Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
gunawan98 wrote:wah ini ECU koq jadinya kayak pake 486DX aja ya processornya.. mungkin malah pake 286 kali yah? Pake lag segala..:D:D
gimana sih yang bikin ECU koq response lambat. Gw kerasa banget nih ini lag, makanya jadi kayak endut-2an.. Mbok ECU ganti Core2 Duo gitu loh...
Moga-moga ada petinggi NMI yang baca...
Kalo gak salah ECU rata-rata pake processor 40 MHz 32 bit. Kalo mo liat emang jau lebih lambat dari rata2 pc kita. Tapi sebenarnya dah lebih dari cukup. contohnya aja, ada ecu aftermarket dengan proc 8 Mhz. Untuk 8 MHz processor, dia dapat membuat 2.000.000 perintah per detik. Jika 8 silinder pada 6000 rpm memerlukan 0.1 detik setiap pengapiannya, maka ecu untuk selama satu siklus mesin (8 silinder) masih bisa memberikan 60.000-an perintah selam selang waktu tersebut.
Yang saya kawatirkan soal lag yang terjadi, ada pada software yang musti diperbaiki/diseting, seperti pada keybord jika saya tekan tuts: aaaaaaaaaaaaaaaaa, maka dalam satu detik yang diperbolehkan oleh komputer cuma 10 huruf a yang keluar, padahal komputernya bisa melakukan lebih dari itu.
CMIIW
good explaination.
lalu peran remap ECU yg disarankan NMI itu apa ya? apa patch aplikasinya atau hanya ubah parameternya saja?
ada nggak peran part mekanik yang berperan disini maksud gue even aplikasi sdh diupgrade,parameternya pun sudah tapi kalo ada part mekanik dlm sistem TBW itu yg terbatas kemampuannya,tentu masalah lag ini belum solved.
gunawan98 wrote:wah ini ECU koq jadinya kayak pake 486DX aja ya processornya.. mungkin malah pake 286 kali yah? Pake lag segala..:D:D
gimana sih yang bikin ECU koq response lambat. Gw kerasa banget nih ini lag, makanya jadi kayak endut-2an.. Mbok ECU ganti Core2 Duo gitu loh...
Moga-moga ada petinggi NMI yang baca...
hahaha...mungkin memang begitu gejala TBW di mobil2 jaman sekarang...gw pake s type juga terasa ada sedikit lag kalo lagi kickdown....malahan pertama test drive, gw kirain transmisinya yg gak bener. mungkin bbrp tahun lagi produsen mobil bisa bikin mobil TBW yang responnya persis kaya konvensional (pake kabel) mudah2an.....
Kalo gitu benefitnya apa nih TBW (selain klaim lebih hemat tadi?). Kalo emang lebih enak konvensional, kenapa yah ada TBW?
Benefit buat produsennya juga kali. Biar diagnosa malah jadi lebih gampang, tinggal colok sana sini, liat monitor,bang...problem solved hehehe
Saya juga penasaran, seberapa besar penghematan konsumsi bbm yg didapat dari system TBW ini. Apa sebanding dengan lag yang ditimbulkan yang ternyata justru bikin konsumen tidak nyaman?
dion wrote:good explaination.
lalu peran remap ECU yg disarankan NMI itu apa ya? apa patch aplikasinya atau hanya ubah parameternya saja?
ada nggak peran part mekanik yang berperan disini maksud gue even aplikasi sdh diupgrade,parameternya pun sudah tapi kalo ada part mekanik dlm sistem TBW itu yg terbatas kemampuannya,tentu masalah lag ini belum solved.
Kalau masalah hardware, sepertinya gak juga bro, sebab bukan cuma livina yang punya masalah delay seperti ini. Saya coba google cariin: Electronic throttle control delay problem; ternyata banyak juga yang punya masalah seperti ini. Oh ya, ada tekhnik yang mengakali delay/lag throttle tersebut. Seperti yang bos Turboman punya terapi: 125 s' terapi, atau yang sejenisnya. Belum coba, karena gw juga baru tau hueheuehe
gunawan98 wrote:
Kalo gitu benefitnya apa nih TBW (selain klaim lebih hemat tadi?). Kalo emang lebih enak konvensional, kenapa yah ada TBW?
kalo mnrt sy sih tujuan utama TBW bukan cuma bikin irit mobil, tapi berhubungan dengan strategi jangka panjangnya dunia otomotif dunia yang cenderung membuat mobil semakin simpel baik dari sistem mekanisnya ataupun elektronisnya (alias gak usah pake banyak kabel), dan juga mungkin di masa depan lebih mudah u/ produsen otomotif untuk menelurkan teknologi2 baru di mobil2 yang sistem elektroniknya udah integrated semua.
tapi mungkin lag karena TBW ini cuma konsekwensi dari teknologi yang belom 100% perfect. mudah2an dengan semakin majunya teknkologi, kendala ini bisa diatasi di masa depan.
Fungsi
Alat ini memperbaiki akselerasi kendaraan anda dengan mengukur & merubah sinyal digital yang dihasilkan oleh “ECT Potentiometer†secara terus menerus, sehingga menghasilkan sinyal baru untuk ECM (Electronic Control Module) tanpa ada penundaan
Sprint Booster:
• alat elektronik yang dipasang di belakang pedal gas. Instalasinya sangat mudah dan tidak mempengaruhi komponen-komponen lainnya pada mobil anda seperti (Fuel Injection System, ABS, etc)
• menghilangkan respon yang lambat dari ECT
• akselerasi spontan
• lebih mudah untuk mendahului
• memperbaiki akselerasi saat melalui tanjakan
Untuk test produk ini, dapat dilakukan di tempat kami yang bertempatkan di Pluit barat 3a no 1-3 Jakarta utara telp: 66606433.
coba di gogling tuk cari referensi. trus kalo buat yang udah pake tolong review disini ya, gw jg pgn beli kalo emank bagus.
Last edited by skylion on Sat Sep 15, 2007 23:58, edited 1 time in total.
dion wrote:good explaination.
lalu peran remap ECU yg disarankan NMI itu apa ya? apa patch aplikasinya atau hanya ubah parameternya saja?
ada nggak peran part mekanik yang berperan disini maksud gue even aplikasi sdh diupgrade,parameternya pun sudah tapi kalo ada part mekanik dlm sistem TBW itu yg terbatas kemampuannya,tentu masalah lag ini belum solved.
Kalau masalah hardware, sepertinya gak juga bro, sebab bukan cuma livina yang punya masalah delay seperti ini. Saya coba google cariin: Electronic throttle control delay problem; ternyata banyak juga yang punya masalah seperti ini. Oh ya, ada tekhnik yang mengakali delay/lag throttle tersebut. Seperti yang bos Turboman punya terapi: 125 s' terapi, atau yang sejenisnya. Belum coba, karena gw juga baru tau hueheuehe
Betul bukan di hardware.. tp re-map itu spt install ulang program komputer dg versi yg lebih baru.
Intinya gini, re-map ECU GL yg dilakukan u/ memerintahkan agar trottle buka lebih cepat di putaran bawah agar torsi diputaran bawah lebih responsif shg lag dapat berkurang dan juga A/C secara otomatis mati selama 5 detik saat pedal gas ditekan lebih dari 20derajat.
Sprint Booster:
• menghilangkan respon yang lambat dari ECT
• akselerasi spontan
• lebih mudah untuk mendahului
• memperbaiki akselerasi saat melalui tanjakan
Untuk test produk ini, dapat dilakukan di tempat kami yang bertempatkan di Pluit barat 3a no 1-3 Jakarta utara telp: 66606433.
coba di gogling tuk cari review. trus kalo buat yang udah pake tolong review disini ya, gw jg pgn beli kalo emank bagus.
Kalo mengandung Lead (TEL) .. ttp tidak disarankan u/ mobil dg catalyc converter.
gunawan98 wrote:
Kalo gitu benefitnya apa nih TBW (selain klaim lebih hemat tadi?). Kalo emang lebih enak konvensional, kenapa yah ada TBW?
kalo mnrt sy sih tujuan utama TBW bukan cuma bikin irit mobil, tapi berhubungan dengan strategi jangka panjangnya dunia otomotif dunia yang cenderung membuat mobil semakin simpel baik dari sistem mekanisnya ataupun elektronisnya (alias gak usah pake banyak kabel), dan juga mungkin di masa depan lebih mudah u/ produsen otomotif untuk menelurkan teknologi2 baru di mobil2 yang sistem elektroniknya udah integrated semua.
tapi mungkin lag karena TBW ini cuma konsekwensi dari teknologi yang belom 100% perfect. mudah2an dengan semakin majunya teknkologi, kendala ini bisa diatasi di masa depan.
Menurut gw sih sebenarnya udah ada TBW (bahkan DBW) yg sdh medekati perfect tanpa terasa lag spt yg diaplikasikan pada Sports Car high tech (Ferrari, Lambo, Proche. bugatti dst) .. cuma msh mahal u/ diaplikasikan pada mobil dg harga mobil reguler.
gunawan98 wrote:
Kalo gitu benefitnya apa nih TBW (selain klaim lebih hemat tadi?). Kalo emang lebih enak konvensional, kenapa yah ada TBW?
kalo mnrt sy sih tujuan utama TBW bukan cuma bikin irit mobil, tapi berhubungan dengan strategi jangka panjangnya dunia otomotif dunia yang cenderung membuat mobil semakin simpel baik dari sistem mekanisnya ataupun elektronisnya (alias gak usah pake banyak kabel), dan juga mungkin di masa depan lebih mudah u/ produsen otomotif untuk menelurkan teknologi2 baru di mobil2 yang sistem elektroniknya udah integrated semua.
tapi mungkin lag karena TBW ini cuma konsekwensi dari teknologi yang belom 100% perfect. mudah2an dengan semakin majunya teknkologi, kendala ini bisa diatasi di masa depan.
Menurut gw sih sebenarnya udah ada TBW (bahkan DBW) yg sdh medekati perfect tanpa terasa lag spt yg diaplikasikan pada Sports Car high tech (Ferrari, Lambo, Proche. bugatti dst) .. cuma msh mahal u/ diaplikasikan pada mobil dg harga mobil reguler.
betul bro.....hehehe...jadi ada harga ada rupa ya?
tapi mungkin karena teknologi tsb masih mahal, jadi belum diaplikasikan ke mobil2 kebanyakan
kpn hari saya coba test di tanjak'an trawas/tretes
sudut kemiringan medan yg saya coba ada yg sampe 40 derajat.. tp pendek2.. pas sepi saya coba untuk berhenti trus jalan lagi.. beraaatt.. *tp bisa jalan*
mobil saya isi 5 orang dewasa plus 1 orang dewasa berbadan mini.. hehehe.. terus ada koper isi baju.. ngga banyak.. cuman nginep semalem..
mmh.. sejauh ini tidak ada keluhan.. nanjak emang rada berat.. tp ngga ada kejadian "melorot" hehehe.. thx God..
pas saya pigi cari durian ama bokap.. (2 orang).. sama sekali tidak terasa susah nanjak.. piece of cake gitu lah..
oh iya, bensin ama bokap diisi pertamax.. soal nya he didn't know.. hehehe..
ini spekulasi saya.. mungkin kl pake premium ngga terlalu ada banyak beda.. lebih berat.. pasti.. tp masih jauh kl dibilang susah nanjak.. *2penumpang*
Ya kalau di tanjakan lemot si pas berhenti ya sudah pasti, apalagi torsi mobilnya kecil. Kadang2 pabrikan juga harus ngitung gear rationya karena kalau torsi kecil badan agak berat, harus pendek2 aja ratio mobilnya. Seharusnya gak ada alesan mobil baru jadi parts baru trus nanjak melorot, itu si gak bener. ada kesalahan di parts2nya.
Untuk yang bilang hukum fisika, ya memang berlaku hukum fisika, tapi ini tidak ada alesan mobil mpe melorot dunk? Mestinya kan OK2 saja. Ya coba aja tanya ke nissan, sekalian saja samperin ke pabriknya... hehehe
johnlegend wrote:kpn hari saya coba test di tanjak'an trawas/tretes
sudut kemiringan medan yg saya coba ada yg sampe 40 derajat.. tp pendek2.. pas sepi saya coba untuk berhenti trus jalan lagi.. beraaatt.. *tp bisa jalan*
mobil saya isi 5 orang dewasa plus 1 orang dewasa berbadan mini.. hehehe.. terus ada koper isi baju.. ngga banyak.. cuman nginep semalem..
mmh.. sejauh ini tidak ada keluhan.. nanjak emang rada berat.. tp ngga ada kejadian "melorot" hehehe.. thx God..
pas saya pigi cari durian ama bokap.. (2 orang).. sama sekali tidak terasa susah nanjak.. piece of cake gitu lah..
oh iya, bensin ama bokap diisi pertamax.. soal nya he didn't know.. hehehe..
ini spekulasi saya.. mungkin kl pake premium ngga terlalu ada banyak beda.. lebih berat.. pasti.. tp masih jauh kl dibilang susah nanjak.. *2penumpang*
moga2 bisa membantu..
livina 1.5 matic
Ya iya lahhhh [gaya aming ngomong mode:on] .. ditanjakan elevasi 40 derajat .. berhenti ditengah2 .. isi 6 penumpang (5+1) terus jalan lagi pasti berat... saat tanjakan spt itu selain bobot mobil + penumpang + barang... di tambah lagi gravitasi bumi dan juga momentum mundur krn bobot mobil .. gimana ga berat.. udah cuma 1.5L eh AT lagi.. ho ho ho .. pasti berat bro .... solusinya tarik rem tangan.. injek gas daleman sampe dapat mementum dan ECU merespon lepas tuh rem tangan perlahan... mungkin lebih ringan u/ nanjak krn saat rem tangan dilepas udah dapat torsi yg cukup u/ memulai nanjak.
dion wrote:ada hubungannya dg FWD gak ya?, GL ini kan beratnya hampir sama dg Avanza 1,1-1,2 ton. kalo RWD mungkin agak membantu
kalo menurut gw sih sama aja bro .. kita pake asumsi ilustrasi aja nih ... semisal kemampuan lo maximum cuma 100kg u/ dorong (RWD) ato tarik (FWD) grobak .. nah sekarang coba aja lo tarik grobak yg beratnya 100kg ditanjakan 40 derajat .. udah itu lo bandingkan dengan dorong .. pasti sama beratnya krn kemampuan lo memang cuma segitu2 aja... nah kalo bobot ditambah lagi .. mau FWD atau RWD sama aja nambah berat u/ nanjak.
FWD dan RWD .. menurut gw sih lebih condong ke under-steer dan over-steer saat berpacu di tikungan, bukan pengaruh bisa dapat Torque lebih baik.
Tadi gw ngikut hash di daerah Trawas (Taman Pinus). Kondisi sbb: Penumpang, 3 dewasa (badan sedang), dan 3 anak kecil. BBM menggunakan premium biasa. Saya pake Livina 1.5 XV MANUAL.
Saat di tol, saya sempat pacu sampe 140km/h. Kondisi saat kecepatan itu, gigi 5, rpm 3950. Saya tidak berani lagi lebih tinggi lagi kecepatannya, karena masa inreyen dan juga emang ga demen ngebut. Kesan saya, livina ini jalannya kenceng banget. Ringan walau pake premium. Pada kecepatan segitu masih belum terdengar ngelitik (atau tidak terdengar?). Entah bisa digeber sampe berapa lagi, saya lihat masih ada ruang u/ naik lagi.
Di trawas, ada banyak tikungan model-2 corkscrew (menanjak sambil berbelok) gitu, kira-kira sudut kemiringan > 45 derajat, dengan jarak tempuh pendek, sekitar 200 meter an. Pada saat itu saya menggunakan gigi satu saat stop sesaat (karena ada mobil didepan lambat), kemudian narik lagi. Pada lain kesempatan, saat saya menyalip, terkadang gigi 2 gak kuat pada sudut tanjakan 45 derajat tadi, sehingga perlu pindah gigi 1.
Kesimpulan saya, TIDAK ADA MASALAH mengenai kemampuan menanjak. Saya pernah ke jalan yang sama menggunakan Taruna, juga harus pake gigi 1 karena curam. Kemampuan menyalip di tanjakan, sama sekali tidak berbeda dengan Taruna saya (yang dulu).
So far so good. I am happy with my LIVINA. Tidak ada masalah yang berarti (kecuali dimensi yang kecil) pada livina saya.
Sekarang keraguan saya tinggal:
1. Efek menggunakan premium u/ jangka panjang?
2. Ketahanan mesin?
Nah ini baru bisa ketahuan kalo sudah agak lama.. u/ sementara wah.. saya happy deh...
naldo wrote:Ya kalau di tanjakan lemot si pas berhenti ya sudah pasti, apalagi torsi mobilnya kecil. Kadang2 pabrikan juga harus ngitung gear rationya karena kalau torsi kecil badan agak berat, harus pendek2 aja ratio mobilnya. Seharusnya gak ada alesan mobil baru jadi parts baru trus nanjak melorot, itu si gak bener. ada kesalahan di parts2nya.
Untuk yang bilang hukum fisika, ya memang berlaku hukum fisika, tapi ini tidak ada alesan mobil mpe melorot dunk? Mestinya kan OK2 saja. Ya coba aja tanya ke nissan, sekalian saja samperin ke pabriknya... hehehe
johnlegend wrote:kpn hari saya coba test di tanjak'an trawas/tretes
sudut kemiringan medan yg saya coba ada yg sampe 40 derajat.. tp pendek2.. pas sepi saya coba untuk berhenti trus jalan lagi.. beraaatt.. *tp bisa jalan*
mobil saya isi 5 orang dewasa plus 1 orang dewasa berbadan mini.. hehehe.. terus ada koper isi baju.. ngga banyak.. cuman nginep semalem..
mmh.. sejauh ini tidak ada keluhan.. nanjak emang rada berat.. tp ngga ada kejadian "melorot" hehehe.. thx God..
pas saya pigi cari durian ama bokap.. (2 orang).. sama sekali tidak terasa susah nanjak.. piece of cake gitu lah..
oh iya, bensin ama bokap diisi pertamax.. soal nya he didn't know.. hehehe..
ini spekulasi saya.. mungkin kl pake premium ngga terlalu ada banyak beda.. lebih berat.. pasti.. tp masih jauh kl dibilang susah nanjak.. *2penumpang*
moga2 bisa membantu..
livina 1.5 matic
Ya iya lahhhh [gaya aming ngomong mode:on] .. ditanjakan elevasi 40 derajat .. berhenti ditengah2 .. isi 6 penumpang (5+1) terus jalan lagi pasti berat... saat tanjakan spt itu selain bobot mobil + penumpang + barang... di tambah lagi gravitasi bumi dan juga momentum mundur krn bobot mobil .. gimana ga berat.. udah cuma 1.5L eh AT lagi.. ho ho ho .. pasti berat bro .... solusinya tarik rem tangan.. injek gas daleman sampe dapat mementum dan ECU merespon lepas tuh rem tangan perlahan... mungkin lebih ringan u/ nanjak krn saat rem tangan dilepas udah dapat torsi yg cukup u/ memulai nanjak.
iya bos.. overall saya cukup lega ama kemampuan nanjak nya.. oh iya, isi mobil bukan 6 orang.. tapi 5 orang.. termasuk saya sendiri.. hehehe..
mmh, cara saya ngukur derajat kemiringan, saya gunakan botol yang sudah saya tandain plus air.. huehuehue.. *fisika bego2an* ngga rugi neh dulu masuk sd.. huehuehue.. *ini gara2 begitu penasaran nya*
cara yg saya pake waktu berhenti trus jalan sama ama yg bung WTF utarakan *weleh.. WTF tuh singkatan dari apa yah? huehuehue..* pake handbreak trus gas agak dalem.. pernah saya coba dari rem langsung gas.. berat, saya si jadi sayank ama mobil nya.. mesin nya nggereng.. *arrgghh.. begitu.. hahaha jayus*