All Bout Radiator...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

All Bout Radiator...

Post by electrofuq »

hey kita bahas lebih mendalam yuk part mobil yang satu ini..
dari mulai fungsi dan cara kerjanya..
adab merawatnya..
dan sampe cara membuka tutup radiator pada saat suhu mesin panas yang bener itu gmana?....
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Nih gue mulai dr comotan di mobilku......ceritanya sbb:


Ini cerita seorang teman dan mobil kesayangannya. Mobil mungilnya dirawat sungguh-sungguh. Tidak pernah lupa, sesibuk apapun, untuk memeriksa cairan-cairan utama mobil, termasuk engine coolant. Melalui reservoir didekat radiator, dia bisa melihat apakah perlu menambah air atau tidak. Kalau perlu, tinggal putar kran air dan dituang ke wadah itu. Beres.

Ternyata tidak. Setelah beberapa lama, dia curiga pada warna air di reservoir yang berubah dari bening kehijauan menjadi sedikit coklat dan keruh. Ada apa? Di bengkel langganannya dia mendapat jawabanya.

Engine coolant yang digunakan sudah tidak baik kondisinya dan mulai menimbulkan karat pada sistem pendinginnya. Solusinya harus dikuras dan diganti yang baru. Bila dibiarkan, karat akan menyebar ke sistem pendingin dan mesin, yang biaya perbaikannya bikin kantong bolong.

Bengkel merekomendasi engine coolant harus diganti tiap 2 – 3 tahun, meskipun ada pula yang bisa lima tahun. Engine coolant adalah campuran air dan ethylene glycol. Zat kimia ini berfungsi agar coolant tidak beku, mencegah air mendidih (titik didih mencapai 130 C) agar tidak cepat overheat dan bersama aditif lain mencegah karat.

Engine coolant juga harus cocok dengan bahan-bahan penyusun sistem pendingin yang sangat beragam, plus mampu memindahkan panas secara efisien, mencegah korosi dan menyediakan pelumas untuk penyekat-penyekat pompa air. Bila kondisinya bagus, warnanya kehijauan.

Sistem pendingin mesin dibangun dari rangkaian komponen dan material yang komplek. Aluminium, besi tuang, baja, stainless steel, tembaga, kuningan, karet dan plastik, merupakan penyusunnya.

Bila dua logam beda jenis saling bersentuhan melalui perantara cairan asam akan berperilaku seperti baterai, saling bertukar electron-proton. Inilah yang memicu korosi logam. Mengganti engine coolant secara teratur mencegah terbentuknya asam secara berlebihan dalam sistem pendingin mesin sekaligus membantu mengurangi korosi.

Ethylene glycol merupakan senyawa kimia beracun. Sedikit saja terminum sudah bisa bisa membunuh binatan piaraan. Karena itu disarankan untuk mengganti engine coolant di bengkel. Bengkel akan membuang engine coolant lama, membersiha sistem pendingin dan mengisi engine coolant baru.

Di negara-negara maju, banyak bengkel yang sudah punya sistem daur ulang engine coolant. Dalam sistem itu, air dipisahkan dan disalurkan keluar, sementara senyawa kimia-nya diolah kembali.

Perawatan rutin menjadi cara mudah untuk merawat sistem pendingin. Cara paling sederhana, cek ketinggian cairan dengan melihat tangki. Kalau kurang dari batas minimal, tambahkan sedikit air hingga melampaui batas minimal. Beberapa bulan sekali, perhatian karet tutup radioator. Kalau rusak,diganti saja anggap saja investasi murah untuk mesin yang mahal.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

first off all, gue sendiri nggak terlalu suka pake engine coolant, mungkin pemikiran gue begini, tuh cairan kan hasil eksperimen orang "sono" yg mungkin kondisi airnya beda, baik unsur yg terkandung maupun yg terlarut
nah jeleknya tuh banyak orang indonesia (mohon maaf) yg menggunakan sesuatu itu karena gaya tanpa memperdulikan apasih efek yg dihasilkan dari make campuran itu. belum lagi efek cuaca yg pasti beda dgn negara asal cairan itu.
nah banyak yg berakibat negatif pada pemakaian cairan tsb karena ketidaktahuan dari produk
kalo gue sih, mending pake air aki (bukan accu zuur) buat ngisi radiator, karena air ini adalah air suling yg bisa dibilang air yg sudah bebas dari berbagi macam partikel, dan setiap 3 bulan dikuras tuh radiator (selain tiap hari diawasi volumenya) dan setahun sekali diobongkar buat dibersihkan
dijamin tuh radiator bebas karat dan mesinakan adem terus ...
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

tanya:

1. kok gue gak bisa buka tutup radiator aerio yak? udah diputer, tinggal diangkat. tapi nyatanya kok masi ada yang "mengganjal"?

2. volume air radiator berkurang karena apa aja? apakah penguapan [bila gak ada yang bocor] setelah air bersirkulasi dan kembali ke reservoir?
terus, air yang ngucur dari lubang pengeluaran ac itu ada hubungannya ama air radiator gak? keknya enggak ya? :mrgreen:
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

1. jangan hanya diputer ajah, coba teken sekalian diputer :e-dance:
2. berkurang karena penguapan, tapi sedikit sekali, karena pengupannya juga dimasukkan ke reservoirnya lagi
3. sama yg ac beda, kalo itu hasil kondensasi udara
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

yaa itu dia. diputernya kan sembari ditekan.

ntar deh, coba lageh. kalo gak bisa... minta tulung bung heri_jul aja kali yee... :mrgreen:
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

wah wah.. gua juga pengen nguras radiator nih.. aernya udah mulai jadi kuning coklat...
mulainya darimana yah? menguras? trus apa lagi..
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

electrofuq wrote:wah wah.. gua juga pengen nguras radiator nih.. aernya udah mulai jadi kuning coklat...
mulainya darimana yah? menguras? trus apa lagi..
Ssssstt jangan bilang2 ya di

http://www.idmoc.com/tips/tips_30.asp

banyak bgt tips2 menarik untuk membuat mobil kita "panjang umur" :wink: :lol:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
HOLDEN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Apr 02, 2004 6:44

Post by HOLDEN »

Ethilene Glikol, adalah senyawa kimia yg bersifat gula (tidak asam, tidak basa dan tidak merubah struktur cairan, tapi merupakan unsur pembuang panas yg cepat).
Jadi sebenernya sah2 aja kalo dimasukkan kedalam radiator. Kenapa dipilih ethylen glikol? Selain bersifat gula, ternyata ethilen ini mepunyai unsur melepaskan kalor yg tinggi (lupa istilahnya apa). Jadi berbeda spt air biasa, yg jika dipanaskan selama 1 jam, maka akan butuh sekitar 2 jam untuk kembali ke suhu normal. Ethilen jika dipanaskan selama sejam, maka akan butuh paling tidak 45 menit untuk kembali pada suhu normal. Itulah sebabnya etilen glikol dicampur kedalam formula radiator.

*jangan salah artikan 'gula' dalam istilah kimia dengan 'gula' dalam kehidupan sehari2 ya.., gula dalam unsur kimia adalah turunan senyawa karbohidrat, juga gula tidak selalu manis. ada yg tawar, asin, asam dan pahit..*


*paling malas punya BMW baru seri berapa aja.. untuk buka tutup radiator mesti ke bengkel khusus.. karena kalo kita paksa buka sendiri, mesin malah gak akaan bisa hidup, karena komputer di bmw tsb menganggap 'tampered' dan mendisable semua sistem... :shock: *
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Sebenarnya ndak ada alat khusus cuman setiap kali kita buka tutup radiatornya dan menambah airnya. Tapi harus buang angin yang ada didalam saluran radiator. Seperti kalo saluran oli rem masuk angin. Ini menyebabkan penunjuknya ngaco. Caranya ada sekrup didekat host yang keluar dari mesin, kelihatan dari atas kok. Sambil mesin hidup air bersirkulasi buka sekrup tunggu sampe tidak ada udara yang keluar.
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

jadi mungkin saya mulai dari ganti tutup radiator.. nah sekarang ngurasnya gimana nih?
bawa ke bengkel aja gitu?
klo dikerjainnya di bengkel, di bandung dimana yah bengkel yang asik buat nguras radiator ? heheehe :)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Ssssstt jangan bilang2 ya di

http://www.idmoc.com/tips/tips_30.asp

banyak bgt tips2 menarik untuk membuat mobil kita "panjang umur"
Bung Edward ini orangnya serba tau ya ! Hobbi menjelajah internet ...
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

DigitALL wrote:
Ssssstt jangan bilang2 ya di

http://www.idmoc.com/tips/tips_30.asp

banyak bgt tips2 menarik untuk membuat mobil kita "panjang umur"
Bung Edward ini orangnya serba tau ya ! Hobbi menjelajah internet ...
Addicted to internet bung.

BTW,bung electro,sudah cek ke alamat diatas belum?
Tip2nya mantap bgt lo?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

sudah sudah.. tapi kayanya updatenya udah lama yah? hehehe tapi bagus kok.. :)
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Itu artikel sudah di sticky gak perlu di up date lagi.
udah jadi panduan dasar.
File for beginner juga enak panduannya.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

iya gampang dimengerti :)
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

ho oh.
ada yang tau selain buat mitsu gak? toyota deh karena sekarang pakenya ityuh... :wink:
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

yang kurang apa mas bunbun ? cari ngurasnya ato gimana ?

Paling gampang, ini general deh kayaknya kalo mo nguras ..
Beli radiator flush, beli radiator coolant, siapin selang aer .

Pertama liat posisi selang2 dari atas atau bawah, ada yang membahayakan gak kalo selang2 kebuka en airnya moncrot.

Terus, ngolong dikit, lliat dibagian bawah radiator biasanya semua mobil pasti ada kran buangannya .. nahh buka buat mulai ngeluarin air lama.

Isi pake radiator flush yg dicampur air (saya lupa perbandingannya) nyalain mesin beberapa menit .. kuras lagi, kalo perlu pake 2x flush.

udah klaar baru deh isi pake air.

*denger2 sih kalo mo bagus pake air buangan AC rumah, karena airnya belum kecampur apa2*
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

bukan, maksudnya tips dari link ityuh kan buat mitsu duang. merk laen, ada gak?

dulu suka nguras radiator, sekarang udah jarang. pengalaman yang tak terlupakan, waktu pas mau mbuang air, egh kran buangannya patah :shock:
untung 'agak' cerdas dikit 8) pake solder dan ditusuk deh sisa krannya trus pelan-pelan diputer dan berhasil. hehehe...
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

berbagi pengalaman sedikit.........
mobil daku dah berumur 12 tahun ( esteem92 ) kebetulan beli dari baru, saya pake STP radiator flush dan STP radiator treatment yg berwarna hijau, setelah di flush dan bersih, diisi air baru lalu isi radiator treatment nya...warnanya kebiruan, anehnya setelah beberapa hari di cek air jadi sangat coklat dan seperti berlumpur,pas di pegang terasa berminyak,ternyata minyak yg terkandung di dalamnya melapisi radiator dan water jacket ,melindungi dari karat dan melancarkan sirkulasi air, ( apa karena licinya yah? ) gilanya lagi nih mobil jarang di pake dan dirawat lagi sejak 94 tapi sampe sekarang mesinya ga pernah overheat,nah pengalaman lain saya pernah pake coolant diaqueen berwarna merah, juga yg merk apa lupa yg warna hijau itu, hasilnya selang2 air pada bocor dan mesin panas,saya amati memang kedua coolant itu tidak mengandung minyak sama sekali......

untuk air selama ini saya pake aer ledeng , abis itu yg paling banyak dan bening,

untuk air: "jangan pake aer ledeng" wah om sony..nungguin buangan ac berapa lama tuh satu ember baru penuh...........

untuk mobil2 baru apa harus pake "air suling" ??
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Wahhh Om Is muntjul lagi ..
omong2 air suling itu air ledeng yg dialirin pake suling yaa Image
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

Equalizer wrote:Wahhh Om Is muntjul lagi ..
omong2 air suling itu air ledeng yg dialirin pake suling yaa Image
duh, moncongnya mas equalizer itu lancip banget? hehehe :p
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Mau nanya donk, daripada buat thread baru...

ada yg tau ga knp kalo mau ganti air radiator musti ubah temperature control ke max.heat???
Last edited by r1210g on Tue May 15, 2007 16:46, edited 1 time in total.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

bisa buat ngerebus telor di jalan ga yah?
khan biasa air radiator dialirkan ke dashboard sebagai heater........
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

pake air hujan juga ok, asal jangan deket pabrik...hehehe....