Suryaputra wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 15:45
Cooling system gmn mbah?
- Fresh Coolant
- Radiator
- Motor Fan
- Selang Reservoir
- Radiator Cap
- Thermostat
- dan sekitarnya
*Include PCV valve perlu dicek, untuk stabilize tekanan uap oli diputer ke intake valve.
Oli better ganti aja baru.
karena klo dah sentuh 100rb KM, better OCI diperpendek dari rekomendasi yg ada.
apalagi dah ada penguapan, actually kondisinya gak rekomen buat long drain.
Cooling system sih terakhir masih oke dan tidak ada rembes, kalau cek temperatur di OBD juga masih normal di 92an, kipas juga masih bagus. Terakhir refresh cooling system di Agustus 2022, saat itu yang ganti baru:
- Radiator
- Water filler tempat radiator cap
- Radiator Cap
- Semua selang radiator
- Coolant pakai TMO SLLC Pink
rencananya penggantian coolant berikutnya barengan dengan ganti oli.
PCV Valve sih kalau lihat sekilas tidak ada yg rembes ya, tapi nanti coba saya cek sekalian next ganti oli mau bersihin TB juga. sama katanya bagusnya sekalian ganti juga ya Filter OCV yg ada di Head? cuma saya lihat posisinya agak ribet, harus geser alternator dulu
rencana next OCI mau pakai Bardahl yg om share, paling pakai di 3000Km dulu mudah2an bisa lebih bersih
sahabatq8 wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 16:10
Untuk 3ZR-FAEnya aman itu sih, masih bersih. Kalo saya pribadi lanjutin aja, 8-10rb km. Ada rembes aja cuma dikit kurangnya. Untuk masalah top up, kalo mau tenang top up aja, kalo gak jg seharusnya gpp masih 3/4, cuma perlu di pantau secara berkala aja.
siap om, nanti di 5500 Km mau saya cek lagi kalau udah turun dari 3/4 baru saya top up. Rembesnya kalau menurut saya sih ga parah ga sampai ada tetesan, soalnya dulu yg 1NZ saya pernah rembes sampai suka tercium bau oli terbakar karena tetesan olinya kena ke exhaust manifold
so far puas sih dengan Q8 D1 FE API SP ini, belum terasa penurunan kinerja sampai 5000Km ini. Konsumsi BBM masih normal dan tarikan mesin juga masih enak
Haiqalesha wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 16:26
Wkwkwk soalnya penasaran apakah 1nz itu pada senasib sama saya wkwkwk. Ternyata sama saja.
wkwkwk coba difoto om, biar saya ga ngerasa kotor sendiri lubang pengisiannya
tapi mesin toyota yg seangkatan dengan 1NZ ini emang banyak yg terkenal peminum oli ataupun suka bikin sludge, seperti mesin Camry yg 2AZ.
Suryaputra wrote: ↑Tue Mar 05, 2024 2:38
sekilas
ada varnish tipis
coba OCI dipendekin diskon 40-50% dr saat ini
bole dibuka top cover nya, sekaligus cek klep.
klep M15A itu manual atau otomatis ?
M15A seinget saya pakainya shim om untuk pengaturan klepnya