All Bout Radiator...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
All Bout Radiator...
hey kita bahas lebih mendalam yuk part mobil yang satu ini..
dari mulai fungsi dan cara kerjanya..
adab merawatnya..
dan sampe cara membuka tutup radiator pada saat suhu mesin panas yang bener itu gmana?....
dari mulai fungsi dan cara kerjanya..
adab merawatnya..
dan sampe cara membuka tutup radiator pada saat suhu mesin panas yang bener itu gmana?....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Nih gue mulai dr comotan di mobilku......ceritanya sbb:
Ini cerita seorang teman dan mobil kesayangannya. Mobil mungilnya dirawat sungguh-sungguh. Tidak pernah lupa, sesibuk apapun, untuk memeriksa cairan-cairan utama mobil, termasuk engine coolant. Melalui reservoir didekat radiator, dia bisa melihat apakah perlu menambah air atau tidak. Kalau perlu, tinggal putar kran air dan dituang ke wadah itu. Beres.
Ternyata tidak. Setelah beberapa lama, dia curiga pada warna air di reservoir yang berubah dari bening kehijauan menjadi sedikit coklat dan keruh. Ada apa? Di bengkel langganannya dia mendapat jawabanya.
Engine coolant yang digunakan sudah tidak baik kondisinya dan mulai menimbulkan karat pada sistem pendinginnya. Solusinya harus dikuras dan diganti yang baru. Bila dibiarkan, karat akan menyebar ke sistem pendingin dan mesin, yang biaya perbaikannya bikin kantong bolong.
Bengkel merekomendasi engine coolant harus diganti tiap 2 – 3 tahun, meskipun ada pula yang bisa lima tahun. Engine coolant adalah campuran air dan ethylene glycol. Zat kimia ini berfungsi agar coolant tidak beku, mencegah air mendidih (titik didih mencapai 130 C) agar tidak cepat overheat dan bersama aditif lain mencegah karat.
Engine coolant juga harus cocok dengan bahan-bahan penyusun sistem pendingin yang sangat beragam, plus mampu memindahkan panas secara efisien, mencegah korosi dan menyediakan pelumas untuk penyekat-penyekat pompa air. Bila kondisinya bagus, warnanya kehijauan.
Sistem pendingin mesin dibangun dari rangkaian komponen dan material yang komplek. Aluminium, besi tuang, baja, stainless steel, tembaga, kuningan, karet dan plastik, merupakan penyusunnya.
Bila dua logam beda jenis saling bersentuhan melalui perantara cairan asam akan berperilaku seperti baterai, saling bertukar electron-proton. Inilah yang memicu korosi logam. Mengganti engine coolant secara teratur mencegah terbentuknya asam secara berlebihan dalam sistem pendingin mesin sekaligus membantu mengurangi korosi.
Ethylene glycol merupakan senyawa kimia beracun. Sedikit saja terminum sudah bisa bisa membunuh binatan piaraan. Karena itu disarankan untuk mengganti engine coolant di bengkel. Bengkel akan membuang engine coolant lama, membersiha sistem pendingin dan mengisi engine coolant baru.
Di negara-negara maju, banyak bengkel yang sudah punya sistem daur ulang engine coolant. Dalam sistem itu, air dipisahkan dan disalurkan keluar, sementara senyawa kimia-nya diolah kembali.
Perawatan rutin menjadi cara mudah untuk merawat sistem pendingin. Cara paling sederhana, cek ketinggian cairan dengan melihat tangki. Kalau kurang dari batas minimal, tambahkan sedikit air hingga melampaui batas minimal. Beberapa bulan sekali, perhatian karet tutup radioator. Kalau rusak,diganti saja anggap saja investasi murah untuk mesin yang mahal.
Ini cerita seorang teman dan mobil kesayangannya. Mobil mungilnya dirawat sungguh-sungguh. Tidak pernah lupa, sesibuk apapun, untuk memeriksa cairan-cairan utama mobil, termasuk engine coolant. Melalui reservoir didekat radiator, dia bisa melihat apakah perlu menambah air atau tidak. Kalau perlu, tinggal putar kran air dan dituang ke wadah itu. Beres.
Ternyata tidak. Setelah beberapa lama, dia curiga pada warna air di reservoir yang berubah dari bening kehijauan menjadi sedikit coklat dan keruh. Ada apa? Di bengkel langganannya dia mendapat jawabanya.
Engine coolant yang digunakan sudah tidak baik kondisinya dan mulai menimbulkan karat pada sistem pendinginnya. Solusinya harus dikuras dan diganti yang baru. Bila dibiarkan, karat akan menyebar ke sistem pendingin dan mesin, yang biaya perbaikannya bikin kantong bolong.
Bengkel merekomendasi engine coolant harus diganti tiap 2 – 3 tahun, meskipun ada pula yang bisa lima tahun. Engine coolant adalah campuran air dan ethylene glycol. Zat kimia ini berfungsi agar coolant tidak beku, mencegah air mendidih (titik didih mencapai 130 C) agar tidak cepat overheat dan bersama aditif lain mencegah karat.
Engine coolant juga harus cocok dengan bahan-bahan penyusun sistem pendingin yang sangat beragam, plus mampu memindahkan panas secara efisien, mencegah korosi dan menyediakan pelumas untuk penyekat-penyekat pompa air. Bila kondisinya bagus, warnanya kehijauan.
Sistem pendingin mesin dibangun dari rangkaian komponen dan material yang komplek. Aluminium, besi tuang, baja, stainless steel, tembaga, kuningan, karet dan plastik, merupakan penyusunnya.
Bila dua logam beda jenis saling bersentuhan melalui perantara cairan asam akan berperilaku seperti baterai, saling bertukar electron-proton. Inilah yang memicu korosi logam. Mengganti engine coolant secara teratur mencegah terbentuknya asam secara berlebihan dalam sistem pendingin mesin sekaligus membantu mengurangi korosi.
Ethylene glycol merupakan senyawa kimia beracun. Sedikit saja terminum sudah bisa bisa membunuh binatan piaraan. Karena itu disarankan untuk mengganti engine coolant di bengkel. Bengkel akan membuang engine coolant lama, membersiha sistem pendingin dan mengisi engine coolant baru.
Di negara-negara maju, banyak bengkel yang sudah punya sistem daur ulang engine coolant. Dalam sistem itu, air dipisahkan dan disalurkan keluar, sementara senyawa kimia-nya diolah kembali.
Perawatan rutin menjadi cara mudah untuk merawat sistem pendingin. Cara paling sederhana, cek ketinggian cairan dengan melihat tangki. Kalau kurang dari batas minimal, tambahkan sedikit air hingga melampaui batas minimal. Beberapa bulan sekali, perhatian karet tutup radioator. Kalau rusak,diganti saja anggap saja investasi murah untuk mesin yang mahal.
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
first off all, gue sendiri nggak terlalu suka pake engine coolant, mungkin pemikiran gue begini, tuh cairan kan hasil eksperimen orang "sono" yg mungkin kondisi airnya beda, baik unsur yg terkandung maupun yg terlarut
nah jeleknya tuh banyak orang indonesia (mohon maaf) yg menggunakan sesuatu itu karena gaya tanpa memperdulikan apasih efek yg dihasilkan dari make campuran itu. belum lagi efek cuaca yg pasti beda dgn negara asal cairan itu.
nah banyak yg berakibat negatif pada pemakaian cairan tsb karena ketidaktahuan dari produk
kalo gue sih, mending pake air aki (bukan accu zuur) buat ngisi radiator, karena air ini adalah air suling yg bisa dibilang air yg sudah bebas dari berbagi macam partikel, dan setiap 3 bulan dikuras tuh radiator (selain tiap hari diawasi volumenya) dan setahun sekali diobongkar buat dibersihkan
dijamin tuh radiator bebas karat dan mesinakan adem terus ...
nah jeleknya tuh banyak orang indonesia (mohon maaf) yg menggunakan sesuatu itu karena gaya tanpa memperdulikan apasih efek yg dihasilkan dari make campuran itu. belum lagi efek cuaca yg pasti beda dgn negara asal cairan itu.
nah banyak yg berakibat negatif pada pemakaian cairan tsb karena ketidaktahuan dari produk
kalo gue sih, mending pake air aki (bukan accu zuur) buat ngisi radiator, karena air ini adalah air suling yg bisa dibilang air yg sudah bebas dari berbagi macam partikel, dan setiap 3 bulan dikuras tuh radiator (selain tiap hari diawasi volumenya) dan setahun sekali diobongkar buat dibersihkan
dijamin tuh radiator bebas karat dan mesinakan adem terus ...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
tanya:
1. kok gue gak bisa buka tutup radiator aerio yak? udah diputer, tinggal diangkat. tapi nyatanya kok masi ada yang "mengganjal"?
2. volume air radiator berkurang karena apa aja? apakah penguapan [bila gak ada yang bocor] setelah air bersirkulasi dan kembali ke reservoir?
terus, air yang ngucur dari lubang pengeluaran ac itu ada hubungannya ama air radiator gak? keknya enggak ya?
1. kok gue gak bisa buka tutup radiator aerio yak? udah diputer, tinggal diangkat. tapi nyatanya kok masi ada yang "mengganjal"?
2. volume air radiator berkurang karena apa aja? apakah penguapan [bila gak ada yang bocor] setelah air bersirkulasi dan kembali ke reservoir?
terus, air yang ngucur dari lubang pengeluaran ac itu ada hubungannya ama air radiator gak? keknya enggak ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Ssssstt jangan bilang2 ya dielectrofuq wrote:wah wah.. gua juga pengen nguras radiator nih.. aernya udah mulai jadi kuning coklat...
mulainya darimana yah? menguras? trus apa lagi..
http://www.idmoc.com/tips/tips_30.asp
banyak bgt tips2 menarik untuk membuat mobil kita "panjang umur"
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Fri Apr 02, 2004 6:44
Ethilene Glikol, adalah senyawa kimia yg bersifat gula (tidak asam, tidak basa dan tidak merubah struktur cairan, tapi merupakan unsur pembuang panas yg cepat).
Jadi sebenernya sah2 aja kalo dimasukkan kedalam radiator. Kenapa dipilih ethylen glikol? Selain bersifat gula, ternyata ethilen ini mepunyai unsur melepaskan kalor yg tinggi (lupa istilahnya apa). Jadi berbeda spt air biasa, yg jika dipanaskan selama 1 jam, maka akan butuh sekitar 2 jam untuk kembali ke suhu normal. Ethilen jika dipanaskan selama sejam, maka akan butuh paling tidak 45 menit untuk kembali pada suhu normal. Itulah sebabnya etilen glikol dicampur kedalam formula radiator.
*jangan salah artikan 'gula' dalam istilah kimia dengan 'gula' dalam kehidupan sehari2 ya.., gula dalam unsur kimia adalah turunan senyawa karbohidrat, juga gula tidak selalu manis. ada yg tawar, asin, asam dan pahit..*
*paling malas punya BMW baru seri berapa aja.. untuk buka tutup radiator mesti ke bengkel khusus.. karena kalo kita paksa buka sendiri, mesin malah gak akaan bisa hidup, karena komputer di bmw tsb menganggap 'tampered' dan mendisable semua sistem... *
Jadi sebenernya sah2 aja kalo dimasukkan kedalam radiator. Kenapa dipilih ethylen glikol? Selain bersifat gula, ternyata ethilen ini mepunyai unsur melepaskan kalor yg tinggi (lupa istilahnya apa). Jadi berbeda spt air biasa, yg jika dipanaskan selama 1 jam, maka akan butuh sekitar 2 jam untuk kembali ke suhu normal. Ethilen jika dipanaskan selama sejam, maka akan butuh paling tidak 45 menit untuk kembali pada suhu normal. Itulah sebabnya etilen glikol dicampur kedalam formula radiator.
*jangan salah artikan 'gula' dalam istilah kimia dengan 'gula' dalam kehidupan sehari2 ya.., gula dalam unsur kimia adalah turunan senyawa karbohidrat, juga gula tidak selalu manis. ada yg tawar, asin, asam dan pahit..*
*paling malas punya BMW baru seri berapa aja.. untuk buka tutup radiator mesti ke bengkel khusus.. karena kalo kita paksa buka sendiri, mesin malah gak akaan bisa hidup, karena komputer di bmw tsb menganggap 'tampered' dan mendisable semua sistem... *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Sebenarnya ndak ada alat khusus cuman setiap kali kita buka tutup radiatornya dan menambah airnya. Tapi harus buang angin yang ada didalam saluran radiator. Seperti kalo saluran oli rem masuk angin. Ini menyebabkan penunjuknya ngaco. Caranya ada sekrup didekat host yang keluar dari mesin, kelihatan dari atas kok. Sambil mesin hidup air bersirkulasi buka sekrup tunggu sampe tidak ada udara yang keluar.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Bung Edward ini orangnya serba tau ya ! Hobbi menjelajah internet ...Ssssstt jangan bilang2 ya di
http://www.idmoc.com/tips/tips_30.asp
banyak bgt tips2 menarik untuk membuat mobil kita "panjang umur"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Addicted to internet bung.DigitALL wrote:Bung Edward ini orangnya serba tau ya ! Hobbi menjelajah internet ...Ssssstt jangan bilang2 ya di
http://www.idmoc.com/tips/tips_30.asp
banyak bgt tips2 menarik untuk membuat mobil kita "panjang umur"
BTW,bung electro,sudah cek ke alamat diatas belum?
Tip2nya mantap bgt lo?
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
yang kurang apa mas bunbun ? cari ngurasnya ato gimana ?
Paling gampang, ini general deh kayaknya kalo mo nguras ..
Beli radiator flush, beli radiator coolant, siapin selang aer .
Pertama liat posisi selang2 dari atas atau bawah, ada yang membahayakan gak kalo selang2 kebuka en airnya moncrot.
Terus, ngolong dikit, lliat dibagian bawah radiator biasanya semua mobil pasti ada kran buangannya .. nahh buka buat mulai ngeluarin air lama.
Isi pake radiator flush yg dicampur air (saya lupa perbandingannya) nyalain mesin beberapa menit .. kuras lagi, kalo perlu pake 2x flush.
udah klaar baru deh isi pake air.
*denger2 sih kalo mo bagus pake air buangan AC rumah, karena airnya belum kecampur apa2*
Paling gampang, ini general deh kayaknya kalo mo nguras ..
Beli radiator flush, beli radiator coolant, siapin selang aer .
Pertama liat posisi selang2 dari atas atau bawah, ada yang membahayakan gak kalo selang2 kebuka en airnya moncrot.
Terus, ngolong dikit, lliat dibagian bawah radiator biasanya semua mobil pasti ada kran buangannya .. nahh buka buat mulai ngeluarin air lama.
Isi pake radiator flush yg dicampur air (saya lupa perbandingannya) nyalain mesin beberapa menit .. kuras lagi, kalo perlu pake 2x flush.
udah klaar baru deh isi pake air.
*denger2 sih kalo mo bagus pake air buangan AC rumah, karena airnya belum kecampur apa2*
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
bukan, maksudnya tips dari link ityuh kan buat mitsu duang. merk laen, ada gak?
dulu suka nguras radiator, sekarang udah jarang. pengalaman yang tak terlupakan, waktu pas mau mbuang air, egh kran buangannya patah
untung 'agak' cerdas dikit pake solder dan ditusuk deh sisa krannya trus pelan-pelan diputer dan berhasil. hehehe...
dulu suka nguras radiator, sekarang udah jarang. pengalaman yang tak terlupakan, waktu pas mau mbuang air, egh kran buangannya patah
untung 'agak' cerdas dikit pake solder dan ditusuk deh sisa krannya trus pelan-pelan diputer dan berhasil. hehehe...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
berbagi pengalaman sedikit.........
mobil daku dah berumur 12 tahun ( esteem92 ) kebetulan beli dari baru, saya pake STP radiator flush dan STP radiator treatment yg berwarna hijau, setelah di flush dan bersih, diisi air baru lalu isi radiator treatment nya...warnanya kebiruan, anehnya setelah beberapa hari di cek air jadi sangat coklat dan seperti berlumpur,pas di pegang terasa berminyak,ternyata minyak yg terkandung di dalamnya melapisi radiator dan water jacket ,melindungi dari karat dan melancarkan sirkulasi air, ( apa karena licinya yah? ) gilanya lagi nih mobil jarang di pake dan dirawat lagi sejak 94 tapi sampe sekarang mesinya ga pernah overheat,nah pengalaman lain saya pernah pake coolant diaqueen berwarna merah, juga yg merk apa lupa yg warna hijau itu, hasilnya selang2 air pada bocor dan mesin panas,saya amati memang kedua coolant itu tidak mengandung minyak sama sekali......
untuk air selama ini saya pake aer ledeng , abis itu yg paling banyak dan bening,
untuk air: "jangan pake aer ledeng" wah om sony..nungguin buangan ac berapa lama tuh satu ember baru penuh...........
untuk mobil2 baru apa harus pake "air suling" ??
mobil daku dah berumur 12 tahun ( esteem92 ) kebetulan beli dari baru, saya pake STP radiator flush dan STP radiator treatment yg berwarna hijau, setelah di flush dan bersih, diisi air baru lalu isi radiator treatment nya...warnanya kebiruan, anehnya setelah beberapa hari di cek air jadi sangat coklat dan seperti berlumpur,pas di pegang terasa berminyak,ternyata minyak yg terkandung di dalamnya melapisi radiator dan water jacket ,melindungi dari karat dan melancarkan sirkulasi air, ( apa karena licinya yah? ) gilanya lagi nih mobil jarang di pake dan dirawat lagi sejak 94 tapi sampe sekarang mesinya ga pernah overheat,nah pengalaman lain saya pernah pake coolant diaqueen berwarna merah, juga yg merk apa lupa yg warna hijau itu, hasilnya selang2 air pada bocor dan mesin panas,saya amati memang kedua coolant itu tidak mengandung minyak sama sekali......
untuk air selama ini saya pake aer ledeng , abis itu yg paling banyak dan bening,
untuk air: "jangan pake aer ledeng" wah om sony..nungguin buangan ac berapa lama tuh satu ember baru penuh...........
untuk mobil2 baru apa harus pake "air suling" ??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18