Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

ini bukan trit review atau mau bahas masalah.

cuma sekedar berbagi keresahan tentang sebuah mobil yang (katanya) best of both worlds - electric dan petrol. dan tentu saja pertanyaan besar tentang keyakinan negara bule dan china untuk phase out ICE (yang menurut saya tidak realistis).

singkat cerita, kemarin ce ane baru aja dibawain Nissan Kicks buat mobil dinasnya di semarang (ce ane asli BSD), ortunya bilang ke ane habis servis di BSD, mobilnya jadi aneh. gensetnya tidak mau mati sepanjang jalan dari BSD-SRG, terus battery tidak mau full, tarikan lemot + boros.

iya, biasa bisa di atas 20 km/l ini tinggal 17 km/l.......... sambil mbatin duh borosnya mobil genset tuh segini ya gw pake civic aja udah eco driving cuma dpt 12 kml wkwkwkwkwk.

prasangka awal mungkin dealer nya ada kesalahan waktu servis. baiklah.

ya sudah, janjian sama ce ane kita bareng ke diler batumakam di kota ane sabtu kemarin. cuma krn antrian menumpuk (diler batumakam di sini tinggal 1 jadi ya gt deh. jauh pula) akhirnya disarankan untuk nginep. sepanjang jalan ane yang nyetir. emang dibandingin waktu terakhir TD unit diler, ni mobil kok loyo amat yak. kyknya sama xpander bokap jg kencengan xpander bokap. pdhl ini kan mobil lestrek dengan instant torque yang dibangga banggakan fanboynya :upss:
IMG20220924090548.jpg
Ngineplah tuh mobil 2 malam dan sampe senin dikabarin : "semua sistemnya baik-baik saja kok bu". ce ane nanya ane, ane pun makin bingung. wkwkwkwkw mampuslah gw mo diagnosa apa. SA nya bilang emang gak bisa mendekati 100% kecuali di charge mode.

logika ane sih kalo emang biasa gini kenapa pemilik mobil baru ngeluh sekarang kan aneh..... ud pake dari 2021 loh. ce ane aja heran katanya "masa gw selama ini halu."

dibalikin, gw suruh ya udah bawa puter puter dulu aja. eh di MID nya malah makin boros cuma 13.8 km/l wkwkwkwkw kok kayak civic gw kalo lancar. terus indikator batrenya udah tinggal 1/4 kurang. sangat aneh masa mobilnya gak nge-charge udah tinggal segitu?
IMG-20220927-WA0011.jpg
akhirnya di jadwalkan mobil mau dipick-up nissan lagi hari ini.

kemarin lalu iseng tanya om ween member sini yang juga pake kicks, ngga pernah ada masalah serupa, padahal odometer mobilnya sama (20 ribuan). ybs dugaan sama kyk ane batrenya udah jelek.

benang merahnya : mesin charging terus --- boros --- batre drop --- power direduksi. it all makes sense. lalu ane sesuai saran om ween, lebih baik coba minta warranty claim aja.

jujurly tentu saja ane yang sudah skeptis dengan EV, jadi makin skeptis setelah kejadian ini. :big_bored:

ane tidak suka feeling powerless ketika ada masalah harus pol polan pasrah ke dealer, perasaan gak berdaya kalo mobilnya kenapa-napa. memang sih faktor kebiasaan tapi justru karena faktor kebiasaan itu, bayangin seperti orang sudah 100 tahun lebih terbiasa dengan sesuatu lalu disuruh cepat berubah dengan sesuatu yang sama sekali baru. orang tua kita yang biasa pake uang kertas disuruh cashless aja bilang ribet, padahal umurnya baru gocap.

"tapi kan karbu vs injeksi dulu juga gitu"

tunggu dulu, coba liat mesin praktek anak STM sekarang (well, ane S1 otomotif jg mobil prakteknya sama sih). masih pake mesin 5K kisup! ketika mereka lulus cuma butuh waktu dikit buat adaptasi dan belajar baca scanner serta ngerti dikit2 modul elektronik. bahkan mekanik kenalan saya jg banyak yang tua dan paham sekali soal per-injeksian. karbu ke EFI itu gampang, transitioningnya tidak ribet. struktur rancang bangun mesinnya masih sama. tinggal ada hal-hal yang digantikan peran modul dan sensor. EV kan tidak ada sama-samanya.

"ya kan tinggal nunggu waktu aja, namanya jg barang baru"

dengan trust issue saya ke beberapa bengkel resmi yang kadang masih gagap troubleshooting ICE, saya tidak terlalu yakin indonesia siap kalau modalnya cuma latah (walau kalo mau fair sebenernya negara bule juga banyak yg punya masalah powergrid). belum sebenarnya masalah EV bukan cuma power grid tapi juga mencakup kebiasaan masyarakat secara keseluruhan termasuk bengkel dan the infamous fire risk.



mungkin ya EV akan jadi business model yang menguntungkan untuk dealer yang suka langsung ganti segelondong krn sedikit parts yang replaceable.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

ini yang selalu saya omong cuma tuhan yang tahu batre itu tewasnya kapan ud koma aja kita bisa kagak tau, bagus kalo ada warranty kalo gak da apa gak bolong tuh kantong ngirit belom seberapa ud kena cost gede :mky_03:

saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya :big_bored:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 681
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by timbermaniac123 »

Beli hybrid / ev belum tentu lebih pengiritan di kantong.... Daripada kicks 400 juta, mending beli brio satya 180 juta, sisanya buat makan gyuk.... :big_slap:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by MSU »

mudah2an dari nissan indo dengar keluh kesahnya om...& ada pencerahan kasus ini
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »


Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.


Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C

coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Sep 28, 2022 4:20 ini yang selalu saya omong cuma tuhan yang tahu batre itu tewasnya kapan ud koma aja kita bisa kagak tau, bagus kalo ada warranty kalo gak da apa gak bolong tuh kantong ngirit belom seberapa ud kena cost gede :mky_03:

saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya :big_bored:
makanya, pengalaman pegang mobil injeksi modern jg aki gak ngerti baru bulan lalu dicek sehat bulan ini bisa mogok. gak ada tanda-tanda starter berat atau gimana :mky_05:
timbermaniac123 wrote: Wed Sep 28, 2022 4:31 Beli hybrid / ev belum tentu lebih pengiritan di kantong.... Daripada kicks 400 juta, mending beli brio satya 180 juta, sisanya buat makan gyuk.... :big_slap:
ahh not to mention naikan mobil ini sbenernya kayak hatchback 200 jutaan....
MSU wrote: Wed Sep 28, 2022 4:41 mudah2an dari nissan indo dengar keluh kesahnya om...& ada pencerahan kasus ini
masih nunggu update berikutnya apa om... wkwkwkwk kalo gak beres ane udah bilang ce ane minta claim aja lah.
Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.


Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C

coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
kalau alesannya cuaca, harusnya dari awal udah gini. ini kan baru baru aja. setaun terakhir pake jg gpp.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.


Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C

coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
tinggal nunggu mbleduk aja suprisingly hybrid ini gak pernah ada berita tapi fire ratenya tinggi loh :big_bored:

makannya gak kaget kalo di masa depan EV nyusul kalo liat nasib hybrid yang sekarang ud 20thnan beredar di jalan :big_bored:
Last edited by b0ku on Wed Sep 28, 2022 4:50, edited 1 time in total.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Sep 28, 2022 4:47
b0ku wrote: Wed Sep 28, 2022 4:20 ini yang selalu saya omong cuma tuhan yang tahu batre itu tewasnya kapan ud koma aja kita bisa kagak tau, bagus kalo ada warranty kalo gak da apa gak bolong tuh kantong ngirit belom seberapa ud kena cost gede :mky_03:

saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya :big_bored:
makanya, pengalaman pegang mobil injeksi modern jg aki gak ngerti baru bulan lalu dicek sehat bulan ini bisa mogok. gak ada tanda-tanda starter berat atau gimana :mky_05:
timbermaniac123 wrote: Wed Sep 28, 2022 4:31 Beli hybrid / ev belum tentu lebih pengiritan di kantong.... Daripada kicks 400 juta, mending beli brio satya 180 juta, sisanya buat makan gyuk.... :big_slap:
ahh not to mention naikan mobil ini sbenernya kayak hatchback 200 jutaan....
MSU wrote: Wed Sep 28, 2022 4:41 mudah2an dari nissan indo dengar keluh kesahnya om...& ada pencerahan kasus ini
masih nunggu update berikutnya apa om... wkwkwkwk kalo gak beres ane udah bilang ce ane minta claim aja lah.
Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.


Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C

coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
kalau alesannya cuaca, harusnya dari awal udah gini. ini kan baru baru aja. setaun terakhir pake jg gpp.
ya drop dan penurunan performa batre-nya gak langsung di thn pertama mbahh

tp bertahap, dan skrg keluar gejala nya (di thn ke-2)

wkwkwkwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Wed Sep 28, 2022 4:49
Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.


Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C

coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
tinggal nunggu mbleduk aja suprisingly hybrid ini gak pernah ada berita tapi fire ratenya tinggi loh :big_bored:
klo gak bledug, bunting :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:50
b0ku wrote: Wed Sep 28, 2022 4:49
Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.


Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C

coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
tinggal nunggu mbleduk aja suprisingly hybrid ini gak pernah ada berita tapi fire ratenya tinggi loh :big_bored:
klo gak bledug, bunting :upss:
:wkkk: kalo bunting alamat kagak bisa keluar ntar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Sep 28, 2022 4:49
tinggal nunggu mbleduk aja suprisingly hybrid ini gak pernah ada berita tapi fire ratenya tinggi loh :big_bored:

makannya gak kaget kalo di masa depan EV nyusul kalo liat nasib hybrid yang sekarang ud 20thnan beredar di jalan :big_bored:
ada pepatah

if it's too good to be true, ya it is too good to be true :mky_03:

ternyata benar adanya.

bau-bau dieselgate :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

Udah ah
Dosa ngebully

Time will tell,
Apakah proyek EV batal spt kompor listrik?
Atau hanya sekedar heboh di awal trus gak dipakai lg, spt case HD-DVD?
Atau akan ada teknologi batre yg tahan sm kerasnya lingkungan? :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by kendibocor »

Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid :mky_03:

Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.

Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel :big_biglaugh:

Makanya kemarin sempet mikir2 corolla cross tp blm yakin mau ambil hybrid dlu. Mungkin 1-2x ganti mbl lg baru berani nyobain hybrid/BEV.
Last edited by kendibocor on Wed Sep 28, 2022 5:01, edited 1 time in total.
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:56 Udah ah
Dosa ngebully

Time will tell,
Apakah proyek EV batal spt kompor listrik?
Atau hanya sekedar heboh di awal trus gak dipakai lg, spt case HD-DVD?
Atau akan ada teknologi batre yg tahan sm kerasnya lingkungan? :ngacir:
gak dosa lah kan mereka ud dosa duluan dengan maksa orang produksi dan beli.......dan bikin propaganda kita mah cuma bales aja kek bule2x diluar juga banyak yang ngebully :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Wed Sep 28, 2022 5:00 Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid :mky_03:

Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.

Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel :big_biglaugh:
ada tertarik om bikin leasing batre kita buka stand kecil depan bengkel, cicilan 3th dp ringan bunga ringan......... kalo gak kuat bayar kita sita mobilnya :big_grin:

ntar jargonya

"batre anda rusak mendadak???? kami solusinya........."

:wkkk:
Last edited by b0ku on Wed Sep 28, 2022 5:04, edited 1 time in total.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 681
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by timbermaniac123 »

Kasian nasib nissan kicks. Apalagi sebentar lagi kalau innova hybrid keluar di harga 400an. Udah kalah brand, kalah besar dan kalah ada extra row di innova.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Sep 28, 2022 4:55
ada pepatah

if it's too good to be true, ya it is too good to be true :mky_03:

ternyata benar adanya.

bau-bau dieselgate :mky_03:
ini mah cuma bom waktu aja tunggu meledak aja us aja masih berontak dengan pada beli V8 :wkkk:

di india banyak motor listrik kebakaran bukti kalo std safetynya ngawur EV itu bahaya sekali :big_bored:

kalo mau liat std kita di masa depan liat aja di india ud banyak pool sama dealer abis sama EV ini dibakar........
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Wed Sep 28, 2022 5:02
kendibocor wrote: Wed Sep 28, 2022 5:00 Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid :mky_03:

Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.

Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel :big_biglaugh:
ada tertarik om bikin leasing batre kita buka stand kecil depan bengkel, cicilan 3th dp ringan bunga ringan......... kalo gak kuat bayar kita sita mobilnya :big_grin:

ntar jargonya

"batre anda rusak mendadak???? kami solusinya........."

:wkkk:
Masa depan mobil makin mahal, susah beli mbl baru. Bersyukur skrng ngeluarin duit banyak tiap 5-10thn tp dpt mbl baru. Di masa depan mungkin keluar duit banyak cuma bwat nyicil batere doang. Blm tentu mampu tiap 5-10 thn ganti mobil. Blm lg kalo BEV umur 10tahunan mau dijual kalo batere uda soak bakalan ga ada RVnya. Skrng kalo mo kredit dpnya bisa dari penjualan mbl sebelumnya. Di masa depan ngumpulin lg dari 0 bwat dpnya :big_biglaugh:
Mungkin 10-20thn lg bca ngeluarin program baru kredit penggantian baterai :ngacir:
Last edited by kendibocor on Wed Sep 28, 2022 5:13, edited 1 time in total.
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.


Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C

coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
Bukan Kicks ya, Ioniq 5, ini bacaan OBD batere :
Screenshot_20220823-135830.jpg
Outdoor 38C, indoor 34C, AC nyala bangsa 10an menit (batere di kolong, jd diluar kabin) nah bacaan baterenya min 30C max 32C, tembakan aspal versi Tekiro :
20220928_120003.jpg
Aspalnya dapet 45C......
Nah posisi batere si Kicks ini ada dimana ?... kalo didalam kabin dibawah dibawah jok ya memang butuh di-AC-in biar adem, kalo dikolong kan ketutupan body.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Wed Sep 28, 2022 5:13
Suryaputra wrote: Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.


Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C

coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
Bukan Kicks ya, Ioniq 5, ini bacaan OBD batere :
Screenshot_20220823-135830.jpg
Outdoor 38C, indoor 34C, AC nyala bangsa 10an menit (batere di kolong, jd diluar kabin) nah bacaan baterenya min 30C max 32C, tembakan aspal versi Tekiro :
20220928_120003.jpg
Aspalnya dapet 45C......
Nah posisi batere si Kicks ini ada dimana ?... kalo didalam kabin dibawah dibawah jok ya memang butuh di-AC-in biar adem, kalo dikolong kan ketutupan body.....
Nah itu dia mbah.

Masalahnya cara kerja hybrid ini kan always keep charged all the time dari power output mesin bensin, jd panasnya otomatis akan timbul dr sini.
Jd walaupun di kolong ketutup body, panasnya jg muncul dr pengisian batrenya.

Perlu diukur ketika lg jalan, batrenya di suhu brp.

Klo pure EV agak lain... dicharge ketika di dalam rumah/ malam/ lg ngadem dan gak dipakai.

Maka dr itu, saya pikir Mobil Hybrid ini ya malah lbh boros dibanding mobil ber BBM... krn polusinya dobel; polusi batre di masa depan iya, gas buangan knalpot iya.

Maintenis jg jauh lbh mahal krn ada 2 penggerak: Mesin Bensin dan Motor Listrik.

Jd klo saya sih sekalian aja, klo punya dana lebih, sy pikir beli mobil yg modular spt pure EV, atau ICE

Itupun dgn consider hrs punya mobil utama yg bisa diandalkan sehari hari dgn teknologi fosil ICE :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
anindyo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Oct 05, 2020 7:53
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Splash

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by anindyo »

Nunut komen...sy kok masih sangat ragu dengan mobil listrik.
Mikir bodon saja, laptop yg teknologinya lebih simpel & dipakai di tempat dengan lingkungan terkontrol, batre paling tahan 3 tahunan.. apalagi di mobil. Aki kering juga paling 2 tahunan..
Belum soal infrastruktur, atau dampak lingkungan yg sebenernya masih debatabale..

Btw, beneran kicks ya...kicks its user :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

anindyo wrote: Wed Sep 28, 2022 5:49 Nunut komen...sy kok masih sangat ragu dengan mobil listrik.
Mikir bodon saja, laptop yg teknologinya lebih simpel & dipakai di tempat dengan lingkungan terkontrol, batre paling tahan 3 tahunan.. apalagi di mobil. Aki kering juga paling 2 tahunan..
Belum soal infrastruktur, atau dampak lingkungan yg sebenernya masih debatabale..

Btw, beneran kicks ya...kicks its user :big_think:


:big_bored:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 681
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by timbermaniac123 »

ngomong2 soal hybrid. Almaz hybrid hari ini udah colong start duluan. 2000cc hybrid. launching october, lebih cepet dr innova
corollae11
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by corollae11 »

simpelnya sih coba aja liat baterai hape tahan paling lama berapa tahun? di pemakaian 2-3 tahun aja dropnya sudah lumayan parah nah ini baterai malah mau dipakai di kendaraan yg notabene bergerak kena panas kena getaran dari mulusnya jalan indo goodluck deh buat masa depan EV wkwk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Wed Sep 28, 2022 5:10
Masa depan mobil makin mahal, susah beli mbl baru. Bersyukur skrng ngeluarin duit banyak tiap 5-10thn tp dpt mbl baru. Di masa depan mungkin keluar duit banyak cuma bwat nyicil batere doang. Blm tentu mampu tiap 5-10 thn ganti mobil. Blm lg kalo BEV umur 10tahunan mau dijual kalo batere uda soak bakalan ga ada RVnya. Skrng kalo mo kredit dpnya bisa dari penjualan mbl sebelumnya. Di masa depan ngumpulin lg dari 0 bwat dpnya :big_biglaugh:
Mungkin 10-20thn lg bca ngeluarin program baru kredit penggantian baterai :ngacir:
masa depan mungkin ada orang sakit pala mikirin cicilan rumah sama cicilan batre :big_biglaugh:
timbermaniac123 wrote: Wed Sep 28, 2022 6:34 ngomong2 soal hybrid. Almaz hybrid hari ini udah colong start duluan. 2000cc hybrid. launching october, lebih cepet dr innova
bukannya mobil di tuning yang bener malah nyelesain masalah pake masalah tuh guling, mana saya liat jargonya almaz anda boros ini solusinya :big_bored:

kemaren baru liat penjualan innova ternyata belakangan di dominasi sama diesel sekarang mau jualan hybrid keknya zenix calon2x flop sih :big_bored: