Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DigitALL wrote:Mungkin Kijang lama yang masih karburator rada boros. Kalo yang sudah injeksi (EFI) 1800cc -nya justru rada irit.
1 : 10 untuk pemakaian kombinasi (dalam dan luar kota) pada KIJANG LGX 2003 (1800cc dan Manual).
Emang yang bung Spider 1 : brp ? Bisa jadi matic lebih boros. Karena itu emang banyak terjadi pada mobil matic.
buset dah 1:10???? gw punya bisa 1:7 aja dah bagus.....
tau gak, mobil ini baru dateng 3 hari! dan bbmnya gw hitung2 1:4!!!!!
edan!!!! kayaknya musti komplain ke astra nih, kayak mobil mercy s600 aja 1:4!
DigitALL wrote:Mungkin Kijang lama yang masih karburator rada boros. Kalo yang sudah injeksi (EFI) 1800cc -nya justru rada irit.
1 : 10 untuk pemakaian kombinasi (dalam dan luar kota) pada KIJANG LGX 2003 (1800cc dan Manual).
Emang yang bung Spider 1 : brp ? Bisa jadi matic lebih boros. Karena itu emang banyak terjadi pada mobil matic.
Wow 1:10? Di Kijang 1.8 EFI tahun 2000 manual saya biasa cuma 1:7 atau 1:8 (untuk pemakaian dalam kota Jakarta). Saya memang pernah sampe 1:10, tapi untuk pemakaian luar kota dan jalannya santai (kebanyakan konstan di 80km/h).
DigitALL wrote:Mungkin Kijang lama yang masih karburator rada boros. Kalo yang sudah injeksi (EFI) 1800cc -nya justru rada irit.
1 : 10 untuk pemakaian kombinasi (dalam dan luar kota) pada KIJANG LGX 2003 (1800cc dan Manual).
Emang yang bung Spider 1 : brp ? Bisa jadi matic lebih boros. Karena itu emang banyak terjadi pada mobil matic.
buset dah 1:10???? gw punya bisa 1:7 aja dah bagus.....
tau gak, mobil ini baru dateng 3 hari! dan bbmnya gw hitung2 1:4!!!!!
edan!!!! kayaknya musti komplain ke astra nih, kayak mobil mercy s600 aja 1:4!
1:4??? Apa gak salah hitung tuh? Kalo memang 1:4, pasti ada cacat produk, abisnya gak normal banget.
Landie wrote:
Wow 1:10? Di Kijang 1.8 EFI tahun 2000 manual saya biasa cuma 1:7 atau 1:8 (untuk pemakaian dalam kota Jakarta). Saya memang pernah sampe 1:10, tapi untuk pemakaian luar kota dan jalannya santai (kebanyakan konstan di 80km/h).
bung, mungkin memang benar.. dimana kota Jakarta bensin kita lebih terbuang untuk antrian antrian..
setuju dengan kk DigitALL.. karena Tiger280 AT yg sehari hari saya naikin agak boros... isi 50 ribu Premium (sekitar 25 - 30 literan) cuma kuat 100kilo jakarta loh.. nyaris 1:4 tuch
DigitALL wrote:Mungkin Kijang lama yang masih karburator rada boros. Kalo yang sudah injeksi (EFI) 1800cc -nya justru rada irit.
1 : 10 untuk pemakaian kombinasi (dalam dan luar kota) pada KIJANG LGX 2003 (1800cc dan Manual).
Emang yang bung Spider 1 : brp ? Bisa jadi matic lebih boros. Karena itu emang banyak terjadi pada mobil matic.
buset dah 1:10???? gw punya bisa 1:7 aja dah bagus.....
tau gak, mobil ini baru dateng 3 hari! dan bbmnya gw hitung2 1:4!!!!!
edan!!!! kayaknya musti komplain ke astra nih, kayak mobil mercy s600 aja 1:4!
1:4??? Apa gak salah hitung tuh? Kalo memang 1:4, pasti ada cacat produk, abisnya gak normal banget.
iya nih... masak gw isi premium 50rb, cuman jalan 115km dah tewas..... sabtu ke astra deh terpaksa...........
art3m1s wrote:Mas Risman, mobil na saya malah 105 kilo an loh... tapi memang sih Silinder Mesin yg saya pake 2800cc...
nah kalo 2800cc mah wajar, apalagi dah lawas yah??? nah ini baru 3/4hari dah kayak mercy 6000cc aja....... punya sodara saya aja yg krista thn 2004 2000cc masih dapet tuh 1:8 dalem kota, gw pikir matic paling jadi 1:7 gitu ternyata parah...... ato emang lagi sial yah dapet yg jelek kayak gini? pokoknya sabtu mau complain deh.... gak mau tau gw! gile aja, mending beli karimun atuh, dah beli kijang mahal2 boros pulak!
Mobil baru seboros itu?
Waduh gimana Quality Controle nya Astra nih?
Apakah astra sekarang mau ikut2an loyo kaya mercy yg kualitasnya mulai menurun?
Konon avanza yg baru keluar "kebanyakan"komplainnya mobil suka lari kekiri (walaupun ngga ada cewek cantik disebelah kiri!!! ),sehingga memunculkan spekulasi apakah mobil (avanza)ini ngga di spooring and balancing prior handed over to the customer?Gimana mobil yg meleng ini kok bisa lolos QC?
Mungkin karena di Jakarta lebih macet dibandingkan dengan Bandung. That's why Kijang bung Landie susah 1:10.
Tapi karakter pengemudi sebetulnya paling mempengaruhi loh !!! Honda Jazz yang seirit apapun kalo bawanya ngga sabaran dan ugal2an (negbut) cuma 1:11. Berdasarkan sumber AutoBild.
Jadi coba deh bawanya nyantai dan teratur injak gasnya. Jangan gas terus rem, gas rem lagi. Apalagi kalo macet.
Biar tambah irit lagi... pake optional2 yang bisa digunakan dan banyak tersedia di pasaran. Misal Ring Diesel ato Ring Bensin. Juga Proxima atau apalah barangnya ... Lumayan ngiritin loh.
Maklum lah kalo mobil lawas. Apalagi kan kapasitas mesinnya juga besar. Mercy lagi ... pasti boros tuh ... Heheheheh =)
Seri 735iL tahun 1998 juga borosnya ngga ketulungan. Mana kudu Pertamax Plus lagi... Tapi untungnya yang ini masih wajar... mobilnya kan BMW seri 735iL ... Hehehhee ... (Tenaganya badak banget !)
Kalau boleh, teman-teman di ruangan ini boleh tak beri andaian harga Kijang Innova yang baru dalam Rupiah dan Ringgit Malaysia. Saya baru beli Kijang (Unser di tempat saya, MALAYSIA) iaitu Model LGX 1.8 Manual dengan harga RM 85,543.00 (Rupiah ?) kalau dengan model yang sama, kalau tak silap saya Kijang Krista berapa Rupiah dan Ringgit Malaysia ya..?
Ada tak berita mengatakan Kijang Innova akan turut dilancarkan di Malaysia...
handling wrote:wah2 kalo mobil yang cc nya gede bangsa camry yang 3000cc bisa berapa ya konsumsi bbmnya?
Masalah boros enggaknya bensin untuk mobil jaman sekarang ini relatif ya... dah gak bisa dipastiin dari besarnya cc...
Saya punya Mark II 85, 2000cc, paling banter ya 1:7 dalam kota. Sementara Honda Accord Prestige 86 2000cc bisa 1:10 - 1:12 dalam kota. Padahal keduanya sama2 karburator. Entah tehnologi apa yg dipake Honda.
Juga Camry 3000cc, boleh percaya atau tidak, bisa 1:15 (kantor punya tiga biji). Itu karena
tehnologi VVTI nya.
Sementara kalo Mercedes S600 cuman 1:4 ya masuk akal aja... soalnya siapapun yg bisa beli S600 ini (sekitar 2.5M rupiah), jelas sudah gak meributkan masalah bensin lah ya, buat mereka bensin itu cuman ecek2 uang receh.....
aslm w2
kepada bung riochen yg menanyakan seputar konsumsi bbm kijang kapsul...kebetulan saya juga punya kijang kapsul thn 1998..jadi kalau boleh mau sedikit berbagi jawaban semoga bermanfaat ya. LGX Automatic 1.800 yg saya gunakan smpai sekarang baru saja melewati servisnya yang 185.000km dan sekarang kl tdk salah sudah 186.000..dan alhamdulillah konsumsi bahan bakarnya masih bisa dibilang stabil. untuk pemakaian dalam kota pernah saya coba dengan pertamax plus (sekalipun mesin sdh di setting premium) bisa dapet 1 liter untuk 7,3-7,5 km.... dan saya juga dalam bbrp bulan terakhir sering bepergian ke tasikmalaya, jadi iseng2 juga saya coba hitung konsumsi bbm nya. Dengan profil jalan ke Tasik yg merupakan campuran antara jalan tol sekitar 155km dan sekitar 100km jalan naik turun bukit seperti di cileunyi, rancaekek, nagrek, garut...secara rata2 minimal saya bisa dapat sekitar 1 liter untuk 11,5 kilometer (premium), itu juga terkadang dengan isi 7-8 orang + barang2. Tapi saya yakin jika jalannya lurus saja seperti di jalan tol dengan kecepatan optimal konsumsi bbm kijang kapsul 85-90 km/jam, saya sangat yakin bisa dapat 1 liter untuk 13 kilometer..mungkin lebih.
kalau boleh juga berhubung kijang kita masih karburator, untuk mengurangi emisi co2, menjaga lingkungan, dan juga mengoptimalkan mesin saya merekomendasi dua aditif bensin yg pernah saya pakai..
1. Dyno-Tab (sdh registrasi EPA, 1 kapsul u 60 liter)
2. Griffon Hot Pill (sdh reg EPA, 1 kapsul u 20 liter)
namun yang paling saya rasa manfaatnya adalah Dyno-Tab...keduanya bisa didapat di ACE Hardware.
aku pakai kijang kapsul SGX 97,,kemaren minta setting "irit bertenaga" di lotech bandung,sekalian ganti filter oli-bensin-udara. aku coba bandung-jakarta (via tol) bisa 1:13 (80% perjalanan gak pake AC,20% perjalanan pake AC). dalam kota bisa 1:9 sampai 1:10 (bawanya gak ngebut ngebut,pake AC).
tapi kalo ditarik kerasa borosnya ...
ow ya, kalo pake estab pernah denger gak?atau ada yang pernah nyoba?
bisa irit brp % ? kan lumayan kalo bisa bikin makin irit,,,mohon infonya ya,,,
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
Iya, Kijang Kapsul 1.8 EFI kalau ditarik berasa borosnya, kalau bisa jaga gaya nyetir bisa juga irit, dulu waktu pertama datang utk ke Cipanas dari Kemayoran Jak-Ut cuma habis 1/4 tangki (turun satu strip) dengan 5 orang penumpang + barang2, panci, koper dll.
waduh, postingannya padet jg ya...saya coba baca2 lg dari awal deh...
saya pake Kijang SGX 1997 1800cc, konsumsi bensinya bisa 1:5 (dalam & luar kota konsumsinya 11-12)
terakhir ngetes, dipake Jakarta (rumah) - Bandung (kostan) abis 3/4 strip...
buat Jkt-Bdg-Jkt bensin nyedot 300rb , itu blum termasuk jalan2nya...cuma rute rumah-kostan-rumah...
Ikut nimbrung mantan LGX 1.8 EFI 2000..Dalkot kalo nyetir santai 1:8-9..Kalo brutal dalkot 1:5-6..Kalo lukot tanpa tol 1:10-11..Akhirnya dijual bikin "kanker" apalagi harga premium lagi gila2an waktu itu tahun 2004-2006.. ..Akhirnya pikir2 lagi deh beli kijang sampai sekarang..Kalo buat dalkot berat diongkos (bensin)..Lagian ga baik dijaman sekarang pake mobil boros kalo cuma dalkot (go green )..
handling wrote:wah2 kalo mobil yang cc nya gede bangsa camry yang 3000cc bisa berapa ya konsumsi bbmnya?
Masalah boros enggaknya bensin untuk mobil jaman sekarang ini relatif ya... dah gak bisa dipastiin dari besarnya cc...
Saya punya Mark II 85, 2000cc, paling banter ya 1:7 dalam kota. Sementara Honda Accord Prestige 86 2000cc bisa 1:10 - 1:12 dalam kota. Padahal keduanya sama2 karburator. Entah tehnologi apa yg dipake Honda.
Juga Camry 3000cc, boleh percaya atau tidak, bisa 1:15 (kantor punya tiga biji). Itu karena
tehnologi VVTI nya.
Sementara kalo Mercedes S600 cuman 1:4 ya masuk akal aja... soalnya siapapun yg bisa beli S600 ini (sekitar 2.5M rupiah), jelas sudah gak meributkan masalah bensin lah ya, buat mereka bensin itu cuman ecek2 uang receh.....
Sekarang emang teknologi adalah segalanya..he2 bayangin toyota crown punya pejabat cc nya 3000V6 pula..Bobot nyaris 2 ton..sama2 penggerak roda belakang..bandingkan ama innova lebih irit crown pejabat FCnya..
Setau ane tuh mesin kijang K series sejak taun 60an udah ada nah 7K ini taun 80an..Jadi ga bisa diharapin apa2 deh dari segi teknologi terutama kalo pengen irit..he2 sekedar flashback http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_K_engine
tapi mesin K series nya kijang super mantap tuh bro... mesin boleh cuman 1500cc, tapi tenaga nya donk... ngangkut barang berat ratusan kilo aja masi kuat.... tarikan awal nya jg lumayan tuh... kalo ga liat mesin 1500cc nya sehh, bakal ngira tuh mesin cc gede kali...
setuju bgt sm posting om DOHC, karakter khas mesin K adalah torsi maksimum bs didapat di rpm rendah, sehingga cocok untuk membawa beban. Makanya kijang jg disukai sm pengemudi yang santai tidak agresif krn telat oper gigi jg mesin gak cepet mati,hehehe...sebaliknya untuk kawula muda seperti bro aldy yang agresif, karakter mesin K tentu kurang cocok
mesin toyota K yang sederhana tentu konsumsinya tidak sebaik mesin2 modern. sebaliknya yg ditawarkan oleh mesin itu adalah kehandalan dan perawatan yg mudah.
saya punya catatan pribadi :
dulu saya punya kijang G '95 1500cc........... FC rata2 1:8
ganti kijang LGX '02 1800cc......................FC rata2 1:8
skrg pake inova G '08 2000cc....................FC rata2 1:8
beda kapasitas mesin tapi tetap 1:8........
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro