W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
SuperSpring
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Jan 25, 2008 21:38
Location: Jakarta Barat

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SuperSpring »

tesna wrote: Fri May 03, 2024 3:15
SuperSpring wrote: Sat Apr 06, 2024 3:33 Halo om2 tanya dong
Saya kan jadi udah ambil mobil w212 coupe / w207 th 2010 km78rb

Kebetulan PR nya tidak aneh2 kemarin pas GCU di starpro
Hanya di shockbreaker, trus arm aluminium, sama kampas rem aja
Sisanya sehat termasuk elektrikal

Utk masalah shockbreaker,
Dari yg jual sudah pakai coilover tapi sudah rusak sepertinya, bunyi2
Mohon saran lebih baik dikembalikan ke kondisi asli atau beli coilover lagi ?
Hitung2 biaya nya mirip soalnya
Shock depan belakang sekitar 11jt
Per eibach sekitar 4,3jt
Link stabil kanan kiri 1,1jt
Total 16,4jt
Kalo coilover sekitar 16,5jt merk bc racing

Masalahnya kalo coilover saya ngga ngerti setting2 nya
Ini gimana ya

Mohon bantu sumbang saran, terimakasih
shock mahal bgt itu, bilstein b4 klo ga salah depan belakang 7-8 juta deh. tapi jgn combine sm per h&r ya karena ga enak (udah pernah coba). Mungkin eibach enak klo shock nya std.

saya kebetulan pake bc racing, pas awal2 pasang keras bgt tapi lama2 lumayan empuk. enak bisa setel naik turun dan keras empuknya. Klo pasang lebih baik ke tempat yang jual resmi langsung, karena banyak yang salah setting/pasang. Kalau mau enak sekalian pake kw suspension bro... 50 jutaan tapi..... huahuahuauhauha
Ini coilover pake merk yellow dinamyc pro sport
Kalo diservis bisa ngga yah coilover? Kanan belakang soalnya agak lemah

Kalo BC racing yg jual resmi dimana om ?
Seandainya ngga bisa diservis mau ganti ke bc racing
Lacak, Dengarkan Percakapan, Matikan Mesin
dengan SuperSpring GPS Tracker
Tiga Langkah Mudah Mengamankan Kendaraan.
021 54 360 360
http://www.superspring.co
User avatar
SuperSpring
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Jan 25, 2008 21:38
Location: Jakarta Barat

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SuperSpring »

Oh iya saya ada kendala kalo baru petama nyalain itu ada asap putih agak tebal
Lalu di lantai ternyata saya baru tau kalo ada rembesan oli
Ini rekomennya kalo sekitaran jakarta kemana ya bengkelnya ?
Saya domisili di cengkareng jakbar

Soalnya baru hari ini istri yg bawa dan saya baru lihat parkiran saat ngga ada mobilnya, biasanya saya yg nyetir sendiri dan lantai ketutupan mobil
Lacak, Dengarkan Percakapan, Matikan Mesin
dengan SuperSpring GPS Tracker
Tiga Langkah Mudah Mengamankan Kendaraan.
021 54 360 360
http://www.superspring.co
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 6:20 Oh iya saya ada kendala kalo baru petama nyalain itu ada asap putih agak tebal
Lalu di lantai ternyata saya baru tau kalo ada rembesan oli
Ini rekomennya kalo sekitaran jakarta kemana ya bengkelnya ?
Saya domisili di cengkareng jakbar

Soalnya baru hari ini istri yg bawa dan saya baru lihat parkiran saat ngga ada mobilnya, biasanya saya yg nyetir sendiri dan lantai ketutupan mobil
Kalo yg disekitaran cengkareng atau jakbar sy ngk tau om, sy tinggal cengkareng juga, tp kalo svc rutin sy bawanya ke auto benz MGK scr harga lbh friendly, atau ke star pro sunter, harga lbh mahal tp kalo butuh mobil diangkat2, disinilah tmptnya yg proper mnrt sy. Silahkan om cek2 aja.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1199
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by t105erd »

Asfur wrote: Mon May 06, 2024 6:50
SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 6:20 Oh iya saya ada kendala kalo baru petama nyalain itu ada asap putih agak tebal
Lalu di lantai ternyata saya baru tau kalo ada rembesan oli
Ini rekomennya kalo sekitaran jakarta kemana ya bengkelnya ?
Saya domisili di cengkareng jakbar

Soalnya baru hari ini istri yg bawa dan saya baru lihat parkiran saat ngga ada mobilnya, biasanya saya yg nyetir sendiri dan lantai ketutupan mobil
Kalo yg disekitaran cengkareng atau jakbar sy ngk tau om, sy tinggal cengkareng juga, tp kalo svc rutin sy bawanya ke auto benz MGK scr harga lbh friendly, atau ke star pro sunter, harga lbh mahal tp kalo butuh mobil diangkat2, disinilah tmptnya yg proper mnrt sy. Silahkan om cek2 aja.
dicatet dulu om, siapa tau nanti butuh, lagi ngidam 300E boxer/E230 new eyes/ C200 lampu kotak
User avatar
SuperSpring
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Jan 25, 2008 21:38
Location: Jakarta Barat

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SuperSpring »

Asfur wrote: Mon May 06, 2024 6:50
SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 6:20 Oh iya saya ada kendala kalo baru petama nyalain itu ada asap putih agak tebal
Lalu di lantai ternyata saya baru tau kalo ada rembesan oli
Ini rekomennya kalo sekitaran jakarta kemana ya bengkelnya ?
Saya domisili di cengkareng jakbar

Soalnya baru hari ini istri yg bawa dan saya baru lihat parkiran saat ngga ada mobilnya, biasanya saya yg nyetir sendiri dan lantai ketutupan mobil
Kalo yg disekitaran cengkareng atau jakbar sy ngk tau om, sy tinggal cengkareng juga, tp kalo svc rutin sy bawanya ke auto benz MGK scr harga lbh friendly, atau ke star pro sunter, harga lbh mahal tp kalo butuh mobil diangkat2, disinilah tmptnya yg proper mnrt sy. Silahkan om cek2 aja.
Yg di MGK lantai brp om ? Ada kontaknya ?
Lacak, Dengarkan Percakapan, Matikan Mesin
dengan SuperSpring GPS Tracker
Tiga Langkah Mudah Mengamankan Kendaraan.
021 54 360 360
http://www.superspring.co
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 22:37
Yg di MGK lantai brp om ? Ada kontaknya ?
Udah saya japri yah om wa saya.
tatando
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: XJ 97

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tatando »

SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 6:20 Oh iya saya ada kendala kalo baru petama nyalain itu ada asap putih agak tebal
Lalu di lantai ternyata saya baru tau kalo ada rembesan oli
Ini rekomennya kalo sekitaran jakarta kemana ya bengkelnya ?
Saya domisili di cengkareng jakbar

Soalnya baru hari ini istri yg bawa dan saya baru lihat parkiran saat ngga ada mobilnya, biasanya saya yg nyetir sendiri dan lantai ketutupan mobil
Menjadi pertanyaan, GCUnya kok bisa lolos ya?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1967
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by alvin23 »

tatando wrote: Tue May 07, 2024 6:18
SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 6:20 Oh iya saya ada kendala kalo baru petama nyalain itu ada asap putih agak tebal
Lalu di lantai ternyata saya baru tau kalo ada rembesan oli
Ini rekomennya kalo sekitaran jakarta kemana ya bengkelnya ?
Saya domisili di cengkareng jakbar

Soalnya baru hari ini istri yg bawa dan saya baru lihat parkiran saat ngga ada mobilnya, biasanya saya yg nyetir sendiri dan lantai ketutupan mobil
Menjadi pertanyaan, GCUnya kok bisa lolos ya?
Iya, cepet amat ya perubahan kondisinya
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
SuperSpring
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Jan 25, 2008 21:38
Location: Jakarta Barat

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SuperSpring »

tatando wrote: Tue May 07, 2024 6:18
SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 6:20 Oh iya saya ada kendala kalo baru petama nyalain itu ada asap putih agak tebal
Lalu di lantai ternyata saya baru tau kalo ada rembesan oli
Ini rekomennya kalo sekitaran jakarta kemana ya bengkelnya ?
Saya domisili di cengkareng jakbar

Soalnya baru hari ini istri yg bawa dan saya baru lihat parkiran saat ngga ada mobilnya, biasanya saya yg nyetir sendiri dan lantai ketutupan mobil
Menjadi pertanyaan, GCUnya kok bisa lolos ya?
Nah itu dia
Kemaren GCU di starpro ngga terdeteksi

Ini mobil lagi di benz auto sesuai rekomen om izfur
Yg diganti seal pipa turbo, rumah filter oli, sama servis ecu
Total 11jt an
Yg mahal rumah filter oli kena 5,2jt
Hiksss

Mudah2an sehat kembali
Lacak, Dengarkan Percakapan, Matikan Mesin
dengan SuperSpring GPS Tracker
Tiga Langkah Mudah Mengamankan Kendaraan.
021 54 360 360
http://www.superspring.co
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 704
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: Fri May 03, 2024 4:57
udah enakan ya coilover bc nya. bener H&R itu agak keras tp dia memang ceper nya ambles dan bagus. kalo eibach masih empuk tp ga ambles, kalo di mata saya gatel apa lg sudah ganti velg besar. kalo masih velg std sih eibach aja biar mbl ga nungging/rake khas w212 wkwk.

kalo kw coilover itu agak perlu kayanya buat mercy2 kaya a200/a250 atau cla. keras kaya batu std nya pake coilover malah jd empukan dan enak dipake
udah enakan, malah balik ke tempat masang minta disetel kerasan lagi kekekeke tp masih enakan suspensi std ya... H&R itu pendek iya, tapi saking pendeknya jadi sering mentok stopper... ini ga enak banget rasanya membel2 gitu klo lewat poldur.... jadi harus dipasangin shock yang lebih pendek dan keras kayak (bilstein b8) nyarinya ribet alhasil ya sekalian coilover aja
SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 6:14
Ini coilover pake merk yellow dinamyc pro sport
Kalo diservis bisa ngga yah coilover? Kanan belakang soalnya agak lemah

Kalo BC racing yg jual resmi dimana om ?
Seandainya ngga bisa diservis mau ganti ke bc racing
klo service coba cek ke distri resmi nya, mungkin bisa order seal kit nya. kalau bc racing sih ada (nanya ke yang jual pas beli). BC racing itu saya beli di D2 motorsport arteri pondok indah. dia coilovernya aga beda, dia bisa disetel naik turun tapi tidak ngaruh sama travel suspension, rada mayan oke sih. tapi klo salah setting per bisa patah..........

tp ya FYI aja ya masih rada keras dibanding STD he he he, tapi ya namanya jg jd pendek.......
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
SuperSpring
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Jan 25, 2008 21:38
Location: Jakarta Barat

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SuperSpring »

tesna wrote: Fri May 10, 2024 13:07
farizfsa wrote: Fri May 03, 2024 4:57
udah enakan ya coilover bc nya. bener H&R itu agak keras tp dia memang ceper nya ambles dan bagus. kalo eibach masih empuk tp ga ambles, kalo di mata saya gatel apa lg sudah ganti velg besar. kalo masih velg std sih eibach aja biar mbl ga nungging/rake khas w212 wkwk.

kalo kw coilover itu agak perlu kayanya buat mercy2 kaya a200/a250 atau cla. keras kaya batu std nya pake coilover malah jd empukan dan enak dipake
udah enakan, malah balik ke tempat masang minta disetel kerasan lagi kekekeke tp masih enakan suspensi std ya... H&R itu pendek iya, tapi saking pendeknya jadi sering mentok stopper... ini ga enak banget rasanya membel2 gitu klo lewat poldur.... jadi harus dipasangin shock yang lebih pendek dan keras kayak (bilstein b8) nyarinya ribet alhasil ya sekalian coilover aja
SuperSpring wrote: Mon May 06, 2024 6:14
Ini coilover pake merk yellow dinamyc pro sport
Kalo diservis bisa ngga yah coilover? Kanan belakang soalnya agak lemah

Kalo BC racing yg jual resmi dimana om ?
Seandainya ngga bisa diservis mau ganti ke bc racing
klo service coba cek ke distri resmi nya, mungkin bisa order seal kit nya. kalau bc racing sih ada (nanya ke yang jual pas beli). BC racing itu saya beli di D2 motorsport arteri pondok indah. dia coilovernya aga beda, dia bisa disetel naik turun tapi tidak ngaruh sama travel suspension, rada mayan oke sih. tapi klo salah setting per bisa patah..........

tp ya FYI aja ya masih rada keras dibanding STD he he he, tapi ya namanya jg jd pendek.......
Kemaren udah ke D2concept beli bc coilover, cuma disetting depan belakang ama dia 15, disuruh rubah sesuai settingan disini 8 dan 10 mereka ga mau katanya nanti cepet bocor
Harga 17jt include pasang
Dimana lagi ya yg bisa settingin? Mau balik setting kesitu jadi males kalo ga boleh rubah2 wkwk

Trus coilover saya itu ternyata deoan belakang beda
Depan pake kw suspensions, belakang yellow dinamic
Kali aja ada yg mau bayarin buat di rekondisi boleh japri ya ehehe
Lacak, Dengarkan Percakapan, Matikan Mesin
dengan SuperSpring GPS Tracker
Tiga Langkah Mudah Mengamankan Kendaraan.
021 54 360 360
http://www.superspring.co
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 704
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

SuperSpring wrote: Sat May 11, 2024 0:53
Kemaren udah ke D2concept beli bc coilover, cuma disetting depan belakang ama dia 15, disuruh rubah sesuai settingan disini 8 dan 10 mereka ga mau katanya nanti cepet bocor
Harga 17jt include pasang
Dimana lagi ya yg bisa settingin? Mau balik setting kesitu jadi males kalo ga boleh rubah2 wkwk

Trus coilover saya itu ternyata deoan belakang beda
Depan pake kw suspensions, belakang yellow dinamic
Kali aja ada yg mau bayarin buat di rekondisi boleh japri ya ehehe
jangan om, awalnya saya jg jg setting 8 dan 10 empuk tapi lama2 keempukan. seinget saya akhirnya belakang 17/18 depan 14/15 gitu (lupa). awal2 emang keras, sering2 dipake aja, Awal2 kayak gerobak emang asli... tapi lama2 empuk... mungkin sekitar sebulanan kali yah, ato 1000km... Awal2 saya di 8 dan 10 tp lama2 keempukan ga enak membel2 gitu. akhirnya dikerasin lagi.

klo depan bisa setting sendiri kan, yg belakang sebenernya bisa tapi rada ribet. cuman tinggal puter2 kan klo keras empuk... saya sih terakhir dapet jatah free settingan 1x rubah ya. tapi saran saya tunggu setidaknya 1-2 bulan klo ga cocok2 juga baru di setting ulang. Saya sih sempet rubah ketinggian lagi, lalu keras empuk nya he hehehe. emang ribet sih tp ya namanya jg adjustable dan selera orang beda2 jadi butuh penyesuaian.

yang pasti, awal2 pasang kayak gerobakkkkkk, lama2 empuk. (atau badan saya udah terbiasa dengan kegerobakan mobil ini wkwkwkwk) tp serius deh 15 kayaknya udah settingan ok.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
SuperSpring
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Jan 25, 2008 21:38
Location: Jakarta Barat

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SuperSpring »

tesna wrote: Tue May 14, 2024 3:38
SuperSpring wrote: Sat May 11, 2024 0:53
Kemaren udah ke D2concept beli bc coilover, cuma disetting depan belakang ama dia 15, disuruh rubah sesuai settingan disini 8 dan 10 mereka ga mau katanya nanti cepet bocor
Harga 17jt include pasang
Dimana lagi ya yg bisa settingin? Mau balik setting kesitu jadi males kalo ga boleh rubah2 wkwk

Trus coilover saya itu ternyata deoan belakang beda
Depan pake kw suspensions, belakang yellow dinamic
Kali aja ada yg mau bayarin buat di rekondisi boleh japri ya ehehe
jangan om, awalnya saya jg jg setting 8 dan 10 empuk tapi lama2 keempukan. seinget saya akhirnya belakang 17/18 depan 14/15 gitu (lupa). awal2 emang keras, sering2 dipake aja, Awal2 kayak gerobak emang asli... tapi lama2 empuk... mungkin sekitar sebulanan kali yah, ato 1000km... Awal2 saya di 8 dan 10 tp lama2 keempukan ga enak membel2 gitu. akhirnya dikerasin lagi.

klo depan bisa setting sendiri kan, yg belakang sebenernya bisa tapi rada ribet. cuman tinggal puter2 kan klo keras empuk... saya sih terakhir dapet jatah free settingan 1x rubah ya. tapi saran saya tunggu setidaknya 1-2 bulan klo ga cocok2 juga baru di setting ulang. Saya sih sempet rubah ketinggian lagi, lalu keras empuk nya he hehehe. emang ribet sih tp ya namanya jg adjustable dan selera orang beda2 jadi butuh penyesuaian.

yang pasti, awal2 pasang kayak gerobakkkkkk, lama2 empuk. (atau badan saya udah terbiasa dengan kegerobakan mobil ini wkwkwkwk) tp serius deh 15 kayaknya udah settingan ok.
Oh gitu jadi depan belakang 15 ini udah lumayan oke yaa, coba deh kalo gitu nanti belakangnya rubah lagi ke 17 kalo udah keempukan
Lacak, Dengarkan Percakapan, Matikan Mesin
dengan SuperSpring GPS Tracker
Tiga Langkah Mudah Mengamankan Kendaraan.
021 54 360 360
http://www.superspring.co
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

W212 sy sdh sy lakukan peremajaan steering rack, hal yg dirasakan adalah kalo di tol dan kecepatan tinggi, steer agak liar dan ngk pede jadinya. Tp memang sy rasakan steer itu ada spelengan (kosongan), terus bawa ke bengkel langganan buat di cek dan analisisnya bener steering racknya udah oblag walopun blm besar oblagnya tp sudah terasa, katanya cari copotan aja atau coba ke botak s3ng. So sy bawa ke BS, di cek sama kokohnya dan dia bilang juga sama ini udah oblag dan ini yg oblag gigi nanasnya dan gigi as rodanya, sambil diksh contoh dr barang bekas disana, ini ngk bisa diservice krn ini sudah menjadi baja, seandainya dibubut tambah daging yg ada malah resiko krn bubutan baru ngk bakal nempel sempurna ke baja, nanti resikonya kalo itu bubutan rontok, malah bikin steer ngonci dan ngk bisa dibelok2in krn pecahannya udah nyumbat jalur gigi nanas dgn gigi as rodanya.

Mending engkoh cari copotan aja yg eks singapur krn copotan singapur rata2 msh mobil jalan yg dikampakin, kalo copotan lokal biasanya udah kurang baik barangnya krn yg emang org rusak punya dan biasanya kan ditinggalin tuh, nah itu bisa aja jatuh ke penjual brg2 copotan. Jadi sy cari2 dan dpt yg ktnya copotan singapur, yah ini base on percaya aja sih jatonya. Stlh dipasang skrg steer udah enak, full penuh ngk ada kosngan dan mobil ngk liar lagi.

Yg perlu kita bahas dan ini bisa jadi acuan untuk semua mobil nih jadinya :
1. Mnrt BS yg bisa di rekondisi ini seal2 dan ganti teflon aja, diluar itu (tambah daging) ngk worth buat di rekon krn bisa membahayakan. Mnrt SM'ers gmn?
2. Pasti SM'ers juga udah tau lah bengkel kaki2 tersehor UJM yg ada channel YT nya, nah kalo liat YT nya itu yg masuk mobil2 ajib2 yg rekon kaki2 macam porcshe, mustang, mini dan berbagai mobil umum lainnya, kalo disana apapun bisa dikerjakan termasuk tambah daging. Apakah ada SM'ers yg punya pengalaman benerin disana, soalnya liat review di gugel kok banyak juga yg kecewa dan harganya itu termasuk mahal yah, gmn mnrt pendapat kalian.
3. Dr dulu sih sy udah pernah nanya sama bengkel, rekon kaki2 bisa aja dan emang pasti lbh murah drpd ganti part, tp dipakenya biasanya ngk enak, keras atau kaku setirnya, kalo ada budget lbh baik ganti aja. Tp kalo liat channel UJM, banyak sedan2 TOP di rekon full set, dr steering rack, arm, shock dll pokoknya yg msh bisa di rekon yah di rekon, cuman kalo bicara hasilnya enak apa ngk sih emang ngk ada testimoni pemilik langsung, nah apakah ada SM'ers yg pernah full rekon dan hasilnya gmn?
4. Soalnya steering rack bekas punya saya msh saya simpen, jadi kalo faktanya bisa tambah daging kan tinggal sy benerin aja yg skrg ini, lumayan buat serep. Krn steering rack mercy ini harganya puluhan juta barunya, ngk kayak steering rack jejepangan yg banyak tiruannya, dgn harga range 1-4 jutaan bahkan sekelas alphard aja kayaknya 4 jutaan aja steering rack baru tp tiruan.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 704
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

Asfur wrote: Mon May 27, 2024 2:08 W212 sy sdh sy lakukan peremajaan steering rack, hal yg dirasakan adalah kalo di tol dan kecepatan tinggi, steer agak liar dan ngk pede jadinya. Tp memang sy rasakan steer itu ada spelengan (kosongan), terus bawa ke bengkel langganan buat di cek dan analisisnya bener steering racknya udah oblag walopun blm besar oblagnya tp sudah terasa, katanya cari copotan aja atau coba ke botak s3ng. So sy bawa ke BS, di cek sama kokohnya dan dia bilang juga sama ini udah oblag dan ini yg oblag gigi nanasnya dan gigi as rodanya, sambil diksh contoh dr barang bekas disana, ini ngk bisa diservice krn ini sudah menjadi baja, seandainya dibubut tambah daging yg ada malah resiko krn bubutan baru ngk bakal nempel sempurna ke baja, nanti resikonya kalo itu bubutan rontok, malah bikin steer ngonci dan ngk bisa dibelok2in krn pecahannya udah nyumbat jalur gigi nanas dgn gigi as rodanya.

Mending engkoh cari copotan aja yg eks singapur krn copotan singapur rata2 msh mobil jalan yg dikampakin, kalo copotan lokal biasanya udah kurang baik barangnya krn yg emang org rusak punya dan biasanya kan ditinggalin tuh, nah itu bisa aja jatuh ke penjual brg2 copotan. Jadi sy cari2 dan dpt yg ktnya copotan singapur, yah ini base on percaya aja sih jatonya. Stlh dipasang skrg steer udah enak, full penuh ngk ada kosngan dan mobil ngk liar lagi.

Yg perlu kita bahas dan ini bisa jadi acuan untuk semua mobil nih jadinya :
1. Mnrt BS yg bisa di rekondisi ini seal2 dan ganti teflon aja, diluar itu (tambah daging) ngk worth buat di rekon krn bisa membahayakan. Mnrt SM'ers gmn?
2. Pasti SM'ers juga udah tau lah bengkel kaki2 tersehor UJM yg ada channel YT nya, nah kalo liat YT nya itu yg masuk mobil2 ajib2 yg rekon kaki2 macam porcshe, mustang, mini dan berbagai mobil umum lainnya, kalo disana apapun bisa dikerjakan termasuk tambah daging. Apakah ada SM'ers yg punya pengalaman benerin disana, soalnya liat review di gugel kok banyak juga yg kecewa dan harganya itu termasuk mahal yah, gmn mnrt pendapat kalian.
3. Dr dulu sih sy udah pernah nanya sama bengkel, rekon kaki2 bisa aja dan emang pasti lbh murah drpd ganti part, tp dipakenya biasanya ngk enak, keras atau kaku setirnya, kalo ada budget lbh baik ganti aja. Tp kalo liat channel UJM, banyak sedan2 TOP di rekon full set, dr steering rack, arm, shock dll pokoknya yg msh bisa di rekon yah di rekon, cuman kalo bicara hasilnya enak apa ngk sih emang ngk ada testimoni pemilik langsung, nah apakah ada SM'ers yg pernah full rekon dan hasilnya gmn?
4. Soalnya steering rack bekas punya saya msh saya simpen, jadi kalo faktanya bisa tambah daging kan tinggal sy benerin aja yg skrg ini, lumayan buat serep. Krn steering rack mercy ini harganya puluhan juta barunya, ngk kayak steering rack jejepangan yg banyak tiruannya, dgn harga range 1-4 jutaan bahkan sekelas alphard aja kayaknya 4 jutaan aja steering rack baru tp tiruan.
om steering rack udah ganti di odometer berapa? waduh ngeri juga ya. punya saya sih kayaknya masih aman. kalau steering rack klo ganti seal2/karet2nya aja sih masih ok, tapi klo udah tambah daging ngeri juga sih.

selama partnya masih bisa dicari dan harga wajar sih lebih baik diganti aja, tapi klo emang mobilnya langka dan susah cari nya ya mau ga mau rekondisi....
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

tesna wrote: Tue May 28, 2024 0:55 om steering rack udah ganti di odometer berapa? waduh ngeri juga ya. punya saya sih kayaknya masih aman. kalau steering rack klo ganti seal2/karet2nya aja sih masih ok, tapi klo udah tambah daging ngeri juga sih.

selama partnya masih bisa dicari dan harga wajar sih lebih baik diganti aja, tapi klo emang mobilnya langka dan susah cari nya ya mau ga mau rekondisi....
Km 85rb om, kosongan/speleng jadi ngk sip kalo dibawa kenceng, agak liar steer nya. Cuman yg bikin sy penasaran sih, apakah gigi nanas dan gigi as roda itu sebenernya bisa (ataukah aman) untuk di tambah daging, ini yg jadi pertanyaan sih.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1458
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by AbdulHakim »

Asfur wrote: Tue May 28, 2024 1:04
tesna wrote: Tue May 28, 2024 0:55 om steering rack udah ganti di odometer berapa? waduh ngeri juga ya. punya saya sih kayaknya masih aman. kalau steering rack klo ganti seal2/karet2nya aja sih masih ok, tapi klo udah tambah daging ngeri juga sih.

selama partnya masih bisa dicari dan harga wajar sih lebih baik diganti aja, tapi klo emang mobilnya langka dan susah cari nya ya mau ga mau rekondisi....
Km 85rb om, kosongan/speleng jadi ngk sip kalo dibawa kenceng, agak liar steer nya. Cuman yg bikin sy penasaran sih, apakah gigi nanas dan gigi as roda itu sebenernya bisa (ataukah aman) untuk di tambah daging, ini yg jadi pertanyaan sih.
tambah daging itu permukaan komponen diberi material las-lasan yang mana:
1. Material las-an berbeda dengan material gear, yield strengthnya berbeda
2. Akibat pekerjaan welding tersebut ada yang disebut dengan HAZ atau Heat Affected Zone yang menjadi titik lemah (yield strengthnya paling kecil) pada komponen, hal ini bisa dibuktikan pada spesimen uji tarik dimana lokasi yang terjadi deformasi berada pada HAZ tersebut
3. Setelah ditambah material tambahan (tambah daging) tentu harus dilakukan proses pemesinan (freis) untuk mencapai ukuran gear seperti semula, akurasi mesin bisa dipastikan tidak akan sama dengan akurasi mesin pabrikan, perbedaan dimensi tidak dapat dihindari, hal ini dapat berakibat pada terjadinya backlash pada saat gear bertemu dengan pinion/komponen lain
4. Komponen roda gigi, biasanya dilakukan proses heat treatment (logam dipanaskan sampai mencapai temperatur austenite, lalu di-quenching dalam media contohnya oli), yang akan membuat permukaannya menjadi lebih keras dibandingkan bagian dalamnya, jadi bagian luar keras namun bagian dalamnya tetap ulet (ductile), meski kedalaman dari hardening surface tersebut hanya dalam ukuran mikrometer saja, hal ini tentu tidak diperoleh pada material tambah daging tersebut.

CMIIW ya om-om, karena tulisan saya yang panjang tesebut belum tentu benar :big_biglaugh:

intinya kembali kepada om Asfur sendiri, kalo mencoba tentu akan mendapatkan kepuasan tersendiri toh
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

AbdulHakim wrote: Tue May 28, 2024 1:22 tambah daging itu permukaan komponen diberi material las-lasan yang mana:
1. Material las-an berbeda dengan material gear, yield strengthnya berbeda
2. Akibat pekerjaan welding tersebut ada yang disebut dengan HAZ atau Heat Affected Zone yang menjadi titik lemah (yield strengthnya paling kecil) pada komponen, hal ini bisa dibuktikan pada spesimen uji tarik dimana lokasi yang terjadi deformasi berada pada HAZ tersebut
3. Setelah ditambah material tambahan (tambah daging) tentu harus dilakukan proses pemesinan (freis) untuk mencapai ukuran gear seperti semula, akurasi mesin bisa dipastikan tidak akan sama dengan akurasi mesin pabrikan, perbedaan dimensi tidak dapat dihindari, hal ini dapat berakibat pada terjadinya backlash pada saat gear bertemu dengan pinion/komponen lain
4. Komponen roda gigi, biasanya dilakukan proses heat treatment (logam dipanaskan sampai mencapai temperatur austenite, lalu di-quenching dalam media contohnya oli), yang akan membuat permukaannya menjadi lebih keras dibandingkan bagian dalamnya, jadi bagian luar keras namun bagian dalamnya tetap ulet (ductile), meski kedalaman dari hardening surface tersebut hanya dalam ukuran mikrometer saja, hal ini tentu tidak diperoleh pada material tambah daging tersebut.

CMIIW ya om-om, karena tulisan saya yang panjang tesebut belum tentu benar :big_biglaugh:

intinya kembali kepada om Asfur sendiri, kalo mencoba tentu akan mendapatkan kepuasan tersendiri toh
Wahhh mantep nie penjelasannya, ini mirip penjelasan si kokoh BS, katanya kalo sy cerita panjang lebar nanti u pusing, kalo u ada kenalan yg ngerti perbajaan, nah coba u tanya dia deh, bener apa kagak omongan saya :mky_01:

Kalo saya nyoba sih kalo bahaya mah ogah om, itu setir kalo beneran tambahan dagingnya copot dan kita ngk bisa belokin setir kan bahaya banget tuh, mending kalo lagi markir, lah kalo lagi di tol dan mesti manuver, kelar urusannya....

Yg bikin rese sih kenapa nih part ngk ada substitusinya gitu,, krn jejepangan kan banyak tuh substitusinya, macam kaki2, rem dllnya aja kan ada tuh substitusinya.