Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rhizzaldy
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Jan 01, 2014 2:27

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by rhizzaldy »

kenop wrote: Thu May 09, 2024 8:32
rhizzaldy wrote: Thu May 09, 2024 8:17 Selamat Sore om..
Izin tanya review dan pendapatnya untuk ban ukuran 205/55/16..

Saat ini dihadapkan beberapa pilihan dg budget under 1jt per ban

1. Hankook Ventus V2 Concept
2. Goodyear Assurance Triplemax - ATM1 (bukan Triplemax 2 karena nyari kemana2 untuk ukuran ini kok gak ada tipe ATM2 ya? :big_dunno: )
3. Falken Sincera
4. Falken ZE310
5. Hankook Ventus Prime 3 atau Prime 4
6. Champiro HPY

Prefer ban yg tipe comfort atau all rounder.

Mohon pencerahannya.. thanks
Cm bs komen buat pilihan no.2
Jangan beli yg ATM1, sy lg itu salah beli, cari ATM2 dikasih ATM1

Ini ban keras dan berisik, bagusnya cm pas ujan doang :big_biglaugh:
Siaap om, dicoret dari list saya deh. Saya jg bingung di flyer product ATM2 ada ukuran 205/55/16 eh aktual di lapangan gak ada ternyata.

Ada saran kah om diantara yg lainnya ?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

rhizzaldy wrote: Thu May 09, 2024 8:51
kenop wrote: Thu May 09, 2024 8:32
rhizzaldy wrote: Thu May 09, 2024 8:17 Selamat Sore om..
Izin tanya review dan pendapatnya untuk ban ukuran 205/55/16..

Saat ini dihadapkan beberapa pilihan dg budget under 1jt per ban

1. Hankook Ventus V2 Concept
2. Goodyear Assurance Triplemax - ATM1 (bukan Triplemax 2 karena nyari kemana2 untuk ukuran ini kok gak ada tipe ATM2 ya? :big_dunno: )
3. Falken Sincera
4. Falken ZE310
5. Hankook Ventus Prime 3 atau Prime 4
6. Champiro HPY

Prefer ban yg tipe comfort atau all rounder.

Mohon pencerahannya.. thanks
Cm bs komen buat pilihan no.2
Jangan beli yg ATM1, sy lg itu salah beli, cari ATM2 dikasih ATM1

Ini ban keras dan berisik, bagusnya cm pas ujan doang :big_biglaugh:
Siaap om, dicoret dari list saya deh. Saya jg bingung di flyer product ATM2 ada ukuran 205/55/16 eh aktual di lapangan gak ada ternyata.

Ada saran kah om diantara yg lainnya ?
gantinya ATM2 adalah GY Assurance Maxguard
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2923
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by josomba »

rhizzaldy wrote: Thu May 09, 2024 8:51
kenop wrote: Thu May 09, 2024 8:32
rhizzaldy wrote: Thu May 09, 2024 8:17 Selamat Sore om..
Izin tanya review dan pendapatnya untuk ban ukuran 205/55/16..

Saat ini dihadapkan beberapa pilihan dg budget under 1jt per ban

1. Hankook Ventus V2 Concept
2. Goodyear Assurance Triplemax - ATM1 (bukan Triplemax 2 karena nyari kemana2 untuk ukuran ini kok gak ada tipe ATM2 ya? :big_dunno: )
3. Falken Sincera
4. Falken ZE310
5. Hankook Ventus Prime 3 atau Prime 4
6. Champiro HPY

Prefer ban yg tipe comfort atau all rounder.

Mohon pencerahannya.. thanks
Cm bs komen buat pilihan no.2
Jangan beli yg ATM1, sy lg itu salah beli, cari ATM2 dikasih ATM1

Ini ban keras dan berisik, bagusnya cm pas ujan doang :big_biglaugh:
Siaap om, dicoret dari list saya deh. Saya jg bingung di flyer product ATM2 ada ukuran 205/55/16 eh aktual di lapangan gak ada ternyata.

Ada saran kah om diantara yg lainnya ?
viewtopic.php?p=1235373#p1235373

Saya pernah pakai continental cc6 205/55/16. Pas mobil dijual, keknya terpakai 10-15k KM. Agak2 lupa.

Dari awal sampe dijual, impresinya tetep ban yg paling nyaman n hening (walau hening d awal dan di akhir pasti gradually berubah ya). Kalau lawan genangan di tol, mungkin masih lebih baik ban touring biasa (lm705 n t005) tp masih lebih baik daripada Ventus Prime3.

Benchmark saya di mobil yg sama: Dunlop Ec300, Turanza AR20, Ventus Prime 3, dan Dunlop LM705
Image
trio198
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Oct 07, 2016 1:31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by trio198 »

Maap klo agak melenceng sikit Oom....mau nanya soal mini compressor untuk pompa ban mobil.

Baca2 di thread sebelah, banyak yg rekomenin merk Coido, dan akhirnya ane belilah Coido 6236L.
Eh, pas udah beli, baru liat spek arusnya 28A.

Ada yang pengalaman pake mini compressor ini Oom?
Klo yang merk lain kayak Deli sih rata2 di 160w, masih bisa lewat cigarette lighter...
Klo Coido ini, mesti nyolok langsung aki yak?

Thanks.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

Tadi pagi pas beres cuci mobil, ga sengaja saya lihat di dinding ban bagian dalem ada benjol besar banget
IMG_20240511_101156.jpg
Panik juga sih pas lihat, karena kemarinnya habis dipakai lewat jalan tol juga. Untung ga sampai pecah.

Bannya ini Dunlop LM705 produksi 2020, sudah jalan 3,5 tahun 36.000Km dan rutin rotasi setiap 10rb Km. Sepertinya sih mobilnya sempet masuk lubang pas dipakai ponakan :mky_01:


Akhirnya langsung hunting ban ukuran 185/60 R15 di Bandung. Pilihan yg masuk budget maksimal 900/ban ada CC6 tapi pas saya tanya udah sold out. Kemudian ada juga LM705 di 920/ban tapi tokonya hanya online. Ada CC7 sudah overbudget di 980/ban.

Kemudian saya iseng cek Goodyear Assurance Maxguard tapi lihat lokasinya di Jakarta toko Ottoban, harganya 830/ban. Pas saya tanya apakah di cabang Bandung ready, dan ternyata ready. Akhirnya saya beli Goodyear Assurance Maxguard sepasang dulu, dengan harga setelah diskon Tokped 790/ban sudah include pemasangan, balancing, pentil, dan Nitrogen.

Sore tadi saya ke Ottoban cabang Ramdan Bandung, dan langsung pasang bannya.
IMG_20240511_154052.jpg
Kondisi ban yg benjol


Ban lama yg sebelumnya di Belakang saya rotasi pindha ke depan, jadi ban barunya saya pasang di Belakang dan satu ban yg asalnya dari depan saya jadikan ban serep.
IMG_20240511_152423.jpg
IMG_20240511_153640.jpg
Dapet produksi minggu 09 Tahun 2024, dan karena belinya sepasang dapet garansi 12 bulan/20.000 Km.


Impresi awal setelah jalan 8Km di dalam kota:
- Lebih keras dari LM705, dengan tekanan angin sama di 33psi. Mungkin nanti akan saya set tekanan anginnya sesuai spek mobil saja di 31psi.
- Lebih bising dari LM705, padahal yg LM705 sudah 3,5 tahun.
Untuk grip nanti akan saya update setelah coba lewat jalan tol.

Kelihatannya ban ini memang bukan untuk comfort seperti Conti CC ataupun LM705, apalagi yg dipromosikannya lebih ke durability (dengan garansinya dan sidewall yg 2ply) dan wet gripnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

azu wrote: Sat May 11, 2024 10:56 Tadi pagi pas beres cuci mobil, ga sengaja saya lihat di dinding ban bagian dalem ada benjol besar banget

IMG_20240511_101156.jpg

Panik juga sih pas lihat, karena kemarinnya habis dipakai lewat jalan tol juga. Untung ga sampai pecah.

Bannya ini Dunlop LM705 produksi 2020, sudah jalan 3,5 tahun 36.000Km dan rutin rotasi setiap 10rb Km. Sepertinya sih mobilnya sempet masuk lubang pas dipakai ponakan :mky_01:


Akhirnya langsung hunting ban ukuran 185/60 R15 di Bandung. Pilihan yg masuk budget maksimal 900/ban ada CC6 tapi pas saya tanya udah sold out. Kemudian ada juga LM705 di 920/ban tapi tokonya hanya online. Ada CC7 sudah overbudget di 980/ban.

Kemudian saya iseng cek Goodyear Assurance Maxguard tapi lihat lokasinya di Jakarta toko Ottoban, harganya 830/ban. Pas saya tanya apakah di cabang Bandung ready, dan ternyata ready. Akhirnya saya beli Goodyear Assurance Maxguard sepasang dulu, dengan harga setelah diskon Tokped 790/ban sudah include pemasangan, balancing, pentil, dan Nitrogen.

Sore tadi saya ke Ottoban cabang Ramdan Bandung, dan langsung pasang bannya.

IMG_20240511_154052.jpg
Kondisi ban yg benjol


Ban lama yg sebelumnya di Belakang saya rotasi pindha ke depan, jadi ban barunya saya pasang di Belakang dan satu ban yg asalnya dari depan saya jadikan ban serep.

IMG_20240511_152423.jpg

IMG_20240511_153640.jpg

Dapet produksi minggu 09 Tahun 2024, dan karena belinya sepasang dapet garansi 12 bulan/20.000 Km.


Impresi awal setelah jalan 8Km di dalam kota:
- Lebih keras dari LM705, dengan tekanan angin sama di 33psi. Mungkin nanti akan saya set tekanan anginnya sesuai spek mobil saja di 31psi.
- Lebih bising dari LM705, padahal yg LM705 sudah 3,5 tahun.
Untuk grip nanti akan saya update setelah coba lewat jalan tol.

Kelihatannya ban ini memang bukan untuk comfort seperti Conti CC ataupun LM705, apalagi yg dipromosikannya lebih ke durability (dengan garansinya dan sidewall yg 2ply) dan wet gripnya.
Itu profil 60 kan? tp msh benjol

Emg ribet klo sidewall lembut dan nyaman, tekanannya harus tinggi di atas 35 psi kayanya :big_biglaugh:

Padahal msh ok tuh treadwear nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1176
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by t105erd »

azu wrote: Sat May 11, 2024 10:56 Tadi pagi pas beres cuci mobil, ga sengaja saya lihat di dinding ban bagian dalem ada benjol besar banget

IMG_20240511_101156.jpg

Panik juga sih pas lihat, karena kemarinnya habis dipakai lewat jalan tol juga. Untung ga sampai pecah.

Bannya ini Dunlop LM705 produksi 2020, sudah jalan 3,5 tahun 36.000Km dan rutin rotasi setiap 10rb Km. Sepertinya sih mobilnya sempet masuk lubang pas dipakai ponakan :mky_01:


Akhirnya langsung hunting ban ukuran 185/60 R15 di Bandung. Pilihan yg masuk budget maksimal 900/ban ada CC6 tapi pas saya tanya udah sold out. Kemudian ada juga LM705 di 920/ban tapi tokonya hanya online. Ada CC7 sudah overbudget di 980/ban.

Kemudian saya iseng cek Goodyear Assurance Maxguard tapi lihat lokasinya di Jakarta toko Ottoban, harganya 830/ban. Pas saya tanya apakah di cabang Bandung ready, dan ternyata ready. Akhirnya saya beli Goodyear Assurance Maxguard sepasang dulu, dengan harga setelah diskon Tokped 790/ban sudah include pemasangan, balancing, pentil, dan Nitrogen.

Sore tadi saya ke Ottoban cabang Ramdan Bandung, dan langsung pasang bannya.

IMG_20240511_154052.jpg
Kondisi ban yg benjol


Ban lama yg sebelumnya di Belakang saya rotasi pindha ke depan, jadi ban barunya saya pasang di Belakang dan satu ban yg asalnya dari depan saya jadikan ban serep.

IMG_20240511_152423.jpg

IMG_20240511_153640.jpg

Dapet produksi minggu 09 Tahun 2024, dan karena belinya sepasang dapet garansi 12 bulan/20.000 Km.


Impresi awal setelah jalan 8Km di dalam kota:
- Lebih keras dari LM705, dengan tekanan angin sama di 33psi. Mungkin nanti akan saya set tekanan anginnya sesuai spek mobil saja di 31psi.
- Lebih bising dari LM705, padahal yg LM705 sudah 3,5 tahun.
Untuk grip nanti akan saya update setelah coba lewat jalan tol.

Kelihatannya ban ini memang bukan untuk comfort seperti Conti CC ataupun LM705, apalagi yg dipromosikannya lebih ke durability (dengan garansinya dan sidewall yg 2ply) dan wet gripnya.
Habis hajar lobang pas ban kempes apa yah?
Saya juga pernah mobil saya anjlog dari jalan cor2an ke bawah malem di kampung, untung aja masih selamet.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

Iya profil 60, tapi itu benjolnya gede banget :mky_01:

Masalahnya kalau tekanannya diatas 33psi itu langsung kerasa kerasnya, malah ga dapet nyamannya :big_childish:

Betul om, sayang sih sebenernya itu treadwearnya masih bisa 10-15rb Km lagi kalau rutin dirotasi mah. Ya sementara sambil nunggu LM705 ini abis treadwearnya, belang dulu deh antara ban depan dan belakang :mky_01:
t105erd wrote: Sat May 11, 2024 11:17


Habis hajar lobang pas ban kempes apa yah?
Saya juga pernah mobil saya anjlog dari jalan cor2an ke bawah malem di kampung, untung aja masih selamet.
Akhir2 ini mobilnya lagi sering saya pinjemin ke ponakan sih om, jadi keliatannya dia jarang cek tekanan angin ya. Pas saya cek tadi sih ngga yg kempes bgt ya, hanya kurang angin. kalau lihat ban yg sebelahnya pas diisi angin tadi sih tekanannya di 28psi, udah turun 4psi sih dari terakhir saya isi angin di 32psi.

Masalahnya ini ban dindingnya lembek, antara angin pas dengan kurang angin aja suka sulit dibedakan kalau yg ga biasa bawa mah :mky_01:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

azu wrote: Sat May 11, 2024 11:25 Iya profil 60, tapi itu benjolnya gede banget :mky_01:

Masalahnya kalau tekanannya diatas 33psi itu langsung kerasa kerasnya, malah ga dapet nyamannya :big_childish:

Betul om, sayang sih sebenernya itu treadwearnya masih bisa 10-15rb Km lagi kalau rutin dirotasi mah. Ya sementara sambil nunggu LM705 ini abis treadwearnya, belang dulu deh antara ban depan dan belakang :mky_01:
t105erd wrote: Sat May 11, 2024 11:17


Habis hajar lobang pas ban kempes apa yah?
Saya juga pernah mobil saya anjlog dari jalan cor2an ke bawah malem di kampung, untung aja masih selamet.
Akhir2 ini mobilnya lagi sering saya pinjemin ke ponakan sih om, jadi keliatannya dia jarang cek tekanan angin ya. Pas saya cek tadi sih ngga yg kempes bgt ya, hanya kurang angin. kalau lihat ban yg sebelahnya pas diisi angin tadi sih tekanannya di 28psi, udah turun 4psi sih dari terakhir saya isi angin di 32psi.

Masalahnya ini ban dindingnya lembek, antara angin pas dengan kurang angin aja suka sulit dibedakan kalau yg ga biasa bawa mah :mky_01:
Klo mobil dipinjemin emang amannya pompa tekanan sampai 36-38 psi ajah.

Jd ketika balik lg gaktau dipakai sejauh mana kan, tekanannya berkurang tetap di atas rekomendasi minimal oem kan.

Sidewall lembut tricky emang.
Serba salah klo nyaman tp malah lemah.
Tekanan dibikin aman, tapi malah gak nyaman. :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1176
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by t105erd »

azu wrote: Sat May 11, 2024 11:25 Iya profil 60, tapi itu benjolnya gede banget :mky_01:

Masalahnya kalau tekanannya diatas 33psi itu langsung kerasa kerasnya, malah ga dapet nyamannya :big_childish:

Betul om, sayang sih sebenernya itu treadwearnya masih bisa 10-15rb Km lagi kalau rutin dirotasi mah. Ya sementara sambil nunggu LM705 ini abis treadwearnya, belang dulu deh antara ban depan dan belakang :mky_01:
t105erd wrote: Sat May 11, 2024 11:17


Habis hajar lobang pas ban kempes apa yah?
Saya juga pernah mobil saya anjlog dari jalan cor2an ke bawah malem di kampung, untung aja masih selamet.
Akhir2 ini mobilnya lagi sering saya pinjemin ke ponakan sih om, jadi keliatannya dia jarang cek tekanan angin ya. Pas saya cek tadi sih ngga yg kempes bgt ya, hanya kurang angin. kalau lihat ban yg sebelahnya pas diisi angin tadi sih tekanannya di 28psi, udah turun 4psi sih dari terakhir saya isi angin di 32psi.

Masalahnya ini ban dindingnya lembek, antara angin pas dengan kurang angin aja suka sulit dibedakan kalau yg ga biasa bawa mah :mky_01:
Oh ya dulu waktu jaman pakai ban ukuran std 185/60 R15 emang suka saya isi 32 - 33 setelah ganti Hankook ukuran 185/65 R15 saya isi 35, itu aja masih keliatan kaya ban kempes, emang karakternya kaya gitu kali yaa kalo ban comfort.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1529
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

Pas lg ngomongin tekanan angin ideal..
Biasa kalo di mobil2 penumpang lain setau saya selalu rekomen ban belakang lebih keras drpd depan
Di avanza cvt ternyata malah kebalik....depan rekomen 33psi belakang 32psi...padahal sepertinya kalo diisi 5 penumpang akan lbh berat drpd mesin.
Setelah coba2 nyetir kosong / ada penumpang...versi sy paling pas depan 32psi & belakang 34psi...ban GT ecotec yg terkenal kembangan gampang tercabik2
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 799
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by rakyatwkwkland »

MSU wrote: Sat May 11, 2024 13:20 Pas lg ngomongin tekanan angin ideal..
Biasa kalo di mobil2 penumpang lain setau saya selalu rekomen ban belakang lebih keras drpd depan
Di avanza cvt ternyata malah kebalik....depan rekomen 33psi belakang 32psi...padahal sepertinya kalo diisi 5 penumpang akan lbh berat drpd mesin.
Setelah coba2 nyetir kosong / ada penumpang...versi sy paling pas depan 32psi & belakang 34psi...ban GT ecotec yg terkenal kembangan gampang tercabik2
Mungkin itu rekomen buat kalo isi 2-4 orang kali oom...

Mobil ane ertiga, dia ada dua rekomendasi. Buat 2-4 orang di 32 32, kalo 5-7 orang 32 38 kalo gasalah inget. Ane seringnya cuma 1-3 orang doang, tapi kadang2 juga suka angkut barang di bagasi atau bisa angkut full 7 orang juga. Jadi ane ambil jalan tengah, biasa kasih di 32 dan 34-35 gitu.

Kalo sedan2 atau hatchback kayanya beberapa emang ada yang rekomen depan lebih tinggi daripada belakang.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: Sat May 11, 2024 16:11
MSU wrote: Sat May 11, 2024 13:20 Pas lg ngomongin tekanan angin ideal..
Biasa kalo di mobil2 penumpang lain setau saya selalu rekomen ban belakang lebih keras drpd depan
Di avanza cvt ternyata malah kebalik....depan rekomen 33psi belakang 32psi...padahal sepertinya kalo diisi 5 penumpang akan lbh berat drpd mesin.
Setelah coba2 nyetir kosong / ada penumpang...versi sy paling pas depan 32psi & belakang 34psi...ban GT ecotec yg terkenal kembangan gampang tercabik2
Mungkin itu rekomen buat kalo isi 2-4 orang kali oom...

Mobil ane ertiga, dia ada dua rekomendasi. Buat 2-4 orang di 32 32, kalo 5-7 orang 32 38 kalo gasalah inget. Ane seringnya cuma 1-3 orang doang, tapi kadang2 juga suka angkut barang di bagasi atau bisa angkut full 7 orang juga. Jadi ane ambil jalan tengah, biasa kasih di 32 dan 34-35 gitu.

Kalo sedan2 atau hatchback kayanya beberapa emang ada yang rekomen depan lebih tinggi daripada belakang.
Iya contohnya brio dan jazz itu tekanan ban depan direkomen lbh tinggi klo gak salah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1176
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by t105erd »

MSU wrote: Sat May 11, 2024 13:20 Pas lg ngomongin tekanan angin ideal..
Biasa kalo di mobil2 penumpang lain setau saya selalu rekomen ban belakang lebih keras drpd depan
Di avanza cvt ternyata malah kebalik....depan rekomen 33psi belakang 32psi...padahal sepertinya kalo diisi 5 penumpang akan lbh berat drpd mesin.
Setelah coba2 nyetir kosong / ada penumpang...versi sy paling pas depan 32psi & belakang 34psi...ban GT ecotec yg terkenal kembangan gampang tercabik2
Antisipasi kalo lagi ngerem kali om, kan beban pindah ke depan semua.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

t105erd wrote: Sun May 12, 2024 2:14
MSU wrote: Sat May 11, 2024 13:20 Pas lg ngomongin tekanan angin ideal..
Biasa kalo di mobil2 penumpang lain setau saya selalu rekomen ban belakang lebih keras drpd depan
Di avanza cvt ternyata malah kebalik....depan rekomen 33psi belakang 32psi...padahal sepertinya kalo diisi 5 penumpang akan lbh berat drpd mesin.
Setelah coba2 nyetir kosong / ada penumpang...versi sy paling pas depan 32psi & belakang 34psi...ban GT ecotec yg terkenal kembangan gampang tercabik2
Antisipasi kalo lagi ngerem kali om, kan beban pindah ke depan semua.
Iya apalagi fwd, distribusi bobot dalam kondisi kosong aja udah di depan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1529
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Sun May 12, 2024 2:22
t105erd wrote: Sun May 12, 2024 2:14
MSU wrote: Sat May 11, 2024 13:20 Pas lg ngomongin tekanan angin ideal..
Biasa kalo di mobil2 penumpang lain setau saya selalu rekomen ban belakang lebih keras drpd depan
Di avanza cvt ternyata malah kebalik....depan rekomen 33psi belakang 32psi...padahal sepertinya kalo diisi 5 penumpang akan lbh berat drpd mesin.
Setelah coba2 nyetir kosong / ada penumpang...versi sy paling pas depan 32psi & belakang 34psi...ban GT ecotec yg terkenal kembangan gampang tercabik2
Antisipasi kalo lagi ngerem kali om, kan beban pindah ke depan semua.
Iya apalagi fwd, distribusi bobot dalam kondisi kosong aja udah di depan :big_biglaugh:
Wkwk mungkin juga om..drpd kepikiran pas bawa penumpang mending sy pompa lbh keras...toh dipake kosong pun masih acceptable
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Sun May 12, 2024 2:29
Suryaputra wrote: Sun May 12, 2024 2:22
t105erd wrote: Sun May 12, 2024 2:14

Antisipasi kalo lagi ngerem kali om, kan beban pindah ke depan semua.
Iya apalagi fwd, distribusi bobot dalam kondisi kosong aja udah di depan :big_biglaugh:
Wkwk mungkin juga om..drpd kepikiran pas bawa penumpang mending sy pompa lbh keras...toh dipake kosong pun masih acceptable
selera emang.

klo sy 33 psi minimal dpn blkg, apapun mobilnya

jd klo pompa udh pasti 35-38 psi :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

Update impresi GY Assurance Maxguard di ban belakang Vios Gen 2 dibandingkan LM705 yg sudah dipakai 3,5tahun.
- Kebisingan lebih tinggi dibandingkan dengan LM705
- dengan tekanan 33psi, terasa lebih keras/firm dibandingkan dengan LM705
- untuk grip kering, di interchange jalan tol dengan kecepatan 60kpj terasa lebih ngegrip dan stabil dibanding dengan LM705 sehingga lebih pede di high speed saat menikung padahal ini yg diganti baru ban belakang saja. kalau LM705 dengan kecepatan tersebut terasa lebih limbung dan terasanya kalau lebih kencang lagi bakal hilang gripnya. mungkin ini efek dari sidewall 2ply yang lebih kaku dibandingkan LM705 yang hanya 1ply, sehingga ke grip juga lebih napak bannya.
- sayangnya untuk grip basah saya belum coba karena belum ketemu hujan. tapi kalau liat patternnya dengan alur lebih lebar dari LM705 dan CC6, harusnya grip saat basah lebih baik untuk pembuangan airnya tapi dengan drawback tingkat kebisingan yg lebih tinggi.

Overall saya merasa ban ini bukan ban comfort seperti LM705 ataupun CC6 ya, lebih ke ban touring seperti Turanza. impresi saya agak mirip dengan pakai Turanza AR10 dulu di Civic 2001, walaupun tidak sekeras Turanza ya :mky_01:

Untuk harga 800an cukup oke ya, apalagi dibandingkan dengan ban Eco.

Sebagai catatan, pembanding saya sebelumnya di Vios ini adalah EP150 dan LM705.

MSU wrote: Sat May 11, 2024 13:20 Pas lg ngomongin tekanan angin ideal..
Biasa kalo di mobil2 penumpang lain setau saya selalu rekomen ban belakang lebih keras drpd depan
Di avanza cvt ternyata malah kebalik....depan rekomen 33psi belakang 32psi...padahal sepertinya kalo diisi 5 penumpang akan lbh berat drpd mesin.
Setelah coba2 nyetir kosong / ada penumpang...versi sy paling pas depan 32psi & belakang 34psi...ban GT ecotec yg terkenal kembangan gampang tercabik2
Di Vios Gen 2 juga sama om. depan rekomen 220Kpa(32PSI) dan belakang 210Kpa(30,5PSI). Tapi saya sering isinya di 33PSI rata, karena kalau isi 34PSI di LM705 langsung terasa keras sekali. mungkin kedepannya utk GY AMG di belakang mau saya coba dulu di 32PSI.

Analisa saya sih karena roda depan menahan beban mesin dan penumpang depan, sedangkan belakang hanya beban penumpang belakang dan bagasi. apalagi kalau hatchback, beban roda belakang lebih kecil lagi. :mky_01:

Kalau di Nav1 rekomendasinya malah rata di 35PSI untuk semua kondisi, tidak dibedakan antara unladen (3 penumpang) dan laden (full 7 penumpang dan barang) seperti di Ertiga dan Innova.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

azu wrote: Mon May 13, 2024 2:42 Update impresi GY Assurance Maxguard di ban belakang Vios Gen 2 dibandingkan LM705 yg sudah dipakai 3,5tahun.
- Kebisingan lebih tinggi dibandingkan dengan LM705
- dengan tekanan 33psi, terasa lebih keras/firm dibandingkan dengan LM705
- untuk grip kering, di interchange jalan tol dengan kecepatan 60kpj terasa lebih ngegrip dan stabil dibanding dengan LM705 sehingga lebih pede di high speed saat menikung padahal ini yg diganti baru ban belakang saja. kalau LM705 dengan kecepatan tersebut terasa lebih limbung dan terasanya kalau lebih kencang lagi bakal hilang gripnya. mungkin ini efek dari sidewall 2ply yang lebih kaku dibandingkan LM705 yang hanya 1ply, sehingga ke grip juga lebih napak bannya.
- sayangnya untuk grip basah saya belum coba karena belum ketemu hujan. tapi kalau liat patternnya dengan alur lebih lebar dari LM705 dan CC6, harusnya grip saat basah lebih baik untuk pembuangan airnya tapi dengan drawback tingkat kebisingan yg lebih tinggi.

Overall saya merasa ban ini bukan ban comfort seperti LM705 ataupun CC6 ya, lebih ke ban touring seperti Turanza. impresi saya agak mirip dengan pakai Turanza AR10 dulu di Civic 2001, walaupun tidak sekeras Turanza ya :mky_01:

Untuk harga 800an cukup oke ya, apalagi dibandingkan dengan ban Eco.

Sebagai catatan, pembanding saya sebelumnya di Vios ini adalah EP150 dan LM705.

MSU wrote: Sat May 11, 2024 13:20 Pas lg ngomongin tekanan angin ideal..
Biasa kalo di mobil2 penumpang lain setau saya selalu rekomen ban belakang lebih keras drpd depan
Di avanza cvt ternyata malah kebalik....depan rekomen 33psi belakang 32psi...padahal sepertinya kalo diisi 5 penumpang akan lbh berat drpd mesin.
Setelah coba2 nyetir kosong / ada penumpang...versi sy paling pas depan 32psi & belakang 34psi...ban GT ecotec yg terkenal kembangan gampang tercabik2
Di Vios Gen 2 juga sama om. depan rekomen 220Kpa(32PSI) dan belakang 210Kpa(30,5PSI). Tapi saya sering isinya di 33PSI rata, karena kalau isi 34PSI di LM705 langsung terasa keras sekali. mungkin kedepannya utk GY AMG di belakang mau saya coba dulu di 32PSI.

Analisa saya sih karena roda depan menahan beban mesin dan penumpang depan, sedangkan belakang hanya beban penumpang belakang dan bagasi. apalagi kalau hatchback, beban roda belakang lebih kecil lagi. :mky_01:

Kalau di Nav1 rekomendasinya malah rata di 35PSI untuk semua kondisi, tidak dibedakan antara unladen (3 penumpang) dan laden (full 7 penumpang dan barang) seperti di Ertiga dan Innova.
yah itu lah kelebihan dan kekurangan ban nyaman atau condong ke performance :big_biglaugh:
BS Turanza even diklaim ban nyaman, tetap gak ngompromi "DNA" nya sbg ban durable dan good handling.

apalagi ban UHP, lbh rigid lagi sidewall nya.

intinya ban sesuai "kebutuhan" dan "keinginan", itu bisa beda ya dan agak bertolak belakang :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by yogaecho »

Malam om,
Mau minta pendapat utk ganti 2 ban depan GT bxt pro yg udah benjol dengan ukuran 195/60 r15, best buy nya merk apa ya? Yg ada stock ban di kota ini, cuma ini (gak masukin dunlop r1 dan BS techno)

- GT champiro ecotec, produksi 2023 akhir / 2024 awal
- falken sincera, produksi 0722

Kondisi 2 ban belakang udah di pakai falken sincera ini dan diliat dari spek falken yg tradewear nya 500 dan udah 2 ply dan review dimari yg cukup bagus. sbnarnya bakalan milih falken tapi karena stock yg ada tahun nya awal 2022 itu. Btw, falken sincera ini kategori ban eco atau bukan ya? Dan apa champiro ecotec bener ada improve dari versi sblmnya terutama di noise dan keawetan?

Mohon pendapatnya om, trims :big_smile]
Sifuyono
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon May 13, 2024 12:18

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Sifuyono »

Mohon info mau ganti ban untuk fortuner vrz, budget di bawah 2jt/ban. Ukuran standar 265/60 R18

Apakah ada rekomendasi? Sebaiknya pake ban at atau ht?
Sy kepikiran bbrp merk grandtrek at5 /grandtrek at25 /gt radial savero at pro
CB200RR
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Oct 04, 2019 13:11

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by CB200RR »

Chr1z wrote: Sun May 05, 2024 5:27
CB200RR wrote: Sat May 04, 2024 13:26 Gan,nanya donk.
Ada yg udah punya pengalaman ban ini

Continental Max Contact
Goodyear Eagle F1 sport

Bimbang antara 2 ini
Pengen bentuk sidewall nya ngotak,ga ngedonat
Kebetulan udh 2x ganti F1sport, punya rim protection, jd velg agak masuk dari side wall ban, utk kelas ban UHP side wall lebih lunak dari Potenza Re003, yg pasti ngga nge donat klo ukuran nya sesuai standar lebar velg. Turun 1 point dari ukuran asli (215/45 ke 205/50) jg ngga nge donat. Selama pake, grip n handling enak bgt, di lintasan basah jg pede, kena genangan air di 100kpj stabil, lebih ngga berisik dari Potenza Re003. Sebelumnya pake belang F1 n Re003, skrg pake full set baru F1.
Berarti cukup oke & sporti ya om tampilan nya.
Lagi nyari ban yg sidewall nya kotak tapi harga dibawah 2 juta,hehehe
adjijo
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri May 11, 2018 14:20

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by adjijo »

Mohon rekomendasi ban buat gantiin GY ATM2 yang benjol gara-gara bocor dipaksa jalan, sejauh ini kepikiran ATM2 lagi atau maxguard, kalau falken ze310r apakah ada yang pernah pakai?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1529
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

yogaecho wrote: Mon May 13, 2024 11:23 Malam om,
Mau minta pendapat utk ganti 2 ban depan GT bxt pro yg udah benjol dengan ukuran 195/60 r15, best buy nya merk apa ya? Yg ada stock ban di kota ini, cuma ini (gak masukin dunlop r1 dan BS techno)

- GT champiro ecotec, produksi 2023 akhir / 2024 awal
- falken sincera, produksi 0722

Kondisi 2 ban belakang udah di pakai falken sincera ini dan diliat dari spek falken yg tradewear nya 500 dan udah 2 ply dan review dimari yg cukup bagus. sbnarnya bakalan milih falken tapi karena stock yg ada tahun nya awal 2022 itu. Btw, falken sincera ini kategori ban eco atau bukan ya? Dan apa champiro ecotec bener ada improve dari versi sblmnya terutama di noise dan keawetan?

Mohon pendapatnya om, trims :big_smile]
Ini menurut sy ya om...
GT ecotec : so far menurut sy nyaman2 aja..cuma banyak yg bilang ban ini rawan tapaknya tercabik2...seperti kurang tahan lama
BS techno : dulu mobil sy sblmnya pake BS ecopia...feel sy enak2 aja, begitu ganti ban sy downgrade ke techno...berasanya dgn tekanan angin yg sama techno kayak lebih keras & ntah kenapa lebih nyaman ecopia sbtlnya
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Supersedan »

Ngabisin ban asymmetric biar rata gimana ya. Rotasinya kan cuma bisa depan ke belakang, belakang ke depan. Bannya gak bisa di balik karena ada inside outside.
Saya bener kalau abisnya gak rata. :big_biglaugh:

Kondisi sekarang udah jalan 25.000
Rotasi udah 2x tiap 10.000 km.