Sistem Pengapian Mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Sistem Pengapian Mobil

Postby mansetha » 17 Dec 2007, 15:41

Sistem Pengapian mobil dikenal sistem platina dan sistem CDI, untuk sistem dengan coil untuk 4 silinder atau lebih, ada yang faham sistem pengapian mobil dari aki, sampai busi. Saya punya kendala di sistem pengapian, busi meyala hanya di nomor 1 dan 4 saja, nomor 2 dan 3 kosong, kira-kira apa penyebabnya, dan apabila sistem pengapian diganti dengan type racing bagaimana, (hipotesa awal coil bermasalah), trims....

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 17 Dec 2007, 15:44

apa aja yang dah dilakukan?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Postby mansetha » 17 Dec 2007, 15:55

bongkal TR / transistor, Coil, cuman untuk ngetesnya yg masih binun...hehehe... tes Coil masih bagus atau tidak gimana ? Coil terdiri dari dua bagian. cuman jadi satu intinya.

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 17 Dec 2007, 16:24

Businya dicopot, trus masukin kepalanya ke kabelnya..
Trus ujungnya tempelin aja di body, starter deh tuh mobil...
Kalo bener ada apinya...
Tinggal dituker2.. Bisa businya ato koilnya, bisa juga kepala ato kabelnya...
Ini mobilnya singlecoil ato multicoil?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Postby mansetha » 18 Dec 2007, 09:48

r1210g wrote:Businya dicopot, trus masukin kepalanya ke kabelnya..
Trus ujungnya tempelin aja di body, starter deh tuh mobil...
Kalo bener ada apinya...
Tinggal dituker2.. Bisa businya ato koilnya, bisa juga kepala ato kabelnya...
Ini mobilnya singlecoil ato multicoil?


hal itu sdh dilakukan, dan memang busi nomor 1 dan 4 hidup, sedangkan nomor 2 dan 3 modar. sistem pengapian dg transistor multicoil. coil bentuk persegi dengan dua bagian. bagian pertama untuk busi nomor 1 dan 4 dan coil kedua untuk busi 2 dan 3.

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 18 Dec 2007, 15:05

mansetha wrote:
r1210g wrote:Businya dicopot, trus masukin kepalanya ke kabelnya..
Trus ujungnya tempelin aja di body, starter deh tuh mobil...
Kalo bener ada apinya...
Tinggal dituker2.. Bisa businya ato koilnya, bisa juga kepala ato kabelnya...
Ini mobilnya singlecoil ato multicoil?


hal itu sdh dilakukan, dan memang busi nomor 1 dan 4 hidup, sedangkan nomor 2 dan 3 modar. sistem pengapian dg transistor multicoil. coil bentuk persegi dengan dua bagian. bagian pertama untuk busi nomor 1 dan 4 dan coil kedua untuk busi 2 dan 3.

tunggu2 di-clear-kan dulu... busi 1 & 4 ato kabel 1 & 4?
bisa beda persepsi loh...

coba tuker aja koilnya... ga repot koq...
copot dari dudukannya, trus colokan asal ama colokan ke busi di tuker..
kalo mati ya memang koil..
kalo ngga, bisa dari cdi...
mobil apa ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Postby mansetha » 19 Dec 2007, 09:55

dari coil ke kabel busi 1,4 dan 2,3.
coil terbagi dua cuman satu inti. nggak bisa disilang jadinya. gimana ngecek coil masih bagus dg multitester?

sistem pengapian dg transistor, jadi dari distibutor ke TR/transistor kemudian ke coil trus ke busi.

mobilnya lancer dangan GTi DOHC.

nanti kalo sempet tak foto saja....

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 19 Dec 2007, 10:26

mansetha wrote:dari coil ke kabel busi 1,4 dan 2,3.
coil terbagi dua cuman satu inti. nggak bisa disilang jadinya. gimana ngecek coil masih bagus dg multitester?

sistem pengapian dg transistor, jadi dari distibutor ke TR/transistor kemudian ke coil trus ke busi.

mobilnya lancer dangan GTi DOHC.

nanti kalo sempet tak foto saja....

wah boleh tuh difoto dulu aja.. soalnya tiap mobil beda2..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2128
Joined: 27 Nov 2005, 06:47

Postby avansa » 19 Dec 2007, 18:06

Aku ikut pengin tahu.Biar sekalian praktekin bongkar bongkar tuh perkakas.
Image

harisu
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 04 Jun 2007, 21:03

Re: Sistem Pengapian Mobil

Postby harisu » 23 Dec 2007, 07:47

bisa jadi ada masalah pada sistem distribusi pengapian. berhubung pengapian dan distributor jadi satu, bisa dicek koilnya dulu, karena yang mati pas busi no 2 dan 3, atau kayak peugeot 405 sri bokap dulu, koil nggak papa, eh modul pengapiannya ternyata yang mati, karena modul inilah yang membagi tegangan dari TCI ke koil, dan memang koilnya terbagi dua di sistem distribusinya, yaitu satu mengarah langsung ke busi 1 dan 4, yang lainnya ke busi no 2 dan 3, mengingat mesin 4 silinder skema pengapiannya memang 1-3-4-2, jadi ada penyilangan distribusi pengapian agar mesin bekerja dengan klop.

Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 30 Nov 2005, 18:44

Re:

Postby Smatic » 26 Dec 2007, 07:37

mansetha wrote:dari coil ke kabel busi 1,4 dan 2,3.
coil terbagi dua cuman satu inti. nggak bisa disilang jadinya. gimana ngecek coil masih bagus dg multitester?

sistem pengapian dg transistor, jadi dari distibutor ke TR/transistor kemudian ke coil trus ke busi.

mobilnya lancer dangan GTi DOHC.

nanti kalo sempet tak foto saja....


Sistem coil pengapian di GTi masih memakai jenis WASTED SPARK DISTRIBUTIONS (satu koil utk 2 busi) spt illustrasi dibawah ini

Image

Detail penjelasan di http://www.stealth316.com/2-sparkplugtech.htm

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Re: Sistem Pengapian Mobil

Postby mansetha » 27 Dec 2007, 10:24

seteleh diperiksa dan coba diganti TR/Transistornya masih tetep begitu, akhirnya periksa distributor (delko)nya, ternyata kabel dari distributor sudah getas dan soak, ganti kabel beres deh...

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2128
Joined: 27 Nov 2005, 06:47

Re: Sistem Pengapian Mobil

Postby avansa » 29 Dec 2007, 10:12

Sukur udah ketemu,making trouble nya...ngga tahunya ternyata kabelnya yah..k..k...k
Image


Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: DoubleWishbone, egibaio and 11 guests