Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Babay6 wrote: βSun May 21, 2023 16:09
Mohon pencerahan para suhu, beberapa hari lalu sy baru melakukan penggantian oli Fortuner 2GD FTV 2019 sebelumnya sy pakai Mobil 1 delvac 15W 40 (getaran suara mesin halus tidak kasar) kemudian sy mengganti oli menggunakan Motul TRD SAE 5W 40 yang sy beli di Official Store Motul Imdonesiadi Tokped. Justru setelah ganti oli pakai Motul TRD 5W 40 yg sy beli di tokped getaran dan suara mesin jadi sangat kasar.
Dugaan awal suara kasar mesin karena kualitas oli padahal sy beli di toko resmi motul indonesia, pada akhirnya sy putuskan mengganti kembali oli yang baru berumur 2 hari dengan oli PTT 5W 30 anehnya getaran dan suara mesin perlahan kembali normal meskipun belum maksimal masih ada sedikit suara kasar gesekan, kemudian sy tambahkan oil adictive liqui moly allhamdulilah getaran dan suara mesin kembali normal seperti biasanya suara mesin tidak kasar dan getaran mesin normal.
Mohon pencerahan dari suhu:
1. apakah lazim setelah penggantian oli perubahan getaran mesin dan suara kasar?
2. Apakah getaran mesin dan suara kasar mesin muncul setelah ganti oli karena kualitas oli baru yg tidak asli.
3. Rekomendasi oli yang cocok untuk Fortuner 2GD FTV
Terima kasih atas pencerahan para suhu.
1. Bisa aja, kalo olinya jelek banget ganti oli bukanya tambah enak malah tambah gak enak
2. Filter, volume oli gak masalah? Soalnya beli resmi dari official store masa bisa palsu... Serem
3. Q8 FT 8800 5w30 , jamin halus
Babay6 wrote: βSun May 21, 2023 16:09
Mohon pencerahan para suhu, beberapa hari lalu sy baru melakukan penggantian oli Fortuner 2GD FTV 2019 sebelumnya sy pakai Mobil 1 delvac 15W 40 (getaran suara mesin halus tidak kasar) kemudian sy mengganti oli menggunakan Motul TRD SAE 5W 40 yang sy beli di Official Store Motul Imdonesiadi Tokped. Justru setelah ganti oli pakai Motul TRD 5W 40 yg sy beli di tokped getaran dan suara mesin jadi sangat kasar.
Dugaan awal suara kasar mesin karena kualitas oli padahal sy beli di toko resmi motul indonesia, pada akhirnya sy putuskan mengganti kembali oli yang baru berumur 2 hari dengan oli PTT 5W 30 anehnya getaran dan suara mesin perlahan kembali normal meskipun belum maksimal masih ada sedikit suara kasar gesekan, kemudian sy tambahkan oil adictive liqui moly allhamdulilah getaran dan suara mesin kembali normal seperti biasanya suara mesin tidak kasar dan getaran mesin normal.
Mohon pencerahan dari suhu:
1. apakah lazim setelah penggantian oli perubahan getaran mesin dan suara kasar?
2. Apakah getaran mesin dan suara kasar mesin muncul setelah ganti oli karena kualitas oli baru yg tidak asli.
3. Rekomendasi oli yang cocok untuk Fortuner 2GD FTV
Terima kasih atas pencerahan para suhu.
1. Bisa aja, kalo olinya jelek banget ganti oli bukanya tambah enak malah tambah gak enak
2. Filter, volume oli gak masalah? Soalnya beli resmi dari official store masa bisa palsu... Serem
3. Q8 FT 8800 5w30 , jamin halus
saya juga ngalamin yang mirip di fortuner 2018 2GD.
Pas ganti oli 60,000km pake ptt 5w30 suara mesin halus. Tapi pas ganti oli 70,000km pake motul TRD pro 5w40 jadi agak kasar dan lebih boros 1km/liter (dari biasanya 1:12 jadi 1:11). Apakah PTT emang sebagus itu ya?
Minta saran juga dong, apakah masih boleh pake PTT 5w30 untuk 2GD tahun 2018 km 79ribu? mekanik langganan saya (bekas kerja di auto2000) bilang oli keenceran bisa bikin mesin jebol?
Babay6 wrote: βSun May 21, 2023 16:09
Mohon pencerahan para suhu, beberapa hari lalu sy baru melakukan penggantian oli Fortuner 2GD FTV 2019 sebelumnya sy pakai Mobil 1 delvac 15W 40 (getaran suara mesin halus tidak kasar) kemudian sy mengganti oli menggunakan Motul TRD SAE 5W 40 yang sy beli di Official Store Motul Imdonesiadi Tokped. Justru setelah ganti oli pakai Motul TRD 5W 40 yg sy beli di tokped getaran dan suara mesin jadi sangat kasar.
Dugaan awal suara kasar mesin karena kualitas oli padahal sy beli di toko resmi motul indonesia, pada akhirnya sy putuskan mengganti kembali oli yang baru berumur 2 hari dengan oli PTT 5W 30 anehnya getaran dan suara mesin perlahan kembali normal meskipun belum maksimal masih ada sedikit suara kasar gesekan, kemudian sy tambahkan oil adictive liqui moly allhamdulilah getaran dan suara mesin kembali normal seperti biasanya suara mesin tidak kasar dan getaran mesin normal.
Mohon pencerahan dari suhu:
1. apakah lazim setelah penggantian oli perubahan getaran mesin dan suara kasar?
2. Apakah getaran mesin dan suara kasar mesin muncul setelah ganti oli karena kualitas oli baru yg tidak asli.
3. Rekomendasi oli yang cocok untuk Fortuner 2GD FTV
Terima kasih atas pencerahan para suhu.
1. Bisa aja, kalo olinya jelek banget ganti oli bukanya tambah enak malah tambah gak enak
2. Filter, volume oli gak masalah? Soalnya beli resmi dari official store masa bisa palsu... Serem
3. Q8 FT 8800 5w30 , jamin halus
saya juga ngalamin yang mirip di fortuner 2018 2GD.
Pas ganti oli 60,000km pake ptt 5w30 suara mesin halus. Tapi pas ganti oli 70,000km pake motul TRD pro 5w40 jadi agak kasar dan lebih boros 1km/liter (dari biasanya 1:12 jadi 1:11). Apakah PTT emang sebagus itu ya?
Minta saran juga dong, apakah masih boleh pake PTT 5w30 untuk 2GD tahun 2018 km 79ribu? mekanik langganan saya (bekas kerja di auto2000) bilang oli keenceran bisa bikin mesin jebol?
kalau 2GD jelas tidak masalah pakai oli SAE 5w30 krn rekomendasi dr buku manualnya minta SAE 30
Babay6 wrote: βSun May 21, 2023 16:09
Mohon pencerahan para suhu, beberapa hari lalu sy baru melakukan penggantian oli Fortuner 2GD FTV 2019 sebelumnya sy pakai Mobil 1 delvac 15W 40 (getaran suara mesin halus tidak kasar) kemudian sy mengganti oli menggunakan Motul TRD SAE 5W 40 yang sy beli di Official Store Motul Imdonesiadi Tokped. Justru setelah ganti oli pakai Motul TRD 5W 40 yg sy beli di tokped getaran dan suara mesin jadi sangat kasar.
Dugaan awal suara kasar mesin karena kualitas oli padahal sy beli di toko resmi motul indonesia, pada akhirnya sy putuskan mengganti kembali oli yang baru berumur 2 hari dengan oli PTT 5W 30 anehnya getaran dan suara mesin perlahan kembali normal meskipun belum maksimal masih ada sedikit suara kasar gesekan, kemudian sy tambahkan oil adictive liqui moly allhamdulilah getaran dan suara mesin kembali normal seperti biasanya suara mesin tidak kasar dan getaran mesin normal.
Mohon pencerahan dari suhu:
1. apakah lazim setelah penggantian oli perubahan getaran mesin dan suara kasar?
2. Apakah getaran mesin dan suara kasar mesin muncul setelah ganti oli karena kualitas oli baru yg tidak asli.
3. Rekomendasi oli yang cocok untuk Fortuner 2GD FTV
Terima kasih atas pencerahan para suhu.
1. Bisa aja, kalo olinya jelek banget ganti oli bukanya tambah enak malah tambah gak enak
2. Filter, volume oli gak masalah? Soalnya beli resmi dari official store masa bisa palsu... Serem
3. Q8 FT 8800 5w30 , jamin halus
saya juga ngalamin yang mirip di fortuner 2018 2GD.
Pas ganti oli 60,000km pake ptt 5w30 suara mesin halus. Tapi pas ganti oli 70,000km pake motul TRD pro 5w40 jadi agak kasar dan lebih boros 1km/liter (dari biasanya 1:12 jadi 1:11). Apakah PTT emang sebagus itu ya?
Minta saran juga dong, apakah masih boleh pake PTT 5w30 untuk 2GD tahun 2018 km 79ribu? mekanik langganan saya (bekas kerja di auto2000) bilang oli keenceran bisa bikin mesin jebol?
"...oli keenceran bisa bikin mesin jebol" bohong belaka ini Om, sesuai rekomendasi buku manual 2GD paling optimal pakai 5w30, mau km 100rb juga selama penguapan normal pake aja terus buntut 30 oli nya. Ane sering liat mekanik2 d US ya, Odo mobil mereka d 120-150 RB miles (miles ya, bukan KM) mobil udah 10 tahun lebih, kalo pabrik bilang oli nya 0w20 ya bakal 0w20 terus sampe ada bukti kalo emang ada penguapan parah, kalo dah ada penguapan parah maka bukan salah oli juga, ada komponen engine yg dah rusak dan kudu diperbaiki.
Oh ya PTT commonrail 5w30 ini emang oli ajaib dan cocok bgt sama 2GD, oli encer, tapi mesin masih Mayan halus dan yg pastinya bikin hemat BBM, mana harga nya sangat terjangkau buat oli dlfull Synth long drain interval.
Ane pake oli 15w40 baru, FC 1:10.5 , 1 Minggu ane buang tuh oli (buat cuci mesin aja), trus ganti PTT 5w30, FC langsung naik ke 1:11.4 haha, padahal BBM turun ke biosolar, sebelum nya pake dexlite.
1. Bisa aja, kalo olinya jelek banget ganti oli bukanya tambah enak malah tambah gak enak
2. Filter, volume oli gak masalah? Soalnya beli resmi dari official store masa bisa palsu... Serem
3. Q8 FT 8800 5w30 , jamin halus
saya juga ngalamin yang mirip di fortuner 2018 2GD.
Pas ganti oli 60,000km pake ptt 5w30 suara mesin halus. Tapi pas ganti oli 70,000km pake motul TRD pro 5w40 jadi agak kasar dan lebih boros 1km/liter (dari biasanya 1:12 jadi 1:11). Apakah PTT emang sebagus itu ya?
Minta saran juga dong, apakah masih boleh pake PTT 5w30 untuk 2GD tahun 2018 km 79ribu? mekanik langganan saya (bekas kerja di auto2000) bilang oli keenceran bisa bikin mesin jebol?
"...oli keenceran bisa bikin mesin jebol" bohong belaka ini Om, sesuai rekomendasi buku manual 2GD paling optimal pakai 5w30, mau km 100rb juga selama penguapan normal pake aja terus buntut 30 oli nya. Ane sering liat mekanik2 d US ya, Odo mobil mereka d 120-150 RB miles (miles ya, bukan KM) mobil udah 10 tahun lebih, kalo pabrik bilang oli nya 0w20 ya bakal 0w20 terus sampe ada bukti kalo emang ada penguapan parah, kalo dah ada penguapan parah maka bukan salah oli juga, ada komponen engine yg dah rusak dan kudu diperbaiki.
Oh ya PTT commonrail 5w30 ini emang oli ajaib dan cocok bgt sama 2GD, oli encer, tapi mesin masih Mayan halus dan yg pastinya bikin hemat BBM, mana harga nya sangat terjangkau buat oli dlfull Synth long drain interval.
Ane pake oli 15w40 baru, FC 1:10.5 , 1 Minggu ane buang tuh oli (buat cuci mesin aja), trus ganti PTT 5w30, FC langsung naik ke 1:11.4 haha, padahal BBM turun ke biosolar, sebelum nya pake dexlite.
Punten om, untuk fortuner pengen tau apakah di buku manual selain spek SAE, ada spek sertifikasi lainnya (ACEA atau sejenisnya)?
1. Bisa aja, kalo olinya jelek banget ganti oli bukanya tambah enak malah tambah gak enak
2. Filter, volume oli gak masalah? Soalnya beli resmi dari official store masa bisa palsu... Serem
3. Q8 FT 8800 5w30 , jamin halus
saya juga ngalamin yang mirip di fortuner 2018 2GD.
Pas ganti oli 60,000km pake ptt 5w30 suara mesin halus. Tapi pas ganti oli 70,000km pake motul TRD pro 5w40 jadi agak kasar dan lebih boros 1km/liter (dari biasanya 1:12 jadi 1:11). Apakah PTT emang sebagus itu ya?
Minta saran juga dong, apakah masih boleh pake PTT 5w30 untuk 2GD tahun 2018 km 79ribu? mekanik langganan saya (bekas kerja di auto2000) bilang oli keenceran bisa bikin mesin jebol?
"...oli keenceran bisa bikin mesin jebol" bohong belaka ini Om, sesuai rekomendasi buku manual 2GD paling optimal pakai 5w30, mau km 100rb juga selama penguapan normal pake aja terus buntut 30 oli nya. Ane sering liat mekanik2 d US ya, Odo mobil mereka d 120-150 RB miles (miles ya, bukan KM) mobil udah 10 tahun lebih, kalo pabrik bilang oli nya 0w20 ya bakal 0w20 terus sampe ada bukti kalo emang ada penguapan parah, kalo dah ada penguapan parah maka bukan salah oli juga, ada komponen engine yg dah rusak dan kudu diperbaiki.
Oh ya PTT commonrail 5w30 ini emang oli ajaib dan cocok bgt sama 2GD, oli encer, tapi mesin masih Mayan halus dan yg pastinya bikin hemat BBM, mana harga nya sangat terjangkau buat oli dlfull Synth long drain interval.
Ane pake oli 15w40 baru, FC 1:10.5 , 1 Minggu ane buang tuh oli (buat cuci mesin aja), trus ganti PTT 5w30, FC langsung naik ke 1:11.4 haha, padahal BBM turun ke biosolar, sebelum nya pake dexlite.
mantapp, terima kasih sarannya om, jadi makin yakin balik ke PTT 5w30
masaudie wrote: βThu May 25, 2023 3:49
"...oli keenceran bisa bikin mesin jebol" bohong belaka ini Om, sesuai rekomendasi buku manual 2GD paling optimal pakai 5w30, mau km 100rb juga selama penguapan normal pake aja terus buntut 30 oli nya. Ane sering liat mekanik2 d US ya, Odo mobil mereka d 120-150 RB miles (miles ya, bukan KM) mobil udah 10 tahun lebih, kalo pabrik bilang oli nya 0w20 ya bakal 0w20 terus sampe ada bukti kalo emang ada penguapan parah, kalo dah ada penguapan parah maka bukan salah oli juga, ada komponen engine yg dah rusak dan kudu diperbaiki.
Oh ya PTT commonrail 5w30 ini emang oli ajaib dan cocok bgt sama 2GD, oli encer, tapi mesin masih Mayan halus dan yg pastinya bikin hemat BBM, mana harga nya sangat terjangkau buat oli dlfull Synth long drain interval.
Ane pake oli 15w40 baru, FC 1:10.5 , 1 Minggu ane buang tuh oli (buat cuci mesin aja), trus ganti PTT 5w30, FC langsung naik ke 1:11.4 haha, padahal BBM turun ke biosolar, sebelum nya pake dexlite.
Punten om, untuk fortuner pengen tau apakah di buku manual selain spek SAE, ada spek sertifikasi lainnya (ACEA atau sejenisnya)?
[/quote]
di buku manual cuma ada SAE kayak di foto ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
saya juga ngalamin yang mirip di fortuner 2018 2GD.
Pas ganti oli 60,000km pake ptt 5w30 suara mesin halus. Tapi pas ganti oli 70,000km pake motul TRD pro 5w40 jadi agak kasar dan lebih boros 1km/liter (dari biasanya 1:12 jadi 1:11). Apakah PTT emang sebagus itu ya?
Minta saran juga dong, apakah masih boleh pake PTT 5w30 untuk 2GD tahun 2018 km 79ribu? mekanik langganan saya (bekas kerja di auto2000) bilang oli keenceran bisa bikin mesin jebol?
"...oli keenceran bisa bikin mesin jebol" bohong belaka ini Om, sesuai rekomendasi buku manual 2GD paling optimal pakai 5w30, mau km 100rb juga selama penguapan normal pake aja terus buntut 30 oli nya. Ane sering liat mekanik2 d US ya, Odo mobil mereka d 120-150 RB miles (miles ya, bukan KM) mobil udah 10 tahun lebih, kalo pabrik bilang oli nya 0w20 ya bakal 0w20 terus sampe ada bukti kalo emang ada penguapan parah, kalo dah ada penguapan parah maka bukan salah oli juga, ada komponen engine yg dah rusak dan kudu diperbaiki.
Oh ya PTT commonrail 5w30 ini emang oli ajaib dan cocok bgt sama 2GD, oli encer, tapi mesin masih Mayan halus dan yg pastinya bikin hemat BBM, mana harga nya sangat terjangkau buat oli dlfull Synth long drain interval.
Ane pake oli 15w40 baru, FC 1:10.5 , 1 Minggu ane buang tuh oli (buat cuci mesin aja), trus ganti PTT 5w30, FC langsung naik ke 1:11.4 haha, padahal BBM turun ke biosolar, sebelum nya pake dexlite.
mantapp, terima kasih sarannya om, jadi makin yakin balik ke PTT 5w30
masaudie wrote: βThu May 25, 2023 3:49
"...oli keenceran bisa bikin mesin jebol" bohong belaka ini Om, sesuai rekomendasi buku manual 2GD paling optimal pakai 5w30, mau km 100rb juga selama penguapan normal pake aja terus buntut 30 oli nya. Ane sering liat mekanik2 d US ya, Odo mobil mereka d 120-150 RB miles (miles ya, bukan KM) mobil udah 10 tahun lebih, kalo pabrik bilang oli nya 0w20 ya bakal 0w20 terus sampe ada bukti kalo emang ada penguapan parah, kalo dah ada penguapan parah maka bukan salah oli juga, ada komponen engine yg dah rusak dan kudu diperbaiki.
Oh ya PTT commonrail 5w30 ini emang oli ajaib dan cocok bgt sama 2GD, oli encer, tapi mesin masih Mayan halus dan yg pastinya bikin hemat BBM, mana harga nya sangat terjangkau buat oli dlfull Synth long drain interval.
Ane pake oli 15w40 baru, FC 1:10.5 , 1 Minggu ane buang tuh oli (buat cuci mesin aja), trus ganti PTT 5w30, FC langsung naik ke 1:11.4 haha, padahal BBM turun ke biosolar, sebelum nya pake dexlite.
Punten om, untuk fortuner pengen tau apakah di buku manual selain spek SAE, ada spek sertifikasi lainnya (ACEA atau sejenisnya)?
di buku manual cuma ada SAE kayak di foto ini
[/quote]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
AdrBee wrote: βThu May 25, 2023 8:35
Salam Rekan-Rekan SM,
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
Thanks Rekan-rekan SM.
Kalo dari Q8 bisa pake FT 8800 15000km/1 tahun. Seharusnya cukup worth it dengan pemakaian segitu. Tapi kalo dari 3 pilihan itu jelas saya pilih no 1.
AdrBee wrote: βThu May 25, 2023 8:35
Salam Rekan-Rekan SM,
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
Thanks Rekan-rekan SM.
Kalo dari Q8 bisa pake FT 8800 15000km/1 tahun. Seharusnya cukup worth it dengan pemakaian segitu. Tapi kalo dari 3 pilihan itu jelas saya pilih no 1.
Thanks Om sahabatq8 untuk sarannya.
Ini Q8 FT8800 beneran bisa 15k KM om?
Untuk karakter olinya memang kuat longdrain saja atau ada benefit lebih halus dan lebih enteng kalo dari TMO 5W-30?
FT8800 ini flagshipnya Q8 kah? Jika compare ke Amsoil Signature Diesel apakah on par?
AdrBee wrote: βThu May 25, 2023 8:35
Salam Rekan-Rekan SM,
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
Thanks Rekan-rekan SM.
Kalo dari Q8 bisa pake FT 8800 15000km/1 tahun. Seharusnya cukup worth it dengan pemakaian segitu. Tapi kalo dari 3 pilihan itu jelas saya pilih no 1.
Thanks Om sahabatq8 untuk sarannya.
Ini Q8 FT8800 beneran bisa 15k KM om?
Untuk karakter olinya memang kuat longdrain saja atau ada benefit lebih halus dan lebih enteng kalo dari TMO 5W-30?
FT8800 ini flagshipnya Q8 kah? Jika compare ke Amsoil Signature Diesel apakah on par?
Betul ini flagshipnya. Bener bisa 15rb km biosolar, customer ane udah pake. Di 8-10rb nyaris gak berubah dibanding baru, kalo di eropa ini oli bisa puluhan ribu pakenya di truk yang jalan terus (ACEA E4 tbn 13).
Dibanding TMO 5W30 saya sendiri belom pernah compare (udah lama kejual mobil dieselnya wwkkwkw), tapi compared to FT 8700 (discontinue) aja jauh superior FT8700 dibanding TMO 5w30. Customer yang pake FT8800 rataΒ² happy sih, termasuk beberapa yang mobilnya udah di modif 300+ hp. Kalo dibanding amsoil kata beberapa orang enak ini untuk long drain, penguapan jg minim, tapi yang jelas harganya lebih bersahabat.
Di tokped kyknya masih ada yang miring jualnya 195-200k an per liter
Kalo dari Q8 bisa pake FT 8800 15000km/1 tahun. Seharusnya cukup worth it dengan pemakaian segitu. Tapi kalo dari 3 pilihan itu jelas saya pilih no 1.
Thanks Om sahabatq8 untuk sarannya.
Ini Q8 FT8800 beneran bisa 15k KM om?
Untuk karakter olinya memang kuat longdrain saja atau ada benefit lebih halus dan lebih enteng kalo dari TMO 5W-30?
FT8800 ini flagshipnya Q8 kah? Jika compare ke Amsoil Signature Diesel apakah on par?
Betul ini flagshipnya. Bener bisa 15rb km biosolar, customer ane udah pake. Di 8-10rb nyaris gak berubah dibanding baru, kalo di eropa ini oli bisa puluhan ribu pakenya di truk yang jalan terus (ACEA E4 tbn 13).
Dibanding TMO 5W30 saya sendiri belom pernah compare (udah lama kejual mobil dieselnya wwkkwkw), tapi compared to FT 8700 (discontinue) aja jauh superior FT8700 dibanding TMO 5w30. Customer yang pake FT8800 rataΒ² happy sih, termasuk beberapa yang mobilnya udah di modif 300+ hp. Kalo dibanding amsoil kata beberapa orang enak ini untuk long drain, penguapan jg minim, tapi yang jelas harganya lebih bersahabat.
Di tokped kyknya masih ada yang miring jualnya 195-200k an per liter
Mobilnya dari baru sama orangtua selalu full pertadex sih ini, cuma emang konservatif banget orangtua saya, mikirnya standar pabrik dan ganti oli TMO setiap interval servis aja, mana ini suka kelewat pula.
Boleh direkomendasi tokped om toko yang jual, biasa beli Amsoil untuk CRV sih di Cakra Motor, atau biar aman barusan saya cek ada official store Q8?
Ini Q8 FT8800 beneran bisa 15k KM om?
Untuk karakter olinya memang kuat longdrain saja atau ada benefit lebih halus dan lebih enteng kalo dari TMO 5W-30?
FT8800 ini flagshipnya Q8 kah? Jika compare ke Amsoil Signature Diesel apakah on par?
Betul ini flagshipnya. Bener bisa 15rb km biosolar, customer ane udah pake. Di 8-10rb nyaris gak berubah dibanding baru, kalo di eropa ini oli bisa puluhan ribu pakenya di truk yang jalan terus (ACEA E4 tbn 13).
Dibanding TMO 5W30 saya sendiri belom pernah compare (udah lama kejual mobil dieselnya wwkkwkw), tapi compared to FT 8700 (discontinue) aja jauh superior FT8700 dibanding TMO 5w30. Customer yang pake FT8800 rataΒ² happy sih, termasuk beberapa yang mobilnya udah di modif 300+ hp. Kalo dibanding amsoil kata beberapa orang enak ini untuk long drain, penguapan jg minim, tapi yang jelas harganya lebih bersahabat.
Di tokped kyknya masih ada yang miring jualnya 195-200k an per liter
Mobilnya dari baru sama orangtua selalu full pertadex sih ini, cuma emang konservatif banget orangtua saya, mikirnya standar pabrik dan ganti oli TMO setiap interval servis aja, mana ini suka kelewat pula.
Boleh direkomendasi tokped om toko yang jual, biasa beli Amsoil untuk CRV sih di Cakra Motor, atau biar aman barusan saya cek ada official store Q8?
Official store = barang terbaru, dapet merchandise jaket atau promo gratis roadside assistance 6 bulan. https://tokopedia.link/DO898xhR4zb
sitorus wrote: βFri May 26, 2023 2:10
Pagi om om semua.
Saya pake Captiva FL2 2014 Diesel. Mau nanya kalo Amsoil Signature Max Duty Diesel 5W-30, dengan BBM:
1. Shell V Power Diesel / Pertadex.
2. Biosolar
Kira-kira rekomendasi OCI nya berapa ya?
Terima kasih.
Ambil aman
Both
10k KM
Yg penting Thermos radiator dan cooling system sampai coolant fresh dan aman
Thank you om @Suryaputra. Cooling system baru kuras sekitar 3 bulan lalu om, tapi masih standar, gaada extra fan tambahan dan gaada atf cooler terpisah.
Berarti secara hitungan teori, SVPD/Pertadex bisa lebih dari 10k km ya om?
Sama mau nanya lagi om om semua. Di manual book spek olinya itu Dexos2/ACEA C3, itu kan mid SAPS. Kalo pake oli yang comply terhadap itu tapi low SAPS efeknya apa ya?
Penasaran mau cobain Amsoil European Formula yang 5W-30, tapi cek PDS itu dibilang low SAPS, dan TBN 7 sekian kalo ga salah.
sitorus wrote: βFri May 26, 2023 2:10
Pagi om om semua.
Saya pake Captiva FL2 2014 Diesel. Mau nanya kalo Amsoil Signature Max Duty Diesel 5W-30, dengan BBM:
1. Shell V Power Diesel / Pertadex.
2. Biosolar
Kira-kira rekomendasi OCI nya berapa ya?
Terima kasih.
Ambil aman
Both
10k KM
Yg penting Thermos radiator dan cooling system sampai coolant fresh dan aman
Thank you om @Suryaputra. Cooling system baru kuras sekitar 3 bulan lalu om, tapi masih standar, gaada extra fan tambahan dan gaada atf cooler terpisah.
Berarti secara hitungan teori, SVPD/Pertadex bisa lebih dari 10k km ya om?
Sama mau nanya lagi om om semua. Di manual book spek olinya itu Dexos2/ACEA C3, itu kan mid SAPS. Kalo pake oli yang comply terhadap itu tapi low SAPS efeknya apa ya?
Penasaran mau cobain Amsoil European Formula yang 5W-30, tapi cek PDS itu dibilang low SAPS, dan TBN 7 sekian kalo ga salah.
Scr teoritis yah, terlepas brand oli tertentu..
SAPS = abu sulfat, fosfor dan sulfur
Ini kandungan aditif untuk anti wear dan longer drain capable.
Makin tinggi SAPS, aditif dan anti wear makin cucok buat Long drain, tapi tingkat pulusi makin tinggi
Sebaliknya klo makin rendah SAPS, aditif dan anti wear terbatas hanya untuk normal drain, tapi tingkat pulusi makin rendah
Intinya.. ya sesuaikan dgn budget dan spec manual book ajah.
Gak usah dipusingin.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Babay6 wrote: βSun May 21, 2023 16:09
Mohon pencerahan para suhu, beberapa hari lalu sy baru melakukan penggantian oli Fortuner 2GD FTV 2019 sebelumnya sy pakai Mobil 1 delvac 15W 40 (getaran suara mesin halus tidak kasar) kemudian sy mengganti oli menggunakan Motul TRD SAE 5W 40 yang sy beli di Official Store Motul Imdonesiadi Tokped. Justru setelah ganti oli pakai Motul TRD 5W 40 yg sy beli di tokped getaran dan suara mesin jadi sangat kasar.
Dugaan awal suara kasar mesin karena kualitas oli padahal sy beli di toko resmi motul indonesia, pada akhirnya sy putuskan mengganti kembali oli yang baru berumur 2 hari dengan oli PTT 5W 30 anehnya getaran dan suara mesin perlahan kembali normal meskipun belum maksimal masih ada sedikit suara kasar gesekan, kemudian sy tambahkan oil adictive liqui moly allhamdulilah getaran dan suara mesin kembali normal seperti biasanya suara mesin tidak kasar dan getaran mesin normal.
Mohon pencerahan dari suhu:
1. apakah lazim setelah penggantian oli perubahan getaran mesin dan suara kasar?
2. Apakah getaran mesin dan suara kasar mesin muncul setelah ganti oli karena kualitas oli baru yg tidak asli.
3. Rekomendasi oli yang cocok untuk Fortuner 2GD FTV
Terima kasih atas pencerahan para suhu.
1. Bisa aja, kalo olinya jelek banget ganti oli bukanya tambah enak malah tambah gak enak
2. Filter, volume oli gak masalah? Soalnya beli resmi dari official store masa bisa palsu... Serem
3. Q8 FT 8800 5w30 , jamin halus
saya juga ngalamin yang mirip di fortuner 2018 2GD.
Pas ganti oli 60,000km pake ptt 5w30 suara mesin halus. Tapi pas ganti oli 70,000km pake motul TRD pro 5w40 jadi agak kasar dan lebih boros 1km/liter (dari biasanya 1:12 jadi 1:11). Apakah PTT emang sebagus itu ya?
Minta saran juga dong, apakah masih boleh pake PTT 5w30 untuk 2GD tahun 2018 km 79ribu? mekanik langganan saya (bekas kerja di auto2000) bilang oli keenceran bisa bikin mesin jebol?
kalo bukman mintanya 5w30 brarti engga keenceran om
kecuali dikasih 0w20. itu pun saya yakin ga langsung rusak mesinnya, cmn tingkat wear nya pasti lebih tinggi
5w40 ga heran bikin lebih boros bbm. itu motul trd kan ga murah juga, menurut saya stick sama yang uda pasti pasti aja
TomyGiarta wrote: βTue Jan 03, 2023 5:58
Assalamualaikum
Selamat siang om Turbo n all suhu2 dsini,
Ijin nanya2,
Sy pengguna baru santa fe dm 2013, dapet second di km 145k.
Pas dapet lgsg ganti perminyakan, salah satunya oli mesin pake Q8 T800 10w/40 (ACEA E7) (saran mekanik)
skrg posisi sdh 8bln n km 147rb (cm nambah 2k - jarang dipake emang), tp konsumsi bbm kok agak boros y (11,5/100) (pas sy pake slalu dex), ngk seperti normalnya kayaknya (7-8/100)
baca2 :
-) si santi nih oli nya ACEA B4 or C2/C3,
-) buntut 30 lebih ringan & efisinesi bagus, tp pakai buntut 40 durability lebih baik
Mohon saran oli yg layak di km sy?
mgkn bbrp ref hasil semedi dibawah ini ada yg cocok :
1) Oli Q8 Formula Excel Long Life 5W-40 5W40 (ACEA A3/B4)
2) Oli Amsoil Diesel Turbo Truck 5W-40 (ACEA E9, E7)
3) Oli Amsoil Signature Series Diesel SAE 5W-40 (ACEA E9, E7)
4) OLI Q8 8800 5w 30 (ACEA E4, E6, E7, E9)
5) OLI Q8 5W 30 Special G DEXOS 2 LONGLIFE (ACEA C2, C3)
6) OLI Q8 VX LONGLIFE 5W 30 (ACEA C3, direkomendasikan untuk ACEA C2)
7) Oli Amsoil Oil OE Synthetic Diesel 5W30 (ACEA C3)
Oh y, skalian oli transmisinya y (sebelumnya pakai PTT LUBRICANTS AUTOMAT ATF LV-1)
Maturnuwun sanget
mantap, gimana om enak ya pakai santafenya? untuk oli mesin saya pakai lupromax 5000D, dengan pemakaian sampai 7K dengan bahan bakan full bio solar dengan tambahan adiktif 2ehn, kalau om pilihannya seperti yg disebutkan, saya pilih nomer 4 om, hehehehe... untuk oli matic pakai yang SP 4, ada TOTAL MVLV, PTT 1A LV, AISIN D6, REDLINE D6
Babay6 wrote: βSun May 21, 2023 16:09
Mohon pencerahan para suhu, beberapa hari lalu sy baru melakukan penggantian oli Fortuner 2GD FTV 2019 sebelumnya sy pakai Mobil 1 delvac 15W 40 (getaran suara mesin halus tidak kasar) kemudian sy mengganti oli menggunakan Motul TRD SAE 5W 40 yang sy beli di Official Store Motul Imdonesiadi Tokped. Justru setelah ganti oli pakai Motul TRD 5W 40 yg sy beli di tokped getaran dan suara mesin jadi sangat kasar.
Dugaan awal suara kasar mesin karena kualitas oli padahal sy beli di toko resmi motul indonesia, pada akhirnya sy putuskan mengganti kembali oli yang baru berumur 2 hari dengan oli PTT 5W 30 anehnya getaran dan suara mesin perlahan kembali normal meskipun belum maksimal masih ada sedikit suara kasar gesekan, kemudian sy tambahkan oil adictive liqui moly allhamdulilah getaran dan suara mesin kembali normal seperti biasanya suara mesin tidak kasar dan getaran mesin normal.
Mohon pencerahan dari suhu:
1. apakah lazim setelah penggantian oli perubahan getaran mesin dan suara kasar?
2. Apakah getaran mesin dan suara kasar mesin muncul setelah ganti oli karena kualitas oli baru yg tidak asli.
3. Rekomendasi oli yang cocok untuk Fortuner 2GD FTV
Terima kasih atas pencerahan para suhu.
1. Bisa aja, kalo olinya jelek banget ganti oli bukanya tambah enak malah tambah gak enak
2. Filter, volume oli gak masalah? Soalnya beli resmi dari official store masa bisa palsu... Serem
3. Q8 FT 8800 5w30 , jamin halus
saya juga ngalamin yang mirip di fortuner 2018 2GD.
Pas ganti oli 60,000km pake ptt 5w30 suara mesin halus. Tapi pas ganti oli 70,000km pake motul TRD pro 5w40 jadi agak kasar dan lebih boros 1km/liter (dari biasanya 1:12 jadi 1:11). Apakah PTT emang sebagus itu ya?
Minta saran juga dong, apakah masih boleh pake PTT 5w30 untuk 2GD tahun 2018 km 79ribu? mekanik langganan saya (bekas kerja di auto2000) bilang oli keenceran bisa bikin mesin jebol?
Mekanik kadang suka aneh2 teorinya, yang bikin mesin jebol tuh yg ga pernah ganti oli, di US sana mobil odometernya sering diatas 500rb miles tetap pada pakai 5w30/0w20 terlepas dari iklim disana juga, ga ada tuh teori mesin diatas 100rb pakai oli kental, jaman udah modern, teknologi metalurgi dan pelumas makin maju, ga kaya jaman mesin toyota seri K. Tapi kalo diesel sig emang paling encer W30 buat yg mesin2 modern, kalau yg jadul pakai W40 aja, kalo mesin bensin kan mayoritas pakai vvti/vtec dll jadi butuh oli encer.
AdrBee wrote: βThu May 25, 2023 8:35
Salam Rekan-Rekan SM,
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
Thanks Rekan-rekan SM.
kalo ada budgetnya silahkan pake amsoil signature 5w30 / q8 8800 (kualitas gausah diragukan lagi, skali ganti bisa 2 juta. ada harga ada kualitas)
kalau best value dibawah 1 juta per kali ganti menurut saya masih ptt dynamic commonrail 5w30 / q8 7000
yang dibilang penjual pttnya betul sih gaperlu yang acea c3 (super commonrail) cuman ya dipake juga gabakal bikin mesin jebol karna banyak juga yang pake bahkan di mesin kd
oci stick di 10000 km / 1 tahun aja. kalo kelamaan, filternya mampet juga nanti cuman di bypass aja oli kotornya.
Adnoc voyager gold 5w30 a3/b4 juga enak d anps. Udh jalan 5000km msh halus suaranya kyk awal ganti oli. sering jd genset padahal . Dapet 160k per liter
AdrBee wrote: βThu May 25, 2023 8:35
Salam Rekan-Rekan SM,
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
Thanks Rekan-rekan SM.
kalo ada budgetnya silahkan pake amsoil signature 5w30 / q8 8800 (kualitas gausah diragukan lagi, skali ganti bisa 2 juta. ada harga ada kualitas)
kalau best value dibawah 1 juta per kali ganti menurut saya masih ptt dynamic commonrail 5w30 / q8 7000
yang dibilang penjual pttnya betul sih gaperlu yang acea c3 (super commonrail) cuman ya dipake juga gabakal bikin mesin jebol karna banyak juga yang pake bahkan di mesin kd
oci stick di 10000 km / 1 tahun aja. kalo kelamaan, filternya mampet juga nanti cuman di bypass aja oli kotornya.
Om mau tanya pendapat, lebih bagus mana:
- Amsoil Signature 5w30 atau sekelas, sekali ganti oli 2 jutaan, gantinya per 10 rb km. Filter oli ganti per 10rb km
- PTT dynamic commonrail 5w30 atau sekelas, sekali ganti oli 1 jutaan, gantinya per 5 rb km. Filter oli ganti per 10rb km
AdrBee wrote: βThu May 25, 2023 8:35
Salam Rekan-Rekan SM,
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
Thanks Rekan-rekan SM.
kalo ada budgetnya silahkan pake amsoil signature 5w30 / q8 8800 (kualitas gausah diragukan lagi, skali ganti bisa 2 juta. ada harga ada kualitas)
kalau best value dibawah 1 juta per kali ganti menurut saya masih ptt dynamic commonrail 5w30 / q8 7000
yang dibilang penjual pttnya betul sih gaperlu yang acea c3 (super commonrail) cuman ya dipake juga gabakal bikin mesin jebol karna banyak juga yang pake bahkan di mesin kd
oci stick di 10000 km / 1 tahun aja. kalo kelamaan, filternya mampet juga nanti cuman di bypass aja oli kotornya.
Om mau tanya pendapat, lebih bagus mana:
- Amsoil Signature 5w30 atau sekelas, sekali ganti oli 2 jutaan, gantinya per 10 rb km. Filter oli ganti per 10rb km
- PTT dynamic commonrail 5w30 atau sekelas, sekali ganti oli 1 jutaan, gantinya per 5 rb km. Filter oli ganti per 10rb km
Makasih
Filter oli klo standard tetap per 5rb Km mbah
Jd tiap ganti oli, ganti filter oli.
Atau ganti filter per 5rb km.
Harga murah tp resiko mesin aman dilumasi dgn oli bersih.
Kecuali filter oli yg kelas harga 70rb an ke atas atau aftermarket spt merk PTT, nah itu bisa max 10rb Km.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri