admirercp wrote:Boss, grandisku sdh pasang pigg back kok di tol cuma mentok di 190 km/j di rpm 4500. Padahal waktu di dyno ngacir terus sampe ke rpm 6500 sampe 220-an. What's wrong ya? bisa bantu dg pencerahannya?. thankswes.ewes.ewes wrote:Grandis gw jg waktu dipasang piggy trs di dyno mentok sampe 240+ kpj....
tapi kalo dibawa lari beneran dijalan cuman bisa sampe 210 doang di jagorawi... (cuma tambah piggyback doang.. yg lain standar abis, penumpang 4org)
keberatan sama body !!
Untuk mengetahui Top Speed mobil sebenarnya bisa dilihat dari:
perbandingan gigi akhirnya berapa.
tenaga maksimum pada rpm berapa.
Red line berapa.
Power to weight ratio.
Cd( Coefficient Drag). Mobil dgn hidung besar dan kotak tentunya bukan disesain utk kec tinggi , krn tahanan angin yg besar.
Kalo cuma mencapai 200km/jam , mobil2 tua dan cc kecil misal 1600 cc pun , bisa mencapainya. Misal Great Corolla.
Atau Accord Maestro Pgmfi 92 pun, yg notabene teknologinya udah kuno, saat inipun kalo kondisi sehat mudah mencapai 200km/jam.
Apalagi mitsu paus dohc v6 , percaya aja kalo bisa menyentuh diatas 200km/jam.
Bukan hal yg aneh.
Bukan Hanya Grandis , mobil merk lain dengan tenaga , bobot dan perbandingan gigi hampir setara , juga bisa mencapai kecepatan segitu.
Mengenai hasil pengetesan di Dyno yg statis , dan kondisi real di jalan tentu berbeda kecepatan max yg dicapai, karena perbedaan kondisi jalan yg dinamis , tahanan angin dan lain2nya.
Makanya bisa saja Grandis di Dino mencapai 240 km sdn dijalan hanya 190 km/jam.
Jadi kesimpulannya , utk mencapai kec 200km/jam itu bukan hanya mitsu yg bisa , tetapi semua mobil mutakhir rata2 bisa kok mencapai kec segitu. Ada yg udah pernah coba Grand Livina , kayaknya bisa mencapai kec 200 juga ya???????