sebenarnya masalah model subjektif sekali ya, mungkin karena om bukan penyuka sedan jadi di mata om modelnya seal jelek, kalo saya pribadi sih seal modelnya oke dan proporsional, malah lebih proporsional dari pada model 3, kalo sepi ya bisa jadi memang saat itu yang mendekat bukan marketnya, yg lihat harganya sudah mundur teratur jadi udah males duluan, tetapi menurut saya sih masing2 segmen pasti punya market sendiri-sendiri, yg doyan hatch atau mini mpv silahkan lihat dolphin dan atto, yg doyan sedan dan performance silahkan melipir ke seal..b0ku wrote: ↑Sat Feb 17, 2024 20:22padahal interiornya paling jelek di antara BYD cuma banggain 0-100 keknya rugi banget beli yang ini sedan pula gak praktis di pakenya, atto interiornya unik banget cuma tampang biasa, dolpin interior menarik tampang menarik munggkin karena modelnya agak unik menurut saya cuma gak selera semua orang si dolphin
dan di pameran paling rame atto saking ramenya pertama saya liat atto jd males masuk
paling sepi malah seal
mane ada nokia ud butut jualan masih gila2x an malah ada tuh bundera 70 masih dijual harga juga gak murah pula laku lagifaizzz wrote: ↑Sat Feb 17, 2024 19:47 Bisa jadi... The Toyota way bisa aja kalah kalau tidak mau adaptasi. Dengan bz4x kalau dibanding EV Korea atau Cina itu seperti produk guyonan yang engga layak menyandang price tag di atas 1M, seperti hp android generasi awal buatan Nokia yang gagal total buah dari telat ngembangin produk android. Mungkin juga Toyoa sedang menyiapkan "something bigger", atau masih mengembangkan EV yang lebih reliable. Siapa yang tau...
BYD ini keliatannya brand yang berani all in ke EV seperti Tesla, harusnya mereka bisa bikin EV yang terbaik di pasaran, karena ya cuma fokus di EV. Kalau masih aja mbledug ya keterlaluan sih.
rush ter aja jualan gila2x an mobil paling bapuk teknologi dan kenyamanannya, orang apalagi di daerah butuhnya yang praktis sing penting gelinding
EV itu cuma canggih doank cuma aslinya inferior product yang di paksa jadi reliable padahal mah jauh banget kalo di bandingin sama mobil bensin wong EV aja butuh 3 mesin buat running generator-charger- dan EVnya sendiri bandingin sama bensin yang tinggal tuang bensin lsg jalan kagak butuh 2 mesin lagi buat running gimane mau praktis coba
Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 217
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4300
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
karena seal terlalu plain kek tesla om jelas kalo sama tesla sih keliatan lebih enak di liat byd tesla mah jelek banget omlevofloxacine wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 1:35
sebenarnya masalah model subjektif sekali ya, mungkin karena om bukan penyuka sedan jadi di mata om modelnya seal jelek, kalo saya pribadi sih seal modelnya oke dan proporsional, malah lebih proporsional dari pada model 3, kalo sepi ya bisa jadi memang saat itu yang mendekat bukan marketnya, yg lihat harganya sudah mundur teratur jadi udah males duluan, tetapi menurut saya sih masing2 segmen pasti punya market sendiri-sendiri, yg doyan hatch atau mini mpv silahkan lihat dolphin dan atto, yg doyan sedan dan performance silahkan melipir ke seal..
justru aneh kalo best sellingnya seal karena sedan di indo peminat sedan dikit paling yang beli ya petrolhead sultan yang kemakan 0-100nya aja ditambah harganya 600ke 700 berapa banyak sih yang bela2xin beli sedan dan mobil harga segitu, jgn2x atto sama dolphin saking lownya kalah sama seal yang hypenya tinggi karena 0-100nya
mungkin orang masih lebih percaya sama wolenk atau keburu spk MG
saya malah kirain antara atto atau dolphin bakalan best seller
saya bukan gak suka sedan cuma emang seal itu nothing special di compare sama atto atau dolphin apalagi ngomongin harganya
sama saya lupa di china sendiri seal ini jualannya juga memble kalo di bandinginnya sama atto atau dolphin
-
- SM Specialist
- Posts: 15719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
kalau ngeliat data semua supply chain EV dari hulu ke hilir udah dipegang sama china.... emang susah buat japan/germans bikin EV kompetitif. apalagi china sih kalo mau invest LN pokoknya duit masuk profit berapa selesai sebodo amat dengan eksploitasi ugal-ugalan atau child labor. emang wakanda ma china itu cocok jadi partner bisnis, satunya tuan satunya seneng diperbudak dengan istilah hi-lir-i-sa-si (padahal yg di hilirisasi produk china ).faizzz wrote: ↑Sat Feb 17, 2024 19:47
Bisa jadi... The Toyota way bisa aja kalah kalau tidak mau adaptasi. Dengan bz4x kalau dibanding EV Korea atau Cina itu seperti produk guyonan yang engga layak menyandang price tag di atas 1M, seperti hp android generasi awal buatan Nokia yang gagal total buah dari telat ngembangin produk android. Mungkin juga Toyoa sedang menyiapkan "something bigger", atau masih mengembangkan EV yang lebih reliable. Siapa yang tau...
BYD ini keliatannya brand yang berani all in ke EV seperti Tesla, harusnya mereka bisa bikin EV yang terbaik di pasaran, karena ya cuma fokus di EV. Kalau masih aja mbledug ya keterlaluan sih.
kalo negara2 bule mau begitu? mo bernasib sama kayak starbucks diboikot rame rame sama rakyatnya kalo dieselgate aja udah ada gerakan rame rame balikin mobilnya dan itu ngefek. EV aja kayaknya slowing soalnya anak mudanya pada udah ngerti kalo itu EV battery sourcenya juga dari tempat yang kotor.
wakanda ? skandal gede diehasut aja masih lebih makan omongan "produk wakanda itu sempurnah dan tidak terdampak". trs cicilan blom lunas mo ngeboikot begimane
untungnya yota dan kawan kawan udah invest di hybrid ber dekade lalu. krn nggak semua market bisa nerima EV makanya tetep remain stronk di negara2 maju.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9893
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
faizzz wrote: ↑Sat Feb 17, 2024 19:47
Bisa jadi... The Toyota way bisa aja kalah kalau tidak mau adaptasi. Dengan bz4x kalau dibanding EV Korea atau Cina itu seperti produk guyonan yang engga layak menyandang price tag di atas 1M, seperti hp android generasi awal buatan Nokia yang gagal total buah dari telat ngembangin produk android. Mungkin juga Toyoa sedang menyiapkan "something bigger", atau masih mengembangkan EV yang lebih reliable. Siapa yang tau...
BYD ini keliatannya brand yang berani all in ke EV seperti Tesla, harusnya mereka bisa bikin EV yang terbaik di pasaran, karena ya cuma fokus di EV. Kalau masih aja mbledug ya keterlaluan sih.
Nggg.. anu para suhu dan sesepuh..ChZ wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 2:44
kalau ngeliat data semua supply chain EV dari hulu ke hilir udah dipegang sama china.... emang susah buat japan/germans bikin EV kompetitif. apalagi china sih kalo mau invest LN pokoknya duit masuk profit berapa selesai sebodo amat dengan eksploitasi ugal-ugalan atau child labor. emang wakanda ma china itu cocok jadi partner bisnis, satunya tuan satunya seneng diperbudak dengan istilah hi-lir-i-sa-si (padahal yg di hilirisasi produk china ).
kalo negara2 bule mau begitu? mo bernasib sama kayak starbucks diboikot rame rame sama rakyatnya kalo dieselgate aja udah ada gerakan rame rame balikin mobilnya dan itu ngefek. EV aja kayaknya slowing soalnya anak mudanya pada udah ngerti kalo itu EV battery sourcenya juga dari tempat yang kotor.
wakanda ? skandal gede diehasut aja masih lebih makan omongan "produk wakanda itu sempurnah dan tidak terdampak". trs cicilan blom lunas mo ngeboikot begimane
untungnya yota dan kawan kawan udah invest di hybrid ber dekade lalu. krn nggak semua market bisa nerima EV makanya tetep remain stronk di negara2 maju.
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
Klo transisi "Nokia jadul" ke "Smartphone kekinian", itu sangat mudah, gak butuh waktu lama.
karena energy sourcenya masih sama2 batre yg bisa diganti dgn jauh lbh mudah.
So.. Transisi pengguna:
- motor kopling ke skutik
- mobil manual ke matic
- mobil karbu ke injeksi
- mobil bensin ke hybrid
- dan sejenisnya
juga sangat mudah...
karena masih sama2 pk bensinn, gak butuh waktu lama ngisi full tank dari Empty
+ AC (pendingin) mokat di mobil hybrid sekalipun juga masih bisa jalan.
Terus.. AC di EV mokat, gmn dinginin batrenya?
Krn EV (untuk perform optimal) sgt bergantung terhadap cooling system yg jadi satu sama AC.
yess, pendingin batre-nya pakai Freon AC.
Radiator doang gak cukup untuk dinginin batrenya
EV bisa jadi:
- malah cuma FoMo, karena ujung2nya orang butuh peace of mind.
- atau.. hidup berdampingan dengan hybrid / ICE vehicle
Let see 1-2 dekade ke depan
Semoga umur kita panjang bisa jadi penonton EV Versus ICE / Hybrid
Last edited by Suryaputra on Mon Feb 19, 2024 3:21, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Kayaknya hybrid masih lebih aman untuk negara kayak Indonesia. Kalau misal ada trouble atau motor listrik mati bisa pake mesin bensin walaupun harus jalan di limp mode, kalau EV servis pinggir jalan belum yakin bengkel pinggir jalan bisa, terpaksa harus towing deh...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Kayaknya bakal sangat laaaaaaaaaaama...Suryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:00
Nggg.. anu para suhu dan sesepuh..
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
Klo transisi "Nokia jadul" ke "Smartphone kekinian", itu sangat mudah, gak butuh waktu lama.
karena energy sourcenya masih sama2 batre yg bisa diganti dgn jauh lbh mudah.
So.. Transisi pengguna:
- motor kopling ke skutik
- mobil manual ke matic
- mobil karbu ke injeksi
- mobil bensin ke hybrid
- dan sejenisnya
juga sangat mudah...
karena masih sama2 pk bensinn, gak butuh waktu lama ngisi full tank dari Empty
+ AC (pendingin) mokat di mobil hybrid sekalipun juga masih bisa jalan.
Terus.. AC di EV mokat, gmn dinginin batrenya?
Krn EV (untuk perform optimal) sgt bergantung terhadap cooling system yg jadi satu sama AC.
Radiator doang gak cukup untuk dinginin batrenya
EV bisa jadi:
- malah cuma FoMo, karena ujung2nya orang butuh peace of mind.
- atau.. hidup berdampingan dengan hybrid / ICE vehicle
Let see 1-2 dekade ke depan
Semoga umur kita panjang bisa jadi penonton EV Versus ICE / Hybrid
Ditambah pejabat kita banyak yang punya kepentingan di sektor fosil fuel
-
- SM Specialist
- Posts: 15719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
nah persis kan kayak ane bilang beberapa tahun lalu. nggak bisa tuh transisi internal combustion ke EV itu terjadi overnight macem smartphone. dlm case smartphone behavior pengguna tuh tetep sama dari jaman nokia batu bata ampe iphone terbaru. paling frekuensi chargingnya dari seminggu 1x jadi sehari 1x soalnya fungsinya banyak. tp produktivitas meningkat jadi wajar-wajar aja toh tagihan listrik ga naik banyak motor karbu ke injeksi atau manual ke matic itu jg sama tetep behavior pengguna dan infrastrukturnya gak butuh transformasi radikal.Suryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:00
Nggg.. anu para suhu dan sesepuh..
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
Klo transisi "Nokia jadul" ke "Smartphone kekinian", itu sangat mudah, gak butuh waktu lama.
karena energy sourcenya masih sama2 batre yg bisa diganti dgn jauh lbh mudah.
So.. Transisi pengguna:
- motor kopling ke skutik
- mobil manual ke matic
- mobil karbu ke injeksi
- mobil bensin ke hybrid
- dan sejenisnya
juga sangat mudah...
karena masih sama2 pk bensinn, gak butuh waktu lama ngisi full tank dari Empty
+ AC (pendingin) mokat di mobil hybrid sekalipun juga masih bisa jalan.
Terus.. AC di EV mokat, gmn dinginin batrenya?
Krn EV (untuk perform optimal) sgt bergantung terhadap cooling system yg jadi satu sama AC.
yess, pendingin batre-nya pakai Freon AC.
Radiator doang gak cukup untuk dinginin batrenya
EV bisa jadi:
- malah cuma FoMo, karena ujung2nya orang butuh peace of mind.
- atau.. hidup berdampingan dengan hybrid / ICE vehicle
Let see 1-2 dekade ke depan
Semoga umur kita panjang bisa jadi penonton EV Versus ICE / Hybrid
di mobil ga gitu case nya. orang tuh udah kebiasaan ngisi bensin 5 menit kelar full tank, kebiasaan yang sama mau disamain di stasiun SPKLU atau charging tiap malem di rumah? kaga bisa. watt yang kepake aja berapa. iya bener kasih practicality ngisinya cukup di rumah, tapi alesan utama orang bahkan ampe negara maju susah transisi ke EV total ya karena behaviornya banyak musti dirobah dan power grid rata-rata yg kuat handle charge EV berjamaah itu power grid komplek perumahan menengah ampe mevvah, kalo rumah yg under 1M ya auto blackout sekomplek digebukin warga
ngisi di SPKLU selain not practical nunggu 30 menit paling cepet, juga kalo di wakanda potensi berantemnya ngeri pas musim mudik atau long wiken skrg mah antri 1-2 mobil aja udah masalah, bayangin antri 10 mobil pas musim mudik.
di negara 4 musim issuenya fluktuasi temperatur yang tinggi pula blom perubahan di sisi infrastrukturnya itu cukup radikal krn harus ubah behavior pengguna secara ekstrem.
Last edited by ChZ on Mon Feb 19, 2024 3:35, edited 4 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Kemarin liat pameran di PIK paling rame orang ngerubungin seal
Semoga aja ga lama lagi masukin seal-u
Orang sini kan selera nya suv
https://www.euroncap.com/en/results/byd/seal-u/50187
Masalah kebiasaan isi bensin dibanding cas kan lama2 juga bisa adaptasi
Cas 30 menit kan sekalian bisa toilet dulu ngopi dulu ngemil dulu baru lanjut jalan
Kaya jaman dulu,meeting harus tatap muka,kuliah musti masuk kelas di absen
Sekarang kan meeting pake zoom
Kuliah aja banyak yg online,tugas submit online
Semoga aja ga lama lagi masukin seal-u
Orang sini kan selera nya suv
https://www.euroncap.com/en/results/byd/seal-u/50187
Masalah kebiasaan isi bensin dibanding cas kan lama2 juga bisa adaptasi
Cas 30 menit kan sekalian bisa toilet dulu ngopi dulu ngemil dulu baru lanjut jalan
Kaya jaman dulu,meeting harus tatap muka,kuliah musti masuk kelas di absen
Sekarang kan meeting pake zoom
Kuliah aja banyak yg online,tugas submit online
Last edited by Zaxis on Mon Feb 19, 2024 3:40, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9893
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Mudik pk mobil listrik?,ChZ wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:27nah persis kan kayak ane bilang beberapa tahun lalu. nggak bisa tuh transisi internal combustion ke EV itu terjadi overnight macem smartphone. dlm case smartphone behavior pengguna tuh tetep sama dari jaman nokia batu bata ampe iphone terbaru. paling frekuensi chargingnya dari seminggu 1x jadi sehari 1x soalnya fungsinya banyak. tp produktivitas meningkat jadi wajar-wajar aja toh tagihan listrik ga naik banyakSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:00
Nggg.. anu para suhu dan sesepuh..
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
Klo transisi "Nokia jadul" ke "Smartphone kekinian", itu sangat mudah, gak butuh waktu lama.
karena energy sourcenya masih sama2 batre yg bisa diganti dgn jauh lbh mudah.
So.. Transisi pengguna:
- motor kopling ke skutik
- mobil manual ke matic
- mobil karbu ke injeksi
- mobil bensin ke hybrid
- dan sejenisnya
juga sangat mudah...
karena masih sama2 pk bensinn, gak butuh waktu lama ngisi full tank dari Empty
+ AC (pendingin) mokat di mobil hybrid sekalipun juga masih bisa jalan.
Terus.. AC di EV mokat, gmn dinginin batrenya?
Krn EV (untuk perform optimal) sgt bergantung terhadap cooling system yg jadi satu sama AC.
yess, pendingin batre-nya pakai Freon AC.
Radiator doang gak cukup untuk dinginin batrenya
EV bisa jadi:
- malah cuma FoMo, karena ujung2nya orang butuh peace of mind.
- atau.. hidup berdampingan dengan hybrid / ICE vehicle
Let see 1-2 dekade ke depan
Semoga umur kita panjang bisa jadi penonton EV Versus ICE / Hybrid
di mobil ga gitu case nya. orang tuh udah kebiasaan ngisi bensin 5 menit kelar full tank, kebiasaan yang sama mau disamain di stasiun SPKLU atau charging tiap malem di rumah? kaga bisa. watt yang kepake aja berapa. iya bener kasih practicality ngisinya cukup di rumah, tapi alesan utama orang bahkan ampe negara maju susah transisi ke EV total ya karena behaviornya banyak musti dirobah dan power grid rata-rata yg kuat handle charge EV berjamaah itu power grid komplek perumahan menengah ampe mevvah, kalo rumah yg under 1M ya auto blackout sekomplek digebukin warga
ngisi di SPKLU selain not practical nunggu 30 menit paling cepet, juga kalo di wakanda potensi berantemnya ngeri pas musim mudik atau long wiken skrg mah antri 1-2 mobil aja udah masalah, bayangin antri 10 mobil pas musim mudik.
di negara 4 musim issuenya fluktuasi temperatur yang tinggi pula
karbu ke injeksi ya sama, manual ke matic ya sama. krn orang bisa dapet kelebihannya tanpa harus ubah behavior pemakaian secara ekstrem
yg ada macetnya bukan di pintu tol aja, di rest area SPKLU juga mengularr, karena menunggu masing" mobil ngisi batre 30 menit x jumlah mobil
itupun jg klo super-fast chargernya berfungsi.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
wkwkwkw banyak kejadian di negara maju charger banyak gak fungsi.Suryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:37 Mudik pk mobil listrik?,
yg ada macetnya bukan di pintu tol aja, di rest area SPKLU juga mengularr, karena menunggu masing" mobil ngisi batre 30 menit x jumlah mobil
itupun jg klo super-fast chargernya berfungsi.
di wakanda ud banyak cerita charger gak fungsi jg ada sodara bawa ioniq5 dari jakarta ke smg harus muter pintu toll gegara charger gak fungsi alhasil nyampe nya kemaleman
trs mobilnya macem binguo EV ma airEV yang gak bisa pake fast charging ya mampus aja lah nunggunya
Last edited by ChZ on Mon Feb 19, 2024 3:41, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9893
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
biar hybrid juga ibarat kepepet, ngisi pertamini juga bisafaizzz wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:19Kayaknya hybrid masih lebih aman untuk negara kayak Indonesia. Kalau misal ada trouble atau motor listrik mati bisa pake mesin bensin walaupun harus jalan di limp mode, kalau EV servis pinggir jalan belum yakin bengkel pinggir jalan bisa, terpaksa harus towing deh...
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9893
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
satu lagiChZ wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:39wkwkwkw banyak kejadian di negara maju charger banyak gak fungsi.Suryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:37 Mudik pk mobil listrik?,
yg ada macetnya bukan di pintu tol aja, di rest area SPKLU juga mengularr, karena menunggu masing" mobil ngisi batre 30 menit x jumlah mobil
itupun jg klo super-fast chargernya berfungsi.
di wakanda ud banyak cerita charger gak fungsi jg ada sodara bawa ioniq5 dari jakarta ke smg harus muter pintu toll gegara charger gak fungsi alhasil nyampe nya kemaleman
- klaim jarak tempuh itu dgn kondisi speed <100 kph, dan tanpa AC.
di indonesia itu:
- AC harus on
- dan gatel buat gas poll
dijamin didiskon itu jarak tempuhnya juga.
klo lihat experience mbah bibie as user ioniq5, begitu yaa dari data2 yg disajikan detil oleh beliau
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
itu mas wahid, bawa ioniq5 baru bentaran full jalan sekitar 200 kilo udah lowbatt. supirnya keenakan gas pollSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:42 satu lagi
- klaim jarak tempuh itu dgn kondisi speed <100 kph, dan tanpa AC.
di indonesia itu:
- AC harus on
- dan gatel buat gas poll
dijamin didiskon itu jarak tempuhnya juga.
klo lihat experience mbah bibie as user ioniq5, begitu yaa dari data2 yg disajikan detil oleh beliau
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2962
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Kalau jual sebelum ganti batre untung omSuryaputra wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 11:24sebetulnya beli EV gini, kita gak bisa mikir harga jual.Salvanost wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 8:53Jual aja pas 100-120.000kmSuryaputra wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 3:47
Nah klo ganti batre udah suatu hal yg pasti
Lembiru spt gadget
Ga bakalan ganti batre ratusan juta
Strategi saya gitu om kalau beli EV cuma ada masalah di drop harga bekas EV lebih gede dibanding bensin
Kona 700juta baru 2 tahun aja udah drop 250an juta
krn:
- HPP batrenya sendiri udah >50% harga mobil
- ditambah dgn cost depresiasi.
- yg penting kepuasan makai aja.
apalagi klo ada skenario tenor cicilan 8 thn, anggap aja spt nyewa.
jadi emang untuk market yg Suka Sikat Gass / money no issue
Ganti batre = kaya beli pertalite selama 10 tahun muahal banget
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1691
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
untung di wakanda no more, indonesia forever itu negara tropisSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:37
Mudik pk mobil listrik?,
yg ada macetnya bukan di pintu tol aja, di rest area SPKLU juga mengularr, karena menunggu masing" mobil ngisi batre 30 menit x jumlah mobil
itupun jg klo super-fast chargernya berfungsi.
coba 4 musim, pas winter range lebi boros 25-50%
bayangin aja antrinya, mana fast charger jg cuma 1-2
mau inves spklu 200-300kw aja ud kebeli zenik 1, kecuali ada yg kebanyakan wang mau bakar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2962
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Pake ini donkChZ wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:39wkwkwkw banyak kejadian di negara maju charger banyak gak fungsi.Suryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:37 Mudik pk mobil listrik?,
yg ada macetnya bukan di pintu tol aja, di rest area SPKLU juga mengularr, karena menunggu masing" mobil ngisi batre 30 menit x jumlah mobil
itupun jg klo super-fast chargernya berfungsi.
di wakanda ud banyak cerita charger gak fungsi jg ada sodara bawa ioniq5 dari jakarta ke smg harus muter pintu toll gegara charger gak fungsi alhasil nyampe nya kemaleman
trs mobilnya macem binguo EV ma airEV yang gak bisa pake fast charging ya mampus aja lah nunggunya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Jadi inget ada salah satu closing dari segment Top Gear, James May yg bawain terkait mobil hidrogen.Suryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:00 Nggg.. anu para suhu dan sesepuh..
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
Klo transisi "Nokia jadul" ke "Smartphone kekinian", itu sangat mudah, gak butuh waktu lama.
karena energy sourcenya masih sama2 batre yg bisa diganti dgn jauh lbh mudah.
So.. Transisi pengguna:
- motor kopling ke skutik
- mobil manual ke matic
- mobil karbu ke injeksi
- mobil bensin ke hybrid
- dan sejenisnya
juga sangat mudah...
karena masih sama2 pk bensinn, gak butuh waktu lama ngisi full tank dari Empty
+ AC (pendingin) mokat di mobil hybrid sekalipun juga masih bisa jalan.
Terus.. AC di EV mokat, gmn dinginin batrenya?
Krn EV (untuk perform optimal) sgt bergantung terhadap cooling system yg jadi satu sama AC.
yess, pendingin batre-nya pakai Freon AC.
Radiator doang gak cukup untuk dinginin batrenya
EV bisa jadi:
- malah cuma FoMo, karena ujung2nya orang butuh peace of mind.
- atau.. hidup berdampingan dengan hybrid / ICE vehicle
Let see 1-2 dekade ke depan
Semoga umur kita panjang bisa jadi penonton EV Versus ICE / Hybrid
Quotenya kurang-lebih dia bilang bahwa kita manusia udah membuat kehidupan kita dengan mobil (we connect ourlives with road and car), you drive it as far as you want to go, you fill up then drive some more, thats the freedom of a petrol-powered car gives you.
Semua dilakukan secara continuous, dimana jedanya di pom bensin hanya 5 menitan.
EV ga fit dengan konsep tersebut karena jedanya kelamaan.
Tapi hidrogen-cell car fit the concept karena jeda yg sama dengan petrol car.
Note, itu video tahun 2010 mungkin, lupa-lupa ingat
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9893
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Gak diperbudak mobilKrucilatoz wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 5:19Jadi inget ada salah satu closing dari segment Top Gear, James May yg bawain terkait mobil hidrogen.Suryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:00 Nggg.. anu para suhu dan sesepuh..
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
Klo transisi "Nokia jadul" ke "Smartphone kekinian", itu sangat mudah, gak butuh waktu lama.
karena energy sourcenya masih sama2 batre yg bisa diganti dgn jauh lbh mudah.
So.. Transisi pengguna:
- motor kopling ke skutik
- mobil manual ke matic
- mobil karbu ke injeksi
- mobil bensin ke hybrid
- dan sejenisnya
juga sangat mudah...
karena masih sama2 pk bensinn, gak butuh waktu lama ngisi full tank dari Empty
+ AC (pendingin) mokat di mobil hybrid sekalipun juga masih bisa jalan.
Terus.. AC di EV mokat, gmn dinginin batrenya?
Krn EV (untuk perform optimal) sgt bergantung terhadap cooling system yg jadi satu sama AC.
yess, pendingin batre-nya pakai Freon AC.
Radiator doang gak cukup untuk dinginin batrenya
EV bisa jadi:
- malah cuma FoMo, karena ujung2nya orang butuh peace of mind.
- atau.. hidup berdampingan dengan hybrid / ICE vehicle
Let see 1-2 dekade ke depan
Semoga umur kita panjang bisa jadi penonton EV Versus ICE / Hybrid
Quotenya kurang-lebih dia bilang bahwa kita manusia udah membuat kehidupan kita dengan mobil (we connect ourlives with road and car), you drive it as far as you want to go, you fill up then drive some more, thats the freedom of a petrol-powered car gives you.
Semua dilakukan secara continuous, dimana jedanya di pom bensin hanya 5 menitan.
EV ga fit dengan konsep tersebut karena jedanya kelamaan.
Tapi hidrogen-cell car fit the concept karena jeda yg sama dengan petrol car.
Note, itu video tahun 2010 mungkin, lupa-lupa ingat
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1290
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
hydrogen gmn om ?ChZ wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 2:44kalau ngeliat data semua supply chain EV dari hulu ke hilir udah dipegang sama china.... emang susah buat japan/germans bikin EV kompetitif. apalagi china sih kalo mau invest LN pokoknya duit masuk profit berapa selesai sebodo amat dengan eksploitasi ugal-ugalan atau child labor. emang wakanda ma china itu cocok jadi partner bisnis, satunya tuan satunya seneng diperbudak dengan istilah hi-lir-i-sa-si (padahal yg di hilirisasi produk china ).faizzz wrote: ↑Sat Feb 17, 2024 19:47
Bisa jadi... The Toyota way bisa aja kalah kalau tidak mau adaptasi. Dengan bz4x kalau dibanding EV Korea atau Cina itu seperti produk guyonan yang engga layak menyandang price tag di atas 1M, seperti hp android generasi awal buatan Nokia yang gagal total buah dari telat ngembangin produk android. Mungkin juga Toyoa sedang menyiapkan "something bigger", atau masih mengembangkan EV yang lebih reliable. Siapa yang tau...
BYD ini keliatannya brand yang berani all in ke EV seperti Tesla, harusnya mereka bisa bikin EV yang terbaik di pasaran, karena ya cuma fokus di EV. Kalau masih aja mbledug ya keterlaluan sih.
kalo negara2 bule mau begitu? mo bernasib sama kayak starbucks diboikot rame rame sama rakyatnya kalo dieselgate aja udah ada gerakan rame rame balikin mobilnya dan itu ngefek. EV aja kayaknya slowing soalnya anak mudanya pada udah ngerti kalo itu EV battery sourcenya juga dari tempat yang kotor.
wakanda ? skandal gede diehasut aja masih lebih makan omongan "produk wakanda itu sempurnah dan tidak terdampak". trs cicilan blom lunas mo ngeboikot begimane
untungnya yota dan kawan kawan udah invest di hybrid ber dekade lalu. krn nggak semua market bisa nerima EV makanya tetep remain stronk di negara2 maju.
https://www.cnbcindonesia.com/news/2023 ... s-hidrogen
apa bisa diterima market ?
regards,
singachu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3457
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
semuanya kembali ke infrastrukstur, model apa yg akan disediakan pemerintah. kalo support penuh ev, apakah mau bangun charging road di mana2?
harvard sudah ngembangin solid state battery yg diklaim lebih aman dengan waktu pengecasan lebih cepat (buat perangkat elektronik maupun ev). tapi apakah manufakturnya bisa segera tersedia dan apakah kompatibel dgn program2 pemerintah berbagai negara?
harvard sudah ngembangin solid state battery yg diklaim lebih aman dengan waktu pengecasan lebih cepat (buat perangkat elektronik maupun ev). tapi apakah manufakturnya bisa segera tersedia dan apakah kompatibel dgn program2 pemerintah berbagai negara?
Code: Select all
https://news.harvard.edu/gazette/story/2021/05/researchers-design-long-lasting-solid-state-lithium-battery/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2962
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Pada roasting BYD doank...
Perlu bikin 1 trid sendiri khusus buat roasting Mitdubishi ga?
Perlu bikin 1 trid sendiri khusus buat roasting Mitdubishi ga?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
setau ane bb hidrogen masih banyak pe-er.Krucilatoz wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 5:19
Tapi hidrogen-cell car fit the concept karena jeda yg sama dengan petrol car.
- biaya produksi tinggi krn butuh banyak energi utk proses elektrolisis
- biaya storage jauh lebih mahal karena mudah lepas ke atmosfer
- biaya safety jg tinggi krn h2 adalah zat yg reaktif (ingat cerita hindenburg dong)
- gak ramah lingkungan krn sekarang ini hidrogen diproduksi dari fosil fuel jg. bisa sih diproduksi dari air, tapi cost produksinya lbh tinggi lagi
- efisiensi energinya rendah, cuma 20-30%. mesin bensin n disel jaman now jauh lebih tinggi dari itu, apalagi yg hybrid. paling bagus ya bev (disklemer: tergantung juga dari sumber energi listriknya)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2962
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Gua jamin sebelum 1 dekade pertamax nembus 25.000/literSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:00
Let see 1-2 dekade ke depan
Semoga umur kita panjang bisa jadi penonton EV Versus ICE / Hybrid
Pas udah setinggi itu EV dengan konsumsi daya 8km/kwh bakalan kelihatan kaya surga dunia
Cost per 10000km cuma 1250kwh atau sekitar 2jutaan
Cost per 100.000km cuma 20an juta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11377
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
pdhl maksud sy bukan bandingin apel2apel ev sm gadget sih. di semua lini skrg terjadi (contoh lain: unilever). eniwei ya udah lahSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:00
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
maksudnya lost market share due to complacency ... tp it's just opinion. lanjut mbah ...
-
- SM Specialist
- Posts: 15719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
keknya abis ini transisi infrastruktur dll mau disiapin buat hydrogen om.singachu wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 5:45 hydrogen gmn om ?
https://www.cnbcindonesia.com/news/2023 ... s-hidrogen
apa bisa diterima market ?
regards,
singachu
itu pertamina aja ud siap siap kerjasama hydrogen. makanya EV itu sebenernya juga cuma jembatan buat nyiapin hydrogen. pinter si toyota gak buru-buru all in EV
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7