600jutaan untuk mobil seumur hidup
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Jan 25, 2022 13:22
600jutaan untuk mobil seumur hidup
Jadi ceritanya bokap ane sebentar lagi pensiun dan rencananya CRV Turbo Prestige tahun 2018 ini mau diremajakan lalu setelah ini katanya gak akan ganti mobil lagi alias mobil yang ada dirawat serusaknya aja.
Crv ini review singkat ane:
+handling oke lumayan fun to drive
+mesin powerful + CVT yang agak lemot malah pas untuk smooth driving berasa effortless tiba2 kenceng aja
+secara kenyamanan no complain (kursi penumpang, suspensi)
- road noise
- build quality ancur, panel gap berantakan dan yang paling ganggu interior banyak bunyi2. Armrest depan, panel pintu dan kursi belakang terutama. Intinya yang bikin gak betah mobil ini adalah setiap lewat polisi tidur serba bunyi kriet2 dan sepertinya kaki2 juga udah mulai agak2. Oh iya rack steer juga baru ganti.
Sementara ini ane baru nemu 2 pilihan:
Santafe Gasoline Prime:
concernnya apakah worth nambah sekitar 200jt cuma sekedar sidegrade aja? Secara kelas hampir sama. Lalu bagaimana dengan reliabilitynya? Diatas kertas sih mesin NA + AT konven sepertinya cocok untuk jangka panjang. Lalu build quality dan NVH beda jauh sama crv ini gk ya? Aftersales sepertinya cukup menjanjikan sih. Oh iya tenaga kalah jauh gak sih dari CRV turbo?
BMW X1 2020:
Agak khawatir keawetan DCTnya dan kalo macet tersendat2 gak ya? Kira2 apa cocok untuk jangka panjang? Secara ini mobil entry level pasti kualitasnya beda dengan seri 3 atau c class keatas.
Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
Kira2 gimana para suhu antara dua mobil ini mana yang lebih worth, atau ada opsi lain yang lebih worth lagi? Memang agak berat sih kalo nyari yang lebih baik dari crv secara dia barunya 660jt , apa mending tetap dirawat aja CRV ini mungkin dibenerin satu2 penyebab bunyi2annya
Crv ini review singkat ane:
+handling oke lumayan fun to drive
+mesin powerful + CVT yang agak lemot malah pas untuk smooth driving berasa effortless tiba2 kenceng aja
+secara kenyamanan no complain (kursi penumpang, suspensi)
- road noise
- build quality ancur, panel gap berantakan dan yang paling ganggu interior banyak bunyi2. Armrest depan, panel pintu dan kursi belakang terutama. Intinya yang bikin gak betah mobil ini adalah setiap lewat polisi tidur serba bunyi kriet2 dan sepertinya kaki2 juga udah mulai agak2. Oh iya rack steer juga baru ganti.
Sementara ini ane baru nemu 2 pilihan:
Santafe Gasoline Prime:
concernnya apakah worth nambah sekitar 200jt cuma sekedar sidegrade aja? Secara kelas hampir sama. Lalu bagaimana dengan reliabilitynya? Diatas kertas sih mesin NA + AT konven sepertinya cocok untuk jangka panjang. Lalu build quality dan NVH beda jauh sama crv ini gk ya? Aftersales sepertinya cukup menjanjikan sih. Oh iya tenaga kalah jauh gak sih dari CRV turbo?
BMW X1 2020:
Agak khawatir keawetan DCTnya dan kalo macet tersendat2 gak ya? Kira2 apa cocok untuk jangka panjang? Secara ini mobil entry level pasti kualitasnya beda dengan seri 3 atau c class keatas.
Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
Kira2 gimana para suhu antara dua mobil ini mana yang lebih worth, atau ada opsi lain yang lebih worth lagi? Memang agak berat sih kalo nyari yang lebih baik dari crv secara dia barunya 660jt , apa mending tetap dirawat aja CRV ini mungkin dibenerin satu2 penyebab bunyi2annya
-
- SM Specialist
- Posts: 15615
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Odometer udah brp? Mengingat ini mobil 2018 sih rawat aja... Kec penggantinya kelas atasnya macem BMW X5.
Klo mobil mau dipake lama honda udah bener kok... Bunyi2 dicari penyebabnya aja klo perlu skalian pasang peredam biar benerin tuh nvh kacaunya... Beliin michelin primacy suv / conti uc6 suv biar senyap.
Santafe concerningnya aftersales nya sih rada rada mobil sih enak, kl X1 kok downgrade takutnya bokapnya g suka om... Wkwkkw.
Klo mobil mau dipake lama honda udah bener kok... Bunyi2 dicari penyebabnya aja klo perlu skalian pasang peredam biar benerin tuh nvh kacaunya... Beliin michelin primacy suv / conti uc6 suv biar senyap.
Santafe concerningnya aftersales nya sih rada rada mobil sih enak, kl X1 kok downgrade takutnya bokapnya g suka om... Wkwkkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1279
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Zenix bensin V gimana? Modif sendiri biar kaya Q. Atau… voxy
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Fortuner SRZ
Kebutuhan:
- suv 5 seater luas ok
- siap disiksa ok
-reliable dan aftersales juga ok
Tapi ya begitulah.....
Alternatifnya kalau mau bekas ambil Prado atau cygnus, bujet segitu udah bisa disehatkan dan modif ringan
Kebutuhan:
- suv 5 seater luas ok
- siap disiksa ok
-reliable dan aftersales juga ok
Tapi ya begitulah.....
Alternatifnya kalau mau bekas ambil Prado atau cygnus, bujet segitu udah bisa disehatkan dan modif ringan
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2066
- Joined: Wed Nov 14, 2012 11:19
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Budget 600jt New Car Toyota:
1.Zenix Q Hybrid
2. Fortuner SRZ
3. Corolla Cross Hybrid dan Corolla Cross Hybrid GR
4. Corolla Altis 1.8
5. Voxy
1.Zenix Q Hybrid
2. Fortuner SRZ
3. Corolla Cross Hybrid dan Corolla Cross Hybrid GR
4. Corolla Altis 1.8
5. Voxy
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1416
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Ambil CRV Prestige 2023 diskon gede, last call before next gen unleashed. Upgrade Dari CRV pre facelift, karena ada Honda sensing dan Noise Cancellation yg bikin lebih kedap.Nifty917 wrote: ↑Mon May 01, 2023 1:18 Jadi ceritanya bokap ane sebentar lagi pensiun dan rencananya CRV Turbo Prestige tahun 2018 ini mau diremajakan lalu setelah ini katanya gak akan ganti mobil lagi alias mobil yang ada dirawat serusaknya aja.
Crv ini review singkat ane:
+handling oke lumayan fun to drive
+mesin powerful + CVT yang agak lemot malah pas untuk smooth driving berasa effortless tiba2 kenceng aja
+secara kenyamanan no complain (kursi penumpang, suspensi)
- road noise
- build quality ancur, panel gap berantakan dan yang paling ganggu interior banyak bunyi2. Armrest depan, panel pintu dan kursi belakang terutama. Intinya yang bikin gak betah mobil ini adalah setiap lewat polisi tidur serba bunyi kriet2 dan sepertinya kaki2 juga udah mulai agak2. Oh iya rack steer juga baru ganti.
Sementara ini ane baru nemu 2 pilihan:
Santafe Gasoline Prime:
concernnya apakah worth nambah sekitar 200jt cuma sekedar sidegrade aja? Secara kelas hampir sama. Lalu bagaimana dengan reliabilitynya? Diatas kertas sih mesin NA + AT konven sepertinya cocok untuk jangka panjang. Lalu build quality dan NVH beda jauh sama crv ini gk ya? Aftersales sepertinya cukup menjanjikan sih. Oh iya tenaga kalah jauh gak sih dari CRV turbo?
BMW X1 2020:
Agak khawatir keawetan DCTnya dan kalo macet tersendat2 gak ya? Kira2 apa cocok untuk jangka panjang? Secara ini mobil entry level pasti kualitasnya beda dengan seri 3 atau c class keatas.
Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
Kira2 gimana para suhu antara dua mobil ini mana yang lebih worth, atau ada opsi lain yang lebih worth lagi? Memang agak berat sih kalo nyari yang lebih baik dari crv secara dia barunya 660jt , apa mending tetap dirawat aja CRV ini mungkin dibenerin satu2 penyebab bunyi2annya
Santa Fe gasoline, saya pikir kelasnya di atas CRV, akomodasi sepertinya lebih lega dan kualitas interior pun di atas CRV, namun untuk after sales saya tidak punya pengalaman punya mobil Hyundai.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Jan 25, 2022 13:22
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Waduh kirain H miring udah oke aftersalesnya wkwkwk soalnya iklan kayanya jorjoran banget, btw kalo X1 kenapa downgrade om? Kan secara harga aja beda kelasChZ wrote: ↑Mon May 01, 2023 1:42 Odometer udah brp? Mengingat ini mobil 2018 sih rawat aja... Kec penggantinya kelas atasnya macem BMW X5.
Klo mobil mau dipake lama honda udah bener kok... Bunyi2 dicari penyebabnya aja klo perlu skalian pasang peredam biar benerin tuh nvh kacaunya... Beliin michelin primacy suv / conti uc6 suv biar senyap.
Santafe concerningnya aftersales nya sih rada rada mobil sih enak, kl X1 kok downgrade takutnya bokapnya g suka om... Wkwkkw.
Waduh tapi agak gimana gitu ya nambah 250juta cuma bayar bodykit sama sensing aja , jujur kurang butuh fitur2 nyetir2 sendiri gitu sih, cruise controll aja jarang bgt dipakeAbdulHakim wrote: ↑Mon May 01, 2023 3:14
Ambil CRV Prestige 2023 diskon gede, last call before next gen unleashed. Upgrade Dari CRV pre facelift, karena ada Honda sensing dan Noise Cancellation yg bikin lebih kedap.
Santa Fe gasoline, saya pikir kelasnya di atas CRV, akomodasi sepertinya lebih lega dan kualitas interior pun di atas CRV, namun untuk after sales saya tidak punya pengalaman punya mobil Hyundai.
Kegedean semua om mobilnya dan kapok ladderframe sih tetep kurang nyaman, yang nyetir juga berasa bawa mobil niaga.
Zenix sepertinya coret sih, kalo dari denger2 sih kalah fun to drivenya jauh dari crv, apalagi voxy imagenya harus pake supir sih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Zenix V bensin. Difungsiin sebagai 5 seater jadi baris ke 3 dilipat terus. Badak pasti, irit lumayan, tenaga lumayan, part kw nya pasti melimpah innova gitu. Mesinnya pakai mesin voxy jd halus kok mobilnya. Sisa budget bisa dipakai utk upgrade macem2 seperti ban, audio, peredam
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 793
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Tunggu CRV generasi terbaru masuk sini. Sukur2 harganya masih dapet di 600 jutaan
Atau gak tunggu penggantinya CX5 masuk sini juga bisa. 2 2 nya CRV dan CX5 udah pada mau ganti model.
Atau gak tunggu penggantinya CX5 masuk sini juga bisa. 2 2 nya CRV dan CX5 udah pada mau ganti model.
-
- SM Specialist
- Posts: 15615
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
selama masalah inden parts solusinya adalah hire influencer ane masih ngga percaya itu brand. wkwkwkkwkw. tanggung lagian mau upgrade ke santafe nambah 200jt tapi kepuasannya ga 200juta sih. lebih enak nya hanya sedikit. electronics lebih banyak juga malah orang tua biasa prefer yang simple...
X1 coba test drive aja. pulang2 langsung berasa deh CRV lebih enak kemana mana. wkwkwkkwk mesinnya ga enak, duduknya keras, bantingan keras, sempit. 1-1nya cuma berasa lebih cekatan karena transmisi gir. price point emang tinggi tapi yah dia sih aslinya kelas HRV kenyamanannya jelas kalah. ane pernah bawa X1 test drive iseng ga enak tetep pulang bawa civic lebih enak.
kalo dr saya sih di bagusin aja CRVnya toh 5 taun itung2 peremajaan.... toh sama mobil2 yg disebutin lain juga blom terlalu sreg. udah pake 5 thn sih berarti udah cocok ama mobilnya. wkwkwkkw.
ane jg mikir ini CRV mau keep agak lamaan nih... sayang juga mau 5 tahun baru jalan 30 ribuan. masih enak semua. rattle engga sih hoki aja keknya dapet unitnya.
saran anti mainstream cari premium selection BMW X3 aja kan bekas rasa baru di garansi juga koq dapet fasilitas kayak BMW baru... tapi dapet ngga yah budget 600. musti stretch ke 700 keknya kalo X3 F25. X3 F25 agak keras sih kalo banding CRV dan duduknya biasa BMW ga lowong2 amat tapi buat fun to drive ga boong enak bgt dapet all wheel drive pula kapan lg 700jt SUV premium AWD
dan kalo soal idrive sih ko ane lebih merasa idrive user friendly banding hyundai punya... agak bingung liat kontrolnya hyundai. wkwkwkwkkw.
Last edited by ChZ on Mon May 01, 2023 5:41, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Santafe baru nya berapa ya?AbdulHakim wrote: ↑Mon May 01, 2023 3:14Ambil CRV Prestige 2023 diskon gede, last call before next gen unleashed. Upgrade Dari CRV pre facelift, karena ada Honda sensing dan Noise Cancellation yg bikin lebih kedap.Nifty917 wrote: ↑Mon May 01, 2023 1:18 Jadi ceritanya bokap ane sebentar lagi pensiun dan rencananya CRV Turbo Prestige tahun 2018 ini mau diremajakan lalu setelah ini katanya gak akan ganti mobil lagi alias mobil yang ada dirawat serusaknya aja.
Crv ini review singkat ane:
+handling oke lumayan fun to drive
+mesin powerful + CVT yang agak lemot malah pas untuk smooth driving berasa effortless tiba2 kenceng aja
+secara kenyamanan no complain (kursi penumpang, suspensi)
- road noise
- build quality ancur, panel gap berantakan dan yang paling ganggu interior banyak bunyi2. Armrest depan, panel pintu dan kursi belakang terutama. Intinya yang bikin gak betah mobil ini adalah setiap lewat polisi tidur serba bunyi kriet2 dan sepertinya kaki2 juga udah mulai agak2. Oh iya rack steer juga baru ganti.
Sementara ini ane baru nemu 2 pilihan:
Santafe Gasoline Prime:
concernnya apakah worth nambah sekitar 200jt cuma sekedar sidegrade aja? Secara kelas hampir sama. Lalu bagaimana dengan reliabilitynya? Diatas kertas sih mesin NA + AT konven sepertinya cocok untuk jangka panjang. Lalu build quality dan NVH beda jauh sama crv ini gk ya? Aftersales sepertinya cukup menjanjikan sih. Oh iya tenaga kalah jauh gak sih dari CRV turbo?
BMW X1 2020:
Agak khawatir keawetan DCTnya dan kalo macet tersendat2 gak ya? Kira2 apa cocok untuk jangka panjang? Secara ini mobil entry level pasti kualitasnya beda dengan seri 3 atau c class keatas.
Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
Kira2 gimana para suhu antara dua mobil ini mana yang lebih worth, atau ada opsi lain yang lebih worth lagi? Memang agak berat sih kalo nyari yang lebih baik dari crv secara dia barunya 660jt , apa mending tetap dirawat aja CRV ini mungkin dibenerin satu2 penyebab bunyi2annya
Santa Fe gasoline, saya pikir kelasnya di atas CRV, akomodasi sepertinya lebih lega dan kualitas interior pun di atas CRV, namun untuk after sales saya tidak punya pengalaman punya mobil Hyundai.
Santafe vs CRV turbo bukannya masih sekelas ya, kl harga masih sepantaran?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1416
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Bukan saya penentu kelas suatu mobil omBADAK wrote: ↑Mon May 01, 2023 5:37Santafe baru nya berapa ya?AbdulHakim wrote: ↑Mon May 01, 2023 3:14Ambil CRV Prestige 2023 diskon gede, last call before next gen unleashed. Upgrade Dari CRV pre facelift, karena ada Honda sensing dan Noise Cancellation yg bikin lebih kedap.Nifty917 wrote: ↑Mon May 01, 2023 1:18 Jadi ceritanya bokap ane sebentar lagi pensiun dan rencananya CRV Turbo Prestige tahun 2018 ini mau diremajakan lalu setelah ini katanya gak akan ganti mobil lagi alias mobil yang ada dirawat serusaknya aja.
Crv ini review singkat ane:
+handling oke lumayan fun to drive
+mesin powerful + CVT yang agak lemot malah pas untuk smooth driving berasa effortless tiba2 kenceng aja
+secara kenyamanan no complain (kursi penumpang, suspensi)
- road noise
- build quality ancur, panel gap berantakan dan yang paling ganggu interior banyak bunyi2. Armrest depan, panel pintu dan kursi belakang terutama. Intinya yang bikin gak betah mobil ini adalah setiap lewat polisi tidur serba bunyi kriet2 dan sepertinya kaki2 juga udah mulai agak2. Oh iya rack steer juga baru ganti.
Sementara ini ane baru nemu 2 pilihan:
Santafe Gasoline Prime:
concernnya apakah worth nambah sekitar 200jt cuma sekedar sidegrade aja? Secara kelas hampir sama. Lalu bagaimana dengan reliabilitynya? Diatas kertas sih mesin NA + AT konven sepertinya cocok untuk jangka panjang. Lalu build quality dan NVH beda jauh sama crv ini gk ya? Aftersales sepertinya cukup menjanjikan sih. Oh iya tenaga kalah jauh gak sih dari CRV turbo?
BMW X1 2020:
Agak khawatir keawetan DCTnya dan kalo macet tersendat2 gak ya? Kira2 apa cocok untuk jangka panjang? Secara ini mobil entry level pasti kualitasnya beda dengan seri 3 atau c class keatas.
Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
Kira2 gimana para suhu antara dua mobil ini mana yang lebih worth, atau ada opsi lain yang lebih worth lagi? Memang agak berat sih kalo nyari yang lebih baik dari crv secara dia barunya 660jt , apa mending tetap dirawat aja CRV ini mungkin dibenerin satu2 penyebab bunyi2annya
Santa Fe gasoline, saya pikir kelasnya di atas CRV, akomodasi sepertinya lebih lega dan kualitas interior pun di atas CRV, namun untuk after sales saya tidak punya pengalaman punya mobil Hyundai.
Santafe vs CRV turbo bukannya masih sekelas ya, kl harga masih sepantaran?
CRV itu satu segmen dengan Hyundai Tucsson CMIIW
nah, kalo CRV Hybrid nanti saya ga tahu apakah masih di segmen yang sama, atau sudah bisa berada di segmen yang sama dengan Santa Fe.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 414
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
saya suggest:
1. Zenix hybrid, terserah V atau Q) krn monocoque, hybrid dan bagasi luas tuk siap kursi roda masuk bagasi, sama bagasi dah rata lantai kalau2 ortu perlu masuk mobil pakai tandu pas ada penyakit parah ( pengalaman pribadi dulu, pas susah dpt ambulan. Tandu masuk mobil yg bagasi rata lantai).
2. Voxy atau Serena juga bisa karena ramah tuk kaum elderly tuk masuk keluar mobil). Tapi jujur. saya ragu yg terkait sama power sliding door tuk 10 tahunan. Lebih suka Zenix krn ga PSD dan hybrid.
3. Yg alternatif hybrid yg lain ya Corolla Cross Hybrid. tapi kelemahannya, ga selega Zenix hybrid tapi lebih sigap kalau bawa sendiri.
Kenapa hybrid? Saya takut akan potensi pajak emisi kedepannya, makanya pilih hybrid Toyota yg reliable, serta perawatan juga ga aneh2.. garansi juga panjang.
Kenapa ga EV,, krn prmakaian mnrt TS jangka panjang harga EV yg sesuai dengan kebutuhan TS masih tinggi.
Kenapa ga diesel, jangka panjang, harga DEX mahal, jadi hybrid aja cukuplah.. sama2 irit kok.
1. Zenix hybrid, terserah V atau Q) krn monocoque, hybrid dan bagasi luas tuk siap kursi roda masuk bagasi, sama bagasi dah rata lantai kalau2 ortu perlu masuk mobil pakai tandu pas ada penyakit parah ( pengalaman pribadi dulu, pas susah dpt ambulan. Tandu masuk mobil yg bagasi rata lantai).
2. Voxy atau Serena juga bisa karena ramah tuk kaum elderly tuk masuk keluar mobil). Tapi jujur. saya ragu yg terkait sama power sliding door tuk 10 tahunan. Lebih suka Zenix krn ga PSD dan hybrid.
3. Yg alternatif hybrid yg lain ya Corolla Cross Hybrid. tapi kelemahannya, ga selega Zenix hybrid tapi lebih sigap kalau bawa sendiri.
Kenapa hybrid? Saya takut akan potensi pajak emisi kedepannya, makanya pilih hybrid Toyota yg reliable, serta perawatan juga ga aneh2.. garansi juga panjang.
Kenapa ga EV,, krn prmakaian mnrt TS jangka panjang harga EV yg sesuai dengan kebutuhan TS masih tinggi.
Kenapa ga diesel, jangka panjang, harga DEX mahal, jadi hybrid aja cukuplah.. sama2 irit kok.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Opsi 1 : pertahankan CRV lamanya saja
Opsi 2 : tunggu CRV baru atau Xtrail Baru
Opsi 2 : tunggu CRV baru atau Xtrail Baru
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Mobil seumur hidup mah Toyota avanza atau innova. Murah dan mudah perawatan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 603
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Kayanya pantat anda&keluarga lbh cocok dengan mobil bensin dan kons bbm sepertinya tidak pentingNifty917 wrote: ↑Mon May 01, 2023 1:18 Jadi ceritanya bokap ane sebentar lagi pensiun dan rencananya CRV Turbo Prestige tahun 2018 ini mau diremajakan lalu setelah ini katanya gak akan ganti mobil lagi alias mobil yang ada dirawat serusaknya aja.
Crv ini review singkat ane:
+handling oke lumayan fun to drive
+mesin powerful + CVT yang agak lemot malah pas untuk smooth driving berasa effortless tiba2 kenceng aja
+secara kenyamanan no complain (kursi penumpang, suspensi)
- road noise
- build quality ancur, panel gap berantakan dan yang paling ganggu interior banyak bunyi2. Armrest depan, panel pintu dan kursi belakang terutama. Intinya yang bikin gak betah mobil ini adalah setiap lewat polisi tidur serba bunyi kriet2 dan sepertinya kaki2 juga udah mulai agak2. Oh iya rack steer juga baru ganti.
Sementara ini ane baru nemu 2 pilihan:
Santafe Gasoline Prime:
concernnya apakah worth nambah sekitar 200jt cuma sekedar sidegrade aja? Secara kelas hampir sama. Lalu bagaimana dengan reliabilitynya? Diatas kertas sih mesin NA + AT konven sepertinya cocok untuk jangka panjang. Lalu build quality dan NVH beda jauh sama crv ini gk ya? Aftersales sepertinya cukup menjanjikan sih. Oh iya tenaga kalah jauh gak sih dari CRV turbo?
BMW X1 2020:
Agak khawatir keawetan DCTnya dan kalo macet tersendat2 gak ya? Kira2 apa cocok untuk jangka panjang? Secara ini mobil entry level pasti kualitasnya beda dengan seri 3 atau c class keatas.
Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
Kira2 gimana para suhu antara dua mobil ini mana yang lebih worth, atau ada opsi lain yang lebih worth lagi? Memang agak berat sih kalo nyari yang lebih baik dari crv secara dia barunya 660jt , apa mending tetap dirawat aja CRV ini mungkin dibenerin satu2 penyebab bunyi2annya
Ya bmw x5 2015
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2551
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Budget 600jt buat nebus SUV proper banyak pilihannya kok
Dari golongan lexus RX270; RX350; masi kembalian banyak
Kalo RX200t masih tinggi ya panteng di 700 jt-an wkwk
Atau bmw X3 (F25) oke juga; sukur2 bs dpt X5 (F15)
Merc GLC bisa jg, cuman ane kg paham perawatannya gmn
Tapi kalo buat rawat seumur hidup ya paling kg jauh2 dari golongan toyota; honda; lexus gitu2
Dari golongan lexus RX270; RX350; masi kembalian banyak
Kalo RX200t masih tinggi ya panteng di 700 jt-an wkwk
Atau bmw X3 (F25) oke juga; sukur2 bs dpt X5 (F15)
Merc GLC bisa jg, cuman ane kg paham perawatannya gmn
Tapi kalo buat rawat seumur hidup ya paling kg jauh2 dari golongan toyota; honda; lexus gitu2
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Kalo mobil buat seumur hidup ya ga jauh” dari toyota daihatsu honda deh…
ANKI bensin atau diesel udah paling bener ini, atau keep aja crv turbo nya. Crv turbo menurut saya bukanlah mobil yang rewel, so far saya ga ada masalah serius sejak 2017 beli.
Barusan saya peremajaan kaki” berupa shock, link stabil depan belakang kanan kiri beserta lower arm depan habis kurleb 12 jtan mobil dah berasa kayak baru lagi. Maklum, jalanan sumsel makin hari makin jelek dan umur mobil dah 5 tahun lebih mau ga mau peremajaan kaki”.
Btw oot dikit, dex sama dexlite turun banyak loh per hari ini, bahkan dex lebih murah ketimbang pertabo.
ANKI bensin atau diesel udah paling bener ini, atau keep aja crv turbo nya. Crv turbo menurut saya bukanlah mobil yang rewel, so far saya ga ada masalah serius sejak 2017 beli.
Barusan saya peremajaan kaki” berupa shock, link stabil depan belakang kanan kiri beserta lower arm depan habis kurleb 12 jtan mobil dah berasa kayak baru lagi. Maklum, jalanan sumsel makin hari makin jelek dan umur mobil dah 5 tahun lebih mau ga mau peremajaan kaki”.
Btw oot dikit, dex sama dexlite turun banyak loh per hari ini, bahkan dex lebih murah ketimbang pertabo.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Jadi tergantung om nyarinya badak awet seumur hidup atau masih nyari fun to drive. Kl nyari awet sih mendingan mobil gasoline natural aspirated. Turbo masih ada faktor lifetime turbonya sampai jebol. Hybrid dan EV ada faktor lifetime batterainya. Sy asumsi bokap om sudah 60 - 70 tahun jadi seharusnya udah gak nyari yg aneh2. Yg penting awet dan minim masalah fokus ke mesin NA gasoline atau diesel aja mnrt saya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Vote untuk Hyundai Santafe Bensin.
Opsi lain kalau engga alergi yang bekas dan agak berumur bisa pertimbangkan Toyota Harrier bekas atau saudaranya, Lexus NX/RX
Opsi lain kalau engga alergi yang bekas dan agak berumur bisa pertimbangkan Toyota Harrier bekas atau saudaranya, Lexus NX/RX
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Asumsi CRV dijual laku 400 juta, berarti mesti nambah 200-250 juta utk ganti mobil yg kira2 kelasnya mirip sama CRV...
Kalo memang 'insist' ganti mobil, dari antara 2 kandidat itu lebih condong ke Santa Fe sih. Kabin luas, built quality termasuk top notch at least menurut standar saya dan mesin gasoline NA akan memberikan peace of mind karena sejauh ini gak pernah denger mesin NA bensin nya Hyundai ada trouble yg aneh2..
Meskipun konon pelayanan ATPMnya lebih kacrut drpd ATPM H tegak yg lagi dipake skrg
Opsi kedua : simpan / invest 250 juta itu, pake CRV turbonya terus... Sembari dirapih2 in dan dimodif (pasang peredam, audio, dsb) Soalnya dari cerita si om, selama pake CRV termasuk puas, tp bikin gregetan kalo udah cerita tentang rattle atau noisenya yang buruk...
Kalo memang 'insist' ganti mobil, dari antara 2 kandidat itu lebih condong ke Santa Fe sih. Kabin luas, built quality termasuk top notch at least menurut standar saya dan mesin gasoline NA akan memberikan peace of mind karena sejauh ini gak pernah denger mesin NA bensin nya Hyundai ada trouble yg aneh2..
Meskipun konon pelayanan ATPMnya lebih kacrut drpd ATPM H tegak yg lagi dipake skrg
Opsi kedua : simpan / invest 250 juta itu, pake CRV turbonya terus... Sembari dirapih2 in dan dimodif (pasang peredam, audio, dsb) Soalnya dari cerita si om, selama pake CRV termasuk puas, tp bikin gregetan kalo udah cerita tentang rattle atau noisenya yang buruk...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3438
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
600 jt-an gw berasumsi bisa sampe 699jt
Dpt lexus NX atau nambah dikit lg dpt RX200t/300 yg tahun2 2016-17an. Modelnya masih ganteng untuk brp tahun kedepan, sparepart toyota mahalan dikit.
Dpt lexus NX atau nambah dikit lg dpt RX200t/300 yg tahun2 2016-17an. Modelnya masih ganteng untuk brp tahun kedepan, sparepart toyota mahalan dikit.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
- Location: Jakarta
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Mobil seumur hidup ambil BMW udah siap rawatnya yah om? takutnya ntar tiba2 tahun ke 5+ udah rewel ongkosnya malah lebih2 yah, apalagi kasihan kalo dah pensiun mesti mikirin perawatan yang macem2..kalo emank punya duit lebih sie gpp x yah..tp jangan X1 x yah, ga worthed harganya dashboard dan kenyamanan ga dapet di harga segitu, terlalu overpriced..Nifty917 wrote: ↑Mon May 01, 2023 1:18 Jadi ceritanya bokap ane sebentar lagi pensiun dan rencananya CRV Turbo Prestige tahun 2018 ini mau diremajakan lalu setelah ini katanya gak akan ganti mobil lagi alias mobil yang ada dirawat serusaknya aja.
Crv ini review singkat ane:
+handling oke lumayan fun to drive
+mesin powerful + CVT yang agak lemot malah pas untuk smooth driving berasa effortless tiba2 kenceng aja
+secara kenyamanan no complain (kursi penumpang, suspensi)
- road noise
- build quality ancur, panel gap berantakan dan yang paling ganggu interior banyak bunyi2. Armrest depan, panel pintu dan kursi belakang terutama. Intinya yang bikin gak betah mobil ini adalah setiap lewat polisi tidur serba bunyi kriet2 dan sepertinya kaki2 juga udah mulai agak2. Oh iya rack steer juga baru ganti.
Sementara ini ane baru nemu 2 pilihan:
Santafe Gasoline Prime:
concernnya apakah worth nambah sekitar 200jt cuma sekedar sidegrade aja? Secara kelas hampir sama. Lalu bagaimana dengan reliabilitynya? Diatas kertas sih mesin NA + AT konven sepertinya cocok untuk jangka panjang. Lalu build quality dan NVH beda jauh sama crv ini gk ya? Aftersales sepertinya cukup menjanjikan sih. Oh iya tenaga kalah jauh gak sih dari CRV turbo?
BMW X1 2020:
Agak khawatir keawetan DCTnya dan kalo macet tersendat2 gak ya? Kira2 apa cocok untuk jangka panjang? Secara ini mobil entry level pasti kualitasnya beda dengan seri 3 atau c class keatas.
Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
Kira2 gimana para suhu antara dua mobil ini mana yang lebih worth, atau ada opsi lain yang lebih worth lagi? Memang agak berat sih kalo nyari yang lebih baik dari crv secara dia barunya 660jt , apa mending tetap dirawat aja CRV ini mungkin dibenerin satu2 penyebab bunyi2annya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 507
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
Sebagai user Santa Fe Gasoline , menurut saya mobil ini ok. Ga pernah rewel, after sales service sih standard ya, memang montirnya ga begitu expert tapi klaim garansi nya cepet sih.
Keluhan saya hanya audio standarnya kurang sip untuk mobil 500 jutaan (saya beli thn 2019 harga 515 ).
Tenaga OK, transmini 6 AT konvensional bandel, interior mewah. Suspensi nyaman, kabin luas.
Keluhan saya hanya audio standarnya kurang sip untuk mobil 500 jutaan (saya beli thn 2019 harga 515 ).
Tenaga OK, transmini 6 AT konvensional bandel, interior mewah. Suspensi nyaman, kabin luas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup
om, dalkot dan lukot, konsumsinya so far di angka berapa om?hosea wrote: ↑Tue May 02, 2023 4:38 Sebagai user Santa Fe Gasoline , menurut saya mobil ini ok. Ga pernah rewel, after sales service sih standard ya, memang montirnya ga begitu expert tapi klaim garansi nya cepet sih.
Keluhan saya hanya audio standarnya kurang sip untuk mobil 500 jutaan (saya beli thn 2019 harga 515 ).
Tenaga OK, transmini 6 AT konvensional bandel, interior mewah. Suspensi nyaman, kabin luas.
kalau perbandingan dengan innova reborn bensin, cost of ownershipnya jauh ngga selisihnya om? asumsi sama2 isi pertamax...hehe