Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Jul 13, 2016 12:06
Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Selamat pagi/ siang/ malam bapak/ ibu/ om/ tante semua
Setelah memakai E46 selama hampir 2 tahun dengan segala permasalahan mesin N42, akhirnya harus dilepas dengan senang hati .
Sebenernya sih mesin udah nggak ada masalah, cuma entah kenapa kurang sreg aja sama layout dashboard BMW .
So, kayaknya mau kembali ke cap bintang lagi aja (setelah pernah piara Viano W639 dan C240 W203)
Sempat hunting W220, tapi males pusing airsus seperti waktu di viano
liat-liat W211, kurang suka tampang belakang dan yang preFL takut masalah SBC
sebenernya sangat amat ingin W212 E250 FL, namun apadaya anggaran dari menteri keuangan dibatasi
Akhirnya... W204 kayaknya menarik
Setelah hunting selama bulan puasa, akhirnya setelah lebaran bergeriliya liat unit satu per satu
Didapatkan beberapa kandidat:
1. C280 hasil berguru ke beberapa trit di forum ini, sepertinya respond cukup baik. Berbekal pengalaman di Viano, mesin M272 harusnya tidak semenyeramkan yang dibayangkan.
- Kebetulan Unit yang saya lihat yaitu C280 AMG Line
2. C200 Kompressor yang mana banyak menyarankan ambil yang CGI saja.
- Kebetulan unit yang saya lihat ada C200 classic dan avantgarde
Tujuan pemakaian :
Mobil ke-2 untuk ke kantor (jika terpaksa ke kantor ditanggal genap) dengan jarak PP rumah - kantor 70Km (hampir 80% tol)
Hemat/ boros relatif ya, yang penting nggak rewel
Yang masih mengganjal hati :
1. Apakah mesin C200 kompressor dan CGI itu signifikan perbedaannya. Soalnya klo dibandingkan harga lumayan terpaut jauh (bisa beda 20% antara kompressor vs CGI ditrim yang sama).
2. Antara trim classic vs avantgarde dengan perbedaan harga 20-25jt apakah worthed?
3. C280 : mobil compact dijejali mesin 3000 cc? Apakah tidak berlebihan untuk sekedar pemakaian didalam kota?
4. Jika bapak/ ibu/ om/ tante harus memilih M272 vs M271, kira-kira pilih yang mana?
Mohon pandangan dan masukan bapak/ ibu/ om/ tante sekalian sebelum saya meminang salah satu kendaraan diatas.
Setelah memakai E46 selama hampir 2 tahun dengan segala permasalahan mesin N42, akhirnya harus dilepas dengan senang hati .
Sebenernya sih mesin udah nggak ada masalah, cuma entah kenapa kurang sreg aja sama layout dashboard BMW .
So, kayaknya mau kembali ke cap bintang lagi aja (setelah pernah piara Viano W639 dan C240 W203)
Sempat hunting W220, tapi males pusing airsus seperti waktu di viano
liat-liat W211, kurang suka tampang belakang dan yang preFL takut masalah SBC
sebenernya sangat amat ingin W212 E250 FL, namun apadaya anggaran dari menteri keuangan dibatasi
Akhirnya... W204 kayaknya menarik
Setelah hunting selama bulan puasa, akhirnya setelah lebaran bergeriliya liat unit satu per satu
Didapatkan beberapa kandidat:
1. C280 hasil berguru ke beberapa trit di forum ini, sepertinya respond cukup baik. Berbekal pengalaman di Viano, mesin M272 harusnya tidak semenyeramkan yang dibayangkan.
- Kebetulan Unit yang saya lihat yaitu C280 AMG Line
2. C200 Kompressor yang mana banyak menyarankan ambil yang CGI saja.
- Kebetulan unit yang saya lihat ada C200 classic dan avantgarde
Tujuan pemakaian :
Mobil ke-2 untuk ke kantor (jika terpaksa ke kantor ditanggal genap) dengan jarak PP rumah - kantor 70Km (hampir 80% tol)
Hemat/ boros relatif ya, yang penting nggak rewel
Yang masih mengganjal hati :
1. Apakah mesin C200 kompressor dan CGI itu signifikan perbedaannya. Soalnya klo dibandingkan harga lumayan terpaut jauh (bisa beda 20% antara kompressor vs CGI ditrim yang sama).
2. Antara trim classic vs avantgarde dengan perbedaan harga 20-25jt apakah worthed?
3. C280 : mobil compact dijejali mesin 3000 cc? Apakah tidak berlebihan untuk sekedar pemakaian didalam kota?
4. Jika bapak/ ibu/ om/ tante harus memilih M272 vs M271, kira-kira pilih yang mana?
Mohon pandangan dan masukan bapak/ ibu/ om/ tante sekalian sebelum saya meminang salah satu kendaraan diatas.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2634
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Saya sempet pake w204 kompre dan cgi, mesin dan respond lebih enak cgi turbo, kompressor enak di rpm bawah tp tengah atas kurang. Parts kurang lebih sama lah dan common problems nya. Tp mesin cgi jelas lebih baru meski sama2 m271 ya.
Lalu saya pakai m272 e300, mesin ini beda karakter jauh sama m271, less punchy cm overall lebih nikmat lebih halus v6 ga bohong. Perawatan pasti lebih mahal oli lebih banyak.
Kl buat cruising toll enak c280 kl ga salah dia udah 7gtronic.
Konsumsi bensin dalkot ga beda jauh, lukot mirip2.
Ambio e250 prefl tahun2 akhir aja kaya 2013/2014. Menurut ane lebih ganteng drpd yg facelift. Yg facelift sering lihat error stop lamp nya
Lalu saya pakai m272 e300, mesin ini beda karakter jauh sama m271, less punchy cm overall lebih nikmat lebih halus v6 ga bohong. Perawatan pasti lebih mahal oli lebih banyak.
Kl buat cruising toll enak c280 kl ga salah dia udah 7gtronic.
Konsumsi bensin dalkot ga beda jauh, lukot mirip2.
Ambio e250 prefl tahun2 akhir aja kaya 2013/2014. Menurut ane lebih ganteng drpd yg facelift. Yg facelift sering lihat error stop lamp nya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2555
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Dulu sempet pake w211 e200 kompressor rada kureng ya tarikkannya.. ntah di body w204 kek gmn secara lebih enteng.
Trus trakhir kipasnya bunyi2 rada kenceng di area supercharger situ.. katanya seh buat rapihin kompresornya bisa abis 20 juta
M271 1.8 CGI aja kali atau V6 M272 skalian
Trus trakhir kipasnya bunyi2 rada kenceng di area supercharger situ.. katanya seh buat rapihin kompresornya bisa abis 20 juta
M271 1.8 CGI aja kali atau V6 M272 skalian
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Jul 13, 2016 12:06
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Hallo om...farizfsa wrote: ↑Sun Apr 21, 2024 5:45 Saya sempet pake w204 kompre dan cgi, mesin dan respond lebih enak cgi turbo, kompressor enak di rpm bawah tp tengah atas kurang. Parts kurang lebih sama lah dan common problems nya. Tp mesin cgi jelas lebih baru meski sama2 m271 ya.
Lalu saya pakai m272 e300, mesin ini beda karakter jauh sama m271, less punchy cm overall lebih nikmat lebih halus v6 ga bohong. Perawatan pasti lebih mahal oli lebih banyak.
Kl buat cruising toll enak c280 kl ga salah dia udah 7gtronic.
Konsumsi bensin dalkot ga beda jauh, lukot mirip2.
Ambio e250 prefl tahun2 akhir aja kaya 2013/2014. Menurut ane lebih ganteng drpd yg facelift. Yg facelift sering lihat error stop lamp nya
Tq advice nya, dulu saya pernah DM jg pas piara Viano
Saat ini sih lebih condong kearah M272, entah mengapa lebih senang V6
E250 kayaknya anggaran masih kurang om, soalnya budget under 175jt untuk beli unit dan perbaikan awal
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Jul 13, 2016 12:06
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Sepertinya saya juga lebih sreg ke M272 om.KielConstantine wrote: ↑Sun Apr 21, 2024 10:27 Dulu sempet pake w211 e200 kompressor rada kureng ya tarikkannya.. ntah di body w204 kek gmn secara lebih enteng.
Trus trakhir kipasnya bunyi2 rada kenceng di area supercharger situ.. katanya seh buat rapihin kompresornya bisa abis 20 juta
M271 1.8 CGI aja kali atau V6 M272 skalian
Oh iya, mekanik saya juga pernah cerita menganai hal yg sama terkait perbaikan kompresor, kebetulan waktu itu dia pernah nanganin SLK200 Kompresor klo tidak salah.
Saran dia jg ambil yg non kompresor sih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 755
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Sy pernah piara w204 c200 avg yg cgi, selama pemakaian sih ngk ada yg aneh2, penggantian part hanya macam kaki2 aja krn umur. tp sy juga setuju sama om TS, kalo udah pernah piara mesin m272 dan udah tau kira2 plus min nya mesin ini, mending ambil yg mesin m272 aja. Hal yg sama juga saat saya upgrade ke w212 e250, tadinya sblm ambil w212 sempet pengen pindah nyobain ke logo baling2 atau ke mesin w212 e300 yg mesin m272, tp pikir2 kalo pindah ke merk lain kan mesti kulik2 ilmu lagi buat mengetahui plus minnya si baling2, dan kalo ke m272 mgkn mirip2 tp lbh boros pasti dan blm pernah piara mesin ecu panggang, makanya tetep ke mesin m271 aja lagi, toh kira2nya udah tau karakter dan ngerawat mesin m271.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
wah, pas banget pernah pake keduanya W204 C300 sama W220 (sekarang)
mungkin bantu jawab yang perlu dipertimbangkan:
1. seberapa anda doyan ngebut, noting 70km kalo tol sih merem pake C300 mesin M272, itu ngejambak fix, dan kmrn smpt liat ada C350 nya yang cuma masuk kurleb 10an unit dijual, itu sih bener2 sedan rasa sportscar, 270hp on rear wheel drive.
Agak keras untuk ukuran sedan eropa, tapi top speed saya pernah coba 220kmh dan itu masuk cuma di depan tol puri aja, this car was 2011 and waktu itu tahun 2014.
Electrical bbrp error, lampu nyala sendiri gak bs mati, tp sisanya semua sih aman, pake sampe kilometer 45rban. Service bengkel spesialis dan 7G tronic kurleb bensin di 1:7/8 pertaplus combined.
2. untuk S-klasse W220, ya kalo selera dah agak tua dan suka yg empuk2 cocok, saya ada review S280 w220 disini juga, short version CBU UK, kalo opsinya buat tahun 2004/5 aja dah mantep buangetttt. tp ya itu mobil selow, saya jarang lewatin 140/150 karena mesin nya just so-so 200hp, kmrn cobain mertua punya S500 v8 nya, itu baru enak dapet semuanya lah (cuma kembali lg maintenance nya 1.5x), karena umur juga dah beda, pasti yg w220 requires more maintenance tp kalo bicara dua-dua nya sehat, saya ttp pilih W220 sih saran ane, coba cari yang paling muda dan single or twin owner, 2005/6 low milage, call it a day.
fuel cons di 1:5/6 combined S280, tp saya pake S500 nya juga 1:5 jadi emg lebih worth ambil yg V8, both on pertamax.
Oh iya, sorry ini mobil ke 3 saya, jadi ada LC300, prado buat daily sm offroad, thats from my POV
mungkin bantu jawab yang perlu dipertimbangkan:
1. seberapa anda doyan ngebut, noting 70km kalo tol sih merem pake C300 mesin M272, itu ngejambak fix, dan kmrn smpt liat ada C350 nya yang cuma masuk kurleb 10an unit dijual, itu sih bener2 sedan rasa sportscar, 270hp on rear wheel drive.
Agak keras untuk ukuran sedan eropa, tapi top speed saya pernah coba 220kmh dan itu masuk cuma di depan tol puri aja, this car was 2011 and waktu itu tahun 2014.
Electrical bbrp error, lampu nyala sendiri gak bs mati, tp sisanya semua sih aman, pake sampe kilometer 45rban. Service bengkel spesialis dan 7G tronic kurleb bensin di 1:7/8 pertaplus combined.
2. untuk S-klasse W220, ya kalo selera dah agak tua dan suka yg empuk2 cocok, saya ada review S280 w220 disini juga, short version CBU UK, kalo opsinya buat tahun 2004/5 aja dah mantep buangetttt. tp ya itu mobil selow, saya jarang lewatin 140/150 karena mesin nya just so-so 200hp, kmrn cobain mertua punya S500 v8 nya, itu baru enak dapet semuanya lah (cuma kembali lg maintenance nya 1.5x), karena umur juga dah beda, pasti yg w220 requires more maintenance tp kalo bicara dua-dua nya sehat, saya ttp pilih W220 sih saran ane, coba cari yang paling muda dan single or twin owner, 2005/6 low milage, call it a day.
fuel cons di 1:5/6 combined S280, tp saya pake S500 nya juga 1:5 jadi emg lebih worth ambil yg V8, both on pertamax.
Oh iya, sorry ini mobil ke 3 saya, jadi ada LC300, prado buat daily sm offroad, thats from my POV
Creavasse wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 15:25 Selamat pagi/ siang/ malam bapak/ ibu/ om/ tante semua
Setelah memakai E46 selama hampir 2 tahun dengan segala permasalahan mesin N42, akhirnya harus dilepas dengan senang hati .
Sebenernya sih mesin udah nggak ada masalah, cuma entah kenapa kurang sreg aja sama layout dashboard BMW .
So, kayaknya mau kembali ke cap bintang lagi aja (setelah pernah piara Viano W639 dan C240 W203)
Sempat hunting W220, tapi males pusing airsus seperti waktu di viano
liat-liat W211, kurang suka tampang belakang dan yang preFL takut masalah SBC
sebenernya sangat amat ingin W212 E250 FL, namun apadaya anggaran dari menteri keuangan dibatasi
Akhirnya... W204 kayaknya menarik
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
gak pernah bawa w204 cuma pernah bawa e280 211 temen dan kemaren sparing sama w204 ntah type apa c250 kayaknya di toll ketinggalan jauh pdhl saya pake 528i e39... setelah dicek e39 saya ternyata koilnya mati 1. kampret, pantes gak ngejer
c280 sudah pake 7G-Tronic kan ya... kalau kesan saya di E280 kencengnya kenceng alus gitu. responsive kebantu transmisi 7G-tronic. nurut saya si sikat C280 aja. gimana2 top of the line lebih puasss.
mercy CGI lebih enak mesinnya buat ugal ugalan masalahnya pake mercy mau kayak bawa BMW ugal nya gak bisa sasis dan suspensi mercy kurang refined dipake ugal ugalan. E280 segimana kencengnya tetep tabiat bawanya harus santai, lebih grusa grusu dan inducing buat ugal bawa E39
c280 sudah pake 7G-Tronic kan ya... kalau kesan saya di E280 kencengnya kenceng alus gitu. responsive kebantu transmisi 7G-tronic. nurut saya si sikat C280 aja. gimana2 top of the line lebih puasss.
mercy CGI lebih enak mesinnya buat ugal ugalan masalahnya pake mercy mau kayak bawa BMW ugal nya gak bisa sasis dan suspensi mercy kurang refined dipake ugal ugalan. E280 segimana kencengnya tetep tabiat bawanya harus santai, lebih grusa grusu dan inducing buat ugal bawa E39
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2634
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
semangat om cari C280 nya, sebelum zaman covid tmn saya ambil C280 pre fl spec cbu gaib cm 180 jt. interior full beige sampe plafon, panoramic roof, kontrol ac digital di bangku belakang, cm bahan jok mbtex dan belum xenon haha.
kl mau ambil kayanya seruan ambil yg amg pack ya udah ganteng, paling itu shock braker adaptive aja agak mahal kl di c280.
kl mau ambil kayanya seruan ambil yg amg pack ya udah ganteng, paling itu shock braker adaptive aja agak mahal kl di c280.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
hallo om, mari masuk kembali ke team bintangCreavasse wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 15:25 Selamat pagi/ siang/ malam bapak/ ibu/ om/ tante semua
Setelah memakai E46 selama hampir 2 tahun dengan segala permasalahan mesin N42, akhirnya harus dilepas dengan senang hati .
Sebenernya sih mesin udah nggak ada masalah, cuma entah kenapa kurang sreg aja sama layout dashboard BMW .
So, kayaknya mau kembali ke cap bintang lagi aja (setelah pernah piara Viano W639 dan C240 W203)
Sempat hunting W220, tapi males pusing airsus seperti waktu di viano
liat-liat W211, kurang suka tampang belakang dan yang preFL takut masalah SBC
sebenernya sangat amat ingin W212 E250 FL, namun apadaya anggaran dari menteri keuangan dibatasi
Akhirnya... W204 kayaknya menarik
Setelah hunting selama bulan puasa, akhirnya setelah lebaran bergeriliya liat unit satu per satu
Didapatkan beberapa kandidat:
1. C280 hasil berguru ke beberapa trit di forum ini, sepertinya respond cukup baik. Berbekal pengalaman di Viano, mesin M272 harusnya tidak semenyeramkan yang dibayangkan.
- Kebetulan Unit yang saya lihat yaitu C280 AMG Line
2. C200 Kompressor yang mana banyak menyarankan ambil yang CGI saja.
- Kebetulan unit yang saya lihat ada C200 classic dan avantgarde
Tujuan pemakaian :
Mobil ke-2 untuk ke kantor (jika terpaksa ke kantor ditanggal genap) dengan jarak PP rumah - kantor 70Km (hampir 80% tol)
Hemat/ boros relatif ya, yang penting nggak rewel
Yang masih mengganjal hati :
1. Apakah mesin C200 kompressor dan CGI itu signifikan perbedaannya. Soalnya klo dibandingkan harga lumayan terpaut jauh (bisa beda 20% antara kompressor vs CGI ditrim yang sama).
2. Antara trim classic vs avantgarde dengan perbedaan harga 20-25jt apakah worthed?
3. C280 : mobil compact dijejali mesin 3000 cc? Apakah tidak berlebihan untuk sekedar pemakaian didalam kota?
4. Jika bapak/ ibu/ om/ tante harus memilih M272 vs M271, kira-kira pilih yang mana?
Mohon pandangan dan masukan bapak/ ibu/ om/ tante sekalian sebelum saya meminang salah satu kendaraan diatas.
W204 menarik, body kecil dikasih tenaga yang gede even di C200, bisa kenceng dan irit. perawatan asal di spesialis, tentu murah
sebelumnya, boleh tau budgetnya? karena W204 bisa dapet even under 100, dan bisa tembus 350 untuk tipe2 aneh kayak C300/350.
1. kompressor dan CGI tenaganya mirip. yang beda cukup signifikan adalah karakternya (supercharger dan turbo) dan reliabilitynya (lebih reliable CGI, silver bird 360rb km adem ayem aja). coba dulu lebih sreg mana.
2. sangat worth. fitur beda, naikan beda, dan seumur2 main merc, avantgarde lebih diminati kalo mau dijual
3. kalo om dalkotnya bener2 macet, ya ga worth. kalo spt kondisi om, masih ada lancarnya atau masuk tol, go for it. suara V6 sih gak bohong
4. M271. males ngempanin bensinnya V6, harian naik sclass V6 sekarang cm dapet 1:10 dalkot lancar.
kalo disuruh beli, saya akan pilih C200 avantgarde CGI facelift (kalo budget masuk). facelift artinya banyak improvement, CGI lebih reliable, dan avantgarde nyetirnya jauh lebih enak.
tapi kalo dikasih, saya pilih C300. suara V6 apalagi kalo dikasi knalpot bagus sih bener2 eargasm haha.
oya ngomong2, karena om masih sempet consider W220, manatau minat nih W220 saya mau dijual.. sebenernya nothing to worry koq dengan airmatic, sekarang gak mahal. naiknya serasa naik karpet terbang padahal saya punya velgnya 20" ban sport pula.
kalo om minat boleh.. pm aja. mobil semua sehat, udah gencheck, dipake harian 157rb km on going (bukan mobil pajangan ). dijual dengan semua modifan AMG-nya (velg AMG Style III+Michelin PS4S, quad exhaust, BBK AMG 4pot, etc etc.. worth 100jt+)
here's the beauty, Sherin the S280
happy hunting om
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Jul 13, 2016 12:06
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Wah W212 E250 mah impian saya jg, cuma kali ini anggaran blm cukup, makanya pilih ke W204 dulu sementara sambil nabung dehAsfur wrote: ↑Mon Apr 22, 2024 1:24 Sy pernah piara w204 c200 avg yg cgi, selama pemakaian sih ngk ada yg aneh2, penggantian part hanya macam kaki2 aja krn umur. tp sy juga setuju sama om TS, kalo udah pernah piara mesin m272 dan udah tau kira2 plus min nya mesin ini, mending ambil yg mesin m272 aja. Hal yg sama juga saat saya upgrade ke w212 e250, tadinya sblm ambil w212 sempet pengen pindah nyobain ke logo baling2 atau ke mesin w212 e300 yg mesin m272, tp pikir2 kalo pindah ke merk lain kan mesti kulik2 ilmu lagi buat mengetahui plus minnya si baling2, dan kalo ke m272 mgkn mirip2 tp lbh boros pasti dan blm pernah piara mesin ecu panggang, makanya tetep ke mesin m271 aja lagi, toh kira2nya udah tau karakter dan ngerawat mesin m271.
Saya udah nggak suka ngebut-ngebutan om semejak kejadian tabrakan beruntun. Sekarang lebih suka long drive. 1:7/8 masih ok lah ya, saya klo ngantor jg berangkat pagi buta balik malem, jarang kena macetgoodwill wrote: ↑Mon Apr 22, 2024 1:57 wah, pas banget pernah pake keduanya W204 C300 sama W220 (sekarang)
mungkin bantu jawab yang perlu dipertimbangkan:
1. seberapa anda doyan ngebut, noting 70km kalo tol sih merem pake C300 mesin M272, itu ngejambak fix, dan kmrn smpt liat ada C350 nya yang cuma masuk kurleb 10an unit dijual, itu sih bener2 sedan rasa sportscar, 270hp on rear wheel drive.
Agak keras untuk ukuran sedan eropa, tapi top speed saya pernah coba 220kmh dan itu masuk cuma di depan tol puri aja, this car was 2011 and waktu itu tahun 2014.
Electrical bbrp error, lampu nyala sendiri gak bs mati, tp sisanya semua sih aman, pake sampe kilometer 45rban. Service bengkel spesialis dan 7G tronic kurleb bensin di 1:7/8 pertaplus combined.
2. untuk S-klasse W220, ya kalo selera dah agak tua dan suka yg empuk2 cocok, saya ada review S280 w220 disini juga, short version CBU UK, kalo opsinya buat tahun 2004/5 aja dah mantep buangetttt. tp ya itu mobil selow, saya jarang lewatin 140/150 karena mesin nya just so-so 200hp, kmrn cobain mertua punya S500 v8 nya, itu baru enak dapet semuanya lah (cuma kembali lg maintenance nya 1.5x), karena umur juga dah beda, pasti yg w220 requires more maintenance tp kalo bicara dua-dua nya sehat, saya ttp pilih W220 sih saran ane, coba cari yang paling muda dan single or twin owner, 2005/6 low milage, call it a day.
fuel cons di 1:5/6 combined S280, tp saya pake S500 nya juga 1:5 jadi emg lebih worth ambil yg V8, both on pertamax.
Oh iya, sorry ini mobil ke 3 saya, jadi ada LC300, prado buat daily sm offroad, thats from my POV
W220 saya udah cek 6-7 unit om, mulai dari S280 sampai S320 yang 2004. Nggak ada 1 pun yang masuk dihati nih. Sempet lihat W221, anggaran masih blm memungkinkan saat ini.
Saya sempet baca postingan om mengenai LC, dan 1 kesan saya : inilah penggemar jip sesungguhnya. SOalnya saya punya temen kolektor jip, ada 17 unit jip dia, tp tetep aja harian pake inopah dan f30
Iya om, pertimbangan saya ini lengkapnya.ChZ wrote: ↑Mon Apr 22, 2024 2:55 gak pernah bawa w204 cuma pernah bawa e280 211 temen dan kemaren sparing sama w204 ntah type apa c250 kayaknya di toll ketinggalan jauh pdhl saya pake 528i e39... setelah dicek e39 saya ternyata koilnya mati 1. kampret, pantes gak ngejer
c280 sudah pake 7G-Tronic kan ya... kalau kesan saya di E280 kencengnya kenceng alus gitu. responsive kebantu transmisi 7G-tronic. nurut saya si sikat C280 aja. gimana2 top of the line lebih puasss.
mercy CGI lebih enak mesinnya buat ugal ugalan masalahnya pake mercy mau kayak bawa BMW ugal nya gak bisa sasis dan suspensi mercy kurang refined dipake ugal ugalan. E280 segimana kencengnya tetep tabiat bawanya harus santai, lebih grusa grusu dan inducing buat ugal bawa E39
Sekarang saya banyak nyetir santai kok om, udah tobat kebut2an.
Udah makin mantap ambil C280 aja deh om, rencana sabtu/ minggu ini transaksi. Udah deal dan DP sementara dulu.farizfsa wrote: ↑Mon Apr 22, 2024 3:16 semangat om cari C280 nya, sebelum zaman covid tmn saya ambil C280 pre fl spec cbu gaib cm 180 jt. interior full beige sampe plafon, panoramic roof, kontrol ac digital di bangku belakang, cm bahan jok mbtex dan belum xenon haha.
kl mau ambil kayanya seruan ambil yg amg pack ya udah ganteng, paling itu shock braker adaptive aja agak mahal kl di c280.
Mantap om W220 nyasherryandkez wrote: ↑Mon Apr 22, 2024 5:34
hallo om, mari masuk kembali ke team bintang
W204 menarik, body kecil dikasih tenaga yang gede even di C200, bisa kenceng dan irit. perawatan asal di spesialis, tentu murah
sebelumnya, boleh tau budgetnya? karena W204 bisa dapet even under 100, dan bisa tembus 350 untuk tipe2 aneh kayak C300/350.
1. kompressor dan CGI tenaganya mirip. yang beda cukup signifikan adalah karakternya (supercharger dan turbo) dan reliabilitynya (lebih reliable CGI, silver bird 360rb km adem ayem aja). coba dulu lebih sreg mana.
2. sangat worth. fitur beda, naikan beda, dan seumur2 main merc, avantgarde lebih diminati kalo mau dijual
3. kalo om dalkotnya bener2 macet, ya ga worth. kalo spt kondisi om, masih ada lancarnya atau masuk tol, go for it. suara V6 sih gak bohong
4. M271. males ngempanin bensinnya V6, harian naik sclass V6 sekarang cm dapet 1:10 dalkot lancar.
kalo disuruh beli, saya akan pilih C200 avantgarde CGI facelift (kalo budget masuk). facelift artinya banyak improvement, CGI lebih reliable, dan avantgarde nyetirnya jauh lebih enak.
tapi kalo dikasih, saya pilih C300. suara V6 apalagi kalo dikasi knalpot bagus sih bener2 eargasm haha.
oya ngomong2, karena om masih sempet consider W220, manatau minat nih W220 saya mau dijual.. sebenernya nothing to worry koq dengan airmatic, sekarang gak mahal. naiknya serasa naik karpet terbang padahal saya punya velgnya 20" ban sport pula.
kalo om minat boleh.. pm aja. mobil semua sehat, udah gencheck, dipake harian 157rb km on going (bukan mobil pajangan ). dijual dengan semua modifan AMG-nya (velg AMG Style III+Michelin PS4S, quad exhaust, BBK AMG 4pot, etc etc.. worth 100jt+)
1348172.jpg
here's the beauty, Sherin the S280
happy hunting om
Cuma sempet lihat 6-7 unit, belum ada yg sreg. Dan istri keberatan karena ukurannya (dia acuannya e46), soalnya kadang2 dipakai istri jg untuk antar jemput anak.
Saya budget 170an om, asumsi 150 buat beli unit dan 20 buat perbaikan.
Sempet lihat W204 C200 harga under 100 tp pas hitung perbaikan lumayan banyak.
Ini kebetulan sudah deal, dan estimasi biaya perbaikan masih dibawah budget (estimasi beli unit dan perbaikan sekitar 150-160an)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4610
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
kebetulan dulu sodara pernah miara E46 323I, & pernah td w204 c200 fl punya temenCreavasse wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 15:25 Selamat pagi/ siang/ malam bapak/ ibu/ om/ tante semua
Setelah memakai E46 selama hampir 2 tahun dengan segala permasalahan mesin N42, akhirnya harus dilepas dengan senang hati .
Sebenernya sih mesin udah nggak ada masalah, cuma entah kenapa kurang sreg aja sama layout dashboard BMW .
So, kayaknya mau kembali ke cap bintang lagi aja (setelah pernah piara Viano W639 dan C240 W203)
Sempat hunting W220, tapi males pusing airsus seperti waktu di viano
liat-liat W211, kurang suka tampang belakang dan yang preFL takut masalah SBC
sebenernya sangat amat ingin W212 E250 FL, namun apadaya anggaran dari menteri keuangan dibatasi
Akhirnya... W204 kayaknya menarik
Setelah hunting selama bulan puasa, akhirnya setelah lebaran bergeriliya liat unit satu per satu
Didapatkan beberapa kandidat:
1. C280 hasil berguru ke beberapa trit di forum ini, sepertinya respond cukup baik. Berbekal pengalaman di Viano, mesin M272 harusnya tidak semenyeramkan yang dibayangkan.
- Kebetulan Unit yang saya lihat yaitu C280 AMG Line
2. C200 Kompressor yang mana banyak menyarankan ambil yang CGI saja.
- Kebetulan unit yang saya lihat ada C200 classic dan avantgarde
Tujuan pemakaian :
Mobil ke-2 untuk ke kantor (jika terpaksa ke kantor ditanggal genap) dengan jarak PP rumah - kantor 70Km (hampir 80% tol)
Hemat/ boros relatif ya, yang penting nggak rewel
Yang masih mengganjal hati :
1. Apakah mesin C200 kompressor dan CGI itu signifikan perbedaannya. Soalnya klo dibandingkan harga lumayan terpaut jauh (bisa beda 20% antara kompressor vs CGI ditrim yang sama).
2. Antara trim classic vs avantgarde dengan perbedaan harga 20-25jt apakah worthed?
3. C280 : mobil compact dijejali mesin 3000 cc? Apakah tidak berlebihan untuk sekedar pemakaian didalam kota?
4. Jika bapak/ ibu/ om/ tante harus memilih M272 vs M271, kira-kira pilih yang mana?
Mohon pandangan dan masukan bapak/ ibu/ om/ tante sekalian sebelum saya meminang salah satu kendaraan diatas.
1. kalo tenaga lumayan. kl udh ada list cgi, saya lebih prefer yg cgi aja
2. cukup worthed, apalagi dpt yg c edition 2013-2014 last improvement before w205
3. cukup, tp kalo emg pemakaian mayoritas dalkot, c250 kayanya jg udh memenuhi kriteria + populasinya jg lebih banyak dibanding c280 krn setau saya di indo cm ada di tahun 2008-2010 aja, krn abis itu pas 2010 akhir apa 2011 gitu langsung diganti sm c300 hehe
4. ya tergantung. kalo ga butuh2 amat tenaga gede, pilih m271, tp kalo gamasalah sm letak ECUnya yg diatas mesin + ga masalah jg sm isu ecu panggang, dan memang pengen cc gede, ambil m272
kl saya ya c250 jg dah cukup or c200 avg or c edition. kl udh biasa rawat viano, w203 sm e46 hrsnya ga masalah hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sat Mar 16, 2024 12:09
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Buat para suhu pengguna W204
Beberapa hari ini saya lagi cari2 w204 juga. Karna penasaran sama setir nya
W204 type apa dan trim apa yang dapet stir ori nya model terbaru kayak w212 ?
saya liat ada yg post w204 c250 2010 tapi udah pake setir model terbaru kayak w212, tapi postingan lain tahun yang sama setir nya beda (segitiga kayak sempak)
Makasih….
Beberapa hari ini saya lagi cari2 w204 juga. Karna penasaran sama setir nya
W204 type apa dan trim apa yang dapet stir ori nya model terbaru kayak w212 ?
saya liat ada yg post w204 c250 2010 tapi udah pake setir model terbaru kayak w212, tapi postingan lain tahun yang sama setir nya beda (segitiga kayak sempak)
Makasih….
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Jul 13, 2016 12:06
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Akhirnya saya ambil C280 AMG
Konon unit ini cuma 40 aja yg ada di Indonesia
Udah 2 minggu pakai harian, so far lumayan puas lah
Ngantor tol mix non tol bisa dapet 1:8
Ngantor full tol dapet 1:10
Saya jalan pagi jam 6, pulang jam 4
Sejauh ini jajan wajib awal :
- Per Oli an (pakai Oli MB)
- Air Radiator plus ganti Tabung Reservoir
- Bohlam lampu depan
- Ban
- Accu
Jajan gatel :
- Velg ring 18 inch (kebetulan ada Dari mobil sebelumnya)
- Per Eibach (udah kepasang)
Trims semua bapak ibu om tante semua
Konon unit ini cuma 40 aja yg ada di Indonesia
Udah 2 minggu pakai harian, so far lumayan puas lah
Ngantor tol mix non tol bisa dapet 1:8
Ngantor full tol dapet 1:10
Saya jalan pagi jam 6, pulang jam 4
Sejauh ini jajan wajib awal :
- Per Oli an (pakai Oli MB)
- Air Radiator plus ganti Tabung Reservoir
- Bohlam lampu depan
- Ban
- Accu
Jajan gatel :
- Velg ring 18 inch (kebetulan ada Dari mobil sebelumnya)
- Per Eibach (udah kepasang)
Trims semua bapak ibu om tante semua
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
Selamat om atas C280 AMG-nya. Mudah-mudahan mobilnya awet.Creavasse wrote: ↑Sat May 18, 2024 11:58 Akhirnya saya ambil C280 AMG
Konon unit ini cuma 40 aja yg ada di Indonesia
Udah 2 minggu pakai harian, so far lumayan puas lah
Ngantor tol mix non tol bisa dapet 1:8
Ngantor full tol dapet 1:10
Saya jalan pagi jam 6, pulang jam 4
Sejauh ini jajan wajib awal :
- Per Oli an (pakai Oli MB)
- Air Radiator plus ganti Tabung Reservoir
- Bohlam lampu depan
- Ban
- Accu
Jajan gatel :
- Velg ring 18 inch (kebetulan ada Dari mobil sebelumnya)
- Per Eibach (udah kepasang)
Trims semua bapak ibu om tante semua
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4610
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Pilihan terbaik W204 (M272 vs M271)
congrats om buat mobil barunyaCreavasse wrote: ↑Sat May 18, 2024 11:58 Akhirnya saya ambil C280 AMG
Konon unit ini cuma 40 aja yg ada di Indonesia
Udah 2 minggu pakai harian, so far lumayan puas lah
Ngantor tol mix non tol bisa dapet 1:8
Ngantor full tol dapet 1:10
Saya jalan pagi jam 6, pulang jam 4
Sejauh ini jajan wajib awal :
- Per Oli an (pakai Oli MB)
- Air Radiator plus ganti Tabung Reservoir
- Bohlam lampu depan
- Ban
- Accu
Jajan gatel :
- Velg ring 18 inch (kebetulan ada Dari mobil sebelumnya)
- Per Eibach (udah kepasang)
Trims semua bapak ibu om tante semua
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV