Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
matsu_jun wrote:maksud nya jg itu pak, tapi bagaimana kita tahunya ini masalah atau tidak kalau semuanya bilang itu di drivernya yang masalah dan masih butuh penyesuaian. logika saya jg, kalau atoz saja bisa, lalu livina tida bisa, ini berarti memang limitnya livina sampai disitu, kalah dari atoz maksudnya untuk jalan jauh dan menempuh banyak medan. atau ada cacat di produksinya. tapi bagaimana kita bisa tahu kalau setiap masalah selalu pengemudinya yang di permasalahkan seperti yang lalu2? dan kenapa NMI sampai harus turun tangan sekarang kalau memang benar kata pak hunter ini yang yakin bahwa peristiwa sama yang lalu itu adalah orangnya yang masih butuh penyesuaian? kita disini kan butuh informasih semacam ini pak untuk keputusan keluarga. mohon dimengerti.
eits, saya gak pernah bilang kasus pak Sutikno ini adl masalah keahlian mengemudi beliau loh. yg saya reply, adl pernytaan bung ichsan soal ada kasus yg serupa tp dibilang boong. coba baca yg teliti diatas/sebelumnya, supaya saya tdk terseret ke "never ending story" of GL complains.
intinya saya tdk tau... mangkanya saya tulis "setahu saya". sedangkan kasus pak Sutikno ini adlah kasus baru yg baru dipost hari ini di milis nissan livina.
hunter wrote: mau ngapain saya ikut ribut2 soal masalah orang lain... bukan berarti dimasa mendatang saya ga menemukan masalah apa2 loh... ini bicara sampai saat ini....sampai detik ini.
bukankah memang kebanyakan disini membicarakan masalah orang yang mereka disini posting pak hunter? maksudnya bung hunter apakah kita tidak perlu menimpali bung fit ini atas masalahnya?
kalo saya tdk tahu jawabannya, saya tdk akan terlalu berspekulasi atau memberi jawaban.
itu urusan saya pribadi loh. kalo yg lain mau menimpali, silahkan saja.
seperti posting bapak mengenai masalah tanjakan itu maksudnya? apakah bapak sudah yakin dulu itu karena faktor pengemudinya jg? lalu kenapa sekarang ada anjuran untuk remap ECU untuk produksi periode tertentu? saya pikir kalau memang bung hunter benar seperti apa yang bung hunter bilang, saya rasa tidak akan seperti itu jawabannya. apa jangan2 bung hunter moderator milis livina jg?
dion wrote:gue salut sama GL ini, sulit sekali menemukan kelemahannya ya. ini hasil marketing atau emang boilnya sempurna ya?
benar seperti yang bung ichsan curiga.. ini kolaborasi antara marketing dan milisnya jg saya rasa. tapi macam konsumen yang punya duit semata wayang seperti saya ini yang akan dirugikan bila salah pilih mobil. kenapa dulu saja tidak ambil innova walaupun lebih boros, karena memang keperluan saya 50:50 adalah luar kota dan dalam kota.
matsu_jun wrote:seperti posting bapak mengenai masalah tanjakan itu maksudnya? apakah bapak sudah yakin dulu itu karena faktor pengemudinya jg? lalu kenapa sekarang ada anjuran untuk remap ECU untuk produksi periode tertentu? saya pikir kalau memang bung hunter benar seperti apa yang bung hunter bilang, saya rasa tidak akan seperti itu jawabannya. apa jangan2 bung hunter moderator milis livina jg?
bung matsu. tolong jangan memelintir jawaban saya. saya gak mau meladeni pertanyaan semacam ini, tdk ada untungnya buat saya. anda baru join SM jadi jangan terlalu berprasangka terhadap saya. thank you for trying to understand.
ini reply saya:
hunter wrote:setahu saya, tdk ada cerita yg boong. kecuali yg ceritanya memang boong... yg ada, kurangnya penguasaan/adaptasi dlm membawa unitnya. gak tau deh yg dimaksud boong yg mana... CMIIW.
terhadap post bung ichsan:
ichsan_n wrote:
dony wrote:Yang ber 2 tsb melorot krn ditengah-2 berhenti total, sedangkan yg ber 6 tsb khan lancar jadi dr bawah lgs tancap gas tdk ada halangan mobil mogok gitu.
ini mah mirip dengan yang cerita waktu lalu donk? yang dibilang ternyata boong itu
bagian mana yg membingungkan anda? kalau pertanyaan anda minta penjelasan, sepertinya sudah jelas, kalau anda mengikuti diskusinya tidak longkap2.
johnlegend wrote:saya baru plg dari tretes/trawas.. makanya 2 hari terakhir rada susah akses internet.. huehuehue..
sudut kemiringan medan yg saya coba ada yg sampe 40 derajat.. tp pendek2.. pas sepi saya coba untuk berhenti trus jalan lagi.. beraaatt..
mobil saya isi 5 orang dewasa plus 1 orang dewasa berbadan mini.. hehehe.. terus ada koper isi baju.. ngga banyak.. cuman nginep semalem..
mmh.. sejauh ini tidak ada keluhan.. nanjak emang rada berat.. tp ngga ada kejadian "melorot" hehehe.. thx God..
pas saya pigi cari durian ama bokap.. (2 orang).. sama sekali tidak terasa susah nanjak.. piece of cake gitu lah..
oh iya, bensin ama bokap diisi pertamax.. soal nya he didn't know.. hehehe..
ini spekulasi saya.. mungkin kl pake premium ngga terlalu ada banyak beda.. lebih berat.. pasti.. tp masih jauh kl dibilang susah nanjak..
moga2 bisa membantu..
pak gun, ayo donk cepet2 review nya jg..
minggu ini pasti.. pake premium.. nanti saya coba foto deh medannya..
Wah kayaknya yang dikeluhkan itu kalo berhenti di tengah tanjakan, terus naik lagi yah... terutama yang matic... BTW sudah ada yang buka thread khusus mengenai tanjakan.. bisa di post disitu pak...
ya itu pak gun.. mobil diisi 5 orang dewasa.. tp yg satu berbadan abg.. huehuehue.. itu saya sengaja berhenti di tengah2 tanjak'an.. trus coba untuk maju lagi.. berat si.. miring nya mayan gt.. tp bisa kok..
fit wrote:apakah ada anggota SM yang memiliki kesulitan yang sama? apakah GL memang susah untuk digunakan untuk menanjak? sampai k derajat berapakah normalnya setiap mobil mampu untuk menanjak?
kalau memang GL tidak mumpuni, mungkin saya akan jual kembali. kebetulan ada dealer yang mau menebus 4juta lebih mahal dari waktu saya membeli.
kl di sby pasaran nya bisa 7,5 jt pak.. asal km tidak banyak2.. kapan hari saya iseng2 tanya k dealer yg ada GL nya.. dia buka harga 8jt diatas harga dari NMI..
Kemaren dulu waktu ganti BBM dari pertamax ke premium, gw ada pengalaman nariknya lambat. Kayak nya kalo dicompare langsung sih emang kerasa yah. Tetapi kemaren setelah hampir seminggu ga pegang GL (mayoritas dipegang istri saya), saya kesempatan nyupir, wah ternyata not so bad lah... Gejala nglitik masih blom terdengar. Kalo lihat indikator bensin, juga tidak boros-boros amat, malah kemungkinan bisa menyamai rekor pertmax yang 1:10.3.. Mungkin ini masalah break-in period mulai berkurang. Mesin sudah ga seret lagi. Kalo pake pertamax mungkin aja 1:11-12 kena nih.
BBM di NY dah tembus $80. Kayaknya pertamax bisa ke 7000 nih.. Pemakaian premium biasa kayaknya tidak terhindarkan lagi...
Mungkin membeli versi 1.8L justru pilihan yang tepat. IMHO.
Ha ha ha.. rame juga ya dan seru sampai pada ribut2 dan gunakan kata2 yg kasar gitu u/ bicarakan GL ini... bwakakakak.
GL gw udah terima 2minggu lalu tp belum pernah gw itung2 FCnya .. yg gw tau biaya isi bensinya lebih murah u/ pemakaian 1minggu, dmana selalu sdh terbiasa isi full tank seminggu sekali.
gunawan98 wrote:
..................
BBM di NY dah tembus $80. Kayaknya pertamax bisa ke 7000 nih.. Pemakaian premium biasa kayaknya tidak terhindarkan lagi...
.................
Wadooww...Pertamax bakalan 7000??
Skrg sih saya masih bertahan pake Pertamax Plus (sesuai itung2-an kompresi & anjuran pabrik), tapi kalo sampe diatas 7000 gimana yah?
gunawan98 wrote:
..................
BBM di NY dah tembus $80. Kayaknya pertamax bisa ke 7000 nih.. Pemakaian premium biasa kayaknya tidak terhindarkan lagi...
.................
Wadooww...Pertamax bakalan 7000??
Skrg sih saya masih bertahan pake Pertamax Plus (sesuai itung2-an kompresi & anjuran pabrik), tapi kalo sampe diatas 7000 gimana yah?
Ya kalo terasa mahal.. pake Premium.. kalo merasa ga terlalu masalah.. pake Pertamax.
Kalo gw sih.. itungnya berapa Rp/KM .. bukan 1ltr berapa kilo, lagipula moibil beli dari baru setelah 3-4 thn pakai jual ganti baru lagi... so gw ga ambil pusing musti pakai pertamax... mobil gw beli buat gw nikmati duluan dong... yg beli bekas.. ya makan deh tuh sisanya he he he.. kecuali mobil sports / koleksi yg bakal gw pertahankan .. ya pasti beda perawatannya.
Risol1 wrote:wah musti ati2 nih nyari GL bekas, karena takutnya mesinnya udah gak benersemua dicekokin premium terus....kecuali punyanya bro Gun yang pake pertamax terus j/k
Ya kan ga semuanya orang mikir spt gw.
Praktisnya aja deh.. GL gw beli buat gantiin Carens II .. yg dipake buat anter jemput anak dan ke pasar .. apalagi 3-4 thn dah gw ganti lagi... buat apaan gw isiin pertamax.. he he he...
Ya resiko beli brg 2nd ya salah satunya itu deh... makanya gw beli baru, tp ga mo rugi dong .. pake aja sesuka gw... he he he.. lagi pula saat dijual stlh 3-4 thn emangnya diperhitungkan tuh harga jualnya lebih tinggi krn gw pake pertamax dan bukan premium? .. kaga kan?!! .. he he he..
Risol1 wrote:wah musti ati2 nih nyari GL bekas, karena takutnya mesinnya udah gak benersemua dicekokin premium terus....kecuali punyanya bro Gun yang pake pertamax terus j/k
Makanya gw paling males beli second.. Mboil kalo diisi yang ga sesuai ama kompresinya emang pengaruh koq. Contohnya gw sendiri tuh mobil kantor mesti premix/pertamax, dikasih bensin.. sekarang rada gak enak...
makanya tuh klaim GL boleh pake premium kalo dibackup secara resmi dari NMI, nah itu sih sip.. kalo tidak ya tahu sendiri lah...
Gw mo tanya nih... ada yg tau ga sebenarnya tuh kerja knocking sensor spt apa??
Yg gw tau jelas dg pasti .. selama tidak ada ngelitik yg berkepanjangan berarti aman buat mesin.. terutama piston mobil.
Knocking (ngelitik) yg terus menerus berkepanjangan itu musuh utama mesin, piston bisa bolong!!! (dalam periode ttt - bisa hitungan tahun) .. kalo ada ngelitik pasti bisa terdengar langsung saat lo bawa mobil.
Nah.. selama GL 1.8XV gw pake premium yg diisi di pom pasti pas .. belum pernah ngalamin/dengar suara ngelitik yg terus menerus berkepanjangan... jd gw amin-kan aja deh kasih minum premium
Risol1 wrote:lagian bukannya yg mesinnya 1.8 lebih aman untuk pake premium karena kompresinya lebih rendah dari yang 1.5
Ya, yg 1.5 emang kompresi-nya lebih tinggi.
cocok-nya pake Pertamax Plus
Tapi gak tau juga deh, kalo naik terus, terpaksa beli Premium.
Padahal beli Premium kan susah, premium paling sering dicurangi (di oplos/metreran dikurangi),
blm lagi resiko lead (timbal) yg masih ngendap di Tangki SPBU (walopun Premium sendiri
sudah di klaim Pertamina bebas timbal).
Tapi lead yg mengendap sedikit byk pasti akan ikut kebawa.
Pernah denger ada SPBU yg menguras/membersihkan tangki bwh tanah-nya
utk membersihkan endapan lead?
kayaknya gak ada.
WTF wrote:Gw mo tanya nih... ada yg tau ga sebenarnya tuh kerja knocking sensor spt apa??
Yg gw tau jelas dg pasti .. selama tidak ada ngelitik yg berkepanjangan berarti aman buat mesin.. terutama piston mobil.
Knocking (ngelitik) yg terus menerus berkepanjangan itu musuh utama mesin, piston bisa bolong!!! (dalam periode ttt - bisa hitungan tahun) .. kalo ada ngelitik pasti bisa terdengar langsung saat lo bawa mobil.
Nah.. selama GL 1.8XV gw pake premium yg diisi di pom pasti pas .. belum pernah ngalamin/dengar suara ngelitik yg terus menerus berkepanjangan... jd gw amin-kan aja deh kasih minum premium
hmmm ... mudah2an ga dibilang "sok tahu" lagi
Patokan sederhana memang spt itu .. "selama tidak knocking berkepanjangan dan terus menerus maka aman u/ mesin".
Kerja knocking sensor di GL baik varian 1.5L dan 1.8L .. wah bakal panjang nih u/ detailnya.
Singkatnya gini, .. fix timing dlm ECU GL di angka 15 (bukan harga mati krn masih bisa diset dgn consult tools) dan knocking sensor bisa merintah ECU u/ kendalikan pengapian maju mundur 5 derajat .. jadi pengapian bisa bermain di angka 10-20derajat... kegiatan knocking sensor memaju mundurkan berjalan secara continue (lifetime) tanpa ada batasan umur pakai.
Meskipun pakai Pertamax dg RON92.. bukan berarti knocking sensor tidak bekerja alias titik pengapian tidak bergerak dari fix timing di ECU .. krn saat jalan menurun (kerja mesin lebih ringan) knocking sensor akan memajukan pengapian.
Bukan buat GL 1.8 aja ... u/ GL 1.5 bila kualitas bensin premium-nya bagus .. ya sekarang ini patokannya isi di pom pasti pas .. shrsnya tidak ada nglitik berkepanjangan .. krn pengapian bisa mundur sampai dititik 10 derajat.. kalo sampai dititik 10derajat masih ngelitik berarti kualias bensinya dipertanyakan.
Kalo kualitas bensinya sdh bagus maka knocking sensornya /ECU di pertanyakan apakah dapat bekerja optimal spt seharusnya? Dan solusinya.. bawa ke BERES
Note: semua tsb pendpt gw pribadi dr informasi yg gw dapatkan .. ga percaya dan punya pendapat lain?.. silakan aja... tp "no flamming" pls!.
Last edited by maxx on Sat Sep 15, 2007 23:17, edited 1 time in total.
Hansen wrote:mungkin konsekuensinya, tenaga berkurang...
Benar.. saat ada gejala knock dan pengapian mundur.. tentu power dan torsi max berkurang .. ini sbg trade-off nya pemakaian premium.
Kalo mo dapat torsi max dan power max sesuai yg diclaim produsen .. pakai BB dg RON yg sesuai di buku manual.
Tadi gw ngikut hash di daerah Trawas (Taman Pinus). Kondisi sbb: Penumpang, 3 dewasa (badan sedang), dan 3 anak kecil. BBM menggunakan premium biasa. Saya pake Livina 1.5 XV MANUAL.
Saat di tol, saya sempat pacu sampe 140km/h. Kondisi saat kecepatan itu, gigi 5, rpm 3950. Saya tidak berani lagi lebih tinggi lagi kecepatannya, karena masa inreyen dan juga emang ga demen ngebut. Kesan saya, livina ini jalannya kenceng banget. Ringan walau pake premium. Pada kecepatan segitu masih belum terdengar ngelitik (atau tidak terdengar?). Entah bisa digeber sampe berapa lagi, saya lihat masih ada ruang u/ naik lagi.
Di trawas, ada banyak tikungan model-2 corkscrew (menanjak sambil berbelok) gitu, kira-kira sudut kemiringan > 45 derajat, dengan jarak tempuh pendek, sekitar 200 meter an. Pada saat itu saya menggunakan gigi satu saat stop sesaat (karena ada mobil didepan lambat), kemudian narik lagi. Pada lain kesempatan, saat saya menyalip, terkadang gigi 2 gak kuat pada sudut tanjakan 45 derajat tadi, sehingga perlu pindah gigi 1.
Kesimpulan saya, TIDAK ADA MASALAH mengenai kemampuan menanjak. Saya pernah ke jalan yang sama menggunakan Taruna, juga harus pake gigi 1 karena curam. Kemampuan menyalip di tanjakan, sama sekali tidak berbeda dengan Taruna saya (yang dulu).
So far so good. I am happy with my LIVINA. Tidak ada masalah yang berarti (kecuali dimensi yang kecil) pada livina saya.
Sekarang keraguan saya tinggal:
1. Efek menggunakan premium u/ jangka panjang?
2. Ketahanan mesin?
Nah ini baru bisa ketahuan kalo sudah agak lama.. u/ sementara wah.. saya happy deh...