Mangkanya pake 1n0v@ 2.5DOHC wrote: ↑Wed Jun 15, 2022 9:42 ikutan ahh
dalam sehari
- tol 15 rb
- parkir pinggir jalan aj biar murah 5- 10 rb
- benzene variatif , 4 liter kl pake hrv / agya, 9 liter kl pake inofa = kurleb 31 rebu - 75 rebu
jd sehari = 51 - 100 rebu
sbulan 25 hari kerja = 1.25 jt (kl full hrv atau agya) - 2.5 jt (kl full inofa)
inofa emg bener2 ga ramah buat rute dalkot harian
ini di luar rute2 d luar dugaan
Cost Transport Ke Tempat Kerja
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Kalo nnt pengen cari suasana baru sewa apartmen saya aja om harganya juga segitu full furnish daerah cawangIriawans wrote: ↑Wed Jun 15, 2022 10:03 mau nimbrung sharing pas tinggal di Bogor kerja di Jakarta PP Senin-Sabtu atau 25 hari/bln (sebelum thn 2020)
parkir : gratis
Tol : 17.500 x 2 x 25 = 875.000
bensin: 10l x 9.000 x 25 = 2.250.000
Driver : incl lembur +/- 4.000.000
Total: 7.125.000
akhirnya putusin pindah ke Jkt, uang sopir buat sewa apartemen; seminggu sekali pulang, cost transport lgs turun drastis krn dianter jemput mobil Ktr. Badan lebih segar pula karena tidur cukup
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Haaailllllll 5150Miracle9000 wrote: ↑Wed Jun 15, 2022 14:41 Malang kota - malang kabupaten
Saya mah murah meriah. Wong isinya biosol
Jarak rumah kantor 12km one way. PP 24km. Fuel cons berangkat (jalan lebih sepi) 1:12. Pulang (agak macet) 1:10-11. Ya kira2 2.5 liter lah sehari PP ngantor.
Total cuma 13rb sehari.
Sebulan (28 hari kerja): 364rb
Sebulan ngisi solar paling 2x @ 300rb: 600rb
Murah meriah bukan
Uraaaaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
200km per hariiii????? Om ini pasti rumanya di suvarna sutra atau lavon ya?? dulu saya sempet tertarik ambil disana tp tidak jadi
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Jul 11, 2013 5:26
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Ikut nimbrung ah,
Rute Kemayoran - Cikarang (20 hari kerja)
Bensin: 1.5 juta - 2 juta
Tol: 1 juta
jadi total per bulannya antara 2-3 juta
Rute Kemayoran - Cikarang (20 hari kerja)
Bensin: 1.5 juta - 2 juta
Tol: 1 juta
jadi total per bulannya antara 2-3 juta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Wed Jun 01, 2016 7:35
- Daily Vehicle: GK5 CVT
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Pakai GK5 CVT, rute kerja cileunyi - cimahi via tol
1. Tol : Rp. 240.000
2. BBM : Rp. 734.000 (Pertalite) - Rp. 1.200.000 (Pertamax). Seringnya pertalite aja
3. Parkir : -
Total 1 juta untuk running cost
1. Tol : Rp. 240.000
2. BBM : Rp. 734.000 (Pertalite) - Rp. 1.200.000 (Pertamax). Seringnya pertalite aja
3. Parkir : -
Total 1 juta untuk running cost
GD8 MT - GB3 5AT - DD1 CVT - NC1W 4AT - GK5 RS CVT - who's next?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 516
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Kantornya d pulau Tumasik Om, rumah di salah satu pulau di Kepri.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 507
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Armadanya sama kaya keluarga saya nih, cuma bedanya kalo saya agyanya ada 2, alias agya-ayla Dulu bapak sy beli baru innova 2.0v metik tahun 2005, trus tahun 2014 baru nambah lagi agya m/t.. eh 2015 akhir kok nambah lagi saudaranya, ayla a/tDOHC wrote: ↑Wed Jun 15, 2022 9:42 ikutan ahh
dalam sehari
- tol 15 rb
- parkir pinggir jalan aj biar murah 5- 10 rb
- benzene variatif , 4 liter kl pake hrv / agya, 9 liter kl pake inofa = kurleb 31 rebu - 75 rebu
jd sehari = 51 - 100 rebu
sbulan 25 hari kerja = 1.25 jt (kl full hrv atau agya) - 2.5 jt (kl full inofa)
inofa emg bener2 ga ramah buat rute dalkot harian
ini di luar rute2 d luar dugaan
semenjak ada 2 lcgc kembar itu si Innova jadi jarang kepake, krn males ngeluarin dari garasi + gede + boros.. sampe pernah itu innova ga disentuh sama sekali selama 2 minggu, dipanasi juga kagak dicuci apalagi. Tapi walaupun boros + lemot emang mobilnya enak peredamannya bagus, bantingannya enak. driving position cukup enak, radius putar kecil, tangguh pula
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Si inofa emg cuman mobil buat mudik doank pantes nyaSyauqi wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 6:36Armadanya sama kaya keluarga saya nih, cuma bedanya kalo saya agyanya ada 2, alias agya-ayla Dulu bapak sy beli baru innova 2.0v metik tahun 2005, trus tahun 2014 baru nambah lagi agya m/t.. eh 2015 akhir kok nambah lagi saudaranya, ayla a/tDOHC wrote: ↑Wed Jun 15, 2022 9:42 ikutan ahh
dalam sehari
- tol 15 rb
- parkir pinggir jalan aj biar murah 5- 10 rb
- benzene variatif , 4 liter kl pake hrv / agya, 9 liter kl pake inofa = kurleb 31 rebu - 75 rebu
jd sehari = 51 - 100 rebu
sbulan 25 hari kerja = 1.25 jt (kl full hrv atau agya) - 2.5 jt (kl full inofa)
inofa emg bener2 ga ramah buat rute dalkot harian
ini di luar rute2 d luar dugaan
semenjak ada 2 lcgc kembar itu si Innova jadi jarang kepake, krn males ngeluarin dari garasi + gede + boros.. sampe pernah itu innova ga disentuh sama sekali selama 2 minggu, dipanasi juga kagak dicuci apalagi. Tapi walaupun boros + lemot emang mobilnya enak peredamannya bagus, bantingannya enak. driving position cukup enak, radius putar kecil, tangguh pula
Kl buat dalkot agak sinting, walaupun yg gen reborn ud jauhhh lebi sopan ngisep bensin nya ktimbang inofa jadul
Nahh kl agya ayla emg primadona ini, mau macet gila2an pun merem mata masi tetep bakal dapet 1:10 buat dalkot
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Alhamdulillah dari rumah ke tempat kerja ga sampe 5km, pake vario 125 isi 30rb cukup sebulan sekali isi nya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Mon Feb 15, 2021 5:30
- Location: Indonesia
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Ikutan om... rute cipondoh tangerang - pluit, kalo bawa mobil cost per hari jd segini:
- rute pergi: tol karang tengah: 8k --> tol puri: 16k --> kalo keluar di PIK, ga bayar lagi, tapi kalo masuk tol pluit bayar lagi 8k (total: 32rb)
- rute pulang: tol pluit: 24rb --> tol karang tengah: 8k (total: 32rb)
- total per hari 64rb bolak-balik
parkir mobil free dibayarin kantor... tapi kadang mix sama pake motor juga terutama di hari2 jalanan sangat padat seperti hr senin...
pake raize untungnya bensin ga gitu boros, kaki juga ga maen2 bejek, sesekali aja... bensin sekitar 500ribu sebulan kalo cuma dalkot doang, kalo pas ada ke bandung, ya abis diatas itu
- rute pergi: tol karang tengah: 8k --> tol puri: 16k --> kalo keluar di PIK, ga bayar lagi, tapi kalo masuk tol pluit bayar lagi 8k (total: 32rb)
- rute pulang: tol pluit: 24rb --> tol karang tengah: 8k (total: 32rb)
- total per hari 64rb bolak-balik
parkir mobil free dibayarin kantor... tapi kadang mix sama pake motor juga terutama di hari2 jalanan sangat padat seperti hr senin...
pake raize untungnya bensin ga gitu boros, kaki juga ga maen2 bejek, sesekali aja... bensin sekitar 500ribu sebulan kalo cuma dalkot doang, kalo pas ada ke bandung, ya abis diatas itu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 507
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
WFH/WFA adalah solusi, tapi hanya bagi yang pekerjaanya memang ga mengharuskan untuk ketemu langsung sama orang namun sekarang semenjak kapasitas kantor ga dibatasi lagi, tambah gila aja nih macetnya di jakarta.. atau bagusnya sih kantor membebaskan karyawannya mau WFO/WFA, suntuk juga sih kalo kerja sendirian ga ketemu orang samsek
Namun ga berlaku untuk public services yah, kalo mereka pada WFH ya sama aja ga kerja dong
Inofa bensin emang borosnya top apalagi yg sy pake dulu tahun awal", metik pula wkwkwk dulu pernah sesekali kuliah bawa inova, kaki udh disekolahin S3 & ga pernah nyentuh 2k rpm, eh begitu liat MID cuma dapet 1:8,5DOHC wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 6:43
Si inofa emg cuman mobil buat mudik doank pantes nya
Kl buat dalkot agak sinting, walaupun yg gen reborn ud jauhhh lebi sopan ngisep bensin nya ktimbang inofa jadul
Nahh kl agya ayla emg primadona ini, mau macet gila2an pun merem mata masi tetep bakal dapet 1:10 buat dalkot
kalau agya/ayla walaupun jauh lebih ga enak drpd inofa, tapi saya makenya lebih hepi.. fuelcons nyaris 2X lebih irit drpd inova, ga susah cari parkir, ga takut masuk gang tikus, ga takut mentok pula karena FC tinggi.. agya m/t saya rekor terboros masih 1:13,7 biasanya mah gampang banget dapet 1:15 dalkot
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Feb 20, 2018 9:52
- Location: Tangerang
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Ikut nimbrung ah
Kantor lagi hybrid WFO 3x, rute Cipondoh - Gading Serpong PP kurleb 40km hariannya naik motor KTM RC200.
Bensin pakai pertabo isi setiap tripmeter 180-200km++ (4-5x PP kurleb) biasa bayarnya rata2 di 90k-100k setiap isi bensin. Sebulan kira2 300-400k habisnya
Kantor lagi hybrid WFO 3x, rute Cipondoh - Gading Serpong PP kurleb 40km hariannya naik motor KTM RC200.
Bensin pakai pertabo isi setiap tripmeter 180-200km++ (4-5x PP kurleb) biasa bayarnya rata2 di 90k-100k setiap isi bensin. Sebulan kira2 300-400k habisnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5745
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26962
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Irit jg yah agya manualSyauqi wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 10:00WFH/WFA adalah solusi, tapi hanya bagi yang pekerjaanya memang ga mengharuskan untuk ketemu langsung sama orang namun sekarang semenjak kapasitas kantor ga dibatasi lagi, tambah gila aja nih macetnya di jakarta.. atau bagusnya sih kantor membebaskan karyawannya mau WFO/WFA, suntuk juga sih kalo kerja sendirian ga ketemu orang samsek
Namun ga berlaku untuk public services yah, kalo mereka pada WFH ya sama aja ga kerja dong
Inofa bensin emang borosnya top apalagi yg sy pake dulu tahun awal", metik pula wkwkwk dulu pernah sesekali kuliah bawa inova, kaki udh disekolahin S3 & ga pernah nyentuh 2k rpm, eh begitu liat MID cuma dapet 1:8,5DOHC wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 6:43
Si inofa emg cuman mobil buat mudik doank pantes nya
Kl buat dalkot agak sinting, walaupun yg gen reborn ud jauhhh lebi sopan ngisep bensin nya ktimbang inofa jadul
Nahh kl agya ayla emg primadona ini, mau macet gila2an pun merem mata masi tetep bakal dapet 1:10 buat dalkot
kalau agya/ayla walaupun jauh lebih ga enak drpd inofa, tapi saya makenya lebih hepi.. fuelcons nyaris 2X lebih irit drpd inova, ga susah cari parkir, ga takut masuk gang tikus, ga takut mentok pula karena FC tinggi.. agya m/t saya rekor terboros masih 1:13,7 biasanya mah gampang banget dapet 1:15 dalkot
Kl yg metik lebi boros, dalkot paling cuman 10-11 kilo doank, lurkot mentok 13, gmana mau irit, lari 100 aj rpm ud 3000 lari 140 rpm ud nyaris 5000
Mending inofa bensin metik, lurkot 1: 14 entengg
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 415
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Hahahha. vood point Om. asal vajinya cocok gak masalah yaa.. :upps..Or4cle wrote:Saatnya kerja diatur berdasarkan sistem Zonasi, seperti sekolahSyauqi wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 2:55Yang saya perhatikan juga begitu. Untuk transport sehari-hari ke tempat kerja, kalo kita cari kombinasi antara murah, nyaman & cepat terkadang angkutan kota bukan pilihan yang terbaik.fl4b1e wrote: ↑Thu Jun 16, 2022 16:10 Nimbrung deh..
Kebetulan saya gonta-ganti moda transportasi. Cipedak-setiabudi sekitar 22km sekali jalan atau 44km pp. data pasca ppkm level 1
1, mobil BBM: 50ribu (pertabo 14,500x3.5 literan) + parkir 44 ribu.+ tol 15 ribu total 109 ribu.(pas genap bawa mobil saya krn nomor genap)
2. motor BBM 15ribu (1l liter lebih pertamax turbo) + parkir 24 ribu . total 39 ribu (ganjil bawa motor)
3 taksi idr 120 ribu sekali jalan + tol 15 ribu = 255 ribu pp, susahnya adalah suka ga dapet taksi atau gocar
4. mrt, PP 28 ribu + gojek 35 ribu dari Lebak bulus ke cipedak total 98 ribu.. parahnya banyak waktu ga dapet gojek pas pagi atau pas pulang. pernah nunggu 1 jam di stasiun ga dapet gojek pulang ke rumah..
5 kombinasi motor mrt: mrt 28 ribu + BBM 7500 (jarak pp rumah Lebak bulus sekitar 10 km, pertabo butuh setengah liter pp), parkir motor 20 ribu. Total 55 ribu..
Alhasil, pas genap jelas lebih murah naik mobil drpd naik taksi atau gocar. ps mau naik motor, mending dibawa ke kantor sekalian drpd naik mrt.
parkiran mrt kejemur tuh motor, parkir kantor teduh.. sayang cat..
Mau naik mrt dan gojek, selain selisihnya dikit sama bawa mobil, ya ga reliable pas naik gojek.. suka nunggu lama..
kadang ga selalu transportasi umum lebih murah,
Oh, knp ga naik trans Jakarta atau angkot, jawabnya karena saya masih sayang keluarga.. kalau naik angkot waktu tempuh jadi lebih melar lagi waktu tempuhnya
Makanya ga heran banyak yg naik kendaraan pribadi di jakarta..
Apalagi buat yang harus oper moda transportasi (misal gojek - busway - mrt), itu biaya & waktunya lumayan juga lho..
Kalau di kantor ada fasilitas parkir gratis / tunjangan transport, kombinasi terbaik antara cepat-irit-nyaman menurut saya adalah naik kendaraan sendiri, terutama motor. Apalagi kalo beli motor seken yang masih seger, biaya (depresiasi + perawatan + bensin + pajak) selama setahun mungkin jatuhnya ga jauh beda kalo kita oper2an naik transportasi umum
IMHO kenapa di jakarta banyak yang naik kendaraan pribadi ya karena penduduknya aja udah berapa juta.. pengguna transportasi umum udah membeludak, itu busway & krl kalo rush hour orang didalem udah kaya sarden.. berdiri doang aja susah.. walaupun transportasi umum sudah sepenuh itu eh jalanan tetep aja macet.. ga heran jakarta bisa sepadat ini, orang mayoritas freshgrad kalo berkarir ya larinya ke jakarta.. termasuk saya
Kalau dibalik suruh pindah rumah ke Setiabudi, artinya butuh modal gede juga.. hahahaaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 415
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Yup bener Om. Setuju!Syauqi wrote:Yang saya perhatikan juga begitu. Untuk transport sehari-hari ke tempat kerja, kalo kita cari kombinasi antara murah, nyaman & cepat terkadang angkutan kota bukan pilihan yang terbaik.fl4b1e wrote: ↑Thu Jun 16, 2022 16:10 Nimbrung deh..
Kebetulan saya gonta-ganti moda transportasi. Cipedak-setiabudi sekitar 22km sekali jalan atau 44km pp. data pasca ppkm level 1
1, mobil BBM: 50ribu (pertabo 14,500x3.5 literan) + parkir 44 ribu.+ tol 15 ribu total 109 ribu.(pas genap bawa mobil saya krn nomor genap)
2. motor BBM 15ribu (1l liter lebih pertamax turbo) + parkir 24 ribu . total 39 ribu (ganjil bawa motor)
3 taksi idr 120 ribu sekali jalan + tol 15 ribu = 255 ribu pp, susahnya adalah suka ga dapet taksi atau gocar
4. mrt, PP 28 ribu + gojek 35 ribu dari Lebak bulus ke cipedak total 98 ribu.. parahnya banyak waktu ga dapet gojek pas pagi atau pas pulang. pernah nunggu 1 jam di stasiun ga dapet gojek pulang ke rumah..
5 kombinasi motor mrt: mrt 28 ribu + BBM 7500 (jarak pp rumah Lebak bulus sekitar 10 km, pertabo butuh setengah liter pp), parkir motor 20 ribu. Total 55 ribu..
Alhasil, pas genap jelas lebih murah naik mobil drpd naik taksi atau gocar. ps mau naik motor, mending dibawa ke kantor sekalian drpd naik mrt.
parkiran mrt kejemur tuh motor, parkir kantor teduh.. sayang cat..
Mau naik mrt dan gojek, selain selisihnya dikit sama bawa mobil, ya ga reliable pas naik gojek.. suka nunggu lama..
kadang ga selalu transportasi umum lebih murah,
Oh, knp ga naik trans Jakarta atau angkot, jawabnya karena saya masih sayang keluarga.. kalau naik angkot waktu tempuh jadi lebih melar lagi waktu tempuhnya
Makanya ga heran banyak yg naik kendaraan pribadi di jakarta..
Apalagi buat yang harus oper moda transportasi (misal gojek - busway - mrt), itu biaya & waktunya lumayan juga lho..
Kalau di kantor ada fasilitas parkir gratis / tunjangan transport, kombinasi terbaik antara cepat-irit-nyaman menurut saya adalah naik kendaraan sendiri, terutama motor. Apalagi kalo beli motor seken yang masih seger, biaya (depresiasi + perawatan + bensin + pajak) selama setahun mungkin jatuhnya ga jauh beda kalo kita oper2an naik transportasi umum
IMHO kenapa di jakarta banyak yang naik kendaraan pribadi ya karena penduduknya aja udah berapa juta.. pengguna transportasi umum udah membeludak, itu busway & krl kalo rush hour orang didalem udah kaya sarden.. berdiri doang aja susah.. walaupun transportasi umum sudah sepenuh itu eh jalanan tetep aja macet.. ga heran jakarta bisa sepadat ini, orang mayoritas freshgrad kalo berkarir ya larinya ke jakarta.. termasuk saya
Ini aja sudah beeangkat jam 6 pulang smpai eumah jam 8 malaman..
Kadang harus bersyukur dunia pernah pandemi COVID. Membantu kewarasan pekerja di ibukota. apalagi kantor yang memberlakukan WFH. kayak saya sih 3 WFO, 2 WFH dalam seminggu sudah terbantu sekali.
Jadi kadang yg harus diperhatikan bukam cuma ongkos perjalanan, atau kenyamanan, tapi biaya termahal yg dibayar adalah waktu dalam perjalanan. Karena waktu perjalanan mengurangi waktu bersama keluarga.
Yup, MRT does help. tapi kalau geser ke moda lain itu belum tentu cepet. For instance: setiabudi- fatmawati memang 30 menit sampai. Tapi pas nyaei hojek, gocaar atau taksi, atau kendaraan umum, bisa jadi 1 jam travel and waiting time. Maka banyak colleague yg punya sopir atau pasangan yg menunggu di stasium mrt atay , tuk mengurangi waiting time perpindahan ke moda lain.
Alternatif Pemkot, sama kayak Malysia yg saya liat dah bener, disediakan fasilitas park and ride. Tapi kadang buat saya, kalau park and ridenya bermandi debu dan matahari, dengan total biaya yg relatif ga jauh biayanya sama bawa ke kantor yg parkirannya ketutup, dan selisih travel time yg ga beda jauh, jadinya mending bawa kanyor sekalian. Sayang cat euy...
Diluat itu, baru kepikiran ini setelah liat thread mobil listrik di thread sebelah, kalau beneran ada kendaraan listrik yg plat biru bebas ganjil genap nanti yg harganya bersaing dengan LMPV atau mudah2an LCGV, mungkin yg harus dipertimbangkan bukan cuma harga batere atau ongkos charge listrik.
Tapi juga penurunan opportunity cost dengan tidak harus punya 2 mobil ganjil genap, penurunan biaya pemeliharaan gak harus punya 2 mobil, misalkan dibanding niatan punya 2 mobil Internal Combustion Engine tuk ganjil dan genap yang bakal bisa jadi cukup 1 mobil listrik saja..
Namun, kalau liat ke perilaku mayoritas orang Indonesia khususnya di ibukota, perkotaan khususnya wqrga lekerja menengah, dalam 1 keluataga bakalan shift ke 1 LMPV/LSUV tuk mobil mudik atau jalan keluar kota sekalian tuk dibawa wira wiri antar anak sekolah (yg tadinya mobil hatchback, atau lcgc, atamobil kayak Raize, Rocky) dan 1 mobil listrik tuk commute sehari2 menerobos hanjil genap.. hahahaha... let see..
just my 2 cents.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Ongkos transport kerja
Rute Semarang-Jepara PP seminggu 2-3x , pake Kijang ibon diesel
Non tol
Solar rata2 per minggu 150rb
Jadi ongkos per bulan 600rb
Rute Semarang-Jepara PP seminggu 2-3x , pake Kijang ibon diesel
Non tol
Solar rata2 per minggu 150rb
Jadi ongkos per bulan 600rb
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Thu Dec 11, 2014 10:20
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Share Naik motor
Babelan - jakarta kota : 64km pp
Masuk 22 hr x 64km = 1408km
Bbm 1 : 42 an = habis 33,6 liter
Bbm petralite 7650x33,6 = 257rban (genapin cost 300rb)
Parkir untungnya masih gratis.
Babelan - jakarta kota : 64km pp
Masuk 22 hr x 64km = 1408km
Bbm 1 : 42 an = habis 33,6 liter
Bbm petralite 7650x33,6 = 257rban (genapin cost 300rb)
Parkir untungnya masih gratis.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Tue Jan 17, 2017 13:17
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Bogor - Kasablanka, PP 105km
Motoran:
- FC 1:30-32 (metik 250cc), isi pertalite aja, 3 liter sehari = Rp 23.000 dibuletin
- Parkir di depan kantor Rp 10.000
- Waktu tempuh 2 jam minimal sekali jalan, PP bisa 4 jam lebih (pernah sampe 3 jam sekali jalan)
Keretaan:
- Rumah ke stasiun 13km PP = bensin sehari paling Rp 3.500
- Parkir di stasiun = Rp 6.000
- KRL PP = Rp 10.000
- Ojek online St. Tebet ke kantor PP = free dibayarin kantor
- Waktu tempuh sejam setengah paling, dan bisa duduk plus tidur berangkatnya. Pulangnya yang kudu agak berjuang, cuma Alhamdulillah badan tinggi jadi ga kesulitan buat menghirup udara segar di KRL
Ga pernah bawa mobil ke kantor karena males macetnya ga ngotak, dan parkirnya sulit.
Motoran:
- FC 1:30-32 (metik 250cc), isi pertalite aja, 3 liter sehari = Rp 23.000 dibuletin
- Parkir di depan kantor Rp 10.000
- Waktu tempuh 2 jam minimal sekali jalan, PP bisa 4 jam lebih (pernah sampe 3 jam sekali jalan)
Keretaan:
- Rumah ke stasiun 13km PP = bensin sehari paling Rp 3.500
- Parkir di stasiun = Rp 6.000
- KRL PP = Rp 10.000
- Ojek online St. Tebet ke kantor PP = free dibayarin kantor
- Waktu tempuh sejam setengah paling, dan bisa duduk plus tidur berangkatnya. Pulangnya yang kudu agak berjuang, cuma Alhamdulillah badan tinggi jadi ga kesulitan buat menghirup udara segar di KRL
Ga pernah bawa mobil ke kantor karena males macetnya ga ngotak, dan parkirnya sulit.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Udah berapa lama ngejalanin om? Btw, Saya Setu Benhil PP 90 km berasa lebih letih tiap pagi hari.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Cost Transport Ke Tempat Kerja
Roda 2 PP 90km tiap hari sih memang lumayan Om, apalagi kalo rute macet ya.
Saya dulu pernah sekitar 2 minggu pake roda 2, Bintaro - Senen PP 60KM aja berasa letihnya kok, apalagi biasa sampe rumah di atas jam 20.00, besok nya udah mesti berangkat lagi paling lambat jam 05.30.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T