Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ini bukan trit review atau mau bahas masalah.
cuma sekedar berbagi keresahan tentang sebuah mobil yang (katanya) best of both worlds - electric dan petrol. dan tentu saja pertanyaan besar tentang keyakinan negara bule dan china untuk phase out ICE (yang menurut saya tidak realistis).
singkat cerita, kemarin ce ane baru aja dibawain Nissan Kicks buat mobil dinasnya di semarang (ce ane asli BSD), ortunya bilang ke ane habis servis di BSD, mobilnya jadi aneh. gensetnya tidak mau mati sepanjang jalan dari BSD-SRG, terus battery tidak mau full, tarikan lemot + boros.
iya, biasa bisa di atas 20 km/l ini tinggal 17 km/l.......... sambil mbatin duh borosnya mobil genset tuh segini ya gw pake civic aja udah eco driving cuma dpt 12 kml wkwkwkwkwk.
prasangka awal mungkin dealer nya ada kesalahan waktu servis. baiklah.
ya sudah, janjian sama ce ane kita bareng ke diler batumakam di kota ane sabtu kemarin. cuma krn antrian menumpuk (diler batumakam di sini tinggal 1 jadi ya gt deh. jauh pula) akhirnya disarankan untuk nginep. sepanjang jalan ane yang nyetir. emang dibandingin waktu terakhir TD unit diler, ni mobil kok loyo amat yak. kyknya sama xpander bokap jg kencengan xpander bokap. pdhl ini kan mobil lestrek dengan instant torque yang dibangga banggakan fanboynya
Ngineplah tuh mobil 2 malam dan sampe senin dikabarin : "semua sistemnya baik-baik saja kok bu". ce ane nanya ane, ane pun makin bingung. wkwkwkwkw mampuslah gw mo diagnosa apa. SA nya bilang emang gak bisa mendekati 100% kecuali di charge mode.
logika ane sih kalo emang biasa gini kenapa pemilik mobil baru ngeluh sekarang kan aneh..... ud pake dari 2021 loh. ce ane aja heran katanya "masa gw selama ini halu."
dibalikin, gw suruh ya udah bawa puter puter dulu aja. eh di MID nya malah makin boros cuma 13.8 km/l wkwkwkwkw kok kayak civic gw kalo lancar. terus indikator batrenya udah tinggal 1/4 kurang. sangat aneh masa mobilnya gak nge-charge udah tinggal segitu?
akhirnya di jadwalkan mobil mau dipick-up nissan lagi hari ini.
kemarin lalu iseng tanya om ween member sini yang juga pake kicks, ngga pernah ada masalah serupa, padahal odometer mobilnya sama (20 ribuan). ybs dugaan sama kyk ane batrenya udah jelek.
benang merahnya : mesin charging terus --- boros --- batre drop --- power direduksi. it all makes sense. lalu ane sesuai saran om ween, lebih baik coba minta warranty claim aja.
jujurly tentu saja ane yang sudah skeptis dengan EV, jadi makin skeptis setelah kejadian ini.
ane tidak suka feeling powerless ketika ada masalah harus pol polan pasrah ke dealer, perasaan gak berdaya kalo mobilnya kenapa-napa. memang sih faktor kebiasaan tapi justru karena faktor kebiasaan itu, bayangin seperti orang sudah 100 tahun lebih terbiasa dengan sesuatu lalu disuruh cepat berubah dengan sesuatu yang sama sekali baru. orang tua kita yang biasa pake uang kertas disuruh cashless aja bilang ribet, padahal umurnya baru gocap.
"tapi kan karbu vs injeksi dulu juga gitu"
tunggu dulu, coba liat mesin praktek anak STM sekarang (well, ane S1 otomotif jg mobil prakteknya sama sih). masih pake mesin 5K kisup! ketika mereka lulus cuma butuh waktu dikit buat adaptasi dan belajar baca scanner serta ngerti dikit2 modul elektronik. bahkan mekanik kenalan saya jg banyak yang tua dan paham sekali soal per-injeksian. karbu ke EFI itu gampang, transitioningnya tidak ribet. struktur rancang bangun mesinnya masih sama. tinggal ada hal-hal yang digantikan peran modul dan sensor. EV kan tidak ada sama-samanya.
"ya kan tinggal nunggu waktu aja, namanya jg barang baru"
dengan trust issue saya ke beberapa bengkel resmi yang kadang masih gagap troubleshooting ICE, saya tidak terlalu yakin indonesia siap kalau modalnya cuma latah (walau kalo mau fair sebenernya negara bule juga banyak yg punya masalah powergrid). belum sebenarnya masalah EV bukan cuma power grid tapi juga mencakup kebiasaan masyarakat secara keseluruhan termasuk bengkel dan the infamous fire risk.
mungkin ya EV akan jadi business model yang menguntungkan untuk dealer yang suka langsung ganti segelondong krn sedikit parts yang replaceable.
cuma sekedar berbagi keresahan tentang sebuah mobil yang (katanya) best of both worlds - electric dan petrol. dan tentu saja pertanyaan besar tentang keyakinan negara bule dan china untuk phase out ICE (yang menurut saya tidak realistis).
singkat cerita, kemarin ce ane baru aja dibawain Nissan Kicks buat mobil dinasnya di semarang (ce ane asli BSD), ortunya bilang ke ane habis servis di BSD, mobilnya jadi aneh. gensetnya tidak mau mati sepanjang jalan dari BSD-SRG, terus battery tidak mau full, tarikan lemot + boros.
iya, biasa bisa di atas 20 km/l ini tinggal 17 km/l.......... sambil mbatin duh borosnya mobil genset tuh segini ya gw pake civic aja udah eco driving cuma dpt 12 kml wkwkwkwkwk.
prasangka awal mungkin dealer nya ada kesalahan waktu servis. baiklah.
ya sudah, janjian sama ce ane kita bareng ke diler batumakam di kota ane sabtu kemarin. cuma krn antrian menumpuk (diler batumakam di sini tinggal 1 jadi ya gt deh. jauh pula) akhirnya disarankan untuk nginep. sepanjang jalan ane yang nyetir. emang dibandingin waktu terakhir TD unit diler, ni mobil kok loyo amat yak. kyknya sama xpander bokap jg kencengan xpander bokap. pdhl ini kan mobil lestrek dengan instant torque yang dibangga banggakan fanboynya
Ngineplah tuh mobil 2 malam dan sampe senin dikabarin : "semua sistemnya baik-baik saja kok bu". ce ane nanya ane, ane pun makin bingung. wkwkwkwkw mampuslah gw mo diagnosa apa. SA nya bilang emang gak bisa mendekati 100% kecuali di charge mode.
logika ane sih kalo emang biasa gini kenapa pemilik mobil baru ngeluh sekarang kan aneh..... ud pake dari 2021 loh. ce ane aja heran katanya "masa gw selama ini halu."
dibalikin, gw suruh ya udah bawa puter puter dulu aja. eh di MID nya malah makin boros cuma 13.8 km/l wkwkwkwkw kok kayak civic gw kalo lancar. terus indikator batrenya udah tinggal 1/4 kurang. sangat aneh masa mobilnya gak nge-charge udah tinggal segitu?
akhirnya di jadwalkan mobil mau dipick-up nissan lagi hari ini.
kemarin lalu iseng tanya om ween member sini yang juga pake kicks, ngga pernah ada masalah serupa, padahal odometer mobilnya sama (20 ribuan). ybs dugaan sama kyk ane batrenya udah jelek.
benang merahnya : mesin charging terus --- boros --- batre drop --- power direduksi. it all makes sense. lalu ane sesuai saran om ween, lebih baik coba minta warranty claim aja.
jujurly tentu saja ane yang sudah skeptis dengan EV, jadi makin skeptis setelah kejadian ini.
ane tidak suka feeling powerless ketika ada masalah harus pol polan pasrah ke dealer, perasaan gak berdaya kalo mobilnya kenapa-napa. memang sih faktor kebiasaan tapi justru karena faktor kebiasaan itu, bayangin seperti orang sudah 100 tahun lebih terbiasa dengan sesuatu lalu disuruh cepat berubah dengan sesuatu yang sama sekali baru. orang tua kita yang biasa pake uang kertas disuruh cashless aja bilang ribet, padahal umurnya baru gocap.
"tapi kan karbu vs injeksi dulu juga gitu"
tunggu dulu, coba liat mesin praktek anak STM sekarang (well, ane S1 otomotif jg mobil prakteknya sama sih). masih pake mesin 5K kisup! ketika mereka lulus cuma butuh waktu dikit buat adaptasi dan belajar baca scanner serta ngerti dikit2 modul elektronik. bahkan mekanik kenalan saya jg banyak yang tua dan paham sekali soal per-injeksian. karbu ke EFI itu gampang, transitioningnya tidak ribet. struktur rancang bangun mesinnya masih sama. tinggal ada hal-hal yang digantikan peran modul dan sensor. EV kan tidak ada sama-samanya.
"ya kan tinggal nunggu waktu aja, namanya jg barang baru"
dengan trust issue saya ke beberapa bengkel resmi yang kadang masih gagap troubleshooting ICE, saya tidak terlalu yakin indonesia siap kalau modalnya cuma latah (walau kalo mau fair sebenernya negara bule juga banyak yg punya masalah powergrid). belum sebenarnya masalah EV bukan cuma power grid tapi juga mencakup kebiasaan masyarakat secara keseluruhan termasuk bengkel dan the infamous fire risk.
mungkin ya EV akan jadi business model yang menguntungkan untuk dealer yang suka langsung ganti segelondong krn sedikit parts yang replaceable.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ini yang selalu saya omong cuma tuhan yang tahu batre itu tewasnya kapan ud koma aja kita bisa kagak tau, bagus kalo ada warranty kalo gak da apa gak bolong tuh kantong ngirit belom seberapa ud kena cost gede
saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya
saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Beli hybrid / ev belum tentu lebih pengiritan di kantong.... Daripada kicks 400 juta, mending beli brio satya 180 juta, sisanya buat makan gyuk....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1693
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
mudah2an dari nissan indo dengar keluh kesahnya om...& ada pencerahan kasus ini
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.
Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C
coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
makanya, pengalaman pegang mobil injeksi modern jg aki gak ngerti baru bulan lalu dicek sehat bulan ini bisa mogok. gak ada tanda-tanda starter berat atau gimanab0ku wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:20 ini yang selalu saya omong cuma tuhan yang tahu batre itu tewasnya kapan ud koma aja kita bisa kagak tau, bagus kalo ada warranty kalo gak da apa gak bolong tuh kantong ngirit belom seberapa ud kena cost gede
saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya
ahh not to mention naikan mobil ini sbenernya kayak hatchback 200 jutaan....timbermaniac123 wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:31 Beli hybrid / ev belum tentu lebih pengiritan di kantong.... Daripada kicks 400 juta, mending beli brio satya 180 juta, sisanya buat makan gyuk....
masih nunggu update berikutnya apa om... wkwkwkwk kalo gak beres ane udah bilang ce ane minta claim aja lah.
kalau alesannya cuaca, harusnya dari awal udah gini. ini kan baru baru aja. setaun terakhir pake jg gpp.Suryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.
Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C
coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
tinggal nunggu mbleduk aja suprisingly hybrid ini gak pernah ada berita tapi fire ratenya tinggi lohSuryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.
Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C
coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
makannya gak kaget kalo di masa depan EV nyusul kalo liat nasib hybrid yang sekarang ud 20thnan beredar di jalan
Last edited by b0ku on Wed Sep 28, 2022 4:50, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ya drop dan penurunan performa batre-nya gak langsung di thn pertama mbahhChZ wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:47makanya, pengalaman pegang mobil injeksi modern jg aki gak ngerti baru bulan lalu dicek sehat bulan ini bisa mogok. gak ada tanda-tanda starter berat atau gimanab0ku wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:20 ini yang selalu saya omong cuma tuhan yang tahu batre itu tewasnya kapan ud koma aja kita bisa kagak tau, bagus kalo ada warranty kalo gak da apa gak bolong tuh kantong ngirit belom seberapa ud kena cost gede
saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya
ahh not to mention naikan mobil ini sbenernya kayak hatchback 200 jutaan....timbermaniac123 wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:31 Beli hybrid / ev belum tentu lebih pengiritan di kantong.... Daripada kicks 400 juta, mending beli brio satya 180 juta, sisanya buat makan gyuk....
masih nunggu update berikutnya apa om... wkwkwkwk kalo gak beres ane udah bilang ce ane minta claim aja lah.
kalau alesannya cuaca, harusnya dari awal udah gini. ini kan baru baru aja. setaun terakhir pake jg gpp.Suryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.
Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C
coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
tp bertahap, dan skrg keluar gejala nya (di thn ke-2)
wkwkwkwkwk
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
klo gak bledug, buntingb0ku wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:49tinggal nunggu mbleduk aja suprisingly hybrid ini gak pernah ada berita tapi fire ratenya tinggi lohSuryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.
Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C
coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
kalo bunting alamat kagak bisa keluar ntarSuryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:50klo gak bledug, buntingb0ku wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:49tinggal nunggu mbleduk aja suprisingly hybrid ini gak pernah ada berita tapi fire ratenya tinggi lohSuryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.
Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C
coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ada pepatah
if it's too good to be true, ya it is too good to be true
ternyata benar adanya.
bau-bau dieselgate
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Udah ah
Dosa ngebully
Time will tell,
Apakah proyek EV batal spt kompor listrik?
Atau hanya sekedar heboh di awal trus gak dipakai lg, spt case HD-DVD?
Atau akan ada teknologi batre yg tahan sm kerasnya lingkungan?
Dosa ngebully
Time will tell,
Apakah proyek EV batal spt kompor listrik?
Atau hanya sekedar heboh di awal trus gak dipakai lg, spt case HD-DVD?
Atau akan ada teknologi batre yg tahan sm kerasnya lingkungan?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid
Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.
Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel
Makanya kemarin sempet mikir2 corolla cross tp blm yakin mau ambil hybrid dlu. Mungkin 1-2x ganti mbl lg baru berani nyobain hybrid/BEV.
Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.
Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel
Makanya kemarin sempet mikir2 corolla cross tp blm yakin mau ambil hybrid dlu. Mungkin 1-2x ganti mbl lg baru berani nyobain hybrid/BEV.
Last edited by kendibocor on Wed Sep 28, 2022 5:01, edited 1 time in total.
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
gak dosa lah kan mereka ud dosa duluan dengan maksa orang produksi dan beli.......dan bikin propaganda kita mah cuma bales aja kek bule2x diluar juga banyak yang ngebullySuryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:56 Udah ah
Dosa ngebully
Time will tell,
Apakah proyek EV batal spt kompor listrik?
Atau hanya sekedar heboh di awal trus gak dipakai lg, spt case HD-DVD?
Atau akan ada teknologi batre yg tahan sm kerasnya lingkungan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ada tertarik om bikin leasing batre kita buka stand kecil depan bengkel, cicilan 3th dp ringan bunga ringan......... kalo gak kuat bayar kita sita mobilnyakendibocor wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 5:00 Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid
Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.
Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel
ntar jargonya
"batre anda rusak mendadak???? kami solusinya........."
Last edited by b0ku on Wed Sep 28, 2022 5:04, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Kasian nasib nissan kicks. Apalagi sebentar lagi kalau innova hybrid keluar di harga 400an. Udah kalah brand, kalah besar dan kalah ada extra row di innova.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ini mah cuma bom waktu aja tunggu meledak aja us aja masih berontak dengan pada beli V8
di india banyak motor listrik kebakaran bukti kalo std safetynya ngawur EV itu bahaya sekali
kalo mau liat std kita di masa depan liat aja di india ud banyak pool sama dealer abis sama EV ini dibakar........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Masa depan mobil makin mahal, susah beli mbl baru. Bersyukur skrng ngeluarin duit banyak tiap 5-10thn tp dpt mbl baru. Di masa depan mungkin keluar duit banyak cuma bwat nyicil batere doang. Blm tentu mampu tiap 5-10 thn ganti mobil. Blm lg kalo BEV umur 10tahunan mau dijual kalo batere uda soak bakalan ga ada RVnya. Skrng kalo mo kredit dpnya bisa dari penjualan mbl sebelumnya. Di masa depan ngumpulin lg dari 0 bwat dpnyab0ku wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 5:02ada tertarik om bikin leasing batre kita buka stand kecil depan bengkel, cicilan 3th dp ringan bunga ringan......... kalo gak kuat bayar kita sita mobilnyakendibocor wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 5:00 Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid
Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.
Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel
ntar jargonya
"batre anda rusak mendadak???? kami solusinya........."
Mungkin 10-20thn lg bca ngeluarin program baru kredit penggantian baterai
Last edited by kendibocor on Wed Sep 28, 2022 5:13, edited 1 time in total.
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Bukan Kicks ya, Ioniq 5, ini bacaan OBD batere : Outdoor 38C, indoor 34C, AC nyala bangsa 10an menit (batere di kolong, jd diluar kabin) nah bacaan baterenya min 30C max 32C, tembakan aspal versi Tekiro : Aspalnya dapet 45C......Suryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.
Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C
coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
Nah posisi batere si Kicks ini ada dimana ?... kalo didalam kabin dibawah dibawah jok ya memang butuh di-AC-in biar adem, kalo dikolong kan ketutupan body.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Nah itu dia mbah.Bibieight wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 5:13Bukan Kicks ya, Ioniq 5, ini bacaan OBD batere :Suryaputra wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 4:42
Drop lbh cepet dan speed charging batrenya makin lambat, dikarenakan indonesia ini panas.
Why? ambience temp nya bisa lbh dari 40C itu di bagian kolong klo lg siang terik.
dan suhu max ambience temp batre li-ion, nimh, dan keluarganya itu max di 35C
coba aja mbah mbah charge HP dgn kondisi casing tebel, tapi pk fast charging, dan gak pk AC... lgs melambat itu charging batre nya.
karena kondisi batre panas ketika lg charging, ditambah ketutup casing tebel, dan indonesia panas (gak pk AC)
Screenshot_20220823-135830.jpg
Outdoor 38C, indoor 34C, AC nyala bangsa 10an menit (batere di kolong, jd diluar kabin) nah bacaan baterenya min 30C max 32C, tembakan aspal versi Tekiro :
20220928_120003.jpg
Aspalnya dapet 45C......
Nah posisi batere si Kicks ini ada dimana ?... kalo didalam kabin dibawah dibawah jok ya memang butuh di-AC-in biar adem, kalo dikolong kan ketutupan body.....
Masalahnya cara kerja hybrid ini kan always keep charged all the time dari power output mesin bensin, jd panasnya otomatis akan timbul dr sini.
Jd walaupun di kolong ketutup body, panasnya jg muncul dr pengisian batrenya.
Perlu diukur ketika lg jalan, batrenya di suhu brp.
Klo pure EV agak lain... dicharge ketika di dalam rumah/ malam/ lg ngadem dan gak dipakai.
Maka dr itu, saya pikir Mobil Hybrid ini ya malah lbh boros dibanding mobil ber BBM... krn polusinya dobel; polusi batre di masa depan iya, gas buangan knalpot iya.
Maintenis jg jauh lbh mahal krn ada 2 penggerak: Mesin Bensin dan Motor Listrik.
Jd klo saya sih sekalian aja, klo punya dana lebih, sy pikir beli mobil yg modular spt pure EV, atau ICE
Itupun dgn consider hrs punya mobil utama yg bisa diandalkan sehari hari dgn teknologi fosil ICE
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Mon Oct 05, 2020 7:53
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Splash
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
Nunut komen...sy kok masih sangat ragu dengan mobil listrik.
Mikir bodon saja, laptop yg teknologinya lebih simpel & dipakai di tempat dengan lingkungan terkontrol, batre paling tahan 3 tahunan.. apalagi di mobil. Aki kering juga paling 2 tahunan..
Belum soal infrastruktur, atau dampak lingkungan yg sebenernya masih debatabale..
Btw, beneran kicks ya...kicks its user
Mikir bodon saja, laptop yg teknologinya lebih simpel & dipakai di tempat dengan lingkungan terkontrol, batre paling tahan 3 tahunan.. apalagi di mobil. Aki kering juga paling 2 tahunan..
Belum soal infrastruktur, atau dampak lingkungan yg sebenernya masih debatabale..
Btw, beneran kicks ya...kicks its user
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
anindyo wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 5:49 Nunut komen...sy kok masih sangat ragu dengan mobil listrik.
Mikir bodon saja, laptop yg teknologinya lebih simpel & dipakai di tempat dengan lingkungan terkontrol, batre paling tahan 3 tahunan.. apalagi di mobil. Aki kering juga paling 2 tahunan..
Belum soal infrastruktur, atau dampak lingkungan yg sebenernya masih debatabale..
Btw, beneran kicks ya...kicks its user
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
ngomong2 soal hybrid. Almaz hybrid hari ini udah colong start duluan. 2000cc hybrid. launching october, lebih cepet dr innova
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
simpelnya sih coba aja liat baterai hape tahan paling lama berapa tahun? di pemakaian 2-3 tahun aja dropnya sudah lumayan parah nah ini baterai malah mau dipakai di kendaraan yg notabene bergerak kena panas kena getaran dari mulusnya jalan indo goodluck deh buat masa depan EV wkwk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4971
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?
masa depan mungkin ada orang sakit pala mikirin cicilan rumah sama cicilan batrekendibocor wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 5:10
Masa depan mobil makin mahal, susah beli mbl baru. Bersyukur skrng ngeluarin duit banyak tiap 5-10thn tp dpt mbl baru. Di masa depan mungkin keluar duit banyak cuma bwat nyicil batere doang. Blm tentu mampu tiap 5-10 thn ganti mobil. Blm lg kalo BEV umur 10tahunan mau dijual kalo batere uda soak bakalan ga ada RVnya. Skrng kalo mo kredit dpnya bisa dari penjualan mbl sebelumnya. Di masa depan ngumpulin lg dari 0 bwat dpnya
Mungkin 10-20thn lg bca ngeluarin program baru kredit penggantian baterai
bukannya mobil di tuning yang bener malah nyelesain masalah pake masalah tuh guling, mana saya liat jargonya almaz anda boros ini solusinyatimbermaniac123 wrote: ↑Wed Sep 28, 2022 6:34 ngomong2 soal hybrid. Almaz hybrid hari ini udah colong start duluan. 2000cc hybrid. launching october, lebih cepet dr innova
kemaren baru liat penjualan innova ternyata belakangan di dominasi sama diesel sekarang mau jualan hybrid keknya zenix calon2x flop sih