Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Setelah hampir 3 tahun pakai yaris joker, saya berpikir untuk ganti ke mobil lain.
So far sih puas banget pakai yaris, ga ada issue dan super nyaman untuk perjalanan lintas kota trans jawa.
kekurangan yang dirasa:
1. jujur bodykitnya khususnya yg depan bikin susah di jalan tanjakan curam, kbetulan rutenya sih aman2 aja.
2. bagasi agak kurang besar
jd alternatif penggantinya itu ya sedan2 juga:
1. Vios brand new (disc besar awal tahun ini)
2. Altis 2017-2018
3. City Hatchback (kandidat utama tp harganya melambung jauh habis ppnbm, dan secondnya pun overbudget)
kenapa tidak ada SUV? karena rute hariannya sih fine2 aja. sedan tanpa bodykit sbenarnya ga masalah.
Sampai akhirnya pas nyari2, faktor jodoh juga ktemu unit Grand Vitara CBU 2018 ini. baru jalan 19582km (menariknya ini mobil dipakai tiap hari pulomas pulogadung). Kondisi semua 100% orisini (bonus baret2 di handle pintu driver dan passenger). bumper ada baret dikit. tp interiornya wah masih utuh banget. saya seneng bgt mobil low km yg dipakai dan orgnya ganti oli tiap 6 bulan. dia jual karena sudah berumur dan terpaksa ganti alphard + sopir. lucunya ownernya pernah pakai vitara 3x (gen 1, gen 2, dan gen 3)
Jujur saya agak males sih awal2, modelnya udah tua dari 2006 dan image saya mengenai mobil ini sbenernya jelek (build quality busuk, boros bensin)
tapi lucunya istri saya suka, karena menurut dia its the real suv, perfect size dan dia dulunya lama pakai ssangyong musso (dia entah kenapa senang ladder frame suv).
kebetulan orang tua saya pernah grand vitara 2.4 tambun 2010-2015. jd saya akan lebih banyak membandingkan dengan yg tambun
+ mesinnya enak diatas 3800rpm, bunyi intakenya beda dan ada extra "punch" lumayan menambah fun factor
+ Steeringnya cukup komunikatif dan feedbacknya lumayan
+ Handlingnya surprisingly good (mungkin independen 4 roda ini yg menyumbang faktor)
+ ban standarnya juga bagus (SP Sport 01 yg ternyata jepang juga).
+ Build qualitynya beda jauh banget dibanding tambun (plastik2nya dll, karet pintunya, panel gapnya)
+ Surprisingly sunyi senyap jauh dibanding yg tambun, bahkan dibanding crv turbo
+ Wah lampunya luar biasa terang dan cut offnya bagus banget. dan ada auto levelling
+ Interior fabric hitam dan ga ada panel kayu (ini sih selera, buat saya fabric lebih cocok di cuaca tropis kita dan sekarang alat udah cukup canggih bersihin fabric)
+ Jujur memori saya tentang GV 2.4 tambun ga terlalu bagus, suspensinya keras banget kayak gerobak. tapi yg ini surprisingly jauh lebih nyaman
+ Settingan mesinnya juga sepertinya agak berbeda dan picky dengan kualitas bahan bakar. cukup signifikan bedanya ketika saya pakai pertamax dan pertamax turbo. entah mungkin yg cbu ini berbeda settingan mesinnya atau gmn.
+ Saya masih senang dengan bentuknya (selera pribadi)
+ Kualitas catnya juga sangat baik dibandingkan versi lokalnya.
+ cukup irit untuk 2400cc bensin (1:9 dalam kota dan 1:13 luar kota)
+ Saya ingat dulu pintu bagasi blkgnya berisik dan suka bunyi ngek ngek, ternyata yg cbu ini tidak.
- Transmisinya agak2 payah, di mode sport dia terlalu hiperaktif malah kebingungan pindah gigi khususnya di tanjakan panjang. di mode normal malah terlalu bolot.
- Salah satu mobil yg pedal gasnya paling sensitif dan cenderung lompat2. perlu pembiasaan. biasa orang ngeluh mobilnya lemot karena kalibrasi drive by wirenya yg ngejar eco. ini terbalik
- Sayang beberapa fitur disunat (auto headlamp ilang, saya inget yg tambun ada)
- Modelnya sih asli udah tua dari 2006 (jujur dalamnya pun udah kerasa kuno)
- Kabinnya sempit (legroom pas2an dan bagasi juga ga gede dibanding crossover fwd torsion beam jaman skrg)
- Harga sparepartnya cukup membuat mata kaget, tp saya ngerti ini cbu dan harga barunya grand vitara dulu ini memang tidak murah.
- Mobil sih bagus semua, tapi omg suzuki headunitnya sampah banget. saya inget sound quality mobil ini dulu bagus deh pas pakai HU CD orinya. aduh yg skrg ini busuk banget.
Spertinya ban serep akan saya masukin ke dalam, tapi covernya agak disisain di diluar. jujur saya benci bagasinya berat banget tapi disatu sisi saya demen ada kondenya (old school gtu).
So far saya cukup puas walaupun kali ini agak anti mainstream kali mobilnya. general check up juga sudah dilakukan dan so far tidak ada PR. karena previous owner cukup telaten dalam merawat mobilnya.
Jujur saya membulatkan tekad beli ini setelah baca reviewnya om mod chz beberapa tahun lalu sih. dan dia pakai cukup lama. Sori ya om mod sampe PM dua kali
So far sih puas banget pakai yaris, ga ada issue dan super nyaman untuk perjalanan lintas kota trans jawa.
kekurangan yang dirasa:
1. jujur bodykitnya khususnya yg depan bikin susah di jalan tanjakan curam, kbetulan rutenya sih aman2 aja.
2. bagasi agak kurang besar
jd alternatif penggantinya itu ya sedan2 juga:
1. Vios brand new (disc besar awal tahun ini)
2. Altis 2017-2018
3. City Hatchback (kandidat utama tp harganya melambung jauh habis ppnbm, dan secondnya pun overbudget)
kenapa tidak ada SUV? karena rute hariannya sih fine2 aja. sedan tanpa bodykit sbenarnya ga masalah.
Sampai akhirnya pas nyari2, faktor jodoh juga ktemu unit Grand Vitara CBU 2018 ini. baru jalan 19582km (menariknya ini mobil dipakai tiap hari pulomas pulogadung). Kondisi semua 100% orisini (bonus baret2 di handle pintu driver dan passenger). bumper ada baret dikit. tp interiornya wah masih utuh banget. saya seneng bgt mobil low km yg dipakai dan orgnya ganti oli tiap 6 bulan. dia jual karena sudah berumur dan terpaksa ganti alphard + sopir. lucunya ownernya pernah pakai vitara 3x (gen 1, gen 2, dan gen 3)
Jujur saya agak males sih awal2, modelnya udah tua dari 2006 dan image saya mengenai mobil ini sbenernya jelek (build quality busuk, boros bensin)
tapi lucunya istri saya suka, karena menurut dia its the real suv, perfect size dan dia dulunya lama pakai ssangyong musso (dia entah kenapa senang ladder frame suv).
kebetulan orang tua saya pernah grand vitara 2.4 tambun 2010-2015. jd saya akan lebih banyak membandingkan dengan yg tambun
+ mesinnya enak diatas 3800rpm, bunyi intakenya beda dan ada extra "punch" lumayan menambah fun factor
+ Steeringnya cukup komunikatif dan feedbacknya lumayan
+ Handlingnya surprisingly good (mungkin independen 4 roda ini yg menyumbang faktor)
+ ban standarnya juga bagus (SP Sport 01 yg ternyata jepang juga).
+ Build qualitynya beda jauh banget dibanding tambun (plastik2nya dll, karet pintunya, panel gapnya)
+ Surprisingly sunyi senyap jauh dibanding yg tambun, bahkan dibanding crv turbo
+ Wah lampunya luar biasa terang dan cut offnya bagus banget. dan ada auto levelling
+ Interior fabric hitam dan ga ada panel kayu (ini sih selera, buat saya fabric lebih cocok di cuaca tropis kita dan sekarang alat udah cukup canggih bersihin fabric)
+ Jujur memori saya tentang GV 2.4 tambun ga terlalu bagus, suspensinya keras banget kayak gerobak. tapi yg ini surprisingly jauh lebih nyaman
+ Settingan mesinnya juga sepertinya agak berbeda dan picky dengan kualitas bahan bakar. cukup signifikan bedanya ketika saya pakai pertamax dan pertamax turbo. entah mungkin yg cbu ini berbeda settingan mesinnya atau gmn.
+ Saya masih senang dengan bentuknya (selera pribadi)
+ Kualitas catnya juga sangat baik dibandingkan versi lokalnya.
+ cukup irit untuk 2400cc bensin (1:9 dalam kota dan 1:13 luar kota)
+ Saya ingat dulu pintu bagasi blkgnya berisik dan suka bunyi ngek ngek, ternyata yg cbu ini tidak.
- Transmisinya agak2 payah, di mode sport dia terlalu hiperaktif malah kebingungan pindah gigi khususnya di tanjakan panjang. di mode normal malah terlalu bolot.
- Salah satu mobil yg pedal gasnya paling sensitif dan cenderung lompat2. perlu pembiasaan. biasa orang ngeluh mobilnya lemot karena kalibrasi drive by wirenya yg ngejar eco. ini terbalik
- Sayang beberapa fitur disunat (auto headlamp ilang, saya inget yg tambun ada)
- Modelnya sih asli udah tua dari 2006 (jujur dalamnya pun udah kerasa kuno)
- Kabinnya sempit (legroom pas2an dan bagasi juga ga gede dibanding crossover fwd torsion beam jaman skrg)
- Harga sparepartnya cukup membuat mata kaget, tp saya ngerti ini cbu dan harga barunya grand vitara dulu ini memang tidak murah.
- Mobil sih bagus semua, tapi omg suzuki headunitnya sampah banget. saya inget sound quality mobil ini dulu bagus deh pas pakai HU CD orinya. aduh yg skrg ini busuk banget.
Spertinya ban serep akan saya masukin ke dalam, tapi covernya agak disisain di diluar. jujur saya benci bagasinya berat banget tapi disatu sisi saya demen ada kondenya (old school gtu).
So far saya cukup puas walaupun kali ini agak anti mainstream kali mobilnya. general check up juga sudah dilakukan dan so far tidak ada PR. karena previous owner cukup telaten dalam merawat mobilnya.
Jujur saya membulatkan tekad beli ini setelah baca reviewnya om mod chz beberapa tahun lalu sih. dan dia pakai cukup lama. Sori ya om mod sampe PM dua kali
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Mantep om
Grandvitara ganjelnya bbm ga sebanding performa
Kalau sy malah pikiran mau ganti yaris ke suzuki xl7
Btw angkut dpt harga berapa nih
Grandvitara ganjelnya bbm ga sebanding performa
Kalau sy malah pikiran mau ganti yaris ke suzuki xl7
Btw angkut dpt harga berapa nih
-
- SM Specialist
- Posts: 15723
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
ahh iya ane blm sempat reply kemaren road trip sibuk banget pantes nanya ternyata mau bungkusJujur saya membulatkan tekad beli ini setelah baca reviewnya om mod chz beberapa tahun lalu sih. dan dia pakai cukup lama. Sori ya om mod sampe PM dua kali
ini mobil tuh unik ya mbah, sama yang 2.0 liter malah iritan ini. dulu pakai cukup lama. tapi ngagetin juga di yang cbu malah di sunat headlamp auto nya padahal itu yang bikin enak nyetir malem2.
btw suzuki jaman dulu itu partsnya mahal krn ternyata local contentnya sedikit. itu meski katanya ckd tambun tapi isinya mah made in nippon semua SX4, grand vitara. paling sableng ya filter oli original nya hampir 3x lipet punya honda padahal harga barunya dia jauh di bawah CRV
sama yang nyebelin dulu di ckd tambun punya leather joknya licin banget. nyetir jadi kegeser geser terus
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Gpp om mod. Saya jg minta maap nyarinya kurang teliti. Sampe akhirnya saya cari satu2 ke postingan 2013ChZ wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 4:03ahh iya ane blm sempat reply kemaren road trip sibuk banget pantes nanya ternyata mau bungkusJujur saya membulatkan tekad beli ini setelah baca reviewnya om mod chz beberapa tahun lalu sih. dan dia pakai cukup lama. Sori ya om mod sampe PM dua kali
ini mobil tuh unik ya mbah, sama yang 2.0 liter malah iritan ini. dulu pakai cukup lama. tapi ngagetin juga di yang cbu malah di sunat headlamp auto nya padahal itu yang bikin enak nyetir malem2.
btw suzuki jaman dulu itu partsnya mahal krn ternyata local contentnya sedikit. itu meski katanya ckd tambun tapi isinya mah made in nippon semua SX4, grand vitara. paling sableng ya filter oli original nya hampir 3x lipet punya honda padahal harga barunya dia jauh di bawah CRV
sama yang nyebelin dulu di ckd tambun punya leather joknya licin banget. nyetir jadi kegeser geser terus
Tp saya perhatiin grand vitara ini biarpun boros kilometernya banyak semua. Jarang yg dikit dan sptnya usernya betah semua. Sparepart dibanding chevrolet ato hyundai skrg sih murah ini hahaha. Jd make sense aja.
Jok mah enak skrg mod wong fabric hahaha. Bebas keringetan. Yg aneh acnya terlalu dingin yak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
congrats mobil barunya om vincent
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
memang ajaib ini SM. segala mobil aneh bisa nongol disinivincewonk wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 4:19 Gpp om mod. Saya jg minta maap nyarinya kurang teliti. Sampe akhirnya saya cari satu2 ke postingan 2013
Tp saya perhatiin grand vitara ini biarpun boros kilometernya banyak semua. Jarang yg dikit dan sptnya usernya betah semua. Sparepart dibanding chevrolet ato hyundai skrg sih murah ini hahaha. Jd make sense aja.
Jok mah enak skrg mod wong fabric hahaha. Bebas keringetan. Yg aneh acnya terlalu dingin yak
apalagi ini nemu aja, second in pristine condition pula
mungkin banyak yg betah karena memang dijual lagi juga yang nawar pasti bikin emosi jadi pake yang lama dan siksa saja, dan memang beli moilb gini pasti orangnya yang ga mikirin seken perawatan dll beli karena suka.
apalagi ini menurut saya the Real Japanese SUV. ngingetin the real Pajero.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Congrats om,
GV emang ganteng dan timeless, modelnya sampe skrg masi ga ketinggalan, gagahnya dapet
Dapet harga berapa om yang 2.4 2018, ini berarti udah masuk tahun2 terakhir GV
Saya juga pernah punya GV 2008 J20A MT JLX beli seken odo 39rb harga miring, suka banget sama modelnya, meskipun ya gak lama, gak sampe setahun punya langsung ganti CRV RE 2.0 AT
Ngejar matic, sama saat itu ada beberapa keluhan sih di GV :
- masuk gigi 2 susah jd gak bisa short shifting dan tanya ke beres katanya emang ini penyakitnya
- rattle interior cukup berasa terutama di daerah pintu belakang sama kursi depan dan konsol tengah
- knalpot posisi dibawah (dekat area transmisi) itu bocor jadi klo digas ngegerung berisik bgt dr bawah
- suspensi agak keras,
- interior ga selega crv tp cukup lah, kulit jok rada licin
Dibilang boyo sih ya gak boyo amat, gak seboyo 1TR
Aksel 0-100 emang biasa aja, malah berasa lebih lambat dari RE1 2.0 yang matik
Tapi buat sehari hari enak, buat nanjak juga gak kekurangan dan PD, bensin bisa 1:8-1:9 dalkot
Oh iya kelemahannya juga rasio gigi 3 ke 4 jauh banget
Sisanya positif :
- ac jauh lebih dingin dari toyota sama honda
- audio meskipun bawaan jadul belom usb tp suaranya bagus
- feedback stir lebih baik dari CRV yang eps
- getaran mesin, suara angin, ban lebih senyap dr CRV
- udah keyless entri meskipun stater masi model knop,
Sempat kepikiran cari GV 2.4 yg udah last facelift kayak punya ts yg plat AD, kondisi terawat susah, unitnya jarang sama rada kepikiran sparepart
Beda sama sx4, neo baleno dan suzuki2 lain yg lebih laris dipasaran, partnya lebih banyak tersedia
GV emang ganteng dan timeless, modelnya sampe skrg masi ga ketinggalan, gagahnya dapet
Dapet harga berapa om yang 2.4 2018, ini berarti udah masuk tahun2 terakhir GV
Saya juga pernah punya GV 2008 J20A MT JLX beli seken odo 39rb harga miring, suka banget sama modelnya, meskipun ya gak lama, gak sampe setahun punya langsung ganti CRV RE 2.0 AT
Ngejar matic, sama saat itu ada beberapa keluhan sih di GV :
- masuk gigi 2 susah jd gak bisa short shifting dan tanya ke beres katanya emang ini penyakitnya
- rattle interior cukup berasa terutama di daerah pintu belakang sama kursi depan dan konsol tengah
- knalpot posisi dibawah (dekat area transmisi) itu bocor jadi klo digas ngegerung berisik bgt dr bawah
- suspensi agak keras,
- interior ga selega crv tp cukup lah, kulit jok rada licin
Dibilang boyo sih ya gak boyo amat, gak seboyo 1TR
Aksel 0-100 emang biasa aja, malah berasa lebih lambat dari RE1 2.0 yang matik
Tapi buat sehari hari enak, buat nanjak juga gak kekurangan dan PD, bensin bisa 1:8-1:9 dalkot
Oh iya kelemahannya juga rasio gigi 3 ke 4 jauh banget
Sisanya positif :
- ac jauh lebih dingin dari toyota sama honda
- audio meskipun bawaan jadul belom usb tp suaranya bagus
- feedback stir lebih baik dari CRV yang eps
- getaran mesin, suara angin, ban lebih senyap dr CRV
- udah keyless entri meskipun stater masi model knop,
Sempat kepikiran cari GV 2.4 yg udah last facelift kayak punya ts yg plat AD, kondisi terawat susah, unitnya jarang sama rada kepikiran sparepart
Beda sama sx4, neo baleno dan suzuki2 lain yg lebih laris dipasaran, partnya lebih banyak tersedia
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Congrats atas mobil GV barunya om Vincewonk ...
Ada minat ambil tongkat estafet : the next Ichiro, om ?
Ada minat ambil tongkat estafet : the next Ichiro, om ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 626
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
wah ini..
jadi penasaran dapet di harga berapa....
mobil cakep sih ini
jadi penasaran dapet di harga berapa....
mobil cakep sih ini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
jujur yang punya pun ngomong bgini di awal.kunaskun wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 4:56memang ajaib ini SM. segala mobil aneh bisa nongol disinivincewonk wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 4:19 Gpp om mod. Saya jg minta maap nyarinya kurang teliti. Sampe akhirnya saya cari satu2 ke postingan 2013
Tp saya perhatiin grand vitara ini biarpun boros kilometernya banyak semua. Jarang yg dikit dan sptnya usernya betah semua. Sparepart dibanding chevrolet ato hyundai skrg sih murah ini hahaha. Jd make sense aja.
Jok mah enak skrg mod wong fabric hahaha. Bebas keringetan. Yg aneh acnya terlalu dingin yak
apalagi ini nemu aja, second in pristine condition pula
mungkin banyak yg betah karena memang dijual lagi juga yang nawar pasti bikin emosi jadi pake yang lama dan siksa saja, dan memang beli moilb gini pasti orangnya yang ga mikirin seken perawatan dll beli karena suka.
apalagi ini menurut saya the Real Japanese SUV. ngingetin the real Pajero.
"saya jual santai dan benci buang waktu sama makelar, Kamu mau beli harganya 205jt. silahkan bayar cash, kalau gak mau nanti saya suruh satpam buka pintu kamu keluar aja."
"kamu saya kasi liat soalnya langsung nanya alamat dan ngomong mau liat barang, udah jarang pembeli skrg kayak kamu."
kbetulan cocok ya sudah angkut aja. langsung ke suzuki pulo gadung dan ternyata memang ada recordnya. ga ada PR satu pun, tp akhirnya saya ganti aki baru. jaga2 aja udah umur.
salah satu petinggi perusahaan dia, tp orgnya ramah koq sbenarnya.
cuma keliatannya banyak makelar yg belom liat barang nawar 60jt jadi dia udah ngamuk duluan.
Pajero bener jg ya om kunaskun, sistem suspensinya jg mirip2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1460
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Grand Vitara ya..
btw, apa beda Escudo, Sidekick dan Vitara?
btw, apa beda Escudo, Sidekick dan Vitara?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1119
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Cakep sih ini mobil, bentuk msh msh suv cowo bgt..kotak2
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
tipikal Big Boss, real rich gentleman. buka harga semau gw, take it or leave itvincewonk wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 7:05 jujur yang punya pun ngomong bgini di awal.
"saya jual santai dan benci buang waktu sama makelar, Kamu mau beli harganya 205jt. silahkan bayar cash, kalau gak mau nanti saya suruh satpam buka pintu kamu keluar aja."
"kamu saya kasi liat soalnya langsung nanya alamat dan ngomong mau liat barang, udah jarang pembeli skrg kayak kamu."
kbetulan cocok ya sudah angkut aja. langsung ke suzuki pulo gadung dan ternyata memang ada recordnya. ga ada PR satu pun, tp akhirnya saya ganti aki baru. jaga2 aja udah umur.
salah satu petinggi perusahaan dia, tp orgnya ramah koq sbenarnya.
cuma keliatannya banyak makelar yg belom liat barang nawar 60jt jadi dia udah ngamuk duluan.
iya, model dan styling-nya pun sama ya. hanya Real Pajero lebih besar sedikit.Pajero bener jg ya om kunaskun, sistem suspensinya jg mirip2
---
iya saya juga keingat karena, dulu juga ortu sempet ambil 1 unit Escudo Nomade tahun 2000 kalau tidak salah, bekas pake 5 tahun, pake satu bulan, bantuin tetangga yg pedege lagi sulit uang, tapi abis itu kapok karena dijual lagi lama
dan generasi sebelum ini temen saya juga pelihara Escudo 2000-an (lupa tahun tepatnya) 2000cc Two Tone in Red and Silver AT, ada kali belasan tahun, ga dijual2 karena susah laku walau akhirnya laku juga. ini mobil yg saya inget terutama selain punya temen lama juga karena ga pernah ketemu kembarannya. konon ini order khusus Suzuki Indonesia ke Jepang untuk keperluan internal.
yg saya inget:
- asal gelinding kaki2 ga pernah diganti, ban original 10 tahun baru diganti tapi memang low mileage hanya buat keperluan jarak dekat saja karena boros banget dan memang garage queen.
- rasa berkendaranya antik, Power Steering Hidrolik tapi karena ban gambot jadi seperti membal2 pas kecepatan rendah
- matiknya lemot banget dan slip banget (kayanya si perawatan asal jalan),
- AC lama dinginnya & bau interior khas banget genuine leather jadi kalau kejemur siang2 bikin mabok
- akselerasi lumayan lah khas mobil jaman itu, tapi kalau sudah kecepatan cruising itu mesin baru ketahuan brutalnya dari mesin 2000cc dengan body sekecil itu gampang banget buat nempelin org cuma susah manuver karena limbung.
- rem sudah ABS, single airbag kalau tidak salah
- suara mesin aneh, ga enak banget di kuping. Dan paling kocak: Throttle Body Electric tapi masih drive by cable, yap bukan wire tapi cable, kenapa? karena mesti ada kabel kick-down untuk transmisi matik 4 speed-nya udah gitu karena faktor umur pernah kejadian sampe gagal start karena ada bagian yang worn out antara kabel dan throttle boduy, dan part-nya harganya jutaan, inden entah berapa bulan, jadi kalau mau mati hidupkan mesin mesti modal doa, dan ngarep ga muncul lampu Check Engine.
- paling unik ada Power and Snow/Winter switch, kalau mau irit pake Snow mode, kalau pake Power Mode itu rpm maunya tinggi terus. aneh banget, iritnya di Snow mode
- switch ac komplit, semua ada, front and rear defogger, heater, sampe penuh itu console tengah, tombol kosong cuma kesisa buat mode 4WD saja. Real JDM
- oh ya sempet berapa lama itu mobil pintu belakang ga bisa dibuka dari luar, karena outer handle patah, jadi bukanya dari dalem seingat saya, dan indennya ya gitu entah berapa lama
bendanya kaya gini:
Tapi RHD, dan exterior ada chrome2, interior juga seingat saya ada beda dikit.
nah kalau ini versi lokalnya, hanya warna biru:
Last edited by kunaskun on Mon Mar 21, 2022 15:04, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 15723
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Nah jujur sih dulu jaman bokap masih hobi ganti ganti mobil tiap taun, GV malah dipake terus dari 0-45k. Pertama kali pake mobil sebanyak itu ya di GV ini. Ini mirip santafe diesel odonya juga tinggi2vincewonk wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 4:19 Gpp om mod. Saya jg minta maap nyarinya kurang teliti. Sampe akhirnya saya cari satu2 ke postingan 2013
Tp saya perhatiin grand vitara ini biarpun boros kilometernya banyak semua. Jarang yg dikit dan sptnya usernya betah semua. Sparepart dibanding chevrolet ato hyundai skrg sih murah ini hahaha. Jd make sense aja.
Jok mah enak skrg mod wong fabric hahaha. Bebas keringetan. Yg aneh acnya terlalu dingin yak
Kalo dibandingin chev atau hyundai, ya emang jadi berasa murah
Oh yang ini skrg dapetnya fabric ya? Wah enak bener. AC dulu iya dingin sih, mana single zone doang pula
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
nice review om dan selamat atas mobil barunya
grand vitara ini memang punya desain yg cukup gagah + fitur yg cukup lengkap pada jamannya, walaupun denger2 partnya termasuk mahal dibanding rival sekelasnya kaya crv or xtrail hehehe
grand vitara ini memang punya desain yg cukup gagah + fitur yg cukup lengkap pada jamannya, walaupun denger2 partnya termasuk mahal dibanding rival sekelasnya kaya crv or xtrail hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Oooo om Vincewonk lulusan Binus jg yaa
Ane malah gak pernah ketemu beliau di kampus, penampakan Ichiro di parkiran kampus pun gak pernah kelihatan.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Dec 19, 2018 10:14
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: innova
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Mantap reviewnya gan, dulu sempet kepengen punya GV, tapi takut masalah sparepart dll2.
btw ternyata lulusan binus juga yah, saya lulusan binus IS juga, Sir Wenas memang tiada duanya haha
btw ternyata lulusan binus juga yah, saya lulusan binus IS juga, Sir Wenas memang tiada duanya haha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
pak andi wenas parkirnya di gedung anggrek, parkiran dosen deket passsenger lift, biasanya disamping kaca.. saya sering tuh liat beliau parkir disana.Or4cle wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 22:19Oooo om Vincewonk lulusan Binus jg yaa
Ane malah gak pernah ketemu beliau di kampus, penampakan Ichiro di parkiran kampus pun gak pernah kelihatan.
(vitara dengan ember nyantol di ban serepnya) hahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Maklum ane alumni jebot Binus, angkatan awal om.PRBS wrote: ↑Tue Mar 22, 2022 6:38pak andi wenas parkirnya di gedung anggrek, parkiran dosen deket passsenger lift, biasanya disamping kaca.. saya sering tuh liat beliau parkir disana.
(vitara dengan ember nyantol di ban serepnya) hahaha
Dulu msh rasain kuliah di 3 gedung kampus : Syahdan, Kijang dan Syahdan.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Mar 03, 2016 7:19
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Selamat bro atas Vitaranya
Kebetulan keluarga saya lagi megang GV 2.4 tahun 2014
Dulu beli second bapak saya suka banget sama modelnya. Selama pemakaian kurleb 3 tahun hampir tidak ada maintenance selain oli. Pernah sekali ganti set belt dan set pulley karena punya saya sudah geser, kena diangka 3,4an lebih di UMC Surabaya. Untuk fuel cons saya dapet 1:8 dalkot surabaya pakai Ron 92. Minusnya GV ini sendiri adalah maticnya yang menurut saya kurang pintar, dikecepatan cruising maticnya kebingungan milih gigi, kalau dikickdown ada jeda beberapa detik sebelum giginya turun, di mode sport sendiri lebih tapi tetep saja ada lagnya , interiornya yang rattle, sama kaki-kakinya agak rewel. Sisanya mobilnya enak buat dipakai sama gagah banget.
Kebetulan keluarga saya lagi megang GV 2.4 tahun 2014
Dulu beli second bapak saya suka banget sama modelnya. Selama pemakaian kurleb 3 tahun hampir tidak ada maintenance selain oli. Pernah sekali ganti set belt dan set pulley karena punya saya sudah geser, kena diangka 3,4an lebih di UMC Surabaya. Untuk fuel cons saya dapet 1:8 dalkot surabaya pakai Ron 92. Minusnya GV ini sendiri adalah maticnya yang menurut saya kurang pintar, dikecepatan cruising maticnya kebingungan milih gigi, kalau dikickdown ada jeda beberapa detik sebelum giginya turun, di mode sport sendiri lebih tapi tetep saja ada lagnya , interiornya yang rattle, sama kaki-kakinya agak rewel. Sisanya mobilnya enak buat dipakai sama gagah banget.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
hoo saya baru 11 tahun yg lalu lulus dari binus.. masih muda lah saya, masih sempat lihat ichiro in personOr4cle wrote: ↑Tue Mar 22, 2022 7:42Maklum ane alumni jebot Binus, angkatan awal om.
Dulu msh rasain kuliah di 3 gedung kampus : Syahdan, Kijang dan Syahdan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Dec 23, 2019 6:02
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Hyundai SantaFe CRDI 2021
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Bagus om mobilnya biasanya kalo liat grand vitara yang taun mudaan begini warnanya abu-abu jadi mobdin Kepolisian
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Review Grand Vitara 2.4 AT CBU 2018
Pasaran GV facelift 2014 berapa ya?
Interiornya masih gampang bunyi rattle ga ya?
Ngeliat GV plat B dan D seliweran disini menjelang libur lebaran jadi pingin punya lagi
Interiornya masih gampang bunyi rattle ga ya?
Ngeliat GV plat B dan D seliweran disini menjelang libur lebaran jadi pingin punya lagi
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08