Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 445
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Booming EV sekarang kan bikin orang melek bahwa nyawa EV itu ada di baterenya jadi hal ihwal batere ini mempengaruhi harga bekasnya, jangan sampai zonk beli EV yang baterenya sudah soak.
Nah barusan iseng colok OBD ke Ioniq 5, dan asumsi EV yang lain juga punya parameter yang sama. Ternyata informasinya banyak banget yg bisa dipakai buat valuasi mobil.
Kasus 1 : Sesuai manuai Hyundai ndak boleh sering2 dipakai dibawah 20% dan ndak boleh sering2 dicas di 100%, Nah dengan kapasitas 73 kwh kl kita ngerti rata2 cas > 45 kwh berarti orangnya sering pakai sampai abis atau cas sampai mentok. Terus juga ndak bole sering2 dihajar DC charging lama2. Disini bisa diliat, cas AC rata2 14 kWh, terus fast charging baru 2x @ 13 kWh... berati sampai sejauh ini orangnya rapih.
Kasus 2 : Efisiensi batere, ratio cumulative energy discharge/cumulative energy charge, tambah gede tambah efisien. Disini keliatan rasio CEC vs CED : 569.1/576.5=98.7% (sayang nggak ngukur dari km 0). Selain itu kayaknya ini bisa dipakai juga buat ngukur itu batere dah berapa cycle (576.5/73), baru 8 cycle, kalo umur batere 1200an cycle berarti baru 0.67%.
Kasus 3 : Voltase dari masing2 cell, idealnya kalo ada 180 cell semua2nya harus sama voltasenya, beda satu aja BMS akan de-rated ke cell paling rendah kalo ndak mau mbledug. Nah bisa dilihat (yg ini view per 10 bank, tp ada yg per individu cell) semua sama di 3.7v (posisi di 51%), ndak ada yang beda min-max sama.
Nah bandingin ama mobil ICE, mana kita tau seumur hidup tu mobil isi solbus, mau dijual baru isi dex. Mana kita tau selalu isi oli mesran, mau dijual baru isi sintetis... .
Nah kira2 5 taunan lagi tu para pdg mobkas yg suka ngakalin odo pada gimana ya caranya ?... satu2nya jalan kan cuma ganti itu ECU ya ?, terus kalo datanya malah jadi blak2an gini, pricing mobkas dimasa depan mau jadi seperti apa ya ?....
Nah barusan iseng colok OBD ke Ioniq 5, dan asumsi EV yang lain juga punya parameter yang sama. Ternyata informasinya banyak banget yg bisa dipakai buat valuasi mobil.
Kasus 1 : Sesuai manuai Hyundai ndak boleh sering2 dipakai dibawah 20% dan ndak boleh sering2 dicas di 100%, Nah dengan kapasitas 73 kwh kl kita ngerti rata2 cas > 45 kwh berarti orangnya sering pakai sampai abis atau cas sampai mentok. Terus juga ndak bole sering2 dihajar DC charging lama2. Disini bisa diliat, cas AC rata2 14 kWh, terus fast charging baru 2x @ 13 kWh... berati sampai sejauh ini orangnya rapih.
Kasus 2 : Efisiensi batere, ratio cumulative energy discharge/cumulative energy charge, tambah gede tambah efisien. Disini keliatan rasio CEC vs CED : 569.1/576.5=98.7% (sayang nggak ngukur dari km 0). Selain itu kayaknya ini bisa dipakai juga buat ngukur itu batere dah berapa cycle (576.5/73), baru 8 cycle, kalo umur batere 1200an cycle berarti baru 0.67%.
Kasus 3 : Voltase dari masing2 cell, idealnya kalo ada 180 cell semua2nya harus sama voltasenya, beda satu aja BMS akan de-rated ke cell paling rendah kalo ndak mau mbledug. Nah bisa dilihat (yg ini view per 10 bank, tp ada yg per individu cell) semua sama di 3.7v (posisi di 51%), ndak ada yang beda min-max sama.
Nah bandingin ama mobil ICE, mana kita tau seumur hidup tu mobil isi solbus, mau dijual baru isi dex. Mana kita tau selalu isi oli mesran, mau dijual baru isi sintetis... .
Nah kira2 5 taunan lagi tu para pdg mobkas yg suka ngakalin odo pada gimana ya caranya ?... satu2nya jalan kan cuma ganti itu ECU ya ?, terus kalo datanya malah jadi blak2an gini, pricing mobkas dimasa depan mau jadi seperti apa ya ?....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4307
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
ud pasti dalam waktu 10th harganya kayak sampah
resiko ganti batre kayak beli mobil baru
yang baru selalu akan lebih baik jd orang lebih milih EV baru
kalo mau nyamain pasaran mobil kayak HP ya EV ini makin baru makin canggih dengan fell sama ya orang milih yang baru lah, orang beli second yang lama ya gara2x dia kismin gak sanggup beli baru, cuma bisa beli bekas resiko benerin batre seharga mobil baru karena karakter batre yang susah di prediksi hari ini di cek sehat besok bisa wasallam ya mendingan beli baru LCGC LCGC deh
ya liat aja market HP itulah market EV di masa depan jgn ngarep bisa maen gorengan kayak combustion karena cobustion tiap merek karakter beda2x, jangankan tiap merek tiap model pun karakternya beda2x
resiko ganti batre kayak beli mobil baru
yang baru selalu akan lebih baik jd orang lebih milih EV baru
kalo mau nyamain pasaran mobil kayak HP ya EV ini makin baru makin canggih dengan fell sama ya orang milih yang baru lah, orang beli second yang lama ya gara2x dia kismin gak sanggup beli baru, cuma bisa beli bekas resiko benerin batre seharga mobil baru karena karakter batre yang susah di prediksi hari ini di cek sehat besok bisa wasallam ya mendingan beli baru LCGC LCGC deh
ya liat aja market HP itulah market EV di masa depan jgn ngarep bisa maen gorengan kayak combustion karena cobustion tiap merek karakter beda2x, jangankan tiap merek tiap model pun karakternya beda2x
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
kalau bicara masa depan sama kaya BTC, siapa sangka bisa ambrol seambrolnya gitu, atau zaman now udah ada hape lipet2 eh masih ada perang di eropa sono yg bikin sedunia inflasi dan resesi.
tapi memang secara kasarnya separoh EV ya batere, batere soak ya harga jual soak juga, senasib dengan mobil hybrid yang udah duluan beredar. dan seperti biasa benda ginian ya beli bukan untuk mikirin resale value atau mikir rusak gimana dalam sekian tahun (karena EV warranty dari pabrik itu lama diatas 5 tahun entah itu emang dapet atau mesti beli paket upgrade).
yg beli EV sekarang ya niche market, sisanya kena market hype, dan sebagian kecil banget emang butuhnya EV karena balik lagi setiap individu butuhnya berbeda. karena kalaupun ada duit 600 juta ga semua bapack bapack mau naiknya gerobak sayur ngebul kan
seperti biasa, teknologi terus maju, ga usah jauh2 Grandmax saja sekarang pake mesin dual vvt-i...
tapi memang secara kasarnya separoh EV ya batere, batere soak ya harga jual soak juga, senasib dengan mobil hybrid yang udah duluan beredar. dan seperti biasa benda ginian ya beli bukan untuk mikirin resale value atau mikir rusak gimana dalam sekian tahun (karena EV warranty dari pabrik itu lama diatas 5 tahun entah itu emang dapet atau mesti beli paket upgrade).
yg beli EV sekarang ya niche market, sisanya kena market hype, dan sebagian kecil banget emang butuhnya EV karena balik lagi setiap individu butuhnya berbeda. karena kalaupun ada duit 600 juta ga semua bapack bapack mau naiknya gerobak sayur ngebul kan
seperti biasa, teknologi terus maju, ga usah jauh2 Grandmax saja sekarang pake mesin dual vvt-i...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 631
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Beli mobil ev anggap aja untuk habis pake bukan dijual lagi,menurut saya worthed kok bayar 800jt untuk penggunaan 8 tahun dengan biaya energi &pajak yg murah free maintence lagi ,klo agan beli mobil ice yang kenyamanannya sekelas mobil ev, juga bbm&servicenya selama 8 tahun habisnya sama kaya ionic
Asumsi deh per minggu pake mobil sedan dengan fitur sekelas ionic macam civic,corolla buat nguli abis bensin+perawatan oli2,mesin,filter, dll 2juta/minggu
Asumsi deh per minggu pake mobil sedan dengan fitur sekelas ionic macam civic,corolla buat nguli abis bensin+perawatan oli2,mesin,filter, dll 2juta/minggu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 597
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Kalau menurut saya ya. Beli ev ini mikir nya sementara jangan resell value dulu. Tapi lebih ke menekankan operational cost.
Misal sehari PP kerja di seputaran jakarta - tanggerang sekitar 100km dengan mobil 1500cc biasa sekitar 1:10 = 10 liter x 12.500 = 121.500 / hari - op cost ev sehari 16kwh 27.200 : 94.300 x 20 hari kerja : 1.886.000 / bulan x 12 bulan : 22.632.000 / tahun x 8 tahun = 181 juta / 8 tahun (sampe batre habis)
Bearti udah mau seharga ev air trim low range, hemat 181 juta. Anggep 8 tahun lagi harga batre nya bisa 40-50 juta. bearti dalam 8 tahun kelaur duit beli mobil nya itu seharga 106 juta. masih bisa dipake untuk 8 tahun ke depan lagi habis ganti batre. Ditambah bebas gage dan ketenangan batin ga usah mikirin harga bbm naik.
Misal sehari PP kerja di seputaran jakarta - tanggerang sekitar 100km dengan mobil 1500cc biasa sekitar 1:10 = 10 liter x 12.500 = 121.500 / hari - op cost ev sehari 16kwh 27.200 : 94.300 x 20 hari kerja : 1.886.000 / bulan x 12 bulan : 22.632.000 / tahun x 8 tahun = 181 juta / 8 tahun (sampe batre habis)
Bearti udah mau seharga ev air trim low range, hemat 181 juta. Anggep 8 tahun lagi harga batre nya bisa 40-50 juta. bearti dalam 8 tahun kelaur duit beli mobil nya itu seharga 106 juta. masih bisa dipake untuk 8 tahun ke depan lagi habis ganti batre. Ditambah bebas gage dan ketenangan batin ga usah mikirin harga bbm naik.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
sayangnya ilmu ekonomi ga cuma ngitung op cost om. initial cost jg perlu diitung. misal trim plg bwh beli ioniq 5 750jt dan vios 300jt. anggap saja sama2 dipake 8th. habis itu nilai masing2 anggap 0 dan jadi sampah. maka:timbermaniac123 wrote: ↑Sun Aug 21, 2022 13:48 Kalau menurut saya ya. Beli ev ini mikir nya sementara jangan resell value dulu. Tapi lebih ke menekankan operational cost.
Misal sehari PP kerja di seputaran jakarta - tanggerang sekitar 100km dengan mobil 1500cc biasa sekitar 1:10 = 10 liter x 12.500 = 121.500 / hari - op cost ev sehari 16kwh 27.200 : 94.300 x 20 hari kerja : 1.886.000 / bulan x 12 bulan : 22.632.000 / tahun x 8 tahun = 181 juta / 8 tahun (sampe batre habis)
Bearti udah mau seharga ev air trim low range, hemat 181 juta. Anggep 8 tahun lagi harga batre nya bisa 40-50 juta. bearti dalam 8 tahun kelaur duit beli mobil nya itu seharga 106 juta. masih bisa dipake untuk 8 tahun ke depan lagi habis ganti batre. Ditambah bebas gage dan ketenangan batin ga usah mikirin harga bbm naik.
depr cost/th
ioniq5 : 93.5jt
vios : 37.5jt
Op cost/th
ioniq5 : 6.5jt
vios : 29jt
mainteance/th
ioniq5 : 2jt
vios : 5jt
total/th
ioniq5 : 102jt
vios : 71jt
masih jauh gap nya. belum lagi "bonus" resale value nya vios di th 8 blm diitung
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1570
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
bandinginnya sama camry aj om hrgnya mirip. krna makin tinggi hrg mobil makin tinggi depresiasinyaMaddMaxx wrote: ↑Sun Aug 21, 2022 23:55sayangnya ilmu ekonomi ga cuma ngitung op cost om. initial cost jg perlu diitung. misal trim plg bwh beli ioniq 5 750jt dan vios 300jt. anggap saja sama2 dipake 8th. habis itu nilai masing2 anggap 0 dan jadi sampah. maka:timbermaniac123 wrote: ↑Sun Aug 21, 2022 13:48 Kalau menurut saya ya. Beli ev ini mikir nya sementara jangan resell value dulu. Tapi lebih ke menekankan operational cost.
Misal sehari PP kerja di seputaran jakarta - tanggerang sekitar 100km dengan mobil 1500cc biasa sekitar 1:10 = 10 liter x 12.500 = 121.500 / hari - op cost ev sehari 16kwh 27.200 : 94.300 x 20 hari kerja : 1.886.000 / bulan x 12 bulan : 22.632.000 / tahun x 8 tahun = 181 juta / 8 tahun (sampe batre habis)
Bearti udah mau seharga ev air trim low range, hemat 181 juta. Anggep 8 tahun lagi harga batre nya bisa 40-50 juta. bearti dalam 8 tahun kelaur duit beli mobil nya itu seharga 106 juta. masih bisa dipake untuk 8 tahun ke depan lagi habis ganti batre. Ditambah bebas gage dan ketenangan batin ga usah mikirin harga bbm naik.
depr cost/th
ioniq5 : 93.5jt
vios : 37.5jt
Op cost/th
ioniq5 : 6.5jt
vios : 29jt
mainteance/th
ioniq5 : 2jt
vios : 5jt
total/th
ioniq5 : 102jt
vios : 71jt
masih jauh gap nya. belum lagi "bonus" resale value nya vios di th 8 blm diitung
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4307
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
bonyok om orang kona ev Signature 2021 aja dari 742jt jadi 600jt itu aja ditawar 550jt ud anjlok 142jt sendirilemonadelovers wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 0:45
bandinginnya sama camry aj om hrgnya mirip. krna makin tinggi hrg mobil makin tinggi depresiasinya
bandingin sama camry 2.5V 2021 dari 711jt jadi 620jt cuma anjlok 90jtan camry sendiri juga harganya paling nyungsep diantara para toyota
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Di masa depan pasti ada tukang tukang rekondisi batere ev..... Atau batere ev aftermarket tenang aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 597
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Mungkin bandinginnya sama harga mobil 1500cc pada umumnya kali om. yang paling mendekati ya wuling ev trim bawah 238 juta itu. Kalau bandingin sama ioniq mah duitnya selisih 500 juta mending buat usaha atau invest. Merem pake mobil kaya ertiga atau baleno buat kerja sehari2. operational costnya bisa diteken atau bahkan gratis dari hasil usaha itu.
kalau ga salah udah ada kok yang spesialis batre hybrid. Di youtube coba cari ketemu. Tinggal nanti 1-2 tahun lagi baru merambah ke batre ev kalifansdiesel wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 1:33 Di masa depan pasti ada tukang tukang rekondisi batere ev..... Atau batere ev aftermarket tenang aja
yang bener, yang menganalogikan mobil ev ini sama hape. Kalau dulu hp umur 2-3 tahun masih termasuk wajar. Sekarang hp beda 1 tahun aja udah merasa ada aja teknologi yang baru. Ini apalagi teknologi batre yang merupakan jantung utama mobil ev. Selain itu trren deisign mobil mobil ev sekarang merambah ke futuristic. coba 5 taun ke depan, kira2 anasib kona ev gimana.
Menurut saya si yang tadinya ada budget buat beli kaya fortuner vrz harga 600 juta tapi masih medit pake nya solar. Sebenernya nambah 150 buat ioniq si cukup menarik. dibandingin solar, opt cost nya bisa setengah nya pake solar (perbandingan solar 1:8 / ev 1: 6) Ditambah ga jelasnya nasib solar ke depan gimana.
Pendapat pribadi, better nunggu pabrikan mobil jepang keluarin ev dalam 1-2 tahun ke depan. Biasanya mocin itu selalu menjadi pioneer di indo. Dulu mobil 300an mana lagi yang pake sensing selain almaz rs. eh ga lama semua produsen jepang masukin sensing rame rame.
Last edited by timbermaniac123 on Mon Aug 22, 2022 2:03, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Wed Feb 01, 2017 13:13
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
kalau tiongkok udah advanced ev start dari sekarang, gausah kuatir. Apasih yang gabisa mereka bikin dengan harga murah? bener kata om fansdiesel disini tadi tenang aja suatu saat pasti batre ev ga akan seperti sekarang harga nya ditambah bermunculan teknologi buat rekondisi / servis batre
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4307
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
asal jgn bakar rumah kita aja tuh batre .....yang bener aja kebakaran gimana KW2xan mau bilang tech batre bakalan berkembang?? susah om banyak faktor ud gitu yang 12volt aja biang kebakaran teknologi ud jalan 100th gimana yang sampe ratusan voltfansdiesel wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 1:33 Di masa depan pasti ada tukang tukang rekondisi batere ev..... Atau batere ev aftermarket tenang aja
ya palingan kek sekarang ngakalin benerinnya nyicil kayak ioniq lama dari satu pack pas bikin kona jadi maen sel costnya dari harus ganti semua di ioniq bisa 100jtan jd 50jt per sel dan kona pake 5 sel kalo sekaligus ya bisa 250jt cuma kalo dicicl ya jadi 50jt per penggantian bisa jadi nnanti malah tambah banyak selnya mungkin dari 5 jd 10 kan mayan jadi cuma 25tan bahkan mungkin dari 10 jadi 20 kan mayan sekali ganti ganti jadi 10jtan apalagi kalo ditambah 2-5 sel bisa hotswap buat daruratMontero wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 1:52 kalau tiongkok udah advanced ev start dari sekarang, gausah kuatir. Apasih yang gabisa mereka bikin dengan harga murah? bener kata om fansdiesel disini tadi tenang aja suatu saat pasti batre ev ga akan seperti sekarang harga nya ditambah bermunculan teknologi buat rekondisi / servis batre
Last edited by b0ku on Mon Aug 22, 2022 2:11, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
bener, arahnya memang kesana sih.fansdiesel wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 1:33 Di masa depan pasti ada tukang tukang rekondisi batere ev..... Atau batere ev aftermarket tenang aja
saya di pabrik sudah pakai fofklift batrei 11 tahun, sudah bbrp tahun ini kalau batrei rusak bisa di perbaiki parsial.
di tempat saya batreinya aki basah sistemnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 526
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Klo analogi nya hp, iphone x yg baru keluar 6 th lalu skrg harganya tinggal 3 jt (anggap harga baru 18 jt) berarti udah terdepresiasi 80% dalam 6 tahun .
Bisa ngarep ioniq 6 tahun lagi harganya tinggal 140 jt
Bisa ngarep ioniq 6 tahun lagi harganya tinggal 140 jt
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4307
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
tapi batrenya 20-50jt per sel kalo jebol itu kalo jebol 1 kalo jebol semua wasalam beli chasisthe-mantal wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 3:02 Klo analogi nya hp, iphone x yg baru keluar 6 th lalu skrg harganya tinggal 3 jt (anggap harga baru 18 jt) berarti udah terdepresiasi 80% dalam 6 tahun .
Bisa ngarep ioniq 6 tahun lagi harganya tinggal 140 jt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Ramai2 rubah ke moblis...
https://oto.detik.com/berita/d-6245297/ ... di-listrik
Penasaran berapa yah biaya convert ice ke baterai...
Bonus apar 2 biji yg gede buat jaga2 kalau kebakaran [emoji1787]
https://oto.detik.com/berita/d-6245297/ ... di-listrik
Penasaran berapa yah biaya convert ice ke baterai...
Bonus apar 2 biji yg gede buat jaga2 kalau kebakaran [emoji1787]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
sesuatu yang doable secara skala kecil maka harus dipikir juga kalau dalam skala besar.timbermaniac123 wrote: ↑Sun Aug 21, 2022 13:48 Kalau menurut saya ya. Beli ev ini mikir nya sementara jangan resell value dulu. Tapi lebih ke menekankan operational cost.
Misal sehari PP kerja di seputaran jakarta - tanggerang sekitar 100km dengan mobil 1500cc biasa sekitar 1:10 = 10 liter x 12.500 = 121.500 / hari - op cost ev sehari 16kwh 27.200 : 94.300 x 20 hari kerja : 1.886.000 / bulan x 12 bulan : 22.632.000 / tahun x 8 tahun = 181 juta / 8 tahun (sampe batre habis)
Bearti udah mau seharga ev air trim low range, hemat 181 juta. Anggep 8 tahun lagi harga batre nya bisa 40-50 juta. bearti dalam 8 tahun kelaur duit beli mobil nya itu seharga 106 juta. masih bisa dipake untuk 8 tahun ke depan lagi habis ganti batre. Ditambah bebas gage dan ketenangan batin ga usah mikirin harga bbm naik.
kebayang gak kalau mobil EV nanti sudah ada 10 jt unit yg beredar di Indonesia. lalu listrik darimana ?
dan kalaupun pembangkit ada, sy kok merasa harga listrik jg akan mahal (naek) juga ..
hal yg sama terjadi pada gas/elpiji..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1570
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
kona ev laku d angka brp om? penasaran ntar ioniq5 ex taxi kondisi batre gmn ya n dijual d hrg brpb0ku wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 1:19bonyok om orang kona ev Signature 2021 aja dari 742jt jadi 600jt itu aja ditawar 550jt ud anjlok 142jt sendirilemonadelovers wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 0:45
bandinginnya sama camry aj om hrgnya mirip. krna makin tinggi hrg mobil makin tinggi depresiasinya
bandingin sama camry 2.5V 2021 dari 711jt jadi 620jt cuma anjlok 90jtan camry sendiri juga harganya paling nyungsep diantara para toyota
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4307
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
belom laku om sampe sekaranglemonadelovers wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 6:11
kona ev laku d angka brp om? penasaran ntar ioniq5 ex taxi kondisi batre gmn ya n dijual d hrg brp
ioniq lama paling parah kalo jebol pack partsnya ya ud semua ganti jadi 100jtan
kebanyakan mimpi mau convert truk ke EV lah yang harganya mau 1M aja tepar ngetowing caravan kecil dari 500mile ke 80mile rangenya, gimana disini truk buat odol odolan ntar yang ada ngamuk ditabok customer pake lithium karena usahanya mandekbenzz89 wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 3:48 Ramai2 rubah ke moblis...
https://oto.detik.com/berita/d-6245297/ ... di-listrik
Penasaran berapa yah biaya convert ice ke baterai...
Bonus apar 2 biji yg gede buat jaga2 kalau kebakaran [emoji1787]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
apakah akan ada patching/feature baru untuk long life battery sekitar 60% full charged seperti di laptop ? jgn2 produsennya ga mau...ntar parts batere jdi ga muter
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 597
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Tren ev ini paling cepat 3 tahun ke depan lah baru akan rame di jalanan. Pabrikan jepang sendiri baru akan mulai ev kelas menengah di tahun depan. Dan mengenai soal supply listrik, sebenernya pemakaian listrik juga ga jauh2 dari pemakaian sehari2 rumah tangga. Misal 1: 6. untuk rute pp dalam kota paling 50-60 km, 10 kwh itu dibanding pemakaian 1 unit ac udah mirip kok. ac 1 pk sekitar 600-800w, nyala 8 jam aja udah 7kwh. Dan menurut saya si kalau tren ev sudah berjalan di kelas menengah, akan banyak orang yang bangun plts di rumahnya. Plts on grid sekarang sudah mulai terjangkau. Harga 40 jutaan (termasuk exim dan pajak) sudah bisa pakai yang 3kwh. Jadi sehari akan bisa regenerate listrik sekitar 10-12 kwh.ginting wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 6:00
sesuatu yang doable secara skala kecil maka harus dipikir juga kalau dalam skala besar.
kebayang gak kalau mobil EV nanti sudah ada 10 jt unit yg beredar di Indonesia. lalu listrik darimana ?
dan kalaupun pembangkit ada, sy kok merasa harga listrik jg akan mahal (naek) juga ..
hal yg sama terjadi pada gas/elpiji..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2567
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
Haloo pamannn apa kabar
Nih gw malah diem2 seneng mobil EV bakal banyak beredar….
Otomatis penggunaan BBM kan bakal menipis tuh. Nah si pertamini & antek2nya gantian yg ketar ketir produknya jarang yg beli, PLN yg diatas awan cuannya . Biarinlah bakal ada drama baru mafia listrik, mafia migas pensiun
Trus kita2 penikmat internal combustion engine happy2 aj, mau isi bensin melimpah ruah stocknya
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
boleh juga mind-setnya..malah kita enjoy di mobil ICEKielConstantine wrote: ↑Thu Aug 25, 2022 7:50Haloo pamannn apa kabar
Nih gw malah diem2 seneng mobil EV bakal banyak beredar….
Otomatis penggunaan BBM kan bakal menipis tuh. Nah si pertamini & antek2nya gantian yg ketar ketir produknya jarang yg beli, PLN yg diatas awan cuannya . Biarinlah bakal ada drama baru mafia listrik, mafia migas pensiun
Trus kita2 penikmat internal combustion engine happy2 aj, mau isi bensin melimpah ruah stocknya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Masa Depan Jual Beli Mobil Bekas EV
bener banget. lampu led aja ada yg rekondisi, dari mati bisa nyala lagi. aki soak bisa dibuat nyala lagi. masa batere ev ga bisa sih. orang sini kan kreatif2....fansdiesel wrote: ↑Mon Aug 22, 2022 1:33 Di masa depan pasti ada tukang tukang rekondisi batere ev..... Atau batere ev aftermarket tenang aja
Accurate V5 Accounting System Consultant