VW Polo sebagai mobil perang?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Setelah 7 bulan dari sharing saya sebelumnya, berikut sambungan User Experience VW Polo 1.2 TSI 2019. Km sekarang di 24rb.
Semua lampu di depan sudah diganti pakai LED (lampu dekat, sein, senja, foglamp). Lampu jauh diganti halogen white. Soket lampu utama H7, foglamp H8. Semua lampu belakang saya ganti bolam full LED. Kelistrikan berfungsi baik dan tidak ada pesan error di dashboard.
Aki bawaan pabrik (merknya Sebang, merk dari Korea) akhirnya tutup usia setelah umurnya 3 thn, wajar untuk usia aki kering. Diganti dengan Go Battery 55219 (merk Korea juga), beli di toko aki. Setelah diganti tidak ada problem kelistrikan. Hanya power window perlu di-reset dengan menekan & menahan tombol power window selama 5 detik.
Iseng bongkar air filter, dan ternyata di air filter polo ada lapiran dakron yang bisa dilepas dari filter kertasnya. Karena dakronnya sangat kotor, saya lepas dari filter kertasnya dan dakronnya saya rendam di air sabun. Setelah bersih dan kering, saya pasang kembali.
Ban standar pabrik (Goodyear Assurance Triplemax) saya ganti dengan Hankook Ventus Prime. Rasanya lebih empuk/lembut Ventus Prime. Sedangkan untuk road noise, dry & wet grip relatif sama saat ngebut.
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
Di bulan Mei sempat ada suara getar-getar halus saat AC mulai dihidupkan. Saya bawa ke diler VW, lalu dilakukan penyetelan sebentar, dan langsung beres. Sebenarnya ada ongkos kerja Rp 500rb, tp karena usia mobilnya blm 3 tahun, maka digratiskan oleh VW.
Pernah juga ada sedikit bunyi karet seal pintu yg beradu dengan body mobil. Saya oles karetnya dengan silicon grease, bunyipun hilang.
Untuk Km/L BBM pernah saya bandingkan pakai BP95/shell95 vs pertabo. Rute sama persis (mixed dalkot, macet2an di ciledug n tol), masing-masing BBM ditempuh di atas 100 km. Untuk ron95 dapat di angka 13,25 km/L. Untuk pertabo dpt angka 13,61 km/L. Sedikit lebih hemat pertabo.
Cruise Control (CC)nya enak untuk dipakai tol yg lengang/sepi. Kaki kanan bisa istirahat. Mesin dan DSG masih mulus dan nyaman digunakan, baik dalkot, macet maupun tol.
Semua lampu di depan sudah diganti pakai LED (lampu dekat, sein, senja, foglamp). Lampu jauh diganti halogen white. Soket lampu utama H7, foglamp H8. Semua lampu belakang saya ganti bolam full LED. Kelistrikan berfungsi baik dan tidak ada pesan error di dashboard.
Aki bawaan pabrik (merknya Sebang, merk dari Korea) akhirnya tutup usia setelah umurnya 3 thn, wajar untuk usia aki kering. Diganti dengan Go Battery 55219 (merk Korea juga), beli di toko aki. Setelah diganti tidak ada problem kelistrikan. Hanya power window perlu di-reset dengan menekan & menahan tombol power window selama 5 detik.
Iseng bongkar air filter, dan ternyata di air filter polo ada lapiran dakron yang bisa dilepas dari filter kertasnya. Karena dakronnya sangat kotor, saya lepas dari filter kertasnya dan dakronnya saya rendam di air sabun. Setelah bersih dan kering, saya pasang kembali.
Ban standar pabrik (Goodyear Assurance Triplemax) saya ganti dengan Hankook Ventus Prime. Rasanya lebih empuk/lembut Ventus Prime. Sedangkan untuk road noise, dry & wet grip relatif sama saat ngebut.
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
Di bulan Mei sempat ada suara getar-getar halus saat AC mulai dihidupkan. Saya bawa ke diler VW, lalu dilakukan penyetelan sebentar, dan langsung beres. Sebenarnya ada ongkos kerja Rp 500rb, tp karena usia mobilnya blm 3 tahun, maka digratiskan oleh VW.
Pernah juga ada sedikit bunyi karet seal pintu yg beradu dengan body mobil. Saya oles karetnya dengan silicon grease, bunyipun hilang.
Untuk Km/L BBM pernah saya bandingkan pakai BP95/shell95 vs pertabo. Rute sama persis (mixed dalkot, macet2an di ciledug n tol), masing-masing BBM ditempuh di atas 100 km. Untuk ron95 dapat di angka 13,25 km/L. Untuk pertabo dpt angka 13,61 km/L. Sedikit lebih hemat pertabo.
Cruise Control (CC)nya enak untuk dipakai tol yg lengang/sepi. Kaki kanan bisa istirahat. Mesin dan DSG masih mulus dan nyaman digunakan, baik dalkot, macet maupun tol.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2797
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Ditunggu review ngebengkelnya pas udh void warranty..
Atau mungkin dijual aja biar kg pusing hahaaa
Atau mungkin dijual aja biar kg pusing hahaaa
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: VW_Polo
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Accu nya awet juga bisa sampai 3 thn, tidak ada tambahan perangkat elektrik lainnya? punya saya accu tidak sampai 2 thn sdh off (ada modifikasi tambah perangkat audio system 2ways std sih)sbm22 wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 9:50 Setelah 7 bulan dari sharing saya sebelumnya, berikut sambungan User Experience VW Polo 1.2 TSI 2019. Km sekarang di 24rb.
Semua lampu di depan sudah diganti pakai LED (lampu dekat, sein, senja, foglamp). Lampu jauh diganti halogen white. Soket lampu utama H7, foglamp H8. Semua lampu belakang saya ganti bolam full LED. Kelistrikan berfungsi baik dan tidak ada pesan error di dashboard.
Aki bawaan pabrik (merknya Sebang, merk dari Korea) akhirnya tutup usia setelah umurnya 3 thn, wajar untuk usia aki kering. Diganti dengan Go Battery 55219 (merk Korea juga), beli di toko aki. Setelah diganti tidak ada problem kelistrikan. Hanya power window perlu di-reset dengan menekan & menahan tombol power window selama 5 detik.
Iseng bongkar air filter, dan ternyata di air filter polo ada lapiran dakron yang bisa dilepas dari filter kertasnya. Karena dakronnya sangat kotor, saya lepas dari filter kertasnya dan dakronnya saya rendam di air sabun. Setelah bersih dan kering, saya pasang kembali.
Ban standar pabrik (Goodyear Assurance Triplemax) saya ganti dengan Hankook Ventus Prime. Rasanya lebih empuk/lembut Ventus Prime. Sedangkan untuk road noise, dry & wet grip relatif sama saat ngebut.
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
Di bulan Mei sempat ada suara getar-getar halus saat AC mulai dihidupkan. Saya bawa ke diler VW, lalu dilakukan penyetelan sebentar, dan langsung beres. Sebenarnya ada ongkos kerja Rp 500rb, tp karena usia mobilnya blm 3 tahun, maka digratiskan oleh VW.
Pernah juga ada sedikit bunyi karet seal pintu yg beradu dengan body mobil. Saya oles karetnya dengan silicon grease, bunyipun hilang.
Untuk Km/L BBM pernah saya bandingkan pakai BP95/shell95 vs pertabo. Rute sama persis (mixed dalkot, macet2an di ciledug n tol), masing-masing BBM ditempuh di atas 100 km. Untuk ron95 dapat di angka 13,25 km/L. Untuk pertabo dpt angka 13,61 km/L. Sedikit lebih hemat pertabo.
Cruise Control (CC)nya enak untuk dipakai tol yg lengang/sepi. Kaki kanan bisa istirahat. Mesin dan DSG masih mulus dan nyaman digunakan, baik dalkot, macet maupun tol.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Siap Om, nanti saya update rutin suka-dukanya miara yang satu inih.KielConstantine wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 10:33 Ditunggu review ngebengkelnya pas udh void warranty..
Atau mungkin dijual aja biar kg pusing hahaaa
di mobil yg ini tdk ada tambahan elektrik apapun, full standar pabrikan. Mungkin usia aki juga tergantung rute & kondisi jalan (panas, macet, dll). Bisa juga tergantung pakai/tidak selimut aki. di sini akinya masih pakai selimut aki bawaan pabrik.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
punya saya dapet free ngebengkel 5 tahunKielConstantine wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 10:33 Ditunggu review ngebengkelnya pas udh void warranty..
Atau mungkin dijual aja biar kg pusing hahaaa
pas kebetulan dulu belinya dapet promo ini
masih 4 taun lg br kebayang biaya2nya
ohya saya ada ganti audio
dan ganti lampu led
commentnya toko variasi bilang ini polo elektrikalnya beda sama mobil eropa kebanayakn, polo itu simpel..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Bbrp bulan yg lalu saya ganti sendiri lampu-lampu belakang polo saya dgn full LED. Pas knop lampu diputar, ada bunyi khas sekering putus dari bawah setir. Semua lampu belakang (sein, rem, senja, mundur, dll) padam dengan tenang hehe...evolution21 wrote: ↑Tue Nov 16, 2021 7:55 ohya saya ada ganti audio
dan ganti lampu led
commentnya toko variasi bilang ini polo elektrikalnya beda sama mobil eropa kebanayakn, polo itu simpel..
Sepertinya karena saya ketukar soket lampu kiri dan kanan.
Saya buka fuse box, trus googling di internet cari skema fuse box polo. Jalan ke toko variasi terdekat, beli sekering kecil, dan ganti 2 sekering yang putus tadi. Lampu pun kembali menyala, semua indikator berfungsi normal.
Memang elektrikalnya polo lebih simple dan lebih mudah diperbaiki.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Om masih ada link yt nya ga? boleh dong dishare om. Kemarin pas ngurus pajak 5 tahunan Mk.7 saya juga waktu paling lama dihabiskan buat nyari lokasi nomor mesin. Datang pagi pulang sore karena bapaknya ga ketemu2 lokasi nomor mesinnya wkwkwkwksbm22 wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 9:50
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Saya lupa linknya, hehe. Tapi waktu itu saya search di yt pakai keyword 'vw polo nomor mesin' dan dapat 3 video. Kalau golf tinggal disearch 'nomor mesin vw golf', trus tunjukin videonya ke bapak petugasnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 431
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Emang susah mana lama dingin nya nih mesin. Antri datang pagi jam 6 di Samsat, baru kepegang jam 9.wekiweko wrote:Om masih ada link yt nya ga? boleh dong dishare om. Kemarin pas ngurus pajak 5 tahunan Mk.7 saya juga waktu paling lama dihabiskan buat nyari lokasi nomor mesin. Datang pagi pulang sore karena bapaknya ga ketemu2 lokasi nomor mesinnya wkwkwkwksbm22 wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 9:50
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
Lokasi dibelakang gear box nya om nomor mesin polo. Apa sama golf kurang tau juga
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jan 15, 2024 23:21
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Sienta
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Udh jalan 2 tahun. Gmn updatenya om? Saya tertarik bgt sama polo tp krn awam dan terlalu banyak review negatif jadi perlu cari yg bener2 udh pake. Krn saya yakin harusnya gak rewel2 bgt kl ngurusnya bener.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: VW_Polo
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Udh 77 bln pakai dari baru km 145rb, engine+dsg OK, abis ganti parts kaki2 macem rekondisi rack steer, tie rod, link stabil, ball joint, disc brake n pad, kaki2 udh enak lagi n senyap. Ngga pernah ada masalah berarti.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Mon Aug 06, 2018 10:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Polo TSI
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Sejauh ini pakai hampir 5 tahun (23ribuan KM, jadi jarang dipakai semenjak WFH).
Service tahunan gratis selama 5 tahun, terakhir ada issue di Speed Sensor kiri belakang, jadi lampu ABS dan ESP nyala. Kena 3 jutaan, termasuk jasa dan sparepartnya. Oli DSG belum pernah diganti, tapi next service bakal diganti menurut SAnya. Beres yang di bandung entah kenapa minta ini itu gak diganti (minta ganti disc brake karena geter atau minta ganti oli dsg), karena katanya masih bagus/cuma gelombang dikit, jadi buatku cukup enak juga karena beresnya gak mata duitan, yang suka nyari2 part rusak dikittt aja terus ganti
Mobilnya enak untuk dibawa di tol, untuk dalam kota stop n go masih ok, selalu stay di manual gigi 1 kalau creeping, kalau maju nunggu jarak mobil depan agak jauh dulu baru maju, soalnya koplingnya itu kerasa kayak setengah kopling dulu, baru kalau udah dapet speed/jarak tertentu dia baru full engage, jadi biar koplingnya pun gak cepet aus dan gak parah judderingnya.
Kadang perkara juddering, agak ganggu tapi kalau udah biasa sih gak masalah karena gak parah2 amat sebenernya, sama aja kayak setengah kopling tapi kayak mau stall gitu di mobil manual.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
kurleb budget tahunan untuk maintenance & repair berapa ya om?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2851
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
mantep emg beres harganya xixixi, barang speed sensor 150-200rb sama ini itu jadi 3 jutaan. barang 150rb, copot ban, ganti sensor, kadang ga perlu reset kelar.nb25 wrote: ↑Mon Apr 01, 2024 7:38Sejauh ini pakai hampir 5 tahun (23ribuan KM, jadi jarang dipakai semenjak WFH).
Service tahunan gratis selama 5 tahun, terakhir ada issue di Speed Sensor kiri belakang, jadi lampu ABS dan ESP nyala. Kena 3 jutaan, termasuk jasa dan sparepartnya. Oli DSG belum pernah diganti, tapi next service bakal diganti menurut SAnya. Beres yang di bandung entah kenapa minta ini itu gak diganti (minta ganti disc brake karena geter atau minta ganti oli dsg), karena katanya masih bagus/cuma gelombang dikit, jadi buatku cukup enak juga karena beresnya gak mata duitan, yang suka nyari2 part rusak dikittt aja terus ganti
Mobilnya enak untuk dibawa di tol, untuk dalam kota stop n go masih ok, selalu stay di manual gigi 1 kalau creeping, kalau maju nunggu jarak mobil depan agak jauh dulu baru maju, soalnya koplingnya itu kerasa kayak setengah kopling dulu, baru kalau udah dapet speed/jarak tertentu dia baru full engage, jadi biar koplingnya pun gak cepet aus dan gak parah judderingnya.
Kadang perkara juddering, agak ganggu tapi kalau udah biasa sih gak masalah karena gak parah2 amat sebenernya, sama aja kayak setengah kopling tapi kayak mau stall gitu di mobil manual.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2797
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Kalo kata netijen: “mau heran, tapi bengkel resmi”farizfsa wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 6:19mantep emg beres harganya xixixi, barang speed sensor 150-200rb sama ini itu jadi 3 jutaan. barang 150rb, copot ban, ganti sensor, kadang ga perlu reset kelar.nb25 wrote: ↑Mon Apr 01, 2024 7:38Sejauh ini pakai hampir 5 tahun (23ribuan KM, jadi jarang dipakai semenjak WFH).
Service tahunan gratis selama 5 tahun, terakhir ada issue di Speed Sensor kiri belakang, jadi lampu ABS dan ESP nyala. Kena 3 jutaan, termasuk jasa dan sparepartnya. Oli DSG belum pernah diganti, tapi next service bakal diganti menurut SAnya
Btw pelihara Tiguan 2021 gmn om kesan2 nya? Boleh lah bikin riviu kapan2 dimari
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2851
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
nanti ane review deh, semetara bar pengarah kisi2 ac tengah sudah patah di km 17rb hahahaha, lg nunggu barang dr inggris. ntah driver saya yg kasar bersihin mobil atau emang ringkih. kaki kiri depan jg sudah mulai sedikit akan gluduk2. beberapa kali head unit suka freeze. selain itu sih so far aman ya.KielConstantine wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 7:16Kalo kata netijen: “mau heran, tapi bengkel resmi”farizfsa wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 6:19mantep emg beres harganya xixixi, barang speed sensor 150-200rb sama ini itu jadi 3 jutaan. barang 150rb, copot ban, ganti sensor, kadang ga perlu reset kelar.nb25 wrote: ↑Mon Apr 01, 2024 7:38
Sejauh ini pakai hampir 5 tahun (23ribuan KM, jadi jarang dipakai semenjak WFH).
Service tahunan gratis selama 5 tahun, terakhir ada issue di Speed Sensor kiri belakang, jadi lampu ABS dan ESP nyala. Kena 3 jutaan, termasuk jasa dan sparepartnya. Oli DSG belum pernah diganti, tapi next service bakal diganti menurut SAnya
Btw pelihara Tiguan 2021 gmn om kesan2 nya? Boleh lah bikin riviu kapan2 dimari
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Mon Aug 06, 2018 10:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Polo TSI
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: VW_Polo
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Sekedar share, buat temen2 yg lg mikir mau pake vw Polo
Service Record VW Polo 1.2 TSI
1. 10k - free (oil + filter change)
2. 25/06/2018 19k - 1.362.900 (oil + filter change + diagnosis)
3. 25/09/2018 28K - 1.890.900 (oil + filter change + diagnosis + inspection)
4. 12/02/2019 38K - 2.900.700 (oil + filter + fuel filter + air filter + a/c filter + diagnosis)
5. 12/06/2019 47k - 2.349.600 (oil + filter + tuneup + diagnosis + inspection)
6. 02/10/2019 56k - 2.663.375 (oil + filter + tuneup)
7. 19/05/2020 66k - 1.835.900 (Oil+filter)
8. 22/04/2021 73k - 4.623.300 (oli+filter+brake fluid+cleaning air, AC, Fuel filter)
9. 19/02/2022 83k - 4.973.100 (Oil+filter+Fuel filter+air filter+AC filter+tuneup)
10. 02/07/2022 93k - 3.427.680 (Oil+filter+tuneup)
11. 22/10/2022 103k - 3.394.380 (Oil+filter+tuneup+engine dressing)
12. 17/02/2023 112k - 5.999.217 (Oil+filter+tuneup+brake fluid+belt+Fuel filter)
13. 12/06/2023 121k - 9.196.407 (oil+filter+tuneup+dsg oil+busi+boot drive shaft kiri)
14. 16/09/2023 132k - 3.678.540 (Oil+filter+tuneup+AC filter)
15. 23/12/2023 140k - 3.783.324 (Oil+filter+tuneup+air filter)
Service spare part:
29/02/2020 64k ATF DSG Oil 1.679.700
18/05/2021 73k Accu ORI VW CCA 580 4.482.500
15/11/2021 Shock absorber 1 set incl pasang 16.045.260
12/02/2022 80k ganti busi 1.120.000
06/07/2022 ganti wiper 260.000
01/02/2023 ganti Bushing kaki2 depan 850.000
23/02/2023 ganti wiper 281.500
11/05/2023 ganti LED headlamp 1.500.000
13/05/2023 Rekondisi racksteer n kaki2 3.102.500
21/07/2023 Speed sensor front left 150.000
05/09/2023 ganti Accu Amaron CCA 500 1.800.000
05/01/2024 bearing front wheel 777.200
05/03/2024 Link stabilizer + pasang 554.200 + 160.000
12/03/2024 part Tie rod + brake pad 2.029.200
15/03/2024 rekondisi racksteer + pasang tie rod 2.290.000
21/03/2024 Disc brake + ball joint + pasang 3.442.600
Set ban 1 +/- 3.000.000
Set ban 2 +/- 3.400.000
Set ban 3 +/- 4.600.000
Set ban 4 +/- 5.000.000 tgl 04/04/2024
Total Rp. 108.453.068,- as of 15/04/2024 from 15/10/2017
Note:
Rata-rata biaya maintenance per bulan selama periode kepemilikan 6,5 tahun (78 bulan) Rp. 1.390.424,-
Service Record VW Polo 1.2 TSI
1. 10k - free (oil + filter change)
2. 25/06/2018 19k - 1.362.900 (oil + filter change + diagnosis)
3. 25/09/2018 28K - 1.890.900 (oil + filter change + diagnosis + inspection)
4. 12/02/2019 38K - 2.900.700 (oil + filter + fuel filter + air filter + a/c filter + diagnosis)
5. 12/06/2019 47k - 2.349.600 (oil + filter + tuneup + diagnosis + inspection)
6. 02/10/2019 56k - 2.663.375 (oil + filter + tuneup)
7. 19/05/2020 66k - 1.835.900 (Oil+filter)
8. 22/04/2021 73k - 4.623.300 (oli+filter+brake fluid+cleaning air, AC, Fuel filter)
9. 19/02/2022 83k - 4.973.100 (Oil+filter+Fuel filter+air filter+AC filter+tuneup)
10. 02/07/2022 93k - 3.427.680 (Oil+filter+tuneup)
11. 22/10/2022 103k - 3.394.380 (Oil+filter+tuneup+engine dressing)
12. 17/02/2023 112k - 5.999.217 (Oil+filter+tuneup+brake fluid+belt+Fuel filter)
13. 12/06/2023 121k - 9.196.407 (oil+filter+tuneup+dsg oil+busi+boot drive shaft kiri)
14. 16/09/2023 132k - 3.678.540 (Oil+filter+tuneup+AC filter)
15. 23/12/2023 140k - 3.783.324 (Oil+filter+tuneup+air filter)
Service spare part:
29/02/2020 64k ATF DSG Oil 1.679.700
18/05/2021 73k Accu ORI VW CCA 580 4.482.500
15/11/2021 Shock absorber 1 set incl pasang 16.045.260
12/02/2022 80k ganti busi 1.120.000
06/07/2022 ganti wiper 260.000
01/02/2023 ganti Bushing kaki2 depan 850.000
23/02/2023 ganti wiper 281.500
11/05/2023 ganti LED headlamp 1.500.000
13/05/2023 Rekondisi racksteer n kaki2 3.102.500
21/07/2023 Speed sensor front left 150.000
05/09/2023 ganti Accu Amaron CCA 500 1.800.000
05/01/2024 bearing front wheel 777.200
05/03/2024 Link stabilizer + pasang 554.200 + 160.000
12/03/2024 part Tie rod + brake pad 2.029.200
15/03/2024 rekondisi racksteer + pasang tie rod 2.290.000
21/03/2024 Disc brake + ball joint + pasang 3.442.600
Set ban 1 +/- 3.000.000
Set ban 2 +/- 3.400.000
Set ban 3 +/- 4.600.000
Set ban 4 +/- 5.000.000 tgl 04/04/2024
Total Rp. 108.453.068,- as of 15/04/2024 from 15/10/2017
Note:
Rata-rata biaya maintenance per bulan selama periode kepemilikan 6,5 tahun (78 bulan) Rp. 1.390.424,-
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
shockbreaker depan belakang 16 jt?Chr1z wrote: ↑Mon Apr 15, 2024 10:55 Sekedar share, buat temen2 yg lg mikir mau pake vw Polo
Service Record VW Polo 1.2 TSI
1. 10k - free (oil + filter change)
2. 25/06/2018 19k - 1.362.900 (oil + filter change + diagnosis)
3. 25/09/2018 28K - 1.890.900 (oil + filter change + diagnosis + inspection)
4. 12/02/2019 38K - 2.900.700 (oil + filter + fuel filter + air filter + a/c filter + diagnosis)
5. 12/06/2019 47k - 2.349.600 (oil + filter + tuneup + diagnosis + inspection)
6. 02/10/2019 56k - 2.663.375 (oil + filter + tuneup)
7. 19/05/2020 66k - 1.835.900 (Oil+filter)
8. 22/04/2021 73k - 4.623.300 (oli+filter+brake fluid+cleaning air, AC, Fuel filter)
9. 19/02/2022 83k - 4.973.100 (Oil+filter+Fuel filter+air filter+AC filter+tuneup)
10. 02/07/2022 93k - 3.427.680 (Oil+filter+tuneup)
11. 22/10/2022 103k - 3.394.380 (Oil+filter+tuneup+engine dressing)
12. 17/02/2023 112k - 5.999.217 (Oil+filter+tuneup+brake fluid+belt+Fuel filter)
13. 12/06/2023 121k - 9.196.407 (oil+filter+tuneup+dsg oil+busi+boot drive shaft kiri)
14. 16/09/2023 132k - 3.678.540 (Oil+filter+tuneup+AC filter)
15. 23/12/2023 140k - 3.783.324 (Oil+filter+tuneup+air filter)
Service spare part:
29/02/2020 64k ATF DSG Oil 1.679.700
18/05/2021 73k Accu ORI VW CCA 580 4.482.500
15/11/2021 Shock absorber 1 set incl pasang 16.045.260
12/02/2022 80k ganti busi 1.120.000
06/07/2022 ganti wiper 260.000
01/02/2023 ganti Bushing kaki2 depan 850.000
23/02/2023 ganti wiper 281.500
11/05/2023 ganti LED headlamp 1.500.000
13/05/2023 Rekondisi racksteer n kaki2 3.102.500
21/07/2023 Speed sensor front left 150.000
05/09/2023 ganti Accu Amaron CCA 500 1.800.000
05/01/2024 bearing front wheel 777.200
05/03/2024 Link stabilizer + pasang 554.200 + 160.000
12/03/2024 part Tie rod + brake pad 2.029.200
15/03/2024 rekondisi racksteer + pasang tie rod 2.290.000
21/03/2024 Disc brake + ball joint + pasang 3.442.600
Set ban 1 +/- 3.000.000
Set ban 2 +/- 3.400.000
Set ban 3 +/- 4.600.000
Set ban 4 +/- 5.000.000 tgl 04/04/2024
Total Rp. 108.453.068,- as of 15/04/2024 from 15/10/2017
Note:
Rata-rata biaya maintenance per bulan selama periode kepemilikan 6,5 tahun (78 bulan) Rp. 1.390.424,-
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: VW_Polo
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Gw kira cuma ganti shock doank, tapi printilan nya banyak, ada buffer, boot, bearing, mounting, bushing, nut, bolt, stopper, jasa bongkar pasang n PPN, Note: part n jasa di beres