjadi tekanan swaktu bensin dibakar, nah kalo emang dinding mesin nya uda tipis gara2 karat yah jebol lah, toh karat itu kan kaga menjadi bagian dari besi itu kan... jadi yah ane anggap sigh saran jangan pake coolant itu rada2 ga make sense...
klo packing set nya sih baru.. khan abis turun mesin.... hehehehehe
lha terus klo begono gimano donk... klo make coolant yang ngoplos sendiri... enaknya bikin berapa persen ya... ato ada saran laen yang lebi siip ga....
T3ChNo16 wrote:
dipake dalam jangka waktu yang panjang bos... dimane uda tak perbaiki semua.. mpe ganti ke [cencored] nya segale... hehehehe...
lha terus klo pake radiator coolant nya enaknya yang apa en gimana ya.. dimane klo mbleding carniv khan agak ribet... klo salah nge beleding ja bisa dipastiken pasti nti jadi overhet alias puanes nes nes.. juga takut klo aer coolant nya kesaktian nti takute klo kejadian yang dihindari malah kejadian gimana.. (dalam arti mpe mampet ato bocor ato gimana2 gitu..)
o iya.. thermosetat carniv nya juga baru...
thanx... mohon pencerahan nya ya...
hmmm.... klo mo dipake dlm jangka panjang, sebaiknya nt pakein aja deh itu coolant.......... krn fungsi utama coolant adalah menjaga radiator spy ga karatan........ nah, klo radiator ga karatan, mk aliran airnya jadi bagus shg temperatur dapat terjaga dg baik. Hal ini bisa terjadi krn diatur ama thermostart yg menjaga temperatur kerja mesin spy optimal......
Mengenai merknya (contoh aja)...... ane pakein prestone radiator coolant yg kemasan 1 literan..... persentasenya adalah 50 persen air n 50 persen coolant. Jadi berapa banyaknya jumlah coolant yg mesti dituang, sebaiknya tanyakan dulu ke beresnya kapasitas air di radiator nt itu berapa liter, setelah itu baru bisa diketahui jumlah coolant yg mesti diisi......
gini bro, di rumah ane ada panther, umur uda 10 taon dan km uda 300 rebuan, bahkan uda putus tuh speedo nya... nahh smenjak baru ane cuman pake air ledeng biasa, ampe stelah kira2 4 atau 5 taon dipake, kluar lah sglaa penyakit ttg system radiator nya.... ampe akhirnya ane bosen, trus baru ane pakein coolant ampe ari ini... so far so good sigh uda 3 taon ga perna servis lagi tuh alias kaga ada masalah radiator dan system pendingin nya.... jadi yah mnurut ane silahkan aja dipakein... mengenai persen sigh tergantung ente jg bro, kalo males yah tinggal beli galonan tinggal tuang, tapi kalo rajin yah beli yg seliter2 concentrate gt, lalu di encerkan dgn air suling atau aquades... kalo ane sigh biasa pake concentrate 30 % coolant dan 70 % aquades buat sedan ane dan buat panther ane pake yg galonan.. lumayan ga ada masalah tuh...
DOHC wrote:gini bro, di rumah ane ada panther, umur uda 10 taon dan km uda 300 rebuan, bahkan uda putus tuh speedo nya... nahh smenjak baru ane cuman pake air ledeng biasa, ampe stelah kira2 4 atau 5 taon dipake, kluar lah sglaa penyakit ttg system radiator nya.... ampe akhirnya ane bosen, trus baru ane pakein coolant ampe ari ini... so far so good sigh uda 3 taon ga perna servis lagi tuh alias kaga ada masalah radiator dan system pendingin nya.... jadi yah mnurut ane silahkan aja dipakein... mengenai persen sigh tergantung ente jg bro, kalo males yah tinggal beli galonan tinggal tuang, tapi kalo rajin yah beli yg seliter2 concentrate gt, lalu di encerkan dgn air suling atau aquades... kalo ane sigh biasa pake concentrate 30 % coolant dan 70 % aquades buat sedan ane dan buat panther ane pake yg galonan.. lumayan ga ada masalah tuh...
masalahnya paling2 cuma di kantong aja sih.......................... wakakakaka................
-use only soft water in coolant mixture
-the engine in your vehicle has alumunium engine parts and must be protected with an ethylene-glycol-based coolant to prevent corrosion and freezing
-DO NOT USE alcohol or methanol antifreeze or mix them with the specified coolant
-do not use a solution that contains more than 60% antifreeze, which would reduce the effectiveness of the solution
for mixture percentage, refer to the following table
table : protectionmixture percentage (volume)
above 3F (-16C) coolant solution 35 water 65
above -15F(-26C) coolant solution 45 water 55
jadi sebaeknya gimana ya.... soale ga begitu paham inggris permesian sie... hehehehe
-use only soft water in coolant mixture
-the engine in your vehicle has alumunium engine parts and must be protected with an ethylene-glycol-based coolant to prevent corrosion and freezing
-DO NOT USE alcohol or methanol antifreeze or mix them with the specified coolant
-do not use a solution that contains more than 60% antifreeze, which would reduce the effectiveness of the solution
for mixture percentage, refer to the following table
table : protectionmixture percentage (volume)
above 3F (-16C) coolant solution 35 water 65
above -15F(-26C) coolant solution 45 water 55
jadi sebaeknya gimana ya.... soale ga begitu paham inggris permesian sie... hehehehe
merk prestone spt yg ane pake dah memenuhi persyaratan yg diperlukan di mbl nt.......... krn prestone radiator super coolant mengandung ethylene glycol........ jadi aman buat mbl nt...........(bukan promosi nih).......
jadi pake si prestone ya... terus ntu yang dah jadi ato beli yang nyampur sendiri ? klo nyampur sendiri, yang presentase nye 45 colen 55 aer gito ya bos?
T3ChNo16 wrote:jadi pake si prestone ya... terus ntu yang dah jadi ato beli yang nyampur sendiri ? klo nyampur sendiri, yang presentase nye 45 colen 55 aer gito ya bos?
klo bisa nt beli yg literan, jadi nyampur sendiri........... mengenai perbandingannya tinggal liat kapasitas air di sistim pendinginan mbl nt......... misalkan total air yg diperlukan 8 liter, bearti paling tidak (klo mau bagus) nt pakein 4 liter coolant n 4 liter air...........
T3ChNo16 wrote:jadi pake si prestone ya... terus ntu yang dah jadi ato beli yang nyampur sendiri ? klo nyampur sendiri, yang presentase nye 45 colen 55 aer gito ya bos?
klo bisa nt beli yg literan, jadi nyampur sendiri........... mengenai perbandingannya tinggal liat kapasitas air di sistim pendinginan mbl nt......... misalkan total air yg diperlukan 8 liter, bearti paling tidak (klo mau bagus) nt pakein 4 liter coolant n 4 liter air...........
o jadi 50-50 ya.. maksudnya 50 persen 50 persen gitu ya... ato perbandingannya kayak yang ditabel yang dibuku manual ? yang klo above -16 derajat C coolant solution nya 35 water 65. above _26 derajat C coolant nya 45 water nya 55..
dicampur dulu ge dimasukin ato dimasukin sendiri2... kayaknya mending dicampur dulu ya... soalnya mbleeding carniv agak ribet... klo mbeleding nya salah ato ga sempurna... bisa over het melulu...
T3ChNo16 wrote:
o jadi 50-50 ya.. maksudnya 50 persen 50 persen gitu ya... ato perbandingannya kayak yang ditabel yang dibuku manual ? yang klo above -16 derajat C coolant solution nya 35 water 65. above _26 derajat C coolant nya 45 water nya 55..
dicampur dulu ge dimasukin ato dimasukin sendiri2... kayaknya mending dicampur dulu ya... soalnya mbleeding carniv agak ribet... klo mbeleding nya salah ato ga sempurna... bisa over het melulu...
nah ane ga ngarti negh yg dimaksud dg ' dicampur dulu ge'...... ge disini maksudnya apa ya.... apakah radiator coolant ato gimana ya.....krn di kamus ane ga ketemu artinye ' ge '......... .....
klo ane sih cara isinya adalah tuang dulu air sebanyak kira-kira 1 liter, trus liat ada kebocoran apa kaga di lubang pembuangannya.... klo aman, baru ane masukin coolantnya sebanyak 4 liter, kmd sisanya baru ane masukin airnya....... (mbl kijang diesel 97)........
nah, buat mbl nt sebaiknya tanyakan dulu ama beresnya, cara isinya apakah diisi aja ato ada cara2 khusus buat isinya.......
T3ChNo16 wrote:
o jadi 50-50 ya.. maksudnya 50 persen 50 persen gitu ya... ato perbandingannya kayak yang ditabel yang dibuku manual ? yang klo above -16 derajat C coolant solution nya 35 water 65. above _26 derajat C coolant nya 45 water nya 55..
dicampur dulu ge dimasukin ato dimasukin sendiri2... kayaknya mending dicampur dulu ya... soalnya mbleeding carniv agak ribet... klo mbeleding nya salah ato ga sempurna... bisa over het melulu...
nah ane ga ngarti negh yg dimaksud dg ' dicampur dulu ge'...... ge disini maksudnya apa ya.... apakah radiator coolant ato gimana ya.....krn di kamus ane ga ketemu artinye ' ge '......... .....
klo ane sih cara isinya adalah tuang dulu air sebanyak kira-kira 1 liter, trus liat ada kebocoran apa kaga di lubang pembuangannya.... klo aman, baru ane masukin coolantnya sebanyak 4 liter, kmd sisanya baru ane masukin airnya....... (mbl kijang diesel 97)........
nah, buat mbl nt sebaiknya tanyakan dulu ama beresnya, cara isinya apakah diisi aja ato ada cara2 khusus buat isinya.......
ge disini adalah sebagai berikut.... kulen sama si water di campur dulu (dijerigen ato dimana gitu..) baru dimasuken ke lobang radiator -----ataw---- dimasukin secara terpisah misal si water dulu 4 liter.. terus si kulen 4 liter...
baru males ke BeRes Boss... trauma dan masi teringat kenangan lama ku bersama si VICS... hiks hiks hiks
kalo tau kapasitas mesin nya dan uda yakin kalo air sisa nya uda kluar smua sigh, mo masukin sendiri2 coolant dan air nya jg ga masalah, toh kalo mesin nyala, water pump nya otomatis muter, keaduk jg akhirnya.... tp ga ada salah nya jg koq campur dulu....
DOHC wrote:kalo tau kapasitas mesin nya dan uda yakin kalo air sisa nya uda kluar smua sigh, mo masukin sendiri2 coolant dan air nya jg ga masalah, toh kalo mesin nyala, water pump nya otomatis muter, keaduk jg akhirnya.... tp ga ada salah nya jg koq campur dulu....
siyappppp... tengkiu buat pencerahannya............ wawwwww silauuuuuu.... lha cerah banget...... hehehehehehe