Di balik arogansi fortuner dan pajero

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by Omnibus »

doge wrote: Fri Aug 05, 2022 17:01
Omnibus wrote: Fri Aug 05, 2022 14:23
kendibocor wrote: Fri Aug 05, 2022 14:07
Kalo saya sih lari 100-120an masi ga berasa om asal lurusan ya :mky_03: kalo belok si uda kayak mau tebalik. Malah kalo tikungan ga pernah lewat 60 kayaknya
.........
om mobilnya msh ada? penasaran, coba liat posisi mounting bracket shock absorber belakang bagian atas spt foto ini. posisi yg ada coakan spt sy tunjuk itu ngadep ke dalam (ke arah ban serep) atau keluar (ke arah body luar) terpasang di mobilnya?

ga perlu didongkrak, ga perlu lepas ban, cukup ngolong aja dr belakang pake senter ke atas.

sy kok feeling dr pabrik itu kebalik masangnya dan berbeda dgn service manual. itu kl kebalik geometri shock berubah. dan sy punya stlh dibalik ikutin service manual jd beda jauh stabilitasnya.


IMG_20210831_150016~3.jpg
wah menarik ini

ktemu kebaliknya ini yg di produksi th brp?

eh bntr, ini bwt reborn apa fortie?
benda nya sama. tp di rebon mbah profith waktu itu ybs ngecek bener posisinya. ngadep luar.

sy punya fortie 2020
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4759
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by Pboyz97 »

Omiyup wrote: Fri Aug 05, 2022 9:00

Setuju om, btw apa rasanya bawa gajah 170kmh++?

Seandainya doa doa baik se manjur sumpah serapah orang tersakiti :big_bored:
kebetulan dulu pernah punya fortuner VRZ . kalo dibawah diatas 170 KPJ rasanya kek udh mau melayang mobilnya dengan kondisi full std, agak ngeri sm rem bawaannya yg agak kurang pakem standarnya menurut saya. saya sendiri bawa di tol juga maksimal 140 kpj pas miara VRZ dulu, diatas itu udh mulai lari kanan kiri mobilnya entah knp dan kalo duduk di row 2 berasa gak nyaman dan limbung, masih lebih nyaman innova menurut saya kalo mau dibandingin sm sesama ladder frame
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by smgandi »

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... ontra-flow

Video Toyota Fortuner nopol H 805 BS full arogan.

Serobot sana-sini, sampai jalur contra flow diembat seenak jidat.

Video ini diunggah akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, (7/8/22).

Dalam caption tertulis, video diambil di ruas tol Cikampek KM 57 arah Jakarta, (5/8/22).

Nampaknya si perekam spontan ambil video ketika melihat Fortuner tersebut serobot sana-sini.

Terlihat, awalnya Fortuner nempel di mobil lain sambil melaju perlahan.

Lalu ketika jalur contra flow sepi, Fortuner mulai beraksi arogan.

Masuk jalur contra flow hingga menyalip beberapa mobil yang searah dengan Fortuner.

Bahkan sopir tampak sengaja memepet mobil lawan yang melaju di jalur contra flow.

Spontan aksi ini membuat geram banyak pihak, termasuk netizen di kolom komentar.

samsul_bf: Kalo buru-buru mah berangkatnya dari kemarin subuh

audryerianto: Mobil arogan

dapaaditynsh: si paling jagoan klo ditol emng gitu

arieffardiyan: Ngawuuurrrrrr....gak tau aturan contraflow kalek ya

arief.nurrahman93: kerekam trus viral, pelakunya bisa diproses polisi pake e tilang gak ya?

firmankristiawan: Orang sulit di atur terlihat dari cara mengemudi

masbartoo: BOS BS. Nanti ketemu polantas juga kicep.

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by kendibocor »

Nonton sinetron kasus FS yg lagi ramai tersirat jg kenapa duo gadjah+inivi sering arogan. Tuh di tv asal ada beritanya lg dilaporin pasti ada salah satu dari 3 mobil ini dan warna hitam :big_biglaugh:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4347
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ginting »

Bibieight wrote: Fri Aug 05, 2022 14:02 Lha koq 150, saya bawa duo gajah ini di tol JORR arah Priuk aja max 100, tikungan mentok 80 dah deg2an... Malah buat saya mending Venturer.... Yang saya kagum itu ya, dah ndak kurang2 duo gajah ancur di Transjawabahn koq ya ndak ada yang kapok lari > 120 ? :big_bored: :big_bored:
karena mereka merasa bahwa semua akan baik baik saja.
bahwa yang celaka itu mah apes aja...
jadi kalau jalan kosong ya hajar saja...
btw, enak sih ban gede GC tinggi , kondisi jalan tambalan atau lobang2 kecil gak terasa...
asal jangan nikung atau belok patah aja
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by b0ku »





ni om kalo mau tau salah satu alesan kenapa mereka bisa arrowgun disitu secara gak sengaja dijelasin :big_biglaugh: skip aja ke 9:15 :mky_03:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by AbdulHakim »

b0ku wrote: Fri Aug 19, 2022 0:20



ni om kalo mau tau salah satu alesan kenapa mereka bisa arrowgun disitu secara gak sengaja dijelasin :big_biglaugh: skip aja ke 9:15 :mky_03:
I wish reviewer lokal bisa se-fun dan se-"merdeka" ini dalam mereview :big_biglaugh: :mky_02:
Bukan review "titipan" yang lebih terkesan sebagai sales ketimbang reviewer otomotif.
Tapi sepertinya ga gampang ya, karena mobilnya juga dipinjamkan, dan jika isinya kurang berkenan bisa-bisa ke depannya sulit dapat unit buat direview :big_childish:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 19, 2022 1:01 I wish reviewer lokal bisa se-fun dan se-"merdeka" ini dalam mereview :big_biglaugh: :mky_02:
Bukan review "titipan" yang lebih terkesan sebagai sales ketimbang reviewer otomotif.
Tapi sepertinya ga gampang ya, karena mobilnya juga dipinjamkan, dan jika isinya kurang berkenan bisa-bisa ke depannya sulit dapat unit buat direview :big_childish:
kalo dia jelas om cinematography jago pasti budget gede punya ud gitu review modelan gini cukup jujur aja tapi kelebihannya di bikin cinematography dengan baik sehingga orang tau itu mobil keliatanya stupid tapi tetep dibeli karena satu point yang bikin itu mobil cool :big_biglaugh:

soalnya top gear lama saya selalu dapet kesan gitu kita nonton ini mobil gak sensible buat dibeli deh tapi boleh juga kalo bisa punya :big_biglaugh:

soalnya taste kita gak selalu sama sama si reviewer tapi ketika mereka nunjukin kelebihannya dengan cinematography yang bagus kita ud kena hipnotis buat tertarik ke tuh mobil :big_biglaugh:
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by Pilatypus »

b0ku wrote: Fri Aug 19, 2022 1:12
kalo dia jelas om cinematography jago pasti budget gede punya ud gitu review modelan gini cukup jujur aja tapi kelebihannya di bikin cinematography dengan baik sehingga orang tau itu mobil keliatanya stupid tapi tetep dibeli karena satu point yang bikin itu mobil cool :big_biglaugh:

soalnya top gear lama saya selalu dapet kesan gitu kita nonton ini mobil gak sensible buat dibeli deh tapi boleh juga kalo bisa punya :big_biglaugh:

soalnya taste kita gak selalu sama sama si reviewer tapi ketika mereka nunjukin kelebihannya dengan cinematography yang bagus kita ud kena hipnotis buat tertarik ke tuh mobil :big_biglaugh:
Bekingnya perusahaan asuransi kendaraan
Beli aja kalo suka asuransiin di kita, jangan takut ngebut biar preminya naek kalo kenapa-kenapa :mky_03:

Tapi emang bagus sih dia presentasinya, biasanya dijelasin dan didemonstrasiin kenapa begini kenapa begitu nggak cuma ngomong dari skrip doang dan bergantung sama spec list.
Last edited by Pilatypus on Fri Aug 19, 2022 3:48, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 19, 2022 1:01
I wish reviewer lokal bisa se-fun dan se-"merdeka" ini dalam mereview :big_biglaugh: :mky_02:
Bukan review "titipan" yang lebih terkesan sebagai sales ketimbang reviewer otomotif.
Tapi sepertinya ga gampang ya, karena mobilnya juga dipinjamkan, dan jika isinya kurang berkenan bisa-bisa ke depannya sulit dapat unit buat direview :big_childish:
di sini somasinya kenceng om kalo ngemengnya gak difilter :big_bored: minimal emang harus media gede yang berani bayar lawyer. tapi ya susah krn general publicnya lebih condong ke hal-hal politically correct budaya ketimuran.

gw masi inget dulu triton dipake bawa kasur buat pindahan rumah ama TG indo aja disuratin. dan "sarcastically" tuh surat dipajang di halaman pertama edisi berikutnya. lah koq mitsu tersinggung? bukannya triton emang gunanya itu :big_bored:

trus review fortuner 2KD awal jg kasar banget tapi jadi berkarakter. kalo tuh review yang baca SMers sekarang mungkin udah pada protes ngebelain kali tuh mobil pujaan sejuta umat SM dihina-hina :big_biglaugh:

atawa mungkin insurance company di sini belibet kali yah kalo claim. pdhl semua press car itu pasti sudah asuransi.

atau emang ngga biasa aja nge push every car to the limit gitu. emang mindsetnya masih mobil itu buat dielus-elus bukan buat di revving dan dikemudikan kayak orang gila.

selama event test drive selalu di closed area yang cuma bisa jalan 40 km per jam ya artinya mayoritas produsen dan ATPM pun berpikir demikian. ga heran pada mendang mending nitpicking fitur 1-1 ketimbang bener bener ngepush mobil. ini bagian paling bete kl test drive salesnya malah cuma pamer pamerin hal gak berguna macem telpon apa sunroof.

men situ jualan sebuah BMW yang slogannya sheer driving pleasure, bukan sheer computing pleasure. you should drive it like a maniac. BMW driver paling sopan ya cuma di indo. di luaran BMW driver emang terkenal gak sopan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by adriangaut »

ChZ wrote: Fri Aug 19, 2022 3:43
AbdulHakim wrote: Fri Aug 19, 2022 1:01
I wish reviewer lokal bisa se-fun dan se-"merdeka" ini dalam mereview :big_biglaugh: :mky_02:
Bukan review "titipan" yang lebih terkesan sebagai sales ketimbang reviewer otomotif.
Tapi sepertinya ga gampang ya, karena mobilnya juga dipinjamkan, dan jika isinya kurang berkenan bisa-bisa ke depannya sulit dapat unit buat direview :big_childish:
atau emang ngga biasa aja nge push every car to the limit gitu. emang mindsetnya masih mobil itu buat dielus-elus bukan buat di revving dan dikemudikan kayak orang gila.

selama event test drive selalu di closed area yang cuma bisa jalan 40 km per jam ya artinya mayoritas produsen dan ATPM pun berpikir demikian. ga heran pada mendang mending nitpicking fitur 1-1 ketimbang bener bener ngepush mobil. ini bagian paling bete kl test drive salesnya malah cuma pamer pamerin hal gak berguna macem telpon apa sunroof.
Ngga heran sih engineering mobil mainstream di sini segitu” aja dari dulu sampe sekarang wkwk, 1,500cc N/A FWD, 4speed auto atau CVT, kaki” depan macperson + belakang torsion beam, oh ya rem cakram depan doang dong tentunya belakang setia sama tromol

Pas review yang diliat bukan engineeringnya, tapi seberapa gede itu HU sama fitar fitur bodo amat kepake apa ngga wkwk, sama jaman sekarang liatnya EPB apa ngga wkwkwkkw padahal rem tangan manual itu bisa impress lawan jenis dengan handbrake turn loh 😜
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ChZ »

adriangaut wrote: Fri Aug 19, 2022 4:11 Ngga heran sih engineering mobil mainstream di sini segitu” aja dari dulu sampe sekarang wkwk, 1,500cc N/A FWD, 4speed auto atau CVT, kaki” depan macperson + belakang torsion beam, oh ya rem cakram depan doang dong tentunya belakang setia sama tromol

Pas review yang diliat bukan engineeringnya, tapi seberapa gede itu HU sama fitar fitur bodo amat kepake apa ngga wkwk, sama jaman sekarang liatnya EPB apa ngga wkwkwkkw padahal rem tangan manual itu bisa impress lawan jenis dengan handbrake turn loh 😜
maka nya, heran kan kenapa 20 tahun mobil 1500cc FWD kita tenaganya 100 hp meluluk? cuma 1 pabrikan yang berani 120hp itu aja udah terakhir 10 tahun yang lalu. pabrikan ngga pernah peduli dengan performa di atas 80 km per jam. toh ngga ada yang minta.

coba di mamarika, smua orang nyetir macem orang gila. fanatik dengan mesin V8. berdebat siapa yang ukuran p*nis nya paling besar dari horsepower mobilnya.

nah itu sampe sekarang ane masih berpegang kalo rem tangan elektris itu membunuh fungsi asli rem tangan krn mobil kehilangan manual override ketika brake fade dan semua kontrol hilang. kalo ecu tiba tiba korslet di jalan menurun dan mati, pompa master rem udah ga jalan dong. EPB ga bisa aktif juga. ga ad yang bisa dipake failsafe.

hanya bisa berharap crumple zone dan doa. itupun kalo jurang ya sudah telpon keluarga aja bilang i love you dan minta maaf.
Last edited by ChZ on Fri Aug 19, 2022 4:21, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by b0ku »

Pilatypus wrote: Fri Aug 19, 2022 3:27
Bekingnya perusahaan asuransi kendaraan
Beli aja kalo suka asuransiin di kita, jangan takut ngebut biar preminya naek kalo kenapa-kenapa :mky_03:

Tapi emang bagus sih dia presentasinya, biasanya dijelasin dan didemonstrasiin kenapa begini kenapa begitu nggak cuma ngomong dari skrip doang dan bergantung sama spec list.


ketauan pas di video ini cuma video simple tapi pas dia turun dari mobil ngejelasin resultnya bikin efek kek gitu gak murah :mky_03:
adriangaut wrote: Fri Aug 19, 2022 4:11
Ngga heran sih engineering mobil mainstream di sini segitu” aja dari dulu sampe sekarang wkwk, 1,500cc N/A FWD, 4speed auto atau CVT, kaki” depan macperson + belakang torsion beam, oh ya rem cakram depan doang dong tentunya belakang setia sama tromol

Pas review yang diliat bukan engineeringnya, tapi seberapa gede itu HU sama fitar fitur bodo amat kepake apa ngga wkwk, sama jaman sekarang liatnya EPB apa ngga wkwkwkkw padahal rem tangan manual itu bisa impress lawan jenis dengan handbrake turn loh 😜
makannya belakangan tiap liat mobil baru jarang ada yang menarik all about gimmick :big_bored:

yang belakang cakram aja sekarang jadi tromol ya lebih pakem si di banding yang lama cuma tetep aja mau upgrade jadi susah :big_bored:

dulu sih kalo tiap test drive pasti saya nyari curve buat dihajar kenceng ada sekali dulu test swift yang model 2nd gen puas banget jalanan mulus banyak tikungan mobil manual pula dan handlingnya mantep pas dihajar kenceng di tikungan tapi pas saya turun salesnya ngurut dada mulu :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on Fri Aug 19, 2022 4:31, edited 1 time in total.
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by forzanetti »

ChZ wrote: Fri Aug 19, 2022 4:21 nah itu sampe sekarang ane masih berpegang kalo rem tangan elektris itu membunuh fungsi asli rem tangan krn mobil kehilangan manual override ketika brake fade dan semua kontrol hilang. kalo ecu tiba tiba korslet di jalan menurun dan mati, pompa master rem udah ga jalan dong. EPB ga bisa aktif juga. ga ad yang bisa dipake failsafe.

hanya bisa berharap crumple zone dan doa. itupun kalo jurang ya sudah telpon keluarga aja bilang i love you dan minta maaf.
saya dari dulu ga sreg sama EPB karena hal ini juga.

sedangkan di sini malah jadi fitur "kebanggaan". sorry to say di sini memang lebih laku menjual fitur2 yang tampak kaya EPB sama sunroof karena itu bisa buat pamer.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by b0ku »

forzanetti wrote: Fri Aug 19, 2022 4:28
saya dari dulu ga sreg sama EPB karena hal ini juga.

sedangkan di sini malah jadi fitur "kebanggaan". sorry to say di sini memang lebih laku menjual fitur2 yang tampak kaya EPB sama sunroof karena itu bisa buat pamer.
ya gitu deh om tesla wannabe itu yang beli tesla banyak di pake buat content gak abis2x :big_biglaugh:

makannya saya bilang itu mobil norak banget :big_biglaugh:
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1401
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by smgandi »

https://oto.detik.com/mobil/d-6286975/t ... aya-gayaan

Jakarta - Mobil jenis Sport Utility Vehicles (SUV) punya kesan gagah, tangguh, dan macho. Tapi model mobil ini mendapat penolakan terhadap kelompok bernama Tyre Extinguisher, bahkan mereka bikin aksi gembos ban.
Tyre Extinguisher menyatakan bahwa kelompoknya bekerja tanpa komando, gerakan tanpa pemimpin. Mereka yang melakukan aksi gembos ban atas dasar inisiasi karena ingin lingkungan yang lebih bersih.

Menurut Tyre Extinghisher aksi gembos ban terus berlanjut, saat ini baru di wilayah Eropa. Setelah 600 mobil SUV digembosi pada 9 September lalu di 9 negara Eropa, kini mereka melaporkan sudah bikin kempis 15 SUV di London, dan Edinburgh, Inggris.

"Tidak peduli apa yang terjadi di dunia - terkait monarki atau lainnya, Tyre Extinguishers tidak berhenti. Darurat iklim tidak berhenti, jadi kita juga tidak," tulis Tyre Extinguishers.

"SUV terus mengisi paru-paru kita dengan racun, merusak iklim dan membunuh pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya. Tidak ada waktu untuk disia-siakan," tambahnya.

Kenapa SUV jadi musuh Tyre Extinghuishers? mobil ini mendapat pertentangan karena permintaan modelnya di pasaran terus meningkat. Menurut mereka, SUV lebih berpolusi karena bobotnya juga lebih berat dari mobil kebanyakan.

"Karena SUV lebih besar dan lebih berat daripada mobil lain, mereka lebih berpolusi dan menggunakan lebih banyak bahan bakar. Ini membuat mereka menjadi bencana bagi iklim kita," tulis Tyre Extinguishers.

Tyre Extinguishers mengutip penelitian dari International Energy Agency 2019 yang menyatakan, SUV penyebab terbesar kedua kenaikan emisi karbon secara global. SUV mengalahkan emisi dari industri berat, bahkan truk.

Pada laporan yang sama, mobil ini jadi primadona. Penjualan SUV melesat ke tonggak sejarah baru pada 2019, mobil itu mengambil 40% dari semua penjualan mobil di seluruh dunia untuk pertama kalinya.

Mereka juga menilai SUV sangat buruk untuk kota dan lingkungan. Terutama karena perawakan SUV yang lebih bongsor dinilai lebih berbahaya untuk pejalan kaki dan pengendara lain.

Tyre Extinguishers menilai SUV juga tidak disesuaikan dengan fungsinya sebagai kendaraan ground clearance lebih tinggi yang lebih dibutuhkan pada kontur jalan tak rata. Kebanyakan orang membeli SUV hanya untuk terlihat keren atau gagah, padahal mobil tersebut dinilai memakan ruang jalanan lebih banyak.

"Tiga perempat dari kendaraan 'off-road' ini dijual kepada orang-orang yang tinggal di kota-kota besar dan kecil. Mereka ada murni untuk kesombongan pemiliknya, yang melihat mereka sebagai simbol status."

"Demi kesombongan dan konsumsi yang mencolok ini, perubahan iklim menjadi lebih buruk, kita menghirup udara yang tercemar, dan lebih banyak orang meninggal dalam kecelakaan. Ini tidak bisa diterima," tulis Tyre Extinguishers.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by b0ku »

smgandi wrote: Tue Sep 13, 2022 1:05 https://oto.detik.com/mobil/d-6286975/t ... aya-gayaan

Jakarta - Mobil jenis Sport Utility Vehicles (SUV) punya kesan gagah, tangguh, dan macho. Tapi model mobil ini mendapat penolakan terhadap kelompok bernama Tyre Extinguisher, bahkan mereka bikin aksi gembos ban.
Tyre Extinguisher menyatakan bahwa kelompoknya bekerja tanpa komando, gerakan tanpa pemimpin. Mereka yang melakukan aksi gembos ban atas dasar inisiasi karena ingin lingkungan yang lebih bersih.

Menurut Tyre Extinghisher aksi gembos ban terus berlanjut, saat ini baru di wilayah Eropa. Setelah 600 mobil SUV digembosi pada 9 September lalu di 9 negara Eropa, kini mereka melaporkan sudah bikin kempis 15 SUV di London, dan Edinburgh, Inggris.

"Tidak peduli apa yang terjadi di dunia - terkait monarki atau lainnya, Tyre Extinguishers tidak berhenti. Darurat iklim tidak berhenti, jadi kita juga tidak," tulis Tyre Extinguishers.

"SUV terus mengisi paru-paru kita dengan racun, merusak iklim dan membunuh pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya. Tidak ada waktu untuk disia-siakan," tambahnya.

Kenapa SUV jadi musuh Tyre Extinghuishers? mobil ini mendapat pertentangan karena permintaan modelnya di pasaran terus meningkat. Menurut mereka, SUV lebih berpolusi karena bobotnya juga lebih berat dari mobil kebanyakan.

"Karena SUV lebih besar dan lebih berat daripada mobil lain, mereka lebih berpolusi dan menggunakan lebih banyak bahan bakar. Ini membuat mereka menjadi bencana bagi iklim kita," tulis Tyre Extinguishers.

Tyre Extinguishers mengutip penelitian dari International Energy Agency 2019 yang menyatakan, SUV penyebab terbesar kedua kenaikan emisi karbon secara global. SUV mengalahkan emisi dari industri berat, bahkan truk.

Pada laporan yang sama, mobil ini jadi primadona. Penjualan SUV melesat ke tonggak sejarah baru pada 2019, mobil itu mengambil 40% dari semua penjualan mobil di seluruh dunia untuk pertama kalinya.

Mereka juga menilai SUV sangat buruk untuk kota dan lingkungan. Terutama karena perawakan SUV yang lebih bongsor dinilai lebih berbahaya untuk pejalan kaki dan pengendara lain.

Tyre Extinguishers menilai SUV juga tidak disesuaikan dengan fungsinya sebagai kendaraan ground clearance lebih tinggi yang lebih dibutuhkan pada kontur jalan tak rata. Kebanyakan orang membeli SUV hanya untuk terlihat keren atau gagah, padahal mobil tersebut dinilai memakan ruang jalanan lebih banyak.

"Tiga perempat dari kendaraan 'off-road' ini dijual kepada orang-orang yang tinggal di kota-kota besar dan kecil. Mereka ada murni untuk kesombongan pemiliknya, yang melihat mereka sebagai simbol status."

"Demi kesombongan dan konsumsi yang mencolok ini, perubahan iklim menjadi lebih buruk, kita menghirup udara yang tercemar, dan lebih banyak orang meninggal dalam kecelakaan. Ini tidak bisa diterima," tulis Tyre Extinguishers.

dasar kaum monyet giliran rumahnya kebanjiran juga yang nolong 4X4 RODA GEDE :big_bored:

kayak saya kalo semua jalanan mulus dan gak parno sama banjir juga mendingan saya miara honda jazz sebiji juga dah cukup kagak butuh tuh yang namanya pajero kalo sayang sama jazznya mendingan beli juga beli voxy enak duduk bisa 7 orang :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ChZ »

forzanetti wrote: Fri Aug 19, 2022 4:28
saya dari dulu ga sreg sama EPB karena hal ini juga.

sedangkan di sini malah jadi fitur "kebanggaan". sorry to say di sini memang lebih laku menjual fitur2 yang tampak kaya EPB sama sunroof karena itu bisa buat pamer.
ngomong2 soal gini, kemarin saya dengerin podcast carmudgeon show bahas BMW.



ironi nya sejak generasi F30 BMW tidak lagi presentasi tentang kehebatan engineeringnya (engine, suspension, dll). tapi lebih ke fitur dan kecanggihan. ada hubungannya dengan gimana orang jerman sekarang udah gak terlalu peduli dengan driving. autobahn mulai ketat speed limitnya di beberapa lokasi, jalannya makin rame.

ini BMW gimana pabrikan lain. :big_bored: pantes pada masa bodo ama mobil 500 juta cuma dikasih suspensi torsion beam cuma dijejelin fitur seabreg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4971
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by b0ku »

ChZ wrote: Tue Sep 13, 2022 3:19
ngomong2 soal gini, kemarin saya dengerin podcast carmudgeon show bahas BMW.



ironi nya sejak generasi F30 BMW tidak lagi presentasi tentang kehebatan engineeringnya (engine, suspension, dll). tapi lebih ke fitur dan kecanggihan. ada hubungannya dengan gimana orang jerman sekarang udah gak terlalu peduli dengan driving. autobahn mulai ketat speed limitnya di beberapa lokasi, jalannya makin rame.

ini BMW gimana pabrikan lain. :big_bored: pantes pada masa bodo ama mobil 500 juta cuma dikasih suspensi torsion beam cuma dijejelin fitur seabreg.
makannya kenapa E36 bertahan lama sekali ud 30th umurnya tetep aja di jalan kek common car jaman sekarang, you got pure BMW enginering tanpa drama ribet2x kek di e90 sama e46 :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ChZ »

b0ku wrote: Tue Sep 13, 2022 4:26 makannya kenapa E36 bertahan lama sekali ud 30th umurnya tetep aja di jalan kek common car jaman sekarang, you got pure BMW enginering tanpa drama ribet2x kek di e90 sama e46 :big_bored:
E46 masih ok lah, versi 6cyl pake M54 salah satu enjin terbaik buatan beemwe. Rawatan ga susah jg mungkin japs car skrg 11-12. Orang blajar2 dikit DIY e46 banyak.

Mulai pake idrive tuh yang gitu. E90 ke atas. Mau DIY jg serem sensornya banyak amet.

F30, emang kalo bukan fans BMW / eropa, inget tuh mobil pake mesin apa? :big_biglaugh: jaman e36/e46, orang ga usah fans bmw bisa sebut ini bmw varian mesin apa. Minim ngerti mobil aja oh itu e36 m43, e46 n42, etc.

Skrg cuma fans bmw yang tau f30 LCI ganti mesin krn N20 timing chainnya kacrut.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by daimler »

ChZ wrote: Tue Sep 13, 2022 3:19
forzanetti wrote: Fri Aug 19, 2022 4:28
saya dari dulu ga sreg sama EPB karena hal ini juga.

sedangkan di sini malah jadi fitur "kebanggaan". sorry to say di sini memang lebih laku menjual fitur2 yang tampak kaya EPB sama sunroof karena itu bisa buat pamer.
ngomong2 soal gini, kemarin saya dengerin podcast carmudgeon show bahas BMW.



ironi nya sejak generasi F30 BMW tidak lagi presentasi tentang kehebatan engineeringnya (engine, suspension, dll). tapi lebih ke fitur dan kecanggihan. ada hubungannya dengan gimana orang jerman sekarang udah gak terlalu peduli dengan driving. autobahn mulai ketat speed limitnya di beberapa lokasi, jalannya makin rame.

ini BMW gimana pabrikan lain. :big_bored: pantes pada masa bodo ama mobil 500 juta cuma dikasih suspensi torsion beam cuma dijejelin fitur seabreg.
EPB, Sunroof fitur yg oke buat dipamerin bikin orang ngeliatnya wow. Padahal buat daily use ya enakan handbrake konven, sunroof jg di negara tropis buat apa, org2 pd nyari mobil AC adem, kecuali di negara subtropis atas kaya kanada, UK, rusia baru cocok punya sunroof.

Yah itulah kesini2 pabrikan lebih ngejual fitur teknologi gimmick dibanding driving pleasure ama reliability dan calon pembeli pun tertarik (entah beneran, apa karena ga ada pilihan lain hampir semua pabrikan mengarah ke sana) :big_dunno:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
edwinmochi154
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Mar 04, 2018 13:38

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by edwinmochi154 »

kendibocor wrote: Fri Aug 05, 2022 13:58
Omiyup wrote: Fri Aug 05, 2022 9:00
Kolorij wrote: Mon Jul 11, 2022 16:55 Sodara gw(ga enak bilang mertua) arogan di jalanan, ga pernah mau ngalah,dikit2 kluarin beceng mau ngajak ribut... Ujungnya?? Kanker, harta abis,2 taun lewat.. sumpah serapah org2 yg tersakiti itu serem gaes... Masih byk bukti2 lain... Gw pake 2gd kl jalanan kosong yg hajar 170++, tp kl rame ya santai2 aja,skill nyetir biasa2 jg ga jago kiri kanan sat set sat set..
Setuju om, btw apa rasanya bawa gajah 170kmh++?

Seandainya doa doa baik se manjur sumpah serapah orang tersakiti :big_bored:
Ane pernah bawa 150an lewat transjawabahn serba standar kaki2, rasanya ban depan uda ga napak om, setir agak belok2 ga ada feedback sama sekali. Jd bisa dibayangin sengeri apa itu gajah kalo ngebut :big_slap:
Yg bawa standaran berani gas pol diatas 150 hebat si nyalinya :big_exellent:
Wkwk kebetulan habis tuker dari accord cp2 ke MU-X. Sekarang lari di tol paling berani 100-120 aja. Takut tau2 ketemu tikungan terbang :big_childish:

Tp emang bawa gajah MUX gini paling kerasa motor sm kalau papasan orang pada ngalah. Padahal kalo dari panjang mah panjangan CP2 dulu.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ctopher7 »

edwinmochi154 wrote:
kendibocor wrote: Fri Aug 05, 2022 13:58
Omiyup wrote: Fri Aug 05, 2022 9:00 Setuju om, btw apa rasanya bawa gajah 170kmh++?

Seandainya doa doa baik se manjur sumpah serapah orang tersakiti :big_bored:
Ane pernah bawa 150an lewat transjawabahn serba standar kaki2, rasanya ban depan uda ga napak om, setir agak belok2 ga ada feedback sama sekali. Jd bisa dibayangin sengeri apa itu gajah kalo ngebut :big_slap:
Yg bawa standaran berani gas pol diatas 150 hebat si nyalinya :big_exellent:
Wkwk kebetulan habis tuker dari accord cp2 ke MU-X. Sekarang lari di tol paling berani 100-120 aja. Takut tau2 ketemu tikungan terbang :big_childish:

Tp emang bawa gajah MUX gini paling kerasa motor sm kalau papasan orang pada ngalah. Padahal kalo dari panjang mah panjangan CP2 dulu.
dari pengalaman: bawa anps dan anf standar ting ting di 170 masih aman feelnya, asal jalan mulus (di tol bandara ini sering nyoba dulu)

terakir perna di speedo 191 pake anf masih aman juga rasanya, tapi uda ganti shock sm per. di transjawabahn
pecinta bio solar
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4347
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ginting »

edwinmochi154 wrote: Wed Sep 14, 2022 10:23
kendibocor wrote: Fri Aug 05, 2022 13:58
Omiyup wrote: Fri Aug 05, 2022 9:00

Setuju om, btw apa rasanya bawa gajah 170kmh++?

Seandainya doa doa baik se manjur sumpah serapah orang tersakiti :big_bored:
Ane pernah bawa 150an lewat transjawabahn serba standar kaki2, rasanya ban depan uda ga napak om, setir agak belok2 ga ada feedback sama sekali. Jd bisa dibayangin sengeri apa itu gajah kalo ngebut :big_slap:
Yg bawa standaran berani gas pol diatas 150 hebat si nyalinya :big_exellent:
Wkwk kebetulan habis tuker dari accord cp2 ke MU-X. Sekarang lari di tol paling berani 100-120 aja. Takut tau2 ketemu tikungan terbang :big_childish:

Tp emang bawa gajah MUX gini paling kerasa motor sm kalau papasan orang pada ngalah. Padahal kalo dari panjang mah panjangan CP2 dulu.
coba sampai 160 kmpj oom...masih enak kok krn stirnya berat...
sy sebelumnya punya mux jadi sdh tahu feelnya...
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by kendibocor »

ctopher7 wrote: Wed Sep 14, 2022 14:48
edwinmochi154 wrote:
kendibocor wrote: Fri Aug 05, 2022 13:58

Ane pernah bawa 150an lewat transjawabahn serba standar kaki2, rasanya ban depan uda ga napak om, setir agak belok2 ga ada feedback sama sekali. Jd bisa dibayangin sengeri apa itu gajah kalo ngebut :big_slap:
Yg bawa standaran berani gas pol diatas 150 hebat si nyalinya :big_exellent:
Wkwk kebetulan habis tuker dari accord cp2 ke MU-X. Sekarang lari di tol paling berani 100-120 aja. Takut tau2 ketemu tikungan terbang :big_childish:

Tp emang bawa gajah MUX gini paling kerasa motor sm kalau papasan orang pada ngalah. Padahal kalo dari panjang mah panjangan CP2 dulu.
dari pengalaman: bawa anps dan anf standar ting ting di 170 masih aman feelnya, asal jalan mulus (di tol bandara ini sering nyoba dulu)

terakir perna di speedo 191 pake anf masih aman juga rasanya, tapi uda ganti shock sm per. di transjawabahn
Tergantung kebiasaan jg kayaknya. Biasa bawa ladderframe lari 130-140 ya bawa >150 masih biasa aja. Kalo biasa bawa sedan or monokok trus bawa ladderframe 150 ya kayak mau terbang tuh mbl. Feelnya pasti beda yg biasa bawa sama yg baru2 bawa.
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI